25 Tanaman Hias Gantung Yang Beromset Jutaan Rupiah

Tanaman Hias Gantung  – Apakah Anda ingin memiliki rumah dengan kesan yang sejuk dan rindang namun terhalang dengan lahan yang sempit? Jangan risau, kali ini ada siasat yang bisa Anda lakukan agar tetap bisa menjadikan rumah lebih sejuk dan rindang meski dengan tidak memakan banyak ruang. Bagaimana caranya? Anda bisa memilih tanaman hias gantung.

Memiliki tanaman hias yang digantung tak hanya hemat dalam hal ruang namun tetapi tanaman ini juga cukup fleksibel dalam penempatannya. Baik itu di teras, didinding, ataupun jendela. Asalkan Anda tetap memberikannya sinar matahari yang cukup maka tanaman hias gantung bisa tetap tumbuh dengan baik. Berikut beberapa jenis tanaman hias yang digantung yang bisa Anda pilih.

Tanaman Hias Gantung yang Mudah Dirawat

Bagi Anda yang sama sekali belum pernah memiliki tanaman hias jenis gantung maka jangan takut untuk memeliharanya. Pasalnya ada banyak jenis tanaman hias gantung cukup mudah untuk dirawat tanpa memerlukan keahlian khusus. Tanaman ini tentunya sangat cocok dipelihara untuk para pemula. Berikut beberapa jenis tanaman yang bisa Anda pelihara:

1. Petunia

1. Petunia

Tanaman hias ini merupakan salah satu tanaman hias yang cukup populer. Pasalnya tanaman ini tak hanya mudah dirawat namun memiliki bentuk yang sangat cantik. Yakni bunganya yang rimbun dengan berbagai variasi warna yang menarik hati. Selain rimbun, bunga dari tanaman hias ini juga cukup mendominasi pertumbuhannya. Menarik bukan?

2. Black Eyed Susan Vine

2. Black Eyed Susan Vine

Merupakan jenis tanaman hias yang memiliki bunga yang tak kalah cantiknya dengan petunia. Bunga tanaman hias ini memiliki kelopak bunga dengan warna yang bervariasi. Yakni seperti warna merah, kuning, dan putih. Dengan warna tengah hitam, dan itulah mengapa bunga ini dijuluki dengan nama “black eyed” tak lain yang karena memiliki mata hitam ditengahnya.

Jenis tanaman hias yang satu ini yang paling populer adalah warna kuning. Pasalnya warna kuning terlihat lebih mencolok jika dibandingkan dengan yang lainnya. Terlebih warna mata hitamnya juga cenderung gelap. Tanaman ini juga memiliki dedaunan yang padat dan rimbun Anda bisa meletakkannya di pagar-pagar rumah.

3. Sedum Morganium

3. Sedum Morganium

Tanaman hias gantung yang bisa Anda jadikan pilihan selanjutnya adalah sedum morganium. Tanaman yang satu ini bisa dibilang menyerupai kaktus yang hanya memerlukan sedikit air dan cahaya untuk pertumbuhannya. Tentu saja hal inilah yang menjadi alasan mengapa tanaman ini cukup mudah dirawat.

Meskipun tidak memiliki bunga, namun tanaman ini juga memiliki bentuk daun yang unik dengan warna hijau pucat. Tentu saja akan menambah variasi jenis tanaman hias di rumah Anda.

4. Jenggot putih

4. Jenggot putih

Sesuai dengan namanya tanaman ini memiliki bunga dengan warna putih pucat dan daun hijau yang berbentuk runcing memanjang. Daun ini pun memiliki ciri khas yakni mirip dengan untaian rambut yang berwarna putih. Itulah mengapa orang menyebutnya dengan jenggot putih.

Selain memiliki tampilan yang sangat unik, tanaman ini juga cukup mudah untuk dirawat. Anda bisa memilihnya sebagai tanaman hias favorit dengan cara digantung.

5. Creeping Charlie

5. Creeping Charlie

Bagi Anda yang ingin mendapatkan suasana rumah yang lebih hijau maka Anda bisa memilih tanaman yang satu ini. Tanaman ini sendiri berasal dari Benua Amerika Selatan yang tergolong cepat pertumbuhannya. Bentuknya sendiri cukup mirip dengan daun mint bedanya dapat menjalar sehingga bisa digunakan sebagai tanaman hias yang digantung.

Adapun beberapa jenis dari tanaman ini yang bisa berbunga dengan sangat cantik berwarna keunguan. Tentu saja bisa Anda pilih untuk menghias sekitar rumah.

Beberapa tanaman hias di atas bisa Anda pilih karena perawatannya yang mudah. Namun jika Anda menginginkan tanaman hias yang lain maka Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini!

 

Tanaman Hias Gantung yang Paling Populer

Tanaman hias yang ada di rumah tentu akan memberikan kesan kenyamanan tersendiri bagi setiap penghuninya. Itulah mengapa diperlukan keberadaan tanaman hias seperti tanaman hias yang digantung agar rumah lebih nyaman dan enak dipandang. Namun tak semua tanaman bisa digantung. Berikut beberapa jenis tanaman hias yang bisa digantung yang cukup populer:

1. Anggrek

1. Anggrek

Merupakan salah satu jenis tanaman gantung yang keberadaannya cukup populer. Selain itu tanaman hias ini merupakan tanaman hias terbaik yang bisa Anda miliki. Pasalnnya tanaman ini memiliki keindahan bunga yang sangat cantik jika ditempatkan di rumah. Terlebih lagi ada banyak jenis anggrek yang bisa Anda jadikan pilihan sesuai selera.

Selain digantung, tanaman hias anggrek juga bisa hidup dengan cara epifit atau menempel pada tumbuhan lain seperti pohon.

2. Begonia

2. Begonia

Merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah sekali berbunga. Bentuk bunganya pun cukup mirip dengan bunga mawar namun sangat cocok sekali dijadikan sebagai tanaman hias yang digantung. Tanaman ini juga sangat cocok Anda pilih pasalnya termasuk jenis tanaman asli dari daerah subtropis maupun tropis.

Saat memilih tanaman begonia Anda perlu memberikan perawatan khusus. Terlebih soal penempatan dan penyiramannya. Saat musim panas tiba, ada baiknya tanaman hias ini ditempatkan pada daerah yang lebih teduh. Selanjutnya jika musim hujan Anda bisa menempatkannya pada daerah yang terkena sinar matahari secara langsung.

3. Geranium

3. Geranium

Tanaman hias ini cukup populer sehingga Anda bisa memilihnya sebagai tanaman penghias rumah. Pasalnya tanaman ini memiliki bunga dengan warna dominan yang mencolok yakni merah. Tentu saja dengan menggantungnya di rumah akan menambah suasana asri dan sejuk.

Perlu diketahui juga bahwa tanaman ini memiliki nama asli Pelargonium yang tidak disukai nyamuk. Sehingga Anda jangan khawatir saat memeliharanya. Terlebih saat ini ada sekitar 200 spesies tanaman geranium.

4. Lantana

4. Lantana

Tanaman ini berasal dari daerah Amerika Selatan dan Tengah. Pada habitat aslinya lantana tumbuh di daerah yang berketinggian 1.700 mdpl. Namun Anda tetap bisa memeliharanya di rumah dengan cara digantung.

Tanaman ini sendiri mampu menghasilkan nektar yang dapat memancing kupu-kupu datang. Tentu akan menjadikan suasana lebih menarik dan juga indah.

5. Million Bells

5. Million Bells

Merupakan salah satu tanaman hias yang bisa tetap tumbuh dengan cara digantung yang berasal dari Amerika Selatan. Tanaman ini memiliki banyak variasi warna bunga, seperti biru, merah muda, kuning, hingga keunguan. Tentu saja jika Anda menanamnya di rumah akan menambah sejuk dan segar.

Selain itu, tanaman ini sangat cocok dijadikan sebagai tanaman gantung karena waktu berbunganya yang tak pernah kenal musim.

6. Lobelia

6. Lobelia

Tanaman ini cocok diletakkan di bawah sinar matahari dengan tekstur tanah tidak terlalu kering. Adapun warna bunga yang bisa Anda dapatkan adalah keunguan, hingga kebiruan. Namun selain itu terdapat pula warna lainnya seperti warna pink, biru tua, merah dan juga putih. Anda bisa memilihnya sesuai selera.

Yang menarik adalah ketika bunga lobelia bermekaran Anda akan melihat tanaman ini dominan penuh bunga. Terlebih perawatannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu memberikan cukup air saat musim kemarau. Kemudian berikan pula pupuk cair paling tidak 6 minggu sekali agar cepat tumbuh.

Beberapa tanaman hias yang cukup populer di atas bisa Anda tanam dengan cara digantung. Namun jika Anda khawatir dengan tanaman yang tidak cukup tahan panas, maka Anda bisa memilih jenis tanaman di bawah ini.

 

Tanaman Hias Gantung yang Tahan Panas

Saat menanam suatu tanaman terkadang Anda salah memilih sehingga tanaman tersebut tidak bisa bertahan dengan waktu lama karena tidak tahan dengan panas. Jangan khawatir karena beberapa tanaman gantung berikut memiliki tahan panas yang cukup baik. Diantaranya:

1. Japanese Wisteria

1. Japanese Wisteria

Tanaman ini memiliki warna ungu yang bisa Anda temukan di China, Korea, dan Jepang. Namun Anda masih bisa menjumpainya di Indonesia. Tanaman ini dapat tumbuh dengan panjang sekitar 20-30 cm tentu saja memiliki bunga cantik yang bisa memanjakan mata.

2. Marigold

2. Marigold

Merupakan bunga tahan panas yang tak kalah cantiknya. Anda bisa mendapatkan tanaman ini dengan bunga mekar bertumpuk yang sangat cantik. Tak hanya itu, tanaman ini memiliki warna kuning keemasan yang begitu merona sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tanaman gantung outdoor.

3. Zygo Cactus

3. Zygo Cactus

Merupakan salah satu tanaman hias yang cukup senang dengan keberadaan cahaya matahari khususnya di pagi hari. Meski begitu tanaman ini masih dapat tumbuh dengan baik pada tempat yang memiliki kelembaban yang tinggi. Sayangnya tanaman ini tumbuh sedikit lambat namun jangan khawatir karena dapat berbunga dengan cara bersamaan.

4. Portulaca

4. Portulaca

Merupakan tanaman hias tahan panas yang memiliki bunga dengan banyak varian warna. Yakni seperti merah muda, merah, pink, kuning, dan oranye. Tentu saja tanaman ini sangat mudah dirawat meskipun pertumbuhannya sendiri cukup terbilang sangat lambat. Namun bunganya sendiri akan sering tumbuh dan cukup cepat tumbuh.

Dengan bunga yang berwarna-warni tentu rumah Anda tak hanya akan lebih cantik namun juga lebih sejuk. Bunga ini juga sangat cocok sebagai dekor penghias rumah. Dalam pengembangbiakannya pun cukup mudah yakni dengan cara setek saja.

Dengan beberapa jenis tanaman hias di atas Anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan selera masing-masing. Namun jangan lupa juga untuk mengetahui tips merawatnya di bawah ini.

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Hias Gantung

Jika Anda sudah menentukan tanaman hias mana yang nantinya akan dipelihara maka langkah selanjutnya adalah dengan mengetahui bagaimana cara merawatnya dengan tepat. Hal ini dilakukan agar tanaman hias tersebut tidak mudah mengering ataupun layu. Berikut langkah-langkahnya:

1. Kenali dahulu tipe tanaman tersebut

1. Kenali dahulu tipe tanaman tersebut

Mengenali tipe tanaman hias dilakukan agar Anda tidak melakukan perawatan dengan cara yang salah. Dengan mengetahui tipe tanaman tersebut maka tentu Anda juga bisa mengetahui perawatan seperti apa yang dibutuhkan.

2. Tentukan bentuk pot yang sesuai

2. Tentukan bentuk pot yang sesuai

Ada banyak bentuk pot yang dijual di luar sana khusus untuk menanam tanaman hias gantung. Untuk itu Anda perlu mengetahui dan menyesuaikan pot dengan tanaman yang nantinya akan ditanam. Jika tanaman yang Anda pilih memerlukan kelembaban maka pilih pot yang terbuat dari tanah liat. Jika tidak maka pilih saja pot plastik.

3. Pilih tali gantung dengan tepat

3. Pilih tali gantung dengan tepat

Tali gantung memiliki peran yang cukup penting dalam menahan pot tanaman. Tali gantung sendiri memiliki banyak jenis yang dijual di pasar maupun toko bunga. Untuk memilihnya Anda perlu memperhatikan kekuatan tali tersebut agar mampu menahan berat pot tanaman dengan baik.

4. Sirami tanaman sesuai kebutuhan

4. Sirami tanaman sesuai kebutuhan

Setelah memilih pot yang tepat maka Anda bisa menggunakannya untuk menanam tanaman. Setelah itu jangan lupa untuk menyiramnya sesuai dengan kebutuhan tanaman. Karena tanaman hias yang digantung akan meneteskan air saat disiram maka sebagai antisipasinya Anda bisa memilih jenis tanaman yang tidak memerlukan banyak air.

Selain menyiram tanaman, Anda juga bisa menggunakan botol spray untuk membasahi tanaman agar tidak terlalu banyak air yang menetes nantinya.

5. Pastikan tanaman mendapatkan cahaya matahari

5. Pastikan tanaman mendapatkan cahaya matahari

Meskipun tanaman hias digantung, jangan lupa untuk tetap memastikan bahwa tanaman hias tersebut mendapatkan sinar matahari yang cukup. Namun begitu jangan khawatir karena pada umumnya tanaman hias yang digantung ini tidak memerlukan banyak sinar seperti tanaman hias yang lainnya.

Anda hanya perlu memindahkan tanaman ke tempat yang memiliki cahaya yang cukup setidaknya dua pekan sekali saja. Hal ini agar tanaman tetap mendapatkan nutrisi yang menunjang pertumbuhan secara alami.

6. Beri pupuk sesuai kebutuhan

6. Beri pupuk sesuai kebutuhan

Memberi pupuk pada tanaman gantung juga perlu dilakukan agar nutrisi tanaman bisa tetap terserap dengan baik. Pasalnya selain cahaya matahari dan air, tanaman juga memerlukan nutrisi lain yang ada pada pupuk misalnya agar dapat tumbuh dengan baik. Dengan begitu pertumbuhan tanaman akan lebih terangsang dan lebih sehat.

Anda bisa memilih berbagai jenis pupuk tanaman hias yang dijual di pasaran ataupun pupuk kandang alami dari kotoran hewan.

Beberapa langkah di atas sangat penting untuk dilakukan agar tanaman hias Anda bisa tumbuh dengan sehat dan tahan lama. Jika Anda telaten dalam mengikuti setiap tips di atas maka dapat dijamin tanaman hias akan tumbuh dengan cantik.

 

Tips Memilih Pot Tanaman Hias Gantung

Tanaman hias gantung tentu memerlukan pot yang tepat untuk pertumbuhannya. Ada banyak jenis pot gantung yang bisa Anda pilih. Namun sebelumnya, perhatikan bagaimana tips dalam memilih pot tersebut di bawah ini:

1. Pilih berdasarkan tipe yang diinginkan

1. Pilih berdasarkan tipe yang diinginkan

Seperti yang Kita ketahui ada banyak tipe pot gantung yang bisa dipilih untuk tanaman hias. Tentu saja tanaman hias memiliki daya tarik yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Untuk itu sangat penting dalam memilih pot berdasarkan masing-masing jenisnya ataupun berdasarkan penempatannya.

Seperti tipe pot gantung wall mounted, tipe ini sangat cocok diletakkan di ruangan ataupun beranda. Biasanya tipe pot ini diletakkan pada dinding dengan pengait yang bisa dipasangkan. Agar pot tidak terjatuh maka Anda perlu mengaitkannya dengan benar. Anda bisa mengencangkannya dengan menggunakan paku ataupun baut.

Kemudian terdapat pula pot tipe hanging yang bisa dipajang dimana saja yang Anda mau. Tipe ini bisa Anda tempatkan pada furnitur, langit-langit, ataupun dinding. Dengan begitu keindahan tanaman bisa Anda sesuaikan tempatnya sesuai selera.

Pada tipe hanging Anda perlu menggantungkannya di tempat yang kuat dan stabil. Pasalnya bobot tanah dan tanaman akan semakin memperberat keberadaan pot tersebut. Untuk itu, jangan sampai Anda menggantungnya di tempat yang tidak kokoh.

2. Tanaman Hias Gantung “Cek kapasitas pot tersebut”

2. Tanaman Hias Gantung

Setelah menentukan jenis atau tipe pot maka pastikan juga kapasitas tersebut sesuai dengan tanaman yang ingin ditanam. Pasalnya kemampuan pot dalam menampung tanaman dan tanah tentu saja berbeda-beda satu sama lain. Dengan begitu sangat penting dalam mengetahui kapasitas pot sebelum Anda membelinya.

Selain itu pastikan juga di dalam pot tersebut terdapat ruang tersisa untuk mendukung pertumbuhan akar dari tanaman yang nantinya Anda tanam.

3. Pilih ukuran pot sesuai penempatannya

3. Pilih ukuran pot sesuai penempatannya

Langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam memilih pot adalah ukuran pot itu sendiri. Ada banyak jenis pot gantung dengan berbagai ukuran. Pilih pot gantung dengan ukuran yang sesuai dengan penempatannya. Yakni tidak terlalu kecil atau terlalu besar.

4. Pilih pot sesuai dengan materialnya

4. Pilih pot sesuai dengan materialnya

Pot gantung untuk tanaman hias dibuat dengan material yang bermacam-macam. Hal ini tentu akan berpengaruh pada tanaman yang nantinya Anda tanam. Anda bisa memilih dan menyesuaikannya dengan material yang digunakan.

Seperti pot yang terbuat dari bahan kayu. Pot dengan bahan yang seperti ini tentu akan menghadirkan kesan alami dan hangat. Anda hanya perlu memilih sesuai dengan interior yang ada di ruangan tersebut.

Terdapat pula pot yang berbahan dasar metal. Pot ini juga memiliki desain dan ukuran yang bermacam-macam. Anda bisa memilihnya jika ingin mendapatkan jenis pot yang berbeda dari yang lain.

Selain itu terdapat pula pot berbahan dasar plastik. Kebanyakan orang juga telah memakai pot yang satu ini. Pasalnya pot ini memiliki berat yang cukup ringan dan dapat ditempatkan di mana saja. Dengan berbagai pilihan bentuk dan ukuran, Anda bisa memilihnya sebagai pot gantung untuk tanaman hias.

Beberapa informasi di atas tentu sudah cukup bagi Anda yang ingin menanam tanaman hias dengan cara digantung. Agar tidak sulit maka Anda bisa memilih tanaman hias yang mudah di rawat sehingga rumah Anda pun bisa semakin sejuk dan menarik dengan keberadaan tanaman tersebut.

25 Tanaman Hias Gantung Yang Beromset Jutaan Rupiah

Add Comment