Tanaman Hias Tahan Panas Yang Ekosotis Bernilai Jual Tinggi

Tanaman Hias Tahan Panas  – Jika Anda memiliki halaman rumah yang agak luas akan lebih indah dan asri kalau Anda tanami dengan berbagai tanaman hias. Namun karena cuaca yang panas banyak orang mengurungkan niat menanam tanaman tersebut khawatir akan layu dan mati. Oleh karenanya, lebih baik gunakan tanaman hias tahan panas di pekarangan rumah Anda.

Jangan salah, karena ada banyak pilihan tumbuhan yang tahan dengan udara panas serta sengatan matahari. Pilihannya tak hanya berasal dari daerah panas saja ada juga tanaman yang datang dari daerah lain namun tahan panas. Kebanyakan tanaman ini pun tak hanya mampu bertahan pada panasnya matahari tapi juga pada proses pertumbuhan tidak membutuhkan air yang banyak.

Mengenal Tanaman Hias Tahan Panas dan Hal Lainnya

Mengenal Tanaman Hias Tahan Panas dan Hal Lainnya

Ingin merubah pekarangan rumah Anda menjadi lebih artistik, indah, dan asri. Anda bisa mempercantiknya dengan menanam tanaman hias. Dengan begitu, teras ataupun halaman rumah Anda akan tampak cantik dan memiliki nilai estetika tinggi. Apalagi perawatan tanaman tersebut termasuk mudah diaplikasikan.

Selain memberikan keindahan, dengan merawat bunga hias Anda akan mendapatkan manfaatnya pula. Tapi untuk memilih tanaman tak boleh asal-asalan sebab bunga hiasnya harus disesuaikan dengan lingkungan maupun bangunan rumah Anda. Untuk itu, pilihan aman ialah dengan memelihara tanaman hias yang tahan cuaca panas.

Agar Anda tak salah tanam, berikut ini penjelasan mengenai tanaman hias dan beberapa jenis bunga hias yang tak hanya dapat mempercantik rumah namun juga tahan akan sengatan matahari.

Pengertian Tanaman Hias

Pengertian Tanaman Hias

Kebanyakan orang menanam tumbuhan hias dengan maksud menciptakan kesan keindahan dengan bunga hias. Sebab tanaman hias sendiri adalah jenis tanaman yang ditanam untuk menghadirkan rasa daya tarik dan tampilan indah, artistik, dan memiliki estetika. Kebanyakan orang menanamnya di pekarangan rumah maupun di teras memakai pot.

Tumbuhan yang ditanam bisa berupa tanaman hias daun, bunga, maupun buah. Apapun pilihan Anda nantinya yang terpenting bunga hias yang Anda gunakan di tempat outdoor mesti tahan panas supaya tak cepat layu atau bahkan mati. Walaupun kini terdapat tanaman indoor yang tak terlalu memerlukan matahari namun tetap tumbuh dengan baik layaknya tumbuhan lainnya.

Ciri Ciri Tanaman Hias

Ciri Ciri Tanaman Hias

– Saat ini bunga hias tak hanya menjadi hobi, namun telah masuk keranah bisnis di mana terdapat beberapa orang yang membudidayakan tanaman hias menjadi komoditas utama.

– Daun pada bunga hias bentuknya tak biasa dan warna bunga tampak elok

– Kini harganya makin tinggi dibarengi makin meningkatnya popularitas tanaman hias.

– Terdapat beberapa tanaman hias tahan panas dari daerah gurun seperti padang pasir dan wilayah lainnya. Di mana tak perlu memberikan banyak air ke tumbuhan tersebut.

Manfaat Tumbuhan Penghias Taman

Manfaat Tumbuhan Penghias Taman

Bila Anda ditanyakan manfaat dari tanaman hias pasti jawabannya tak lain untuk memperindah atau menciptakan kesan cantik di dalam atau luar rumah. Tetapi sebenarnya, manfaat bunga hias tak melulu tentang tampilan maupun estetika. Ada hal lain yang sangat berguna bagi Anda namun jarang diketahui khalayak umum.

Adapun manfaat tanaman yang akan Anda peroleh antara lain:

– Dapat mengurangi atau meredakan stres, sehingga mampu menjaga kesehatan mental.

– Membasmi atau memberantas bakteri yang bertebaran di rumah.

– Bisa dijadikan aroma terapi.

– Ampuh sebagai ramuan penambah nafsu makanan atau digunakan untuk penyedap makanan.

– Meredakan flu serta batuk

– Daya tahan tubuh bertambah atau meningkat.

– Debu dalam ruangan jadi berkurang

– Kebisingan akibat kendaraan atau lainnya menurun.

– Meningkatnya konsentrasi dan membuat Anda lebih fokus.

– Tidur Anda jauh lebih nyenyak.

Jenis Jenis Tanaman yang Akan Mempercantik Taman Maupun Ruangan

Beberapa jenis tumbuhan hias ini sangat direkomendasikan untuk Anda tanam terlebih bunga hias ini tahan panas dan hujan.

1. Bayam Merah

1. Bayam Merah

Dari nama tumbuhan ini pastinya Anda mengira ini adalah jenis sayuran. Tanaman ini cocok jadi hiasan rumah, hal ini disebabkan daunnya berwarna merah dan memiliki motif yang menarik. Terlebih lagi saat ini bayam merah pun tengah trend dijadikan bunga hias.

Baik itu ditanam di pekarangan maupun menggunakan pot, entah digantung ataupun diletakkan di lantai teras rumah, cocok ditaruh diberbagai tempat. Tumbuhan ini sangat Bayam-bayaman ini akan tumbuh maksimal jika berada di suhu tinggi, jadi Anda harus taruh di luar rumah.

2. Bunga Petunia

2. Bunga Petunia

Bunga hias ini bisa Anda andalkan walau diletakkan di tempat yang sering tersengat teriknya matahari sekalipun. Bila hendak menanamnya maupun menaruhnya di spot Anda dapat menggantungnya. Tumbuhan ini memiliki bunga berbentuk seperti terompet dengan warna-warna yang indah, di antaranya merah, ungu tua, putih, kuning pucat, dan biru.

Tanaman hias tahan panas ini sangat difavoritkan sebagai bunga hias sebab telah terbukti tahan panas. Dan mampu berkembang di media apapun dengan syarat sarananya mudah dialiri air serta subur. Untuk media tanam Anda dapat menggunakan sekam, kompos sekam, atau tanah.

3. Kaktus

3. Kaktus

Seperti yang Anda ketahui habitat asli kaktus berada di gurun pasir yang tandus, karenanya tumbuhan ini tentu memiliki daya tahan tinggi pada panas matahari. Apalagi tanaman berduri ini punya cadangan air pada batangnya. Selain itu, kaktus memiliki bentuk yang menarik dari tiap jenisnya. Melihat fakta tersebut, bunga hias ini jadi pilihan tepat untuk ditaruh di halaman, teras, ataupun indoor rumah Anda.

Tumbuhan berduri tahan panas dan hujan ini memiliki banyak jenis dengan bentuk elok yang bagus untuk dijadikan koleksi seperti cereus tetragonous, ariocarpus, echinocactus grusonii, astrophytum, chepalocereus senilis, echhinofossulocactus, lobivia oganmaru, ferocactus, gymnocalycium, haworthia attenuata, dan lain-lain.

4. Wisteria

4. Wisteria

Jenis tumbuhan hias ini hidup dengan cara merambat, jadi sangat tepat bila dijadikan tanaman hias dinding. Wisteria dikenal pula sebagai bunga hias yang panjang dan punya keindahan warna, adapun panjang rambatannya hingga 30 meter. Meskipun tumbuhan merambat ini biasa berkembang di Jepang, Anda masih bisa memeliharanya asalkan melakukan perawatan yang baik dan tepat.

Meski demikian, wisteria tergolong tanaman yang mampu bertahan di bawah terik matahari. Sebab itu, Anda mesti meletakkannya tepat di mana matahari bisa menyinarinnya kurang lebih 6 jam lamanya. Menghadirkan tanaman hias dinding di rumah Anda membuat bangunan jadi lebih artistik dan sejuk dipadang mata.

5. Zygocactus

5. Zygocactus

Dari namanya pastinya Anda sudah bisa menebak bentuk tumbuhan ini. Tanaman ini merupakan bunga hias yang masih sefamili dengan kaktus, dan sekalipun dalam cuaca panas bunga hias ini sudah pasti mampu bertahan hidup. Pekarangan rumah Anda akan tampak cantik dan unik tumbuhan ini, sebab posisi bunga zygocactus biasanya tumbuh bergelantungan.

Agar terlihat lebih artistik, Anda dapat menaruhnya dalam wadah atau media yang unik. Untuk pemeliharaannya sendiri butuh sedikit ketelatenan Anda, di mana bila di pagi hari bunga hias ini mesti terkena pancaran matahari tetapi tetap menjaga keseimbangan kelembapannya. Walau demikian, tanaman ini termasuk awet bila pada awal penanamannya dilakukan dengan benar.

6. Bunga Kamboja

6. Bunga Kamboja

Tanaman hias tahan panas dan hujan untuk outdoor selanjutnya ialah kamboja. Tumbuhan yang cocok di luar ruangan ini mudah beradaptasi, baik dengan udara, lingkungan, dan cahaya matahari yang sering didapat secara langsung. Warna indah dan cantik pada bagian kelopak bunga kamboja dengan paduan warna kuning dan putih ini memang memiliki daya tarik sendiri.

7. Portulaca

7. Portulaca

Bunga hias warna-warni sangat dianjurkan sebagai tumbuhan hias yang tahan panas dan hujan. Perkembangan portulaca ini condong lambat, karenanya bila Anda berminat menanam bunga ini pastikan Anda telah memilih wadah yang tepat. Dengan begitu, ketika kuntum bunga bermekaran tentunya hasil ini memuaskan Anda.

8. Million Bells

8. Million Bells

Bunga hias dengan warna tanaman lebih dari satu di antaranya ungu, merah muda, biru, dan kuning ini akan sangat menyenangkan bila Anda aplikasikan. Million bells ini bias diletakkan di halaman maupun teras rumah Anda. Dengan warna yang beragam ini membuat kesan banyak padahal hanya mengembangkan satu jenis tanaman hias.

Apalagi bunga hias ini setiap tahunnya dapat tumbuh, bisa dikatakan kalau bunga hias ini dapat bertahan disegala iklim di Indonesia, baik itu musim kemarau ataupun hujan. Cara perawatannya pun tidak ribet alias simpel yaitu dengan mengawasi keseimbangan asupan cahaya matahari dan air.

9. Fuchsia

9. Fuchsia

Agar tanaman ini dapat tumbuh maksimal Anda perlu memenuhi asupan air dalam medianya. Keadaan ini akan memudahkan Anda untuk membiakkan di lingkungan yang sejuk atau pada saat musim hujan tiba. Bunga cantik satu ini sangat disarankan bagi para pemula untuk menggunakan dan dijadikan tumbuhan yang menghiasi pekarangan serta teras rumah.

Fuchsia ini termasuk tanaman hias yang pemeliharaannya mudah dikerjakan. Namun Anda butuh kesabaran lebih hingga tiga bulan menunggu bunganya tumbuh bermekaran. Ketika bunga bermekaran Anda akan melihat pemandangan bunga cantik dengan warna-warna menarik.

10. Lidah mertua

10. Lidah mertua

Tumbuhan dengan nama unik ini sudah banyak ditanam orang dan dijadikan bunga hias untuk di dalam maupun di luar rumah. Selain dijadikan tanaman hias lidah mertua ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Itulah mengapa bunga hias ini sering didapati di gedung perkantoran. Adanya lidah mertua ini dalam ruang kerja tak hanya memperindah, namun ampuh meredakan stres penghuni di area tersebut.

Tumbuhan ordo asparagales ini tergolong tanaman hias tahan panas serta hujan. Jadi bagaimanapun cuacanya sansevieria ini mampu tumbuh dengan baik, yang terpenting perawatannya benar. Apalagi kalau Anda menanam mother in law tongue di luar rumah atau pekarangan bangunan, maka tanaman ini akan menyerap polusi yang ada di sekitar rumah.

11. Lobelia

11. Lobelia

Bila Anda penggemar tanaman hias, jenis tumbuhan dengan bunga cantik ini harus ada dalam halaman rumah Anda. Walau lebih banyak didapati dengan warna bunga biru keunguan, tapi ada juga varian warna lainnya. Misalnya merah, merah muda, dan putih, bunga lobelia ini sangat indah dilihat ketika bermekaran.

Untuk melihat keindahan dari tumbuhan hias ini Anda perlu merawatnya dengan baik pastinya. Anda cukup penuhi konsumsi pupuk cair tiap enam minggu sekali dan juga rutin menyiramnya pada saat cuaca panas. Walau demikian, bunga hias satu ini termasuk tahan panas dan memerlukan banyak cahaya matahari. Hanya saja Anda tak boleh membiarkan medianya kering.

12. Jenggot Putih

12. Jenggot Putih

Tampak tumbuhan ini terbilang unik bentuknya seperti jenggot lebat berwarna putih, karena bentuknya inilah tanaman ini dinamakan jenggot putih. Dari bentuk ini akan lebih baik kalau Anda jadikan bunga hias gantung, sebab panjangnya bisa mencapai 6 meter. Tapi ada juga beberapa nama lain tumbuhan hias ini, yakni jenggot Dewa, jenggot Musa. jenggot Firaun, dan jenggot Nabi.

Penanaman tumbuhan ini dapat memakai media ataupun tidak, kalau ingin menggantungnya di teras rumah gunakan saja pot ukuran sedang gantung di depan teras. Anda juga bias meletakkannya ke pohon ataupun pagar. Lagipula tanaman ini sangat mudah beradaptasi dengan cuaca panas maupun hujan. Bila kandungan air pada tanaman cukup warnanya putih kehijauan jika sebaliknya warnanya jadi abu-abu.

13. Bunga Lipstick

13. Bunga Lipstick

Bila sebelumnya tanaman jenggot wujunya serupa jenggot, maka tak jauh beda pula dengan bunga lipstik ini. Kebanyakan tumbuhan ini kerap ditemui dengan warna merah, namun warna bunga hias ini tak hanya itu saja ada juga warna orange, pink, dan kuning. Bunga hias ini pun dapat beradaptasi dengan suhu dan lingkungannya. Hanya butuh perawatan teratur akan bertahan di semua cuaca.

14. Kaktus Anggur

14. Kaktus Anggur

Sekilas bentuk tanaman ini terlihat seperti sayuran, bila Anda amati dengan cermat tumbuhan ini sangat artistik dan unik. Sedum morganianum adalah nama latin dari tanaman dengan bentuk daun tak biasa ini yang berwarna hijau dan merah di bagian ujung. Namun ada juga yang menyebut bunga hias ini dengan nama ekor keledai.

Sejatinya tumbuhan ini masuk dalam kategori kaktus, otomatis bunga hias unik ini tergolong tanaman hias tahan panas. Karenanya Anda mesti menaruhnya di tempat yang mudah mendapatkan sinar matahari. Penyiraman pun tak boleh banyak cukup dua kali sehari.

15. Anggrek

15. Anggrek

Siapa yang tak mengenal bunga anggrek, bunga hias ini sudah lama dijadikan orang-orang sebagai tanaman hias yang sangat populer, serta memiliki ribuan jenis bunga anggrek yang dapat dipilih sendiri. Tumbuhan ini pun mempunyai daya tahan yang sangat bagus, sebab mampu bertahan baik di udara panas atau musim hujan.

Bagi para pemula di dunia tanaman hias, bunga anggrek sangat disarankan untuk dikembangkan. Memelihara kembang elok ini tak ribet. Lagipula anggrek sangat mudah ditemukan dan mudah pula ditanam.

16. Begonia

16. Begonia

Salah satu tanaman hias yang cepat dan mudah sekali berbunga, yakni begonia. Habitat asli bunga cantik ini ialah daerah tropis, dengan begitu tumbuhan ini jadi pilihan tepat untuk ditanam di Indonesia. Terlebih lagi begonia bunga hias yang awet walau cuaca tengah menyengat dengan teriknya, tetapi dianjurkan untuk meletakkannya di tempat yang ada atapnya agar tetap teduh.

17. Lantana

17. Lantana

Tanaman asal Amerika ini dapat tumbuh dengan baik di dataran tinggi. Jadi apabila rumah Anda posisinya berada di dataran tinggi tak ada salahnya menanam bunga hias ini. Terlebih jika Anda tanam tanaman elok ini pekarangan Anda akan sering didatangi kupu-kupu. Tanaman ini pun tahan dengan pancaran matahari asalkan Anda rutin menyiramnya di pagi dan sore hari.

Tentu akan sangat menyenangkan memiliki halaman atau pekarangan yang dipenuhi tanaman hias tahan panas dan hujan. Selain, taman mungil jadi artistik dan cantik Anda tak perlu dipusingkan dalam hal perawatannya. Seperti jenis tumbuhan hias yang telah diurai ini.

Tanaman Hias Tahan Panas Yang Ekosotis Bernilai Jual Tinggi

Add Comment