15+ Manfaat Tanaman Hias Gantung Daun Yang Omsetnya Jutaan Rupiah

Tanaman Hias Gantung Daun – Bagi Anda pecinta tanaman hias belum lengkap rasanya jika tidak memiliki yang namanya tanaman hias gantung daun. Tanaman ini merupakan tanaman hias yang dapat ditanam dalam sebuah pot ukuran kecil dengan cara digantung. Tentu saja tanaman ini enak dilihat dan cara perawatannya pun cukup mudah.

Kadang kala dalam memilih tanaman hias, Anda cukup kesulitan dalam membedakan mana tanaman hias yang dapat digantung dan tidak. Untuk itu, segera ketahui ciri-ciri tanaman hias gantung di bawah ini.

 

Ciri-ciri Tanaman Hias Gantung Daun

Ciri-ciri Tanaman Hias Gantung Daun

Saat memilih tanaman hias kadang Anda sebagai seorang pemula dalam hal memelihara tanaman tidak mengerti mana tanaman yang bisa digantung dan mana tanaman yang tidak bisa digantung. Untuk mengetahui hal itu semua Anda perlu mengetahui beberapa ciri-cirinya terlebih dahulu. Pasalnya tanaman hias gantung memiliki beberapa ciri seperti berikut:

  1. Tanaman gantung dapat tumbuh dengan cara merambat namun pertumbuhannya tidak terlalu lebat.
  2. Tanaman hias gantung juga memiliki daun dengan kesan jatuh dan dapat menutupi pot bung saat tumbuh.
  3. Tanaman gantung juga dapat tumbuh dengan lambat sehingga tidak perlu melakukan pemangkasan pada tanaman tersebut.
  4. Pada umumnya, tanaman gantung tidak memiliki ketahanan yang baik terhadap sinar matahari secara langsung. Namun tanaman ini tetap memerlukan sinar matahari untuk pertumbuhannya paling tidak sampai 65% saja.
  5. Tanaman hias yang digantung umumnya memiliki bentuk daun yang ukurannya tidak besar.
  6. Tanaman hias gantung daun tidak memiliki bunga di setiap pertumbuhannya.

Dari beberapa tanaman hias di atas tentu tidak cukup sulit dalam membedakan berbagai tanaman hias yang bisa digantung ataupun tidak. Tanaman hias gantung sendiri memiliki berbagai jenis yang bisa Anda ketahui di bawah ini.

 

Tanaman Hias Gantung Daun dan Nama Latinnya

Ada banyak jenis tanaman hias gantung daun yang memiliki nama latin. Apa saja tanaman tersebut? Anda bisa mengetahui di antaranya:

1. Dischidia Nunmularia Veriegata

1. Dischidia Nunmularia Veriegata

Tanaman hias ini sangat cocok diletakkan dengan cara digantung di rumah Anda. Anda bisa memilih tanaman ini pasalnya sangat mudah untuk dirawat. Bahkan tanaman ini sendiri cukup mudah ditanam di ruangan yang sempit.

2. Dischidia Ovata

2. Dischidia Ovata

Merupakan tanaman hias gantung dengan bentuk daun yang kecil. Daun ini memiliki guratan garis putih yang lentur. Cara merawatnya sendiri pun cukup mudah. Yakni dengan meletakkan tanaman hias ini di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang cukup baik.

3. Peperomia Hope

3. Peperomia Hope

Tanaman hias yang satu ini bisa Anda tempatkan di tempat yang teduh, dan tidak terlalu banyak sinar matahari secara langsung. Anda bisa merawatnya dengan cara menyiram air sebanyak satu hingga dua kali seminggu. Caranya yakni dengan membasahi semua bagian tanaman sampai air menetes dari tanaman tersebut.

4. Hoya Compacta

4. Hoya Compacta

Tanaman ini tergolong sebagai salah satu tanaman jenis succulent merambat dengan bentuk daun yang melengkung. Tanaman ini bisa Anda letakkan di tempat yang terkena sinar matahari di pagi harinya.

5. Tradescantia

Tradescantia

Tanaman hias dengan nama latin yang satu ini mempunyai bentuk daun dengan garis berwarna hijau, putih, silver, hingga ungu. Tanaman ini sendiri bisa tumbuh dalam berbagai kondisi lingkungan. Namun Anda tetap perlu memastikan bahwa akarnya selalu dalam kondisi yang tidak terlalu lembab.

Dari beberapa tanaman hias daun di atas mana yang paling menarik hati? Jika Anda belum berkenan maka Anda bisa memilih beberapa tanaman hias di bawah ini agar rumah Anda terlihat lebih sejuk dan menyegarkan.

 

Tanaman Hias Gantung Daun yang Membuat Rumah Lebih Segar

Memiliki tanaman hias gantung daun tentu sebuah kebanggaan tersendiri. Bagi Anda yang belum memilikinya mungkin beberapa jenis dari tanaman hias daun berikut bisa jadi pilihan yang tepat:

1. Dischidia Geri

1. Dischidia Geri

Merupakan salah satu tanaman hias jenis gantung daun yang bisa Anda pilih. Mengapa tanaman hias ini direkomendasikan? Selain memiliki daun yang rimbun, tanaman hias ini juga bisa tumbuh dengan menjuntai. Sangat cocok sekali untuk di tanam di dalam pot gantung untuk menghiasi rumah Anda.

2. Tradescantia

2. Tradescantia

Tanaman hias yang satu ini cukup khas dengan corak daun yang bergaris-garis. Tak hanya itu daunnya sendiri memiliki berbagai variasi warna seperti silver, hijau, putih, hingga warna ungu. Tanaman yang satu ini juga bisa tahan dalam segala kondisi lingkungan. Namun Anda bisa menjadikannya sebagai tanaman hias gantung yang diletakkan di luar ruangan.

3. Dischidia Nummularia Variegeta

3. Dischidia Nummularia Variegeta

Merupakan salah satu jenis tanaman hias dari golongan daun yang cukup mungil dan menarik perhatian. Tanaman ini memiliki bentuk daun bulat-bulat kecil yang menjuntai ke bawah. Pastinya tanaman hias ini sangat pas jika ditanam dengan cara digantung.

Selain itu tanaman hias yang satu ini juga cukup mudah di rawat. Penempatannya pun sangat mudah karena tanaman ini tetap bisa tumbuh di ruangan yang sempit sekalipun.

4. Sedum Morganium

4. Sedum Morganium

Tanaman hias daun yang satu ini cocok digantung karena memiliki bentuk tangkai yang menjalar. Tanaman ini sendiri cukup membutuhkan banyak sinar matahari namun tidak terlalu banyak memerlukan air. Tak hanya itu, tanaman ini juga memiliki warna yang cukup menarik yakni hijau pucat yang menyegarkan.

5. Creeping Charlie

5. Creeping Charlie

Merupakan tanaman hias yang sangat cocok untuk digantung. Tanaman ini berasal dari daerah Amerika bagian selatan dengan pertumbuhan daun yang sangat cepat. Tanaman ini sendiri bisa dibilang cukup mirip dengan daun mint. Selain itu tanaman ini juga bisa tumbuh secara merambat di dinding maupun pagar rumah.

6. Sirih Blaster Head

6. Sirih Blaster Head

Merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki kesan minimalis. Bentuknya sendiri sesuai dengan namanya yakni mempunyai kemiripan dengan daun sirih pada umumnya/ Hanya saja ukurannya yang lebih kecil sehingga cocok dijadikan sebagai tanaman hias gantung daun.

Tanaman ini memang tak memiliki bunga, namun daunnya cukup menarik perhatian yakni mirip dengan bentuk hati. Selain itu, tanaman sirih ini juga memiliki berbagai warna seperti putih dan hijau sebagai coraknya.

7. Sirih Marble

7. Sirih Marble

Masih terbilang sebagai tanaman hias yang mirip dengan daun sirih yang asli. Adapun bentuk serat dari tanaman hias yang satu ini menyerupai seperti permukaan marble. Itulah mengapa tanaman ini dijuluki dengan sebutan sirih marble. Tentu saja akan menarik jika Anda menjadikannya sebagai tanaman hias daun.

8. Baby tears plant

8. Baby tears plant

Tanaman hias yang satu ini bisa Anda tanam dengan cara digantung dan ditempatkan di luar ruangan. Tanaman ini sendiri memiliki ciri khas yakni daun-daun kecilnya yang lucu dan lebat. Tak hanya itu, tanaman ini juga bisa tumbuh menjuntai sehingga sangat cocok jika digantung.

9. Tanduk rusa

9. Tanduk rusa

Tanaman ini bisa tumbuh dengan cara digantung ataupun tumbuh secara epifit di pohon lain. Adapun karakteristik tanaman tanduk rusa yakni memiliki panjang hingga 30 cm yang berwarna hijau dengan bentuk daun mirip seperti tanduk rusa.

10. Keladi Tengkorak

10. Keladi Tengkorak

Tanaman hias yang satu ini juga bisa Anda gantung untuk mempercantik rumah. Memiliki daun yang berbentuk seperti oval dan warnanya yang hijau kemerahan. Adapun corak yang persis seperti laba-laba dengan batang tinggi sepanjang 20 hingga 30 cm.

Dari beberapa tanaman hias di atas, kiranya mana yang akan Anda jadikan untuk tanaman hias gantung di rumah? Tentu saja dengan memelihara beberapa tanaman hias gantung di atas Anda juga akan mendapatkan beberapa manfaat. Simak manfaat selengkapnya di bawah ini.

 

Manfaat Ketika Anda Memelihara Tanaman Hias Gantung Daun

Pada umumnya, tanaman hias gantung memang sama dengan tanaman hias lainnya. Namun bentuknya tentu saja lebih cantik dan menarik hati. Tanaman hias gantung sendiri bisa Anda manfaatkan untuk memberikan nuansa yang sejuk ketika Anda memeliharanya di depan rumah. Tak hanya itu, terdapat manfaat lain yang bisa Anda dapat ketika memeliharanya. Diantaranya:

1. Dapat menyegarkan ruangan

1. Dapat menyegarkan ruangan

Tanaman hias gantung yang Anda pelihara tentu dapat menyegarkan dan menyejukkan ruangan sekitar. Dengan begitu rumah akan mendapatkan suasana yang lebih harmonis bukan? Terlebih jika tumbuhan tersebut melakukan fotosintesis yang dapat menghasilkan oksigen yang sangat berguna bagi pernapasan manusia.

Dengan menanam tanaman hias gantung maka Anda akan merasakan sensasi rumah yang lebih segar dan juga sejuk dibandingkan dengan rumah yang tidak memiliki tanaman hias. Tentu saja tanaman ini juga bisa melancarkan pernapasan Anda.

2. Dapat mengatasi stress

2. Dapat mengatasi stress

Banyaknya pikiran dan pekerjaan kadang kala membuat seseorang mengalami stres berlebih meskipun sudah berada di rumah mereka. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda memilih untuk memelihara tanaman hias daun sebagai salah satu solusi untuk menghilangkan stress.

Pasalnya tanaman hias daun memiliki bentuk dan variasi yang beragam dan indah. Tentu saja saat melihatnya Anda akan merasa lebih tenang, dan juga fresh. Dengan oksigen yang dihasilkan dari tanaman tersebut juga dapat merilekskan pikiran sehingga Anda bisa segar kembali di keesokan harinya.

3. Mengatasi migrain

3. Mengatasi migrain

Siapa sangka jika tanaman hias gantung yang dipelihara di rumah dapat mengatasi migrain atau sakit kepala sebelah? Memang migrain terjadi salah satunya akibat dari banyaknya karbondioksida yang ada di dalam lingkungan tersebut. Dengan adanya tanaman hias di rumah maka Anda bisa menetralisir adanya karbondioksida tersebut.

4. Mengobati batuk

4. Mengobati batuk

Salah satu jenis tanaman hias gantung dapat menyembuhkan batuk. Jenis batuk tersebut yakni eucalyptus. Adapun cara mengobati batuk tersebut adalah dengan melegakan sistem pernapasan Anda dan mulai buang dahak yang ada di tenggorokan.

5. Meredakan hidung yang mampet

5. Meredakan hidung yang mampet

Tak hanya mengobati batuk, tanaman hias di rumah Anda juga bisa meredakan hidung yang mampet. Seperti yang Kita ketahui bahwa hidung yang mampet adalah salah satu tanda terjadinya penyakit flu. Sebagai solusinya Anda bisa menghirup aroma dari tanaman jenis eucalyptus sehingga hidung akan terasa lega dan menjadi lebih baik.

6. Dapat membunuh bakteri

6. Dapat membunuh bakteri

Beberapa tanaman hias dengan jenis eucalyptus dapat Anda manfaatkan untuk membunuh bakteri di lingkungan sekitar. Pasalnya tanaman jenis ini memiliki sifat sebagai antiseptik yang alami. Saat Anda merasa pusing pun bisa segera menghirup aroma bunga dari tanaman ini agar sakit bisa segera mereda dengan baik.

7. Sebagai aroma terapi

7. Sebagai aroma terapi

Selain beberapa manfaat di atas, tanaman hias gantung juga bisa Anda manfaatkan sebagai aroma terapi. Dengan aroma yang dikeluarkan tersebut tentu akan memberikan efek segar dan tenang. Terlebih Anda juga bisa melakukan relaksasi di sekitar tanaman tersebut.

Bagaimana, sangat banyak bukan manfaat yang bisa Anda dapat saat memelihara tanaman hias tersebut. Tentu saja agar mendapatkan beragam manfaat di atas Anda juga perlu melakukan perawatan yang tepat pada tanaman hias gantung daun tersebut. Lalu bagaimana cara merawatnya dengan baik? Anda bisa mengetahuinya di bawah ini!

 

Tips Merawat Tanaman Hias Gantung Daun dengan Baik

Bagi Anda yang ingin memelihara tanaman hias gantung daun namun masih bingung bagaimana merawatnya dengan baik maka Anda bisa memperhatikan beberapa tips yang telah diulas di bawah ini:

1. Kenali jenis tanaman yang ada

1. Kenali jenis tanaman yang ada

Sebelum memelihara tanaman hias, ada baiknya Anda mengenali dahulu jenis dari tanaman hias tersebut. Pasalnya tanaman hias yang ditanam dalam sebuah pot gantung memiliki bentuk yang cukup beragam. Jangan sampai Anda salah memilih dengan tanaman yang tidak cocok untuk digantung.

2. Sesuaikan penempatannya agar tetap mendapatkan sinar matahari

2. Sesuaikan penempatannya agar tetap mendapatkan sinar matahari

Beberapa jenis tanaman hias gantung tetap memerlukan adanya cahaya matahari secara langsung uang cukup. Dengan begitu setiap tanaman hias bisa tumbuh dengan baik. Namun terdapat pula beberapa tanaman hias yang masih bisa diletakkan di tempat yang teduh. Untuk itu sesuaikan pula penempatannya agar tidak salah.

3. Pilih bentuk pot yang sesuai

3. Pilih bentuk pot yang sesuai

Pot tanaman hias gantung memiliki bentuk dan ukuran yang cukup beragam. Selain itu ada banyak pula bahan dasar pembuatan pot yang bisa Anda pilih. Jika ingin mendapatkan pot yang memiliki kelembaban yang cukup maka Anda bisa memilih pot yang berbahan tanah liat. Hanya saja pot jenis ini cukup mudah berlumut dan pecah.

4. Pilih tali gantung yang sesuai

4. Pilih tali gantung yang sesuai

Tak hanya pot yang pemilihannya perlu dipertimbangkan, tali gantung pun perlu dipertimbangkan pemilihannya. Jangan sampai Anda memilih tali gantung yang tidak kuat sehingga tidak mampu menopang tanaman tersebut diketinggian.

Pastikan Anda memilih tali gantung yang kuat yakni tali gantung yang mampu menahan tanaman hias tersebut dan juga potnya. Agar lebih enak dipandang maka hindari membuat tali gantung sendiri yang terbuat dari kawat ya.

5. Lakukan penyiraman yang tepat

5. Lakukan penyiraman yang tepat

Penyiraman perlu dilakukan pada tanaman hias gantung agar tanaman tersebut bisa tumbuh dengan baik. Agar lebih mudah Anda juga bisa memilih pot yang menunjang penyiraman. Yakni dengan memilih pot yang memiliki penadah air di bawahnya.

Jika tidak ingin mendapatkan air yang menetes dari tanaman tersebut Anda juga bisa melakukan penyiraman dengan cara disemprot.

6. Lakukan pemupukan dengan teratur

6. Lakukan pemupukan dengan teratur

Pemberian pupuk yang dilakukan secara teratur juga sangat diperlukan agar tanaman hias dapat tumbuh dengan subur dan baik. Anda bisa memberikan pupuk pada tanaman hias ini setidaknya dua bulan sekali. Kemudian jika terdapat daun-daun yang menguning dan layu, Anda bisa segera memangkasnya.

Beberapa informasi yang telah diulas di atas tentu sangat bermanfaat bagi Anda seorang pemula yang ingin memelihara tanaman hias yang digantung di rumah. Anda bisa memperhatikan bagaimana cara merawat tanaman has gantung dengan beberapa tips yang telah dijelaskan di atas dengan baik.

15+ Manfaat Tanaman Hias Gantung Daun Yang Omsetnya Jutaan Rupiah

Add Comment