6 Cara Menanam Anggrek di Pot (Lengkap dengan gambar dan tahapan)

Cara Menanam Anggrek di Pot – Bunga anggrek dengan pot yang bagus adalah perpaduan yang sesuai untuk menghiasi kebun atau halaman rumah. Anda membutuhkan cara menanam anggrek di pot yang tepat agar tumbuhan kesayangan Anda bisa tumbuh dengan baik.

Meskipun banyak tempat yang bisa digunakan untuk menanam anggrek, namun pot adalah salah satu yang paling tepat. Anda bisa menggunakan pot yang sangat mewah atau sederhana tinggal menyesuaikan dengan desain rumah atau kebun Anda. Untuk menanam bunga anggrek di dalam pot dengan benar maka ikuti langkah-langkah di bawah.

Tahapan Cara Menanam Anggrek di Pot

1. Memilih Pot yang Tepat dan Sesuai

Memilih Pot yang Tepat dan Sesuai

Menanam anggrek dengan pot merupakan pilihan yang paling tepat. Namun alangkah baiknya Anda menggunakan pot yang sesuai dengan tanaman anggrek. Pot dengan bahan tanah liat dengan dinding yang memilki lubang-lubang kecil dengan diameter 2 cm cocok untuk bunga Anggrek Anda.

Lubang-lubang kecil tersebut berfungsi sebagai tempat sirkulasi udara dan memudahkan proses drainase tanaman Anggrek. Selain itu, pot dengan bahan tanah liat akan membantu proses penyerapan air karena bunga Anggrek tidak membutuhkan banyak air dan untuk menjaga akarnya agar tidak cepat membusuk.

2. Gunakan Tiang Penahan Batang

Gunakan Tiang Penahan Batang

Tanaman anggrek merupakan tanaman yang menjalar sehingga Anda harus menyiapkan tiang untuk pertumbuhan Anggrek Anda. Selain untuk media pertumbuhan, tiang ini juga akan memberikan bentuk tanaman anggrek yang indah sesuai dengan yang Anda inginkan.

Tiang yang paling tepat adalah tiang dengan bahan kawat karena kuat dan tahan lama. Buatlah tiang penahan dengan diameter 2-4 mm. Tiang penahan ini nantinya bisa Anda lepas apabila anggrek Anda sudah bisa hidup kuat dalam pot.

3. Menyiapkan Media Tanam Anggrek

Menyiapkan Media Tanam Anggrek

Sangat banyak media tanam yang bisa digunakan untuk menjadi media tanam anggrek. Beberapa alternatif media tanam yang bisa Anda gunakan adalah sabut kelapa, batu bata atau batang, atau bahkan arang kayu.

Pilihlah media tanam yang bisa dengan baik menyerap air agar dapat membantu mengurangi air yang diserap oleh akar anggrek. Akar anggrek yang terlalu banyak menyerap air akan membuat cepat membusuk.

4. Pilihlah Bibit yang Bagus untuk Ditanam

Pilihlah Bibit yang Bagus untuk Ditanam

Saat Anda ingin menanam anggrek di pot maka Anda harus menyiapkan bibit yang mana yang akan Anda letakkan di pot dan Anda rawat nantinya. Anda bisa memilih bibit dengan tinggi sekitar 30 – 50 cm agar mudah untuk ditata.

Selain itu, bibit yang baik adalah bibit yang sehat tanpa adanya bagian yang busuk atau layu. Bibit ini nantinya akan berkembang dan berbunga jadi bibit yang bagus adalah yang cocok untuk di tanam.

5. Cara Menanam Anggrek di Pot yang Tepat

Jika semua yang dibutuhkan sebelum penanaman anggrek di pot sudah siap maka lakukan tahapan-tahapannya, yaitu.

  • Pilihlah pot yang sesuai dengan keinginan Anda. Pastikan pot tersebut cocok untuk ruangan atau taman Anda.
  • Pasanglah penahan tiang hingga menyentuh pada dasar pot.
  • Masukkan media tanam pada pot yang telah diatur bersama penahan tiang.
  • Setelah selesai, letakkan bibit anggrek Anda yang sudah disiapkan untuk masuk ke dalam pot.
  • Atur akar bibit agar dapat menyebar rata ke semua bagian pot. Hal tersebut dilakukan agar pertumbuhan anggrek dapat bagus dan maksimal.
  • Setelah tertata dengan baik maka ikat batang anggrek pada tiang penahan. Jangan terlalu kuat dan jangan terlalu kendor agar anggrek dapat berkembang dengan baik.
  • Letakkan tanaman anggrek Anda di tempat dengan angel yang bagus sehingga dapat mempercantik rumah atau dekorasi Anda.

6. Merawat Tanaman Anggrek di Pot

Merawat Tanaman Anggrek di Pot

Merawat anggrek dalam pot tidak begitu menyusahkan, Anda hanya perlu mengetahui bagaimana kebutuhan tanaman bunga anggrek Anda. Pada dasarnya, tanaman anggrek harus diletakkan di tempat yang teduh untuk menghindari sinar matahari dan air hujan secara langsung. Hal tersebut dilakukan untuk melindungi tanaman Anggrek agar tidak gosong atau bahkan membusuk.

Untuk perawatannya lainnya, Anda harus menyiramnya secara rutin dengan air yang cukup. Untuk penyiraman anggrek, Anda perlu mengetahui jenis anggrek tersebut. Untuk anggrek dengan batang tunggal harus disiram sebanyak 2-3 sehari, sedangkan untuk anggrek anggrek berumpun cukup 1-2 kali sehari.

Pemupukan anggrek yang Anda lakukan dapat membuat anggrek tumbuh dengan baik dan menghasilkan bunga yang cantik. Jika anggrek Anda masih muda maka perlu dipupuk dengan pupuk yang kaya nitrogen sedangkan untuk anggrek yang akan berbunga membutuhkan pupuk yang kaya akan fosfor. Pemupukan bisa Anda lakukan pada saat pagi atau sore hari untuk Anggrek Anda.

Jika Anda telah mengikuti beberapa tahapan cara menanam anggrek di pot dengan seksama dan sistematis, maka bisa dipastikan tanaman anggrek Anda akan berbunga indah. Bunga tersebut bisa Anda gunakan sebagai penghias ruangan rumah atau bahkan kebun Anda. Bunga anggrek tersebut bisa membuat Anda senang dan gembira karena bunganya yang sangat indah.

6 Cara Menanam Anggrek di Pot (Lengkap dengan gambar dan tahapan)

Leave a Reply