6 Tanaman Sambung (Karateristik, kandungan, dan manfaat)

Tanaman Sambung – Indonesia kaya akan tanaman herbal yang dapat digunakan untuk pengobatan segala macam  penyakit. Salah satunya adalah tanaman sambung nyawa. Tanaman tersebut seringkali dicari dan ditanam oleh masyarakat luas sebagi obat hermal. Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi tentang tumbuhan sambung nyawa secara lebih detail, dapat simak artikel berikut.

Mengenal Tanaman Sambung Nyawa

Mengenal Tanaman Sambung Nyawa

Sambung nyawa merupakan salah satu tanaman yang biasa tumbuh di daerah Sumatera, Jawa, dan beberapa daerah Bali untuk dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal. Biasanya tanaman ini tumbuh di tempat terbuka seperti pekarangan, perkebunan, dan lainnya. Namun ada juga yang menanam tumbuhan sambung nyawa ini dengan cara stek batang.

Bagi Anda yang ingin menanam tumbuhan sambung nyawa dengan hasil maksimal, dapat menanamnya di temat yang jauh dari paparan sinar matahari secara langsung. Dengan begitu kandungan yang ada di dalam tumbuhan sambung nyawa tersebut dapat bekerja dengan baik saat digunakan untuk pengobatan. Salah satu kandungan yang ada di dalamnya adalah mineral.

Selain kandungan yang banyak di dalamnya, tumbuhan sambung nyawa juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Mulai dari penyakit yang tergolong ringan, sampai yang dapat berujung kematian. Salah satu penyakit yang dapat disembuhkan dengan menggunakan tumbuhan sambung nyawa ini adalah wasir.

Karakteristik Tumbuhan Sambung Nyawa

Karakteristik Tumbuhan Sambung Nyawa

Tanaman sambung nyawa memiliki karakteristik tersendiri di dalamnya. Bahkan karakteristik tersebut perbedaan dengan tumbuhan lainnya. Berikut adalah karakteristik yang dimiliki oleh tumbuhan sambung nyawa.

  • Tumbuhan sambung nyawa memiliki berbagai macam kandungan di dalamnya.
  • Sifat tumbuhan sambung nyawa adalah anti kanker, dingin, netral, hiportensif, dan juga anti radang yang dapat menurunkan tekanan darah.
  • Daun sambung nyawa berwarna hijau muda.
  • Tangkai pada daun sambung nyawa memiliki ukuran ½ sampai 1 cm.
  • Letak pada daun sambung nyawa bersifat selingan.
  • Bentuk pada daun sambung nyawa adalah bulat telur dan memanjang.
  • Ukuran panjang daun pada sambung nyawa adalah 3 sampai 12 cm dan lebarnya 5 cm.
  • Permukaan daun pada sambung nyawa cenderung kasar dan memiliki bulu halus.
  • Daun sambung nyawa berbentuk gelombang yang bergigi dan juga menyirip.
  • Susunan dan fragmen daun sambung nyawa sama seperti tanaman bunga matahari.
  • Mahkota pada tumbuhan sambung nyawa berbentuk layaknya tabung dengan panjang kurang lebih 1 sampai 1½ cm yang berwarna orange.
  • Bentuk dari benang sari layaknya jarung yang berwarna kuning dengan bagian kepala sari menempel di dalamnya.
  • Buah dari tumbuhan sambung nyawa berwarna coklat.

Kandungan dalam Tumbuhan Sambung Nyawa

Kandungan dalam Tumbuhan Sambung Nyawa

Pada tanaman sambung nyawa memiliki berbagai macam kandungan yang ada di dalamnya. Kandungan tersebut dipercaya ampuh dalam mengobati berbagai macam penyakit. Berikut adalah kandungan yang ada dalam tumbuhan sambung nyawa tersebut.

  • Tanin
  • Asam p – hidroksi benzoat
  • Flavonoid: tiga flavonoid golongan flavon dan flavonol
  • Fenolik
  • Steroid
  • Quercetin- 3 – O – rhamnosyl(1-6) galaktosida
  • Triterpenoid
  • Asam para kumarat
  • Quercetin- 3 – O – rhamnosyl(1 -6) glukosida
  • Sterol tak jenuh
  • Kaempferol – 3 – glukosida
  • Polifenol
  • Minyak atsiri
  • Klorogenat
  • Kaempferol – 3 – O – neohesperidosida
  • Triterpen
  • Asam kafeat
  • Asam vanilat
  • Saponin
  • Quercetin

Manfaat Tumbuhan Sambung Nyawa untuk Pengobatan

Saat ini pengobatan herbal sedang banyak digunakan oleh masyarakat luas. Hal ini karena pengobatan tersebut tergolong ampuh dan terjangkau. Salah satu pengobatan herbal yang biasa digunakan adalah tanaman sambung nyawa. Tanaman ini biasa dimanfaatkan daunnya untuk pengobatan beberapa penyakit. Berikut adalah beberapa penyakit yang dapat disembuhkan.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Menurunkan Tekanan Darah

Tumbuhan sambung nyawa memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah. Bagian daun tumbuhan tersebut tergolong dampuh dalam meminimalisir penggumpalan yang terjadi pada darah. Biasanya dikenal dengan efek antikuagulan. Sehingga dalam tubuh Anda sudah tidak ada lagi penyumbatan yang akan menjadi tekanan darah.

Tidak hanya itu, dalam daun sambung nyawa memiliki kandungan yang bisa membuat Anda mengeluarkan natrium yang berlebihan. Natrium yang berlebihan tersebut memicu timbulnya tekanan dalam darah. Biasanya dikenal dengan efek diuretik.

2. Mengobati Penyakit Ginjal

Mengobati Penyakit Ginjal

Tanaman sambung nyawa memiliki manfaat untuk mengobati penyakit ginjal. Dalam daun sambung nyawa memiliki efek diuretik. Efek tersebut ampuh dalam mengobati penyakit yang menyerang ginjal. Dengan menggunakan daun sambung nyawa ini, dapat meminimalisir cairan yang menumpuk pada tubuh Anda.

3. Menjaga Saluran Pencernaan

Menjaga Saluran Pencernaan

Tumbuhan sambung nyawa memiliki manfaat untuk menjaga saluran pencernaan. Biasanya daun sambung nyawa digunakan untuk mengobati penyakit disentri. Hal ini karena dalam daun tersebut memiliki kandungan yang dapat membuang racun – racun yang ada di tubuh manusia. Sehingga proses pencernaan Anda bisa kembali lancar setiap hari tanpa ada kendala sedikitpun.

Tidak hanya itu, daun sambung nyawa dapat mengatasi maag atau radang lambung. Hal ini karena dalam daun tersebut terdapat sifat anti kanker, dingin, netral, hiportensif, dan juga anti radang. Oleh sebab itu bagi Anda yang memiliki penyakit maag akut, dapat mengkonsumsi daun sambung nyawa ini sebagai pengobatan herbal.

4. Meminimalisir Esofagitis

Meminimalisir Esofagitis

Tumbuhan sambung nyawa memiliki manfaat untuk meminimalisir esofagitis. Penyakit tersebut menyerang tenggorokan bagian kerongkongan hingga ke lambung. Biasanya esofagitis tersebut dapat terjadi karena berbagai macam penyebab. Mulai dari infeksi, akibat dari reaksi alergi, dan juga naiknya asam lambung.

Terjadinya gangguan pada kerongkongan, bisa menghambat sistem kerja saluran pencernaan Anda. Dengan begitu dapat meminimalisir gangguan kerongkongan tersebut, dengan menggunakan daun sambung nyawa. Dalam daun ini terdapat berbagai kandungan yang akan memberikan antiswelling dn juga efek antiperadangan yang akan meredakan efofagitis Anda.

5. Membantu Mengatasi Radang Amandel

Membantu Mengatasi Radang Amandel

Tumbuhan sambung nyawa memiliki manfaat untuk membantu mengatasi radang amandel tonsillitis. Bila penyakit radang tersebut terus menerus terjadi, maka akan berdampak pada sistem pencernaan Anda. Hal ini karena Anda akan merasakan susahnya menelan makanan. Penyebab dari radang amandel tersebut karena bakteri atau infeksi virus.

Pada daun sambung nyawa dapat membantu meminimalisir infeksi yang terjadi karena bakteri. Biasanya dikenal dengan efek antimikroba. Anda dapat mencoba menyembuhkan penyakit radang amandel tersebut dengan menggunakan daun sambung nyawa ini. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi menembuh pembedahan dalam menyembuhkan radang amandel tersebut.

6. Mengatasi Gejala Sinusitis

Mengatasi Gejala Sinusitis

Tumbuhan sambung nyawa memiliki manfaat untuk mengatasi gejala sinusitis. Penyakit ini terjadi di area rongga hidung yang mengalami radang. Penyakit sinusitis ini berupa gangguan yang menyerang sistem pernapasan secara kronis yang berlangsung lama hingga 8 minggu. Gejala penyakit ini yaitu kepala nyeri, hidung tersumbar, nyeri wajah dan sakit pada kepala.

Anda dapat mengatasi gejala yang dirasakan karena penyakit sinusitis. Dengan menggunakan daun sambung nyawa, dapat membuat gejala sinusitis tersebut perlahan mereda. Sehingga Anda harus mengkonsumsi daun tersebut secara teratur, untuk dapat hasil yang maksimal. Namun bila gejala sinusitis tersebut semakin terasa, harap segera konsultasikan kepada dokter.

7. Mencegah dan Menyembuhkan Tumor serta Kanker

Mencegah dan Menyembuhkan Tumor serta Kanker

Tumbuhan sambung nyawa memiliki manfaat untuk mencegah tumor dan kanker ganas. Dalam tumbuhan ini, terdapat kandungan yang berisi senyawa antioksidan tinggi. Dengan senyawa ini, Anda bisa menangkal salah satu pemicu kanker yaitu radikal bebas. Sehingga Anda dapat terhindar dan sembuh dari penyakit yang berujung kematian berupa tumor dan kanker ganas.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, daun sambung nyawa yang sudah berupa ekstrak bisa menghambat sel kanker yang sudah berkembang. Sehingga sel kanker tersebut akan mengalami pelambatan dalam berkembang. Namun hasil penelitian ini harus dikaji lebih lanjut kebenarannya. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal buruk yang terjadi pada kesehatan Anda.

8. Menyembuhkan pendarahan

Menyembuhkan pendarahan

Tumbuhan sambung nyawa memiliki manfaat untuk menyembuhkan pendarahan. Pendarahan yang dimaksud terletak pada rahim yang terjadi sebelum dan juga setelah melahirkan. Anda dapat mencampurkan bahan berupa umbi dan daun sambung nyawa dengan kunyit. Ramuan tersebut dipercaya dapat menyembuhkan pendarahan dan juga melancarkan datang bulan.

9. Mengatasi Wasir

Mengatasi Wasir

Tanaman sambung nyawa memiliki manfaat untuk mengatasi wasir. Wasir atau biasa dikenal dengan ambeyen adalah bentuk peradangan anum dan rektum dan juga pembengkakan yang Terjadi di bagian vena. Kondisi tersebut akan membuat Anda mengalami pendarahan ketika buang air besar. Pastinya Anda tidak akan nyaman dengan kondisi tersebut.

Oleh sebab itu, Anda dapat mengkonsumsi daun sambung nyawa sebagai pengobatan herbal dalam menyembuhkan wasir atau dikenal dengan ambeyen. Caranya hanya dengan mengkonsumsi daun sambung nyawa dengan cara dibuat lalapan secara rutin. Anda juga bisa mengkonsumsi jus duan sambung nyawa untuk menyembuhkan penyakit wasir.

10. Mengobati infeksi kulit

Mengobati infeksi kulit

Tumbuhan sambung nyawa memiliki manfaat untuk mengobati infeksi kulit. Infeksi tersebut dapat terjadi karena hisul hingga gigitan serangga. Dengan menggunakan daun sambung nyawa ini, dapat meminimalisir rasa radang yang dialami oleh kulit.  Tidak hanya itu, daun sambung nyawa juga dapat meredakan rasa gatal yang timbul akibat infeksi kulit yang Anda alami.

11. Meredakan Stroke

Meredakan Stroke

Tanaman sambung nyawa nyawa memiliki manfaat untuk meredakan stroke. Menurut hasil penelitian yang dilakukan, daun sambung nyawa dapat menurunkan tekanan arteri serta tekanan dalam darah sistolik. Pernyataan tersebut diambil dari percobaan yang dilakukan kepada tikus. Tikus tersebut telah diberikan suntikan agar terkena hipertensi.

Anda dapat mengkonsumsi daun sambung nyawa secara teratur. Hal ini bertujuan agar penyakit stroke Anda dapat berangsur pulih. Selain stroke, daun sambung nyawa juga bisa membuat kondisi detak jantung, efek ionotropik negatif, dan chronotropic negatif menjadi normal kembali. Sehingga dapat dikatakan bila daun sambung nyawa terbukti ampuh dalam penyembuhan.

12. Menurunkan Diabetes

Menurunkan Diabetes

Tumbuhan sambung nyawa memiliki manfaat untuk menurunkan diabetes. Hal ini sudah dilakukan penelitian terhadap tikus yang telah disuntik diabetes. Dengan menggunakan daun sambung nyawa, tikus tersebut berhasil menurunkan serta menekan peningkatan yang terjadi pada glukosa yang ada dalam darah.

13. Meningkatkan Fungsi Reproduksi dan Seksual

Meningkatkan Fungsi Reproduksi dan Seksual

Tumbuhan sambung nyawa memiliki manfaat untuk meningkatkan fungsi reproduksi dan seksual. Bila Anda seorang laki – laki mengkonsumsi daun sambung nyawa secara teratur, akan membuat jumlah sperma Anda menjadi meningkat. Tidak hanya itu, daun sambung nyawa juga dapat membuat kualitas sperma Anda menjadi sangat bagus.

Cara Memanfaatkan Tumbuhan Sambung Nyawa

Cara Memanfaatkan Tumbuhan Sambung Nyawa

Pemanfaatan tumbuhan sambung nyawa harus dilakukan secara tepat dalam proses pengobatan penyakit. Hal ini bertujuan agar hasil yang Anda dapatkan bisa berjalan secara maksimal. Bagi Anda yang belum mengetahui cara memanfaatkan tanaman sambung nyawa, dapat simak penjelasannya secara detail sebagai berikut.

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi daun sambung nyawa secara langsung. Bila Anda tidak suka, Anda dapat mengkonsumsinya sebagai lalapan yang dilengkapi sambal. Namun perlu Anda ingat bahwa dalam mengkonsumsi daun sambung nyawa, harus dalam keadaan segar. Hal ini karena daun tersebut dikonsumsi secara mentah atau rebus.

Cara kedua yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi daun sambung nyawa secara jus. Bila Anda tidak suka mengkonsumsi daun tersebut dengan lalapan, Anda bisa membuat jus. Pilihlah daun sambung nyawa yang masih segar. Kemudian cuci bersih daun tersebut. Blender daun sambung nyawa dengan air secukupnya. Lalu minum sari – sarinya.

Cara ketiga yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi daun sambung nyawa secara dibalurkan. Cara ini dapat Anda lakukan bila menderita infeksi pada kulit. Anda dapat menumbuk daun sambung nyawa terlebih dahulu. Perlu Anda ingat bahwa dalam menggunakan daun sambung nyawa harus yang masih segar. Hal ini karena agar hasil yang didapatkan baik.

Cara keempat yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi daun sambung nyawa secara ekstrak. Bila Anda merasa kesusahan dalam mencari daun sambung nyawa, Anda bisa mencoba cara ini. Biasanya ekstrak daun sambung nyawa ditaruh dalam kapsul. Sehingga Anda tidak akan merasakan rasa pahit seperti mengkonsumsi daunnya secara lalapan, rebus, dan jus.

Larangan Mengkonsumsi Daun Sambung Nyawa

Larangan Mengkonsumsi Daun Sambung Nyawa

Daun sambung nyawa ternyata tidak dapat dikonsumsi secara langsung oleh semua orang. Hal ini karena akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Selain itu, akan ada efek samping yang akan Anda terima bila mengkonsumsi daun sambung nyawa secara berlebihan. Oleh sebab itu, Anda harus berhati – hati sebelum mengkonsumsi daun sambung nyawa tersebut.

Larangan pertama kepada ibu hamil. Bagi Anda yang sedang mengandung atau biasa dikenal dengan hamil, tidak disarankan untuk mengkonsumsi daun sambung nyawa. Hal ini bertujuan agar bayi yang ada dalam kandungan Anda tidak mengalami sakit atau kejadian buruk sejenisnya.

Larangan kedua kepada ibu meyusui. Bagi Anda yang sedang menyusui, tidak disarankan untuk mengkonsumsi daun sambung nyawa. Hal ini bertujuan agar air susu Anda selalu mengalir deras. Pastinya asupan gizi pada bayi Anda bisa terus mengalir. Namun bila Anda mengkonsumsi daun sambung nyawa, dikhawatirkan air susu Anda menjadi berhenti secara mendadak.

Larangan ketiga kepada pasien pengobatan dokter. Bagi Anda yang sedang menjalani pengobatan untuk penyakit serius, jangan terburu – buru mengkonsumsi daun sambung nyawa. Anda harus melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter yang sedang menangani Anda. Hal ini bertujuan agar kesehatan Anda tidak malah menurun akibat terjadinya efek samping.

Perlu Anda ketahui bahwa dalam mengkonsumsi obat dari dokter dan daun sambung nyawa yang bersifat herbal, akan memberikan efek samping kepada Anda. Efek samping tersebut berbeda – beda. Mulai dari pusing, panas, atau efek samping lainnya. Oleh sebab itu, Anda harus lakukan konsultasi terlehih dahulu sebelum mengkonsumsi daun sambung nyawa dan juga obat Anda.

Tanaman sambung nyawa memiliki manfaat dalam menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Hal ini karena dalam tanaman tersebut memiliki berbagai kandungan yang akan menyembuhkan penyakit. Namun perlu Anda ketahui bahwa tidak semua orang dapat mengkonsumsinya. Seperti halnya ibu hamil dan menyusui serta pasien pengobatan dokter.

6 Tanaman Sambung (Karateristik, kandungan, dan manfaat)

Add Comment