tanaman hias quisqualis

Tanaman Hias Quisqualis : Karakteristik, Jenis, Tips Menanam Dll (Lengkap)

Tanaman Hias Quisqualis  – Tanaman hias adalah tanaman yang sengaja ditanam oleh pemiliknya dengan tujuan untuk menambah keindahan ruangan, pekarangan ataupun untuk dekorasi. Tanaman hias dapat mencakup tanaman merambat, semak, perdu, bunga, ataupun pohon yang berfungsi menghias suatu tempat. Terdapat beragam jenis tanaman hias salah satunya tanaman hias quisqualis.

Quisqualis indica atau yang lebih dikenal dengan tumbuhan wudani. Tumbuhan ini berasal dari Asia Tenggara. Sebenarnya tanaman hias ini ditanam untuk tujuan pengobatan. Namun karena bentuk bunganya yang cantik tanaman ini dijadikan tanaman hias oleh sebagian orang. Bentuk bunga yang mungil dan cantik dengan warna yang cerah membuat orang banyak mencari tanaman hias satu ini.

Karakteristik Tanaman Hias Quisqualis

Tanaman hias quisqualis atau yang juga dikenal dengan nama melati Belanda masih termasuk dalam famillia Combretaceae. Dulunya melati Belanda adalah tanaman liar di hutan, di pekarangan atau di kebun. Namun sekarang melati Belanda mulai dicari sebagai tanaman hias karena keindahan dan keunikan bunganya. Selain itu melati Belanda juga dicari karena khasiatnya untuk pengobatan.

Bunga melati Belanda sebenarnya berasal dari Vietnam, Thailand, dan India. Namun entah mengapa bunga yang satu ini diberi nama belakang salah satu negara di Eropa Barat yaitu Belanda. Tanaman hias ini banyak dicari karena aroma bunganya yang semerbak. Bunga melati Belanda sebenarnya sudah dikenal sejak tahun 2002.

Bunga melati Belanda memiliki banyak nama di daerah lain di Indonesia. Masyarakat Sumatra lebih mengenal tanaman ini dengan nama dani, udani dan wudani. Sedangkan masyarakat Jawa memberi nama bunga ini adalah wedani. Masyarakat Sunda mengenal tanaman ini dengan sebutan bidani, kacekluk, kaceklik, ceguk dan cekluk.

Sedangkan masyarakat Madura lebih mengenal bunga melati Belanda dengan sebutan rabetdani. Orang Tiongkok juga mengenal bunga melati Belanda dengan sebutan she chin zhe, sedangkan di Filipina dikenal dengan niog-niogan, tangarau, tagulo, tangolan, totoraok dan talolong. Masyarakat melayu menyebut bunga melati Belanda dengan sebutan akar dani.

Alasan mengapa tanaman hias ini disebut dengan melati Belanda, karena pada saat mekar bunganya akan mengeluarkan aroma seperti bunga melati. Meskipun bunga melati Belanda ini tidak memiliki hubungan kekerabatan dengan bunga melati. Namun aroma harum yang semerbak saat bunga mekar akan hilang seiring dengan bertambah tua usia bunga.

Tanaman hias yang satu ini sangat terkenal sebagai penghias halaman rumah. Hal ini karena bunganya yang indah dan aroma yang semerbak dari bunga melati Belanda menjadi daya tarik. Bunga melati Belanda merupakan tanaman perdu merambat yang biasanya digunakan untuk menghias pagar rumah. Namun saat ini juga dikembangkan tanaman hias ini ditanam di dalam pot bunga.

Tanaman hias ini termasuk dalam tumbuhan perdu yang merambat. Batang pohon melati Belanda dapat tumbuh hingga panjang 2-8 meter. Meskipun pertumbuhan bunga melati Belanda ini tidak cukup tinggi namun tanaman ini memiliki akar yang cukup panjang. Struktur akar bunga melati belanda adalah merambat, yang dapat merambat sepanjang 2-7 meter.

Akar rambat ini dapat dililitkan pada tiang penyangga ataupun pada pagar rumah anda. Melati Belanda memiliki daun tunggal dengan letak berhadapan dengan tangkai pendek dan bentuk daunnya bulat telur memanjang. Panjang daun melati Belanda yaitu 5-18,5 cm, lebar daun 2,5-9 cm. Bentuk tulang daunnya menyirip dengan ujung runcing dan warna hijau cerah.

Bunga melati Belanda tersusun dalam setiap kuncup yang keluar dari tangkai-tangkai kecil. Bunga melati Belanda memiliki lima helai kelopak bunga dengan warna bunga yang dapat berubah. Akar tanaman hias yang satu ini memiliki kekuatan menahan yang cukup kuat. Karena akar nya yang kuat tanaman ini juga dapat berfungsi sebagai penahan erosi

Pada saat pertama mekar bunga melati Belanda akan berwarna putih, lama-kelamaan putih kemerahan dan akan menjadi merah keunguan. Bunga melati Belanda sangat digemari oleh pencinta tanaman his karena memiliki aroma bunga yang harum. Selain itu karena keunikan warna bunga yang dapat berubah menjadi daya tarik tersendiri.

Perubahan warna pada bunga melati Belanda ini dipercaya oleh ilmuwan untuk penyerbukan. Perubahan warna bunga melati Belanda bertujuan untuk menarik perhatian dari lebah untuk membantu proses penyerbukan.

Bunga melati Belanda pada sore hari akan berwarna putih untuk menarik serangga yang mempunyai lidah panjang. Tujuannya adalah untuk membantu dalam proses penyerbukan. Kemudian pada hari selanjutnya bunga akan berwarna merah muda atau pink. Di hari selanjutnya bunga akan berubah warna menjadi merah untuk menarik perhatian lebah dan juga burung.

Tanaman ini juga memiliki buah dengan bentuk persegi lima dengan panjang 2-3 cm. Buah melati Belanda dapat dikonsumsi dengan mentah maupun matang. Rasa buah melati Belanda apabila dimakan mentah adalah seperti rasa kelapa. buah melati Belanda yang sudah matang akan berwarna coklat. Di Indonesia ada dua varietas dari tanaman hias ini. Berikut jenis-jenis bunga melati Belanda.

Tanaman hias quisqualis juga tahan terhadap hama dan perawatannya tidak terlalu rewel. Musuh alami melati Belanda adalah ulat dan belalang. Anda dapat menyemprotkan insektisida jika dirasa belalang dan ulat cukup menganggu keindahan tanaman anda.

Daya tarik utama bunga melati Belanda adalah terletak pada warna-warni bunga yang berbeda dalam satu dompol tangkai. Bentuk bunga melatu Belanda sekilas akan mirip dengan bunga asoka. Perbedaannya bunga asoka hanya memiliki satu variasi warna sedangkan bunga melati Belanda memiliki variasi warna yang berbeda dalam satu tangkau bunga.

Perbedaan warna bunga dalam satu tangkai ini dikarenakan proses penuaan bunga. Tanaman bunga melati Belanda dalam satu kali berbunga dapat mengeluarkan banyak kuntum bunga. Keistimewaan lain dari bunga melati Belanda adalah yang berbunga tiada henti atau bukan bunga musiman. Saat bunga melati Belanda mekar akan mengeluarkan aroma yang sangat harum di pagi hari.

Keunikan bunga melati Belanda tidak hanya terletak pada bunganya yang bervariasi warna. Namun biji bunga melati Belanda ini juga unik karena bijinya dapat membuat anda cegukan. Hal ini dikarenakan apabila anda mengkonsumsi biji bunga melati Belanda terlalu banyak. Karena hal itulah bunga melati Belanda lebih dikenal masyarakat dengan nama bunga ceguk.

Cegukan yang diakibatkan oleh biji bunga melati Belanda biasanya terjadi saat anda memakan biji bunga melati Belanda bersamaan dengan teh. Namun apabila anda mengkonsumsi biji bunga melati Belanda dengan takaran yang tepat anda akan mendapatkan banyak manfaat.

Selain digunakan sebagai tanaman hias, tanaman melati Belanda juga digunakan sebagai pengobatan, terutama bagian akar, biji dan daunnya. Masyarakat tradisional biasa menggunakan daun bunga melati Belanda untuk mengobati cacingan secara herbal. Daun dari bunga melati Belanda ini dapat mengobati infeksi cacing kremi, cacing gelang dan cacing tambang.

Biji dari tanaman hias ini juga digunakan sebagai obat cacing dengan cara menggoreng biji kemudian dikunyah sebelum makan. Selain sebagai obat cacing tanaman ini juga dapat digunakan sebagai obat sakit kepala, batuk, sakit telinga, jamur pada kulit, perut kembung, diare dan bahkan penyakit ginjal.

Jenis-Jenis Tanaman Hias Quisqualis

1. Quisqualis Indica Rangoon Creeper

Bunga melati Belanda jenis ini terkenal dengan nama lain yaitu chinese honeysuckle. Sifat dari bunga melati Belanda yang satu ini adalah tumbuh dengan cara merambat. Apabila ditanam langsung ditanah tanaman hias ini tidak dapat tumbuh dengan tegak. Tanaman ini akan tumbuh merambat ditanah dan menutupi tanah dengan daunnya yang rimbun seperti semak.

Untuk menanam bunga melati Belanda jenis ini anda perlu memberikan penyangga agar dapat tumbuh dengan tegak. Bunga melati Belanda jenis rangoon creeper memiliki bunga dengan warna merah dan gradasi warna yang tidak terlalu mencolok.

Anda dapat menanam bunga melati Belanda jenis ini di dekat pagar rumah dan akan menajdi tanaman rambat di pagar. Selain itu tanaman yang merambat ini dapat menjadi pemanis dan penghias pagar rumah anda. Anda juga dapat menanam di dalam pot namun perlu anda tambahkan kawat agar tanaman ini dapat tumbuh dengan teratur.

2. Quisqualis Indica Kapadia Compacta

Bunga melati Belanda jenis kapadia compacta merupakan varietas baru dari bunga melati Belanda jenis sebelumnya. Jenis bunga melati Belanda yang satu ini berasal dari negara India dan Thailand.

Tanaman hias quisqualis jenis ini dapat tumbuh dengan berdiri tegak tanpa penyangga. Tanaman hiasyang satu ini dapat tumbuh dengan kompak berdiri tanpa tambahan penyangga. Meskipun tetap menyerupai semak perdu namun jenis yang satu ini lebih simpel untuk anda tanam.

Tips Menanam Bunga Melati Belanda

Tips Menanam Bunga Melati Belanda

Bunga melati Belanda sedang menjadi tanaman hias yang populer dan banyak dicari oleh pencinta tanaman hias. Hal ini karena bunga melati Belanda memiliki beberapa variasi warna dalam satu bunga. Variasi warna bunga melati Belanda seperti merah muda, merah, merah keunguan, putih dan bahkan hijau.

Variasi warna bunga melati Belanda ini karena bunga melati Belanda memiliki banyak kuncup yang siap mekar dalam satu tangkai bunga. Perbedaan warna bunga melati Belanda ini karena terdapat perbedaan waktu mekar dari kuncup yang ada pada tangkai bunga melati Belanda. Oleh karena itu terkesan dalam satu tangkai terdapat beberapa variasi warna yang berbeda.

Apabila anda tertarik menanam tanaman hias quisqualis ini di pekarangan rumah anda, sebaiknya anda membaca artikel ini. Namun tentukan terlebih dahulu tujuan anda menanam apakah untuk menutupi tanah atau untuk menghiasi pagar rumah anda. Berikut beberapa tips menanam bunga melati Belanda.

1. Pemilihan tempat

Lokasi menjadi faktor penting bagi anda jika ingin menanam bunga melati Belanda. Hal ini karena tanaman hias yang satu ini menyukai tempat yang terang dan sedikit lembab.

Tanaman hias quisqualis dapat tumbuh dengan subur di bawah sinar matahari langsung. Hal ini karena bunga melati Belanda tidak bisa berbunga denga lebat apabila tidak mendapat cukup sinar matahari. Selain itu tanaman ini juga dapat menggugurkan daunnya saat kurang mendapat sinar matahari.

Tanah yang digunakan untuk menanam usahakan tanah yang dapat menahan air. Hal ini karena bunga melati Belanda menyukai keadaan yang lembab. Namun apabila terlalu banyak air maka tumbuhan ini akan layu dan lama-kelamaan akan mati.

2. Memberikan penyangga

Bunga melati Belanda sebenarnya adalah tanaman hias jenis semak merambat. Oleh karena itu membutuhkan penyangga agar dapat tumbuh berdiri tegak. Jika anda ingin menanam tanaman hias ini maka sebaiknya anda menyiapkan penyangga.

Penyangga ini berfungsi agar bunga melati Belanda dapat tumbuh dengan tegak. Hal ini karena tanama ini merupakan tanaman merambat, sehingga memerlukan penyangga agar dapat tumbuh dengan tegak dan indah. Jika tidak diberi penyangga bunga melati Belanda akan tumbuh dengan tidak beraturan.

Usahakan memasang penyangga sebelum anda menanam bunga melati Belanda. Karena apabila anda memasang penyangga setelah bunga melati Belanda tumbuh, hal ini akan merusak sistem akar dari tanaman hias ini. Penyangga dapat terbuat dari bambu maupun dari kawat.

3. Waktu

Jika anda ingin menanam bunga melati Belanda sebaiknya tanam bunga ini sebelum musim penghujan. Hal ini bertujuan agar bunga melati Belanda dapat tumbuh dengan baik tanpa penyiraman. Karena tanah akan lembab oleh intensitas hujan musim penghujan. Kondisi ini sangat baik untuk pertumbuhan bunga melati Belanda.

Cara Menanam Tanaman Quisqualis

Anda dapat menanam bunga melati Belanda di tanah pekarangan secara langsung atau dapat juga di dalam pot bunga yang besar. Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai dua cara penanaman tanaman hias quisqualis.

1. Menanam di Tanah Pekarangan

  1. Buat lubang sedalam 15-20 cm dengan lebar 30-45 cm agar akar dapat leluasa mencari air dan unsur hara di tanah.
  2. Tambahkan pupuk kompos pada tanah sisa galian lubang dan campur merata jangan lupa untuk menambahkan sekam bakar.
  3. Letakkan secara perlahan bibit bunga melati Belanda ke dalam lubang yang dibuat. Apabila bibit masih terlalu pendek maka tambahkan dahulu sedikit tanah campuran kompos ke dalam lubang. Jangan sampai ada akar yang patah, masukkan dengan hati-hati.
  4. Tambahkan setengah campuran tanah kemudian siram dengan sedikit air dan tutup seluruh lubang.
  5. Tambahkan penyangga berupa kawat apabila anda menanam jenis bunga melati Belanda rangoon creeper.

2. Menanam di Dalam Pot Bunga

Tanaman Hias Quisqualis

  1. Pilihlah pot bunga dengan diameter yang agak besar.
  2. Buat campuran tanah dengan sekam bakar dan pupuk kompos.
  3. Masukkan sedikit campuran tanah ke dalam pot hingga separuh penuh lalu masukkan bibit tanaman bunga melati Belanda. Kemudian siram dengan sedikit air.
  4. Masukkan semua sisa campuran tanah ke dalam pot bunga.
  5. Tambahkan penyangga berupa kawat apabila anda menanam jenis bunga melati Belanda rangoon creeper atau anda dapat meletakkan pot di dekat pagar rumah agar tanaman merambat di pagar rumah.

Cara Merawat Bunga Melati Belanda

Tanaman Hias Quisqualis

Setelah anda mengetahui bagaimana menanam bunga melati Belanda anda wajib mengetahui cara merawat bunga melati Belanda anda. Merawat bunga melati Belanda tidak lah sulit. Berikut adalah penjelasan bagaimana merawat tanaman hias bunga melati Belanda anda.

  1. Siram tanaman bunga melati Belanda anda sesekali usahakan setiap hari minimal satu kali penyiraman.
  2. Lakukan pemangkasan tangkai-tangkai bunga melati Belanda anda agar dapat tumbuh dengan rapi. Namun lakukan pemangkasan pada musim kemarau saat tanaman melati Belanda tidak aktif. Tujuan pemangkasan sendiri adalah agar tanaman hias anda tetap indah dan tidak berubah menjadi semak-semak. Lakukan pemangkasan setahun satu kali.
  3. Jangan lupa untuk memberikan pupuk pada permukaan tanah tempat menanam melati Belanda. Tambahkan juga mulsa yang dapat membantu menahan air.

Bunga melati Belanda juga mengandung minyak atsiri seperti minyak jasmine, minyak eterik, linalcohol, livalyl acetate, dan benzilic alkohol. Oleh karena itu selain untuk pengobatan bunga melati Belanda dapat dijadikan bahan parfum. Manfaat tanaman hias quisqualis ini sangat banyak selain dapat menghiasi pekarangan rumah anda juga dapat dijadikan sebagai obat dan pengharum alami.

Tanaman Hias Quisqualis : Karakteristik, Jenis, Tips Menanam Dll (Lengkap)

Leave a Reply