5+ Cara Menanam Kacang Panjang (Lengkap dengan manfaat dan cara pembasmian hama)

Cara Menanam Kacang Panjang – Bagi kita masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing dengan kacang Panjang. Kacang Panjang biasanya digunakan untuk bahan masakan atau lalapan. Contoh masakan yang menggunakan kacang panjang adalah sayur asem, oseng kacang panjang, dan lalapan pendukung lauk protein lainnya. Cara Menanam Kacang Panjang hampir sama dengan jenis kacang – kacang lainnya.

Kacang panjang bisa kita temukan di supermarket atau warung yang berjualan berbagai macam sayuran. Tetapi banyak orang juga yang lebih memilih untuk menanam kacang panjang untuk di konsumsi sendiri maupun di jual kembali. Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai Cara Menanam Kacang Panjang.

Cara Menanam Kacang Panjang

1. Siapkan Media Menanam

Siapkan Media Menanam

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan media untuk menanam benih kacang panjang. Media dalam hal ini adalah tanah. Tanah yang baik untuk penanaman benih kacang panjang adalah tanah yang sudah di gemburkan dengan cara di cangkul. Setelah anda menggemburkan tanah tersebut, tambahkan pupuk kendang untuk mencegah hama yang menyerang tanah tersebut

2. Siapkan Benih Kacang Panjang

Siapkan Benih Kacang Panjang

Sebaiknya dalam memilih benih kacang panjang, kita memilih bibit hibrida unggul. Anda dapat membelinya di toko pertanian. Dengan menggunakan bibit hibrida unggul, kita tidak perlu menyemai bibit tersebut kembali.

3. Cara Penanaman

Cara Penanaman

Buat beberapa lubang pada tanah yang sudah digemburkan sedalam kurang lebih 5 cm. Kemudian letakkan benih pada masing-masing lubang yang sudah kita buat, kemudian tutup kembali dengan tanah. Setelah 2-4 hari penanaman kacang panjang akan, biasanya bibit kacang panjang akan mulai tumbuh

4. Perawatan

Perawatan

Seperti benih tanaman pada umunya, agar tumbuh secara baik lakukan penyiraman 2 kali sehari pada pagi hari dan sore hari. Selain itu letakkan tanaman pada tempat yang mudah terjangkau sinar matahari. Sinar matahari berguna untuk keberhasilan pertumbuhan bibit yang sudah di tanam. Selain itu, kita juga dapat menambahkan pupuk tambahan yang disesuaikan dengan cuaca untuk membantu proses penumbuhan bibit yang sudah di tanam.

5. Pemanenan

Pemanenan

Biasanya kacang panjang bisa dipanen setelah berumur 50-60 hari setelah penanaman. Panen kacang panjang di bagi menjadi dua tipe yaitu panen polong muda dan panen polong tua. Untuk panen polong muda ciri-cirinya adalah ukuran dari polong tersebut sudah maksimal, biji dalam polong tidak menonjol dan polong tersebut mudah dipatahkan. Sedangkan pada polong tua, ciri-cirinya adalah biji dalam polong menonjol kemudian kulit luar dari polong berwarna hijauagak kekuningan.

Pembasmian Hama Dan Penyakit

1. Hama

Hama

Hama yang biasanya menyerang tanaman kacang panjang adalah bibit ulat, ulat tanah, dan kutu kebul. Untuk menanggulangi hama tersebut anda bisa menyemprotkan insektisida pada sore hari. Sebaiknya penyemprotan insektisida jangan dilakukan pada pagi hingga siang hari karena hama biasanya akan sembunyi pada waktu tersebut.

2. Penyakit

Penyakit

Penyakit yang dapat menyerang tanaman kacang panjang adalah karat pada daun, bercak pada daun, layu fusarium dan layu sclerotium. Cara penanggulangan penyakit ini adalah dengan penyemprotan fungisida. Selain itu bisa juga melakukan mengatur jarak antar tanaman dan juga menjaga drainase.

Manfaat Kacang Panjang

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang panjang mengandung Anti oksidan yang dapat menjaga kesehatan jantung manusia. Anti oksidan ini berfungsi untuk mencegah radikal bebas sehingga dapat melindungi organ tubuh manusia dari kerusakan. Selain itu fungsi kacang panjang juga melancarkan peredaran darah sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung.

2. Menjaga Kestabilan Gula Darah

Menjaga Kestabilan Gula Darah

Kacang panjang juga bermanfaat untuk para penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Sebuah penelitian menemukan adanya aktivitas antihiperglikemik yang berfungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

3. Mencegah Kanker

Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan dan asam folat dalam kacang panjang juga berguna untuk menurunkan risiko terjadinya kanker pada tubuh manusia. Contoh kanker yang dapat dicegah adalah kanker usus,kanker payudara, dan kanker paru-paru.

4. Mengatasi Anemia

Mengatasi Anemia

Salah satu cara untuk mengatasi anemia adalah menambah darah dalam tubuh. Kita dapat mengkonsumsi makanan yang kaya akan mineral dan zat besi untuk mendukung pertumbuhan sel darah merah pada tubuh. Salah satu makanan yang kaya akan mineral dan zat besi adalah kacang panjang.

5. Mencerahkan kulit

Mencerahkan kulit

Salah satu kandungan dalam kacang panjang yang dapat membuat kulit menjadi cerah adalah vitamin c. Dengan mengkonsumsi kacang panjang kita dapat menjaga kecerahan pada kulit.

6. Menjaga kestabilan imun

Menjaga kestabilan imun

Selain untuk mencerahkan kulit, kandungan vitamin c pada kacang panjang juga dapat berfungsi untuk menjaga imun tubuh manusia. Dengan bantuan kandungan polifenol pada kacang panjang, dengan mengkonsumsi kacang panjang dapat menangkal radikal bebas yang akan menyerang tubuh. Dengan begitu imun pada tubuh kita akan meningkat.

Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan jika kita menanam kacang panjang. Dengan menanam kacang panjang, kita dapat mengkonsumsinya secara pribadi, atau untuk koleksi pekarangan maupun dapat juga digunakan untuk dijual kembali.

5+ Cara Menanam Kacang Panjang (Lengkap dengan manfaat dan cara pembasmian hama)

Add Comment