15 Tanaman Pengusir Nyamuk Yang Manjur Dan Nilai Jualnya Puluhan Juta

Tanaman Pengusir Nyamuk – Nyamuk merupakan salah satu serangga penghisap darah. Saat nyamuk menyerang dan menghisap darah Anda, tentu Anda akan merasa sangat terganggu. Hal ini karena setelah nyamuk menginjeksi kulit Anda maka akan meninggalkan racun yang menyebabkan timbulnya rasa gatal dan bentol-bentol. Keberadaan nyamuk yang menghisap darah ini tidak bisa lantas dibiarkan begitu saja.

Pasalnya nyamuk memiliki habitat yang kotor. Sehingga saat nyamuk menginjeksi kulit maka secara tidak langsung ia membawa beragam penyakit dan bisa menular ke tubuh Anda. Penyakit yang biasa ditimbulkan karena nyamuk adalah seperti malaria tropika dan DBD alias Deman BerDarah. Nyamuk yang membawa beragam jenis penyakit mematikan ini bisa dibasmi dengan beragam cara.

Apa Itu Tanaman Pengusir Nyamuk?

Apa Itu Tanaman Pengusir Nyamuk?

Membasmi nyamuk secara umum bisa dilakukan dengan banyak cara. Cara yang biasa digunakan oleh orang pada umumnya adalah dengan menggunakan obat nyamuk baik itu obat nyamuk berasap, obat nyamuk elektrik, maupun menggunakan obat pembasmi nyamuk berupa aerosol dengan cara disemprot.

Namun perlu Anda tahu, bahwa setiap obat nyamuk yang bisa Anda beli di toko-toko terdekat memiliki kandungan kimiawi yang mana tidak baik juga jika terhirup oleh manusia. Lantas apa yang bisa dilakukan? Salah satu alternative lain untuk bisa membasmi nyamuk ini adalah dengan menggunakan tanaman pengusir nyamuk. Ada banyak sekali jenis tanaman yang ada di dunia ini.

Ada jenis tanaman produktif, tanaman hias, dan lain sebagainya. Kali ini ada jenis tanaman yang memiliki fungsi sebagai pengusir nyamuk. Tanaman pengusir nyamuk sendiri merupakan jenis tanaman yang memiliki fungsi utama sebagai pengusir serangga berupa nyamuk. Tanaman tersebut tidak hanya memiliki satu buah jenis akan tetapi ada banyak sekali jenisnya.

Tanaman-tanaman tersebut memiliki keunggulan masing-masing sehingga terbilang ampuh untuk mengusir nyamuk-nyamuk pengganggu. Tanaman pengusir nyamuk tidak melulu tentang tanaman yang memang khusus untuk gangguan nyamuk. Banyak dari nama tanaman tersebut yang sebenarnya merupakan jenis tanaman hias.

Sehingga tanaman tersebut bisa Anda fungsikan secara sekaligus baik untuk membasmi nyamuk maupun sebagai penghias halaman rumah.

Ragam Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk Yang Perlu Anda Kenal

Ragam Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk Yang Perlu Anda Kenal

Seperti yang telah dijelaskan secara sekilas di atas bahwa untuk membasmi nyamuk ada banyak cara. Dan secara umum cara yang biasa dipakai adalah dengan menggunakan obat nyamuk baik obat berasap, obat elektrik maupun obat aerosol. Obat-obat tersebut tidak menutup kemungkinan akan membawa dampak buruk terhadap pernafasan Anda.

Karena itulah, Anda bisa mencoba menggunakan cara yang lebih sehat yakni dengan memanfaatkan tanaman pengusir nyamuk.

Ada banyak sekali jenis tanaman nyamuk yang dipercaya ampuh dalam membasmi nyamuk. Beberapa diantaranya bisa Anda simak di bawah ini :

1. Tanaman catnip

Tanaman Pengusir Nyamuk

Tanaman catnip merupakan salah satu tanaman pengusir nyamuk yang dikenal paling ampuh. Untuk membudidayakan tanaman ini juga terbilang tidak sulit Dan tidak ribet. Sebagai informasi tambahan, tanaman catnip juga merupakan jenis tanaman yang sangat disukai oleh kucing. Jika Anda memiliki kucing di rumah maka jangan heran jika kucing Anda suka bermain main dengan berguling-guling disekitar tanaman catnip yang Anda rawat tersebut.

2. Bunga lavender

Tanaman Pengusir Nyamuk

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan naman tanaman yang satu ini. Bunga lavender memang dikenal sebagai bunga pengusir nyamuk. Bahkan beberapa lotion anti nyamuk juga dibuat dengan menggunakan bahan dasar bunga lavender. Bunga lavender memiliki warna ungu yang memukau.

Selain keunggulannya yang bisa dijadikan sebagai pengusir nyamuk, bunga lavender juga memiliki bau yang harum dan menenangkan. Sebagai saran, lebih baik Anda menanam bunga lavender di sekitar atau di dekat jendela kamar Anda. Dengan begitu Anda akan semakin nyaman saat tidur tanpa gangguan nyamuk.

3. Bunga marigolds

Tanaman Pengusir Nyamuk

Tidak jauh berbeda dengan bunga lavender, bunga marigolds ini juga dikenal cukup ampuh sebagai pembasmi atau pengusir nyamuk. Bunga ini memiliki warna orange yang cerah sehingga membuat siapa saja yang melihatnya menjadi senang dan tenang. Bunga marigolds memiliki kandungan pyrethrum yang mana kandungan ini juga seringkali menjadi bahan dasar obat pembasmi nyamuk yang banyak dijual di pasaran.

4. Tanaman lemon balm

Tanaman Pengusir Nyamuk

Tanaman lemom balm mungkin sudah banyak dikenal masyarakat. Tanaman yang satu ini termasuk pada kelas tanaman mint. Lemon balm terbilang ampuh sebagai pengusir nyamuk. Selain dapat dijadikan sebagai obat pengusir nyamuk, tanaman ini juga seringkali dimanfaatkan untuk membuat teh jenis herbal yang menyegarkan dan menenangkan.

Lemon balm memiliki ketahanan yang sangat bagus. Tanaman ini tidak mudah mengering dan memiliki kurun waktu pertumbuhan yang cepat. Sehingga bagi Anda yang ingin merawat tanaman ini maka sebaiknya Anda menyiapkan lahan yang cukup luas untuk menyiapkan pertumbuhan tanaman ini secara cepat. Secara umum perawatan lemon balm terbilang mudah. Namun akan lebih baik lagi jika Anda menanam lemon balm pada lahan yang teduh.

5. Tanaman basil

Tanaman Pengusir Nyamuk

Tanaman basil atau yang biasa dikenal dengan daun basil sering digunakan sebagai bahan campuran dalam memasak pasta dan masakan lainnya. Daun basil memiliki banyak jenis. Diantaranya ada daun basil lemon, daun basil cinnamon, dan lain sebagainya. Tanaman yang bisa menjadi campura resep masakan Anda ini ternyata sangat bermanfaat sebagai pengusir nyamuk. Sehingga saat Anda memilih untuk menanam daun basil maka Anda bisa mendapatkan manfaat berlebih.

6. Tanaman citronella

Pernahkah Anda mendengar nama tanaman citronella? Pada beberapa komposisi obat nyamuk yang biasa Anda pakai Anda bisa menemukan bahan tanaman citronella. Tanaman ini secara umum masuk pada kelas rerumputan. Namun tanaman ini memiliki ketinggian berkisar 150 hingga 180 cm. Aroma dari tanaman ini sangat kuat.

Tidak heran jika tanaman ini menjadi tanaman yang ampuh sebagai pengusir nyamuk. Khasiat dari aroma yang dihasilkan tanaman ini bisa mengalahkan aroma benda lain yang ada disekitarnya. Hal ini tak lain karena aromanya yang sangat menyengat dan kuat.

7. Daun peppermint

Tanaman Pengusir Nyamuk

Pada jenis tanaman pengusir nyamuk sebelumnya yang bernama lemon balm, tanaman tersebut bisa dimanfaatkan untuk campuran teh jenis herbal. Daun peppermint pun tidak jauh berbeda karena daun ini selain bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk juga bisa dijadikan sebagai campuran bahan minuman herbal penurun berat badan.

Apalagi dengan rasanya yang segar mint. Biasanya bahan peppermint ini dicampur dengan bahan mentimun dan juga lemon perasan sehingga menjadi minuman penurun berat badan.

8. Bawang putih

Tanaman Pengusir Nyamuk

Tentunya bawang putih bukan tanaman yang asing lagi bagi Anda. Pasalnya bawang putih memiliki manfaat yang banyak sekali dalam kehidupan sehari-hari. Secara umum memang bawang putih banyak digunakan sebagai bahan memasak. Namun ternyata disamping itu bawang putih memiliki khasiat yang ampuh untuk mengusir nyamuk.

9. Daun sereh

Sama halnya dengan bawang putih, daun sereh yang juga biasa dipakai sebagai bahan campuran memasak ternyata bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk. Daun sereh dikenal memiliki kandungan sitronellol dan juga gelaniol. Dua kandungan ini sangat tidak disukai nyamuk sehingga daun sereh sangat tepat dijadikan sebagai tanaman pengusir nyamuk alami.

10. Rosemary

Tanaman yang berpotensi sebagai pengusir nyamuk selanjutnya adalah bunga yang bernama rosemary. Bunga rosemary ini memiliki aroma bau yang cukup menyengat bagi nyamuk. Dengan aroma tersebut nyamuk akan secara otomatis menjauh.

Selain manfaatnya sebagai pengusir nyamuk, bunga rosemary juga memiliki keindahan yang memukau dari warna bunganya yang indah. Anda bisa sekaligus menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias di rumah Anda. Apalagi tanaman ini sangat tahan dan kuat berada di bawah sinar matahari. Sehingga Anda juga bisa menanamnya di luar rumah.

11. Bunga citrosa mosquito

Dari namanya saja mungkin Anda sudah bisa menebak bahwa tanaman ini sangat berkhasiat sebagai pengusir nyamuk. Bunga yang satu ini biasanya ditanam di luar ruangan karena bunga ini merupakan jenis tanaman yang hidup dengan kebutuhan cahaya matahari dan air dalam kadar tinggi. Bunganya pun cukup indah untuk menghiasi halaman rumah Anda.

Bunga citrosa mosquito memiliki arona harum yang sangat menyengat. Aromanya sama persis seperti aroma jeruk. Dengan aroma ini, bunga citrasa mosquito bekerja membasmi nyamuk yang ada di sekitarnya.

12. Geranium

Tanaman Pengusir Nyamuk

Jenis bunga lainnya yang dikenal sangat ampuh dalam membasmi nyamuk adalah geranium. Bunga yang satu ini memiliki aroma yang tidak disukai oleh nyamuk. Selain itu, bunga ini memiliki corak warna dan bentuk yang sangat indah. Sangat cocok bagi Anda yang suka merawat tanaman hias multi khasiat. Bunga geranium juga sering dikenal dengan sebutan tapak dara.

13. Tanaman pennyroyal

Tanaman pennyroyal memiliki warna bunga ungu yang indah. Tanaman ini termasuk salah satu jenis tanaman yang ditakuti oleh nyamuk. Tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk pengusir nyamuk, tanaman jenis ini juga dapat digunakan untuk mengusir tikus dan juga jenis serangga yang lain.

14. Tumbuhan kecombrang

Tanaman Pengusir Nyamuk

Tumbuhan kecombrang merupakan tumbuhan yang bisa dimanfaatkan sebagai campuran sayur sup karena kecombrang terkenal dengan rasanya yang cukup enak. Namun tanaman ini juga sangat ampuh untuk dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk. Bau kecombrang lebih condong ke bau keasam-asaman dan aroma ini tidak disukai oleh nyamuk sehingga sangat ampuh untuk mengusir nyamuk.

15. Krisan

Tanaman Pengusir Nyamuk

Tentunya Anda sudah tidak asing dengan nama tumbuhan yang satu ini. Krisan merupakan jenis bunga hias yang memiliki bentuk bunga memukau dan indah. Aromanya yang cukup menyengat membuat nyamuk tidak menyukainya. Maka sangat tepat bagi Anda yang menyukai tanaman hias untuk memilih bunga krisan karena bisa sekaligus Anda manfaatkan untuk pengusir nyamuk di sekitar Anda.

Keuntungan Menggunakan Tanaman Pengusir Nyamuk

Seperti yang telah sekilas dijelaskan di atas bahwa untuk membasmi atau mengusir nyamuk memang kebanyakan orang memakai obat nyamuk yang saat ini banyak dijual di berbagai toko. Baik itu obat nyamuk asap, lotion, elektrik, hingga aerosol. Semua obat nyamuk yang dijual tersebut tentu memiliki efek samping yang kurang bagus.

Seperti aerosil misalnya, dengan campuran bahan kimia, aroma aeroso yang terhirup oleh Anda bisa menimbulkan gangguan pernafasan pada Anda. Begitu pula untuk obat nyamuk jenis lainnya yang juga mengandung bahan campuran kimia dan tidak menutup kemungkinan bisa membawa dampak yang tidak baik bagian kesehatan.

Maka salah satu jalan terbaik adalah dengan menggunakan cara yang alami dan menggunakan tanaman pengusir nyamuk tersebut. Lantas mengapa harus menggunakan cara natural tersebut? Apakah ada keuntungan yang akan Anda peroleh?

Beberapa di bawah ini merupakan keuntungan yang bisa Anda peroleh jika Anda menggunakan bahan alami dari tanaman untuk mengusir gangguan nyamuk. Diantaranya adalah :

1. Lebih sehat

Dengan menggunakan tanaman alami sebagai pengusir nyamuk maka tentu saja Anda akan terhindar dari bahan-bahan kimia yang mana dapat membawa efek buruk baik bagian lingkungan maupun bagi kesehatan Anda. Tanaman yang berfungsi mengusir nyamuk ini tidak akan menyebarkan aroma beracun jika Anda hirup. Maka hal ini terbilang sangat aman untuk Anda terapkan.

2. Menjaga kelestarian lingkungan

Selain menjaga Anda dari gangguan nyamuk, memanfaatkan tanaman pengusir nyamuk akan membantu melestarikan lingkungan yang ada di sekitar Anda. Hal tersebut karena bumi kita sendiri akan mati tanpa adanya tanaman atau tumbuhan yang ada di sekitarnya. Dengan menanam dan membudidayakan tanaman pengusir nyamuk maka secara tidak langsung Anda juga telah membantu menghidupkan bumi kita.

3. Menambah pemandangan indah

Kebanyakan tanaman yang dipercaya dapat mengusir nyamuk adalah jenis tanaman yang sebenarnya adalah tanaman hias semata. Tidak sedikit pula dari tanaman-tanaman tersebut yang memiliki bunga indah memukau. Sehingga bagi Anda Yang ingin sekali memberikan kesan keindahan pada halaman rumah Anda maka Anda bisa memilih jenis tanaman tersebut.

Anda pun dapat menikmati keindahan halaman rumah Anda sekaligus terlindung dari bahaya injeksi nyamuk.

4. Mudah di budidayakan

Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa dibudidayakan guna mengusir nyamuk atau bahkan digunakan untuk kepentingan lain seperti campuran bahan masakan. Kebanyakan dari tanaman-tanaman tersebut memiliki metode penanaman yang terbilang mudah.

Sehingga hal tersebut tidak akan menyulitkan Anda yang ingin menanam atau membudidayakan tanaman tersebut guna mengusir nyamuk dari sekitar Anda. Meskipun begitu, Anda tetap harus memperhatikan dengan baik tentang bagaimana cara merawat tanaman pengusir nyamuk tersebut.

5. Menghemat pengeluaran

Saat Anda memutuskan untuk metode pengusiran nyamuk secara alami, maka tentunya hal yang Anda butuhkan hanyalah tanaman tersebut dan cara merawatnya dengan baik. Artinya Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli obat nyamuk kekinian yang banyak dijual di pasaran. Dengan begitu Anda bisa membantu menghemat pengeluaran bulanan Anda. Alam lestari, dompet Anda pun aman.

Kelemahan Menggunakan Tanaman Pengusir Nyamuk

Tanaman Pengusir Nyamuk

Tidak hanya memiliki keuntungan, ternyata menggunakan cara alami sebagai metode pembasmian nyamuk juga memiliki kelemahan. Salah satu kelemahannya yakni tidak ada jaminan akan terbasminya nyamuk yang ada di sekitar Anda. Pasalnya hal ini bergantung pada kesuburan atau kekuatan tanaman itu sendiri.

Jika tanaman memang dalam keadaan yang sangat baik maka tidak menutup kemungkinan nyamuk akan mudah terusir dari lingkungan Anda. Namun jika tanaman tersebut dalam keadaan yang kurang baik maka bisa jadu masih ada nyamuk yang berpotensi mengganggu Anda. Selain kelemahan itu, Anda juga tidak bisa menjamin umur dari tanaman yang Anda rawat tersebut.

Hal ini bisa disebabkan karena keadaan tanah maupun cara Anda merawat tanaman tersebut. Jika keadaan tanah Anda tidak cocok dengan jenis tanaman pembasmi nyamuk tersebut maka tidak usah heran jika tanaman tersebut berumur pendek.

Strategi Membudidayakan Tanaman Pengusir Nyamuk

Agar bisa mendapatkan hasil tanaman pengusir nyamuk yang baik dan bisa difungsikan sebagaimana mestinya maka Anda pun harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana strategi yang ampuh saat Anda memutuskan untuk membudidayakan tanaman tersebut.

Hal yang paling utama yang perlu Anda lakukan adalah memahami jenis tanah yang akan Anda gunakan. Bagaimanapun juga, kecocokan tanah pada tanaman adalah berbeda-beda. Anda perlu memahami terlebih dahulu bagaimana keadaan tanah yang akan Anda pakai. Dengan tanah yang sesuai maka dijamin tanaman pengusir nyamuk Anda akan tumbuh dengan baik.

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan merawatnya secara rutin. Meskipun secara umum metode perawatan tanaman pembasmi nyamuk adalah mudah dan tidak ribet, namun jika tidak Anda perhatikan degan baik maka akan berpotensi mematikan tanaman tersebut secara berkala.

Demi membangun hidup yang lebih sehat, tidak ada salahnya jika Anda mulai membudidayakan tanaman pengusir nyamuk untuk menggantikan posisi obat nyamuk yang secara umum sudah tercampur dengan bahan kimiawi. Dengan begitu lingkungan Anda juga akan lebih lestari.

15 Tanaman Pengusir Nyamuk Yang Manjur Dan Nilai Jualnya Puluhan Juta

Add Comment