28+ Tanaman Hias dalam Rumah Yang Raup Untung Puluhan Juta

Tanaman Hias dalam Rumah  – Anda menginginkan ruangan di dalam rumah menjadi lebih asri dan sejuk? Caranya mudah sekali, Anda bisa memelihara tanaman hias dalam rumah. Selain dapat menyejukkan ruangan, tanaman hias ini juga bisa membantu menghijaukan ruangan dan membersihkan udara yang ada lho. Untuk itu yuk ketahui dahulu apa saja manfaat tanaman hias jika Anda memeliharanya di dalam rumah berikut.

Ini Manfaat Memelihara Tanaman Hias dalam Rumah

Memelihara tanaman hias ternyata memiliki manfaat tersendiri bagi pemilik rumah. Hal ini karena memang pada dasarnya setiap tumbuhan yang ada merupakan penghasil oksigen sehingga terdapat banyak manfaat jika Anda memeliharanya. Diantaranya:

1. Menghilangkan racun yang ada di udara

1. Menghilangkan racun yang ada di udara

Tanaman hias yang Anda pelihara dalam rumah ternyata tak hanya menyegarkan udara namun juga dapat menghilangkan partikel racun dan polutan dari udara. Tanaman ini seperti bunga krisan, peace lily dan sebagainya.

Beberapa jenis partikel tersebut seperti benzena, amonia, xylene, formaldehina, dan yang lainnya. Partikel tersebutlah yang umumnya dapat mengganggu saluran pernapasan, alergi, iritasi mata, hingga sakit kepala.

2. Mengurangi debu udara

2. Mengurangi debu udara

Seperti yang Kita ketahui bahwa di musim kemarau jumlah debu meningkat lebih banyak. Untuk itu, sangat disarankan bagi Anda untuk memelihara tanaman hias dalam rumah agar Anda mendapatkan banyak manfaat salah satunya mengurangi jumlah debu dalam udara. Pasalnya tanaman ini mampu melepaskan setidaknya 95-97% air ke udara.

Dengan komposisi air yang dikeluarkan tersebut dapat menyeimbangkan kelembaban udara yang ada. Maka itulah mengapa tanaman hias juga bisa disebut dengan pembersih udara dan pelembab udara yang sangat ekonomis dan masih alami.

3. Mengusir nyamuk

3. Mengusir nyamuk

Siapa sangka jika beberapa tanaman hias dalam rumah yang Anda pelihara mampu mengusir nyamuk secara efektif? Terlebih dari pada Anda menggunakan semprot nyamuk berbahan kimia yang tidak bagus untuk pernapasan maka lebih baik menggantinya dengan tanaman hias saja. Anda bisa memilih berbagai jenis tanaman hias yang memang dapat mengusir nyamuk.

4. Menetralisir bau yang tidak sedap

4. Menetralisir bau yang tidak sedap

Tanaman hias juga memiliki manfaat sebagai penetralisir bau yang tidak sedap. Baik itu dari bau makanan, hewan peliharaan ataupun kamar mandi. Dari pada Anda menggunakan pengharum ruangan yang berbahan dasar kimia maka alangkah lebih baik Anda menggunakan bahan yang alami dari tanaman hias ini.

Adapun beberapa tanaman hias yang bisa Anda pelihara adalah peace lily, bunga mawar, lidah mertua, dan masih banyak lagi. Terlebih tanaman-tanaman tersebut juga cukup efektif untuk menyegarkan ruangan. Tentu Anda akan lebih sehat bukan?

Dari beberapa manfaat memelihara tanaman hias di atas, tentu sudah menjadi sebuah keyakinan tersendiri bagi Anda untuk segera menerapkannya. Beberapa tanaman hias bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan selera. Simak beberapa jenisnya di bawah ini!

 

Tanaman Hias untuk Dekorasi Rumah Agar Lebih Cantik

Memelihara tanaman hias dalam rumah tentu memiliki tujuan yang diinginkan oleh setiap pemilik rumahnya. Jika Anda menginginkan tanaman hias untuk dekorasi rumah agar lebih cantik dan menarik maka Anda bisa memilih beberapa jenisnya berikut:

1. Bunga Tillandsia

1. Bunga Tillandsia

Tanaman hias yang satu ini cocok bagi Anda yang ingin bersusah payah menggunakan tanah ataupun pot saat menanamnya. Pasalnya, Anda bisa memeliharanya di terarium yang sudah dilubangi. Dengan begitu tanaman ini bisa bernafas dengan sirkulasi udara yang baik.

2. Anthurium

2. Anthurium

Anda menginginkan dekorasi rumah yang lebih berwarna? Tak salah lagi, maka Anda bisa memilih tanaman hias athurium yang berukuran kecil. Terlebih lagi Anda tidak perlu bersusah payah dalam merawatnya. Cukup tempatkan saja tanaman ini pada tempat yang memiliki cukup cahaya.

3. Asparagus

3. Asparagus

Tanaman yang satu ini sebenarnya masih tergolong ke dalam jenis lily. Untuk menanamnya sendiri Anda bisa memberikan banyak ruang agar saat pertumbuhannya nanti memiliki banyak daun dan mengembang dengan indah. Dengan begitu ruangan Anda akan terlihat lebih sejuk dan indah pastinya.

4. Baby Toes

4. Baby Toes

Tanaman ini memiliki bentuk yang sangat lucu yakni mirip dengan jari kaki bayi. Untuk pemeliharaannya sendiri tanaman ini tidak membutuhkan paparan sinar matahari secara langsung sehingga Anda bisa menjadikannya sebagai tanaman dekorasi yang bisa ditempatkan di dalam rumah.

5. Tanaman Besi Cor

5. Tanaman Besi Cor

Tanaman ini juga dikenal dengan sebutan cast iron plant. Selain populer, tanaman ini juga cukup tahan dengan berbagai kondisi, baik itu faktor cahaya, maupun tanahnya. Untuk perawatannya pun Anda tidak memerlukan perhatian khusus.

6. Chinese Money

6. Chinese Money

Tanaman ini memiliki bentuk daun yang bundar yang keberadaannya tersebar berkat misionaris Norwegia Agnar Espergen yang telah menyeteknya di tahun 1940-an. Kemudian membagi-bagikannya kepada orang yang dicintainya.

Untuk perawatannya sendiri cukup mudah pasalnya tanaman ini memang bisa mudah tumbuh dan diperbanyak. Caranya yakni dengan menyetek tanamannya kemudian menanamnya kembali.

7. Echeveria

7. Echeveria

Salah satu tanaman jenis sukulen yang bisa Anda temukan di pasaran dengan mudah. Selain untuk dekorasi rumah, Anda juga bisa menggunakannya sebagai tanaman untuk menghias meja kantor, meja belajar, ataupun meja ruang tamu. Untuk perawatannya sendiri Anda tidak perlu menyiramnya sering-sering.

8. Jade Plant

8. Jade Plant

Merupakan tanaman hias yang bisa Anda pelihara dengan usia yang cukup panjang. Hal ini lantaran daunnya yang berbentuk oval dan tebal. Dengan ciri khas daunnya yang agar berkilau tentu akan membawa kesan apik di dalam rumah Anda.

Jadi sudahkah Anda menentukan pilihan tanaman mana yang akan dijadikan untuk dekorasi rumah? Jika perlu, beberapa tanaman hias di bawah ini bisa jadi opsi lain yang bisa Anda pertimbangkan.

 

Tanaman Hias Pembersih Udara dalam Ruangan

Inilah berbagai jenis tanaman hias yang selain bagus juga dapat menjadikan udara lebih bersih jika Anda menanamnya di dalam ruangan. Diantaranya:

1. Lidah mertua atau snake plant

1. Lidah mertua atau snake plant

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini? Kebanyakan orang tentu sudah mengetahui bahkan memiliki tanaman hias yang satu ini. Selain memiliki nama yang unik nyatanya tanaman ini juga memiliki manfaat yang cukup baik. Yakni dapat Anda manfaatkan untuk membersihkan udara di dalam ruangan.

Ciri khas dari tanaman ini sendiri adalah daunnya yang tumbuh tega menjulang dengan bentuk seperti lidah. Setiap ujung daunnya memiliki warna hijau keputihan dengan bagian tengah berwarna corak hijau tua yang sangat menarik. Jadi, apakah Anda tertarik untuk memeliharanya?

2. Sirih Gading

2. Sirih Gading

Sesuai dengan namanya, tanaman ini memiliki corak warna gading yang cukup menarik. Anda bisa menanamnya di dalam pot gantung agar lebih cantik dan menarik. Dengan begitu daunnya dapat menjuntai dan merambat ke bawah.

Manfaat dari tanaman ini selain sebagai tanaman hias juga dapat membersihkan udara sekitar. Caranya yakni dengan menyerap racun dan polutan yang ada di udara. Anda bisa memilih dua jenisnya untuk ditanam seperti sirih gading kuning atau sirih gading hijau.

3. Lidah buaya

3. Lidah buaya

Tanaman ini memiliki nama lain aloe vera yang ternyata cukup memiliki banyak manfaat. Diantaranya dapat membunuh zat-zat yang cukup berbahaya di udara, seperti formaldehina hingga benzena. Agar lebih menarik maka Anda bisa menanamnya di dalam pot yang berukuran kecil dan menaruhnya di dalam rumah.

Untuk penempatannya sendiri cukup beragam. Anda bisa menempatkannya dimana saja sesuai keperluan seperti kamar tidur, kamar mandi ataupun ruangan yang lainnya seperti ruang tamu.

4. Sri Rejeki

4. Sri Rejeki

Memiliki corak daun yang cukup lumayan tanaman ini mampu bertahan di ruangan-ruangan yang ber-AC seperti perkantoran maupun perhotelan. Ciri khasnya sendiri adalah tumbuh dengan tegak dan daun lebar yang berwarna putih dengan corak hijau yang menyebar di setiap permukaannya.

5. Garber Daisy

5. Garber Daisy

Tanaman hias dalam rumah ini mungkin kurang Anda ketahui namun ia memiliki warna-warna yang sangat menceriakan. Tentu sangat cocok jika Anda meletakkannya di kamar tidur ataupun kamar mandi untuk menghidupkan ruangan tersebut agar lebih betah berlama-lama.

Untuk penggunaannya sendiri jika di dalam ruangan maka Anda bisa menggunakannya sebagai dekorasi bunga potong. Pasalnya tanaman ini tumbuh dengan memerlukan sinar matahari yang cukup banyak secara langsung.

6. Palem-paleman

6. Palem-paleman

Semua jenis palem bisa Anda pilih untuk diletakkan di dalam rumah. Namun Anda perlu menyediakan tempat yang cukup karena tanaman ini dapat tumbuh dengan besar dan tegak. Namun jangan khawatir karena jika Anda memeliharanya maka Anda bisa mendapatkan manfaat yang cukup penting.

Manfaat ketika Anda memelihara tanaman ini adalah mampu menyerap berbagai jenis polutan yang menempel di udara ataupun barang-barang di sekitar ruangan tersebut.

7. Peace Lily

7. Peace Lily

Bunga ini memiliki bentuk seperti kuncup tulip dengan bunga berwarna putih yang dapat tumbuh dengan tegap. Daunnya sendiri berwarna hijau pekat yang bisa Anda gunakan sebagai tanaman hias. Anda bisa menempatkannya di sekitar kamar tidur agar mendapatkan asupan oksigen yang cukup segar dan meningkatkan mood saat bangun tidur di pagi harinya.

8. Bunga Krisan

8. Bunga Krisan

Siapa yang belum mengenal tanaman bunga yang satu ini? Selain memiliki bunga yang indah, tanaman ini juga memiliki aroma yang cukup harum. Anda bisa meletakkannya di kamar agar waktu tidur Anda lebih nyaman dan rileks. Anda juga bisa meletakkannya di meja kantor agar udara yang dihirup dapat menghilangkan stress saat pekerjaan banyak.

9. Pakis Boston

9. Pakis Boston

Merupakan salah satu bunga yang dapat melembabkan serta membersihkan udara dalam ruangan. Cukup letakkan saja di kamar. Tanaman ini pun menyukai daerah yang lembab maka ketika memeliharanya di kamar Anda tidak akan mendapati kulit yang kering.

Jadi, tanaman mana yang akan Anda jadikan pilihan sebagai pembersih udara di dalam rumah? Beberapa jenis tanaman di atas bisa Anda jadikan pilihan. Jika ingin menambah koleksi jenis yang lain maka simak beberapa tanaman lainnya di bawah ini!

 

Tanaman Hias Penyerap Racun di Udara

Beberapa tanaman hias dalam rumah berikut bisa Anda pilih sebagai tanaman yang tak hanya dapat menjadi penghias ruangan namun juga penyerap racun di udara. Inilah beberapa tanaman hias tersebut:

1. Basil atau Selasih

1. Basil atau Selasih

Tanaman hias dalam rumah ini umumnya digunakan untuk bumbu campuran makanan. Sebagai tanaman hias sendiri, ia memiliki manfaat yang cukup banyak. Seperti dapat menyerap berbagai jenis zat yang berbahaya di udara. Dengan begitu tanaman ini otomatis juga dapat menyaring udara agar lebih bersih dan segar. Bagaimana, Anda tertarik untuk menanamnya?

2. Bunga suplir

2. Bunga suplir

Adalah salah satu jenis tumbuhan paku yang keberadaannya cukup populer sebagai tanaman hias. Baik itu di taman outdoor atau pun di dalam rumah indoor. Ketika Anda memeliharanya maka Anda mendapatkan manfaat sebagai penyerap racun dalam udara. Dengan begitu udara sekitar akan lebih bersih dan segar.

Untuk merawatnya sendiri jika Anda menjadikannya sebagai tanaman hias indoor maka perlu mengeluarkannya minimal tiga kali sehari agar mendapatkan sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhan. Selain itu, tanaman ini juga memerlukan tanah yang cukup gembur yang kaya organik dan nitrogen agar tumbuh dengan baik.

3. Aster Gerbera

3. Aster Gerbera

Bunga yang satu ini ternyata tak hanya cantik namun juga memiliki manfaat bagi penderita insomnia. Tanaman ini memiliki kemampuan yang baik dalam menghasilkan oksigen sehingga cocok dipelihara bagi Anda yang menderita gangguan pada pernapasan. Pemanfaatannya sendiri bunga ini juga sudah dibuat untuk kosmetik, sabun, hingga minyak wangi.

4. Hebras

4. Hebras

Merupakan salah satu jenis tanaman bunga yang dapat menyemarakkan sebuah ruangan karena warna-warninya yang menawan. Bunga ini berasal dari daerah Afrika Selatan yang menjadi tanaman hias yang cukup diunggulkan keberadaannya.

Takhanya itu, bunga ini juga bisa Anda andalkan untuk menyerap racun di udara seperti trichloroethylene yang muncul dari sabun cuci. Untuk itu tanaman ini sangat cocok ditempatkan di sekitar kamar mandi ataupun dapur.

5. Sirih Gading

5. Sirih Gading

Merupakan tanaman hias yang cukup mudah dan murah didapatkan. Manfaatnya sendiri bisa menyerap formaldehina ataupun formalin yang ada di udara. Dengan begitu, Anda bisa memilih tanaman ini untuk membersihkan dan menyegarkan udara di sekitar.

Dari beberapa jenis tanaman hias dalam rumah di atas dengan berbagai manfaatnya tentu sudah menjadi referensi yang cukup banyak. Anda bisa memilih diantara tanaman tersebut sebagai tanaman hias yang bisa diletakkan di dalam rumah sesuai kebutuhan. Namun jangan lupa juga untuk mengetahui bagaimana cara memilih tanaman hias yang tepat berikut!

Tips Memilih Tanaman Hias dalam Rumah

Memilih tanaman hias memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih tanaman hias agar keberadaannya bisa benar-benar membantu. Seperti:

1. Menyesuaikan dengan jenisnya

1. Menyesuaikan dengan jenisnya

Saat memilih tanaman hias, ada baiknya Anda memilihnya berdasarkan jenis-jenisnya seperti tanaman hias bunga dan daun. Jika ingin memilih tanaman hias bunga maka jangan hanya memilih bunga yang cantik namun juga yang dapat memberikan aroma yang wangi. Dengan begini maka Anda bisa mendapatkan manfaat yang lebih sekaligus.

Jika Anda memilih tanaman hias daun maka perhatikan pula bentuk, corak serta warnanya yang menarik.

2. Sesuaikan dengan keperluan

2. Sesuaikan dengan keperluan

Memilih tanaman hias tentu akan ditempatkan di dalam ruangan bukan? Untuk itu tentukan dulu keperluan apa yang Anda inginkan. Apakah akan digunakan untuk pembatas ruangan, penghias ruangan, atau bahkan untuk pembersih udara? Pastikan Anda memilih jenis tanaman yang bisa memenuhi keperluan tersebut.

3. Sesuaikan dengan daya tahan tanaman

3. Sesuaikan dengan daya tahan tanaman

Memilih tanaman hias dalam rumah sangatlah penting dengan mengetahui bagaimana daya tahan tanaman tersebut. Tanaman hias memiliki daya tahan yang berbeda-beda satu sama lainnya terhadap intensitas cahaya, kelembaban, sirkulasi udara, hingga suhu ruangan. Untuk itu ada baiknya Anda memilih jenis tanaman yang memang cocok ditempatkan di dalam ruangan.

Tanaman hias memang memiliki jenis dan manfaat yang cukup beragam. Untuk itu pastikan sebelum Anda memilihnya untuk berkonsultasi dahulu dengan pemilik tanaman tersebut agar Anda bisa merawatnya dan membuat tanaman hias tumbuh dengan sangat baik.

28+ Tanaman Hias dalam Rumah Yang Raup Untung Puluhan Juta

Add Comment