cara menanam kacang hijau

Cara Menanam Kacang Hijau : Persiapan Lahan, Merawat, Sampai Panen

Cara Menanam Kacang Hijau – Kebanyakan dari kita pasti sudah pernah belajar Cara Menanam Kacang Hijau saat berada di bangku sekolah dasar dengan menggunakan media kapas ataupun tanah. Menanam kacang hijau cukup mudah, dan memiliki kelebihan dibandingkan dengan jenis kacang – kacangan lainnya, seperti dapat hidup pada tanah yang kurang subur dan bisa menjadi penyubur tanah.

Kacang hijau memiliki potensi untuk dikembangkan, karena tingkat konsumsi kacang hijau di masyarakat cukup tinggi. Namun, sebelum membahas tentang Cara Menanam Kacang Hijau lebih baik kita pahami terlebih dahulu mengenai lingkungan kacang hijau dan syarat tumbuh tanamana kacang hijau sebagai berikut :

  • Kacang hijau tumbuh di daerah tropis dengan curah hujan 50 – 200 mm/bulan. Sedangkan suhu yang cocok untuk pertumbuhan kacang hijau berkisar antara 20 – 28OC
  • Menanam kacang hijau untuk tujuan budidaya, baik dilakukan saat musim kemarau, karena ketika musim penghujan kelembapan udara akan terlalu tinggi dan kondisi ini tidak bagus untuk pertumbuhan tanaman kacang hijau
  • Kacang hijau sangat cocok untuk tumbuh pada tanah yang gembur dan terdapat sistem drainase yang baik.
  • Tanah yang digunakan sebaiknya memiliki PH netral berkisar antara 5 – 6. Tapi tingkat keasaman yang paling bagus untuk tanaman kacang hijau yakni 6,7 Ph.
  • Tumbuhan kacang hijau dapat tumbuh pada tanah yang kurang subur. Kacang tanah termasuk dalam tanaman legum yang akan bersimbiosis dengan bakteri menguntungkan (contoh: rhizobium) sehingga membantu menyuburkan tanah.

Cara Menanam Kacang Hijau

Setelah memahami tentang lingkungan dan syarat tumbuh tanaman kacang hijau, berikut langkah – langkah menanam kacang hijau sebagai berikut :

1. Persiapan Lahan

cara menanam kacang hijau

Apabila yang akan digunakan adalah lahan sawah bekas panen, maka tidak diperlukan pengolahan tanah lagi. Namun, jika yang akan ditanam kacang hijau adalah tegalan maka perlu dilakukan pengolahan tanah dengan pencangkulan hingga tanah genbur atau dilakukan pembajakan lahan hingga kedalaman tanah antara 15 sampai 20 cm.

Pada lahan bekas sawah panen, sebaiknya di buat saluran air dengan lebar dan kedalaman 20-30cm dengan jarak antar saluran maksimal 4 m. Berbeda bila kacang hijau ditanam pada sawah tanah, tidak perlu dibuat saluran drainase karena tanah masih lembab.

Selanjutnya, dibuat lubang tanam dengan menggunakan alat tugal bermata tiga. Lubang pertama dengan kedalaman 4 cm dimaksudkan untuk menanam bibit kacang hijau. Sedangkan, lubang kedua dan ketiga dengan kedalaman 7 – 10 cm sebagai lubang pupuk.

2. Persemaian Benih

cara menanam kacang hijau

Langkah ini disebut juga inokulasi bakteri dengan maksud agar benih dapat beradaptasi dengan tanah. Proses ini dilakukan ketika tanah yang akan dipakai sebagai media tanam belum pernah digunakan untuk menanam. Persemaian benih dilakukan dengan cara membasahi benih kacang hijau dengan air biasa kemudian di keringkan selama 4 jam hingga tumbuh kecambah.

3. Penanaman bibit

Setelah kecambah kacang hijau tumbuh, segera lakukan penanaman pada 3 lubang yang telah disiapkan dengan alat tugal bermata tiga. Untuk kacang hijau yang bercabang jarak tanam 40 x 20 cm dan untuk kacang hijau tidak berkecambah jarak tanam sekitar 30 x 10 cm.

Setiap lubang pertama diisi dengan 2 -3 biji tanaman kacang hijau. Untuk lubang kedua diisi dengan pupuk organik dan urea untuk membantu pertumbuhan kacang hijau. Pemupukan tidak boleh terkena langsung dengan benih karena dapat menghambat pertumbuhan kecambah kacang hijau.

Setelah lubang kedua dan ketiga diberikan pupuk, selanjutnya tutup kedua lubang tersebut dengan tanah. Pelubangan dalam penanaman kacang hijau dimaksudkan untuk mempermudah proses pemupukan selanjutnya.

4. Penyiraman Kacang Hijau

Penyiraman dilakukan dengan memperhatikan kondisi tanah yang digunakan. Apabila tanah yang digunakan lembab dan memiliki kandungan air yang cukup, maka penyiraman dilakukan sehari sekali. Sebaliknya, bila tanah yang digunakan kering maka penyiraman dilakukan dua hari sekali. Seperti: pada waktu pagi dan sore hari.

5. Penyulaman benih kacang hijau

Anda perlu untuk menyediakan tanaman cadangan di luar area lahan tanaman kacang hijau yang dibuat. Cadangan tanaman kacang hijau dimaksud untuk mengganti tanaman kacang hijau yang tidak tumbuh sempurna pada lubang yang telah disediakan.

Proses penyulaman dilakukan ketika tanaman kacang hijau berumur 17 hari setelah masa penanaman. Benih kacang hijau yang tidak tumbuh sempurna perlu diganti dengan tanaman kacang hijau cadangan agar panen secara merata. Proses penyulaman juga bisa dilakukan dua kali yaitu saat tanaman berumur 2 minggu dan satu bulan.

6. Pemupukan Tanaman Kacang Hijau

Setelah dilakukan penanaman tumbuhan kacang hijau, Anda perlu merawat dan menjaga kacang hijau dengan memberikan pupuk. Penambahan pupuk organik (kompos dan pupuk kendang) akan meningkatkan aerasi dan kapasitas dalam menahan air di dalam tanah.

Dosis pupuk yang diberikan antara lain : Urea 50 – 100 kg/ hektar lahan, KCL 50 – 75 kg/ hektar lahan, TSP 100 kg/ hektar lahan. Proses pemupukan dilakukan dua kali, yakni saat awal penanaman benih kacang hijau dan saat tanaman kacang hijau mulai berbunga atau satu tahun setelah ditanam.

Pemupukan dilakukan dengan memanfaatkan 2 lubang dari 3 lubang yang telah tersedia di awal. Masukan pupuk pada lubang kemudian tutup kembali lubang dengan menggunakan tanah.

7. Panen Kacang Hijau

cara menanam kacang hijau

Memanen kacang hijau dilakukan ketika tanaman berusia 30 – 80 hari. Akan tetapi bila menginginkan kacang hijau yang dihasilkan dalam kualitas bagus maka masa panen dilakukan ketika tanaman kacang hijau berusia 100 – 110 hari.

Ciri – ciri tanaman kacang hijau siap panen yaitu daun berwarna kuning, polong kacang hijau berwarna gelap dan mulai tampak retak atau mudah pecah. Polong yang sudah dipetik kemudian dijemur dan selanjutnya dimasukkan dalam karung. Melepaskan biji kacang hijau dari polong cukup dengan memukul polong yang dimasukkan dalam karung dengan menggunakan kayu secara perlahan.

Budidaya kacang hijau sebagai bentuk usaha memang menjanjikan, mengingat konsumsi kacang hijau cukup tinggi. Selain itu, Cara Menanam Kacang Hijau tidaklah susah dan tidak juga membutuhkan perawatan yang rumit. Anda juga bisa mencoba menanam kacang hijau pada lahan yang tidak terlalu luas, yang terpenting pahami habitat pertumbuhan dan langkah menanam kacang hijau yang benar.

Cara Menanam Kacang Hijau : Persiapan Lahan, Merawat, Sampai Panen

Leave a Reply