4 Tanaman Mangga (Penjelasan, klasiikasi, budidaya, dan manfaat)

Tanaman Mangga – Mangga merupakan salah satu buah yang paling populer di Indonesia. Seperti yang diketahui, kita bisa menemukan buah mangga di mana saja. Tanaman mangga berasal dari Pakistan, India, dan Sri Lanka yang kemudian menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Namun, mangga jenis Kweni atau Mangifera Odorata diklaim berasal dari Kalimantan Timur, Indonesia.

Tanaman mangga termasuk ke dalam kategori Arboreus, yakni tumbuhan kayu dengan tinggi batang lebih dari lima meter. Tinggi pohonnya pun bisa mencapai 10 hingga 40 meter. Mangga berasal dari kata “Malayalam Maanga” yang dalam Bahasa Indonesia berarti “Mangga”.

Penjelasan Tanaman Mangga

Penjelasan Tanaman Mangga

Tanaman mangga memiliki daun dengan warna merah atau kuning saat daun muda, serta berubah di bagian permukaan atas menjadi hijau mengkilat. Sementara pada bagian permukaan bawahnya, berubah menjadi warna hijau saat daun muda mulai menua.

Selain itu, tanaman mangga juga memiliki bentuk yang beragam, seperti bulat telur dengan ujung runcing, lonjong dengan ujung layaknya mata tombak, segi empat dengan ujung runcing, dan segi empat dengan ujungnya yang membulat.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mangga

Berdasarkan taksonomi (ilmu klasifikasi makhluk hidup), tanaman mangga memiliki klasifikasi. Berikut ini adalah penjelasan mengenai klasifikasi dan morfologi daun mangga:

  • Kingdom (Plantae).
  • Sub Kingdom (Viridiplantae).
  • Super Divisi (Embryophyta).
  • Infra Kingdom (Streptophyta).
  • Divisi (Tracheophyta).
  • Sub Divisi (Angiospermae).
  • Ordo (Sapindales).
  • Kelas (Dicotyledon).
  • Famili (Anacardiaceae).
  • Spesies (Mangifera SP).
  • Genus (Mangifera).

Sementara itu, tanaman mangga bervariasi dan sudah dikaji dalam bentuk klasifikasi dan morfologi.

1. Akar Tanaman Mangga

Akar Tanaman Mangga

Tanaman mangga sebetulnya memiliki akar tunggang yang bakal tumbuh besar seiring dengan perkembangannya. Pertumbuhan akar tanaman yang satu ini bisa menyentuh tanah hingga kedalaman mencapai enam meter.

2. Batang Tanaman Mangga

Batang Tanaman Mangga

Selain itu, mangga memiliki batang yang tegak. Kemudian, ada juga cabang dan ranting yang kuat berkat kandungan kambium di dalamnya. Batang dari tanaman ini juga memiliki kulit tebal yang melindunginya dengan permukaan kasar dan celah yang bersisik.

Warna batangnya juga dipengaruhi oleh usia tanaman. Jika usianya masih muda, maka batang tersebut akan berwarna hijau, namun jika sudah tua akan berwarna kecoklatan.

3. Bunga Tanaman Mangga

Bunga Tanaman Mangga

Bunga merupakan regenerasi dari tumbuhan. Bunga tanaman mangga memiliki kelamin ganda, kemudian ukurannya juga terbilang cukup kecil, yaitu 6-8 mm.

4. Daun Tanaman Mangga

Daun Tanaman Mangga

Tanaman mangga memiliki tulang daun sejajar dengan permukaan yang cukup licin. Daun tanaman mangga sendiri berwarna hijau, namun daun barunya akan berwarna kekuningan, kekuningan, atau kemerahan. Bentuk dari daun mangga pun tergantung dari jenis tanaman yang anda lihat.

5. Buah

Buah

Tanaman mangga memiliki tiga lapisan dinding buah, yaitu mesokarp, endokarp, dan eksokarp. Mesokarp merupakan bagian yang memiliki daging, lalu endokarp adalah bagian keras layaknya batu, dan eksokarp merupakan bagian kulit.

Buah dari tanaman ini memiliki beragam ukuran yang tergantung dari jenis mangganya. Ukuran tersebut sekitar 2,5-30 cm dengan bentuk bulat, oval, hingga lonjong.

6. Biji

Biji

Tanaman ini memiliki biji yang dilindungi oleh daging. Biji tersebut adalah bakal tanaman agar menghasilkan mangga yang baru. Biji yang dimaksud memiliki bentuk pipih dan berwarna putih.

Budidaya Tanaman Mangga

Bagi anda yang ingin membudidayakan tanaman mangga, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Memilih Bibit

Memilih Bibit

Saat memilih bibit, sebaiknya anda menggunakan biji yang berasal dari tanaman sehat dan buah berkualitas. Caranya, anda bisa mengeringkan, menganginkan biji, serta membuang kulitnya.

2. Proses Semai Bibit

Proses Semai Bibit

Proses penyemaian biji mangga harus diberikan pelindung yang dibuat dari plastik atau sisa tanaman. Pastikan juga udara saat penyemaian tidak lembab. Kemudian, biji buah mangga ditanam dalam posisi menghadap ke bawah agar akarnya tidak bengkok.

3. Mengolah Media Tanam

Mengolah Media Tanam

Saat menyiapkan lahan, sebaiknya anda membuang seluruh tanaman yang tidak ada fungsinya. Tanah tersebut harus dibajak untuk menghilangkan tumpukan dan menggemburkan tanah. Hal itu dikarenakan agar mengeluarkan racun yang ada di dalam tanah.

4. Cara Penanaman

Cara Penanaman

Anda bisa membuat lubang tanaman untuk proses penimbunan. Kemudian, gali kembali hingga kedalaman 30 cm, serta panjang dan lebar sekitar 60 cm. Dalam lubang tanam, sebaiknya anda berikan furadan sekitar 10-25 gram. Lalu, anda dapat ambil polybag dan masukkan ke dalam tanah.

Manfaat dari Tanaman Mangga

Terdapat beberapa manfaat yang dimiliki oleh mangga, yaitu:

1. Kesehatan Mata

Kesehatan Mata

Buah mangga mengandung vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. Mangga bisa mengobati berbagai penyakit, seperti anemia. Anemia merupakan penyakit yang disebabkan oleh rendahnya sel darah yang tidak sesuai batas normal.

Selain itu, buah mangga juga kaya akan zat besi. Hal ini sangat berguna bagi penderita anemia, namun juga harus diseimbangkan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12, vitamin C, dan folat.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi bisa diatasi dengan mengubah pola hidup. Anda juga bisa melakukan pengobatan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, yaitu buah mangga. Sebab, kandungan yang ada di dalam buah mangga kaya akan kalium dan sangat baik untuk penderita darah tinggi.

3. Mencegah Kanker

Mencegah Kanker

Buah mangga juga bisa mencegah kanker. Umumnya, penyakit ini disebabkan oleh perkembangan sel yang tidak bisa dikontrol dan dibiarkan begitu saja di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi mangga secara rutin, maka anda dapat mencegah terjadinya kanker.

4. Meningkatkan Kecerdasan

Meningkatkan Kecerdasan

Buah mangga mengandung vitamin B6, sehingga mampu meningkatkan kinerja otak secara maksimal. Kemudian, buah mangga juga dapat menjaga fungsi atau kegunaan otak dengan baik. Jika anda mengonsumsi mangga secara rutin, maka kesehatan tubuh akan terjaga dan juga meningkatkan kecerdasan otak.

Demikian penjelasan mengenai klasifikasi dan budidaya tanaman mangga. Melalui artikel ini, semoga anda dapat membudidayakan daun mangga di rumah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

4 Tanaman Mangga (Penjelasan, klasiikasi, budidaya, dan manfaat)

Add Comment