14 Tanaman Hias Vinca Raup Untung Ratusan Juta

Tanaman Hias Vinca – Bagi Anda yang menyukai kegiatan gardening baik dalam skala besar maupun skala kecil seperti taman pekarangan. Pasti tidak asing dengan tanaman hias Vinca sebagai salah satu bunga yang terbilang tumbuh sangat baik di Indonesia. Tanaman Vinca sering disebut juga sebagai Tapak Dara yang memiliki daun berwarna hijau dan bunga indah dengan warna-warni kelopak khasnya.

Tanaman ini sangat cocok diletakkan pada media pot dan menjadi penghuni taman vertikal sehingga bunga Vinca akan menggantung. Ya, pada musim berbunga tanaman ini akan memiliki banyak bunga. Terjadi kombinasi yang baik antara daun berwarna hijau dan bunga berwarna-warni. Saat ini tanaman Vinca atau tapak dara sudah beradaptasi dan dibudidayakan secara luas di Indonesia.

Apa Itu Tanaman Hias Vinca?

Apa Itu Tanaman Hias Vinca

Tanaman hias Vinca merupakan tanaman berbunga yang berasal dari keluarga atau genus Cartharanthus dan Apocynaceae. Kemudian tanaman ini juga memiliki nama yang bersifat global yaitu Madagaskar Periwinkle. Vinca bisa bertahan hidup dan tumbuh dengan baik pada beragam iklim cuaca yang panas, dataran kering dan kawasan berpasir sekalipun.

Tidak bisa dipungkiri bahwa Vinca bisa ditemukan di berbagai belahan dunia. Karena bukan hanya sebagai tanaman yang cantik namun bisa bertahan dalam beragam musim. Terutama musim panas yang lebih mendominasi pada suatu wilayah. Maka wilayah Indonesia menjadi salah satu lokasi nyaman untuk dijadikan tempat tinggal tanaman Vinca dan bertahan hidup.

Secara umum Vinca memiliki ukuran dan tinggi mulai dari 8 hingga 10 inci. Pada umumnya tidak bertumbuh ke bagian atas namun merambat dan menyebar hingga sepanjang 2 kaki. Sehingga tanaman ini cocok digunakan untuk pot gantung atau dirambat pada dinding, baik tembok bangunan dan dinding kerangka buatan. Supaya mampu mempercantik desain rumah atau dinding Anda.

Vinca juga sangat baik ketika dapat memperoleh sinar matahari secara penuh setiap hari. Kemudian akan tetap berada pada kondisi yang stabil meskipun berada dalam kondisi teduh dan malam hari. Dengan demikian Vinca menjadi rekomendasi yang tepat untuk dipelihara, menghiasi taman di rumah atau kawasan perkantoran dan jenis usaha lainnya.

Bunga Vinca akan mekar pada awal musim panas pertama hingga tiba masa embun beku atau awal musim dingin. Kemudian setiap bunga yang dihasilkan biasanya memiliki 5 kelopak yang saling bersentuhan atau tumpang tindih satu sama lain. Sedangkan daun Vinca memiliki karakteristik seperti permukaan yang cenderung sedikit kasar dengan warna hijau tua, hijau berwarna pekat dan tegas.

Tanaman Vinca menjadi tanaman yang bisa Anda pilih untuk menjadi pengisi titik cerah atau spotlight dari sudut rumah. Sehingga taman tersebut bisa menghasilkan gradasi warna yang baik dan tidak saling bertumpuk satu sama lain. Kemudian perawatan yang diperlukan untuk menjaga Vinca tetap hidup juga cenderung lebih mudah dan bisa diletakkan pada beragam media atau pot tertentu.

Secara garis besar, tanaman hias Vinca memiliki 2 varietas dalam kelas tertentu, di antaranya:

  1. Seri Cooler, tanaman Vinca varietas ini cocok ditanam untuk menghiasi pekarangan atau taman ketika musim dingin tiba hingga awal musim panas
  2. Seri Heatwave, tanaman Vinca varietas ini cocok ditanam karena memiliki pertumbuhan yang serempak, terutama saat tiba musim Vinca berbunga.

Kedua varietas ini bisa Anda pilih salah satu atau bahkan keduanya. Karena perawatan yang baik akan membuat Vinca memiliki umur yang panjang dan berbunga secara berkala. Ditambah lagi, kawasan Indonesia merupakan kawasan tropis yang hanya memiliki 2 musim saja. Di mana kedua musim ini bergulir dengan waktu yang baik untuk melakukan penanaman dan perawatan Vinca.

Lingkungan yang tepat untuk menanam Vinca dalam kondisi terbaik adalah ketika mencapai suhu malam sekitar 60 derajat Fahrenheit. Kemudian media tanam yang baik terdiri atas kompos maupun grit. Apabila Vinca tidak diletakkan langsung pada taman horizontal, maka disarankan untuk disimpan pada wadah yang mudah diangkat baik pot atau kontainer.

Jenis-Jenis Tanaman Hias Vinca

Selain memiliki sebutan nama yang berbeda bagi tanaman Vinca. Maka Anda bisa menemukan beberapa jenis Vinca yang tersedia di tempat penjualan tanaman. Baik yang dijual secara offline maupun dengan cara order online. Jenis-jenis Vinca ini mungkin akan mudah untuk Anda kenali, karena setiap jenis memiliki bentuk bunga, warna dan struktur daun yang berbeda-beda.

Setidaknya Anda akan menemukan 4 jenis Vinca yang bisa tumbuh dengan baik di beragam media tanam. Kemudian mudah ditemukan di Indonesia karena telah dibudidaya oleh para ahli florist profesional. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini:

1. Vinca Minor

Little Periwinkle atau Vinca Minor adalah spesies tanaman dengan bunga dan termasuk keluarga dogbane. Tanaman Vinca kerdil ini berasal dari kawasan Eropa seperti Portugal, Prancis, Belanda, Baltik, Kaukasus dan Turki. Kemudian di setiap negara memiliki sebutan yang berbeda-beda untuk tanaman satu ini.

Vinca Minor mampu menyebar dengan baik di tanah dan membentuk padang hijau yang berasal dari koloni Vinca. Memiliki warna daun yang cukup pekat dan mengkilat kemudian bertekstur kasar dengan margin bulu yang rapat.

Spesies Vinca Minor memang memiliki kaitan erat dengan Vinca Major. Perbedaan yang bisa dihasilkan keduanya adalah bentuk yang lebih besar dengan margin bulu lebih jarang. Sehingga Vinca Minor seperti adik dari Vinca Major.

Vinca Major di negara asalnya sering dijadikan sebagai tumbuhan penutup tanah pada kawasan beriklim sedang. Kemudian akan berbunga pada musim semi hingga menjelang musim panas dan memiliki risiko pertumbuhan yang rapat. Dengan demikian di Amerika Serikat bagian selatan, tanaman satu ini sering dijadikan sebagai tanaman yang diletakkan pada area kuburan.

2. Vinca Major

Bigleaf Periwinkle atau Vinca Major adalah spesies tanaman dengan bunga dan termasuk keluarga Apocynaceae. Tanaman Vinca Besar ini berasal dari kawasan Mediterania bagian barat. Kemudian memiliki tinggi sekitar 25 cm atau tepatnya 10 inchi dan mampu menyebar tanpa batas tertentu. Sehingga Anda perlu mengawasi tanaman ini agar tidak melewati batas tanam yang diinginkan.

Vinca Major memiliki fungsi yang hampir sama dengan saudaranya Vinca Minor, yakni sebagai tumbuhan penutup tanah. Sehingga banyak dibudidayakan secara luas oleh para ahli gardening. Selain itu memiliki struktur daun yang hampirs sama, hanya dibedakan dalam bentuk yang lebih besar dari Vinca Minor.

Karakter Vinca Major memiliki daun yang berwarna hijau dan cenderung lebih gelap. Kemudian memiliki tekstur yang kasar namun mengkilap dan setiap tangkai daun dilengkapi dengan bulu lebih renggang. Bunga Vinca Major tergolong hermafrodit, solter dan aksila dengan diameter sampai 5cm. Memiliki mahkota berlubang dan kelopak bunga ungu dengan gradasi putih tepat di bagian tengah.

3. Vinca Difformis

Middle Periwinkle atau Vinca Difformis adalah spesies tanaman dengan bunga dan termasuk keluarga Apocynaceae. Tanaman Vinca Menengah ini berasal dari kawasan Eropa barat seperti Prancis, Italia dan Sardinia.

Vinca Difformis masih menjadi rangkaian saudara dengan Vinca Major dan Vinca Minor. Hal yang menjadi pembeda adalah ukuran dan jenis bunga yang dihasilkan. Vinca Difformis memiliki ukuran yang menengah atau “sedang” yaitu tidak sekecil Vinca Minor dan tidak sebesar Vinca Major. Kemudian memiliki bunga berwarna putih namun terdapat aksen kebiru-biruan yang khas.

Akan tetapi Vinca Difformis memiliki ketinggian hingga setengah meter dengan lebar rambat hingga 1 meter. Dengan demikian tidak cocok digunakan sebagai tanaman penutup tanah karena ketinggian tanaman yang dimilikinya. Tanaman Vinca ini bisa berbunga di akhir musim dingin hingga munculnya musim semi. Sehingga Anda akan memperoleh bunga putih dengan kombinasi daun yang pekat.

4. Vinca Herbacea

Vinca Herbaceae adalah spesies tanaman rambat dengan bunga dan termasuk keluarga Apocynaceae. Tanaman ini memiliki kawasan penyebaran dari Eropa tenggara dan timur, Austria hingga ke Yunani selatan. Kemudian Crimea, Asia barat dan pegunungan Kaukasus.

Tanaman ini termasuk ke dalam tanaman herbal dan hidup abadi karena mampu merambat dengan akar yang kuat. Mampu menyebar di permukaan tanah dan memiliki tinggi hingga 20 cm atau 8 inch. Memiliki struktur pohon yang pendek dengan warna daun hijau mengkilap dan bunga Vinca Herbaceae bisa bermekaran pada saat berakhirnya musim panas.

Karakter tanaman ini diperkuat dengan warna bunga yang unik, terdiri dari perpaduan warna biru dan ungu kemudian berwarna putih polos. Seperti halnya bunga Vinca lainnya, jenis herbaceae juga memiliki 5 kelopak bunga dengan lubang di bagian tengah. Jenis Vinca satu ini sering dijadikan sebagai tanaman hias dan tumbuh dengan baik pada iklim sedang dengan tekstur tanah berbatu.

Cara Menanam Tanaman Hias Vinca di Rumah

Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki tanaman hias Vinca di rumah. Maka tidak ada salahnya untuk mencoba beragam cara menanam bunga satu ini. Di Indonesia jenis tanaman Vinca yang kini dibudidayakan adalah jenis tanaman Vinca Hybrida. Sehingga cepat berbunga, tahan hama, bisa dipelihara di dalam pot sekalipun. Kemudian tumbuhan berdiri tegak atau menggantung sempurna.

1. Tanam Biji Vinca

Apabila Anda memilih menanam Vinca dari biji, maka perhatikan langkah-langkah menaman Vinca berikut ini:

  1. Pilih dan siapkan media tanam untuk tanaman Vinca dengan komposisi tanah, sekam dan kompos. Atau alternatifnya bisa dengan komposisi sekam dan kompos. Kemudian takaran yang diperlukan adalah 1:1 agar nutrisi media tanam bekerja dengan efektif.
  2. Siapkan media penyemaian baik menggunakan tray semai atau media yang cukup baik untuk melakukan proses penanaman awal sebelum disimpan ke media tanam utama. Isi wadah tersebut dengan media tanam hingga ¾ bagian wadah.
  3. Rendam biji tanaman Vinca menggunakan air hangat kurang lebih selama 2 jam.
  4. Tanam biji Vinca pada wadah semai dengan kedalaman 1/2 cm hingga biji selesai ditanam.
  5. Taburi lapisan atas media semai menggunakan tanah atau sekam secara tipis. Kemudian siram menggunakan sprayer hingga merata.
  6. Segera tutup media semai menggunakan plastik bening. Agar menjaga kelembaban dan mencegah penguapan pada media semai.
  7. Pastikan media semai mendapatkan asupan air dengan cara penyiraman yang teratur.
  8. Ketika biji Vinca tumbuh maka segera lepas tutup plastik (kurang lebih 7 hari).
  9. Pindahkan tanaman tersebut ke dalam pot utama setelah muncul daun sejati atau munculnya 4 buah daun Vinca.
  10. Pastikan untuk memberikan pupuk yang teratur dan memangkas dahan Vinca untuk menghasilkan pohon rimbun.

2. Tanam Batang Vinca

Apabila Anda memilih menanam Vinca dari batang, maka perhatikan langkah-langkah menanam Vinca berikut ini:

  1. Pastikan Anda telah memotong batang Vinca. Kemudian oleskan madu pada permukaan yang telah dipotong supaya mendorong pertumbuhan hormon baru.
  2. Lindungi batang yang sudah dipotong dari pantulan sinar matahari, daerah kering dan hembusan angin.
  3. Pastikan media tanam utama mengandung nutrisi yang cukup supaya akar baru cepat tumbuh.
  4. Rawat tanaman Vinca, kemudian tunggu tanaman tersebut hingga menghasilkan daun rimbun dan bunga yang cantik.

3. Tanam Stek Vinca

Perlu Anda ketahui bahwa tanaman hias Vinca merupakan salah satu tanaman yang bisa dibudidaya dengan cara stek. Apabila Anda memilih menanam Vinca dari hasil stek, maka perhatikan langkah-langkah menaman Vinca berikut ini:

  1. Pilih tanaman Vinca yang sudah cukup tua dan sehat sehingga akan menghasilkan tanaman berkualitas dengan cara stek.
  2. Potong tunas tanaman Vinca menggunakan gunting sepanjang 8 hingga 10cm. Ketika Anda memotong pastikan untuk memerhatikan kemiringan hingga 30 derajat.
  3. Bersihkan daun-daun Vinca yang masih tersisa di bagian bawah batang. Kemudian bersihkan pula kuncup bunga agar tidak merebut nutrisi yang dibutuhkan untuk menumbuhkan akar.
  4. Letakkan batang yang telah distek pada air dan rendam bersama campuran pupuk selama 4 jam. Bila ada, tambahkan pula sinar lampu fluoresen di atas batang stek Vinca yang telah dipotong.
  5. Kemudian membentuk akar baru dengan dua cara yaitu tanah atau air.
  6. Membentuk akar dengan tanah berisi komposisi pasir, tanah dan air yang bernutrisi.
  7. Membentuk akar dengan air berisi komposisi air dan pupuk cair.
  8. Hindari sinar matahari untuk menjaga kerusakan terhadap akar baru yang hendak muncul.
  9. Apabila akar telah muncul cukup banyak maka kini saatnya untuk memindahkan stek Vinca ke dalam media tanam utama.

Manfaat Tanaman Hiasan Vinca Bagi Kehidupan

Setiap hal yang Anda miliki saat ini tentu saja memiliki manfaat besar bagi kelancaran aktivitas sehari-hari seperti memiliki rumah, kendaraan dan tubuh yang sehat. Hal ini pula berlaku ketika memiliki beragam koleksi tanaman.

Ketika telah memutuskan untuk memilih tanaman Vinca ke dalam salah satu koleksi taman. Kemudian Anda harus merawat tanaman tersebut dengan baik dan rutin. Maka secara otomatis kelak akan memperoleh beragam manfaat yang baik untuk kehidupan itu sendiri, di antaranya:

1. Estetika

Tidak dapat dipungkiri bahwa memiliki tanaman adalah salah satu pilihan yang tepat untuk menjaga estetika dalam hidup. Terutama jika Anda adalah seorang pencinta gardening sejati. Berkat tanaman itulah Anda bisa memiliki ruangan, rumah dan kantor yang nyaman untuk dipandang maupun dihuni bersama orang-orang tercinta.

2. Cinta Lingkungan

Secara tidak langsung kehadiran tanaman di rumah atau pada suatu ruangan dapat membantu menjaga keseimbangan udara. Kemudian produksi oksigen alami makin melimpah setiap hari, terutama tempat-tempat di kawasan kota besar. Dengan demikian desain interior yang apik berkombinasi dengan wujud nyata untuk senantiasa menjaga kelestarian lingkungan.

3. Kesehatan

Telah Anda ketahui bersama bahwa Vinca adalah salah satu tanaman herbal yang baik untuk kesehatan. Menurut para praktisi herbal, Vinca telah lama dijadikan sebagai obat tradisional Tiongkok, Mampu menyembuhkan peradangan atau anti inflamasi, rambut rontok dan mengobati pasien vertigo. Salah satu caranya adalah dengan meminum air rebusan tanaman Vinca.

Cara Merawat Tanaman Hias Vinca

Agar tanaman hias Vinca bisa bertahan dengan kondisi yang baik. Maka Anda harus melakukan beberapa tahap perawatan agar bebas dari hama maupun risiko penyakit. Simak langkah-langkah perawatan berikut ini:

Tanaman media air : Definisi, Cara tanam, klasifikasi manfaat dll/su_note]

1. Perawatan harian

Lakukan penyiraman media tanam dengan pupuk cair seperti AB Mix atau menggunakan air secukupnya. Siram di area bibir pot dan hindari penyiraman pada area batang. Anda hanya perlu menyiram tanaman ketika media tanam tersebut sudah kehilangan kelembaban atau cukup kering.

2. Perawatan Mingguan

Perawatan yang bisa dilakukan adalah memberikan pupuk NPK beberapa butir saja dan benamkan ke bagian bawah media tanam. Proses pemupukan ini akan mendorong pertumbuhan cabang baru dan bunga baru di periode selanjutnya.

3. Perawatan Bulanan

Perawatan rutin bulanan yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan cabang terutama cabang Vinca yang telah layu. Hal ini perlu dilakukan untuk mendorong pertumbuhan cabang yang baru.

4. Perawatan Repotting

Perawatan memeriksa kondisi pot adalah hal yang harus Anda lakukan. Setidaknya harus diperiksa selama kurun waktu 3 bulan sekali. Hal ini perlu dilakukan supaya media tanam kembali memiliki komposisi dan nutrisi yang baik.

Memiliki tanaman hias Vinca bisa Anda pilih sebagai alternatif untuk memiliki tanaman yang cantik, mudah dirawat dan berumur panjang. Meskipun di Indonesia akrab dengan Vinca gantung yang menggunakan media tanam pot. Maka tidak ada salahnya untuk mencoba beragam jenis Vinca sebagai koleksi taman, baik pada taman vertikal maupun taman horizontal.

14 Tanaman Hias Vinca Raup Untung Ratusan Juta

Add Comment