3 Cara Menanam Apel (Lengkap dengan gambar beserta deskripsi)

Cara Menanam Apel – Buah apel merupakan salah satu buah favorit dikalangan masyarakat. Buah apel juga merupakan buah dengan kandungan vitamin B dan C sehingga sangat baik jika dikonsumsi baik itu untuk orang tua maupun untuk anak-anak. buah apel juga merupakan salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di setiap belahan dunia. Sehingga hal ini membuat semakin meningkatnya budidaya apel.

Selain rasanya yang enak buah apel juga kebanyakan berwarna merah sehingga menambah daya tariknya. Selain apel berwarna merah ada juga apel yang berwarna hijau yang takkalah menarik dari apel merah. Apel hijau juga biasanya mempunyai cita rasa manis tetapi tidak menutup kemungkinan juga jika terasa asam. Setiap apel mempunyai kelebihan dan daya tarik tersendiri.

Cara Menanam Buah Apel Agar Hasilnya Memuaskan

Cara menanam apel sebenarnya tidak bisa terbilang mudah karenaa perlu perawatan dan penanaman yang benar agar mendapatkan hasil yang bagus pula. Selain itu jika Anda ingin menanam buah apel maka diperlukan pula bibit unggul. Menanam buah apel bisa melalui berbagai cara yaitu cangkok atau stek dan melalui biji. Berikut cara menanam apel dengan biji :

1. Simulasikan musim dingin agar biji bisa berkecambah

Simulasikan musim dingin agar biji bisa berkecambah

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu memilih bibit yang unggul agar dapat menghasilkan jenis apel yang unggul pula.
  • Kemudian keringkan biji apel tersebut dengan ketentuan diletakan pada kain ataupun kertas. Hal ini digunakan agar menjaga bagian luar dari bijinya untuk tetap lembab.
  • Selanjutnya masukkanlah biji tersebut kedalam sebuah wadah yang bisa ditutup rapat dan harus dibungkus terlebih dahulu menggunakan tisu basah. Anda juga bisa menggunakan plastik untuk membungkusnya dan meletakannya kedalam toples ataupun wadah Tupperware.
  • Langkah selanjutnya yaitu meletakan benih tadi ke dalam lemari es yang memiliki suhu 4,4 hingga 10 derajat celcius. Proses ini berlangsung selama 8 minggu dimana biji akan menghasilkan tunas.
  • Jika sudah mencapai 8 minggu lalu keluarkanlah benih tadi dari dalam lemari es agar bisa dipindahkan ke media tanah.

2. Pindahkan Benih ke dalam Pot

Pindahkan Benih ke dalam Pot

  • Langkah pertama Anda harus menyiapkan pot kecil yang sudah diisi dengan tanah serta tanah tersebut mempunyai pH yang netral. Selain itu Anda tidak perlu mencampurkan tanah tersebut dengan menggunakan pupuk.
  • Kemudian buatlah lengkungan yang lebih besar dari ukuran benih tersebut. Letakanlah benih tersebut ke dalam lengkungan yang dibuat tadi lalu timbun kembali menggunakan tanah dengan hati-hati.
  • Selanjutnya tepuk-tepuklah tanah tersebut dengan lebutt dan jangan lupa untuk menyiraminya dengan menggunakan air agar tanahnya tetap terasa lembab.
  • Letakanlah di suhu kamar yang terpapar langsung ke sinar matahari.

3. Pindahkanlah pohon kecil yang sudah tumbuh ke lahan tanah

Pindahkanlah pohon kecil yang sudah tumbuh ke lahan tanah

  • Adapun syarat dari memindahkan pohon apel ini yaitu jika tinggi pohon apel sudah mencapai 25 cm karena pada dasarnya baik itu akar,batang maupun daun masih rentan untuk mati.
  • Tanamlah benih tadi pada tanah yang memiliki pH netral
  • Kemudian tempatkanlah pada lahan yang mudah untuk terpapar sinar matahari dan jika memungkinkan dihadapkan ke timur.
  • Selanjutnya jika Anda menanam lebih dari satu pohhon maka berilah jarak ketiika ingin menanam pohon tersebut sekitar 4,5 hingga 5 meter agar ruang untuk tumbuhnya akar akan lebih luas.
  • Untuk proses penyiraman jika pohon masih kecil maka harus disiram sebanyak 10 hingga 12 hari. Tetapi jika pohon sudah mulai tumbuh besar maka kurangilah proses penyiraman tadi. Pada dasarnya pohon apel tidah bisa hidup di tanah yang kering ataupun tanah yang terlallu lembab.
  • Untuk menjaga ketahanan pohon Anda maka jangan lupa untuk menambahkan pupuk. Pupuk ini diharapkan memiliki kandungan oksida dan nitrogen atau biasa disebut NPK 10-10-10, memberikan pupuk akan menambah asupan nutrisi kepada pohon apel agar bisa tumbuh dengan baik dan sehat.
  • Lindungilah tanaman Anda dari berbagai gangguan penyakit ataupun hewan yang menyukai untuk memakan dedaunan. Hal yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memantau secara rutin tanaman apel tersebut.
  • Bersihkan rumput-rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman apel Anda agar dalam proses pertumbuhannya tidak terganggu. Selain itu hal ini juga akan memudahkan Anda jika ingin memberi asupan nutrisi berupa pupuk ke tanaman Anda.
  • Menanam apel dengan menggunakan biji tidak semudah jika menanam dengan metode stek. Tetapi jika Anda menanam menggunakan biji maka Anda akan memperoleh tanaman pohon apel yang utuh mulai dari akar, batang hingga pucuk daunnya.

Cara menanam apel ini terbilang cukup sulit karena Anda dituntut untuk telaten dan sabra agar penanaman apel ini dapat berhasil. tidak jarang banyak orang-orang yang tidak berhasil dalam menanam buah yang satu ini karena tingkat kesulitannya. Selain itu dibutuhkan waktu yang cukup Panjang juga untuk menuju proses pemanenan.

3 Cara Menanam Apel (Lengkap dengan gambar beserta deskripsi)

Add Comment