25 Tanaman Hias Daun Yang Bisa Menghasilkan Puluhan Juta

Tanaman Hias Daun – Ada banyak alasan mengapa seseorang memilih untuk memelihara tanaman hias daun di rumah mereka. Salah satunya yakni sebagai penghias rumah agar suasana menjadi lebih sejuk dan menyegarkan. Terlebih lagi cara merawat tanaman hias juga tergolong cukup mudah. Ada banyak tanaman hias yang bisa Anda pilih seperti tanaman hias yang paling populer di bawah ini!

Tanaman Hias Daun yang Paling Populer

Ada banyak jenis dan bentuk tanaman hias daun yang bisa Anda pilih sebagai penghias rumah. Tentu saja dengan ada tanaman ini rumah Anda akan semakin cantik dan menyejukkan. Beberapa tanaman hias yang paling populer tersebut antara lain:

1. Daun Tanduk Rusa

1. Daun Tanduk Rusa

Sesuai dengan namanya, tanaman tanduk rusa ini memiliki bentuk yang mirip dengan tanduk rusa aslinya. Daun ini memiliki nama latin platycerium yang mana jenisnya mencapai 18 jenis. Untuk penanamannya sendiri adalah epifit yakni menempel pada pohon di posisi atas.

2. Gelombang Cinta

2. Gelombang Cinta

Tanaman yang satu ini memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan dengan tanaman hias daun yang lainnya. Pasalnya selain populer dan bentuknya yang menarik, ada banyak kolektor tanaman hias yang mencari tanaman jenis ini. Bagaimana dengan Anda, apakah tertarik?

3. Daun Spider Plant

3. Daun Spider Plant

Tanaman spider plant merupakan salah satu tanaman yang cocok untuk ditempatkan pada ruangan yang terbatas. Tanaman ini sendiri berasal dari Afrika Selatan dengan pemeliharaan yang cukup mudah.

4. Daun Alokasia

4. Daun Alokasia

Tanaman ini bisa dibilang sedikit mirip daun keladi. Namun tanaman ini memiliki daun yang berbentuk hati dan juga memiliki umbi. Selain mudah didapatkan, Anda juga bisa merawatnya dengan mudah.

5. Daun Dieffenbachia

5. Daun Dieffenbachia

Merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki warna daun cukup bervariasi. Yakni dengan corak bercak kuning dan hijau muda.

6. Sirih Gading

6. Sirih Gading

Memiliki bentuk seperti daun sirih yang asli namun sirih gading merupakan tanaman yang tergolong sebagai tanaman hias. Keunikannya adalah daunnya yang lebar dan batangnya yang dapat menjuntai dan merambat panjang. Untuk merawatnya pun tidaklah sulit Anda cukup menyiramnya saja dua kali sehari.

Tentu saja masih ada banyak tanaman hias lain yang setiap jenisnya memiliki keunikan masing-masing sebagai daya tarik selain beberapa tanaman di atas. Dan bagi Anda yang ingin memelihara tanaman hias daun untuk indoor maka simak di bawah ini.

Jenis Tanaman Hias Daun Indoor

Memilih tanaman hias memang perlu disesuaikan dengan penempatannya. Jika Anda ingin menempatkannya secara indoor maka beberapa tanaman hias berikut bisa jadi pilihannya. Diantaranya:

1. Daun Calathea

1. Daun Calathea

Tanaman hias yang satu ini juga cukup populer bagi penggemar tanaman hias. Adapun beberapa jenisnya yang cukup menjadi favorit yakni violacea, calathea lutea, dan lain sebagainya. Namun kebanyakan orang memilih jenis calathea makoyama karena keunikannya yang mirip dengan bulu merak.

2. Lili Paris

2. Lili Paris

Siapa yang belum mengenal tanaman hias lili paris? Tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman semak yang sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias indoor. Hal ini lantaran kemampuan tanaman yang bisa membersihkan udara di sekitar. Dengan begitu ruangan Anda tentu akan lebih menyegarkan.

Lili paris juga memiliki bentuk yang cukup menarik. Terdapat bung putih yang sangat indah. Jika ingin menjadikannya sebagai tanaman gantung pun hal ini bisa Anda lakukan.

3. Lidah Mertua

3. Lidah Mertua

Siapa yang tidak mengenal lidah mertua? Selain memiliki corak yang unik, tanaman ini juga dapat bermanfaat untuk menetralisir racun dalam udara lho. Tentu jika Anda merawatnya maka udara Anda akan semakin segar dan lebih baik. Untuk perawatannya sendiri Anda bisa menempatkannya di dalam ruangan yang terdapat sedikit sinar matahari.

4. Bambu Jepang

4. Bambu Jepang

Tanaman ini memiliki keunikan yakni permukaan daun yang bintik-bintik kuning dengan goresan yang membujur. Adapun warna dasar daunnya yakni hijau pudar. Jika Anda ingin menjadikannya tanaman hias indoor maka bisa meletakkannya di setiap sudut ruangan. Terlebih tanaman ini pun cukup tahan AC, maka Anda bisa memeliharanya di kantor.

5. Kaktus Mini

5. Kaktus Mini

Tanaman kaktus tentu sudah dikenali oleh banyak orang. Tanaman ini mampu bertahan dan banyak ditemukan di daerah gurun kering. Akarnya sendiri memiliki ukuran yang cukup panjang untuk menyerap air. Jika Anda ingin memeliharanya di dalam rumah maka Anda bisa memilih jenis kaktus mini.

Kaktus sendiri dapat hidup dalam waktu yang cukup lama meskipun tidak memiliki asupan air. Hal ini sangat cocok bagi Anda yang sibuk bekerja dan tetap ingin memiliki tanaman hias di dalam rumah.

6. Monstera

6. Monstera

Tanaman hias ini memiliki daun berwarna hijau dengan bintik-bintik putih atau hijau muda. Di Indonesia sendiri banyak yang mengenalnya dengan sebutan bunga bahagia. Adapun perawatan tanaman monstera ini cukup mudah. Pasalnya tanaman ini bisa bertahan di ruangan yang memiliki cahaya minim.

Jika mendapatkan cahaya yang minim maka akan berpengaruh pada warna daunnya.

7. Bromelia

7. Bromelia

Tanaman hias ini bisa Anda pelihara bagi Anda yang memang tidak memiliki pengalaman khusus dalam merawat tanaman. Pasalnya tanaman ini mudah tumbuh subur dengan ruangan yang tidak disinari matahari secara langsung.

8. Dracaena

8. Dracaena

Merupakan tanaman hias yang bisa Anda andalkan dalam mendapatkan sentuhan hijau di dalam kantor, apartemen, ataupun mall. Selain menarik, Anda juga bisa memanfaatkan tanaman ini untuk memurnikan udara lho. Tentu saja ada banyak spesies atau jenis yang nantinya bisa Anda pilih.

Beberapa tanaman hias indoor di atas tentu sudah Anda kenali. Namun jika Anda juga ingin menghias rumah dengan tanaman hias outdoor maka di bawah ini pilihannya.

Jenis Tanaman Hias Daun Outdoor

Tanaman hias yang bisa ditanam di luar ruangan memang ada banyak jenisnya. Anda bisa menjadikannya untuk menambah keindahan dan suasana agar lebih sejuk di sekitar. Beberapa tanaman yang bisa Anda pilih antara lain:

1. Palem Kuning

1. Palem Kuning

Tanaman hias ini bisa Anda pilih sebagai tanaman yang bisa ditempatkan di outdoor atau luar ruangan. Tentu saja tanaman ini dipilih karena sangat cocok dengan iklim tropis yang ada di Indonesia. Tak hanya itu, tanaman ini juga dapat bertahan lama di tempat yang teduh maupun di bawah sinar matahari secara langsung.

2. Daun Kuping Gajah

2. Daun Kuping Gajah

Bagi Anda pecinta tanaman hias tentu saja sudah mengetahui tanaman yang satu ini. Tanaman kuping gajah sudah banyak dikoleksi oleh penggemar tanaman hias. Terlebih perawatannya juga tidaklah sulit dan bentuknya pun cukup unik dan menarik.

3. Daun Keladi Red Star

3. Daun Keladi Red Star

Seperti namanya, taman keladi red star ini memiliki daun yang berwarna hijau kemerahan yang lebar. Kombinasi dua warna itulah yang membuatnya menjadi populer dan cukup diminati banyak orang untuk dikoleksi.

3. Daun Suplir

3. Daun Suplir

Tanaman hias yang satu ini sempat populer di tahun 1990-an. Sampai saat ini pun Anda bisa menemukan tanaman ini dengan mudah. Pasalnya daun suplir banyak tumbuh di sisi selokan yang lembab. Suplir sendiri merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memilih banyak varietas dan jenis.

4. Asparagus Myres

4. Asparagus Myres

Merupakan tanaman hias yang bisa Anda pelihara di luar ruangan. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang cukup unik yakni mirip dengan sikat botol. Namun agar semakin menarik dan menggemaskan Anda bisa menanamnya di dalam pot kecil.

5. Cemara

5. Cemara

Siapa yang belum mengenal tanaman hias cemara? Tanaman in memang tidak bisa berbunga namun sangat cocok jika digunakan sebagai tanaman hias yang ditempatkan di luar ruangan. Daunnya sendiri bisa menjadi keindahan jika Anda menanamnya.

Terlebih tanaman ini memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Anda bisa memilihnya sesuai dengan keinginan.

6. Siklok

6. Siklok

Siklok juga menjadi tanaman yang bisa diletakkan di luar ruangan. Tanaman ini memiliki bentuk yang runcing namun tidak terlalu berbahaya karena tidak ada duri pada setiap bagiannya. Untuk perawatannya sendiri tak cukup sulit pasalnya tanaman ini tidak terlalu memerlukan air untuk tumbuh.

Beberapa jenis tanaman di atas bisa Anda pilih untuk menghias luar ruangan seperti taman, pekarangan, atau tempat terbuka lainnya. Di bawah ini juga ada rekomendasi tanaman yang mudah dirawat yang bisa Anda pilih.

Jenis Tanaman Hias yang Mudah Dirawat

Inilah berbagai tanaman hias yang mudah dirawat jika Anda ingin memeliharanya. Anda bisa memilihnya dengan berbagai corak yang menarik. Di bawah ini diantaranya:

1. Sri Rejeki

1. Sri Rejeki

Tanaman hias daun sri rejeki memiliki bentuk daun yang berbintik-bintik lonjong dengan warna hijau dan garis abu-abu keperakan. Tanaman hias ini cukup mudah ditanam tanpa memerlukan perawatan yang intensif. Anda bisa memilih berbagai jenis tanaman hias yang satu ini dengan berbagai warna dan corak yang menarik.

2. Sikas

2. Sikas

Tanaman ini merupakan tanaman yang cukup mudah dijumpai di pinggir jalan. Anda bisa memilih tanaman sikas yang berada di dalam pot agar dapat terlihat lebih menarik. Adapun kelebihan tanaman ini adalah dapat tumbuh dengan lambat sehingga Anda tidak perlu bersusah payah untuk menggantinya.

Untuk perawatannya sendiri Anda tidak perlu mendapatkan perawatan khusus. Tanaman sikas tergolong sebagai tanaman hias yang cukup mudah dirawat dan sering digunakan sebagai tanaman untuk memberikan kesegaran di dalam ruangan. Terlebih tanaman ini cukup tahan dengan serangan hama.

3. Peperomia

3. Peperomia

Tanaman ini cukup lucu pasalnya memiliki bentuk daun yang gemuk dan bulat. Yang menarik adalah tanaman ini memiliki kesan yang cool, indah, dan bright. Tak salah lagi hal ini karena daun bulatnya yang berbentuk gemuk.

Daun ini juga bisa berubah-ubah warna seiring dengan perubahan intensitas cahaya yang diterima. Jika tanaman ini memiliki warna daun yang tampak memudar maka segera mungkin untuk memindahkannya ke tempat lain dengan sinar matahari yang cukup. Bagi Anda yang memiliki hobi berkebun maka Anda sangat cocok untuk memelihara tanaman ini.

4. Lidah buaya

4. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki bentuk segitiga runcing dengan duri dipingirnya. Tanaman ini sendiri cukup tahan dalam berbagai cuaca baik dingin maupun panas. Dengan begitu tanaman ini sangat cocok dipelihara bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu di rumah.

Selain itu tanaman lidah buaya juga bisa digunakan sebagai obat-obatan herbal.

5. Ivy

5. Ivy

Merupakan salah satu tanaman hias yang dapat tumbuh dengan merambat. Tanaman ini bisa dipilih sebagai tanaman untuk menghiasi dinding dengan batang yang memiliki banyak akar. Untuk pertumbuhannya sendiri tanaman ini juga dapat hidup dalam kondisi panas maupun ditanam secara hidroponik. Anda bisa memilihnya sesuai dengan keinginan.

6. Yuka

6. Yuka

Suatu tanaman yang menyimbolkan anak muda yang tumbuh di masa depannya. Yang menjadi ciri khas dari tanaman ini adalah daunnya yang tumbuh dengan cara melekat pada batangnya. Tentu saja jika Anda menanamnya maka mampu memberikan kesan eksotis dan tajam di dalam sebuah ruangan.

Terlebih tanaman ini juga cukup tahan terhadap hama. Anda bisa memeliharanya baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan karena tanaman ini bisa tumbuh dengan mudah.

Dari beberapa jenis tanaman hias daun di atas mana yang kiranya akan Anda jadikan pilihan? Jangan khawatir karena semuanya tentu sangat menarik untuk di pelihara. Untuk itu sebelum memilih pastikan Anda mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan berikut.

Tips Memilih Tanaman Hias Mudah Untuk Dirawat

Sebelum membeli tanaman hias ada baiknya ketahui dahulu beberapa tips berikut agar Anda bisa merawatnya dengan lebih mudah:

1. Gunakan ukuran pot untuk panduan

1. Gunakan ukuran pot untuk panduan

Sebelum memilih tanaman hias, pastikan Anda mengetahui lokasi penembatannya. Jika Anda memilih tanaman yang berukuran besar tentu Anda juga memerlukan ruangan yang lebih besar. Untuk itu Anda bisa mengukurnya dengan ukuran pot sebelum membelinya.

2. Tentukan bagaimana arah dan waktu pertumbuhan

2. Tentukan bagaimana arah dan waktu pertumbuhan

Tanaman hias satu dengan yang lainnya tentu memiliki waktu tumbuh yang berbeda-beda. Terdapat tanaman hias yang bisa tumbuh lebih cepat namun ada pula yang bisa tumbuh dengan waktu yang singkat. Kedua jenis tanaman hias tersebut tentu Anda perlu memberikan perhatian khusus yang berbeda satu sama lainnya.

Tak hanya itu, ketahui juga kemana nantinya arah tanaman tersebut akan tumbuh. Apakah tanaman hias dapat tumbuh menjulang ke atas atau justru melebar ke sisi sampingnya. Untuk itulah sangat penting mengetahui arah tumbuh tanaman sejak awal pemilihan.

Pasalnya setiap tanaman memiliki kebutuhan akan sinar matahari yang berbeda-beda satu sama lain. Ada beberapa jenis tanaman yang bisa tumbuh dengan cepat di bawah sinar matahari secara langsung dan bisa Anda tempatkan di luar ruangan. Ataupun tidak langsung yang bisa Anda tempatkan di dalam ruangan.

3. Waspadai hama yang mungkin akan menyerang tanaman

3. Waspadai hama yang mungkin akan menyerang tanaman

Sebelum memilih tanaman yang mudah dirawat pastikan dahulu bahwa memang tanaman tersebut tidak rentang terserang hama dan penyakit. Jika tidak maka hal ini hanya akan membuat Anda lebih kerepotan dan memerlukan tenaga ekstra untuk merawatnya. Untuk itu pilih berbagai jenis tanaman yang tahan terhadap serangan hama.

4. Cek toleransi tanaman terhadap panas jika memilih tanaman outdoor

4. Cek toleransi tanaman terhadap panas jika memilih tanaman outdoor

Jika Anda memilih tanaman yang bisa diletakkan di luar ruangan maka jangan lupa untuk menanyakan juga kepada pemilik toko apakah tanaman ini bisa tahan terhadap panas.

Pastinya nanti terdapat berbagai jenis tanaman tahan panas yang bisa Anda jadikan pilihan. Pasalnya di Indonesia sendiri merupakan negara tropis yang kaya akan tanaman yang bisa hidup di sepanjang tahun. Anda bisa memilihnya.

5. Bagi Anda pekerja yang sibuk ketahui frekuensi tanaman

5. Bagi Anda pekerja yang sibuk ketahui frekuensi tanaman

Bagi Anda yang memiliki rutinitas yang cukup padat dan banyak maka cari tahu bagaimana frekuensi penyiraman tanaman tersebut. Dengan begitu Anda bisa menyiapkan waktu untuk merawat tanaman dengan lebih baik. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui jumlah air yang dibutuhkan untuk setiap tanamannya.

Memiliki tanaman hias daun memang sebuah kebanggaan tersendiri bagi Anda yang menyukai dunia tanaman. Dengan beberapa jenis tanaman hias yang direkomendasikan di atas Anda bisa memilih salah satunya agar rumah Anda nampak lebih sejuk dan asri.

25 Tanaman Hias Daun Yang Bisa Menghasilkan Puluhan Juta

Add Comment