15 Tanaman Buah (Macam, jenis, perawatan, dan tips budidaya)

Tanaman Buah – Indonesia merupakan negara dengan tanah subur yang terjaga sampai sekarang. Semua tanaman yang cocok dengan tanah Indonesia pastinya akan langsung tumbuh dan berkembang saat sekali ditanam. Begitu juga dengan tanaman buah yang sering ditanam oleh masyarakat Indonesia karena menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi.

Meskipun tanaman yang dapat berbuah dapat Anda tanam dengan mudah, Anda tetap perlu meningkatkan ilmu pengetahuan tentang tanaman ini. hal tersebut dapat Anda kembangkan setelah membaca artikel ini. Anda dapat mengetahui lebih banyak tentang tanaman yang dapat berbuah. Serta, dapat menambah minat Anda untuk memiliki tanaman buah.

Berbagai Macam Tanaman Buah untuk Hiasan Halaman Rumah

Tanaman seringkali memenuhi halaman rumah untuk menyejukkan udara sekitar rumah. Salah satu tanaman yang dapat Anda jadikan hiasan pada halaman rumah yaitu tanaman buah. Anda dapat mengambil banyak keuntungan dengan menanam tanaman tersebut di halaman rumah. Selain buahnya dapat dikonsumsi, Anda dapat mempercantik halaman rumah juga.

1. Buah Delima

Buah Delima

Delima merupakan salah satu jenis buah yang dapat berkembang di Indonesia. Namun, ternyata tanaman ini memiliki tempat asal di wilayah Timur Tengah. Penyebaran dari buahnya sudah meluas mulai dari tropis sampai subtropis. Selain itu, buah delima dapat Anda temukan pada dataran tinggi dan juga dataran rendah.

Selain buah ini memiliki rasa buah yang asam manis, warna dari buahnya merah kuat. Hal ini yang menjadikan buah delima cocok untuk menghiasi halaman rumah Anda. Sedangkan, untuk perawatan dalam tanamannya hanya dengan menanamnya pada tanah yang gembur, banyak mengandung unsur hara, dan memiliki kandungan air yang cukup.

2. Jeruk Nagami

Jeruk Nagami

Jenis jeruk yang sangat direkomendasikan untuk menghiasi halaman rumah selanjutnya yaitu jeruk nagami. Tanaman ini memiliki tempat asal yaitu Jepang. Pada bentuk buahnya terdapat bentuk lonjong yang dipadukan dengan ukuran yang kecil-kecil.

Tanaman nagami dapat tumbuh dan berkembang hingga ketinggiannya kurang lebih 2-5 meter dengan kondisi batang yang terdapat duri. Kemudian, nagami sangat sering berbuah yang sekalinya berbuah akan menghasilkan jumlah buah sampai ribuan setia tahunnya.

Keunikan dari tanaman jeruk ini yaitu pada bagian buah dan kulitnya dapat Anda konsumsi secara langsung. Serta, rasa yang terkandung di dalamnya sangat manis dengan aroma wangi yang segar. Sehingga, Anda akan mendapat banyak keuntungan jika mempunyai nagami ini karena dapat dikonsumsi sendiri dan juga menjadi hiasan rumah.

3. Nanas Medusa

Nanas Medusa

Nanas medusa merupakan salah satu tanaman buah yang sangat unik jika digunakan dalam hiasan pekarang rumah Anda. Keunikan buah dapat Anda lihat pada bentuk buahnya yang selalu menghasilkan anakan-anakan nanas yang berukuran lebih kecil dan juga memiliki mahkota. Karena terdapat mahkota, medusa sering disebut sebagai nanas mahkota.

Medusa dengan bentuk yang ramai berwarna oranye ini siap untuk menghiasi halaman rumah Anda. Pada tanaman ini akan tampak seperti bunga mekar yang cantik. Selain itu, medusa dapat Anda konsumsi dengan rasa daging buahnya yang manis dan kaya akan serat.

4. Buah Naga

Buah Naga

Buah naga merupakan jenis tanaman yang termasuk ke dalam kaktus. Buah yang memiliki tempat asal seperti Mexiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan ini sekarang sudah mulai tumbuh di negara-negara Asia. Indonesia termasuk negara yang mengembangkan tanaman buah naga dengan begitu pesatnya.

Buah naga dapat Anda temui di berbagai daerah di Indonesia. Selain rasa daging buahnya yang manis, buah naga juga mampu dijadikan sebagai hiasan halaman rumah Anda. Warna merah dari kulit buahnya dapat menarik perhatian dari para penglihatnya. Saat bunganya mekar juga menjadi daya pikat banyak orang yang memandangnya.

Berbagai Jenis Tanaman buah yang Mudah Berbuah

Berbagai macam tanaman buah memiliki keuntungan tersendiri bagi para pemiliknya. Hal ini dikarenakan tanaman tersebut menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi dengan gratis. Namun, tidak semua jenis tanaman yang dapat berbuah ini dapat menghasilkan buah dengan mudah. Hal ini dapat disebabkan oleh cara dari bercocok tanamnya dan juga dari jenis tanaman yang ditanam.

Keadaan ini yang seringkali membuat masyarakat merasa kurang semangat dalam menanam tanaman berbuah. Mereka ingin memiliki buah hasil tanam sendiri dengan cepat tapi tidak mengetahui tanaman mana yang dapat menghasilkan buah dengan cepat. Jadi, terdapat beberapa jenis buah yang mudah menghasilkan buah seperti penjelasan di bawah ini.

1. Buah Naga

Buah Naga

Tanaman jenis buah naga yang memiliki warna kulit merah muda ini mempunyai empat jenis. Jenis buah naga tersebut dikelompokkan dalam warna-warna yang berbeda. Terdapat buah naga berwarna putih, ungu, kuning, dan juga merah. Namun, buah naga warna merahlah yang paling sering dibudidayakan oleh masyarakat.

Tanaman buah naga sangat mudah untuk dibudidayakan oleh siapa saja. Hal ini dikarenakan perkembangan dari tanamannya lumayan cepat. Anda sudah dapat mencicipi hasil tanam sendiri dari buah naga ini hanya dengan waktu kurang dari satu tahun. Anda cukup menggunakan lahan halaman rumah Anda untuk dapat menanamnya.

2. Buah pir

Buah pir

Buah pir merupakan jenis tanaman yang menghasilkan buah dengan kandungan air melimpah di dalamnya. Tumbuhan pir dapat tumbuh dengan cepat dan juga ukuran pohonnya juga tidak terlalu tinggi. Hal tersebut akan semakin memudahkan Anda dalam menyiapkan tempat untuk menanamnya. Anda dapat mengembangkan tanaman ini disekitar rumah Anda.

Pemeliharaan tanaman pir juga dapat dilakukan dengan mudah. Anda membutuhkan banyak penyiraman saja. Hal ini dapat dilakukan penyiraman sebanyak dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Penambahan nutrisi untuk tanaman pir cukup memberikannya pupuk setiap tiga bulan sekali.

3. Buah Belimbing

Buah Belimbing

Belimbing merupakan jenis tanaman lainnya yang dapat Anda tanam dengan cara yang mudah dan juga cepat menghasilkan buah. Pada setiap masa panen, tanaman ini dapat menghasilkan buah yang cukup banyak. Dalam merawatnya, Anda cukup memberikan pupuk setiap tiga bulan sekali. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan nutrisi dari belimbing.

Anda tidak perlu cemas tentang musim yang cocok untuk menanam buah ini. hal tersebut dikarenakan tanaman buah belimbing tidak mengenal musim untuk dapat tumbuh dan berkembang dan juga berbuah lebat. Halaman rumah Anda sangat cocok untuk ditanami dengan tanaman belimbing ini.

4. Buah Jambu Air

Buah Jambu Air

Tanaman jambu air merupakan jenis tanaman yang memiliki rasa yang enak dan juga mengandung banyak air di dalamnya. Tanaman yang berasal dari kawasan Asia Tenggara ini dapat digolongkan sebagai suku jambu-jambuan. Menanam dan mengembangkan tanaman ini dapat dikatakan cukup mudah untuk melakukannya.

Hal ini sangat cocok untuk wilayah Indonesia yang termasuk daerah tropis dengan ketinggian wilayahnya 5-500 mdpl. Dalam sekali masa panennya, Anda akan mendapatkan buah yang cukup banyak untuk dapat dikonsumsi. Keadaan ini dapat Anda miliki dengan perawatan tanaman yang baik dan cermat.

Perawatan dari tanaman ini yaitu dengan memberikannya pupuk. Jika tumbuhan jambu air belum dapat berbuah, maka pupuk dapat diberikan saat awal musim hujan menggunakan pupuk urea dan pupuk kandang. Hal tersebut dilakukan dengan menimbun pupuk di dalam tanah dengan luas ukuran tajuk terluarnya.

5. Buah Jambu Biji

Buah Jambu Biji

Jambu biji adalah salah satu jenis buah yang sangat digemari oleh warga Indonesia. Hal ini dikarenakan oleh manfaat dari buahnya yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi. Kandungan tersebut antara lain vitamin A, C, kalium, antioksidan, serat, zat besi, protein, dan lain-lain. Hal tersebut sangat menguntungkan bagi tubuh Anda.

Anda dapat menanam tanaman ini dengan sangat mudah di halaman rumah Anda. Hal ini disebabkan oleh kemudahan cara merawat dan juga cepat dalam berbuah. Dalam menyiapkan lahannya, Anda tidak perlu membutuhkan area yang luas tapi tanah untuk menanamnya usahakan mengandung banyak humus agar semakin subur.

6. Buah Sawo

Buah Sawo

Sawo merupakan jenis buah yang digemari oleh masyarakat karena rasanya yang manis. Buah bernama latin manikara zapota ini memiliki banyak kandungan baik yang menyehatkan tubuh Anda. Kandungan tersebut antara lain protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan juga vitamin C.

Selain kandungan yang sangat menguntungkan untuk Anda, tanaman ini juga sangat mudah untuk ditanam. Tanaman buah sawo tidak membutuhkan lahan yang luas untuk dapat tumbuh. Serta, ketinggian tumbuhan ini tidak terlalu tinggi. Hal tersebut sangat cocok bagi Anda yang ingin mengisi lahan halaman rumah menggunakan tanaman.

7. Buah kelengkeng

Buah kelengkeng

Kelengkeng yang memiliki nama latin Dimocarpus Longan Lour ini merupakan tanaman buah yang sering ditanam oleh masyarakat Indonesia. Dalam buahnya terdapat banyak kandungan yang baik untuk tubuh, kandungan tersebut antara lain serat, air, protein, kalsium, zat besi, fosfor, tembaga, kalium, vitamin B, dan juga vitamin C.

Rasa dari buah ini juga manis dan juga daging buahnya kenyal. Dengan adanya banyak keuntungan dari buah kelengkeng, Anda dapat dengan mudah menanamnya sendiri di pekarangan rumah Anda. Perawatan tanaman ini juga tidak begitu sulit. Anda hanya perlu menyiramnya secara teratur dengan tambahan pupuk.

8. Buah Srikaya

Buah Srikaya

Srikaya merupakan jenis buah dengan nama lain apple custard. Tanaman buah ini sangat baik untuk tumbuh dan berkembang dalam lingkungan tropis seperti di Indonesia. Rasanya yang manis membuat banyak orang menyukai buah ini. selain itu, srikaya memiliki bentuk yang unik yaitu berbentuk bulat tidak beraturan dengan tekstur yang tidak rata.

Selain hal tersebut, srikaya memiliki banyak kandungan yang baik untuk menutrisi tubuh. Kandungan tersebut antara lain karbohidrat, protein, serat, vitamin C, vitamin B, kalsium, magnesium, kalium, fosfor, dan juga zat besi. Selain itu, di dalam srikaya ini kaya akan kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Tumbuhan yang mudah berbuah ini sangat mudah sekali dalam merawatnya agar lebih mudah dalam berbuahnya. Hal itu dapat Anda lakukan dengan pemangkasan pada batang tanaman. Pemangkasan yang dilakukan ini akan mendorong pertumbuhan bunga-bunga baru yang menjadi calon buah.

Manfaat Memiliki Tanaman Buah

Manfaat Memiliki Tanaman Buah

Tanaman sudah menjadi hal favorit yang sering digunakan banyak orang dalam menghiasi halaman rumahnya. Menanam adalah suatu hal yang menyenangkan bagi orang yang memiliki hobi tersebut. Anda dapat menjadikan tanaman buah untuk menghiasi pekarangan rumah Anda sekaligus dapat memperoleh hasil buahnya secara gratis.

Salah satu manfaat yang menjadi alasan seseorang menanam tanaman buah adalah dapat mengambil hasil tanam sendiri. Tanaman hasil tanam sendiri dapat memberikan penghasilan tambahan dan juga memenuhi nutrisi bagi keluarga. Hal ini dapat Anda peroleh saat tanaman sudah menghasilkan buah yang pantas untuk dipanen.

Selain itu, memiliki tanaman yang dapat berbuah juga dapat memberikan kesan estetika untuk dipandang. Warna-warni dari buah yang dihasilkan akan menarik mata yang memandang. Apalagi Anda dapat menata tanaman-tanaman ini dengan rapi maka akan menghasilkan nilai estetika yang lebih menarik.

Sementara itu, semakin banyak tanaman buah yang Anda tanam, maka akan menambahkan tingkat kesejukan dan keteduhan pada sekitar halaman rumah Anda. Meskipun cuaca matahari sedang dalam keadaan terik, halaman rumah Anda akan tetap terasa dingin dan juga sejuk. Udara yang dihasilkan disekitar rumah Anda akan lebih bersih dengan banyaknya kandungan oksigen.

Dengan melakukan penanaman tanaman ini, Anda juga dapat memanfaatkannya sebagai tempat menyimpan air. Tempat menyimpan air yang dimaksud ini adalah sebagai penyerapan air melalui akar-akar pada tanaman. Jika tidak ada tanaman yang berada di lingkungan Anda, maka penyerapan air akan sedikit yang membuat air menggenang.

Perawatan Tanaman Buah yang Mudah Dilakukan

Perawatan Tanaman Buah yang Mudah Dilakukan

Semua tanaman memiliki cara perawatan tersendiri untuk tumbuh kembang tanaman. Perawatan harus dilakukan dengan benar dan juga cermat yang nantinya berpengaruh pada hasilnya. Begitu juga dengan tanaman buah. Tanaman ini membutuhkan perawatan yang sangat mudah dilakukan untuk Anda yang baru memulai menanamnya.

Anda perlu memahami tentang cara merawat tanaman tersebut terlebih dahulu agar nilai positif untuk menumbuh kembangkan tanaman tersebut dapat Anda miliki. Terdapat beberapa perawatan yang dapat Anda lakukan yaitu salah satunya pada teknik penyiraman. Penyiraman dilakukan rutin dengan memerhatikan jenis tanaman berbuah yang Anda kembangkan.

Selanjutnya yaitu tentang penyiangan. Penyiangan merupakan proses pemusnahan untuk rumput-rumput liar yang berada di sekitar tanaman Anda. Anda dapat melakukan dengan cara mencabut gulma sampai akarnya. Hal ini dilakukan untuk tidak mengurangi nutrisi tanaman buah yang dapat diserap oleh gulma tersebut.

Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan tentang pemupukan. Pemupukan dilakukan untuk menjaga kesuburan tanah pada media tanaman tumbuhan buah Anda. Anda dapat menggunakan pupuk jenis organik maupun anorganik. Dalam memberikan pupuk ini, Anda perlu memerhatikan porsi yang cocok untuk setip jenis tanaman tersebut agar hasilnya maksimal.

Hal lain yang dapat digunakan untuk merawat tanaman Anda adalah dengan melakukan pemangkasan. Pemangkasan ini dilakukan untuk membuat tanaman buah terlihat tampak rapi. Selain itu pemangkasan berfungsi untuk menjaganya dari hama dan juga pendorong tumbuhnya bunga-bunga baru yang nantinya akan menjadi buah.

Tips Budidaya Tanaman Buah

Tips Budidaya Tanaman Buah

Negara Indonesia menjadi tempat yang sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan budidaya tanaman buah. Namun, pada kenyataannya banyak tanaman yang kurang dapat menghasilkan buah dengan baik. Hal ini mengakibatkan kurangnya produksi buah-buahan yang membuat negara ini masih memerlukan pasokan dari negara lain.

Kurangnya hasil buah yang baik dalam proses tanam menanam ini disebabkan oleh kurangnya wawasan dan tips budidaya pada tanaman berbuah. anda yang ingin melakukan budidaya ini sangat perlu memerhatikan tata cara perawatan serta pemeliharaan budidaya tersebut. Tips budidaya dapat Anda pahami setelah membaca artikel ini.

Salah satu tips dari budidaya tanaman buah ini yaitu tentang pemilihan bibit buah. Anda dapat memilih jenis bibit buah yang akan dibuidayakan dengan memerhatikan minat para calon pembeli. Hal ini dapat Anda ketahui melalui tren yang ada disekitar Anda. Dengan memerhatikan hal tersebut, maka Anda nantinya dapat menjual tanaman tersebut dengan nilai yang tinggi.

Selain itu, Anda dapat memerhatikan tips tentang pemilihan lahan yang akan Anda gunakan untuk menanam dan mengembangkan budidaya ini. lahan harus disiapkan terlebih dahulu sebelum Anda mula menanamnya. Hal ini dapat dilakukan dengan membersihkan gulma dan mencangkul tanahnya agar tanah menjadi lebih gembur dan siap untuk ditanam.

Selanjutnya yaitu Anda harus membuat sistem penanaman yang baik. Sistem tersebut memiliki maksud bahwa Anda dapat memperhitungkan keadaan sistem penanaman seperti jarak pada setiap tanaman. Jarak yang dibuat ini tergantung dari jenis tanaman yang akan Anda tanam. Hal ini dilakukan agar dapat memperkirakan tempat untuk tumbuh kembang tanaman secara maksimal.

Setelah itu, Anda dapat menanamkan bibit yang telah dipilih pada lahan yang telah Anda siapkan. Lakukanlah hal ini dengan berhati-hati. Anda perlu menyiram serta merawat tanaman awal ini dengan sebaik mungkin. Selanjutnya, jangan lupa untuk memberinya pupuk sebagai tambahan nutrisi bagi tanaman buah.

Setelah Anda memahami isi dari artikel ini, Anda akan menambah wawasan tentang tanaman buah. Selain itu, Anda lebih siap untuk memilih tanaman yang cocok untuk dapat ditanam pada halaman rumah Anda dan juga dapat memilih jenis tanaman yang mudah untuk berbuah. Dengan cara merawatnya yang sangat mudah, Anda juga dapat membudidayakan tanaman dengan lancar.

15 Tanaman Buah (Macam, jenis, perawatan, dan tips budidaya)

Add Comment