6 Tanaman Porang (Lengkap dengan manfaat, peran, dan budidaya)

Tanaman Porang – Pernahkah Anda mendengar tentang tanaman porang? Tanaman yang satu ini cukup banyak menjadi pembicaraan publik akhir-akhir ini. Masyarakat menganggap porang sebagai tanamam produktif mengingat manfaatnya yang begitu banyak. Tidak heran jika saat ini semakin banyak orang yang mulai membudidayakan tanaman yang satu ini di lingkungannya.

Tak ayal, selain membawa manfaat yang banyak bagi orang lain, tanaman porang ternyata juga memberikan manfaat finansial untuk pembudidayanya. Dan tentu saja jika Anda ingin menjadi salah satu pembudidaya porang maka Anda juga harus sudah mulai memikirkan akan mengolah tanaman ini menjadi produk apa dan bagaimana kegunaannya untuk konsumen.

Apa Sebenarnya Tanaman Porang Itu?

Apa Sebenarnya Tanaman Porang Itu?

Seperti yang sudah dijelaskan secara sekilas di atas bahwa tanaman porang kini menjadi tanaman yang sangat menguntungkan bagi sebagian orang yang dengan cerdas membudidayakannya. Maka tidak afdhol rasanya jika Anda belum lebih dalam mengenal apa itu tanaman porang.

Tanaman porang dalam lingkungan masyarakat pedesaan sering disebut atau dikenal dengan tanaman iles-iles. Tanaman ini masih termasuk dalam jenis tanaman umbi-umbian. Dalam ilmu biologi, tanaman yang disebut porang ini memiliki nama latin Amorphophallus muelleri. Tanaman jenis umbi-umbian yang satu ini kaya akan kandungan glucomannan yang mana memiliki wujud layaknya tepung.

Kandungan glucomannan sendiri merupakan kandungan serat yang dapat larut dalam air. Dengan kandungan ini porang banyak dimanfaatkan untuk membuat lem jelly, bahan dasar tepung, kosmetik, hingga komponen pembuatan pesawat. Luar biasa bukan manfaatnya?

Penanaman tanaman iles-iles atau porang juga terbilang tidak sulit. Tanaman ini bisa hidup diberbagai jenis tanah dengan batasan ketinggian tanah 0 hingga 700 mdpl.

Mengenal Manfaat Porang Dalam Dunia Kesehatan

Tanaman porang yang kini banyak menjadi incaran masyarakat ternyata tidak hanya berpeluang menjadi pundi -pundi milyaran rupiah akan tetapi juga membawa manfaat yang sangat banyak termasuk di dalam dunia kesehatan. Siapa bahwa tanaman berjenis umbi-umbian ini ternyata memiliki peran yang cukup penting dalam dunia kesehatan.

Ingin tahu apa saja manfaatnya di dalam dunia kesehatan? Berikut di bawah ini bisa Anda simak dan Anda catat dengan baik beberapa manfaatnya dalam dunia kesehatan :

1. Mengontrol berat badan

Mengontrol berat badan

Kandungan tepung yang ada di dalam porang dipercaya dapat membuat perut menjadi cepat kenyang. Dengan hanya mengkonsumsi sedikit kadar dari tanaman ini maka porsi makan Anda secara tidak langsung akan berkurang karena rasa kenyang tersebut. Selain itu, kandungan glucomannan yang ada di dalamnya juga sangat membantu untuk proses pembakaran kalori tubuh Anda. Sehingga dapat dikatakan, porang juga bisa menjadi menu diet harian Anda.

2. Mengontrol kadar gula

Mengontrol kadar gula

Selain kandungan serat yang membuat rasa kenyang lebih cepat, porang juga dipercaya dapat mengatasi dan juga melakukan pencegahan terhadap penyakit diabetes yang merupakan penyakit rentan menyerang siapa saja.

3. Mengatasi tekanan darah tinggi

Mengatasi tekanan darah tinggi

Selain dapat mengatasi diabetes, porang juga dapat dipercaya dalam mengatasi tekanan darah tinggi. Dengan mengkonsumsi porang secara rutin setiap hari maka tekanan darah Anda akan terkontrol dengan stabil.

4. Pengontrol kolesterol

Pengontrol kolesterol

Kandungan glucomannan tidak hanya dapat menjadi pengontrol rasa kenyang yang berlebihan saat makan akan tetapi ternyata kandungan ini juga sangat efektif dalam menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh.

Kadar kolesterol memang terbilang tidak mudah untuk dikontrol dengan baik mengingat banyaknya makanan di sekitar Anda yang mungkin secara garis besar dimasak menggunakan minyak. Dengan konsumsi porang secara rutin maka kadar kolesterol dalam tubuh akan terstandar dengan stabil sehingga kolesterol dalam tubuh tidak melewati batas kewajaran.

5. Pencegah Kanker

Pencegah Kanker

Selain diabetes, jenis penyakit yang juga ditakuti oleh banyak orang adalah kanker. Agar tidak terjangkit penyakit mematikan yang satu ini, ada banyak sekali pola hidup sehat yang bisa Anda lakukan sebagai bentuk pencegahan.

Salah satunya adalah dengan menjaga konsumsi Anda. Tanaman porang yang sudah diolah sangat bisa menjadi menu konsumsi Anda yang akan membantu Anda mencegah dari terjangkitnya penyakit kanker. Hal ini tak lain adalah karena kandungan serat dari porang yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

6. Solusi peradangan

Solusi peradangan

Sakit peradangan mungkin terbilang rawan terjadi pada siapapun. Apalagi bagi orang yang belum bisa mengontrol konsumsinya sehari-hari. Porang sebagai tanaman yang diperkaya dengan kandungan KGM (Konjac Glucomannan) ternyata bisa menjadi solusi untuk sakit peradangan. Dengan konsumsi olahan porang secara rutin maka Anda bisa mengatasi peradangan Anda dengan baik.

7. Mengobati sakit sembelit

Mengobati sakit sembelit

Penyakit sembelit selalu dihubungkan dengan kurangnya kandungan serat dalam tubuh. Porang yang diperkaya dengan kandungan serat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang mengalami sakit sembelit. Kandungan serat di dalam porang akan membantu usus dalam mengolah feses sehingga akan lebih mudah untuk dikeluarkan dari dalam tubuh.

8. Sumber Vitamin A dan B

Sumber Vitamin A dan B

Jenis umbi-umbian yang selama ini dikenal memiliki kandungan vitamin A dan B adalah kentang. Menurut sebuah penilitian, ternyata porang yang juga menjadi jenis umbi-umbian mengandung vitamin A dan B yang lebih tinggi dibandingkan dengan kentang.

Manfaat Porang Secara Umum

Pada pembahasan diatas telah dijelaskan sekilas terkait manfaat porang dalam dunia kesehatan. Namun tahukah Anda bahwa selain di dalam dunia kesehatan, porang juga memiliki banyak manfaat secara umum dan diaplikasikan untuk membuat berbagai jenis benda. Hal inilah yang menjadi salah satu kelebihan tanaman porang.

Bagi Anda yang sudah penasaran dengan manfaat porang secara umum maka berikut di bawah ini bisa Anda simak dengan baik beberapa manfaatnya :

1. Sebagai Agar-agar

Sebagai Agar-agar

Kandungan porang memang dikenal dapat larut di dalam air dengan baik. Selain itu porang juga memiliki nilai konsistensi yang mirip atau sama dengan agar-agar. Serat yang dikadungnya juga tidak kalah dari agar-agar. Sehingga tidak jarang orang mengolah porang menjadi agar-agar yang siap dikonsumsi dan tentunya sangat menyehatkan.

2. Lem atau perekat

Lem atau perekat

Kandungan konjac memang dikenal sangat bagus sebagai bahan perekat. Tidak heran jika tanaman porang seringkali dipakai sebagai bahan dasar dalam pembuatan lem atau bahan perekat. Dengan menggunakan lem dari bahan porang Anda juga bisa membantu menjaga kelestarian lingkungan karena sangat ramah lingkungan.

3. Penjernih air

Penjernih air

Selain bermanfaat untuk membuat lem, kandungan glukomannan yang ada di dalam porang ternyata sangat baik untuk penjernih air putih. Penjernih Yang dimaksud di sini adalah untuk air Yang tercampur dengan kandungan gula, bir, serat, dan juga minyak.

4. Sebagai anti penghantar listrik

Sebagai anti penghantar listrik

Bentuk glucomannan yang ada dalam porang memiliki bentukan gel. Gel tersebut ternyata dapat menjadi ganti gel silikon. Sehingga porang sangat tepat sebagai pengganti gel anti penghantar listrik atau dengan kata lain sebagai isolator listrik.

5. Pengental Dalam Ice Cream

Pengental Dalam Ice Cream

Bagi Anda yang hoby mengkonsumsi Ice Cream maka Anda bisa memanfaatkan tanaman porang sebagai bahan dasar dalam membuat kandungan pengental dalam ice cream. Kandungan Konjac yang dimiliki oleh tanaman porang ternyata mampu membuat ice cream jadi lebih tahan leleh. Selain sebagai bahan dasar pengentalnya, Anda juga bisa menggunakannya sebagai sirup perasa.

Ice cream yang Anda buat akan lebih sehat dengan menggunakan bahan alami dari tanaman porang ini.

6. Campuran Bahan Waterproof

Campuran Bahan Waterproof

Sebagai tanaman yang mengandung Glucomannan, porang juga bisa menjadi campuran dalam pembuatan bahan waterproof. Campuran yang dimaksud adalah campuran untuk bahan seperti hidroksida dan gliserin.

7. Pembungkus Obat

Pembungkus Obat

Seperti yang sudah Anda tahu bahwa ada banyak jenis obat-obatan. Ada yang dalam bentuk sirup, kapsul, pil, dan lain sebagainya. Tanaman Porang yang dikenal mengandung KGM bisa dimanfaatkan sebagai pembungkus obat yang nantinya output berupa kapsul. Tentu saja dengan menggunakan bahan pembungkus Porang ini obat akan lebih steril dan menyehatkan.

Peran Tanaman Porang Dalam Metode Diet Shirataki

Peran Tanaman Porang Dalam Metode Diet Shirataki

Pernahkah Anda mendengar metode diet shirataki? Jika Anda merupakan salah satu orang yang ingin menurunkan berat badan Anda maka Anda sangat bisa mencoba metode diet yang satu ini yang mana memanfaatkan tanaman porang sebagai bahan pokok dalam melakukan diet. Sebenarnya nama shirataki merupakan nama yang berasal dari bahasa Jepang.

Di Jepang kini sudah sangat trending dengan adanya nasi yang dinamakan nasi shirataki. Nasi ini terbuat dari bahan dasar porang. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa porang memang memiliki kandungan tepung dan merupakan jenis umbi-umbian. Sehingga tidak menjadi hal yang mengherankan jika bahan porang ini akhirnya dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan nasi shirataki.

Tidak hanya diolah dalam bentuk nasi, porang dalam metode diet shirataki juga dapat diolah menjadi mie. Bagi Anda yang suka makan mie maka sangat tepat bagi Anda untuk memilih konsumsi mie shirataki yang terbuat dari bahan dasar porang menyehatan ini. Hanya saja memang rasanya akan berbeda dengan mie kebanyakan. Namun dijamin mie shirataki lebih layak untuk Anda konsumsi.

Selain menyehatkan, kandungan KGM nya memang dipercaya bisa membuat perut jadi cepat merasa kenyang. Dengan begitu Anda bisa lebih mengontrol porsi makan Anda. Tidak salah lagi bahwa dengan menggunakan metode diet shirataki, selain sangat efisien juga sangat menyehatkan.

Budidaya Tanaman Porang Dan Harga Jualnya

Budidaya Tanaman Porang Dan Harga Jualnya

Seperti yang sudah banyak diketahui orang bahwa karena manfaatnya yang sangat banyak dan harganya yang lumayan mahal, porang kini banyak dibudidayakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Salah satu pusat budidaya tanaman porang yakni di Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Penduduk Desa Klagon dengan cerdasnya mengolah budidaya tanaman porang hingga menghasilkan panen porang yang berlimpah. Kemudian dari hasil panen tersebut dikemas hingga layak untuk diekspor. Penggunaan bahan porang yang diekspor tersebut akhirnya digunakan sebagai bahan kosmetik, pembuatan mie shirataki, bahan dasar lem, bahan dasar makanan agar-agar, dan lain sebagainya.

Hasil panen porang sudah berhasil diekspor ke beberapa negara tetangga salah satunhya adalah ke Jepang dan Tiongkok. Karena merupakan tanaman produktif yang mana memiliki kandungan manfaat sangat beraneka ragam maka hal tersebut mempengaruhi nilai ekonomis dari tanaman porang itu sendiri. hal ini terbukti dengan tidam murahnya tarif harga untuk hasil panen porang.

Sebagai acuan pengetahuan kisaran harga dari hasil panen porang yang masih dalam bentuk basah atau istilahnya belum diolah dan dikemas adalah berkisar Rp4.500 per kilogram. Sedangkan kisaran harga untuk hasil panen porang yang sudahdalam bentuk kering atau istilahnya sudah dikemas dengan baik adalah Rp35.000 per-kilogram. Cukup mahal bukan? Ini belum terhitung kenaikan harga pada saat-saat tertentu.

Adanya Budidaya yang sampai saat ini masih berlangsung di Desa Klagon adalah tak lain karena rasa ketertarikan masyarakat setempat akan tanaman sejenis porang ini. Hingga saat ini sudah sekitar 400 hektar lahan yang ada di Desa Klagon tepatnya di kawasan hutan jati yang telah dijadikan kebun tanaman porang.

Tak berhenti di situ, penduduk tersebut juga membentuk sebuah lembaga khusus yakni Lembaga Masyarakat Desa Hutan. Semua penduduk yang ikut berkontribusi dalam lembaga tersebut bekerja dengan tekun dalam mengolah tanaman iles-iles alias porang untuk menghasilkan panen yang bagus. Alhasil penduduk dari lembaga pengolah porang tersebut kini bisa merasakan keberhasilan panen porang dengan baik.

Cara penduduk dalam mengolah porang sebelum akhirnya diekspor ke Negara sekitar adalah dengan cara mengiris buah porang yang berbentuk bulat namun tidak beraturan menjadi bentuk yang lebih tipis layaknya akan membuat kripik. Setelah proses pengirisan tersebut, buah porang dikeringkan di bawah sinar terik matahari secara langsung hingga berhari-hari.

Kemudian irisan porang yang sudah sangat mengering tersebut dijual sesuai dengan porsinya. Dan pada akhirnya buah porang pun bisa diolah menjadi tepung yang mana akan menjadi bahan dasar pembuatan makanan seperti nasi dan mie. Sedangkan untuk porang basah, petani atau pengolah tanaman porang tidak perlu mengeringkan buah porang dan langsung menjualnya dengan harga yang sesuai.

Efek Samping Dari Konsumsi Porang

Efek Samping Dari Konsumsi Porang

Tanaman porang atau makanan yang terbuat dari bahan dasar porang memang sangat baik untuk tubuh. Apalagi seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa manfaat porang memang sangat banyak dalam ilmu kesehatan. Namun karena merupakan bahan alami maka tidak menutup kemungkinan bahwa bahan dasar porang ini akan menimbulkan efek samping pada orang yang mengkonsumsinya.

Efek samping yang timbul tersebut juga biasanya tidak pasti timbul pada setiap orang yang mengkonsumsinya. Bergantung pada ketahan dan kecocokan tubuh dalam menerima bahan porang tersebut. Namun efek samping yang dihasilkan secara umum bukan efek samping yang berat. Sehingga tidak menimbulkan bahaya yang berkelanjutan.

Efek sampingnya juga bisa diatasi dengan mudah dan bisa berkurang sesuai dengan kadar seringnya Anda dalam mengkonsumsi bahan Pprang. Efek samping tersebut juga tentunya akan bereaksi pada keadaan tubuh tertentu. Beberapa efek samping yang kemungkinan akan muncul pada tubuh yang belum bisa menerima kandungan porang dengan baik adalah seperti diare, mual, sakit perut ringan, dan kembung.

Dengan berbagai macam manfaat yang dimiliki oleh tanaman porang baik dalam segi ekonomi, kesehatan, maupun umum maka telah membuktikan bahwa tanaman produktif yang satu ini memang sangat layak untuk dibudidayakan bahkan dijadikan konsumsi. Keberadaannya tidak akan memberikan dampak merugikan bagi siapapun. Bagi pembudidayanya maka bisa mengambil untung dengan penjualan porang.

Bagi orang mengkonsumsinya juga bisa mendapatkan manfaat yang menyehatkan dan terhindar dari berbagai penyakit tertentu. Hidup jadi lebih sehat dengan konsumsi rutin porang. Ekonomi pun jadi lebih terjamin dengan kegiatan budidaya menguntungkan tanaman porang.

6 Tanaman Porang (Lengkap dengan manfaat, peran, dan budidaya)

Add Comment