5 Tanaman Hias Bunga Favorit (Lengkap dengan cara menanam)

Tanaman Hias Bunga Favorit – Berbicara tentang tanaman hias, tanaman hias terbagi ke dalam lima jenis. Lima jenis tersebut adalah tanaman hias golongan akar, batang, daun, bunga, serta buah. Seperti judul artikel di atas, Anda akan membaca penjelasan tentang tujuh tanaman hias bunga favorit untuk dekorasi rumah.

Memiliki halaman rumah yang rindang dan keindahan yang sedap di pandang mata adalah dambaan setiap orang. Menanam tanaman hias dapat menjadi pilihan Anda untuk mempercantik dekorasi halaman atau rumah Anda. Apa sajakah yang termasuk ke dalam 5 tanaman hias yang menjadi favorit?

Bunga Anggrek

Bunga Anggrek

1. Tentang Tanaman Hias Bunga Anggrek Favorit

Tentang Tanaman Hias Bunga Anggrek Favorit

Bunga anggrek adalah termasuk tanaman hias yang paling umum ditanam. Ketika tanaman hias ini mempunyai keadaan tumbuh yang tepat, Anda tidak akan kesulitan untuk mempelajari cara bagaimana merawat tanaman hias anggrek. Anda dapat merawat tanaman anggrek dengan mudah setelah Anda mempelajari cara menanamnya dengan benar.

Tanaman hias menarik jenis ini dapat ditemukan dalam berbagai warna dan ukuran, tergantung dari varietas. Bunga ini dampan menambah aksen yang cantik untuk hampir semua dekorasi rumah.

Bunga hias ini memiliki lebih dari 880 jenis dan lebih dari 22.000 spesies. Jumlah ini terus bertambah setiap tahun, membuat anggrek menjadi yang terbesar dan paling beragam dari keluarga tanaman berbunga. Sebagian besar anggrek adalah tanaman tropis yang hidup sebagai epifit atau tanaman udara yang tergantung pada pohon untuk mendapat dukungan.

Beberapa tanaman anggrek lithophytes atau tanaman batu yang tumbuh di antara bebatuan. Hanya ada beberapa lusin spesies yang diproduksi secara luas dan bahkan lebih sedikit lagi yang tersedia di pembibitan lokal. Anggrek yang dijual di pembibitan, toko bunga, marketplace cenderung hibriba.

Hibrida ini dibuat dengan disilangkan antar spesies murni berbeda untuk berkembang biak sesuai dengan karakteristik yang diinginkan, baik seperti warna, ukuran bunga, dll serta menghasilkan banyak macamnya. Anggrek berhibrida saat ini adalah tanaman rumahan yang sangat bermanfaat untuk tumbuh dan relatif mudah untuk dirawat.

2. Menanam

Menanam

Akar tanaman anggrek sangat bagus untuk tumbuh di luar pot. Jadi, pot dapat membantu dengan menahan kelembaban di sekitar akar. Rahasia menumbuhkan anggrek yang sehat adalah dengan menumbuhkan akar yang sehat.

Tanaman pot biasa dinilai dari pertumbuhan daunnya. Untuk anggrek, pertumbuhan akar adalah indikator terbaik untuk kesehatan tanaman. Anda harus ekstra hati-hati untuk tidak membiarkan akarnya busuk atau membuat akarnya mati.

Keseimbangan kelembaban juga sangat penting untuk perawatan anggrek yang optimal, banyak petani yang melilih pot anggrek yang bening sehingga lebih mudah untuk melihat kapan akarnya tumbuh subuh dan kapan tidak.

Diyakini bahwa akar bunga nggrek terlibat dalam fotosintesis, yang masuk akal mengingat bahwa tumbuh dengan terkena cahaya belang ketika anggrek menggantung di pohon, dan pot bening memungkinkan fotosintesis oleh akar anggrek mungkin terjadi. Pot berwarna putoh juga memungkinkan cahaya untuk melewatinya.

Pot anggrek Anda di pot terkecil yang akarnya pas dan pancang tanaman saat ia tumbuh. Anggrek yang kami lihat tumbuh paling baik sering tumbuh di pot yang tampaknya kecil sekali, jadi tahan keinginan untuk ‘menimbun’ lebih dari yang diperlukan untuk memegang akarnya. Pot plastik bening memudahkan untuk melihat akarnya dan melihat kapan harus menyiram. Campuran pot berubah menjadi gelap ketika basah dan secara bertahap mencerahkan saat kering. Pot plastik putih juga memungkinkan untuk beberapa fotosintesis sekaligus menjadi pilihan yang sangat menarik untuk dipajang. Tidak seperti tanah liat, pot plastik mudah dibersihkan, disinfektan, dan digunakan kembali. Menggunakan pot berbahan plastik yang transparan merupakan cara yang bagus untuk pengawasan akar di dalam pot. Pot Keramik yang eksotis meningkatkan keindahan anggrek dan sangat bagus untuk menampilkan tanaman mekar.

Anggrek tidak menyukai akar yang terlalu basah, tapi sangat meyukai kelembaban. Anggrek sering ditempatkan di atas wadah yang telah diisi air. Wadah itu memungkinkan air untuk menguap yang dapat dimanfatkan oleh bunga anggrek.

Anggrek suka berdekatan karena ini juga membantu meningkatkan kelembaban di antara tanaman. Merupakan tindakan penyeimbangan karena anggrek juga menyukai gerakan udara kering yang konstan akan mengeringkan tanaman. Kelembaban yang terlalu banyak dan gerakan udara yang terlalu sedikit, dan tanaman menjadi rentan membusuk.

Anggrek memiki kebutuhan cahaya yang sagat beragam dan memahami jumlah cahaya yang tepat untuk jenis anggrek sangat penting untuk perawatan tanaman. Bahkan seringkali cahaya yang tidak memadai menghambatnya mekar. Beberapa anggrek, terutama yang menyukai tingkat cahaya yang tinggi.

Menikmati musim kemarau yang panas di luar ruangan dengan naungan dan banyak anggrek merupakan cara termudah. Cahaya yang cukup membuat anggrek berbunga. Jika ditanam di dalam ruangan, banyak yang tidak akan mekar dengan baik tanpa semacam cahaya tambahan kecuali anggrek berada di ruangan yang sangat cerah atau rumah kaca.

Untungnya, lampu neon dengan lampu spektrum luas bekerja cukup baik terhadap anggrek. Seperti halnya lampu High Intensity Discharge (HID). Anggrek yang ditanam di luar ruangan mendapatkan cahaya matahari yang alami. Bunga hias ini butuh sedikit perhatian dalam merawat ketika kebutuhan dasar seperti cahaya, suhu, dan kelembaban telah cukup.

Tips menanam anggrek kebanyakan membutuhkan kondisi yang lembab dan kering. Ada beberapa jenis media tanam yang digunakan untuk menanam seperti kayu redwood atau fir, lumut gambut spagnum, batu, gabus, arang, pasir, dll. Campuran dasar untuk menanam anggrek terdiri dari perlit kasar, kulit kayu, dan lumut spagnum.

Anda dapat menambah arang untuk campuran dasar tetapi hal ini opsional. Umumnya, tingkat atau jenis yang dipilih tergantung pada jenis anggrek yang ditanam. Sebagai contoh anggrek phaleonopsis, biasanya ditanam di kulit kasar, cattleyas di kulit sedang, dan tanaman anggrek muda paling baik ditanama di kulit kayu halus.

Anggrek membutuhkan penanaman yang dangkal. Tempatkan anggrek di jendela atau di tempat yang terang cahayanya namun buka cahaya yang langsung. Cahaya yang kurang dapat menyebabkan daun layu. Suhu juga penting untuk merawat bunga dalam ruangan. Anggrek memerlukan kebutuhan air yang harus cukup.

Anda dapat memberi anggrek pupuk setiap minggu atau dua mingguan saat mereka menghasilkan pertumbuhan baru, kemudian menurun ke interval bulanan atau dua bulanan setelah anggrek menjadi tumbuhan dewasa. Kiat [erawatan anggrek tambahana temsuk dire-poting yang biasanya dilakukan setiap tahun.

Jika bunga Anda tiba-tiba berhenti berbunga ketika memiliki cahaya, suhu, dan kelembaban yang sesuai, maka perlu untuk melakukan pemindahan ke pot lain. Perhatikan juga tanda-tanda hama dan penyakit. Anggrek kadang-kadang dipengaruhi oleh ngengat putih dan kutu daun. Hal ini bisa diobati dengan larutan insektisida.

Bunga Melati

Bunga Melati

Bunga melati adalah tanaman hias bunga favorit ke-2 pada ulasan artikel ini. Merupakan bunga hias dapat tumbuh hidup pada iklim tropis. Bunga ini memiliki bau yang dapat dijumpai dalam berbagai produk, seperti lilin,lotion,teh, dan sabun. Jasmine mempunyai bunga dengan warna putih dan warna daun hijau tua. Senang terhadap sinar matahari tidak menyengat.

Sebgian tanaman hias bunga melati mempunyai warna hijau di sepanjang tahun, itu artinya melati akan menyimpan daun yang hijau sepanjang tahun. Tanaman jasmine membutuhkan upaya yang layak dilakukan. Tujuannya agar tanaman dapat mekar dan memebrikan aroma yang khas ketika Anda berada di sekitar tempat tumbuhnya.

1. Menanam Bunga Melati

Menanam Bunga Melati

Waktu yang tepat untuk menanam tanamanam semak melati adalah setiap Juni dan November. Tempatkan tanaman melati di bawah sinar matahri penuh ke daerah yang teduh sebagian, hal ini menyebabkan dapat tumbuh dengan baik. Tumbuh lebih baik pada saat musim kemarau daripada musim hujan.

Gunakanlah tanah pasir kering yang subur dan cukup subur. Keyika Anda mempunyai pohon anggur serta ingin bunga hias melati tumbuh merambat ke atas pohon anggur, bunga melati butuh tumbuhan penyokongnya. Teralis atau pagar dapat berfumgsi sebagai pendukung melati yang akan tumbuh naik ke atas.

2. Cara Perawatan Melati

Cara Perawatan Melati

Bunga hias jenis ini sebenarnya gampang dalam hal perawatannya, pada saat di awal butuh diperhatikan dan dipangkas dengan teratur. Seperti tanaman pada umumnya, bunga melati membutuhkan perawatan yang sesuai dengan tanamannya. Anda dapat pelajari merawat tanaman hias bunga favorit melati di bawah ini.

Bunga melati yang di tanaman langsung di tanah harus disirams seminggu sekali. Ketika cuaca menjadi lebih panas atau lebih kering, Anda perlu menambah jumlah intensitas menyiram air pada bunga. Anda juga mendiamkan tanah pada tanaman menjadi kering. Saat ditanam pada pot, Anda disarankan meyiram lebih sering daripada bunga di tanah.

Jika menanam melati yang merambat seperti struktur pagar, bantu tanaman dengan merambatkan atau meletakkan tanaman yang masih muda pada pagar. Hal itu bisa Anda bantu dengan membantu diikat ke pagar atau tempat penyokong lainnya.

Iklim serta keadaan yang lain, jenis tanaman hias melati, dapat menjadi penentu atas intensitas cahaya matahari yang diterima tanaman. Tips yang lainnya yaitu tentang memangkas. Pertama-tama buang batang yang mati untuk mencegah penyebaran penyakit. Selanjutnya, batang yang sudah tidak ada bunga yang tumbuh dapat dipangkas.

Anda dapat memangkas bunga melati segera setelah berbunga. Sehingga tanaman merambat memiliki cukup waktu untuk tumbuh sebelum musim berikutnya. Cara memangkas yaitu cukup jepit ujungnya dengan meremasnya di antara jari dan ibu jari. Pemangkasan yang tepat dan teratur akan meningkatkan pertumbuhan yang subur serta dapat tumbuh dengan cepat.

3. Berbagai Jenis Melati

Berbagai Jenis Melati

Bunga Melati merupakan memiliki jenis yang sama dengan zaitun. Umumnya, tanaman jenis melati yang ditanam adalah yang dapat merambat. Terdapat kurang lebih sebanyak 200 spesies melati yang tidak sama spesiesnya.

Kesemua jenis tanaman hias melati memiliki kebutuhan yang tidak sama antara satu jenis dengan jenis lainnya. Untuk itu pentingnya mengetahui jenis mana untuk ditanam. Melati Arab dapat tumbuh dengan mencapai setinggi tiga hingga sembilan kaki.

Mawar putih adalah tanaman yang berasal asli dari Burma dan Tiongkok. Termasuk ke dalam jenis tanaman yang tumbuh selalu dengan merambat. Kuncup-kuncup bunganya yang merah muda yang berkembang menjadi bunga-bunga harum. Anda membutuhkan ruang yang cukup untuk varietas ini, karena daoat tumbuh dengan tinggi 20-30 kaki dan lebar 7-15 kaki.

Purple jasmine, bunga melati ungu juga dikenal sebagai melati bintang. Jenis bunga yang juga melilit atau merambat ini mekar dengan bunga 2 inci. Dapat ditanam dalam skala kecil sebagai tanaman pagar.

Forest jasmine, memiliki warna daun hijau tua mengkilap dan bunga putih cerah dan memiliki sedikit warna pink. Ini adalah varietas yang kuat, dengan batang yang dapat tumbuh dengan batang setinggi lebih dari inci.

Mawar musim dingi atau winter jasmine tumbuh dengan tinggi mencapai lima belas kaki. Terkenal dengan kemekaran bunga ciri khasnya berwarna kuning mencolok. Tanaman winter jasmine merupakan tanaman yang asli asal Tiongkok dan tidak seperti kebanyakan bunga jasmine pada umumnya.

Bunga Mawar

Bunga Mawar

Bunga mawar merupakan salah satu jenis bersemak yang memiliki duri di sepanjang tangkainya. Bunga ini merupakan bunga yang menajdi favorit kebanyakan orang untuk ditanam. Selain cara merawatnya yang mudah, bunga ini biasanya digunakan sebagai bentuk perayaan hari besar seperti diberikan ke orang yang berulang tahun dalam bentuk buket,dsb.

Mawar memiliki banyak jenis. Jenisnya sangat beragam, baik warna dan karakteristik lainnya. Bunga ini dapat dikelompokkan ke dalam kelas sesuai dengan tahun dikenalkannya ke masyarakat. Berikut uraiannya di bawah.

  • Mawar tua juga disebut sebagai mawar kuno dan mawar pusakayang diperkenalkan sebelum tahun Ini adalah satu mawar yang tumbuh subur, selalu memiliki bau harum ada rutas varietas mawar tua, yang meberikan pilihan untuk ditanam di iklim hangat dan ringan.
  • Mawar hibrida modern, diperkenalkan setelah 1 Memiliki karakteristik yang kokoh, berbunga panjang, sangat kuat, dan tahan penyakit. Dibudidayakan dengan berbagai warna, bentuk,aroma, dan ukuran.mawar hibrida dengan satu bunga besar di batang panjang adalah salah satu hibrida yang paling populer.
  • Mawar liar, adalah tumbuhan yang tumbuh liar selama ribuan tahun. Mawar liar ini telah disesuaikan dengan taman modern dan biasanya mekar di musim panas. Sebagian besar memiliki bung yang tunggal.

1. Menanam Mawar

Menanam Mawar

  1. Anda dapat memakai sarung tangan untuk melindungi tangan Anda dari duri bunga mawar.
  2. Galilah lubang dan tambahkan banyak pohon organik seperti kompos atau pupuk kandang,
  3. Buka bunga mawar dari dalam polybag.
  4. Tanamlah ke dalam lubang yang sudah digali.
  5. Tutup lubang dengan tanah yang longgar di setiap batang untuk melindungi mawar saat tumbuhan menyesuaikan diri dengan habitat barunya.
  6. Jangan menanam dengan jarak dekat antar bunga jika Anda ingin menanam lebih dari satu bunga. Mawar yang sudah tumbuh akan membutuhkan lebih banyak ruang, sedangkan mawar yang memang berjenis kecil dapat ditanaman berdekatan.
  7. Jika Anda tidak ingin menanamnya ke dalam pot, Anda dapat mendapatkan batang-batang mawar yang berukuran panjang sedan. Lalu tancapkan batang mawar lang ke atas tanah yang subur.

2. Hama dan Penyakit Mawar

Hama dan Penyakit Mawar

Praktek berkebun yang baik seperti membuang batang yang telah mati, akan membantu mengurangi hama. Jika masalah berkembang, larutan holtikultura dan larutan insektisida dapat membantu mengendalikan serangga dan jamur. Yang menjadi kemungkinan masalah mawar:

  1. Kumbang
  2. Kutu daun.
  3. Bintik hitam, tanaman daun mawar dengan bintik hitam yang akhirnya berubah menjadi kuning berbintik hitam. Hal ini sering disebabkan oleh percikan air pada daun, terutama di musim hujan. Daun mungkin memerlukan lapisan fungisida pelindung. Bersihkan batang yang telah sakit..
  4. Jamur tepung, dapat muncul pada daun, kuncup, dan batang dengan bentuk lapisan bubuk putih. Jamur berkembang dengan cepat selama cuaca hangat dan lembab. Cegah jamur dengan memangkas semua tongkat mati.
  5. Botrytis bligh atau jamur abu-abu, menyebabkan kuncup bunga menjadi layu, tetap menutup, atau berubah menjadi coklat. Pangkas semua bunga yang terinfeksi dan singkirkan semua yang mati. Mengaplikasikan fungisida mungkin dibutuhkan.
  6. Tungau laba-laba.
  7. Pengerek batang.

Secara umum, menghindari masalah pada mawar dapat dengan membeli varietas yang tahan penyakit dan membersihkan bagian yang terkena hama/ penyakit, gulma, daun yang berguguran, dan bagian tanaman yang sakit sesegera mungkin. Berikut adalah varietas yang disarankan untuk Anda.

Rugosas, yang mekar dengan 5 jenis warna kelopak yang mencolok, merah muda cerah, putih, atau lavender. Bahus untuk ditanaman sebagai pagar atau di mana pun di tempat yang tebuka. Jens munk mekar sebagian besar di sepanjang musim panas.

Mawar merah muda seperti carefree wonder adalah mawar semak yang bulat dan kuat. Kemudian mawar kuning seperti yellow harrison mekar lebih awal, cerah. Mawar kesturi hibrida tumbuh setinggi 5 hingga 6 kaki. Mawar kesturi ini memiliki dedaunan yang menarik dan tumbuh banyak bunga kecil hingga sedang.

Ada buff beauty yang memiliki kelompok-kelompok bunga aprikot kuning yang harum. Rose flower carpet adalah bunga yang sangat bagus ditanam di atas tanah. Setelah ditanam, mereka dapat menumbuhkan bunga hingga sebanyak 2.000 bunga. Perawatan bunga red carpet sangat mudah dan memiliki ketahanan ang luar biasa terhadap penyakit

3. Kunci Sukses

Kunci Sukses

Salah satu tanaman hias bunga favorit mawar ini mendambakan sinar matahari, setidaknya enam jam per hari idealnya. Tanam mawar di tanah yang subur dan memiliki drainase yang baik. Saat menanam jangan lupa untuk mencampurkan pupuk organik, seperti kompos ke dalam galian lubang yang akan digunakan tempat untuk menanam.

Penyiraman air sebaiknya dilakukan tetapi jangan terlau sering. Berikan air langsung ke tanah, menggunakan selang atau wadah untuk menyiram. Kebutuhan air berbeda-beda tergantung pada kondisi cuaca dan tanah. Untuk mencegah tanaman terkena penyakit, jaga dedaunan tetap kering, terutama jika Anda harus menyiram pada larut malam.

Periksa mawar sesering mungkin untuk mengetahui adanya serangga atau wabah penyakit. Mengetahui masalah sejak dini membuat Anda lebih mudah dalam merawatnya. Sebelum terlanjur terkena penyakit, periksa bahwa tanaman tidak terkena serangan hama dan penyakit.

Ketika mawar dipangkas, tanaman hias ini butuh dipangkas dengan waktu rutin. Daun yang menguning atau berbintik hitam sebaiknya dipangkas. Binti-bintik hitam pada daun bunga mawar dapat menyebar ke seluruh tanaman dan akan menyebabkan bunga mawar mati jika tidak segera ditangani dengan benar.

Bunga sepatu

Bunga sepatu

Hibiscus rosa sinensis adalah nama ilmiah untuk tanaman hias bunga sepatu. Memiliki nama sebutan lainnya yaitu bunga sepatu Cina. Dapat menghadirkan nuansa tropis ke rumah Anda. Menghasilkan bunga besar yang mencolok dalam berbagai warna dan menarik perhatian kumbang atau kupu-kupu. Tanaman serba guna ini tidak membutuhkan banyak perawatan untuk tetap tumbuh baik.

1. Penanaman

Penanaman

Lokasi di mana Anda menanam bunga sepatu penting untuk pertumbuhan yang sehat secara keseluruhan. Kecuali jika Anda di iklim yang memiliki musim dingin, bunga sepatu harus ditanaman di dalam ruangan untuk mencegah kerusakan permanen. Tanaman hias bunga favorit sepatu tidak tahan terhadap suhu dingin.

Tempat tropis seperti di Indonesia, Anda dapat meletakkan di ruangan di gantung di dinding atau ditanam langsung di tanah. Tanaman akan menerima banyak sinar matahari di tanah yang berdrainase dengan baik.

Bunga sepatu dapat ditanam dengan sukses sebagai tanaman hias selama kebutuhan dasarnya cukup. Anda dapat menanam kembang sepatu di pot yang memiliki lubang drainase di bagian bawah pot.

Lubang-lubang pada bagian bawah pot berguna untuk membantu mencegah air terlalu lembab yang dapt merusak tanaman. Pot yang sudah disiapkan, diisi menggunkan 2/5 bagian pot dengan tanah, 2/5 bagian pot dengan gambut. Serta 1/5 bagia pot dengan perlite.

2. Pemeliharaan

Pemeliharaan

Bunga sepatu dalam ruang mendapat manfaat dari pemberian pupuk yang disarankan sebulan sekali. Memangkas bunga membantu mempertahankan ukurannya yang kecil dan mendorong tanaman yang lebih berbentuk semak. Pangkas dengan menggunakan alat yang tajam dan bersih untuk memotong pucuk di atas.

Jika kuncup bunga jatuh ke bawah, artinya bunga sepatu tidak menerima kebutuhan yang diperlukan. Suhu yang terlalu panas atau dingin, terlalu banyak air atau terlalu sedikit, serta cahaya yang intensitasnya rendah. Hal itu menyebabkan tunas tanaman gugur.

Tungau dan kutu daun adalah dua hama yang umum menyerang bunga sepatu. Dapat diobati dengan menggunakan cairan hortikultura atau semprotan insektisida. Bunga dapat mengembangkan penyakit bakteri melalui serangga, hujan, dan kabut. Bunga yang terinfeksi menyebabkan bunga layu, tanaman menjadi kerdil, batang membusuk dan distorsi daun.

Anda dapat mengurangi kemungkinan tanaman terkena bakteri dengan mengobati serangga sesegera mungkin. Anda juga perlu menghilangkan gulma dan tanaman mati atau yang sudah tampak layu tidak segar di sekitar bunga sepatu yang tumbuh.

Bunga Bougenville

Bunga Bougenville

Tanaman hias bunga favorit bougenville atau yang dikenal dengan bunga kertas, merupakan yang yang merambat dengan indah. Dapat merambay dengan cepat dan memiliki tanaman yang mudah subur.

Bunga kertas adalah tanaman asli Amerika Tengah, sebagian besar Amerika Selatan, Kepulauan Karibia, Spanyol, bagian Amerika Serikat, dan banyak iklim hangat lainnya. Bunga kertas yang cantik tersedia dalam banyak warna termasuk hot pink merah, ungu, lavender, kuning, oranye, pink pucat, putih, dan putih berujung merah muda.

Memiliki bugenvil di kebun rumah Anda, baik ditanam di pot atau di tanah, selalu menyenangkan karena memiliki warna yang indah. Seperti semua tanaman, bugenvil mulai tumbuh dengan relatif kecil. Tetapi dengan cepat akam mengisi ruangan penanaman yang disediakan untuk tumbuh.

Beberapa tukang kebun merekomendasikan menggunakan satu sendok makan pupuk untuk bunga sepatu setiap 3 hingga 4 minggu. Bugenvi merupakan tanaman yang tahan lama. Dapat ditanam sebagai tanaman tahunan atau sebagai tanaman hias. Termasuk tanaman hias yang memiliki pertumbuhan paling cepat.

Tanaman menjatuhkan daun secara berkala, seperti halnya manusia yang kehilangan beberapa helai rambut setiap hari. Sementara, bugenvil Anda akan rontok beberapa sepanjang tahun di iklim yang ringan dan membuat daunnya tumbuh sepanjang tahun. Bunga sepatu biasanya akan mekar dari April hingga Desember.

Terdapat banyak jenis tanaman hias yang ada di sekitar kita. Tanaman hias bunga favorit sudah dijelaskan di atas secara gambalang. Di antara 5 bunga hias yang direkomendasikan dia atas, apakah Anda tertarik untuk mencoba menanamnya?

5 Tanaman Hias Bunga Favorit (Lengkap dengan cara menanam)

Add Comment