4 Tanaman Puring (Pengertian, jenis, keunggulan, dan kelebihan)

Tanaman Puring – Pernahkah Anda mendengar nama tanaman puring? Jika Anda adalah pecinta dunia flora maka tentu Anda sudah tidak asing dengan nama tanaman yang satu ini. Sebaliknya jika Anda bukan pegiat budidaya tanaman maka Anda perlu kenal dengan jenis tanaman hias ini. Yap, puring memang tergolong sebagai Salah satu dari banyaknya tanaman hias yang ada di Indonesia.

Keberadaannya sekarang mungkin masih kalah dengan jenis bunga hias lain seperti bunga lili, mawar, dan lainnya. Akan tetapi Anda bisa memulai membudidayakannya lagi dengan menunjukkan betapa indah warna warni yang ada pada tanaman puring. Orang yang belum mengenal tanaman ini mungkin akan lebih memilih merawat tanaman hias lain yang dijual di kebanyakan toko.

Apa Itu Tanaman Puring?

Apa Itu Tanaman Puring?

Sekilas di atas Anda mungkin sudah tahu bahwa puring merupakan salah satu dari kesekian banyak tanaman hias. Namun Anda perlu mengenal lebih dalam mengenai tanaman hias yang satu ini. Tanaman puring dalam ilmu biologi memiliki nama latin yakni Codiaeum Variegatum BI. Tanaman ini memiliki bentuk dedaunan dan tidak memiliki bunga. Namun daun puring tidak sembarang daun.

Berbeda dengan daun lainnya, daun puring memiliki corak berwarna warni yang sangat menawan. Beberapa warnanya adalah seperti warna kuning, hijau, jingga, merah, biru, dan ungu. Dalam satu daun bisa ada gradien atau campuran warna dari beberapa warna tersebut. Terbayang betapa indahnya tanaman ini jika menjadi penghias di halaman rumah Anda.

Tanaman yang satu ini sudah tumbuh di Indonesia sejak lama sekali. Keberadaannya sering tumbuh di area pemakaman. Hal inilah sang menjadi Salah satu faktor mengapa tidak banyak orang yang meilirik keindahan tanaman puring. Namun hal tersebut tidak berlangsung lama. Setelah puring tumbuh dengan banyak dan dengan beragam warnanya maka semakin banyak orang yang tertarik untuk merawatnya.

Tanaman puring memiliki beragam jenis bentuk dan nama. Dari kesekian jenis puring, warna dari daunnya juga memiliki ciri khas yang berbeda beda. Kebanyakan beberapa jenis puring ini ditanam di dalam pot. Namun Anda juga bisa secara langsung menanamnya di atas tanah yang ada di halaman rumah Anda. Tanaman ini secara umum dijual dengan harga yang lumayan mahal.

Tingkat kemahalan yang ditawarkan biasanya bergantung pada hasil warna yang ada pada jenis puring tersebut dan juga pada bentuk puring itu sendiri. Semakin memukau warna jenis puring dan semakin unik bentuk yang Anda dapat maka akan semakin mahal harganya.

Jenis Tanaman Puring Dan Nama-Namanya

Seperti yang telah diinfokan di atas bahwa tanaman puring tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Ada beraneka ragam jenis puring yang masih bisa Anda temukan di beberapa penjual tanaman. Untuk itu bagi Anda yang tertarik membudidayakan tanaman ini maka Anda bisa menentukan terlebih dahulu jenis puring yang mana yang ingin Anda rawat. Beberapa jenis puring yang perlu Anda tahu bisa Anda simak di bawah ini :

1. Emping

Emping

Jenis puring yang satu ini memiliki batang yang tegak lurus dan bercabang. Warna yang dihasilkan adalah perpaduan antara warna hijau dan kuning. Bentuk daun dari puring emping ini adalah kecil dan lancip pada bagian atas. Namun lebih didominasi dengan bentuk bulat biasanya. Jenis puring emping ini cocok untuk ditanam di dalam pot untuk menghias rumah Anda.

Dengan hasil warna yang hanya 2 jenis warna ini maka di pasaran biasanya harga yang ditawarkan cukup murah yakni sekitar Rp. 20.000-,

2. Kura-kura

Kura-kura

Sama seperti namanya, jenis puring kura-kura ini memiliki tekstur dan bentuk daun yang sangat mirip dengan punggung kura-kura. Puring kura-kura memiliki perpaduan warna yang agak banyak. Berbeda dengan puring emping yang hanya memiliki dua warna perpaduan. Warna perpaduan yang dimiliki oleh jenis puring ini adalah merah, hijau dan kuning.

Dengan perpaduan warna yang lebih bervariasi ini dan bentuk daun yang lebih besar maka tidak heran jika puring jenis ini dijual dengan harga yang lebih mahal. Di pasaran secara umum puring kura-kura bisa mencapai Rp. 100.000-,.

3. Bor

Bor

Tanaman puring jenis bor memiliki bentuk yang sangat unik. Seperti namanya, bentuk puring ini mirip dengan bor. Bahkan daunnya melintir dan tidak lurus seperti halnya bor pada umumnya. Tidak hanya unik, jenis puring ini juga memiliki perpaduan warna yang lebih beragam seperti warna merah, hitam, kuning emas, dan kuning biasa.

Dibandingkan dengan jenis puring lainnya, puring bor ini menjadi salag satu jenis puring yang lebih banyak dijumpai pada beberapa toko jual tanaman. Pada beberapa toko, puring bor ditawarkan dengan harga Rp. 20.000-,.

4. Dasi

Dasi

Meskipun namanya adalah puring dasi namun secara keseluruhan jenis puring yang satu ini memang tidak mirip dengan bentuk dasi pada umumnya. Namun sekilas bentuknya sama seperti dasi jenis kupu-kupu. Ada bentuk lancip pada bagian atas daun puring dasi ini. Perpaduan warna yang dimilikinya adalah merah, kuning, dan hijau.

Keberadaan puring dasi ini cukup populer di kalangan masyarakat dan memiliki peminat yang lumayan banyak. Harga yang ditawarkan juga lumayan mahal yakni berkisar Rp. 90.000-,

5. Apel

Apel

Puring jenis apel ini memang tidak memiliki bentuk layaknya buah apel. Namun gradiasi warna yang dihasilkan hampir sama dengan buah apel secara sekilas. Oleh karenanya disebut sebagai puring apel. Perpaduan warna yang dihasilan adalah kuning, hijau, dan merah. Tidak hanya berpadu dalam satu pohon saja, puring apel ini ternyata juga memiliki beberapa jenis puring apel. Yakni puring apel merah, puring apel kuning, puring apel hijau, puring apel warna-warni, Dan lain-lain. Puring jenis apel ini biasanya dijual dengan harga yang lumayan mahal. Antara Rp. 75.000-, hingga Rp. 350.000-, bergantung pada ukuran tanaman dan corak warna yang dimiliki.

6. Cabai

Cabai

Seperti halnya nama tanaman ini, bentuk dari puring cabai adalah memanjang dan memiliki bentuk lancip pada bagian ujungnya. Daunnya tidak lebar namun memanjang. Perpaduan warna yang dimiliki umumnya tidak banyak ragamnya. Secara umum gradiasi warnanya adalah warna coklat, kuning, dan hijau. Puring cabai ditawarkan dengan harga berkisar Rp. 50.000-,.

7. Anggur

Anggur

Jika sebelumnya Anda tahu ada jenis puring apel, maka kali ini Anda juga perlu tahu bahwa ada jenis puring anggur. Jenis puring yang satu ini memiliki corak warna yang hampir sama dengan anggur. Oleh karenanya dinamakan sebagau puring anggur. Keunikan pada jenis puring yang satu ini terletak pada bagian gradiasi warnanya yang ada pada bagian tengah daun.

Bentuk daun puring anggur adalah oval dengan bagian tengah yang sedikit melebar. Perpaduan warnanya meliputi warna ungu, coklat, hijau, kuning, dan merah. Jenis puring anggur ini memang sedikit langka. Jarang ditemukan di beberapa tempat penjualan tanaman hias. Harga yang ditawarkan juga lumayan mahal yakni berkisar Rp. 50.000-,

8. Jari

Jari

Jenis tanaman puring yang selanjutnya adalah puring jari. Dinamakan puring jari karena memang bentuknya yang memanjang dan bercabang layaknya jari manusia. Namun secara sekilas bentuknya agak mirip dengan puring bor yang mana agak melintir. Gradiasi warnanya terdiri dari dua warna yakni warna hijau dan kuning.

Pada bagian dalam daun adalah warna hijau dan pada bagian luar atau pinggir adalah berwarna kuning. Sama dengan jenis puring anggur, puring jari ini juga lumayan sulit ditemukan di pasaran. Meskipun secara bentuk agak mirip dengan puring bor, namun secara gradasi warna dua jenis puring tersebut adalah berbeda. Dipasaran puring jari dijual dengan harga berkisar Rp. 25.000-,

9. Kerupuk

Kerupuk

Bentuk kerupuk pada umumnya memang ada beragam. Jenis puring kerupuk memiliki bentuk yang sama dengan daun pada umumnya. Hanya saja tekturnya yang keras dan kaku serta ragam warnanya yang banyak ini lah yang menjadikan jenis puring ini dinamakan sebagai puring kerupuk. Jenis puring yang satu ini memiliki ragam warna yang banyak.

Bahkan bisa dikatakan bahwa jenis puring ini adalah jenis puring dengan warna terlengkap. Perpaduan ragam warnanya membuat tanaman ini terlihat ramai layaknya kerupuk yang memiliki warna-warni. Di pasaran, jenis puring kerupuk dijual dengan harga berkisar Rp. 25.000-,.

10. Kobra

Kobra

Jenis puring yang satu ini dinamakan kobra karena memang warna dan bentuknya yang hampir sama dengan ular kobra. Bentuk puring kobra terbilang unik. Pada bagian tengah daunnya berbentuk lebar dan mengecil pada bagian tengah agak keatas. Kemudian pada bagian atas bentuknya melancip.

Untuk perpaduan warnanya jenis puring ini memiliki konsep belang-belang antara warna hijau, kuning, dan juga jingga. Harga yang dibandrol untuk jenis puring ini adalah berkisar Rp. 20.000-,. Di pasaran, jenis puring kobra memiliki peminat yang lumayan banyak.

11. Susu

Susu

Jenis puring susu sering juga dikenal dengan sebutan puring tentara. Pasalnya perpaduan warnanya yakni hijau dan putih terlihat mirip dengan seragam tentara sehingga sering disebut dengan puring tentara. Bentuk daun puring susu atau puring tentara adalah memanjang dan sedikit melebar pada bagian tengahnya. Harga jenis puring yang satu ini berkisar Rp. 30.000-,.

12. Jengkol bewe

Jengkol bewe

Jenis puring ini dinamakan puring jengkol bewe adalah karena bentuknya yang bulat kecil mirip dengan jengkol. Selain itu warnanya juga gelap kehitam-hitam an layaknya kulit jengkol yang matang. Jenis puring yang satu ini lumayan banyak diminati. Harga yang ditawarkan di pasaran berkisar Rp. 50.000-,.

13. Walet

Walet

Jenis puring selanjutnya adalah puring walet. Bentuknya yang unik, memanjang dan tidak lebar membuat jenis puring ini sekilas terlihat seperti walet. Perpaduan warna yang dimiliki cukup banyak. Bahkan terdapat warna pink yang unik juga. Daunnya yang memanjang dan sempit menambah kesan yang menarik dari jenis puring yang satu ini. Tidak heran jika puring walet ini dijual dengan harga berkisar Rp. 80.000-,

14. Oscar

Oscar

Puring oscar memiliki warna bercorak yang beragam. Meskipun warnanya tidak selengkap warna pada puring kerupuk namun bentuknya yang mirip dengan ikan oscar membuat jenis puring yang satu ini terlihat menarik dan lumayan diminati oleh pecinta tanaman. Di pasaran jenis puring oscar ini dijual dengan kisaran harga Rp. 35.000-,

15. Kuku bima

Kuku bima

Jenis puring terakhir adalah puring kuku bima. Jenis puring yang satu ini memiliki bentuk berpilin. Pada bagian tengah daun agak melebar dan pada bagian ujung daunnya melancip.

Keunggulan Tanaman Puring Untuk Kesehatan

Tanaman puring memang secara umum dikenal sebagai tanaman hias. Warna dan bentuknya yang sangat beragam membuat jenis tanaman ini menjadi sangat layak dijadikan sebagai penambah keindahan dekorasi halaman rumah. Namun tahukah Anda bahwa selain digunakan sebagai tanaman hias, ternyata tanaman yang bernama puring ini memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan.

Daun dari tanaman puring inilah yang seringkali dijadikan obat ataupun ramuan bagi kesehatan. Namun bagian puring lainnya seperti batang dan rantingnya juga bisa dimanfaatkan sebagai obat. Beberapa khasiatnya bisa Anda simak di bawah ini :

1. Mengobati sakit perut pada anak

Mengobati sakit perut pada anak

Daun puring ternyata memiliki kandungan zat yang sangat berkhasiat untuk meredakan rasa sakit perut ringan yang biasa dialami oleh anak kecil. Untuk menggunakannya Anda bisa memetik daun dari puring yang sekiranya masih muda. Ciri khasnya bisa Anda kenali dengan teksturnya yang masih lembek dan warnanya yang masih terlihat pudar.

Setelah memetik beberapa lembar daun puring, jangan lupa untuk mencuci bersih daun tersebut. Kemudian haluskan daun muda puring tersebut hingga lembut kemudian Anda bisa secara langsung mengoleskannya pada bagian perut anak Anda yang sakit.

2. Mengeluarkan keringat

Mengeluarkan keringat

Keringat merupakan bentuk dari keluarnya toxic atau racun yang ada di dalam tubuh. Istilah lainnya, keringat merupakan bentuk cairan kotor yang dikeluarkan oleh tubuh. Jika tubuh tidak bisa mengeluarlan keringat maka hal tersebut bisa membuat kesehatan Anda memburuk.

Dengan mengkonsumsi ramuan dari daun puring maka hal ini akan membuat keringat Anda keluar secara sehat. Anda hanya perlu merebus daun puring muda dan meminumnya secara teratur.

3. Mengobati cacingan

Mengobati cacingan

Untuk mengobati cacingan ini yang bisa Anda gunakan adalah bagian ranting puring. Sama seperti bagian daunnya, untuk menggunakan ranting puring sebagai obat maka Anda harus memilih ranting muda. Kemudian cuci hingga bersih dan rebus ranting tersebut. Air rebusan ranting ini akan terasa sangat pahit sehingga Anda bisa meminumnya dengan menambah sedikit gula.

 

Kelebihan Puring Sebagai Tanaman Hias

Memang ada banyak sekalu jenis tanaman hias yang dijual di beberapa tempat jual tanaman. Puring sebagai salah satu tanaman hias yang sangat direkomendasikan untuk Anda rawat dan Anda budidayakan. Mengapa demikian? Tanaman ini memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan tanaman hias lain. Beberapa keunggulannya diantaranya adalah :

1. Memiliki bentuk yang bervariasi

Memiliki bentuk yang bervariasi

Seperti yang telah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya bahwa tanaman puring memiliki banyak sekali jenis dan bentuk. Bentuk puring ada beraneka ragam. Dari semua jenis puring, bentuknya memang terbilang unik dan memukau. Hal inilah yang menjadikan banyak orang tertarik untuk merawatnya.

Bentuk puring yang beraneka ragam ini akan membuat pekarangan rumah Anda menjadi lebih memukau dan menarik.

2. Memiliki warna yang beragam

Memiliki warna yang beragam

Ada banyak jenis tanaman hias Yang memiliki warna mempesona. Puring menjadi salah satu jenis tanaman hias yang memiliki warna memukau. Bahkan gradiasi warna yang dimilikinya tidak dimiliki oleh jenis tanaman lain. Hal ini menjadi salah satu keunikan dari tanaman puring sebagai tanaman hias.

Dengan memilih puring sebagai tanaman hias untuk Anda rawat maka dijamin halaman rumah Anda akan menjadi lebih berwarna.

3. Mudah dirawat

Mudah dirawat

Tidak seperti tanaman hias kebanyakan, puring termasuk tanaman hias yang memiliki metode perawatan mudah. Pasalnya tanaman ini hanya membutuhkan kondisi lingkungan yang lembab. Selain itu Anda cukup menyiramnya secara rutin saja. Tidak ada perawatan rumit lainnya yang perlu Anda lakukan.

4. Bermanfaat dijadikan obat

Bermanfaat dijadikan obat

Selain menjadi tanaman hias, puring menjadi tanaman yang membawa manfaat bagi kesehatan. Lebih tepatnya sebagai obat dari beberapa penyakit ringan.

Dari sekian penjelasan mengenai tanaman puring maka tentunya kini Anda semakin mengenal jenis tanaman hias yang bernama puring ini. Selain cantik, tanaman ini bisa menjadi tanamn koleksi untuk tanaman obat di rumah Anda.

4 Tanaman Puring (Pengertian, jenis, keunggulan, dan kelebihan)

Add Comment