6 Tanaman Gelombang Cinta (Manfaat, jenis, dan cara menanam)

Tanaman Gelombang Cinta – Bukan untuk menggombal pasangan atau hanya ingin trending, tanaman ini memang bernama gelombang cinta. Sesuai dengan namanya, tanaman gelombang cinta ini terbilang sangat unik dan menarik. Dilihat dari model daunnya yang melebar dan membentuk hati. Oleh karena itu banyak sekali peminat dari tanaman ini.

Gelombang cinta sempat menjadi tanaman yang paling hits pada tahun 2005 silam. Hingga saat ini, peminat gelombang cinta juga sangat banyak. Tidak hanya sebagai koleksi, tanaman ini juga memiliki berbagai macam manfaat yang dapat Anda gunakan. Sebelum itu, simak penjelasan tentang gelombang cinta secara detail yuk!

Mengenal Lebih Dalam tentang Gelombang Cinta

Mengenal Lebih Dalam tentang Gelombang Cinta

Gelombang Cinta merupakan salah satu tanaman hias yang hidup di wilayah tropis. Gelombang cinta atau yang memiliki nama ilmiah Anthurium atau Adenium ini memiliki daya tarik yang tinggi. Selain memiliki bentuk daun yang indah, bunga yang terdapat pada tanaman gelombang cinta ini berasal dari Indonesia. Sedangkan bunga potongnya berasal dari Eropa.

Tanaman ini tergolong dalam keluarga Araceae yang memiliki jenis yang banyak, yaitu tergolong dalam 1000 anggota marga. Jenis tanaman ini juga menjadi salah satu tanaman yang diburu dan biasanya dipajang untuk menghias istana karena bentuk dan warnanya yang indah.

Manfaat Gelombang Cinta

Tanaman gelombang cinta juga memiliki beragam manfaat yang dapat Anda gunakan. Pada dasarnya memelihara tanaman dapat menjadi hobi maupun ingin memaksimalkan pemanfaatannya. Adapun manfaat dari gelombang cinta akan dijabarkan secara lengkap di bawah ini.

1. Hiasan

Hiasan

Tanaman tidak hanya memberikan energi positif bagi Anda, namun juga memberikan daya tarik untuk mempercantik ruangan. Tidak hanya di dalam ruangan, Anda juga bisa menggunakan tanaman gelombang cinta sebagai penghias. Gelombang cinta memiliki bentuk dan warna yang unik, sehingga sangat bagus dijadikan sebagai penghias ruangan.

Gelombang cinta dapat dijadikan sebagai penghias di dalam maupun di luar ruangan. Dengan tampilan yang menarik, tanaman ini dapat memberikan suasana yang lebih cerah dan tentunya semakin indah. Salah satu hal yang dapat Anda manfaatkan dari gelombang cinta adalah melalui tampilannya yang dapat digunakan sebagai hiasan.

2. Memberikan kesegaran

Memberikan kesegaran

Tanaman memang memiliki energi yang dapat menyegarkan ruangan. Tidak hanya digunakan sebagai hiasan, tanaman gelombang cinta juga memiliki kandungan O2 yang dapat menyejukkan ruangan. Setiap rumah pasti memiliki tipe yang berbeda, terdapat rumah yang memiliki ventilasi udara yang banyak dan yang tidak. Biasanya rumah yang memiliki ventilasi sedikit memiliki suasana rumah yang panas.

Tanaman gelombang cinta dapat dijadikan salah satu alternatif di rumah Anda untuk menyejukkan ruangan. Proses fotosintesis yang dihasilkan oleh tanaman ini menghasilkan udara yang sejuk dan dapat digunakan sebagai pendingin ruangan alami. Selain itu, tanaman ini juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi udara yang sulit dijangkau di dalam ruangan Anda.

3. Penghibur lara

Penghibur lara

Melakukan aktivitas sehari-hari diiringi dengan berbagai permasalahan yang dihadapi membuat Anda stress. Banyak orang yang memiliki ciri-ciri stress namun tidak mengakuinya. Hal ini dapat dilihat dari seberapa buruk kondisi orang yang mengalami stress tersebut. Salah satu solusinya adalah merawat tanaman gelombang cinta di rumah. Selain memiliki manfaat fisik, tanaman ini juga memberikan manfaat di bidang psikologis.

Warna hijau yang dimiliki oleh gelombang cinta ini sangat segar dipandang. Terlebih ketika Anda mengalami stress atau banyak pikiran yang menyebabkan penat. Selain memberikan oksigen untuk memberikan asupan tambahan kepada Anda, tanaman ini juga memiliki bentuk yang sedap dipandang. Dalam hal ini Anda tidak perlu melampiaskan stress dalma hal negatif.

4. Mengisi waktu luang

Mengisi waktu luang

Menanam merupakan salah satu hobi yang terkadang bisa memberikan kegiatan positif pada Anda. Pada dasarnya melakukan suatu hal yang menyenangkan bagi diri tentu akan memberikan hasil yang terbaik. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan gelombang cinta sebagai salah satu tanaman yang dirawat berdasarkan waktu luang.

Selain memberikan dampak positif dari segi eksternal, Anda juga dapat mendapat energi positif dari internal. Ketika melakukan perawatan terhadap gelombang cinta, pasti Anda memiliki rasa aman dan nyaman ketika merawatnya dengan baik. Selain itu, setiap makhluk hidup yang mendapatkan perawatan tentu akan memberikan manfaat yang berlebih pada pemiliknya.

Jenis Tanaman Gelombang Cinta

Pada dasarnya jenis dari gelombang cinta dibedakan berdasarkan bentuk yang dapat memberikan style yang berbeda. Daya tarik yang dimiliki oleh masing-masing jenis dari tanaman ini juga memiliki variasi yang tentunya memiliki peminat yang berbeda. Penjelasan tentang jenis tanaman gelombang cinta akan dijelaskan secara detail di bawah ini.

Anthurium crystallinum

Anthurium crystallinum

Jenis gelombang cinta ini berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah dan tumbuh di hutan Margin. Ciri dari jenis tanaman gelombang cinta yang satu ini memiliki bentuk daun yang oval dan memiliki urat putih. Selain itu bunga pada tanaman ini juga memiliki warna senada yang pucat serta tergolong dalam warna spathes hijau. Tanaman ini juga memiliki daya tahan tinggi yang tumbuh dalam suhu 16֯C.

Anthurium superbum

Anthurium superbum

Jenis anthurium superbum ini tergolong dalam gelombang cinta yang berasal dari hutan dan memiliki jenis cuaca yang tropis dan subtropis. Sayangnya, gelombang cinta dengan jenis superbum ini dibudidayakan dan diperjualbelikan di wilayah lain. Sehingga tidak pernah ditemukan lagi di habitat aslinya. Jika ingin melihat jenis tanaman ini Anda harus membutuhkan tenaga ekstra untuk mencarinya.

Anthurium jemani

Anthurium jemani

Tanaman jenis ini memiliki tipe pertumbuhan yang sangat lama sehingga tergolong lambat. Adapun ciri dari gelombang cinta jemani ini adalah bunga yang terlihat kokoh dan bergerombol dibandingkan jenis gelombang cinta yang lainnya. Tanaman ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki tipe kepribadian yang keras dan memiliki pendirian yang kuat.

Anthurium corong

Anthurium corong

Tidak hanya asal memberi nama, tanaman gelombang cinta jenis ini memang memiliki daun yang berbentuk seperti corong. Terdapat beberapa masyarakat yang menggunakan nama corong bibir merah pada jenis ini. Daun pada jenis gelombang cinta ini memiliki ciri daun yang melekuk ke bawah dan membentuk seperti corong pada tahap awal penanaman. Saat dewasa, tanaman ini memiliki gelombang di bagian tepinya.

Anthurium hookeri

Anthurium hookeri

Jenis gelombang cinta yang satu ini dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Hal ini karena ciri khas yang melekat pada bagian tubuh yang berwarna hijau kehitaman sehingga memiliki keunikan dibandingkan jenis tanaman gelombang cinta yang lainnya. Warna unik ini hanya bisa didapatkan ketika daun telah berusia remaja yaitu memiliki daun sejumlah 12.

Anthurium keris

Anthurium keris

Sesuai namanya, tanaman ini disebut keris karena memiliki bentuk yang menyerupainya. Dengan daun yang berbentuk panjang dan menyerupai keris, Anda juga dapat memilih jenis berdasarkan warna. Adapun warna yang dibedakan disini adalah berwarna hitam, tangkai merah, dan keris merah. Sangat unik, bukan?

Anthurium bintang kejora

Anthurium bintang kejora

Terakhir adalah jenis anthurium bintang kejora yang sama-sama dibanderol mahal senada dengan hookeri. Jenis tanaman ini juga memiliki peminat yang paling banyak. Dicirikan dengan daun yang berwarna gelap diiringi tangkai dengan warna senada, membuat tanaman gelombang cinta ini semakin indah.

Meskipun tergolong mahal, cara mengembangbiakkan bunga ini sangat mudah. Sehingga Anda tidak perlu membeli namun bisa membuatnya sendiri. Meski begitu, banyak kolektor gelombang cinta yang menggunakan jenis tanaman ini sebagai salah satu tanaman yang disukai oleh masyarakat.

 

Cara Tanam Gelombang Cinta

Cara Tanam Gelombang Cinta

Gelombang cinta sebagai salah satu tanaman hias tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengoleksi tanaman. Tentu Anda ingin memiliki tanaman gelombang cinta dipelihara dirumah, bukan? Salah satu cara yang digunakan untuk memperbanyak tanaman ini adalah menggunakan split anthurium.

Cara ini digunakan pada saat tanaman gelombang cinta masih berusia muda, disini Anda dapat memisahkan umbi bonggol untuk bertumbuhnya tunas dan akar. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Anthurium yang tumbuh dalam jumlah jamak.

Sedangkan pada tanaman yang berusia dewasa, teknik split yang digunakan dilakukan dengan memotong bonggol menjadi beberapa bagian yang terdapat tunas pada bonggol. Hal ini akan menciptakan tunas anakan yang dapat tumbuh dan berkembang.

Cara ini digunakan agar dapat mempercepat bertumbuhnya tanaman gelombang cinta dibandingkan menanam menggunakan biji. Sedangkan kelemahan dari cara split ini sendiri adalah adanya kesulitan untuk menumbuhkan gelombang cinta dengan bentuk yang proporsional. Kelemahan ini dapat diatasi dengan proses penyinaran matahari yang meraya dan tentunya perawatan yang baik.

Pada dasarnya cara menanam yang baik harus disertai dengan proses penyerbukan dan pemberian nutrisi yang memadai. Dalam hal ini, Anda tidak perlu melihat perbedaan antara indukan menggunakan biji ataupun menggunakan cara split. Perolehan jumlah biji dari tongkol dapat dihasilkan berdasarkan cara menanam yang baik. sehingga perbedaannya tidak terlalu jauh.

Proses Pembiakan Gelombang Cinta Secara Split

Proses Pembiakan Gelombang Cinta Secara Split

Jika Anda menginginkan pembiakan dengan cara split, pastikan untuk menggunakan cara yang sesuai untuk memperoleh hasil yang maksimal. Tentunya terdapat beberapa proses yang harus Anda lakukan dalam pembiakan tanaman gelombang cinta ini. Ingin tahu apa saja? Simak penjelasan di bawah ini.

  • Ketika dilakukan pemisahan atau pemotongan bonggol, pastikan tanaman berada dalam kondisi sehat. Sehat dalam arti tidak kurang nutrisi dan terganggu oleh hama. Jika tanaman yang akan di split jamuran, pastikan untuk memulihkannya terlebih dahulu sampai sehat.
  • Kemudian letakkan tanaman yang sudah di split pada tempat yang teduh dan sejuk yang bebas dari sinar matahari. Pastikan untuk menjaga tanaman ini berada di tempat yang teduh hingga tumbuh tunas.
  • Pastikan untuk menggunakan pisau yang bersih dan tajam dalam proses pembiakan secara split ini
  • Pastikan media tanam lembab namun tidak terlalu basah, Anda juga dapat menggunakan pasir sebagai alat untuk menjaga tanaman tetap lembab
  • Anda dapat memberikan obat anti jamur pada luka potongan, sehingga dapat menghindari kontaminasi jamur
  • Jika telah tumbuh tunas, tunggu sampai muncul daun maksimal 3, kemudian barulah dipisahkan. hal ini akan memberikan keseimbangan pada tunas baru Anda
  • Terdapat beberapa kasus yaitu tumbuhnya tunas masih tidak seimbang, dimana ketika dipisahkan tunas baru tidak tumbuh, sedangkan tunas yang lain telah besar. Anda dapat memisahkan dengan menyisakan akar yang lebih banyak untuk bagian tanaman yang pertumbuhannya terhenti
  • Pastikan untuk memberikan nutrisi perangsang agar akar dan tunas dapat tumbuh dalam dosis yang benar-benar bagus.

Cara Merawat Tanaman Gelombang Cinta

Pada dasarnya merawat tanaman memang gampang-gampang susah, terutama merawat tanaman gelombang cinta yang banyak orang bilang sangat gampang. Meski begitu, Anda tidak boleh meremehkan cara perawatan tanaman ini dibanding tanaman yang lain, ya? Adapun cara merawat gelombang cinta yang baik dan benar akan dijelaskan di bawah ini.

Peletakan tanaman

Peletakan tanaman

Menanam gelombang cinta biasanya dilakukan dirumah, bukan? Jika Anda ingin merawat tanaman ini, pastikan untuk meletakkannya di tempat yang semi teduh. Anda dapat meletakkan tanaman ini di dalam maupun di luar rumah. Pastikan untuk memberikan tempat terbaik dari segi cahaya maupun suhu agar pertumbuhan fisik pada tanaman ini tidak terganggu.

Jika ditaruh di dalalm rumah, pastikan untuk diletakkan di dekat jendela agar terkena cahaya matahari dan keluarkan dalam waktu 3 kali 1 hari. Anda juga dapat memberikan waktu pada tanaman selama 1 hari untuk merasakan kesejukan suasana di luar sambil terkena cahaya matahari yang dapat membantu pertumbuhan.

Penyiraman tanaman

Penyiraman tanaman

Setelah ditanam, pastikan untuk menyirami tanaman agar tetap tumbuh sehat. Cara menyiram tanaman gelombang cinta harus dilakukan dengan memberikan kelembapan saja. Anda dapat menyiram di pagi hari sebelum jam 10.00 atau dapat dilakukan sore hari setelah jam 17.00. Hal ini dilakukan pada waktu tersebut menghindari penguapan.

Anda juga dapat menyiram tanaman gelombang cinta sekitar maksimal 3 kali dalam 1 hari pada musim kemarau dan ketika suhu terasa semakin tinggi. Namun jika tanaman Anda masih basah, tidak perlu dilakukan pentiraman agar tidak menyebabkan penyakit yang dapat berakhir dengan kebusukan.

Pemupukan

Pemupukan

Pupuk dasar yang digunakan untuk gelombang cinta adalah NPK. Tanaman ini biasanya digunakan dalam 6 bulan 1 kali saja. Cara penggunaannya adalah dengan penyebaran di tanaman yang mengikuti petunjuk yang tertera di kemasan. Jenis pupuk yang diberikan pada gelombang cinta ini juga berdasarkan fase pertumbuhan dan penyesuaian keadaan.

Anda juga dapat menggunakan pupuk kandang yang dilakukan setiap 1 tahun sekali. Hal ini dapat Anda gunakan dengan menyemprotkan dan menambahkan pupuk majemuk. Pupuk majemuk ini merupakan kandungan pupuk yang tidak hanya NPK namun terdapat unsur yang lain yang bagus untuk pertumbuhan tanaman gelombang cinta.

Perawatan

Perawatan

Tujuan dilakukannya perawatan adalah agar tanaman Anda tetap mengkilat dan tentunya bersih. Meskipun berada di dalam maupun di luar rumah, Anda juga dapat menghindari kotoran masuk dalam gelombang cinta kesayangan Anda lho. Perawatan yang dapat dilakukan adalah dengan mengelap menggunakan tisu basah atau kain agar kebersihan daun tetap terjaga.

Terkadang ketika memberikan sentuhan pada gelombang cinta, Anda pasti khawatir jika menyobeknya, bukan? Disini Anda dapat menempatkan tanaman gelombang cinta di tempat yang terkena matahari secara langsung sehingga dapat memperkuat tanaman.

Sanitasi

Sanitasi

Sanitasi atau kebersihan lingkungan baik tanaman maupun alat kerja yang digunakan sangat penting. Hal ini dapat mempengaruhi sehat atau tidaknya tanaman yang ditanam karena kebersihan dapat menjaga kesehatan tanaman. Sedangkan sebaliknya, kotoran dapat memicu penyakit yang dapat berdampak buruk pada tanaman. Sehingga dalam hal ini media tanam harus bersih dari kuman.

Penjelasan tentang tanaman gelombang cinta di atas dapat menjadi inspirasi bagi Anda untuk merawat tanaman dirumah. Tidak hanya sekedar hobi, Anda dapat memanfaatkan tanaman hias ini dalam kehidupan sehari-hari. Pastikan untuk merawat dengan baik dirumah ya! Semoga berhasil!

6 Tanaman Gelombang Cinta (Manfaat, jenis, dan cara menanam)

Add Comment