6 Tanaman Perdu (Ragam jenis, cara merawat, dan manfaat)

Tanaman Perdu – Bagi Anda yang memang menyukai dunia tanaman, tentu Anda sudah tidak asing dengan yang namanya perdu. Tanaman jenis ini sering dikenal dengan ciri khasnya yang tumbuh hanya dengan ketinggian 20 kaki atau sekitar 6m. Tanaman perdu tidak hanya memiliki satu jenis variasi akan tetapi memiliki berbagai macam variasi atau jenis dari tanaman ini sendiri.

Tidak jarang orang yang memilih untuk mengisi pekarangan rumahnya dengan berbagai jenis tanaman perdu. Tanaman ini memang cocok bagi Anda yang menginginkan tanaman hias untuk pekarangan rumah apalagi karena ukuran dari tanaman ini yang terbilang mini. Anda bisa memilih jenis tanaman perdu mana yang bisa dan cocok dengan selera Anda untuk pekarangan rumah Anda.

Mengenal Lebih Detail Apa Itu Tanaman Perdu

Mengenal Lebih Detail Apa Itu Tanaman Perdu

Seperti yang sudah dijelaskan sekilas di atas bahwa salah satu ciri khas dari tanaman perdu adalah ketinggiannya yang hanya mencapai 20 kaki alias 6m. Perdu sendiri merupakan jenis tanaman berkambium atau berkayu dengan banyak cabang batang kayu yang ada pada tanaman tersebut. Secara umum batang atau cabang dari tanaman ini tidak bisa tegak lurus.

Sehingga bentukan dari pohonnya adalah seperti berkembang menyamping dan bukan keatas. Saat ini tidak jarang orang yang mulai merawat dan melestarikan tanaman hias perdu jenis apapun. Hal ini karena selain menjadi tanaman hias, tanaman ini juga memiliki manfaat yang tak kalah hebat dibandingkan dengan tanaman lainnya.

Perdu seringkali dikenal dengan tanaman semak belukar. Namun tentu saja tanaman ini berbeda dengan tanaman semak belukar yang seringkali menjadi parasit saja. Meskipun dikenal memiliki bentukan seperti semak belukar, namun wujud dari tiap jenis tanaman ini lebih memukau dan membuat banyak orang tertarik untuk merawatnya.

Ragam Jenis Tanaman Perdu

Sekilas pada pembahasan sebelumnya tentunya Anda sudah tahu bahwa tanaman perdu yang merupakan tanaman berbentuk semak ini memiliki lebih dari satu ragam jenis. Ada beraneka ragam jenis tanaman hias perdu yang memiliki wujud indah memukau sehingga mampu membuat banyak orang tertarik untuk merawatnya menjadi tanaman hias rumah.

Bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin tahu apa saja ragam jenis tanaman ini maka berikut di bawah ini bisa Anda simak dan Anda catat dengan baik jenis-jenisnya :

1. Soka

Soka

Pernahkah Anda mendengar nama bunga soka? Tentu pernah bukan? Bunga yang satu ini memiliki ciri khas yang sangat mencolok yakni pada bagian warnanya yang merah menyala. Warna yang merah menyalan pada bunga ini bisa menjadi penghias pada halaman rumah Anda. Bentuk dari bunga ini juga terbilang kecil dan indah.

Bunga soka sangat tahan terhadap sinar matahari. Tidak heran jika semakin banyak orang yang memilih merawat bunga ini sebagai tanaman hias rumahnya.

2. Rembosa minimalis

Rembosa minimalis

Rembosa dikenal memiliki warna bunga putih kecil-kecil. Bentukannya yang memang mini sangat bisa mendukung untuk menjadi tanaman hias pada pekarangan atau halaman rumah Anda. Jenis tanaman ini yang banyak dijumpai memiliki warna hijau. Namun ternyata tanaman ini memiliki pilihan warna bagi Anda yang ingin menjadikannta tanaman hias rumah.

Ada pilihan warna silver, kuning, dan beberapa warna lainnya. Sama halnya dengan buka soka, rembosa juga terbilang sangat tahan terhadap sinar matahari yang terik.

3. Bunga Lili Paris

Bunga Lili Paris

Meskipun nama dari bunga ini adalah lili paris, namun bunga ini berasal dari Afrika Selatan. Warna dari bunga ini kebanyakan adalah pink bergradient dengan warna putih. Kelopak bunganya memanjang. Bunga ini selain dipakai untuk tanaman hias rumah juga seringkali digunakan sebagai hiasan pada dekorasi interior sebuah acara.

Baik itu acara pernikahan maupun acara pesta lainnya. Selain bisa Anda letakkan pada pekarangan rumah di atas tanah, bunga indah yang satu ini juga sangat cocok untuk jadikan bunga pot gantung. Tidak sulit untuk menanam jenis bunga Lili yang satu ini.

4. Bunga Ekor Tupai

Bunga Ekor Tupai

Sama seperti namanya, bunga yang satu ini memiliki bentuk yang sangat unik layaknya ekor tupai yang memanjang. Warna dari bunga ini secara umum adalah hijau menyala segar. Bunga ini memiliki kelemahan mudah rapuh karena memang tidak memiliki batang yang kuat.

Namun, jika Anda bisa merawat dengan cara yang baik dan benar maka bunga ekor tupai ini bisa tumbuh tinggi hingga 1 meter. Banyak orang yang tertarik merawat bunga ini karena bentukannya yang unik dan lucu.

5. Bunga Philodendron

Bunga Philodendron

Meskipun namanya adalah bunga philodendron, namun bunga ini berbentuk daun yang unik dan tidak berbentuk bunga layaknya bunga lili atau mawar. Bunga philodendron memiliki warna hijau yang menyegarkan. Jenis bunga ini tidak membutuhkan paparan sinar matahari yang terik untuk merawatnya sehingga sangat cocok untuk Anda Yang ingin merawatnya secara indoor.

6. Bunga Bromelia

Bunga Bromelia

Bunga bromelia memiliki gradient warna yang sangat unik dan indah yang terdiri dari warna hijau dan merah. Bunga ini menjulur panjang bentuknya. Biasanya jenis bunga ini selain digunakan sebagai tanaman hias rumah, juga digunakan sebagai hiasan pada beberapa tempat wisata. Bunga dengan gradiasi warna yang indah ini juga tidak jarang tumbuh menempel pada pohon-pohon. Dengan keelokan warna dan bentuknya, bunga ini kini banyak diminati dan dibudidayakan.

7. Bunga Sutra Bombai

Bunga Sutra Bombai

Jenis tanaman Perdu lainnya yang juga banyak diminati saat ini adalah bunga sutra bombai. Bunga ini memiliki warna-warna cerah seperti pink dan putih dengan ukuran bunga yang kecil-kecil. Bunga kecil yang indah ini tumbuh menjalar sehingga cocok untuk ditanam di pot gantung atau ditanam layaknya rumput yang menempel di tanah secara langsung.

Dengan memilih bunga ini maka halaman rumah Anda dijamin akan lebih berwarna.

8. Bunga Sepatu

Bunga Sepatu

Mendengar nama bunga yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Apalagi bunga ini tidak jarang dijumapi di lingkungan tropis maupun subtropis. Bunga sepatu memiliki bentuk kelopak melebar dan berwarna merah merona. Warnanya menyala ini akan membuat halaman rumah Anda terlihat lebih berwarna.

Namun bunga ini tidak memiliki bau yang harum alias tidak memiliki bau. Meskipun begitu, tetap saja jenis bunga yang satu ini cocok untuk menjadi tanaman hias di halaman rumah Anda.

9. Puspa Bangsa

Puspa Bangsa

Mungkin sebagian besar dari Anda masih asing dengan nama ini. Namun jika Anda mendengar nama melati tentu bunga tersebut sangat familiar. Bunga puspa bangsa sebenarnya merupakan jenis bunga melati. Bentuknya yang indah dan warnanya yang putih bersih membuat banyak mata tertarik pada bunga ini.

Selain itu bau bunga ini sangat wangi. Batangnya pun tegak sehingga cocok Anda letakkan di dalam pot.

10. Bunga Mirten

Bunga Mirten

Jenis bunga ini termasuk dalam kategori tanaman perdu yang mudah perawatannya. Pasalnya bunga ini juga memiliki pertumbuhan daun yang cepat. Jenis bunga ini bisa digunakan sebagai tanaman hias indoor dan outdoor.

Cara Merawat Tanaman Perdu

Cara Merawat Tanaman Perdu

Tanaman hias seperti tanaman perdu memang berbeda dengan tanaman produktif yang biasanya perlu perawatan ekstra. Tanaman hias perdu secara umum tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Beberapa jenis tanaman perdu sangat tahan terhadap paparan sinar matahari namun beberapa lainnya justru tidak seberapa membutuhkan teriknya matahari.

Sehingga tanaman ini sangat layak dijadikan sebagai tanaman hias baik outdoor maupun indoor. Penyiraman pada jenis tanaman ini juga bisa dilakukan dengan cara yang umum layaknya waktu penyiraman tanaman biasa. Hanya saja satu hal yang perlu Anda perhatikan untuk perawatan tanaman jenis perdu ini.

Untuk beberapa jenis tanaman perdu yang memiliki bentukan layaknya rerumputan maka sebaiknya jangan sampai Anda menginjaknya. Hal ini dilakukan agar tanaman hias perdu tersebut tidak lekas mati atau rusak. Dengan perawatan yang baik dan benar maka dijamin perdu yang Anda budidaya akan tahan lama.

Manfaat Tanaman Perdu

Manfaat Tanaman Perdu

Sebagian orang mungkin belum tahu banyak bagaimana memanfaatkan tanaman perdu. Namun dengan beberapa penjelasan yang sudah ada di atas mungkin sudah memberikan sedikit gambaran mengenai bagaimana Anda bisa memanfaatkan perdu yang memiliki banyak sekali jenisnya itu. Tak lain dan tak bukan adalah dengan menjadikannya hiasan di dalam dan di luar rumah.

Jenis perdu yang bisa Anda jadikan sebagai hiasan di dalam rumah adalah jenis perdu yang bisa ditanam di dalam pot dan memiliki bentuk yang mini atau kecil. Sedangkan jenis perdu yang bisa Anda jadikan tanaman hias di luar rumah adalah jenis perdu yang berbentuk semak menggerombol atau yang tumbuh secara merambat.

Tanaman perdu yang tumbuh secara menggerombol layaknya semak-semak bisa Anda percantik dengan cara merapikannya secara rutin agar terlihat lebih rapi. Selain itu Anda juga bisa membentuknya dengan bentuk-bentuk karakter lucu. Namun yang perlu Anda ingat, tidak semua jenis perdu dapat Anda bentuk secara custom dengan karakter lucu. Anda perlu memperhatikan batang tanaman dan bentuk daunnya.

Manfaat tanaman perdu yang notabennya sebagai tanaman hias ternyata tidak hanya bisa Anda letakkan pada halaman rumah. Anda pun bisa memanfaatkan tanaman ini sebagai bahan dekorasi interior ataupun eksterior pada beberapa acara pesta. Seperti misalnya acara pesta pernikahan atau acara pesta jenis lainnya.

Bagi Anda yang ingin mengadakan pesta dengan konsep outdoor maka menggunakan tempat yang penuh dengan tanaman hias perdu adalah pilihan yang tepat karena dengan tanaman hias ini akan menambah keindahan tempat pesta Anda.

Tips Memilih Tanaman Perdu Yang Cocok

Tanaman perdu memang ada banyak sekali jenisnya. Dan memang karena tanaman ini adalah jenis tanaman hias maka tidak heran jika hampir semua jenis tanaman ini memiliki bentuk dan wujud yang indah dan menawan. Meskipun kebanyakan perdu berbentuk menggerombol bersemak, namum semaknya bukan semak biasa.

Semak perdu memiliki nilai sendiri yang memukau dan membuat banyak orang tertarik dengan tanaman ini. Meskipun semua jenis tanaman hias yang satu ini memiliki keindahan yang memukau akan tetapi bagi Anda yang ingin membudidayakan tanaman hias ini maka Anda perlu menyesuaikan beberapa hal dulu. Untuk itu Anda perlu beberapa tips dalam memilih jenis tanaman perdu yang akan Anda rawat.

Beberapa tips ini bisa Anda jadikan referensi agar pilihan Anda jadi lebih tepat dan bisa Anda manfaatkan sesuai tujuan awal Anda. Beberapa tipsnya adalah sebagai berikut :

1. Sesuaikan target

Sesuaikan target

Sebelum Anda membeli tanaman hias perdu tentu Anda sudah memiliki tujuan awal akan Anda jadikan hiasan apakah tanaman tersebut. Hal ini tentu harus Anda sesuaikan dengan tujuan awal Anda saat membeli tanaman tersebut mengingat ada banyak sekali jenis perdu yang dijual di toko-toko tanaman.

2. Pilih konsep yang sesuai

Pilih konsep yang sesuai

Jika Anda membeli perdu untuk hiasan halaman depan rumah Anda maka Anda harus menyiapkan konsep dari halaman yang akan Anda atur tersebut. Jangan sampai ukuran halaman Anda dengan jenis perdu yang Anda punya membuat halaman justru terlihat sempit dan penuh.

Jika halaman Anda memiliki ukuran yang luas maka Anda bisa membeli beberapa jenis tanaman perdu bersemak yang berukuran mini dan menanamnya dengan konsep melingkar atau mengeliling.

Di tengahnya Anda bisa menambahkan tanaman hias lain yang bisa berdiri tegak. Dengan konsep ini dijamin halaman rumah Anda tidak hanya terlihat rapi dan indah akan tetapi juga akan terlihat mewah dan berkelas.

3. Sesuaikan lokasi keberadaan

Sesuaikan lokasi keberadaan

Tidak semua jenis perdu memiliki kecocokan tanah yang sama. Ada kalanya beberapa dari jenis perdu ini memiliki jenis kecocokan tanah yang berbeda. Sehingga saran untuk Anda adalah memilih jenis tanaman yang disesuaikan dengan jenis tanah pada halaman rumah Anda.

4. Pertimbangkan iklim atau cuaca

Pertimbangkan iklim atau cuaca

Memang kebanyakan jenis perdu sangat fleksibel soal cuaca. Hampir semua jenisnya cocok dengan iklim tropis maupun subtropis. Akan tetapi ada beberapa jenis perdu yang perlu disesuaikan dengan ketahanannya terhadap iklim. Jika memang jenis tanaman tersebut adalah jenis yang tahan akan sinar matahari maka Anda bisa meletakkannya di luar rumah Anda.

5. Pilihlah tanaman perdu yang memiliki bunga berwarna

Pilihlah tanaman perdu yang memiliki bunga berwarna

Tips yang satu ini sebenarnya merupakab tips tambahan yang bisa Anda sesuaikan dengan selera dan keinginan Anda. Untuk Anda yang ingin mendekorasi halaman rumah agar terlihat lebih berwarna, maka Anda bisa menerapkan beberapa jenis perdu yang memiliki bunga berwarna warni.

Kemudian aturlah tata letak setiap bunga tersebut berjejer atau mengeliling. Dengan begitu halaman Anda akan terlihat lebih rapi dan indah dipandang dengan gabungan warna warni bunga.

Budidaya Tanaman Perdu

Budidaya Tanaman Perdu

Jenis tanaman yang bisa dibudidayakan tidak hanya jenis tanaman produktif yang mana bisa dikonsumsi. Tanaman hias seperti perdu juga sangat bisa dibudidayakan. Apalagi saat ini semakin banyak orang yang tertarik untuk merawar tanaman hias. Entah untuk kebutuhan hiasan rumah maupun sebagai hiasan dalam konsep dekorasi suatu acara.

Bahkan sekarang tidak sedikit orang yang memanfaatkan tanaman perdu untuk dekorasi pesta pernikahan, lamaran, pertunangan, dan acara sejenis pesta lainnya. Jika Anda ingin membudidayakan perdu yang kemudian ingin Anda jual maka tidak menutup kemungkinan Anda akan memperoleh untung yang besar.

Selain itu Anda juga bisa membantu melestarikan tanaman hias dengan daya tarik tanaman perdu yang indah dan menawan. Hasil dari budidaya perdu pun bisa dijual kembali dengan cara merangkainya menjadi bucket bunga yang biasa digunakan pada papan ucapan. Apalagi saat ini menggunakan papan ucapan sebagai bentuk hadiah adalah hal yang sudah umum dilakukan oleh kebanyakan orang.

Membudidayakan perdu bisa menjadi peluang bisnis baru untuk Anda yang memang suka dengan dunia tanaman hias. Beraneka ragam tanaman perdu yang sudah disebutkan pada pembahasan di atas mungkin belum keseluruhan dari jenis perdu yang ada.

Namun beberapa di atas merupakan jenis perdu yang sudah sering ditemukan di banyak tempat sehingga Anda pun bisa mendapatkannya dengan mudah jika memang ingin membudidayakannya.

6 Tanaman Perdu (Ragam jenis, cara merawat, dan manfaat)

Add Comment