6 Tanaman Hias (Lengkap dengan jenis dan manfaat)

Tanaman Hias – Tanaman hias memang terkenal sebagai salah satu jenis tanaman yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Selain dapat menyalurkan hobi, dengan merawat tanaman ini Anda akan mendapatkan berbagai manfaat setelahnya. Tanaman ini mencakup semua jenis tumbuhan mulai dari pohon, semak, perdu, dan lain sebagainya.

Sayangnya, pengetahuan tentang tanaman hias hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu saja. Padahal tanaman ini juga memiliki berbagai keunggulan yang dapat Anda manfaatkan. Artikel ini akan membahas lebih lengkap tentang tanaman mulai dari pengertian hingga hal-hal yang melingkupinya. Ingin tahu lebih detail? Pastikan membaca sampai akhir ya!

Mengenal Tanaman Hias

Mengenal Tanaman Hias

Tanaman hias sebagai salah satu jenis tumbuhan tentu tidak asing di telinga Anda, bukan? Jenis ini merupakan pengelompokan berdasarkan fungsi dari tanaman hortikultura yang dilakukan pada bidang pertanian. Meskipun tidak dapat dimanfaatkan semua bagian tubuhnya, tanaman ini memiliki ciri khas yaitu keindahan yang dimilikinya.

Anda dapat meletakkan tanaman hias di berbagai tempat, mulai dari di dalam rumah, di halaman rumah, di kantor, maupun di luar bangunan tinggi. Anda juga dapat meletakkan tanaman ini dalam sebuah tempat khusus yang membentuk sebuah taman. Intinya, Anda dapat menggunakan tanaman ini di ruang tertutup maupun terbuka.

Tanaman hias dapat diartikan sebagai semua jenis tanaman yang tergolong dalam berbagai tipe yang memberikan kecantikan dan keindahan. Dengan berbagai tanaman yang bervariasi ini, Anda akan memperoleh nilai estetika hang melekat pada sebuah tanaman yang tergolong dalam berbagai tipe.

Tanaman ini secara khusus digunakan untuk memberikan nilai estetika sehingga dapat mempercantik ruangan. Masing-masing tanaman ini menggunakan berbagai unsur keindahan yang dapat dilakukan di dalam maupun di luar ruangan. Berbagai jenis hiasan ini juga memiliki manfaat bagi pemiliknya.

Jenis Tanaman Hias

Jenis Tanaman Hias

Tanaman hias memiliki berbagai jenis yang dapat ditemui di lingkungan tempat tinggal maupun di berbagai wilayah. Biasanya tanaman ini sering digunakan sebagai masyarakat baik individu maupun kelompok dengan tujuan untuk mempercantik lingkungan. Adapun jenis tanaman ini akan dijabarkan di bawah ini.

Tanaman Hias Berdasarkan Jenis Tanaman

Berdasarkan jenis tanamannya, tanaman hias dibedakan menjadi 3, yaitu tanaman hias bunga, daun, dan pohon. Tentunya masing-masing jenis tanaman ini memiliki daya tarik tersendiri di kalangan masyarakat. Sehingga dapat menjadi salah satu pilihan jika ingin merawat dan menanam tanaman yang memiliki fungsi estetika di dalamnya.

1. Tanaman hias bunga

Tanaman hias bunga

Siapa sih yang tidak mengenal bunga? Tanaman ini kerap menjadi pilihan untuk berbagai acara maupun hadiah. Bunga memiliki berbagai jenis dan warna yang dapat dipilih sesuai selera Anda. Adapun bunga yang ditanam ini memiliki bentuk yang dapat digunakan dalam berbagai kondisi dan kebutuhan. Contohnya seperti buket bunga, vas bunga, dan lain sebagainya.

Tanaman jenis bunga ini biasanya ditanam di luar ruangan dan menggunakan media tanah secara langsung agar memperoleh hasil yang maksimal. Beberapa orang menggunakan pot juga sebagai media, namun jarang dilakukan. Beberapa contoh bunga yang menjadi tanaman hias dirumah yaitu bunga anggrek, sepatu, mawar, kamboja, dan lain sebagainya.

Ketika merawat tanaman ini, pastikan untuk menggunakan ketelatenan sehingga dapat memberikan hasil yang terbaik. Pada dasarnya bunga memiliki daya tahan tubuh yang rendah sehingga harus melalui proses perawatan yang terbaik. Dalam hal ini Anda harus melakukan perawatan secara rutin agar mencegah bunga yang layu atau gugur.

2. Tanaman hias daun

Tanaman hias daun

Bagian tanaman yang satu ini juga kerap memiliki bentuk dan warna yang terkadang unik dan dapat dijadikan sebagai hiasan. Biasanya tanaman jenis ini tidak berbunga atau kondisi yang dihasilkan berupa daun saja. Meski begitu, tanaman jenis daun ini juga memiliki daya tahan yang tinggi terhadap berbagai situasi lho.

Anda tidak perlu khawatir dalam merawat jenis tanaman ini karena memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Anda juga dapat meletakkan jenis tanaman ini di dalam maupun di bagian luar ruangan. Sehingga tidak membutuhkan effort yang lebih untuk merawat tanaman ini. Selain dapat mempercantik ruangan, Anda juga dapat melatih diri agar lebih sabar.

Tanaman jenis daun ini juga bervariasi dan dapat Anda pilih sesuai selera. Pastinya masing-masing daun memiliki warna dan bentuk yang berbeda sehingga dapat dikondisikan sesuai selera dan karakter pribadi Anda. Contoh dari tanaman daun adalah kuping gajah, palem kuning, anthurium, aglaonema, dan lain sebagainya.

3. Tanaman hias pohon

Tanaman hias pohon

Meskipun tergolong memiliki ukuran fisik yang besar, tanaman berbentuk pohon ini juga dijadikan sebagai salah satu hiasan. Biasanya tanaman jenis pohon ini cocok diletakkan di luar ruangan. Anda dapat meletakkannya di depan rumah maupun di sepanjang halaman rumah. hal ini tentu akan mempercantik lingkungan rumah Anda.

Tanaman hias pohon ini juga memiliki ukuran yang sedang, yaitu tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Pertumbuhannya juga terbilang cepat sehingga Anda juga tidak perlu memberikan perhatian khusus jika menanam tanaman ini dirumah. Tanaman berjenis pohon ini juga memiliki daya tarik tersendiri lho bagi pecinta tanaman.

Batang dan tangkai dari tanaman jenis pohon ini juga bervariasi sehingga Anda dapat memilih berbagai model. Adapun jenis pohon yang dapat Anda pilih adalah bambu kuning, bambu Jepang, beringin, dan tanaman jenis lain yang memiliki daya tarik dan bentuk yang unik. Sehingga dapat mempercantik lingkungan rumah Anda.

4. Tanaman hias buah

Tanaman hias buah

Buah tidak hanya dapat dikonsumsi saja, namun juga dapat dijadikan sebagai hiasan dirumah. Anda dapat merawat tanaman ini di luar ruangan sehingga dapat memberikan ruang yang lebar agar tanaman dapat tumbuh. Jenis tanaman buah ini juga bervariasi dan dapat Anda pilih sesuai kebutuhan dan kondisi Anda.

Perbaduan antara daun, buah, dan tangkai dari tanaman ini juga berfungsi sebagai hiasan. Hal ini karena dapat memberikan tampilan yang memiliki nilai estetika yang tinggi. Perpaduan warna antara buah, tangkai, dan daun juga berperan dalam mempercantik tanaman hias ini. Sangat mengesankan, bukan?

Adapun contoh dari tanaman hias dalam bentuk buah ini bermacam-macam, diantaranya  lemon, jeruk nagami, cabe pelangi, buah naga, anggur, dan lain sebagainya. Dengan tanaman jenis ini Anda dapat memanfaatkan buah yang dapat dikonsumsi sekaligus dapat menggunakan tanaman sebagai hiasan untuk mempercantik rumah.

5. Tanaman hias akar

Tanaman hias akar

Bagian dari tumbuhan ini juga berfungsi sebagai hiasan di rumah lho! Salah satunya adalah jenis tanaman yang berakar. Hal yang ditonjolkan oleh tanaman ini adalah bagian akarnya yang membentuk sedemikian rupa sehingga memberikan keindahan. Dengan perpaduan yang dihasilkan dari akar, batang pohon, daun, dan bunga dapat mempercantik rumah Anda.

Akar dari sebuah tanaman ini dapat ditata agar lebih cantik. Dalam menata sebuah akar, pastikan Anda memiliki kemampuan yang khusus agar dapat memberikan keindahan pada jenis tanaman hias ini. Beberapa contoh dari tanaman ini dapat Anda koleksi dirumah, yaitu beringin dan adenium.

Tanaman Hias Berdasarkan Tempat Ditanamnya

Berdasarkan tempat penanamannya, tanaman hias juga dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu tempat biasa, tempat digantung dan tempat di air. Anda juga dapat menggunakan berbagai jenis tanaman ini dengan kondisi yang ada di rumah. Pada dasarnya semua jenis tanaman dapat ditanam di area kosong yang membutuhkan sentuhan keindahan.

1. Tempat biasa

Tempat biasa

Tanaman ini merupakan jenis tanaman yang biasa ditemukan di lingkungan sekitar. Tanaman hias ini dapat ditemukan di lingkungan rumah baik di dalam maupun di luar ruangan. Penanamannya juga menggunakan media pot atau tanah secara langsung. Dalam hal ini tempat biasa merupakan salah satu media yang paling sering digunakan oleh masyarakat.

Banyak sekali jenis tanaman yang dapat Anda tanam di tempat biasa ini. Anda dapat memilih warna maupun bentuk tanaman sesuai dengan tipe rumah yang dimiliki. Sehingga dalam hal ini tanaman dapat dijadikan sebagai pelengkap untuk mempercantik rumah Anda.

2. Tempat digantung

Tempat digantung

Tanaman yang digantung pada dasarnya memberikan keindahan sekaligus keunikan. Anda juga dapat memilih tanaman gantung sebagai salah satu hiasan yang ada di rumah. Tidak langsung digantung, dalam hal ini Anda juga dapat menggunakan berbagai media seperti pot yang kemudian digantung untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Tidak hanya menghemat ruangan, dengan sistem penanaman ini Anda juga akan memperoleh tampilan rumah yang indah. Contoh dari tanaman yang digantung ini adalah bunga anggrek dan begonia yang tentunya dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan untuk diaplikasikan di rumah. Perpaduan antara warna daun, bunga, dan pot tentu dapat memberikan keindahan tersendiri.

3. Tempat di air

Tempat di air

Tidak hanya di daratan, Anda juga dapat merawat tanaman hias di dalam air. Beberapa tanaman jenis ini hidup di air dan membutuhkan air sebagai salah satu media hidup. Bagi Anda yang memiliki kolam sederhana dengan air terjun kecil dapat menggunakan jenis tanaman ini dirumah. Biasanya tanaman ini diletakkan di luar ruangan.

Tanaman jenis ini disebut dengan tanaman hidrofit, yaitu ciri batang yang berdaun lebar dan memiliki batang yang berongga. Tanaman ini dapat menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang memiliki kolam yang dapat dijadikan tujuan untuk memperindah ruangan. Beberapa contoh tanaman hias yang hidup di air adalah bunga teratai, kapu-kapu, dan lain sebagainya.

Manfaat Tanaman Hias

Tanaman hias tidak hanya digunakan sebagai alat untuk mempercantik ruangan saja, namun juga memiliki berbagai manfaat yang dapat digunakan oleh berbagai bidang. Adapun penjelasan tentang manfaat tanaman jenis ini akan dijelaskan lebih detail di bawah ini.

1. Mengusir nyamuk

Mengusir nyamuk

Nyamuk menjadi salah satu momok yang paling menjengkelkan ketika dirumah. Tidak perlu menggunakan obat nyamuk, Anda juga dapat menggunakan tanaman hias sebagai solusi. Jika obat nyamuk memiliki kandungan yang berbahaya, tanaman ini dapat digunakan sebagai alat pengusir nyamuk alami.

2. Menurunkan kebisingan

Menurunkan kebisingan

Rumah memang menjadi tempat paling nyaman, tidak hanya di dalam perumahan, terkadang rumah juga berada di pinggir jalan. Ramainya lalu lintas menjadi permasalahan bagi Anda yang sangat sulit dihindari. Salah satu solusinya adalah dengan memelihara tanaman agar dapat menurunkan kebisingan.

3. Menghilangkan partikel beracun di udara

Menghilangkan partikel beracun di udara

Tanaman hias juga dapat dijadikan sebagai alat untuk menghilangkan dan menyaring kandungan negatif di udara. Udara tidak hanya membawa zat positif saja, namun juga memiliki kandungan negatif, diantaranya benzene, trichloroethylene, xylene, formaldehida, dan bahan kimia lainnya. Hal ini dapat diatasi dengan memelihara tanaman di dalam rumah Anda.

4. Mengurangi debu dalam ruangan

Mengurangi debu dalam ruangan

Debu biasanya muncul pada saat musim kemarau, dimana zat ini semakin mudah bertebaran pada saat musim kemarau. Tanaman ini dapat melepaskan sekitar 95 sampai 97 % air yang dikandungnya. Pada dasarnya kadar air ini dapat memberikan kelembapan yang dapat menyerap dan menangkap debu di dalam ruangan.

5. Menetralisir bau tidak sedap

Menetralisir bau tidak sedap

Bau masakan maupun bau yang dihasilkan dari lantai terkadang membuat rumah Anda bau tidak sedap. Hal ini tentu sangat mengganggu kenyamanan jika ingin bersantai di dalam rumah. Tidak perlu menggunakan pengharum ruangan, Anda dapat menggunakan  tanaman hias sebagai parfum alami untuk menetralisir bau tidak sedap yang ada dirumah.

6. Membuat tidur lebih nyenyak

Membuat tidur lebih nyenyak

Beberapa jenis tanaman memiliki kandungan yang dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung, sehingga dapat memberikan ketenangan bagi Anda yang ada disekitarnya. Tanaman ini dapat mengatasi stress, rasa sakit, nyeri, dan kecemasan yang dapat mempengaruhi proses tidur Anda.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Meningkatkan daya tahan tubuh

Setiap individu memiliki ketahanan tubuh yang berbeda-beda satu sama lain. Bangunan rumah pada dasarnya mempengaruhi stamina tubuh orang yang tinggal di dalamnya. Dengan adanya tanaman hias yang ada dirumah, maka akan dapat menciptakan kelembapan absolut yang dapat mencegah virus masuk di dalamnya.

8. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Memiliki banyak hal yang harus dipikirkan dan diatasi tentu membuat Anda pecah konsentrasi. Hal ini akan menyebabkan Anda mudah lelah, lesu, dan letih yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Pastinya Anda tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan? Sehingga perlu dilakukan penanganan yang khusus.

Salah satu solusi untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi pada Anda adalah dengan menanam tanaman di dalam rumah. kandungan CO2 akan diganti oleh O2 yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika hal ini dilakukan, maka Anda akan kembali memperoleh konsentrasi dan meningkatkan tingkat fokus sehingga dapat bekerja dengan normal kembali.

9. Meredakan flu dan batuk

Meredakan flu dan batuk

Flu dan batuk merupakan salah satu jenis penyakit yang erat hubungannya dengan masyarakat. Kedua penyakit ini biasanya menyerang manusia yang sedang berada dalam ketahanan tubuh yang rendah. Salah satu solusinya adalah dengan menghirup zat alami yang dikeluarkan oleh tanaman hias.

10. Menjaga kesehatan mental

Menjaga kesehatan mental

Tidak hanya fisik, mental juga dapat mempengaruhi kehidupan Anda. Bentuk tanaman hias yang ada dirumah dapat memberikan getaran positif jika dipelihara dirumah. Tidak hanya digunakan di dalam rumah, Anda juga dapat meletakkan tanaman ini di meja kerja sehingga dapat memberikan energi positif bagi Anda.

Contoh Tanaman Hias

Contoh Tanaman Hias

Tanaman memiliki berbagai variasi yang dapat dipilih sesuai keinginan dan selera Anda. Beberapa tanaman yang mudah ditemukan dan menjadi salah satu favorit di kalangan masyarakat adalah:

  • Bunga lavender
  • Tanaman zodiac
  • Tapak dara
  • Rosemary
  • Serai
  • Citrosa mosquito
  • Marigold flower
  • Akar wangi
  • dsb.

Berbagai penjelasan tentang tanaman hias di atas dapat menjadi pengetahuan bagi Anda. Berbagai poin yang telah dijelaskan di atas dapat menambah wawasan dan tentunya dapat menjadi inspirasi untuk dipelihara dirumah. Selamat mencoba!

6 Tanaman Hias (Lengkap dengan jenis dan manfaat)

Add Comment