6 Tanaman Herbal

Tanaman Herbal – Ada banyak jenis tanaman yang bisa ditanam dirumah yakni mulai dari tanaman hias hingga tanaman herbal. Masing-masing tanaman memiliki manfaat berbeda-beda baik sebagai mempercantik ruangan hingga memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. Ulasan dibawah ini akan membahas seputar tumbuhan herbal yang bisa Anda tanam sendiri dirumah. Simak ulasan lengkapnya!

Apa Itu Tanaman Herbal?

Apa Itu Tanaman Herbal?

Tanaman herbal merupakan tumbuhan yang memberikan banyak manfaat khususnya bidang pengobatan suatu penyakit mulai dari penyakit ringan hingga kronis. Tanaman yang digolongkan sebagai tumbuhan herbal memiliki kandungan bahan yang bisa digunakan untuk dunia medis. Ada banyak tumbuhan herbal di sekitar kita yang dibagi menjadi beberapa jenis.

Tanaman herbal dapat digolongkan menjadi beberapa jenis berdasarkan bentuknya yakni dari tumbuhan berbuah, berakar berdaun, hingga tumbuhan berbunga. Dari beberapa jenis tersebut terdapat beranekaragam macam tumbuhan. Apa sajakah itu?

6 Tanaman Herbal Berbuah

Tanaman herbal berbuah yakni tumbuhan yang menghasilkan buah dan buah tersebut dimanfaatkan sebagai tanaman herbal. Ada banyak buah yang bisa digunakan untuk pengobatan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pepaya

Pepaya

Salah satu jenis tanaman herbal yang diperoleh dari buahnya dalah papaya. Buah berwarna orange ini memiliki cita rasa yang manis dan sangat lembut dimakan. Pepaya sering digunakan untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Tidak hanya bagian buahnya saja yang akan manfaat, tetapi daun pepaya juga baik untuk kesehatan Anda.

Khasiat yang akan Anda dapatkan dari buah pepaya selain melancarkan BAB adalah sebagai obat demam berdarah, pereda nyeri saat haid, terdapat zat anti kanker pada getah putihnya, dan bisa mengontrol tekanan darah

2. Belimbing

Belimbing

Belimbing adalah salah satu buah yang banyak memberikan khasiat kesehatan khususnya mengobati penyakit yang menyerang ginjal. Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam osalat yang tinggi. Anda bisa menyajikan buah belimbing dengan berbagai cara mulai dari dimakan langsung hingga dijadikan jus yang segar.

3. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis

Buah-buahan yang bisa Anda jadikan sebagai obat ampuh dikala sakit adalah jeruk nipis. Buah ini kaya akan kandungan vitamin c sehingga sangat bak untuk kesehatan tubuh. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari jeruk nipis yakni dapat mengobati amandel, ambeien, panu, batu ginjal, radang tenggorokan, vertigo, difteri dan mendetoks racun dalam tubuh.

4. Alpukat

Alpukat

Buah alpukat merupakan salah satu buah yang paling banyak digemari oleh masyarakat karena rasanya yang nikmat. Apakah Anda juga salah satu penyukanya? Buah bertekstur lembut ini selain sangat nikmat dimakan juga kaya akan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Kandungan vitamin pada buah ini yakni vitamin C, vit B, fosfor, lemak baik, kalsium dan zat besi.

Banyaknya kandungan baik dalam alpukat membuah buah ini dapat memperbaiki sistem kardiovaskular dan mencegah inflamasi pada pencernaan. Anda bisa mengolah alpukat dalam beberapa macam jenis makanan mulai dari dimakan langsung, dijadikan jus buah, dicampur dengan gula hingga menjadi campuran sup buah.

5. Jambu Biji

Jambu Biji

Salah satu buah yang patut Anda coba dan konsumsi adalah jambu biji. Buah ini mengandung banyak manfaat kesehatan yakni mampu meningkatkan kolesterol baik, mencegah darah tinggi, melindungijantung dan mencegah paparan radikal bebas. Sedangkan kandungan dalam buah ini meliputi kalium, antioksidan, vitamin dan serat.

6. Belimbing Wuluh

Belimbing Wuluh

Jika sebelumnya membahas mengenai belimbing yang segar, Anda juga harus mencoba tanaman herbal belimbing wuluh. Buah ini sering digunakan untuk penambah cita rasa masakan. Ternyata buah ini mengandung banyak manfaat seperti menjaga imun tubuh, obat sariawan yang ampuh, mencegah diabetes, obat sakit gigi hingga mengatasi batuk.

7. Pare

Pare

Jika mendengar kata pare saja sudah enggan, maka pasti sudah enggan pula untuk mencobanya. Namun, hal ini tidak berlaku untuk sebagina orang karena pare menjadi santapan nikmatuntuk makan. Pare memang memiliki rasa yang cenderung pahit, akan tetapi segudang manfaat kesehatan akan Anda rasakan.

Khasiat yang ada pada buah pare adalah membantuk proses detoksifikasi atau pembuangan racun tubuh lebih cepat, baik untuk menjaga kehamilan, sebagai obat masalah pernapasan, meningkatkan sistem imun, mengatasi sembelit dengan cepat hingga obat mujarab untuk penyakit diabetes.

8. Mengkudu

Mengkudu

Buah ini tidak begitu disukai karena memiliki bau yang aneh dan tentu rasanya tidak enak atau cenderung pahit. Akan tetapi, dibalik keburukan yang terlihat dari luar, buah mengkudu ini kaya akan khasiat kesehatan untuk tubuh Anda.

Manfaat dari buah mengkudu diantaranya sebagai obat anti kanker, obat untuk sakit kung, meredakan perut kembung, daya tahan tubuh meningkat, mampu mencegah infeksi hingga memperlancar peredaran darah.

7 Tanaman Herbal Bagian Akar

Selain tumbuhan berbuah yang memberikan khasiat kesehatan, tanaman rempah-rempah juga tidak kalah kaya akan manfaat kesehatan bagi tubuh Anda. Berikut ini 7 rempah-rempah yang termasuk dalam tanaman herbal:

1. Kencur

Kencur

Rempah-rempah yang pasti dijual oleh tukang jamu adalah kencur. Tumbuhan herbal ini biasanya dicampur dengan air beras sehingga rasa jamunya lebih nikmat. Kencur sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh mulai dari mengobati masuk angin, sakit kepala, kesleo, flu dan batuk, pembersih darah kotor, dan meminimalisir penyakit batu ginjal.

2. Kunyit

Kunyit

Salah satu pewarna alami ini memberikan banyak manfaat untuk tubuh Anda. Kunyit bisa sangat mudah ditemukan karena digunakan untuk bumbu dapur. Selain sebagai pelengkap bumbu, kunyit juga digunakan untuk minuman jamu. Rasa dari tanaman herbal ini sangat unik namun menyegarkan.

Manfaat yang akan Anda dapatkan dari tanaman ini diantaranya adalah mampu membunuh virus, penghilang bau badan, tensi bisa ditekan, memperbaiki siklus haid, sebagai obat gatal, mengobati radang gusi hingga menurunkan demam.

3. Kayu Manis

Kayu Manis

Rempah lain yang mampu memberikan manfaat kesehatan adalah kayu manis. Segudang khasiat bisa Anda rasakan jika rutin mengkonsumsi tanaman herbal ini. Hal ini dikarenakan kayu manis mengandung polifenol, kalsium, antioksidan, zat besi, anti inflamasi, antimikroba dan mangan.

Adapun manfaatnya mampu mencegah serangan jantung, meminimalisir radang sendi, anti kanker, mengurasi nyeri saat rematik, meredakan perut yang kembung, dan mampu melegakan saluran pernapasan.

4. Jahe

Jahe

Siapa yang tidak mengenal jahe? Rempah ini sangat sering kita temui di pasar dan dapur rumah. Jahe sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda seperti penghangat tubuh, pereda nyeri dan mengatasi masalah pernapasan. Ada beberapa jenis jahe yang bisa Anda pilih yakni jahe gajah, merah dan kuning.

5. Jinten Hitam

Jinten Hitam

Saat ini banyak produk obat atau suplemen bahkan produk sehari-hari seperti shampoo dan sabun yang mengandung habatussauda. Habatussauda ini disebut juga jinten hitam dan kaya akan khasita kesehatan yang ampuh.

Khasiat kesehatan pada rempah ini adalah mampu meredakan nyeri, meningkatkan imunitas, anti virus, bakteri, kanker, dan radang, sebagai obat kencing manis serta mengobati penyakit saluran pernapasan. Apakah Anda pernah mengkonsumsinya?

6. Temulawak

Temulawak

Jika Anda merasakan pegal di seluruh badan, Anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi tanaman herbal temulawak. Rempah yang satu ini juga bisa mengobati sakit maag hingga diare. Selain itu, temulawak juga dikenal sebagai obat yang ampuh untuk meningkatkan nafsu makan anak.

7. Kapulaga

Kapulaga

Tanaman herbal lain yang termasuk dalam jenis rempah adalah kapulaga. Rempah ini biasanya untuk makanan timur tengah yang khas. Manfaat diuretik yang ada pada kapulaga mampu melancarkan air seni sehingga ginjal Anda akan sehat. Selain itu, khasiatnya juga sebagai obat hipertensi, mengatasi susah BAB dan menghentikan diare.

Tanaman Herbal Daun Kaya Manfaat

Tumbuhan memiliki manfaat pada setiap bagiannya mulai dari akarnya, daunnya hingga bunganya. Jika dilihat dari bagian daunnya, ada beberapa daun tumbuhan yang memberikan banyak khasiat untuk kesehatan. Apa sajakah itu?

1. Seledri

Seledri

Saat ibu memasak sop, pasti akan ada daun seledri didalamnya. Selain sebagai penambah cita rasa masakan, seledri ternyata banyak mengandung zat yang baik untuk tubuh. Anda bisa menggunakan seledri untuk mengatasi sakit rematik, asma, diabetes, tekanan darah tinggi, hingga mata yang kering.

Daun seledri saat ini banyak digunakan dalam dunia kecantikan khususnya untuk merawat wajah agar lebih bersih. Biasanya cara mengkonsumsinya dengan dibuat menjadi jus. Adapun jenis seledri yang dipilih yakni seledri import atau batang gendut karena rasanya lebih enak dibandingan dengan seledri lokal seperti di pasaran.

2. Kangkung

Kangkung

Oseng-oseng kangkung menjadi salah satu makanan favorit untuk disantap bersama keluarga. Jika Anda cukup rajin memakan olahan dari kangkung, bisa dipastikan Anda akan lebih sehat. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan zat besi dan serat sehingga sangat ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit mulai dari migrant, wasir, sakit gigi hingga lemah syaraf.

3. Daun Sirih

Daun Sirih

Tanaman herbal yang sangat akrab dengan kaum wanita salah satunya adalah daun sirih. Tumbuhan ini sudah banyak diolah dalam berbagai bentuk mulai dari jamu, keripik, hingga sabun pembersih. Manfaat yang didapat dari tanaman berdaun ini adalah mampu mengatasi segala macam masalah kewanitaan seperti keputihan. Selain itu, daun sirih juga bisa membantu menghilangkan bau badan.

4. Daun Dewa

Daun Dewa

Daun dewa masih cukup baru terdengar di kalangan masyarakat. Tumbuhan ini memberikan banyak manfaat kesehatan diantaranya mengobati darah tinggi, radang, nyeri, hingga diabetes. Jika Anda mengolahnya sendiri dirumah, cukup direbus dengan air dan dikonsumsi setiap hari. Sedangkan bagi Anda yang tidak mau ribet, Anda bisa membelinya dalam bentuk serbuk dan kapsul.

5. Lidah buaya

Lidah buaya

Tanaman herbal berdaun yang banyak memberikan manfaat kesehatan adalah lidah buaya. Ekstrak aloe yang ada pada batang daun lidah buaya pada umumnya digunakan sebagai bahan membuat produk kecantikan. Ekstrak aloe ini memberikan nutrisi khususnya menjaga kelembabapan kulit dan mampu mencegah penuaan dini.

Tidak hanya sangat ampuh untuk mengatasi permasalahan kulit wajah, lidah buaya juga bisa digunakan untuk melebatkan rambut karena kandungan zat didalamnya bisa merangsang pertumbuhan rambut baru. Anda juga bisa memanfaatkan tanaman ini untuk mengobati luka ringan sehingga luka cepat mongering.

6. Pasak Bumi

Pasak Bumi

Bagi Anda para pria, pasti tidak asing dengan tulisan ‘pasak bumi’ pada obat kuat. Tidak hanya berkhasiat pada ramuan khusus pria, ternyata pasak bumi mampu mengatasi penyakit lain seperti meminimalisir stress, mengoptimalkan energy, membuat lebih awet muda, dan pembesar otot alami

4 Tanaman Herbal Dari Bagian Bunga

Selain bagian buah, dan daun, jenis tanaman herbal lain juga bisa berasal dari tanaman bunga. Berikut ini 4 macam bunga yang bisa dijadikan sebagai obat dan memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh Anda, diantaranya adalah:

1. Bunga Matahari

Bunga Matahari

Bunga matahari yang cerah akan membawa suasana yang menyenangkan saat melihatnya. Bunga ini mengandung kalium, magnesium, vitamin dan kalsium. Kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh dan bermanfaat sebagai obat diabetes, obat kulit, sakit kepala hingga mengobati osteoporosis.

2. Kumis Kucing

Kumis Kucing

Unga kumis kucing biasanya tumbuh di halaman depan rumah dengan warna bunga yang putih bersih seperti kumisnya kucing. Bunga unik ini memiliki kandungan lipophilic, sinensetin, falvonoid, orthisiphon dan beberapa kandungan lain yang memberikan banyak khasiat kesehatan. Beberapa khasiat yang didapat adalah sebagai obat hipertensi, diabetes dan asam urat.

3. Bunga Kenop

Bunga Kenop

Indahnya bunga kenop akan membuat siapa saja yang memandang pasti ingin menaruhnya sebagai hiasan dirumah. Selain cantik, bunga ini bisa Anda jadikan obat karena memiliki banyak khasiat kesehatan seperti mengobati radang mata, demam, batuk, sakit kepala bahkan menambah napsu makan.

4. Kemuning

Kemuning

Bunga cantik yang juag memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh adalah bunga kemuning. Minyak atsiri pada bunga ini mencapai 60 senyawa dengan kandungan saponin, tannin, kumarin dan zat lainnya yang memiliki fungsi untuk membuat glukosa menurun.

Bagaimana Cara Menanam Tanaman Herbal?

Tanaman herbal sangat mudah untuk dibudidayakan sendiri dirumah. Hal ini dikarenakan cara penanaman dan perawatannya yang tergolong mudah dan sederhana. Ada bergam jenis metode tanam yang bisa Anda gunakan. Masing-masing tanaman bisa tumbuh dengan metode tanam yang berbeda sesuai dengan jenis tanamannya.

1. Menanam tumbuhan herbal buah

Menanam tumbuhan herbal buah

Jika Anda hendak membudidayakan tumbuhan herbal yang berasal dari buah, biasanya cukup menggunakan biji buah tersebut. Anda bisa menanamnya dengan metode hidroponik atau tanam biasa. Pastikan untuk selalu memberikan asupan nutrisi untuk tanaman Anda.

2. Menanam tumbuhan herbal akar

Menanam tumbuhan herbal akar

Tanaman herbal akar seperti jahe,kunyit, kencur dan sebagainya bisa dibudidayakan didepan rumah Anda. cara penanamannya cukup menggunakan akar yang sudah kering dan ditanam dalam pot atau polybag. Tanaman ini tidak terlalu butuh air sehingga jangan sampai kelebihan air karena justru membuatnya membusuk dan tidak berkembang dengan baik.

3. Menanam tumbuhan herbal daun

Menanam tumbuhan herbal daun

Jika Anda ingin menanam tumbuhan herbal daun, Anda cukup menggunakan bakal lidah buaya yang berkualitas. Jenis tanaman daun pada umumnya membutuhkan penyiraman yang lumayan banyak. Setidaknya Anda melakukan penyiraman pada pagi dan sore hari. Pastikan juga untuk menambahkan pupuk agar tanaman bisa tumbuh dengan optimal.

4. Menanam tumbuhan herbal bunga

Menanam tumbuhan herbal bunga

Tanaman herbal bunga bisa Anda budidayakan sendiri dirumah karena proses penanaman yang mudah dan perawatannya pun tidak menyusahkan. Misalnya saja Anda akan menanam buanga matahari, Anda cukup menyiapkan biji bunga yang sudah kering kemudian ditanam di polibag. Setelah tumbuh, baru pindahkan ke tanah pekarangan.

Ulasan seputar tanaman herbal diatas diharapkan mampu memberikan informasi yang lengkap dan bermanfaat bagi Anda dan para pembaca. Anda juga lebih semangat untuk menanam tumbuhan herbal guna menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi secara rutin tanaman tersebut. Tanaman manakah yang akan menghiasi kebun toga Anda?

6 Tanaman Herbal

Leave a Reply