5 Tanaman Hias Bunga (Manfaat, jenis-jenis, dan cara merawat)

Tanaman Hias Bunga – Anda menginginkan taman atau halaman rumah yang indah dan menyejukkan? Tentu saja hal ini tidak bisa terlepas dari keberadaan tanaman hias bunga. Tanaman ini bisa jadi salah satu hal yang akan mempercantik rumah dengan berbagai warna yang menarik. Tak hanya itu saja, ada banyak manfaat ketika Anda memiliki tanaman hias. Simak diantaranya berikut ini!

Manfaat Memiliki Tanaman Hias Bunga

Memiliki tanaman hias di rumah ternyata tak hanya mempercantik saja. Namun ada beberapa manfaat lain yang mungkin Anda belum ketahui. Diantara manfaat memiliki tanaman hias tersebut antara lain:

1. Menghias ruangan

Menghias ruangan

Rumah yang polos tentu terasa membosankan saat dihuni. Berbeda ketika Anda memiliki beberapa jenis tanaman hias. Anda bisa meletakkannya pada wadah yang unik. Seperti pot gantung, vas, perabotan vintage, atau yang lainnya. Dengan begitu rumah akan lebih terasa berwarna dan menyenangkan.

2. Memurnikan udara

Memurnikan udara

Memiliki tanaman hias di rumah ternyata tak hanya dapat mempercantik tampilan rumah saja. Pasalnya tanaman ini juga bisa memurnikan udara lho. Tanaman hias bisa menyerap gas yang tercemar pada siang hari. Dengan begitu, Anda pun bisa menghirup udara dengan lebih baik dan lebih steril nantinya.

3. Mengatasi stress

Mengatasi stress

Memiliki berbagai jenis bunga yang bermekaran tentu sudah seperti menjadi obat untuk relaksasi diri yang dapat membantu mengatasi stress, bahkan depresi. Untuk itu jangan ragu lagi memiliki berbagai jenis bunga agar hari-hari Anda bisa lebih baik.

Ada banyak jenis tanaman hias yang dapat berbunga yang bisa Anda jadikan pilihan. Apa saja jenis tanaman hias ini? Yuk simak selengkapnya berikut!

Berbagai Jenis Tanaman Hias Bunga

Halaman rumah yang menampilkan warna hijau saja tentu akan terlihat membosankan. Agar hal ini tidak terjadi maka Anda perlu mulai menggantinya dengan tanaman hias bunga. Berikut jenis-jenisnya yang bisa Anda pilih:

1. Bunga Hydrangea atau Bunga Hertensia

Bunga Hydrangea atau Bunga Hertensia

Bunga ini biasa dikenal dengan sebutan nama kembang bokor yang dalam bahasa Melayu artinya nama bunga tiga bulan. Sedangkan orang Sulawesi menyebutnya dengan sebutan bunga masamba. Pasalnya bunga ini kebanyakan dijumpai di Masamba.

Di Asia dan Amerika sendiri bunga ini mempunyai 70-75 spesies namun kebanyakan terdapat di Asia. Jika Anda menggunakannya sebagai tanaman hias bunga maka sangat cocok dan menarik karena memang bunga ini cukup cantik. Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp. 70.000 saja per batangnya.

2. Bunga Dendrobium Rantii Orchids

Bunga Dendrobium Rantii Orchids

Merupakan salah satu tanaman hias bunga yang masih tergolong sebagai bunga aggrek. Bunga Dendrobium Rantii Orchids ini berasal dari Sulawesi dengan bentuk yang menyerupai bintang. Adapun ukurannya cukuplah kecil yakni hanya 3 cm. Namun tanaman ini bisa mencapai 3-4 tangkai dalam satu tangkainya memiliki banyak bunga.

Tanaman sejenis anggrek ini umumnya dapat tumbuh di dataran tinggi maupun dataran rendah. Dengan bentuk dan warnanya yang indah membuat kebanyakan orang memilihnya menjadi penghias halaman rumah.

3. Bunga Anthurium

Bunga Anthurium

Anthurium merupakan salah satu tanaman yang masih tergolong ke dalam keluarga Araceae dengan ciri khas bunga majemuk. Adapun tanaman ini juga termasuk ke dalam jenis tanaman evergreen yang berarti tidak kenal masa dormansi. Jenisnya sendiri cukup banyak yakni dapat mencapai hingga 100 jenis marga.

Keunikan dari tanaman ini yaitu daun yang memiliki bentuk variasi yang indah. Daun tanaman ini umumnya berwarna hijau tua dengan tulang dan urat daun yang menonjol dan besar. Pertumbuhannya sendiri umumnya hidup secara epifit yakni menempel pada batang-batang pohon tertentu. Atau bisa juga hidup di dalam dasar hutan.

Pada zaman dahulu pun tanaman ini sudah digunakan untuk menghiasi istana-istana milik kerajaan yang ada di Jawa. Tak heran jika tanaman ini sering disebut sebagai tanaman para raja.

Beberapa tanaman hias di atas mungkin masih terbilang asing bagi Anda untuk mengenalinya. Untuk itu, ketahui juga beberapa tanaman hias yang cukup populer di Indonesia berikut.

Tanaman Hias Bunga yang Populer di Indonesia

Ada banyak jenis tanaman hias yang dapat berbunga di Indonesia. Anda bisa menjadikannya sebagai tanaman hias untuk menghiasi taman, pekarangan rumah, ataupun yang lainnya. Berikut beberapa jenis bunga tersebut:

1. Bunga Kantong Semar

Bunga Kantong Semar

Siapa yang belum mengenal bunga kantong semar? Selain memiliki bunga yang indah, tanaman hias bunga ini juga memiliki banyak spesies. Yakni mencapai 130 spesies tanaman bunga kantong semar. Meskipun memiliki bentuk yang indah, bunga ini tergolong sebagai jenis tanaman karnivora.

Adapun kantor pada ujung daun tanaman in yang digunakan sebagai perangkap beberapa hewan kecil seperti semut, lebah, lalat, atau yang lainnya. Hewan-hewan ini datang dikarenakan bau yang ada di dalam kantong semar. Ketika serangga datang dan masuk ke dalam kantong tersebut maka secara otomatis kantong akan tertutup.

Setiap mangsa yang sudah terperangkap dalam kantong tanaman ini maka tidak bisa kembali dan menjadi santapan bunga kantong semar.

2. Bunga Gelombang Cinta

Bunga Gelombang Cinta

Tanaman yang satu ini memiliki karakteristik yakni daun yang besar dengan pinggirannya bergelombang. Kebanyakan orang mengenali tanaman ini di tahun 2010 dan pada saat itu harganya pun ikut melonjak tinggi seiring kepopulerannya.

Untuk merawatnya sendiri maka Anda hanya perlu menyiram gelombang cinta secukupnya saja. Pasalnya jika tanaman ini mendapatkan banyak air maka akan mudah hancur. Pastikan juga agar air tersebut langsung mengalir dari pot tanaman ini.

Penyiraman ini bisa dilakukan setiap 3 kali dalam sehari. Untuk penempatannya sendiri Anda jangan meletakkannya di bawah terik matahari secara langsung. Anda cukup meletakkannya di daerah yang teduh sehingga pertumbuhan tanaman ini bisa optimal.

3. Bunga Kamboja Adenium

Bunga Kamboja Adenium

Siapa yang belum mengenal tanaman ini? Umumnya masyarakat Indonesia mengenalnnya dengan sebutan Kamboja Jepang walaupun begitu aslinya bunga ini tak berasal dari Jepang. Pasalnya bunga Kamboja Adenium berasal dari daratan gurun pasir di daerah Afrika dan Asia Barat. Memang bunga ini dapat tumbuh lebih optimal di daerah yang kering daripada tanah yang basah.

Bunga Kamboja Adenium sendiri memiliki akar yang mirip umbi-umbian dengan batang yang cukup besar. Sedangkan daunnya memiliki bentuk kecil yang memanjang. Karena bentuk bung ini yang unik tak jarang bayak orang yang menggunakannya sebagai bonsai dengan akar yang memiliki bentuk unik.

Bagaimana dengan bentuk bunganya? Bunga ini berbentuk seperti terompet yang terdiri dari lima kelopak. Adenium sendiri memiliki warna bunga yang beraneka ragam. Semuanya sesuai dengan varietas atau jenisnya.

4. Kaktus

Kaktus

Tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Terlebih jika tanaman kaktus yang sudah berbunga. Tentu semua orang ingin memeliharanya. Apalagi kaktus merupakan tanaman yang tergolong bisa hidup dengan air yang sedikit. Tentu tidaklah sulit dalam merawatnya. Kaktus sendiri umumnya digunakan sebagai penghias ruangan.

Jenis dari kaktus sendiri bermacam-macam, semuanya memiliki keunikan, keindahan dan warna bunga yang beraneka ragam. Dengan begitu tak heran jika tanaman ini cukup cocok sebagai tanaman hias rumahan.

5. Bunga Dahlia

Bunga Dahlia

Siapa yang belum mengenal bunga dahlia? Bagi Anda para pecinta bunga tentu sudah menjadikan bunga ini sebagai koleksi diantara bunga-bunga yang lainnya. Bunga dahlia sendiri adalah salah satu bunga yang proses perkembangbiakannya cukup lambat di banding yang lain.

Adapun warna dari bunga dahlia yang beraneka ragam yakni mulai dari warna yang cerah dan muda. Semuanya bisa menjadi salah satu komoditas tersendiri bagi pelaku usaha industri tanaman maupun kolektor bunga.

Untuk mengembangkan bunga ini terbilang cukup mudah, yakni dengan melakukan stek batang, memberi biji dan umbi, atau pemisahan anakan. Agar tanaman ini bisa berbunga dengan cepat maka Anda perlu merawatnya dengan baik. Yakni dengan menyiramnya secara teratur.

6. Bunga Tapak Dara

Bunga Tapak Dara

Konon katanya bunga yang bernama tapak dara ini berasal dari daerah Madagaskar yang kemudian menyebar ke daerah tropis seperti Indonesia. Adapun ciri-ciri yang dimiliki oleh tanaman ini adalah daunnya yang tersusun rapi dan menyirip. Daunnya sendiri tumbuh secara berselang-seling dengan bentuk yang bulat seperti telur.

Untuk pertumbuhannya bunga ini cukup cocok tumbuh di daerah atau tempat uang terbuka. Namun jika ingin meletakkannya pada daerah yang tertutup dan terlindung juga bisa dilakukan.

Untuk perawatannya sendiri tidak terlalu sulit dilakukan. Anda hanya perlu menyiramnya dengan teratur dan memberinya pupuk sampai bunga mekar dengan sendirinya. Pastikan untuk menggunakan pupuk dengan kandungan nitrogen yang tinggi di awal pertumbuhannya. Lalu jika sudah berbunga pakai pupuk berfosfor.

Hal tersebut dilakukan agar tanaman hias tapak dara bisa terangsang proses berbunganya dengan lebih cepat.

7. Bunga Kemuning

Bunga Kemuning

Tanaman bunga yang memiliki nama latin Murraya Paniculata ini memiliki ukuran bunga yang tidak terlalu besar. Yakni dengan warna bunga yang putih dan bau yang cukup semerbak. Selain digunakan sebagai tanaman hias, di Indonesia dan Filipina pun sudah menggunakan daun kemuning untuk pengobatan diare dan disentri.

Tak hanya itu bunga ini juga kerap digunakan sebagai penghias pada acara-acara tertentu seperti perkawinan dan lain sebagainya karena keindahannya dan aromanya yang cukup tajam di waktu malam hari yang sangat menarik dan cocok untuk dekorasi.

Tanaman ini sendiri cukup tergolong sebagai tanaman yang tahan panas. Untuk itu bung ini juga cocok ditanam di halaman depan rumah seperti area teras ataupun taman. Untuk perawatannya sendiri seperti bunga pada umumnya. Yakni menggunakan pupuk dan air yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu akan mudah dalam berbunga.

8. Bunga Melati

Bunga Melati

Bunga melati, siapa yang belum mengenalnya? Bunga melati merupakan salah satu bunga yang tidak kalah populer dengan jenis-jenis bunga yang lainnya. Terlebih jika dilihat dari segi keindahannya, bunga melati juga tidak kalah indah dan menarik untuk dijadikan sebagai tanaman hias agar dapat mempercantik rumah, taman, atau teras.

Pada bunga melati juga dapat mengeluarkan aroma yang cukup semerbak. Anda sudah pasti bisa menggunakannya sebagai pengganti pewangi ruangan. Sangat praktis bukan? Melati sendiri bisa menghasilkan bunga di bulan ke delapan dengan perawatan yang teratur dan tepat. Jika asal-asalan maka bunga hanya akan tumbuh lebih lama dari biasanya.

Bunga melati sendiri dapat berbunga hingga tiga bulan lamanya. Namun tentu saja jumlah bunga yang tumbuh seiring berjalannya waktu akan menurun secara perlahan. Bunga melati ini memiliki warna putih yang setiap bunganya memiliki aroma harum yang menyegarkan.

Untuk merawatnya pun Anda tidak akan kesulitan, pasalnya selain mudah tanaman ini juga paling tahan dengan serangan hama. Hal ini lantaran jenis tanamannya yang tergolong sebagai tanaman perdu. Dengan begitu tak ada perawatan khusus yang diperlukan jika menanam tanaman melati ini.

Jika perlu, Anda bisa menanamnya di dalam pot, atau membiarkannya tumbuh liar di area terbuka seperti taman. Untuk perawatannya Anda hanya perlu memangkasnya agar ranting lebih rapi dan ukurannya tidak terlalu besar.

Melati sendiri cukup terkenal keberadaannya di Indonesia. Adapun jenis melati yang bernama Jasminum sambac telah ditetapkan sebagai bunga nasional Indonesia bersamaan dengan bunga lainnya seperti rafflesia arnoldii dan anggrek bulan.

Dari beberapa jenis bunga di atas tentu Anda sudah bisa memilih mana yang akan dijadikan pilihan. Maka dari itu, Anda bisa memilih berbagai jenis bunga di atas agar dijadikan sebagai tanaman penghias taman, teras, ataupun halaman rumah agar semakin cantik.

Tanaman Hias Bunga dengan Harga Termahal

Berbicara mengenai tanaman hias memang seperti tidak ada habisnya. Terlebih ada sejumlah tanaman hias yang memiliki harga sangat fantastis. Diantaranya:

1. Bunga Gloriosa

Bunga Gloriosa

Merupakan tanaman hias bunga yang cukup langka di dunia ini. Bunga ini hanya bisa tumbuh di Afrika, jadi jangan heran jika harga tanaman ini sangatlah mahal. Pasalnya pertumbuhan dan penyebarannya juga cukup sulit.

Harga bunga gloriosa sendiri dipatok sekitar Rp 150.000 setiap tangkainya. Namun jika Anda memilikinya tentu halaman rumah Anda akan semakin cantik dan menawan.

2. Bunga Lisianthus atau Bunga Eustoma

Bunga Lisianthus atau Bunga Eustoma

Bunga hias yang satu ini memiliki karakteristik yakni kuntum bunganya yang amat halus dan warna yang beraneka ragam. Namun kebanyakan warna yang ada pada tanaman ini adalah ungu. Anda bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp. 150.000 hingga Rp. 400.000. Meski mahal, namun Anda dijamin tidak akan menyesal memilikinya.

3. Bunga Lily of The Valley

Bunga Lily of The Valley

Bunga ini tentu sudah sangat populer bagi Anda pecinta bunga. Hanya saja bunga ini cukup langka karena hanya bisa dipanen dalam satu tahun sekali. Harganya sendiri terbilang cukup mahal. Yakni berkisar antara Rp. 500.000 untuk setiap tangkainya.

Adapun keunikan bunga ini yakni bisa mekar pada bulan Mei saja. Pada saat mekar itulah bunga ini nantinya akan mengeluarkan aroma yang sangat harum. Sayangnya jika sudah dipetik akan mati, untuk itu sangat diperlukan kehati-hatian.

4. Bunga Saffron Crocus

Bunga Saffron Crocus

Merupakan bunga yang cukup sederhana namun memiliki harga yang cukup mahal. Pada umumnya bunga ini ditanam sebagai dekorasi dan penghias taman. Tak hanya itu bunga ini juga bisa digunakan sebagai bumbu masakan atau rempah-rempah yang cukup mahal. Yakni sekitar 10 juta hingga 15 juta.

5. Bunga Shenzhen Nongke Orchids

Bunga Shenzhen Nongke Orchids

Bunga ini juga termasuk salah satu jenis dari bunga anggrek. Bunga ini memiliki usia yang cukup lama yakni sekitar 8 tahunan. Namun Seperti bunga anggrek pada umumnya bunga yang bernama Shenzhen Nongke Orchids ini juga memiliki harga yang mahal. Bahkah bunga ini termasuk sebagai tanaman anggrek yang paling mahal.

Saat adanya lelang bunga ini di China harga yang dicapai hingga lebih dari $200.000 atau jika dirupiahkan mencapai 200 juta rupiah.

6. Bunga 17th Century Tulip Bulb

Bunga 17th Century Tulip Bulb

Merupakan salah satu jenis bunga dari golongan bunga tulip. Memang namanya sendiri cukup aneh dengan sejarahnya yakni pada tahun 1637 memiliki harga sekitar 10.000 gulden yakni jika dirupiahkan setara dengan harga 70 juta! Tentu saja untuk sebuah bunga ini merupakan harga yang amat sangat fantastis.

Tak heran jika harga mahal rela dikeluarkan pasalnya bunga ini cukup langka dan indah. Jadi apakah Anda siap memiliki bunga ini dengan harga yang cukup mahal untuk tanaman hias bunga?

7. Julia Rose atau Mawar Juliet

Julia Rose atau Mawar Juliet

Bunga ini juga salah satu bunga yang bisa Anda jadikan pilihan suntuk mempercantik rumah. Bunga ini merupakan salah satu bunga yang tergolong cukup langka di belahan dunia. Karena kelangkaan inilah yang membuatnya juga memiliki harga yang mahal. Pada tahun 2006 sendiri bunga ini di bandrol dengan harga $5,8 juta dollar.

Untuk mendapatkan bunganya sendiri Anda bahkan memerlukan waktu yang cukup lama. Yakni hampir 15 tahun lamanya.

8. Bunga Kadupul

Bunga Kadupul

Bunga ini merupakan bunga yang juga tak kalah mahal harganya. Pasalnya bunga ini memiliki keindahan yang sangat mengagumkan. Terlebih bunga ini juga memiliki bau yang dapat menenangkan syaraf di malam hari. Untuk pertumbuhannya ini bunga kadupul bisa ditemukan di Sri Langka.

9. Bunga Gold Kinabalu Orchid

Bunga Gold Kinabalu Orchid

Tanaman hias bunga yang bernama Gold Kinabalu Orchid ini masih menjadi salah satu jenis bunga Anggrek. Kita tahu sendiri bahwa bunga Anggrek merupakan salah satu tanaman hias yang cukup indah dan memiliki harga yang lumayan.

Sayangnya bunga ini tergolong langka dan keberadaannya pun hampir punah. Karena kelangkaan tersebut bunga ini sampai dibandrol dengan harga sekitar 70 juta per potongnya. Sangat fantastis bukan?

Dari beberapa jenis bunga di atas, mana menurut Anda yang paling mahal? Dengan harganya yang fantastis tentu tanaman ini memiliki keindahan dan keunikannya masing-masing. Dengan memiliki bunga apapun jenisnya tentu Anda juga perlu mengetahui bagaimana tips merawat tanaman ini dengan tepat. Berikut beberapa tips tersebut!

Tips Merawat Tanaman Hias

Tanaman hias adalah salah satu jenis tanaman yang pertumbuhannya perlu diperhatikan. Untuk menanamnnya sendiri Anda perlu memperhatikan bagaimana perawatan yang tepat. Seperti :

1. Berikan pupuk sesuai kebutuhan

Berikan pupuk sesuai kebutuhan

Merawat bunga adalah dengan memberinya pupuk sesuai kebutuhan. Anda bisa memilih pupuk organik yang nantinya bisa dicampur ke dalam media tanam secara merata. Ketika sudah lama tumbuh maka jangan lupa juga untuk memberikan pupuk tambahan.

2. Siram tanaman secara teratur

Siram tanaman secara teratur

Selain memberikan pupuk, menyiram tanaman juga salah satu perawatan yang perlu dilakukan dengan rutin. Perlu diketahui bahwa setiap tanaman pun memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda satu sama lain. Untuk itu ada baiknya Anda mengetahui kebutuhan tanaman dengan benar agar dapat tumbuh dengan optimal.

3. Lakukan pembersihan jika diperlukan

Lakukan pembersihan jika diperlukan

Pembersihan pada tanaman hias secara teratur sangat perlu dilakukan agar nantinya tanaman bisa tumbuh dengan baik dalam lingkungan yang bersih. Dengan begitu, Anda bisa membuatnya sebagai dekorasi rumah yang lebih indah.

Jadi bagaimana, sudah siapkah Anda memiliki tanaman hias yang dapat berbunga? Beberapa jenis tanaman hias di atas bisa Anda jadikan pilihan sesuai selera. Agar tanaman ini dapat tumbuh dengan baik maka jangan lupa juga menerapkan tips merawat tanaman hias di atas.

5 Tanaman Hias Bunga (Manfaat, jenis-jenis, dan cara merawat)

Add Comment