5 Tanaman Hias Outdoor (Lengkap dengan manfaatnya)

Tanaman Hias Outdoor – Tanaman hias merambat merupakan tanaman yang bisa Anda pilih untuk dijadikan sebagai aksesoris taman yang sangat cantik. Vegetasi ini memiliki keunikan tersendiri dengan beragam spesies yang mampu memberikan kesan istimewa bagi hunian Anda.

Tidak hanya dirambatkan pada pohon, tanaman merambat dapat dipasang pada atap rumah sesuai dengan kondisi rumah maupun desain yang sedang Anda bangun.

Tanaman Hias Outdoor Merambat

1. Morning Glory

Morning Glory

Tanaman cantik dengan ragam spesiesnya bisa Anda pilih untuk menghias kanopi maupun taman Anda. Banyak kantor maupun rumah minimalis memanfaatkan tanaman ini untuk menghiasi taman vertikal. Sehingga, menjadikan hunian segar dan memberikan kesan nyaman bagi para penghuninya.

2. Golden Moneywort

Golden Moneywort

Tanaman rambat cantik berdaun hijau tanpa bunga ini sangat cocok menghias hunian Anda menjadi tampak lebih asri. Anda bisa menghiasi kanopi dan atap dengan sangat elegan sesuai dengan desain yang sedang Anda bangun. Pemangkasan merupakan perawatan yang dapat Anda lakukan agar tanaman ini tidak tumbuh liar.

Golden Moneywort memiliki karakteristik menjuntai. Sehingga sangat cocok jika Anda menghiasi tempat usaha baik angkringan milenial maupun restoran kekinian yang dibangun dengan tanaman ini.

3. Dollar

Dollar

Salah satu tanaman yang dijadikan sebagai penghias taman vertikal ialah tanaman dollar. Pada umumnya, orang-orang memanfaatkan tanaman ini untuk pagar tembok maupun dinding.

Karakteristik Ficus pumila ini mampu mengaitkan akar-akarnya pada bidang rambat dengan sangat kuat. Asal usul ficus pumila berasal dari asia bagian timur meliputi, jepang, cina maupun vietnam dan tumbuh menyebar di tenggara dan sebagian amerika.

Anda berminat untuk menanamnya? Maka bidang perambatan yang sangat cocok yaitu, bidang vertikal dengan permukaan yang kasar. Tanaman rambat Ficus ini adalah variasi tanaman berdaun hijau. Dollar sangat tepat menjadi pilihan penghias rumah karena memberikan aura kesegaran sekaligus ketenangan.

Tidak hanya sejuk, tanaman ini sangat mudah untuk dirawat. Anda hanya perlu memangkas secara berkala apabila pertumbuhannya menjadi tidak terkendali. Tanaman climbing figara ini selalu evergreen sepanjang tahun. Salah satu spesies tanaman dalam keluarga mulberry.

4. Pothos Scandes

Pothos Scandes

Tanaman yang memiliki bentuk dan karakteristik hampir menyerupai tanaman dollar ialah Pothos Scandes. Perakaran yang kuat ketika mencekram media perambatan terutama pada permukaan yang kasar. Membuat tanaman ini kian diminati sebagai penghias eksterior taman.

Tempat yang tepat untuk dijadikan sebagai penanamannya memiliki luasan lahan yang cukup luas. Hal ini dikarenakan pertumbuhan tanaman sangat cepat hingga mencapai ketinggian 6 meter.

Tanaman Merambat Untuk Obat

1. Sirih

Sirih

Tanaman merambat yang bisa dijadikan obat sekaligus penghias taman ialah tanaman sirih. Selain. Warna daunnya yang hijau dan menyegarkan. Sirih dapat Anda jadikan sebagai tanaman dekoratif untuk dinding-dinding vertikal Anda.

Anda bisa menggunakan kanopi, tiang rumah maupun atap sebagai media perambatanannya. Perawatan sirih terbilang mudah dan Anda bisa menjadikan daun-daun hasil pangkasan untuk dijadikan obat. Biasanya, orang-orang memanfaatkannya untuk obat anti bau badan.

2. Sirih merah

Sirih merah

Tanaman sirih memiliki dua macam jenis yaitu jenis hijau polos dan berwarna merah. Tanaman merambat sirih merah dapat dianggap sebagai tanaman pengobatan. Anda dapat memanfaatkannya sebagai tanaman hias sekaligus diambil daunnya untuk keperluan pengobatan.

Sirih merah dikenal sebagai tanaman rambat yang sangat cocok untuk di tanam bagian kanopi maupun atap rumah. Selain tempat tersebut, Anda juga dapat mengarahkan pertumbuhannya pada tiang rumah. Media perambatan membuat arah pertumbuhannya menjadi teratur.

Tanaman Merambat Berbunga Yang Bisa Dijadikan Pilihan

1. Janda Merana

Janda Merana

Nama laptin tanaman ini Vernonia elliptica atau lebih banyak yang menyebutnya sebagai janda merana atau Lee Kwan Yew. Tanaman unik ini merupakan tanaman merambat yang bisa Anda jadikan sebagai peghias taman agar menjadi lebih cantik dan asri.

Janda merana dikenal sebagai tanaman bapak pembangunan di singapura, Lee Kuan Yew. Hal ini dikarenakan tanaman ini dianggap cocok dalam masa pembangunan kelingkungan yang dicanangkan di tahun 1976.

Tidak hanya dijadikan sebagai tanaman penghias taman saja, janda merana sering menghiasi taman ruang publik, vertical garden, taman privat maupun ekterior desain taman. Karakteristik tanaman dengan perambatan mencapai 3 meter. Memiliki kesan asri dan meneduhkan.

Pertumbuhan tanaman ini cukup unik karena tumbuh menjuntai ke bawah. Tanaman ini dapat Anda tepatkan di balkon agar tumbuh membentuk rumbai-rumbai yang menutup atap maupun kanopi. Sehingga, menjadikan hunian tampak sejuk dan menawan.

2. Melati Irian

Melati Irian

Tanaman ini memiliki karakteristik yang tepat untuk menghias rumah Anda dengan pertumbuhan menjuntai dan merambat. Selain itu, tanaman ini memiliki bunga yang sangat menawan. Berbeda dengan tanaman rambat lain berupa daun.

Melati irian sangat tepat dijadikan sebagai penghias bagian kanopi maupun atap karena warnanya yang cantik. Memberikan ketenangan sekaligus kesejukan yang sangat pas untuk menghuni rumah Anda.

3. Bunga Alamanda

Bunga Alamanda

Bungan cantik dengan warna-warni baik kuning maupun merah dari jenis Allamanda cathartica sangat cocok menjadi pagar taman rumah Anda. karakteristik bunganya yang unik berbentuk terompet namun tidak terlalu panjang bagian lehernya. Media tanam yang kuat membuat pertumbuhannya semakin baik dan Anda perlu mengatur arah perambatannya.

Selain cantik, bunga Alamanda bakal sering berbunga apabila dilakukan perawatan yang baik. Anda dapat melakukan pemangkasan secara rutin, pengaturan arah perambatan sesuai yang Anda inginkan, menghilangkan daun-daun yang tersangkut diantara daun maupun dahannya agar tidak membusuk.

4. Bougenvil

Bougenvil

Tanaman ini sudah dikenal lama oleh masyarakat Indonesia sebagai tanaman penghias rumah yang sangat menawan. Variasi bunga maupun warnanya dapat membuat rumah menjadi semakin cantik. Tidak hanya itu, Bougenville memiliki keunikan membuat daun-daunnya meranggas ketika masa berbunga mulai datang.

Tanaman berbunga beraneka macam warna ini tumbuh subur di daratan tropis dengan sinar matahari sepanjang tahun. Selain itu, perawatannya sangatlah mudah. Anda hanya perlu memangkas dan mendesainnya sesuai dekorasi rumah Anda.

5. Air mata pengantin

Air mata pengantin

Tanaman rambat cantik ini, bukan berasal dari tanah air namun berasal dari Meksiko. Menurut beberapa sumber, bunga ini didatangkan ketika masa penjajahan belanda. Karakteristik bunga sangat elegan dengan warnanya merah muda kalem. Tanaman ini tumbuh di Indonesia dengan jenis Antigonon Leptotus.

Seringkali tanaman ini dianggap sebagai gulma karena pertumbuhannya relatif cepat. Anda perlu melakuka pemangkasan secara rutin agar pertumbuhannya tidak terkendali. Selain itu, air mata pengantin sangat mudah tumbuh di berbagai tempat seperti pantai maupun dataran rendah.

6. Zebrina Pendula

Zebrina Pendula

Tanaman hias merambat unik yang bisa menjadi hiasan eksterior rumah idaman Anda ialah Zebrina Pendula. Karakteristik tanaman ini sangat menawan dengan pola 3 warna daun meiputi, ungu, hijau dan putih.

Selain menjadi tanaman hias peneduh rumah, Zebrina Pendula dapat dijadikan sebagai tanaman pengobatan untuk mengobati penyakit kulit berupa bisul. Tidak hanya tanaman hias untuk vertikal garden namun juga dijadikan sebagai tanaman hias gantung.

7. Mandevilla

Mandevilla

Tanaman hias merambat yang cocok menghiasi desain eksterior taman Anda ialah Mandevilla. Tanaman ini memiliki bunga yang menawan sangat tepat apabila dijadikan sebagai tanaman pagar. Anda bisa melakukan perawatan dengan melakukan pemangkasan secara rutin agar tanaman tidak terkesan liar.

8. Petrea Volubilis

Petrea Volubilis

Tanaman cantik ini dapat tumbuh subur di negara beriklim tropis salah satunya ialah Indonesia. Meskipun, di negara asalnya amerika tengah tanaman ini dijadikan sebagai tanaman pagar. Petrea Volubilis dapat menghiasi dinding rumah maupun taman outdoor menjadi lebih menawan karena bunganya tumbuh cantik di bagian batangnya.

9. Dipladenia

 

Tanaman cantik dan menawan ini merambat dengan bunga merah dengan kemunculannya sepanjang tahun. Tanaman ini dapat Anda jadikan sebagai penghias ekterior yang sangat membantu pemandangan rumah menjadi lebih teduh. Anda perlu melakukan perawatan dengan melakukan pemangkasan.

10. Clematis

Clematis

Tanaman hias merambat ini memiliki bunga yang sangat cantik. Anda dapat memanfaatkannya sebagai penghias halaman depan rumah maupun taman outdoor agar semakin cantik, rapi dan asri. Daun clematis memiliki pertumbuhan yang cepat sehingga perlu melakukan pemangkasan secara rutin.

11. Soapwort

Soapwort

Tanaman yang menjadi salah satu bahan pembuatan sabun ini dapat dijadikan sebagai tanaman penghias rumah. Soapwort dapat Anda rawat tanpa melakukan perawatan khusus. Anda hanya perlu melakukan pemangkasan, penyiraman yang tidak dilakukan secara terus-menerus.

12. Arumdalu

Arumdalu

Tanaman yang memiliki bau semerbak di malam hari ini, bisa Anda jadikan sebagai salah satu koleksi tanaman hias merambat di rumah. Selain, memiliki bunga yang menawan, arumdalu memiliki ketinggian hingga 5 meter. Anda bisa melakukan perawatan dengan pemangkasan secara berkala agar tumbuhan dapat tumbuh sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

13. Bunga Ivy

Bunga Ivy

Tanaman penghias eksterior rumah Anda ini memiliki keunikan bentuk daun segitiganya/ tanaman yang tumbuh di daratan tropis memiliki perambatan yang sangat menawan untuk dijadikan sebagai tanaman penghias dinding.

Saat melakukan perawatan pada tanaman ini, Anda harus berhati-hati dengan getahnya yang dapat membuat tangan menjadi mudah gatal maupun alergi. Bunganya yang menawan bisa Anda jadikan peneduh sekaligus penyejuk rumah Anda.

14. Begonia

Begonia

Tanaman begonia memiliki banyak varietas dengan kisaran 1.700 jenis. Anda bisa menentukan varietas yang cocok untuk desain eksterior rumah Anda. warna merahnya yang menawan tetap subur berada di tanah tropis.

15. Jalaran Api

Jalaran Api

Tanaman hias merambat yang dikenal dari keluarga Bignoniaceae ini adalah tanaman asli dari tanah Brasil. Jalaran api memiliki karakteristik bunga dengan warna jingga dan memiliki keunikan serupa api yang menyembur.

Dinding halaman akan tampak menawan jika dihiasi tanaman jalaran api. Selain cantik dan rapi, rumah menjadi semakin bergairah dan menyegarkan karena warnanya yang membara.

16. Kembang Sunsang

Kembang Sunsang

Tanaman rambat dengan warna bunganya yang menawan merah dan kuning sangat cocok ditempatkan di halaman depan rumah Anda. Nama lain kembang sungsang ialah Gloriosa Lily. Bunga yang sangat unik dengan mahkota berwarna kuning dan merah.

Semakin tumbuh dewasa kelopak menjadi mengerut dan semakin panjang. Lama-kelamaan, membentuk lengkungan ke arah belakang terdapat perubahan warna yang menawan antara hijau, merah dan kuning. Pertumbuhannya pada media dengan melilitkan sulur yang timbul dari sela daunnya.

17. Lipstic Plant

Lipstic Plant

Tanaman yang sangat menawan dengan warna hijau alaminya yang selalu menyegarkan atau evergreen. Tentunya, tanaman asli nusantara dan malaysia ini sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai tanaman hias halaman depan rumah.

Tanaman merambat ini tumbuh pada media perambatan pada pohon layaknya tanaman anggrek. Bunga yang keluar dari kelopak berwarna marun dengan bentuk berombak bernuansa merah memiliki daya pikat tersendiri. Hal ini dikarenakan bentuknya mirip dengan lipstik.

Tanaman Merambat Jenis Sayuran dan Buah-Buahan

1. Anggur

Anggur

Tanaman buah ini sangat cocok untuk menghiasi halaman depan rumah Anda agar menjadi tampak lebih menawan dan menyegarkan. Anda bisa menikmati teduhnya rimbunan daun sekaligus memetik buah anggur di taman sendiri. Pertumbuhannya sangat baik pada tanah kering bercurah hujan dengan intensitas rendah.

Penanaman dan perawatan tanaman anggur terbilang perlu perhatian lebih. Apabila tidak, maka pertumbuhan menjadi terhambat dan buah anggur tidak tumbuh secara sempurna bahkan tidak berbuah.

2. Blewah

Blewah

Tanaman buah merambat yang sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias dalam taman maupun kebun Anda ialah blewah. Karakteristiknya mirip dengan labu kuning. Tanaman ini memiliki rasa manis dan sangat cocok dihidangkan dalam bentuk minuman beserta campuran buah lain.

3. Buah Kundur

Buah Kundur

Bligo bisa menjadi salah satu tanaman buah hias yang bisa Anda tanam pada eksterior halaman Anda. buah berjenis labu ini, memiliki kemiripan dengan timun suri. Biasanya, di tanam pada ketinggian 1000mdpl. Buah kundur atau bligo perlu kebutuhan air dalam penanamannya.

4. Buah Naga

Buah Naga

Tanaman unik dengan buahnya bersisik merah kehijauan ini sangat tepat dijadikan sebagai hiasan kebun maupun taman outdoor Anda. Batangnya yang sangat berisi dan buahnya mirip dengan sisik naga membuat tanaman ini dikenal sebagai buah naga. Anda bisa memilih dua jenis buah naga yaitu, buah naga berdaging buah merah maupun putih.

5. Labu Kuning

Labu Kuning

Tanaman merambat dengan buahnya berwarna kuning dengan karakteristik batang cukup besar, menjadikan buah labu kuning sangat tepat sebagai tanaman hias di rumah Anda. penanaman buah ini biasanya dilakukan pada ketinggian 1500 mdpl dengan kisuaran suhu mencapai 18-27 derajat celcius. Tanaman merambat ini perlu ditanam pada area yang lebih luas agar dapat berkembang.

6. Markisa

Markisa

Cita rasanya campuran asam dan manis sekaligus menyegarkan ini memiliki karakteristik buah bertekstur unik dan bulat. Tanaman berkembang baik dan dapat Anda temui pada ketinggian berkisar 800-2500 mdpl. Penanaman markisa dapat dilakukan dengan kelembapan udara berkisar 20-30 derajat. Buah ini dapat tumbuh pada daerah yang memiliki angin kencang.

7. Melon

Melon

Tanaman merambat dengan buah manis dan aromanya yang khas dan pekat sangat utepat dijadikan sebagai tanaman hias buah. Anda bisa menentukan pilihan beragam jenis melon meliputi, melon warna hijau maupun kuning.

Perawatan dan penanaman buah melon dapat dilakukan pada daerah yang tidak memiliki kondisi angin terlalu kencang. Hal ini akan mempengaruhi proses pertumbuhannya sekaligus rusaknya batang.

8. Semangka

Semangka

Tanaman buah merambat ini menghasilkan buah dengan berat hingga 5 kilogram. Anda dapat menjadikan tanaman ini sebagai penghias rumah sekaligus memetik hasil buahnya. Namun, Anda tidak perlu membuat media perambatan secara vertikal karena beban berat pada buahnya menjadikannya terjatuh.

9. Timun

Timun

Tanaman merambat ini dapat Anda tanam sebagai tanaman yang dapat dipetik hasil buahnya untuk dijadikan lalapan maupun aksesoris makanan. Biasanya, Anda dpaat menjumpai tanaman ini tumbuh baik pada wilayah dataran tinggi maupun rendah.

Mentimun lebih mudah mengalami pertumbuha pada tanah yang memiliki suhu hangat. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari cukup. Masa panennya dapat dilakukan dengan kisaran 35 hari.

10. Timun suri

Timun suri

Tanaman merambat dari keluarga timun ialah timun suri. Cita rasanya yang unik dengan tekstur buahnya yang menyegarkan masih diminati hingga kini. Biasanya, tanaman ini dijadikan sebagai campuran untuk es maupun sop buah. Tanaman buah ini dapat berkembang sangat baik pada iklim kering. Selain itu, timun suri dapat dipanen setiap 3 bulan sekali.

Mengenal Manfaat Tanaman Merambat

1. Tanaman Hias

Tanaman Hias

Tanaman merambat dapat dijadikan sebagai hiasan outdoor baik di pekarangan maupun dinding-dinding rumah Anda. tanaman hias merambat memiliki perambatan yang dapat menambah kesan sejuk dan teduh pada desain rumah.

Selain itu, tanaman ini dapat dijadikan sebagai pengganti yang sesuai untuk membangun konsep green house.

2. Tanaman Obat

Tanaman Obat

Tanaman merambat dapat dijadikan sebagai tanaman obat sekaligus mempercantik rumah menjadi lebih menawan. Tumbuhan yang sering dijadikan sebagai obat ialah sirih yang memiliki daun berwarna merah dan hijau.

Biasanya tanaman sirih hijau dijadikan sebagai obat bronkitis maupun luka bakar. Sedangkan tanaman sirih merah seringkali dijadikan sebagai pencegahan bau badan, sakit pada tenggorokan dan mengurangi rasa gatal.

3. Penyejuk Lingkungan

Penyejuk Lingkungan

Tanaman hias merambat dapat dijadikan sebagai penghalau, peredam dan pembersih udara. Tidak hanya itu, dapapt dijadikan sebagai penyejuk lingkungan menjadi lebih sehat. Tanaman merambat yang dijadikan sebagai hiasan dinding dapat memberikan kontribusi menjadikan lingkungan menjadi lebih menyegarkan.

Itulah beberapa uraian beragam tanaman hias merambat yang bisa Anda jadikan sebagai tanaman pelengkap kebun maupun taman Anda. tanaman merambat dapat menjadikan rumah menjadi tampak lebih sejuk dan segar, apalagi, terdapat beragam tanaman buah maupun bunga yang sangat cocok untuk desain rumah Anda.

5 Tanaman Hias Outdoor (Lengkap dengan manfaatnya)

One thought on “5 Tanaman Hias Outdoor (Lengkap dengan manfaatnya)

Add Comment