5 Tanaman Gantung (Ciri-ciri dan jenis)

Tanaman Gantung – Memiliki tanaman gantung dirumah Anda akan membuat tampilan rumah Anda menjadi sangat cantik. Bagaimana tidak? tanaman diletakkan diatas secara menggantung menjadi dekorasi halaman depan atau belakang rumah Anda.

Jika Anda ingin menanam tanaman yang digantung, mungkin masih banyak hal yang menjadi tanda tanya Anda. Tidak perlu khawatir, karena Kita akan kupas tuntas pada artikel berikut ini.

Ciri-ciri Tanaman Gantung

Ciri-ciri Tanaman Gantung

Setiap tanaman memiliki ciri dan karakteristiknya tersendiri. Dalam hal ini berlaku juga untuk tanaman yang digantung. Ada beberapa ciri yang menjadikannya khas, yang antara lain adalah:

  1. Umumnya, tanaman yang merupakan kategori digantung memiliki ciri tumbuh dengan cara merambat. Meskipun bertumbuh dengan cara merambat, tanaman ini tidak tumbuh terlalu lebat.
  2. Ciri lainnya yang kentara dari tanaman ini adalah tumbuhnya yang akan jatuh kebawah. Biasanya bagian pot bunga akan sampai tertutup akibat tanaman ini.
  3. Tanaman gantung umumnya memiliki rentang waktu tumbuh yang lambat. Hal ini memberikan keuntungan bagi pemiliknya sehingga tidak perlu memotongnya terlalu sering.
  4. Umumnya, tanaman gantung tidak membutuhkan paparan sinar matahari secara langsung dan tidak dalam intensitas yang banyak. Jika diperkirakan, hanya sekitar 65% saja sinar matahari yang dibutuhkan oleh tanaman yang digantung.
  5. Tanaman gantung umumnya memiliki morfologi daun yang kecil, sehingga sangat pas pada pot yang menaunginya.

15+ Jenis-jenis Tanaman Gantung untuk Dirumah Anda

Ada banyak sekali tanaman yang bisa ditanam dengan pot gantung untuk dirumah Anda. Beberapa jenis alias contohnya antara lain adalah sebagai berikut:

1. Dischidia Geri

Dischidia Geri

Tumbuhan gantung yang pertama adalah Dischidia Geri, yang memiliki daun hijau segar dengan bentuk menyerupai hati. Tanaman satu ini tumbuh dengan cara menjuntai kebawah sehingga nampak seperti air terjun yang turun ke bawah pot. Dengan model tumbuh yang dimikian inilah menyebabkan Dischidia Geri sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias gantung.

Tanaman satu ini dalam segi perawatannya cukup mudah. Selain itu, tanaman ini juga mudah dalam beradaptasi. Anda bisa meletakkan tanaman ini diberbagai sudut rumah Anda, utamanya pada jendela rumah.

2. Tradescantia

Tradescantia

Tradescantia memiliki warna daun yang sangat unik, yakni berupa corak garis dengan varian warna yang banyak. Warna-warna tersebut antara lain adalah hijau, ungu, putih, silver, dan lain sebagainya. Jenis tanaman hias gantung yang satu ini sangat tepat apabila Anda letakkan pada indoor. Hal ini dikarenakan Tradescantia tidak membutuhkan banyak cahaya.

Tanaman hias gantung satu ini tergolong tanaman yang amat mudah dalam segi perawatannya, hal ini dikarenakan tanaman ini mudah dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Satu hal yang harus Anda perhatikan dari tanaman ini adalah akarnya.

3. Sedum Morganianum

Sedum Morganianum

Jika Anda memperhatikan sekilas, Anda akan menganggap bahwa Sedum Morganianum ini memiliki bentuk menyerupai kaktus. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan daun merangkap batang dan menjadi tempat penyimpanan air.  Tanaman satu ini membutuhkan banyak penyinaran matahari agar optimal dalam pertumbuhannya.

Jika Anda menanam tanaman hias gantung satu ini, Anda tidak perlu menyiramnya terlalu sering. Menyiramnya terlalu sering malah akan membuat tanaman ini cepat mati. Tanaman yang memiliki nama lain Kaktus Anggur ini memiliki warna hijau yang netral, yang mana menjadikannya sebagai pelengkap bunga gantung Anda yang berwarna warni.

4. Dischidia Nummularia Variegeta

Dischidia Nummularia Variegeta

Tanaman hijau yang daunnya mirip dengan bulir bulir ini sangat cantik dan juga menarik. Ukurannya yang kecil menjadikannya sangat mungil dan terlihat imut. Tanaman ini bisa Anda letakkan baik didalam ruangan ataupun di luar. Tumbuhnya menjuntai ke bawah menjadikan tanaman ini sangat tepat dipilih sebagai tanaman hias gantung.

Harga tanaman hias yang satu ini terjangkau, lho! Anda tidak perlu menguras kantong Anda untuk memiliki bunga cantik yang satu ini. Anda bisa membelinya di toko bunga terdekat ataupun membeli secara online.

5. Creeping Charlie

Creeping Charlie

Tanaman hias Creeping Charlie berasal dari negara Amerika Selatan. Karakteristik yang menonjol dari tanaman satu ini adalah sangat cepat dalam tumbuh dan berkembang. Daun tanaman ini berbentuk layaknya mint dengan cara tumbuh yang menjalar.

Ya, tanaman ini tidak hanya tepat dipelihara dengan cara digantung saja. Selain dengan cara digantung, tanaman ini bisa digunakan untuk merambati pagar dan tembok rumah Anda.

6. Anggrek

Anggrek

Dapat dikatakan, bunga Anggrek adalah bunga yang legendaris digunakan untuk tanaman hias gantung kebanyakan orang. Anggrek memiliki berbagai macam jenisnya dan banyak sekali para kolektor yang membudidayakannya. Warnanya yang cantik dan bisa mekar dengan sempurna menjadikannya daya tarik tersendiri.

Meskipun bunga Anggrek memiliki spesifikasi khusus dalam merawatnya, seperti tidak boleh terlalu sering terpapar matahari, tidak boleh terlalu sering disiram, dan harus memperhatikan pupuknya, tapi tanaman ini layak untuk ditanam. Anda bisa menggantung tanaman cantik ini diberbagai sudut rumah Anda untuk mempercantik bagian bagian di hunian kesayangan Anda.

7. Sirih Blaster Heart

Sirih Blaster Heart

Sirih Blaster Heart atau yang juga disebut dengan Sirih Belanda, adalah tanaman gantung hias yang tak kalah populer dengan jenis tanaman  yang lainnya. Jenis tumbuhan daun sirih ini memiliki bentuk daun sesuai namanya, yakni berbentuk hati. Dengan daunnya yang kecil-kecil dengan warna daun yang hijau dan putih, tanaman ini termasuk primadona bagi para pecinta tumbuhan gantung.

Meskipun tanaman ini bukan tanaman yang menghasilkan bunga, tampilannya yang khas dan cantik menjadikannya tidak kalah menarik dengan tumbuhan gantung lainnya. Jenis tanaman ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menampilkan tanaman hias gantung yang minimalis.

8. Baby Tears Plant

Baby Tears Plant

Tanaman yang memiliki arti sebagai tanaman tangisan bayi ini sangat unik. Disebut begitu karena bentuk daunnya yang berupa butiran butiran kecil terlihat rapuh layaknya air mata. Warnanya hijau segar yang mana akan sangat cantik jika Anda letakkan dirumah Anda.

Tanaman tangisan bayi ini sebaiknya tidak Anda letakkan di tempat yang memungkinkannya terpapar banyak sinar matahari. Dengan sedikit intesitas cahaya saja, Baby Tears Plant dapat tumbuh subur dan juga cantik. Anda bisa meletakkannya diberbagai sudut ruangan dirumah Anda.

9. Bunga Geranium

Bunga Geranium

Siapa sih yang tidak tahu bunga yang cantik satu ini? Bunga yang bisa anda temukan di belahan negara manapun ini memiliki bunga yang sangat cantik dengan berbagai warna. Warna dari Geranium antara lain adalah pink, ungu, biru, putih, dan juga merah.

Bunga Geranium mampu tumbuh hingga setinggi 1,2 meter panjangnya, yang mana membuatnya menjuntai kebawah ketika ditanam dengan cara digantung. Bunga cantik satu ini mempunyai nama lain Cranes Bill.

10. Terang Bulan

Terang Bulan

Bunga yang tampak seperti sekumpulan bunga mini yang menggerombol ini memiliki mahkota bunga yang sangat cantik. Daunya berwarna hijau muda segar yang mana sangat pas dipadukan dengan warna cantik dari bunganya. Tanaman satu ini menjadi favorit juga bagi kebanyakan orang. Hal ini dikarenakan bentuknya yang sangat menawan.

11. Petunia Red Picotee

Petunia Red Picotee

Bunga yang sangat cantik dengan kelopak bunga yang lebar ini mirip bunga kertas. Warnanya sangat mencolok dan jika dilihat dari jauh kelopaknya seakan tipis. Pada bagian tengah bunga, terdapat bercak tipis yang ada yang membuat motif bunga satu ini menjadi sangat cantik.

12. Black Eyed Susan Vine (Thunbergia Alata)

Black Eyed Susan Vine (Thunbergia Alata)

Tanaman hias gantung yang satu ini memiliki proposi antara daun dan bunga yang cukup seimbang. Bunganya sangat cantik dengan bagian tengahnya yang berwarna hitam menyerupai mata (Black eyed). Warna kelopak bunganya antara lain adalah bunga berwarna merah dan juga berwarna kekuningan.

Black Eyed Susan Vine ini sangat cocok untuk ditanam di pot gantung Anda. Ketika Anda meletakkannya di rumah Anda, rumah Anda akan terdekorasi layaknya taman bunga yang manis. Mendapatkan bunga ini harganya memang lumayan, tetapi sebanding dengan bunga cantik yang akan Anda dapatkan.

13. Tomat Ceri

Tomat Ceri

Tanaman yang berikutnya ini bukan kategori tanaman hias biasa, karena ada buah juga yang dihasilkan. Tanaman ini biasanya berbentuk pendek dengan tomat kecil menyerupai ceri yang tumbuh. Anda bisa menjadikannya tanaman yang digantung pada pot di langit-langit rumah Anda.

Tanaman yang memiliki nama latin Solanium Lycopersicum Var ini sangat unik dan juga cantik. Anda akan merasa puas ketika melihat tanaman ini berbuah dengan jumlah yang cukup banyak. Selagi Anda bisa menikmati hasilnya, rumah Anda juga akan terlihat semakin cantik dengan adanya tomat ceri ini. Satu  hal lagi yang menjadikannya kelebihan adalah, jenis tumbuhan ini mudah budidayanya.

14. Lili Paris

Lili Paris

Tanaman Lili Paris atau yang memiliki nama lain yaitu Spider Plant ini juga cocok Anda pilih sebagai tanaman gantung dirumah Anda. Tanaman bernama latin Chlorophytum Comosum ini bertumbuh dengan cara menjalar serta menjuntai jatuh kebawah. Daunnya memiliki corak yang khas sehingga membuat siapapun yang memandang menjadi senang.

15. Verbana

Verbana

Tanaman hias yang satu ini memiliki warna yang beragam dalam satu pot. Tentunya dengan warna warni yang dihasilkan membuat mata Anda akan berdecak takjub. Tanaman yang nama latinnya sama dengan nama aslinya ini cocok juga untuk ditanam pada media pot gantung.

Jika Anda ingin memelihara tanaman ini, sebaiknya Anda memasangnya pada teras rumah Anda. Mengapa demikian? Karena tanaman yang satu ini membutuhkan banyak cahaya matahari untuk melakukan fotosintesis. Meskipun demikian, usaha yang Anda lakukan untuk merawat tanaman satu ini akan sebanding dengan keindahan bunganya saat mekar nanti.

16. Pansy

Pansy

Anda ingin segera memiliki bunga gantung tetapi tidak sabar akan proses pertumbuhannya? jangan khawatir karena bunga yang satu ini adalah jenis tumbuhan yang mampu berkembang biak dengan cepat. Ada berbagai warna bunganya yang ditimbulkan dalam sekali tanam, mulai dari kuning, ungu, putih, kuning, dan lain sebagainya.

Pansy memiliki nama latin Viola Tricolor Var. Hortensis, yang mana menjadi favorite dari banyak pecinta tanaman hias gantung. Jika Anda memiliki bunga ini dirumah Anda, dijamin Anda tidak akan bosan untuk memandang bunga yang cepat tumbuh ini.

17. Lobelia

Lobelia

Selain Pansi, Lobelia juga memiliki ciri khusus yakni mampu bertumbuh dalam waktu yang singkat. Bunga Lobelia ini tumbuh dengan sangat lebat dan akan sangat cocok jika tumbuh dengan cara digantung. Hal ini dikarenakan ketika diletakkan pada pot gantung, Lobelia akan tumbuh mengerubuti bagian pot hingga tidak ada bagian pot yang terlihat.

Bunga ini menjadi favorit karena selain mungil, lebat, dan juga memiliki penampakan bunga yang indah, bunga ini juga cukup terjangkau dari segi harganya. Dapat dikatakan, Lobelia adalah pilihan yang paling tepat untuk tanaman hias gantung dirumah Anda.

18. Paku Gunung

Paku Gunung

Paku Gunung atau tanaman dengan nama latin Nephrolopis Exaltata ini juga disebut juga dengan Pakis Boston. Tanaman Pakis Boston ini juga bisa digunakan sebagai tanaman hias yang ditanam dengan cara digantung, lho! Tanaman ini memiliki warna hijau tegas dan segar dengan cara tumbuhnya yang menjuntai hingga kebagian bawah pot.

Anda boleh berbahagia karena menanam Paku Gunung ini tergolong mudah dan tidak perlu terlalu rumit aturan dalam menanamnya. Anda bisa meletakkan tanaman satu ini diberbagai tempat yang menurut Anda pas di rumah Anda.

19. Dianthus

Dianthus

Jenis bunga terakhir yang cocok ditanam dengan menggantung adalah Dianthus. Bunganya sangat cantik dan sering kali digunakan untuk berbagai kepentingan seperti pembatas, penghias tanah, dan lain sebagainya. Selain manfaatnya tersebut, Dianthus juga sangat cocok ditanam dengan media pot gantung yang kemudian diletakkan diberbagai sudut rumah untuk mempercantik hunian Anda.

Setidaknya ada lebih dari 250 varietas dari Dianthus ini yang bisa Anda pilih. Bunga satu ini akan bermekaran dengan sempurna pada musim panas. Warna dan bentuk kelopak bunganya sangat unik, yang menjadikan orang susah berpaling ketika sudah memutuskan untuk menanam bunga yang satu ini.

Manfaat Tanaman Gantung yang Perlu Anda Ketahui

Memiliki tanaman yang digantung tentunya ada karena manfaat yang akan diperoleh. Lalu apa sajakah manfaat adanya tanaman gantung ini? manfaatnya dapat dijabarkan sebagai berikut ini:

1. Mendekorasi rumah Anda

Mendekorasi rumah Anda

Tanaman gantung yang ada akan mendekorasi rumah Anda dengan sempurna. Desain rumah Anda saja tidak cukup hidup tanpa hadirnya berbagai tanaman yang ada. Dengan adanya tanaman yang digantung ini, maka rumah Anda seperti singgasana yang cantik dengan perhiasan bunga bunga di atasnya.

Bunga-bunga gantung umumnya memiliki bentuk dan warna yang cantik. Ada berbagai warna seperti pink, merah, putih, ungu, kuning, dan lain sebagainya. Perpaduan banyak warna yang ada pada bunga akan membuat rumah Anda terlihat sangat cantik dan feminine.

2. Dapat membuat udara semakin fresh

Dapat membuat udara semakin fresh

Anda semua pasti tahu bahwa tumbuhan selalu memiliki fungsi satu ini. Ia mampu menyaring polusi udara yang bisa membuat Kita sesak napas. Juga, tumbuhan pada siang hari menghasilkan oksigen dan juga menyerap karbondioksida sebagai bahan bakar untuk memasak makanan. Dengan begini, secara otomatis udara yang kotor akan terserap dan digantikan dengan oksigen yang menyegarkan.

Meskipun biasanya jumlah tanaman yang digantung tidak seberapa, tetapi alangkah baiknya tidak meremehkan hal tersebut. Sejumlah tanaman yang ada sudah cukup mengurangi resiko buruk yang diakibatkan karena udara yang kotor. Anda bisa terhindar dari potensi sesak napas, batuk, dan juga sakit tenggorokan akibat polusi udara.

3. Mengatasi stres dan depresi

Mengatasi stres dan depresi

Memandang tanaman yang bergantungan dirumah akan membuat pikiran menjadi rileks. Menghirup harum bunganya dan juga merawatnya bisa menjadi pelepas stres yang ampuh. Bahkan ada penelitian yang mengatakan bahwa memainkan daun tumbuhan selama dua menit saja sudah mampu membuat tingkat stres yang Anda alami menurun.

Bukan hanya stres, penyakit stres berkepanjangan atau depresi juga bisa terobati dengan melihat tanaman yang cantik ini. Dengan melihat dan menyentuhnya secara rutin, akan mampu memberikan motivasi serta harapan untuk penderita depresi yang sering kehilangan gairah untuk hidup.

4. Membuat tidur Anda menjadi semakin nyenyak

Membuat tidur Anda menjadi semakin nyenyak

Benarkah demikian? Bukankah dimalam hari tumbuhan malah menyerap oksigen? Untuk beberapa tanaman, faktanya tetap melakukan fotosintesis pada malam hari sehingga tetap menyerap Co2 dan merubahnya menjadi O2. Selain itu, ada banyak tumbuhan gantung yang mampu memberikan aroma semerbak yang halus sehingga bisa Anda jadikan aroma terapi saat tidur.

Dengan kondisi kamar yang nyaman dan ditemani dengan harum bunga yang lembut, dijamin Anda akan memiliki jam tidur yang lebih nyenyak. Perasaan tenang dan hangat juga bisa Anda dapatkan ketika memandang bunga gantung yang ada, terlebih jika Anda meletakkan tanaman yang digantung ini didekat kamar Anda.

5. Membunuh bakteri

Membunuh bakteri

Tahukah Anda, bahwa tumbuhan gantung juga mampu membunuh bakteri? Jika sudah begini, fungsinya akan sangat berpengaruh kepada kesehatan. Jenis tumbuhan gantung yang mampu membunuh bakteri adalah jenis eucalyptus karena ia merupakan jenis tumbuhan dengan antiseptik alami.

Ketika Anda terserang penyakit flu—yang mana disebabkan oleh bakteri, cobalah hirup tanaman Anda satu ini. Niscaya, flu Anda akan segera reda. Bukan hanya flu, sakit kepala pun bisa diatasi dengan menghirup eucalyptus ini.

Tempat Meletakkan Tanaman Gantung

Benar, bahwa tanaman ini digantung pada bagian atas. Lantas, di bagian rumah manakah sebaiknya tanaman gantung ini diletakkan? Ada beberapa rekomendasi tempat untuk meletakkan tanaman tersebut, yang antara lain adalah sebagai berikut:

1. Di teras rumah

Di teras rumah

Tempat ini merupakan tempat paling umum untuk meletakkan tanaman yang digantung. Biasanya, tanaman digantung pada kayu yang terdapat pada atap. Tampak luar, bagian depan rumah akan semakin cantik dan terlihat segar dengan adanya tanaman yang digantung ini. Yang perlu Anda ingat, Anda sebaiknya meletakkan tanaman ini ditempat yang teduh, ya!

2. Di ruang tamu

Di ruang tamu

Tempat selanjutnya yang bisa Anda pakai untuk meletakkan tumbuhan hias gantung ini adalah di ruang tamu. Anda bisa meletakkannya dekat jendela sehingga ia dengan mudah mendapatkan pasokan cahaya matahari saat pagi. Selain itu, meletakkannya pada jendela akan membuat jendela Anda mendapatkan bingkai yang cantik dari tanaman hias tersebut.

3. Di kamar

Di kamar

Ingin meletakkannya pada kamar? Tentu saja bisa! Sama seperti pada ruang tamu, akan lebih tepat jika Anda meletakkannya didekat jendela kamar Anda. Ketika pagi hari, Anda bisa membuka jendela kamar Anda sehingga tumbuhan gantung tersebut dapat berfotosintesis dengan sempurna.

4. Di dapur

Di dapur

Meletakkannya di dapur juga bisa menjadi ide bagus. Dengan meletakkanya didapur, dapur Anda akan terlihat lebih fresh dan mampu membuat Anda semangat untuk memasak. Letakkan ditempat yang aman dan agak jauh dari kompor, takutnya nanti akan terkenai kepala Anda saat memasak, hihihi.

5. Di belakang rumah

Di belakang rumah

Bagi Anda yang memiliki halaman belakang rumah, Anda bisa melengkapinya dengan tanaman hias gantung juga. Ini akan semakin menghidupkan halaman belakang rumah yang umumnya digunakan oleh orang-orang untuk bersantai.

Jika dilihat, sejatinya hampir seluruh bagian rumah cocok saja untuk ditanami tanaman hias gantung. Anda juga bisa memilih tempat sesuka hati Anda jika Anda ingin. Bahkan jika Anda ingin meletakkannya di dalam rumah yang tidak memungkinkan tidak terkena cahaya pun tidak masalah, asal Anda mau dengan telaten membawanya ke sumber cahaya dirumah saat siang hari.

Tips dalam Menanam Tanaman Hias Gantung

Ada beberapa tips atau kiat bagi Anda yang berniat memiliki tanaman hias gantung dirumah Anda. Dengan mengikuti kiat yang ada, tentunya diharapkan akan menghindarkan Anda dari kesalahan atau mungkin kerugian yang akan ditimbulkan. Beberapa tips atau kiatnya antara lain yaitu:

1. Mengenali jenis tanaman yang akan ditanam

Mengenali jenis tanaman yang akan ditanam

Anda harus memahami bagaimana karakter dan jenis tanaman hias gantung Anda. Meskipun sebenarnya semua tanaman bisa Anda buat sebagai mode “gantung”, tetapi tiap tanaman memiliki ciri dan karakter sendiri yang harus sesuai dengan konsep tanaman yang digantung.

Sebaiknya, Anda memilih tanaman yang akarnya bukan merupakan tanaman ekstensif seperti halnya pada semak. Hal ini dikarenakan jenis akar yang semacam itu dapat membuat pot gantungnya menjadi rusak. Tentu Anda tidak menginginkan hal buruk ini terjadi.

Untuk membuat tanaman gantung Anda menjadi optimal, disarankan Anda menanam tanaman yang bisa tumbuh sepanjang tahun, subur, mudah dalam beradaptasi. Contoh dari tanaman ini misalnya Lili Paris dan juga Fuschia.

2. Menentukan wadah yang sesuai dengan jenis tanaman

Menentukan wadah yang sesuai dengan jenis tanaman

Pot atau wadah adalah hal yang tidak boleh Anda sepelekan saat Anda berkomitmen akan membuat tanaman yang digantung dirumah Anda. Jika Anda mengabaikan hal ini, maka ini akan berdampak pada keindahan bunga serta fisiknya.

Pot  yang bisa Anda gunakan untuk tanaman hias gantung adalah pot dari plastik, anyaman, hingga dari tanah liat. Untuk pot yang terbuat dari plastik bagi Anda yang ingin simpel dan praktis. Untuk wadah yang mampu menjaga kelembapan, Anda bisa memilih pot dari tanah liat.

3. Memperhatikan tali gantung

Memperhatikan tali gantung

Tanaman Anda nantinya akan digantung pada bagian atap atap rumah Anda, dengan begitu Anda tidak bisa melewatkan tali untuk menggantungnya. Anda harus memperhatikan satu ini karena jika Anda salah pilih tali, maka pot Anda bisa jatuh dan pecah karena tali tidak mampu menopang.

Anda sebaiknya memilih tali yang kuat serta bisa menahan beban yang ada pada tanaman hias gantung Anda. Sebaiknya Anda menghindari pembuatan tali atau kawat gantung sendiri, karena dari segi estetika hal tersebut kurang dan dari segi keamanan tidak bisa dipastikan keamanannya. Daripada mengandung resiko, sebaiknya Anda membelinya.

4. Melakukan perawatan rutin

Melakukan perawatan rutin

Seperti halnya menanam tumbuhan biasa, menanam tanaman yang digantung juga tidak boleh luput dari perawatan. Anda harus rajin merawat dan memperhatikan kondisi tanaman Anda.  Dengan begitu, tanaman Anda akan lebih awet dan tentunya tidak mudah terserang penyakit tanaman.

Sebaiknya Anda menyiram tanaman Anda satu kali dalam sehari. Anda sebaiknya juga menggunakan alat penyemprot dan menyemprotkannya pada bagian daunnya sehingga bunga dan daun tetap cantik dan segar. Jangan lupa memberikan pupuk pula sehingga kebutuhan zat hara tumbuhan bisa terpenuhi.

Lengkap sudah pembahasan Kita kali ini tentang tanaman gantung yang perlu Anda ketahui dengan baik. Kini, Anda sudah mengerti, bukan, apa tanaman hias gantung yang Anda inginkan dan tepat untuk Anda. Apapun pilihan Anda, itu adalah pilihan yang tepat karena semuanya sangat indah dan juga cantik.

5 Tanaman Gantung (Ciri-ciri dan jenis)

Add Comment