Tanaman Hias Media Air : Mengenal Manfaat, Dan Karakteristiknya

Tanaman Hias Media Air  – Tanaman hias memiliki beragam jenis yang dapat dijadikan sebagai tanaman dekorasi baik indoor maupun outdoor. Selain jenisnya yang beragam, Anda dapat menentukan pilihan tanaman hias media air yang sangat cocok untuk koleksi tanaman di taman maupun penghias ruangan Anda.

Manfaat Tanaman Hias Di Dalam Ruangan

Seperti halnya tanaman lain, tanaman hias dapat menghalau beragam zat kimia yang terkandung di dalam udara. Selain itu, mampu memberikan kesan menarik, sejuk dan menyegarkan untuk ruangan Anda baik di tempatkan di pojok ruangan maupun meja.

Manfaat lainnya ialah mampu menghasilkan oksigen sekaligus memberikan dampak positif terutama terkait produktivitas kerja. Selain membuat suasana rumah menjadi nyaman, tentunya udara menjadi lebih sehat dan menyenangkan.

Mengenal Karakteristik Tanaman Hias Media Air

Terdapat beberapa ciri yang bisa Anda jadikan panduan untuk menentukan beragam jenis tanaman hias yang tumbuh di air sebagai pelengkap koleksi taman Anda di rumah.

  1. Adanya lapisan tipis yang dikenal sebagai kutikula. Fungsi bagian ini ialah pencegahan penguapan secara berlebihan. Sebagian tanaman tidak memiliki lapisan ini terutama pada tanaman hidrofit.
  2. Tanaman yang tumbuh di media air cenderung memiliki bukaan stomata lebih sering. Hal ini dikarenakan melimpahnya air membuatnya tidak perlu melakukan penyimpanan di dalam jaringan tanaman. Hal itu sekaligus menandakan bahwa sel penjaga pada tanaman yang tumbuh di air pada umunya tidak aktif.
  3. Penigkatan kuantitas stomata di bagian lain daun
  4. Karakteristik tanaman pada umunya tidak kaku karena adanya pengaruh tekanan besar dari media tempat dia tumbuh yaitu air.
  5. Daun pada tanaman air cenderung melebar dan datar. Hal ini dikarenakan fungsi daun sebagai alat terapung pada media air.
  6. Tanaman yang tubuh dengan menggunakan media air memiliki batang cenderung berongga.
  7. Akar tidak dijadikan sebagai pendukung utama bagian tubuh tanaman secara keseluruhan. Hal ini disebabkan akar cenderung pendek dan tersebar karena tidak kesulitan dalam memasok air.
  8. Fungsi akar pada tanaman yang tumbuh di media air ialah mengambil jumlah oksigen dalam jumlah tidak sedikit.

Mengenal Beragam Jenis Tanaman Hias Media Air

1. Air Plants

Air plant atau lebih dikenal dngan nama tanaman udara merupakan nama lain dari Tillandsia. Anda bisa menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias media air. Perawatannya terbilang mudah karena tidak memerlukan media tanah. Selain itu, Anda bisa menempatkannya di dalam ruangan.

Anda tertarik untuk merawatnya? Cara perawatannya, Anda perlu melakukan perendaman daun tillandsia pada air selama satu hari penuh. Lalu, Anda meletakknya pada paparan sinar matahari secara langsung. Anda bisa merawat tanaman ini d dekat jendela maupun pintu masuk.

2. Paper Whites

tanaman hias media air

Nama lain bunga ini ialah Narcissus papyraceus atau bisa disebut sebagai bunga kertas. Tanaman ini bisa Anda rawat tanpa menggunakan media tanah tetapi menempatkannya pada media air.

Cara merawatnya terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan vas bunga yang telah terisi oleh air secukupnya. Lalu, memasukkan tanaman hingga batangnya tertutupi air secara keseluruhan. Lakukan pergantian air sebanyak tiga hari.

3. Sri rejeki

Sri rejeki, sudah dikenal masyarakat awam karena tanaman ini dapat dikembangkan dengan media air maupun tanah. Selain sudah dikenal orang, akan lebih mengesankan apabila tanaman ini di tanam pada media air.

Cara merawat dan menanamnya cukup mudah. Anda hanya perlu menyediakan vas bunga berisi air dan tanaman sri rejeki. Lalu, Anda memasukkan batang tanaman tersebut hingga terendam air. Agar tetap tumbuh segar, Anda perlu melakukan pergantian secara berkala.

4. Spider Plant

Tanaman unik dengan karakteristik daunnya bergradasi sekaligus tumbuh menjuntai mirip laba-laba. Membuat tanaman ini sangat menarik dijadikan tanaman hias di dalam ruangan. Warnanya yang cantik membuat suasan rumah menjadi lebih menyegarkan.

Anda bisa melakukan perawatan dan menanamnya dengan cara memasukkannya ke vas bunga. Tentunya, vas bunga sudah terisi air terlebih dahulu, sekaligus menyiapkan tanaman yang ingin ditanam.

5. Coleus

Tanaman hias media air yang bisa Anda rawat di rumah idaman Anda ialah Coleus. Perawatan tanaman ini terbilang cukup mudah. Tanpa perlu menanam terlebih dahulu, Anda bisa emmanfaatkan vas bunga berisi air agar tanaman ini bisa bertahan dan tumbuh.

Selain dapat dijadikan pajangan rumah, Anda bisa memanfaatkannya sebagai penyejuk di dalam ruangan. Tanaman ini hanya tumbuh daunnya saja tanpa berbunga. Jadi, bagi Anda yang menyukai tanaman dengan daun rimbun bisa menjadikan Coleus sebagai tanaman koleksi Anda.

6. Philodendron

Philodendron sempat tenar dan cukup banyak diminati para pecinta tanaman hias di tahun 2000. Pada walnya tanaman jenis ini ditanam pada media pakis. Namun, seiring berkembangnya waktu. Philodendron dapat berkembang pada media air. Tanaman cantik ini bisa menjadi salah satu alternatif tanaman indoor di rumah Anda.

7. Sirih Gading

Tidak hanya dikenal sebagai tanaman obat saja, tanaman sirih gading juga sering dijumpai sebagai tanaman hias. Anda tidak perlu sisah payah menyediakan media tanah karena tanaman ini mampu tumbuh pada media air.

Anda hanya perlu menyiakan vas bunga yang telah diisi air dan tanaman sirih gading. Lalu, memasukkan tanaman ke dalam vas bunga. Anda perlu menunggu beberapa hari hingga tanaman tumbuh segar. Tanaman ini sangat tepat dijadikan sebagai koleksi tanaman hias indoor rumah Anda.

8. Tanaman Apu-Apu

Tanaman ini seringkali ditemui di sungai-sungai besar maupun irigasi. Pertumbuhannya terbilang sangat cepat dan berkembang biak dalam jumlah besar. Karakteristik tanaman ini sangat unik karena bentuknya menyerupai kelopak bunga berwarna hijau. Selain itu, akarnya berupa akar serabut.

Perawatan tanaman ini cukup mudah, Anda hanya memerlukan wadah berukuran sedikit besar seperti aquarium. Lalu memasukkan beberapa ikan dan apu-apu ke dalamnya. Tanaman ini cukup unik dan memiliki estetika yang sangat menarik.

9. Bambu Air

Tanaman ini memiliki kemiripan dengan bambu yang tumbuh di daratan. Karakteristik batangnya yang beruas-ruas dengan ukuran batang relatif kecil. Tinggi tanaman bisa mencapai 25 centimeter hingga 1 meter. Diameternya juga lebih kecil berkisar 3 sentimeter. Tanaman yang dianggap hoki ini tumbuh pada tanah tergenang air alias berlumpur.

Tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman hias media air di India. Kebanyakan memang diimpor dari negara asalnya baik Cina maupun Taiwan. Cara perawatan dan penanamannya sangatlah mudah, Anda tinggal menyiapkan botol seperti vas yang telah diisi air dan tanaman ini. lalu memasukkannya ke dalam vas.

10. Basil

Tanaman hias sekaligus bahan tambahan pada masakan omelet maupun pizza ini, sangat cocok untuk direkomendasikan sebagai tanaman yang tubuh di media air. Tidak hanya itu saja, Basil juga dikenal sebagai tanaman herbal yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Anda bisa merawat dan menanamnya seperti halnya tanaman yang tumbuh di media air lainnya.

11. Eceng Gondok

tanaman hias media air

Tanaman ini berasal dari Sungai Amazon dan di bawa oleh seorang ahli ilmu hayat Amerika ke tanah air. Seringkali, eceng gondok dianggap sebagai gulma karena pertumbuhan dan perkembangannya sangat cepat. Masyarakat Indonesia biasanya menjadikan tanaman ini sebagai kerajinan sekaligus pakan ternak.

Namun, siapa sangka tanaman ini bisa menjadi tanaman hias media air yang sangat cocok menghias kolam air Anda di rumah. Karakteristik tanaman berbunga ungu ini sangat menawan tersusun malai. Anda bisa menemuinya di rawa maupun sungai. Cara perawatannya terbilang mudah.

12. Teratai

Tanaman hias media air yang tidak kalah tenar ialah teratai. Tanaman yang tumbuh di air ini memiliki warna bunga yang sangat cantik dan beragam. Anda bisa menjadikan teratai sebagai tanaman penghias kolam taman. Ukurannya relatif besar mulai dari 45 sampai 90 sentimeter. Tanaman teratai memang memiliki daun melebar sangat eksotis di permukaan air.

13. Melati Air

Melati air tumbuh dengan tangkai yang memanjang dan bunga putih nan cantik. Tiap tangkainya menyembul serangkaian bunga bermekaran di pagi hari secara bergantian. Uniknya, bekas bunga yang mekar baka muncul bunga selanjutnya. Karakteristik daun tanaman memang kaku dan berbulu di permukaan atas maupun bawah daun.

Terdapat 3 jenis tanaman air ini berdasarkan karakteristik daunnya yaitu, daun berbentuk oval panjang kecil bertitik, bulat besar dan lonjong besar. pada umumnya, tanaman ini dapat tumbuh dan ditemui pada daerah berawa dan berlumpur.

14. Lidi Air

tanaman hias yang sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias rumah Anda ialah lidi air. Seperti namanya, lidi air akan nampak seperti lidi apabila dilihat dari jarak agak jauh. Karakteristik tanaman ini memiliki gurat kuning, batang pipih hijaudan berujung lancip.

Tanamn hias ini sangat cocok di tanam di luar ruangan karena memiliki ketahanan yang baik terhadap sinar matahari secara langsung.

15. Lotus

Tanaman hias media air selanjutnya, ialah lotus. Tanaman ini dikenal sebagai seroja. Biasa tumbuh pada media air dan tanah. Para pecinta tanaman hias biasanya menempatkan tanama ini pada sebuah pot dengan ukuran besar.

Lotus memiliki bunga yang sangat menawan dengan kombinasi antara merah dan putih. Tanaman ini juga dapat tumbuh di rawa-rawa. Ukuran daun lotus beragam mulai dari ukuran kecil hingga besar. Apabila Anda ingin merawat tanaman ini, harus menyiapkan ruang atau tempat cukup luas karena pertumbuhan tangkainya bisa mencapai 1 meter lebih.

16. Cat Tail

Tanaman cat tail merupakan pohon perdu dengan memiliki bunga berumah satu yaitu bunga jantan dan bunga betina dengan bentuk yang berbeda. Tanaman ini masuk pada famili Typhaceae. Karakter bunga betina ialah berbntuk seperti tabung kecokelatan sedangkan bunga jantan memiliki kesamaan namun ukurannya kecil.

Perawatan pada tanaman ini memerlukan paparan sinar matahari secara penuh. Selain itu, Cat Tail dapat tumbuh di area berlumpur dan memerlukan pasokan air sebagai media tempat tumbuh dan berkembang.

17. Tanaman Siperus

Siperus memiliki karakteristik yang cukup imut karena daunnya halus dan tumbuh pada bagian ujung batang. Tanaman ini memiliki bunga memebentuk tangkai dan tersebar di tiap susunan daun bagian pusat. Selain itu, rata-rata pertumbuhan tangkainya memiliki panjang mencapai 1 meter. Pertumbuhan tanaman optimal di tanah berlumpur.

18. Pisang Air

Tanaman hias media air yang bisa menjadi pelengkap taman outdoor Anda salah satunya ialah pisang air. Karakteristik tanaman ini memiliki kesamaan batang dengan pisang yang tumbuh di daratan. Namun, daun tanaman ini memiliki bentuk dan tekstur sama dengan daun talas.

Anda perlu menempatkannya pada lahan cukup luas karena tanaman ini dapat mencapai ketinggian hingga 4 meter. Daun pisan air relatif bergelombang. Lebar tanaman ini dapat mencapai satu meter.

19. Papirus Payung

Papytus payung bisa menjadi hiasan rumah dengan sifat tanaman bergerombol dan pertumbuhan serta perkembang biakan cepat. Karakteristik tanaman ini memiliki bantang berbentuk 3 segi dan pertumbuhannya dapat mencapai tinggi satu meter. Pertumbuhan bunga muncul di bagian ujung batang.

20. Kala Lili

Tanaman ini memiliki kesamaan dengan bunga lili dengan bentuk bunga menyerupai corong berkelopak putih. Warnanya yang cantik dan menawan sangat tepat Anda jadikan penghias outdoor taman.

Tanaman hias media air ini memiliki pertumbuhan ke arah datangnya sinar matahari. Hal ini dikarenakan pertumbuhan di tempat teduh membuat batangnya tumbuh tinggi. Selain menawan, bunga kala lili memiliki aroma khas harum dan menyejukkan.

21. Tulip

Anggapan bahwa tanaman tulip hanya bisa tumbuh di kebun maupun taman merupakan anggapan yang tidak tepat. Tanaman ini dapat tumbuh di dalam ruangan dengan pencahayaan cukup dan memasukkan umbinya pada vas bunga yang telah terisi oleh air.

22. Hycinth

Tanaman unik dan cantik ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda untuk menghias rumah menjadi lebih menawan. Anda bisa melakukan perawatan dan penanaman tanaman ini di dalam vas bunga yang telah diisi batu dan air. Selain itu, Anda perlu menemaptkan tanaman ini di tempat yang memiliki cukup cahaya.

23. Amarylis

Tanaman hias media air yang bisa Anda jadikan pelengkap desain rumah maupun penghias taman. Perawatan dan penanaman tanaman ini dapat tumbuh tanpa menggunakan media air. Anda hanya perlu menyiapkan vas, air dan batu dan memasukkan tanaman ke dalamnya.

24. Rumput Fiber Optik

Tanaman ini memiliki karakteristik daun dengan itekstur keras hingga dianggap mirip seperti kawat optik. Rumput fiber memiliki kemampuan tumbuh di media air dan sangat cantik apabila ditempatkan di dalam vas bunga.

25. Epiprermnum aureum

Tanaman ini seringkali ditumbuhkan pada media tanah dengan menggunakan pot. namun, Anda dapat menanamnya pada media air. Tanaman Epiprermnum dikenal sebagai Devil’s Ivy dan selalu hijau meskipun ditempatkan di tempat gelap. Anda bisa menjadikannya sebagai pelengkap hiasan rumah.

26. Aglaonema

Biasanya tanaman aglaonema ditumbuhkan pada media tanah. Namun, tanaman ini dapat tumbuh di media air. Meskipun, perkembangan tanaman lebih lambat dibandingkan di tanam pada media tanah. Namun, Anda bisa menempatkannya sebagai hiasan dalam ruangan dengan pancahayaan yang cukup.

27. Zebrakrout

Tanaman ini memiliki pertumbuhan menjalar dan dapat dijadikan sebagai tanaman gantung. Nama lain zebrakrout ialah wandering jew. Anda bisa menaman dan merawat tanaman ini pada media air. Perawatan tanaman dapat dilakukan di tempat teduh dengan paparan sinar matahari secara tidak langsung.

28. Lemon Balm

Tanaman ini masih dianggap satu keluarga dengan mint. Lemon balm juga dikenal sebagai tanaman herbal yang biasa dijadikan sebagai teh herbal. Anda bisa menanamnya dalam edia air sekaligus dapat memanfaatkan daun tanaman ini sebagai teh seduh di pagi hari.

29. Jade

Salah satu jenis sukulen yang bisa Anda jadikan hiasan rumah berupa tanaman hias media air ialah jade. Karakteristik tanaman dengan daun-daun berukuran mini membuat suasana rumah kian sejuk. Meskipun dapat tumbuh di media air. Tanaman ini cocok ditanam pada media tanah.

30. Thyme

tanaman hias media air

Tanaman ini dapat ditumbuhkan pada media air dengan meletakkan batang ke dalamnya sehingga muncul tunas. Selain dijadikan sebagai hiasan rumah, thyme dapat Anda jadikan sebagai penambah citarasa masakan sekaligus dijadikan sebagai teh seduh herbal yang sangat menyehatkan.

31. Horenso

tanaman hias media air

Tanaman ini memiliki kesamaan dengan tanaman bayam. Horenso mulai dibudidayakan dengan teknik budidaya hidroponik. Selain Anda dapat memanfaatkannya sebagai tanaman hias, tanaman ini dapat dijadikan sebagai santapan yang sangat menyehatkan dan lezat.

32. Singonium

tanaman hias media air

Anda bisa menjadikan tanaman ini sebagai tanaman penghias ruangan maupun kolam. Singonium dikenal sebagai arrowhead karena bentuk daunnya mirip panah. Pada umumnya, juga dikenal berhabitat di kolam maupun tempat tergenang air. Anda bisa merawatnya dengan pencahayaan yang redup atau berkurang.

33. Sage

tanaman ini memiliki pertumbuhan hampir sama dengan basil. Hal ini dikarenakan media air sebagai tempat tumbuhnya membuat tanaman ini dapat berkembang sangat pesat. Namun, Anda juga perlu melakukan pergantian air apabila sudah kotor dan pencahayaan yang cukup.

34. Tanaman Aluminium

tanaman hias media air

Tanaman ini memiliki keunikan dengan guratan dengan warna perak pada daunnya sehingga dikenal juga sebagai Pilea cadierei. Anda bisa melakukan perawatan dan penanaman dengan menggunakan media air.

35. Cape Pond

tanaman hias media air

Biasanya tanaman cape pond dijadikan sebagai tanaman pelengkap untuk kolam maupun aquarium. Selain itu, tanaman ini berasal dari Afrika Selatan. Nama lain tanaman ini ialah Aponogeton distachyos. Selain dijadikan sebagai tanaman hias, tanaman ini juga dijadikan sebagai hidangan masakan.

36. Caltrops

tanaman hias media air

Tanaman ini selain dijadikan sebagai hiasan rumah juga sering disantap baik diolah terlebih dahulu maupun dimakan mentah. Negara yang menjadikan tanaman ini sebagai santapan ialah India. Tanaman ini hidup pada media air dan terapung di permukaannya.

Itulah beberapa tanaman hias media air yang bisa Anda jadikan sebagai tanaman pelengkap kolam maupun dalam ruangan. Selain memiliki bunga dan karakteristik yang menarik. Tentunya, dapat membuat rumah menjadi lebih asri dan nyaman.

Tanaman Hias Media Air Mengenal Manfaat Dan Karakteristiknya

Leave a Reply