4 Cara Menanam Bunga Mawar (Lengkap beserta gambar dan deskripsi)

Cara Menanam Bunga Mawar – Bunga mawar memiliki nama latin Rose canina ini memang sangat digemari oleh banyak orang. Selain warna merahnya yang melambangkan cinta, ada beberapa warna menarik lainnya. Namun untuk mendapatkan keindahan tersebut pasti Anda harus melakukan cara menanan bunga mawar dengan baik dan benar.

Jika Anda menanamnya dengan benar maka hasil yang Anda peroleh juga akan menumbuhkan bunga yang cantik dan enak dilihat sehingga bisa Anda berikan kepada orang tersayang. Bahkan sangat romantis jika Anda memberikannya dari hasil menanam sendiri.

Cara Menanam Bunga Mawar Dengan Benar

Gunakan teknik menanam bunga mawar dengan tepat agar mawar Anda tumbuh dengan sempurna, berikut beberapa tahapannya.

1. Memilih Bibit Bunga Mawar yang Bagus

Memilih Bibit Bunga Mawar yang Bagus

Ini adalah langkah yang pertama yaitu dengan memilih bibit dengan kualitas yang bagus. Bibit bunga mawar bisa Anda dapatkan dengan biji (generatif) atau dengan setek (vegetatif). Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda namun harus tetap memilih bibit dengan kualitas yang baik.

Bibit dengan kualitas yang baik adalah jika bibit didapatkan dari biji maka Anda harus memilih biji yang sudah berkecambah dan sudah siap untuk ditanam. Sedangkan jika Anda mendapatkan bibit dari cara setek maka Anda harus mencari indukan bunga mawar yang sehat, berbunga, dan bebas dari hama serta serangga.

2. Membuat Media Tanam yang Sesuai

Membuat Media Tanam yang Sesuai

Untuk menghasilkan bunga mawar yang bagus dan indah, Anda memerluka sebuah media tanam yang subur, kaya akan bahan organik, dan juga gembur. Jika Anda menanam mawar di lahan besar maka lahan tersebut harus dibuat bedengan-bedengan. Lahan tersebut harus ditaburi dengan kompos atau pupuk.

Sedangkan jika Anda ingin menanam mawar di pot maka Anda harus memilih pot yang berasal dari tembikar, semen, atau tanah liat. Pot tersebut harus Anda isi dengan tanah yang dicampur dengan pupuk kandang, dan juga pasir. Perbandingan untuk isian pot tersebut adalah 1 : 1 : ¼ secara berurutan. Untuk dasar pot berikan pecahan batu agar dapat menyerap kelebihan air.

3. Cara Menanam Bunga Mawar

Cara Menanam Bunga Mawar

Tanamlah bunga mawar Anda di pagi hari agar mendapatkan sinar matahari yang tidak terlalu terik. Pada dasarnya bunga mawar dapat berkembang dengan baik pada suhu 18 – 26 derajat celcius dengan tingkat kelembaban udara 70 – 80 %. Berikut cara tanam bunga mawar di dalam pot yang baik.

Alat dan Bahan yang dibutuhkan:

  • Bibit bunga mawar yang berasal dari setek batang
  • Pot bunga
  • Media tanam seperti tanah, pupuk kandang, dan juga kompos sesuai dengan aturan
  • Hormon penumbuh akar (opsional)
  • Satu wadah air
  • Gunting khusus tanaman
  • Ranting pohon atau kayu panjang

Langkah-langkah cara menanam mawar:

  • Bibit bunga mawar yang berasal dari setek harus Anda pastikan sepanjang 15 hingga 20 cm. Jika masih terlalu panjang maka Anda bisa mengguntingnya hingga sesuai dengan ukuran.
  • Bibit batang tersebut bisa Anda masukkan ke dalam air dalam wadah agar masih tetap segar hingga saatnya proses penanaman.
  • Media tanam yang sudah Anda pilih harus dilubangi dengan ranting pohon atau kayu yang sudah disiapkan tujuannya adalah agar dapat menancapkan bibit setek mawar dengan baik dan mengurangi penyerapan oleh akar mawar dan menghindari pembusukan akibat terlalu banyak air.
  • Setelah itu, tancapkan batang mawar yang sudah Anda setek. Pastikan daun yang terdapat pada bagian bawah batang sudah Anda bersihkan agar tidak mengganggu proses penanaman bunga mawar.
  • Tambahkan hormon penumbuh akar agar mawar Anda tumbuh dengan sangat baik pada bagian dasarnya.
  • Setelah itu, penuhi pot Anda dengan media tanam agar bagian bawah tertutup sempurna dan bunga mawar memiliki akar dan berbunga.
  • Semprotkan air pada batang mawar yang baru saja selesai Anda tanam untuk memberikan nutrisi zat hara.

Tumbuhan mawar yang sudah selesai Anda tanam harus dirawat dan dijaga dengan baik untuk menumbuhkan bunga mawar yang cantik.

4. Pemeliharaan Tanaman Bunga Mawar

Pemeliharaan Tanaman Bunga Mawar

Bunga mawar yang sudah Anda tanam harus rutin Anda siram pada pagi dan sore hari agar tidak terjadi dehidrasi. Namun, berikan air secukupnya agar tidak terjadi pembusukan atau layu. Untuk menghindari hama dan bakteri maka pada 2 minggu sekali Anda bisa mencampurkan larutan asam bensoat pada air siraman yang biasa Anda gunakan.

Selain itu, lakukan pemupukan secara rutin agar nutrisinya terpenuhi. Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan cara mengganti media tanam bunga mawar Anda. Potonglha akar mawar setiap 1 hingga 2 tahun sekali agar bunga mawar tetap bisa tumbuh subur.

Dengan cara menanam bunga mawar yang mudah, Anda bisa mempraktekkannya dan mendapatkan bunga mawar yang cantik. Lakukan beberapa tahapan dengan sistematis dan jangan melewatkan tips yang telah diberikan untuk tanaman mawar. Pasti Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan dan tidak mengecewakan, selamat bercocok tanam.

4 Cara Menanam Bunga Mawar (Lengkap beserta gambar dan deskripsi)

Add Comment