8 Cara Menanam Anggur Merah (Lengkap dengan gambar dan deskripsi)

Cara Menanam Anggur Merah – Buah merupakan salah satu asupan gizi penting untuk tubuh salah satunya buah anggur merah. Buah yang memiliki cita rasa asam manis dan segar ini banyak disukai oleh orang-orang. Banyak cara untuk mengkonsumsi buah ini salah satunya yaitu bisa dikonsumsi secara langsung ataupun diolah menjadi minuman.

Di indonesia belum banyak yang membudidayakan anggur merah dan itulah sebabnya harga jual dari anggur merah ini sangat tinggi. Anggur merah juga dapat dibudidayakan di indonesia asalkan Anda melakukan perawatan dan penanaman denga baik. Hasil yang akan didapatkan juga akan bagus jika Anda melakukan perawatan dengan baik.

Langkah-langkah Menanam Anggur Merah

1. Mengetahui Syarat Tumbuhnya Terlebih Dahulu

Mengetahui Syarat Tumbuhnya Terlebih Dahulu

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda harus mengetahui terlebih dahulu syarat tumbuhnya. Tanaman anggur merah ini memerlukan tanah yang subur dan gembur, selain itu diperlukan juga tanah yang banyak bahan organik dan pH nya kisaran 6 hingga 7. Tanaman anggur merah ini juga akan tumbuh dengan baik di ketinggian 25 hingga 300 mdpl serta suhunya sekitar 25 hingga 31 C.

Cara menanam anggur merah juga tidak memerlukan banyak air dan dengan curah hujan yang diperlukan kisaran 800 mm per tahunnya serta dengan musim kering 3 hingga 4 bulan. Jadi tanaman anggur merah ini tidak cocok jika ditanam pada daerah dengan curah hujan yang tinggi tiap tahunnya.

2. Memilih Bibit

Memilih Bibit

Jika ingin menanam anggur merah dengan kualitas yang baik tentu diperlukan bibit yang bagus pula. Cara yang paling efektif untuk menanam anggur merah yaitu menggunakan bibit stek, baik itu stek matau ataupun cabang. Adapun syarat dari stek anggur merah yang benar yaitu sebagai berikut :

  • Memilih bagian cabang dengan diameter sekitsr 25 cm yang memiliki jumlah ruas 2-3 dan diambil dari tanaman yang sudah berusia 1 tahun ke atas.
  • Memilih bibit dengan mata tunas yang sehat, ukurannya besar dan padat.
  • Bibit sudah siap ditanam apabila sudah berumur 1,5 – 2 bulan serta akar yang dimilikikidaran 5 hingga 10 cm.
  • Anda harus memilih bibit yang bagian permukaan kulitnya memiliki warna coklat muda dan cerah serta kulit bagian bawahnya memiliki warna hijau dan tidak terdapat noda hitam.

3. Mempersiapkan Lahan Tanam

Mempersiapkan Lahan Tanam

Cara menanam anggur merah selanjutnya yaitu Anda harus mempersiapkan lahan tanam yang sudah diolah terlebih dahulu. Bersihkan lah tanah tersebut dari gulma dan rumput pengganggu lainnya. Lalu gemburkan serta ratakanlah tanah tersebut menggunakan cangkul. Setelah itu buatlah lubang tanam dengan ukuran 60 x 60 x 60 cm.

Selain itu Anda juga harus memperhatikan jarak dari masing-masing lubang tanaman yaitu sekitar 3 x 3 Tu 5 x 4 meter. Jangan lupa menambahkan pupuk sekitar 5 hingga 7 kilogram pada tiap-tiap lubangnya. Anda juga bisa mencampurkan tanah galian pada bagian atas dengan pupuk, pasir, dan natural GLIO. Letakkanlah ke dalam lubang dan diamkan hingga 2 – 4 minggu.

4. Proses Cara Menanam Anggur Merah

Proses Cara Menanam Anggur Merah

Jika Anda ingin menanam anggur merah lakukanlah di bulan april hingga juni atau bisa juga dilakukan saat musim kemarau pada bulan juni dan juli. Masukkan lah bibit ke dalamlubang lalu timbun lagi dengan menggunakan tanah. Anggur merah merupakan tanaman rambat untuk itu buatlah para-para yang akan berfungsi sebagai tempat rambatannya.

5. Pengairan, Penyiangan serta penyulaman

Pengairan, Penyiangan serta penyulaman

Pada masa awal penanaman lakukanlah penyiraman sebanyak 2 kali dalam satu hari. Lalu jika tanaman sudah mulai dewasa kurangilah penyiraman nya yaitu sebanyak sekali dalam 3 hari. Selain itu proses penyiraman biasanya disesuaikan pada saat seminggu sebelum panen dan dilakukan lagi saat 3 hari sebelum panen.

6. Proses Pemupukan pada Cara Menanam Anggur Merah

Proses Pemupukan pada Cara Menanam Anggur Merah

Langkah yang keenam yaitu proses pemupukan yang dilakukan pada saat ditanam hingga tanaman berumur satu tahun dan pemupukan ini terdiri dari 3 periode. Adapun pembagian tiap-tiap periode yaitu pada saat berumur 0 hingga 3 bulan diberikan pupuk urea sekitar 10 gram per pohonnya dan dilakukan 10 hari sekali.

Kedua pada saat berumur 3 hingga 6 bulan yaitu diberikan pupuk urea sebanyak 15 grab per pohonnya dan dilakukan 15 hari sekali. Yang terakhir yaitu pada saat tanaman berumur 6 hingga 12 diberikan pupuk urea sebanyak 50 gram per pohonnya dan dilakukan setiap satu bulan sekali.

7. Proses Pemangkasan pada Cara menanam anggur merah

Proses Pemangkasan pada Cara menanam anggur merah

Proses pemangkasan pada cara menanam anggur merah ini dilakukan saat tanaman berumur 1 tahun hal ini dilakukan agar tanaman anggur merah dapat tumbuh secara baik.

8. Pemanenan Hasil

Pemanenan Hasil

Langkah terakhir yaitu proses pemanenan dimana Anda dapat memanen buah anggur merah ini saat ia sudah berumur 8 hingga 12 bulan. Anggur merah bisa dipanen sekitar 1 hingga 2 kali dalam setiap tahunnya.

Cara menanam anggur merah ini terbilang cukup sulit karena buah yang satu ini rentan sekali mati. Itulah penyebabnya belum banyak orang-orang terutama diindonesia yang tidak mampu membududayakan anggur merah ini.

8 Cara Menanam Anggur Merah (Lengkap dengan gambar dan deskripsi)

One thought on “8 Cara Menanam Anggur Merah (Lengkap dengan gambar dan deskripsi)

Add Comment