21 Tanaman Krokot (Kandungan, Khasiat, cara mengolah, dan jenis-jenis)

Tanaman Krokot – Tanaman krokot atau portulaca oleracea merupakan salah satu tanaman liar yang kerap tumbuh di sekitaran rumah ataupun di semak belukar. Meskipun dikatakan sebagai salah satu tanaman hama, namun ternyata tanaman krokot ini memiliki banyak akan manfaat, terutama bagi kesehatan tubuh manusia.

Ya, krokot yang awalnya kerap dianggap hama atau gulma bagi orang-orang, terutama para petani ini ternyata memiliki banyak kandungan vitamin, zat, dan juga antioksidan yang baik untuk menyembuhkan penyakit hingga memeliharan kesehatan organ tubuh manusia. Oleh sebab itu, Anda dapat memanfaatkan krokot ini sebagai obat herbal tradisional alami.

Ini Dia Kandungan Zat dan Vitamin Yang Ada Di Dalam Tanaman Krokot

Siapa yang menyangka bahwa tanaman yang awalnya dianggap sebagai tanaman pengganggu ini ternyata kaya akan kandungan zat dan vitamin yang dibutuhkkan oleh tubuh manusia. Ya, di dalam tumbuhan krokot ini, ternyata terdapat berbagai zat-zat dan vitamin yang cukup banyak dan beragam. Diantaranya adalah :

1. Vitamin A

Vitamin A

Vitamin A ini sangat baik untuk kesehatan mata dan juga mencegah timbulnya keriput pada kulit. Nah, dengan mengkonsumsi daun krokot ini, maka Anda dapat memelihara kesehatan mata dan juga mencegah timbulnya keriput pada kulit.

2. Omega 3

Omega 3

Selain kaya akan vitamin A, tumbuhan krokot ini juga dipercaya kaya akan zat omega 3. Ya, omega 3 ini adalah salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Omega 3 ini dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan otak dan juga berguna untuk memelihara kesehatan jantung.

3. Kalsium

Kalsium

Tumbuhan krokot ini juga mengandung zat kalsium. Kalsium yang terkandung dalam tumbuhan krokot ini juga cukup tinggi. Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi tumbuhan krokot ini, maka dipercaya dapat menstimulus pertumbuhan tulang, khususnya bagi anak-anak.

4. Potassium

Potassium

Tumbuhan krokot ini juga mengandung zat potassium yang cukup tinggi. Kandungan zat potassium ini berguna untuk menangkal radikal bebas yang mana dapat mempengaruhi tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin memelihara kesehatan tubuh, maka Anda dapat mengkonsumsi krokot setiap hari dengan porsi yang wajar.

Nah, itu dia beberapa kandungan zat dan juga vitamin yang terkandung dalam tumbuhan krokot. Oleh sebab itu, tumbuhan krokot ini juga acap kali digunakan sebagai bahan baku pembuatan obat herbal alami yang dibuat secara tradisional. Sebab, tanaman krokot juga dipercaya berkhasiat untuk menyembuhkan beraneka ragam penyakit, baik penyakit kronis ataupun non-kronis.

Khasiat Utama Dari Tanaman Krokot

Di luar Negeri, tumbuhan krokot ini telah ditetapkan sebagai salah satu tanaman obat oleh organisasi kesehatan dunia (WHO). Sehingga, beberapa perusahaan farmasi di dunia telah menggunakan krokot sebagai bahan baku utama maupun campuran dalam memproduksi obat untuk berbagai jenis penyakit.

Nah, untuk Anda yang tengah mengidap penyakit kronis ataupun non-kronis dan ingin mencari obat yang berasal dari tanaman, maka Anda dapat menggunakan tumbuhan krokot sebagai obat herbal alami. Sebab, tumbuhan krokot ini memiliki berbagai khasiat utama, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Memelihara Kesehatan Jantung

Memelihara Kesehatan Jantung

Kini, banyak orang kerap mengalami serangan jantung secara tiba-tiba, yang mana berujung pada kematian karena terlambat untuk ditangani. Salah satu penyebab seseorang terkena serangan jantung secara tiba-tiba adalah kelebihan kolesterol dalam tubuh. Sehingga, menyebabkan tersumbatnya aliran darah ke jantung.

Maka dari itu, guna meluruhkan kolesterol jahat di dalam aliran darah, maka Anda dapat mengkonsumsi tumbuhan krokot. Sebab, tumbuhan krokot ini mengandung omega 3 yang dapat membakar kardiovaskular dan aterosklerosis dalam aliran darah.

Ya, kedua zat tersebut merupakan zat kolesterol jahat yang dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan jantung, stroke, ataupun mengalami serangan jantung secara tiba-tiba.

2. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

Tumbuhan krokot ini juga dipercaya dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan secara alami. Mengapa demikian? Sebab, tumbuhan krokot ini juga kaya akan nutrisi serta memiliki kadar kalori yang rendah.

Sehingga, dengan mengkonsumsi tumbuhan krokot secara teratur dapat mnyuplai nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda dan tidak menyebabkan kegemukan.

3. Memeliharan Kesehatan Mata dan Kulit

Memeliharan Kesehatan Mata dan Kulit

Tumbuhan krokot ini pun juga berguna untuk memeliharan kesehatan mata dan juga kulit Anda. Ya, di dalam tumbuhan krokot ini terkandung zat dan vitamin yang berguna untuk memelihara kesehatan mata dan kulit, seperti vitamin A, beta-karotein, dan juga omega 3.

Ketiga zat tersebut dipercaya dapat memelihara kesehatan mata dan juga mengencangkan kulit agat Anda tidak mengalami masalah penuaan dini akibat timbulnya keriput pada kulit wajah.

4. Mencegah Gangguan Pertumbuhan Anak

Mencegah Gangguan Pertumbuhan Anak

Tanaman krokot ini juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Sebab, krokot ini juga dipercaya dapat mencegah adanya gangguan pertumbuhan serta kecerdasan otak anak Anda. Tanaman yang kaya akan omega 3 ini dipercaya dapat mencegah kelainan pada masa pertumbuhan anak-anak, seperti ADHD ataupun autisme.

Jadi, agar anak Anda tidak mengalam gangguan pertumbuhan seperti ADHD ataupun autisme, maka Anda dapat mengolah tumbuhan krokot ini sebagai salah satu menu makanan anak Anda.

5. Mengatasi Masalah Pada Usus

Mengatasi Masalah Pada Usus

Salah satu penyakit yang cukup menyiksa adalah penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada usus, seperti wasir, diare, ataupun disentri. Ya, penyakit yang disebabkan oleh gangguan usus ini akan berakibat fatal bila tidak segera ditangani.

Namun tenang, Anda tidak perlu panik untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh usus tersebut.

Sebab, Anda dapat mengkonsumsi tanaman kroko secara teratur apabila Anda ingin sembuh dari penyakit wasir, diare, ataupun disentri. Sebab, kandungan zat dalam tumbuhan krokot ini dipercaya mampu mengatasi masalah yang disebabkan oleh gangguan usus.

6. Melancarkan Metabolisme Dalam Tubuh

Melancarkan Metabolisme Dalam Tubuh

Khasiat terakhir dari tumbuhan krokot adalah melancarkan sirkulasi darah atau metabolisme dalam tubuh. Sebab, tumbuhan krokot ini mengandung zat besi dan juga tembaga yang cukup banyak.

Maka, dengan mengkonsumsi tumbuhan krokot ini, maka peredara darah dalam tubuh akan semakin lancar. Sehingga, tubuh Anda pun semakin sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya seperti stroke, serangan jantung, hingga kanker.

Itulah beberapa khasiat utama dari tumbuhan krokot yang kerap dianggap sebagai hama oleh masyarakat. Sebaiknya, Anda mengkonsumsi tumbuhan krokot secara teratur setiap harinya, guna menjaga dan memelihara kesehatan tubuh.

Cara Mengolah dan Mengkonsumsi Tanaman Krokot Untuk Dijadikan Obat Herbal Alami

Banyak orang yang masih bingung terkait cara pengolahan dan juga cara mengkonsumsi tumbuhan krokot ini untuk dijadikan sebagai obat herbal alami, yang berguna untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Sebab, tumbuhan yang kerap dianggap sebagai hama ini memang sedikit sukar dalam hal pengolahan dan cara konsumsinya.

Namun Anda jangan khawatir, kami akan membagikan tips tentang cara mudah mengolah dan mengkonsumsi tumbuhan krokot yang akan dijadikan sebagai obat herbal alami, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Untuk Digunakan Sebagai Obat

Untuk Digunakan Sebagai Obat

  • Silahkan ambil tumbuhan krokot, lalu bersihkan krokot dari akar dan juga sisa tanah yang menempel
  • Kemudian, keringkan tumbuhan krokot mulai dari batang hingga daunnya.
  • Setelah tumbuhan krokot ini mengering. Maka, langkah selanjutnya adalah mengukus krokot tersebut hingga matang.
  • Setelah itu, keringkan kembali krokot yang telah dikusus hingga mengering.
  • Tumbuk tumbuhan krokot hingga halus. Kemudian Anda dapat memasukkan krokot yang telah ditumbuk halus ke dalam kapsul. Kemudian, Anda tinggal minum kapsul yang berisikan tumbukan krokot.

2. Untuk Digunakan Sebagai Menu Diet

Untuk Digunakan Sebagai Menu Diet

  • Silahkan ambil tumbuhan krokot dan jangan lupa membersihkannya dari akar dan juga sisa tanah yang menempel
  • Kemudian, cuci tumbuhan krokot hingga benar-benar bersih
  • Kemudian, kukus tumbuhan krokot hingga benar-benar matang
  • Langkah terakhir adalah, silahkan hidangkan tumbuhan krokot yang telah lembut ke piring untuk dikonsumsi.

3. Untuk Dijadikan Masker

Untuk Dijadikan Masker

  • Silahkan ambil tumbuhan krokot (disarankan hanya mengambil daunnya saja) serta jangan lupa membersihkannya dari akan dan juga sisa tanah yang menempel
  • Keringkan terlebih dahulu daun krokot
  • Setelah kering, maka silahkan Anda tumbuk daun krokot hingga halus
  • Tiriskan tumbukan daun krokot yang telah halus
  • Siapkan air dan madu
  • Campurkan antara tumbukan daun krokot dengan air dan juga madu
  • Oleskan secara merata ke wajah Anda
  • Tunggu hingga mengering
  • Lalu, bilas masker daun krokot tersebut hingga bersih
  • Gunakan masker daun krokot ini secara rutin setiap minggunya

Nah, itulah cara mudah dalam mengelola tumbuhan krokot yang dapat Anda jadikan sebagai obat ataupun sebagai bahan makanan sehat yang baik untuk Anda konsumsi sehari-hari. Sebaiknya, Anda juga memberikan bahan makanan olahan yang terbuat dari tumbuhan krokot kepada anak-anak. Sebab, tumbuhan krokot ini juga dipercaya mampu menjaga tumbuh kembang anak-anak.

Jenis-Jenis Tanaman Krokot Yang Ada Di Indonesia

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa berbagai jenis-jenis tumbuhan krokot yang tumbuh serta dibudidayakan. Tujuan dari pembudidayaan tumbuhan krokot tersebut memang guna dijadikan sebagai bahan baku utama dalam membuat obat-obatan farmasi.

Oleh karena itu, inilah beberapa jenis tumbuhan krokot yang tumbuh dan dibudidayakan di Indonesia. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Krokot Ungu

Krokot Ungu

Krokot ungu merupakan satu dari jenis tanaman krokot yang paling banyak dibudidayakan. Sebab, krokot ungu ini adalah jenis krokot yang sangat kaya akan vitamin, nutrisi, dan juga zat yang diperlukan oleh tubuh.

Rata-rata, krokot ungu ini dijualbelikan kepada perusahaan-perusahaan farmasi yang menggunakan krokot ungu sebagai obat herbal untuk berbagai penyakit. Selain itu, krokot ungu ini juga dapat dijadikan sebagai tanaman toga (tumbuhan obat keluarga).

Karakteristik dari krokot ungu ini adalah, warna bunga dan juga batang tumbuhan krokot ini yang berwarna unggu, sehingga jenis tumbuhan krokot ini disebut rokot ungu.

2. Krokot Kuning

Krokot Kuning

Jenis tumbuhan krokot lainnya yang tumbuh dan dibudidayakan di Indonesia adalah jenis krokot kuning. Krokot kuning ini juga mengandung vitamin, nutrisi, dan juga zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Akan tetapi, banyak orang yang belum tahu akan khasiat dari krokot kuning. Sehingga, tumbuhan krokot kuning ini tidak terlalu diminati untuk dijadikan sebagai bahan baku obat herbal. Ciri dari tumbuhan krokot kuning ini adalah memiliki warna mahkota bunga yang berwarna kuning.

3. Krokot Putih

Krokot Putih

Jenis tumbuhan krokot putih ini juga tumbuh di Indonesia. Namun, tidak dibudidayakan oleh para petani tanaman krokot. Sebab, tumbuhan krokot putih ini tidak memiliki kandungan zat , nutrisi, dan juga vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Sehingga, tumbuhan krokot putih ini dicap sebagai tumbuhan hama.

Itulah beberapa jenis tumbuhan krokot yang hidup dan juga dibudidayakan di Indonesia. Tidak semua jenis krokot ini dapat dijadikan sebagai bahan baku pembuatan obat herbal ataupun farmasi. Hanya jenis krokot ungu lah yang dapat dikonsumsi serta digunakan sebagai bahan baku pembuatan obat herbal dan juga obat farmasi.

Amankah Mengkonsumsi Tumbuhan Krokot Dalam Jumlah Banyak ?

Amankah Mengkonsumsi Tumbuhan Krokot Dalam Jumlah Banyak ?

Beberapa orang juga mempertanyakan, apakah mengkonsumsi tumbuhan krokot dalam jumlah banyak akan ada efek samping yang akan dirasakan ? Nah, menurut penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan ini menyebutkan bahwa, mengkonsumsi tumbuhan krokot dalam jumlah banyak ini tidak ada efek sampingnya. Sehingga, tanaman krokot ini sangat aman untuk Anda konsumsi.

Oleh sebab itu, untuk Anda yang tengah mengalami penyakit kronis, maka Anda dapat mengkonsummsi tumbuhan krokot tanpa perlu takut akan adanya efek samping bilamana Anda mengkonsumsi krokot ungu dalam jumlah banyak. Namun, bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit ginjal, sebaiknya Anda jangan terlalu banyak mengkonsumsi tumbuhan krokot.

Sebab, tumbuhan krokot ini mengandung asam oksalat yang cukup tinggi. Sehingga, kandungan asam oksalat yang cukup tinggi ini dapat menstimulus pembentukan batu ginjal. Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki riwayat batu ginjal, sebaiknya jangan mengkonsumsi tumbuhan krokot secara berlebih.

Cara Membudidayakan Tanaman Krokot

Rata-rata, para petani krokot ini membudidayakannya dengan cara menanam dengan media polybag atau pot kecil. Oleh sebab itu, inilah beberapa tahapan-tahapan membudidayakan tumbuhan krokot, diantaranya adalah sebagai berikut :

Siapkan Polybag atau Pot Kecil

Siapkan Polybag atau Pot Kecil

Langkah pertama adalah menyiapkan polybag ataupun pot kecil sebagai media budidaya tumbuhan krokot.

Siapkan Tanah Humus

Langkah kedua adalah menyiapkan tanah humus. Tanah humus ini terdiri dari sisa daun kering, sekam, bubuk kayu, dan tanah gembur.

Membuat Larutan EM4

Membuat Larutan EM4

Langkah ketiga adalah membuat larutan EM4. Larutan EM4 adalah sebuah larutan yang berupa bakteri baik untuk membantu pertumbuhan tanaman, termasuk tanaman krokot.

Campurkan larutan EM4 ini dengan 1 sendok gula dan diamkan selama 24 jam. Setelah itu, campuran larutan EM4 ini Anda siramkan ke tanah yang telah Anda masukkan ke polybag atau pot kecil. Tutup tanah tersebut hingga 2 minggu lamanya.

Pemberian Pupuk Dasar

Pemberian Pupuk Dasar

Langkah keempat adalah pemberian pupuk dasar. Caranya adalah, Anda harus menggali tanah yang telah Anda tutup selama 2 minggu. Lalu, beri pupuk organik secukupnya. Tutup kembali tanah tersebut dan jangan lupa siram tanah tersebut secara teratur.

Pemberian Bibit

Pemberian Bibit

Langkah kelima adalah penebaran bibit krokot. Caranya adalah, gali tanaman pot sedalam 2 cm. Kemudian tabur benih krokot maksimal 3 biji dalam satu media polybag atau pot kecil. Lalu, kubur kembali tanah yang telah Anda gali.

Penyiraman Tanaman

Penyiraman Tanaman

Meskipun dikatakan sebagai tumbuhan hama. Namun, dalam proses pembudidayaannya ini maka Anda wajib merawat tumbuhan krokot dengan betul. Salah satu proses yang menentukan tumbuhan krokot ini terawat adalah fase penyiraman. Disarankan bagi Anda untuk menyiram krokot minimal 1 kali dalam 3 hari.

Bisa dikatakan bahwa membudidayakan tanaman krokot ini butuh keahlian khusus agar tumbuhan krokot ini dapat tumbuh segar, sehat, dan terbebas dari hama. Sebab, apabila tumbuhan krokot yang Anda tanaman tersebut terserang hama.

Bukan tidak mungkin bahwa kandungan nutrisi, vitamin, dan juga zat-zat yang terkandung di dalam tumbuhan krokot ini akan berkurang dan seseorang yang mengkonsumsinya justu terserang penyakit akibat mengkonsumsi tumbuhan krokot yang terserang hama.

Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu apakah tumbuhan krokot yang Anda konsumsi tersebut terbebas dari hama dan penyakit.

21 Tanaman Krokot (Kandungan, Khasiat, cara mengolah, dan jenis-jenis)

Add Comment