5+ Tanaman Kumis Kucing (Kasiat zat dan kandungan utama)

Tanaman Kumis Kucing – Tanaman kumis kucing atau dalam bahasa latin adalah Orthosiphon aristatus, ini termasuk dalam tanaman obat herbal keluarga atau tanaman toga. Sebab, kumis kucing ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan kategori kronis ataupun non-kronis. Sehingga, tumbuhan kumis kucing ini wajib Anda tanam dirumah guna Anda jadikan sebagai obat herbal.

Selain dapat dijadikan sebagai obat herbal tradisional, tumbuhan kumis kucing ini juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan obat farmasi. Maka, tak heran bila kini banyak orang membudidayakan tumbuhan kumis kucing. Sebab, harga jual dari tumbuhan kumis kucing ini juga cukup mahal dan selalu dibeli oleh perusahaan-perusahaan farmasi.

Kandungan Zat Dan Vitamin yang Ada Pada Tumbuhan Kumis Kucing

Siapa yang menyangka bahwa tumbuhan kumis kucing ini menjadi salah satu obat paling mujarab di dunia ? Ya, di dalam kandungan tumbuhan kumis kucing ini terdapat berbagai macam zat, nutrisi, serta vitamin yang diperlukan oleh tubuh manusia.

Sehingga, apabila seseorang tengah mengalami penyakit ataupun ingin memelihara kesehatan tubuh, maka mereka dapat mengkonsumsi tanaman kumis kucing ini. Maka dari itu, bagi kalian yang ingin tahu kandungan zat dan juga vitamin yang terkandung dalam tumbuhan kumis kucing.

Maka, ini dia berbagai kandungan zat dan vitamin yang terkandung dalam tumbuhan kumis kucing, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Minyak Atsiri

Minyak Atsiri

Tanaman kumis  kucing ini mengandung kandungan minyak atsiri yang begitu melimpah. Nah, minyak atsiri ini dapat membantu memulihkan tenaga Anda yang telah terkuras selama seharian penuh. Oleh sebab itu, bagi Anda yang kerap mengalami nyeri badan ataupun nyeri otot, maka Anda dapat mengkonsumsi tumbuhan kumis kucing.

2. Saponin

Saponin

Bagi Anda yang pernah mengkonsumsi tumbuhan kumis kucing pasti sudah tahu akan rasanya bukan. Ya, tumbuhan kumis kucing ini memiliki rasa masam ketika dikonsumsi.

Sebab, rasa masam tersebut timbul karena tumbuhan kumis kucing ini mengandung zat saponin yang cukup tinggi. Nah, zat saponin ini berguna sebagai antibakteri yang mampu melindungi tubuh Anda dari virus, bakteri, ataupun radikal bebas.

3. Kalium

Kalium

Tumbuhan kumis kucing ini juga mendandung kalium yang cukup tinggi. Kalium ini berguna untuk menjaga peredaran darah, menstabilkan tekanan jantung, dan juga  baik untuk memelihara kesehatan sendi dan otot.

Nah, itulah beberapa kandungan tumbuhan kumis kucing. Rata-rata, zat-zat yang terkandung di dalam kumis kucing tersebut adalah zat-zat yang dapat membantu manusia untuk melawan penyakit ataupun digunakan untuk memelihara kesehatan tubuh.

Khasiat Utama Dari Tanaman Kumis Kucing

Bukan rahasia lagi bila tumbuhan kumis kucing ini memiliki banyak sekali khasiat dan juga manaatnya bagi kehidupan manusia. Sebab, tumbuhan kumis kucing ini kaya akan zat, nutrisi, dan juga vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sehingga, tumbuhan kumis kucing ini dipercaya dapat dijadikan sebagai obat herbak keluarga, ataupun juga dijadikan sebagai bahan baku pembuatan obat farmasi. Maka dari itu, ini dia beberapa khasiat dari tumbuhan kumis kucing. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Penyakit Ginjal

Penyakit Ginjal

Khasiat pertama dari tumbuhan kumis kucing adalah mencegah dan mengobati penyakit ginjal, seperti batu ginjal. Ya, batu ginjal adalah salah satu penyakit yang menyumbat keluarnya urine karena aliran urine tertutup batu ginjal.

Untuk itu, dengan mengkonsumsi tumbuhan kumis kucing ini. Maka, kandungan dalam tumbuhan kumis kucing ini mampu meluruhkan batu ginjal yang ada pada saluran kemih. Sehingga, Anda pun dapat mengeluarkan urine secara normal kembali.

2. Mengatasi Penyakit Asma

Mengatasi Penyakit Asma

Khasiat kedua dari tumbuhan kumis kucing adalah mengatasi penyakit asma. Penyakit asma ini disebabkan oleh penyempitan saluran pernafasan. Untuk itu, dengan mengkonsumsi tumbuhan kumis kucing ini, maka dapat melonggarkan saluran pernafasan..

3. Membantu Program Diet

Membantu Program Diet

Untuk seseorang yang tengah mengikuti program penurunan berat badan atau diet, maka ia juga disarankan untuk mengkonsumsi tumbuhan kumis kucing. Sebab, di dalam kandungan kumis kucing ini juga terdapat nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sehingga, ketika Anda memutuskan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi, maka Anda dapat menggantinya dengan mengkonsumsi tumbuhan kumis kucing.

4. Mengatasi Penyakit Rheumatik

Mengatasi Penyakit Rheumatik

Bagi Anda yang kerap menderita penyakit rheumatik, maka Anda perlu mengkonsumsi tumbuhan kumis kucing ini. Sebab, tumbuhan kumis kucing ini mengandung zat-zat yang berguna untuk meredakan peradangan dan pembengkakan pada otot, tulang, dan persendian.

5. Mengobati Gusi Yang Bengkak

Mengobati Gusi Yang Bengkak

Khasiat tumbuhan kumis kucing selanjutnya adalah sebagai obat untuk Anda yang tengah mengalami masalah gusi membengkak. Cukup sakit memang mengalami masalah gusi membengkak.

Oleh sebab itu, Anda dapat mengobatinya dengan mengkonsumsi tumbuhan kumis kucing. Sebab, dalam kandungan kumis kucing ini terdapat zat yang mampu meredakan pembengkakak gusi.

6. Menurunkan Tensi Tekanan Darah

Menurunkan Tensi Tekanan Darah

Antioksidan merupakan salah satu zat yang terkandung paling banyak pada tanaman kumis kucing. Oleh sebab itu, tumbuhan kumis kucing ini juga dapat Anda gunakan sebagai obat untuk menurunkan tensi tekanan darah dan juga obat untuk mencegah masuknya sel kanker akibat paparan radikal bebas.

Maka dari itu, bagi Anda yang ingin memelihara kesehatan tubuh dan ingin juga mengobati penyakit hipertensi, maka Anda dapat mengkonsumsi tumbuhan kumis kucing ini.

7. Mengobati Alergi dan Gatal-Gatal

Mengobati Alergi dan Gatal-Gatal

Khasiat selanjutnya dari tumbuhan kumis kucing adalah berguna untuk mengobati alergi dan gatal-gatal. Terkadang, seseorang mengalami alergi atau gatal-gatal ini setelah mengkonsumsi makanan tertentu.

Maka dari itu, Anda dapat menggunakan tumbuhan kumis kucing ini guna menetralisir racun yang menyebabkan Anda mengalami gatal-gatal atau alergi di dalam tubuh.

Nah, itulah beberapa khasiat utama dari  tumbuhan kumis kucing. Memang, kandungan zat, nutrisi, dan juga vitamin yang terkandung di dalam tumbuhan kumis kucing ini memang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda. Maka dari itu, sebaiknya Anda membudidayakan tumbuhan kumis kucing dirumah.

Sebab, ketika Anda tengah mengalami penyakit tertentu, maka Anda dapat langsung saja mengkonsumsi tumbuhan kumis kucing yang telah Anda budidayakan sendiri dirumah.

Cara Mengolah Tanaman Kumis Kucing Untuk Dijadikan Obat Herbal Tradisional

Memang, rata-rata orang Indonesia ini belum mengerti betul tentang tata cara mengelola tumbuhan kumis kucing untuk dijadikan sebagai obat herbal tradisional. Sebab, kebanyakan orang yang mengalami penyakit tertentu ini lebih memilih membeli obat farmasi dibanding menggunakan obat herbal tradisional.

Salah satu alasannya adalah, karena mereka tidak mengetahui tentang tata cara mengelola tumbuhan untuk dijadikan obat herbal. Maka dari itu, ini dia cara mengelola tumbuhan kumis kucing untuk dijadikan obat herbal tradisional. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Untuk Obat Penyakit Ginjal

Untuk Obat Penyakit Ginjal

  • Langkah pertama adalah mengambil daun kumis kucing secukupnya
  • Kemudian, keringkan daun kumis kucing hingga benar-benar mengering
  • Terdapat dua cara untuk mengkonsumsinya. Pertama, Anda dapat merebus dan kemudian meminum air rebusan daun kumis kucing. Atau, daun kumis kucing kering dapat Anda tumbuk dan kemudian larutkan seperti Anda mengkonsumsi teh

2. Untuk Penyakit Rheumatik

Untuk Penyakit Rheumatik

  • Siapkan beberapa lembar daun kumis kucing
  • Siapkan pula daun meniran secukupnya
  • Kemudian, lumatkan kedua daun tersebut hingga benar-benar layu
  • Rebus air mendidih
  • Masukkan kedua daun tersebut
  • Tunggu hingga kadar mendidih dan tinggal ¾ dari total air yang Anda rebus
  • Minum air rebusan daun kumis kucing dan daun meniran secara teratur setiap harinya

3. Sakit Pinggang

Sakit Pinggang

  • Siapkan 7 helai daun kumis kucing dan juga 2 potong akar kumis kucing
  • Cuci daun dan akar kumis kucing hingga bersih
  • Kemudian, siapkan air yang telah mendidih
  • Rebus 7 helai daun dan 2 potong akan kumis kucing
  • Setelah air mendidih, diamkan air rebusan daun dan akar kumis kucing semalaman
  • Kemudian minum air rebusan daun dan akar kumis kucing yang telah Anda diamkan semalaman. Lakukan cara pengobatan herbal alami ini secara rutin untuk menghilangkan rasa sakit pada pinggang Anda

4. Masuk Angin

Masuk Angin

  • Siapkan daun kumis kucing secukupnya
  • Siapkan air yang telah mendidih
  • Masukkan daun kumis kucing yang telah Anda sediakan sebelumnya
  • Rebus daun kumis kucing hingga kadar air hanya tinggal setengahnya saja
  • Minum air rebusan daun kucing

5. Radang Ginjal

Radang Ginjal

  • Siapkan 40 helai daun tumbuhan kumis kucing
  • Siapkan 3 buah blimbing wuluh matang
  • Tumbuk 40 helai daun kumis kucing dan 3 buah blimbing wuluh matang
  • Kemudian, masukkan ke gelas tumbukan daun kumis kucing dan blimbing wuluh tua tersebut
  • Tambahkan air hangat dan aduk hingga ramuan tersebut menyampur
  • Minum ramuan dari daun kumis kucing dan blimbing wuluh tua secara rutin, minimal 3 kali dalam satu hari selama 1 minggu penuh

6. Gatal-Gatal dan Alergi

Gatal-Gatal dan Alergi

  • Siapkan daun kumis kucing secukupnya
  • Siapkan meniran secukupnya
  • Siapkan sambiloto secukupnya
  • Siapkan 2 ruas temulakan
  • Rebus air hingga mendidih
  • Masukkan semua bahan-bahan tersebut
  • Setelah kadar air tinggal setengah. Maka, gunakan saringan untuk memisahkan air dengan ampas
  • Minum ramuan tersebut dan kemudian istirahat secukupnya.

Cara Budidaya Tanaman Kumis Kucing Di Rumah

Di Indonsia, masih banyak orang yang belum mengerti tentang tata cara membudidayakan tumbuhan kumis kucing ini. Padahal, tumbuhan kumis kucing ini sangat dianjurkan untuk dibudidaya, khususnya dirumah. Sebab, apabila anggota keluarga Anda tengah menderita penyakit kronis ataupun non-kronis, maka dapat diobati dengan menggunakan tumbuhan kumis kucing.

Oleh sebab itu, inilah beberapa tahapan dalam membudidayakan tumbuhan kumis kucing. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Memilih Bibit Kumis Kucing

Memilih Bibit Kumis Kucing

 

Langkah pertama adalah memilih bibit kumis kucing. Pilih tumbuhan kumis kucing berusia tidak terlalu tua dan juga tidak terlalu muda. Potong batang tumbuhan kumis kucing tersebut. Kemudian, tanam bibit kumis kucing ke dalam wadah di kedalam tanah sekitar 20 cm. Lakukan penyiraman bibit minimal sekali dalam kurun waktu satu hari.

2. Menanam Bibit Kumis Kucing

Menanam Bibit Kumis Kucing

 

Langkah kedua adalah menanam bibit kumis kucing. Siapkan pot yang telah berisikan campuran tanah, sekam, dan pupuk kandang. Tanam bibit kumis kucing dengan kedalaman 5 cm dengan posisi tegak lurus. Padatkan tanah dan kemudian siram dengan air minimal sekali dalam sehari.

3. Selalu Beri Pupuk Secara Teratur

Selalu Beri Pupuk Secara Teratur

Agar tumbuhan kumis kucing ini dapat segera tumbuh, maka Anda harus memberikan pupuk secara teratur. Anda dapat menggunakan jenis pupuk organik guna memenuhi nutrisi tumbuhan kumis kucing. Lakukanlah pemupukan setidaknya 2 hingga 3 minggu sekali, agar tumbuhan kumis kucing dapat tumbuh sehat dan terbebas dari hama serta penyakit.

Nah, itulah beberapa tahapan yang harus Anda kerjakan untuk membudidayakan tumbuhan kumis kucing dirumah. Pastikan Anda selalu menyiram dan memberikan pupuk organik secara teratur.

Resiko Terlalu Banyak Mengkonsumsi Tanaman Kumis Kucing

Bagi beberapa orang memang tidak mengerti dan mengetahui, bahwa terdapat efek samping dari tumbuhan kumis kucing. Ya, efek samping tersebut disebabkan karena Anda terlalu banyak mengkonsumsi tumbuhan kumis kucing.

Maka dari itu, inilah beberapa efek samping akibat terlalu banyak mengkonsumsi tumbuhan kumis kucing. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Sakit Perut

Sakit Perut

Memang, dalam kandungan tumbuhan kumis kucing ini mengandung banyak zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi, apabila Anda terlalu banyak mengkonsumsi tanaman kumis kucing ini juga dapat menimbulkan masalah, yakni sakit perut.

Ya, terdapat salah satu zat di dalam kandungan kumis kucing yang dapat memicu asam lambung Anda naik, sehingga tidak disarankan untuk tidak mengkonsumsi tumbuhan kumis kucing secara berlebih setiap harinya.

2. Sesak Nafas

Sesak Nafas

Salah satu khasiat tumbuhan kumis kucing adalah dapat meredakan sesak nafas ataupun asma. Namun, tetap saja Anda harus mengkonsumsi tumbuhan kumis kucing dalam ambang batas wajar.

Sebab, apabila Anda terlalu banyak mengkonsumsi tumbuhan kumis kucing, maka, Anda dapat menderita sesak nafas kembali. Oleh sebab itu, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi tumbuhan kumis kucing melebihi ambang batas yang dianjurkan.

3. Mengganggu Kinerja Jantung

Mengganggu Kinerja Jantung

Efek samping dari tumbuhan kumis kucing yang terlalu banyak dikonsumsi adalah mengganggu kinerja jantung.  Sebab, dalam kandungan tumbuhan kumis kucing ini terdapat zat-zat yang tidak baik untuk kesehatan jantung.

Maka dari itu, apabila Anda terlalu banyak mengkonsumsi tumbuhan kumis kucing, maka bukan tidak mungkin dapat mengganggu kinerja jantunng. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi tumbuhan kumis kucing sesuai dengan penyakit yang Anda derita.

4. Dapat Menyebabkan Penyakit Hipotensi

Dapat Menyebabkan Penyakit Hipotensi

Nah, salah satu khasiat dari tumbuhan kumis kucing ini adalah guna menurunkan tensi darah atau hipertensi. Akan tetapi, bilamana Anda terlalu banyak mengkonsumsi tumbuhan kumis kucing ini juga dapat menyebabkan Anda terkena penyakit hipotensi atau tekanan darah rendah.

Sebab, kandungan zat yang terkandung dalam tanaman kumis kucing ini dapat menurunkan tensi darah secara signifikan. Namun, bilamana Anda terlalu banyak mengkonsumsinya, maka Anda dapat terkena serangan tekanan darah rendah atau hipotensi.

5. Dapat Menimbulkan Keracunan

Dapat Menimbulkan Keracunan

Dan efek samping terakhir akibat terlalu banyak mengkonsumsi tumbuhan kumis kucing adalah dapat menimbulkan keracunan. Sebab, apabila terlalu banyak zat, nutrisi, dan vitamin dalam tubuh. Maka, tubuh Anda pun tidak akan sanggup menyerap kandungan tumbuhan kumis kucing terlalu banyak. Sehingga dapat menyebabkan Anda keracunan.

Tanaman kumis kucing merupakan salah satu jenis tanaman obat herbal keluarga (toga), yang mana tanaman tersebut sangat baik untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan juga memelihara kesehatan tubuh. Maka tak heran bila banyak obat-obat farmasi ini menggunakan bahan baku berupa tumbuhan kumis kucing.

5+ Tanaman Kumis Kucing (Kasiat zat dan kandungan utama)

Add Comment