17 Tanaman Binahong (Pemberadaan, pembagian jenis, dan perincian bentuk fisik)

Tanaman Binahong – Tanaman binahong dengan nama latinnya ialah Anredera cordifolia merupakan sebuah tanaman yang sudah banyak didengar oleh masyarakat. Kepopulerannya ini dapat terjadi karena manfaat yang ada di dalamnya. Namun, tidak semua dari masyarakat mengerti dengan jelas tentang daun binahong ini.

Pada kesempatan kali ini, Anda dapat memahami dengan berbagai pandangan melalui bebrapa penjelasan. hal tersebut dikarenakan pada artikel ini terdapat informasi mengenai keberadaan binahong, jenis-jenisnya, bentuk fisik dari binahong, kandungan yang ada di dalamnya, khasiat dan juga manfaat binahong pada bidang pengobatan dan perawatan kulit.

Keberadaan Tanaman Binahong

Keberadaan Tanaman Binahong

Binahong sudah berada di wilayah Indonesia sejak lama. Namun, kepopuleran tanaman ini menjadi sebuah alternatif obat alami yang baru terjadi akhir-akhir ini. menurut sejarahnya, tanaman Binahong ini konon bermuara dari Korea. Dalam perjalanannya, binahong menjadi bahan konsumsi untuk orang-orang di Vietnam pada tahun 1950-1970.

Hal ini terjadi saat Vietnam melakukan perang melawan Amerika Serikat. Tanaman dengan banyak manfaat ini juga sudah dikenal oleh Negara Cina dengan sebutan nama yang berbeda. Masyarakat Cina menyebut binahong ini dengan nama Dheng San Chi. Binahong juga telah menjadi bahan untuk dikonsumsi oleh orang-orang Tiongkok, Korea, Taiwan, dan lainnya selama ribuan tahun.

Pembagian Jenis pada Spesies Tanaman Binahong

Pembagian Jenis pada Spesies Tanaman Binahong

Tumbuhan hijau yang telah tumbuh di kawasan Asia Selatan dan juga Asia Tenggara ini memiliki pembagian dalam spesiesnya. Terdapat kurang lebih dua spesies pada tanaman binahong. Spesies yang pertama yaitu bernama latin Anredera cordifolia. Tanaman ini adalah jenis yang tumbuh pada Negara India, Cina, Taiwan, Korea dan juga Indonesia.

Pada jenis tanaman ini, terdapat dua sub spesies yang memiliki perbedaan secara fisik. Terdapat jenis yang memiliki tangkai berwarna merah. Selain itu, terdapat tanaman dengan tangkai berwarna hijau. Selanjutnya yaitu spesies dengan nama Basella alba atau bisa disebut juga Malabar Spinach. Jenis binahong ini berkembang di Amerika Selatan yang dinamai dengan Boussingaultia basseloides.

Perincian Bentuk Fisik Tanaman Binahong

Perincian Bentuk Fisik Tanaman Binahong

Tanaman yang sering Anda lihat sebagai tanaman menjalar. Meskipun tampak sekilas tanaman ini hampir sama dengan tanaman menjalar lainnya. Namun, binahong juga memiliki bentuk fisik atau morfologi khusus yang membedakan dengan tanaman lainnya. Hal ini dapat dirincikan mulai dari bentuk daunnya, rhizomanya, akarnya, batangnya, dan juga pada bunganya.

Pada bentuk dari daunnya, binahong memiliki daun tunggal pada setiap tangkainya. Tangkai pada binahong ini sangat pendek dari tanaman biasanya. Pada susunan tulang daunnya berbentuk menyirip dan juga letaknya berselang seling di batangnya. Daun binahong yang bergelombang ini berwarna hijau muda dengan ukuran panjang kurang lebih 5-10 cm dan lebarnya 3-7 cm.

Selanjutnya yaitu keadaan bentuk rhizomanya. Rhizoma merupakan batang dan daun yang terletak  atau tertanam di dalam tanah. Rhizoma pada tanaman binahong yaitu tumbuh mendatar serta terdapat cabang-cabang pada batang tanah tersebut.  Hal ini berbeda dengan akar karena rhizoma adalah jelmaan batang yang di dalamnya berfungsi untuk tempat cadangan makan.

Sementara itu, pada akar binahong merupakan akar tunggang yang memiliki warna coklat dan juga kondisi daging dari akar bertekstur lunak. Jika pada bunganya, terdapat ciri fisik dengan mahkota bunga berwarna putih hingga krem. Pada mahkota tersebut memiliki panjang 0,5-1 cm. Bunga binahong termasuk dalam bunga majemuk yang cantik untuk dipandang.

Berbagai Senyawa yang Terkandung pada Tanaman Binahong

Berbagai Senyawa yang Terkandung pada Tanaman Binahong

Tanaman binahong telah dikenal oleh masyarakat luas sampai luar negeri. Hal ini dapat terjadi karena semakin banyak orang yang mengerti dan memahami kandungan yang ada di dalam tanaman ini. kurang lebih terdapat empat kandungan penting dalam binahong. Keempat kandungan ini memiliki peran penting dalam menarik minat para penggunanya untuk dikonsumsi.

Salah satu kandungan tersebut adalah protein. Manfaat pada umumnya dari protein ini yaitu dapat memperbaiki sel-sel tubuh. Selain itu, terdapat kandungan fenol yang merupakan bahan untuk membuat antiseptik. Antisetik inilah yang dapat membunuh kuman dalam tubuh. Selanjutnya yaitu vitamin C yang terkandung banyak pada binahong.

Vitamin C ini memiliki peran untuk dapat menyerap zat besi dengan lebih cepat di dalam tubuh. Selain itu, memiliki manfaat untuk meningkatkan stamina tubuh. Kemudian, kandungan lainnya dalam binahong yaitu antioksidan. Fungsi utama dari antioksidan ini yaitu sebagai anti penuaan dini dan juga meningkatkan kekuatan sistem imun dalam tubuh.

Selain senyawa yang telah dijelaskan di atas, terdapat beberapa kandungan lainnya yang bagus untuk menutrisi tubuh Anda. Senyawa yang terkandung tersebut antara lain vitamin A, zat besi, kalsium, fosfor yang tinggi, dan juga kalium.

Manfaat Tanaman Binahong sebagai Tanaman Obat

Tanaman binahong yang telah tumbuh di Indonesia telah semakin dipandang oleh masyarakatnya. Mereka mengonsumsi tanaman ini setelah mengetahui banyak kandungan yang menguntungkan bagi tubuh. Namun, tidak semua orang benar-benar tahu mengenai manfaat tanaman ini untuk obat. Maka di bawah ini akan dijelaskan banyak manfaat binahong sebagai obat.

1. Pengobati Sakit Maag

Pengobati Sakit Maag

Maag merupakan suatu penyakit yang sering terjadi pada masyarakat. Apalagi pada rentan usia remaja yang banyak melakukan kesibukan yang mengakibatkan makan tidak teratur. Hal ini mengarah pada lambung yang menghasilkan keasaman berlebih.

Tanaman binahong dapat Anda jadikan alternatif untuk mengatasi maag pada lambung. Dengan Anda mengonsumsi daun binahong menggunakan cara yang benar, maka keasaman pada lambung yang berlebih akan kembali seperti semula normal. Selain itu, antioksidan pada tanaman ini juga membantu tubuh Anda menjadi lebih sehat.

2. Menangani Keadaan Asam Urat

Menangani Keadaan Asam Urat

Persendian tubuh bisa saja mengalami penyakit yang dapat menyerang tubuh Anda. Penyakit ini yaitu asam urat. Jika Anda yang memiliki asam urat, maka akan menimbulkan rasa sakit yang kuat pada bagian sendi mereka. Hal tersebut dapat memberikan pengaruh yang kurang nyaman pada kegiatan sehari-hari Anda.

Solusi dari penyakit asam urat yang seringkali mengganggu ini yaitu dengan Anda mengonsumsi daun binahong. Hal ini dipercaya dapat membantu Anda menangani masalah asam urat yang Anda derita. Keadaan ini dapat dicapai karena pada binahong terdapat zat yang dapat menetralisir asam urat pada persendian Anda.

3. Mencegah Terjadinya Diabetes

Mencegah Terjadinya Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang sangat berbahaya apalagi sudah menderitanya dengan waktu yang lama. Sampai saat ini, belum terdapat obat yang mampu menyembuhkan penyakit ini. Penderita hanya bisa melakukan pengendalian kadar gula dalam darah sampai keadaan normal agar tidak timbul masalah yang lebih serius.

Dalam hal ini, jika Anda memiliki penyakit diabetes yang mengharuskan Anda untuk mengendalikan kadar gula tersebut, maka gunakan binahong ini. tanaman binahong memiliki kandungan alkaloid yang bersifat hipoglikemik. Pada sifat inilah yang bermanfaat dalam menurunkan kadar gula dalam darah dengan maksimal.

4. Menangani Kolesterol

Menangani Kolesterol

Kolesterol banyak dirasakan oleh orang-orang di sekitar Anda. Kolesterol ini diakibatkan adanya plak pada pembuluh darah. Hal ini membuat keadaan pembuluh darah menjadi tersumbat. Tersumbatnya pembuluh darah berpengaruh pada sistem peredaran darah yang terjadi.

Adanya kolesterol yang tinggi pada tubuh Anda akan mendorong penyakit lainnya untuk berkembang. Penyakit itu adalah stroke dan juga penyakit jantung. Namun, Anda tidak perlu merasa khawatir dengan hal tersebut. Keadaan ini dapat Anda tangani dengan mengonsumsi daun binahong.

Kandungan di dalam tanaman ini akan menetralisir kolesterol yang membahayan bagi tubuh Anda dengan sangat mudah. Hal ini dapat Anda lakukan dengan meminum air rebusan daun binahong dengan rutin. Selanjutnya, kolesterol jahat yang ada dalam tubuh Anda akan hilang secara perlahan.

5. Sebagai Obat Batuk

Sebagai Obat Batuk

Batuk merupakan suatu penyakit yang tidak asing untuk didengarkan. Semua kalangan memiliki potensi untuk menderita penyakit ini. Sakit batu yang sering dianggap remeh oleh sebagian orang ini jika dibiarkan lama-lama akan menjadi semakin parah. Hal ini dapat terjadi jika Anda tidak membiarkan sakit ini dan tidak memberinya obat.

Meskipun sudah terdapat banyak macam obat yang telah beredar untuk mengatasi sakit batuk. Namun, Anda dapat membuat obat batuk sendiri dengan lebih aman. Obat batuk tersebut dapat Anda buat menggunakan daun binahong. Binahong merupakan cara alternatif yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi batuk.

Anda dapat membuat obat menggunakan binahong ini dengan sangat mudah. Hal ini dapat Anda lakukan dengan meminum air rebusan binahong. Pada air rebusan ini, ada senyawa antibakterial yang dapat digunakan untuk membunuh kuman penyebab batuk. Anda dapat menggunakan binahong ini untuk batuk berdahak maupun batuk kering.

6. Mengobati Luka dengan Cepat

Mengobati Luka dengan Cepat

Tanaman binahong sangat tepat untuk Anda aplikasikan pada luka. Luka tersebut dapat berupa luka memar ataupun luka yang berdarah. Hal ini akan membantu Anda dalam mengobati luka dengan cepat. Kandungan yang terdapat di dalam binahong mampu dengan cepat memproses penyembuhan luka.

Dengan kandungan antiseptik di dalamnya, Anda dapat menggunakan daun binahong dengan cara yang mudah. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara menumbuk daun binahong yang masih segar. Selanjutnya, Anda dapat memberikan hasil tumbukan tersebut pada luka i tubuh Anda. Setelah beberapa waktu, luka tersebut akan cepat sembuh.

7. Menangani Permasalahan pada Haid

Menangani Permasalahan pada Haid

Haid atau bisa disebut dengan menstruasi merupakan hal yang dirasakan oleh kaum wanita setiap bulannya. Namun, dalam menjalankannya terdapat beberapa permasalahan yang dirasakan oleh sebagian orang. Permasalahan ini dapat berupa terlambatnya menstruasi, keputihan, nyeri saat haid, dan lain-lain.

Keadaan yang bermasalah tersebut dapat diberikan solusi dengan mengonsumsi olahan dari tanaman binahong.  Anda dapat merebus daun binahong ini lalu meminum air rebusan ini secara teratur. Hal ini dikarenakan terdapat zat besi yang sangat baik untuk memperlancar menstruasi.

8. Menambah Nafsu Makan Anak

Menambah Nafsu Makan Anak

Usia anak-anak adalah usia yang sangat aktif untuk melakukan aktivitas. Aktivitas yang aktif untuk dilakukan anak-anak ini pastinya membutuhkan tenaga yang cukup besar pula. Namun, kebanyakan dari mereka memiliki nafsu yang kurang dalam mengonsumsi makanan. Hal ini pastinya membuat para orang tua cemas akan keadaan tersebut.

Jika Anda memiliki pengalaman yang demikian, maka Anda perlu memerhatikan solusi dari masalah tersebut. Salah satu solusi yang dapat Anda lakukan yaitu dengan memberikan ramuan yang terbuat dari binahong. Anda dapat merebus daun ini dengan cara yang mudah. Namun, perlu Anda perhatikan bahwa ramuan ini hanya untuk anak di atas umur 7 tahun.

Dengan memberikan air rebusan daun binahong ini, Anda tidak perlu khawatir mengenai nafsu makan dari anak Anda. Anak Anda akan semakin aktif dalam beraktivitas dengan semangat dan tenaga yang kuat di dalam tubuhnya.

9. Mengobati Keadaan Sesak Napas

Mengobati Keadaan Sesak Napas

Kelangsungan hidup manusia sangat dipengaruhi oleh sistem pernapasan yang Anda miliki. Jika Anda memiliki gangguan pada sistem pernapasan seperti halnya sesak napas, maka hal ini tentunya berbahaya. Hal inilah yang membuat Anda harus benar-benar menjaga sistem pernapasan yang Anda miliki.

Pada kandungan di dalam binahong, terdapat kemampuan yang digunakan dalam membersihkan saluran pada sistem pernapasan. Hal yang paling utama untuk dibersihkan yaitu lendir yang terdapat di dalam paru-paru sebagai penyebab dari sesak napas. Selain itu, binahong juga mampu dalam membunuh bakteri dalam saluran pernapasan.

10. Menangani Masalah Anemia

Menangani Masalah Anemia

Anemia merupakan suatu penyakit yang menandakan tekanan darah dalam tubuh rendah. Hal ini dapat terjadi karena zat besi dalam tubuh sangat kurang untuk dimiliki. Solusi dari anemia ini salah satunya dengan mengonsumsi ramuan yang terbuat dari tanaman binahong. Ramuan tersebut dapat Anda buat dengan cara merebus binahong dengan air.

Setelah meminum rebusan air binahong, maka tubuhmu akan sedikit demi sedikit pulih. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kandungan zat besi di dalam binahong ini.

Khasiat Tanaman Binahong untuk Perawatan Kulit

Tanaman binahong dengan banyak sekali manfaat di dalamnya tidak hanya dalam hal sebagai obat. Hal ini dapat Anda manfaatkan sebagai perawatan kulit atau kecantikan. Kebermanfaatan ini dapat Anda rasakan setelah pemakaian yang rutin dari olahan daun binahong dengan cara yang tepat. Beberapa manfaat perawatan kulit tersebut dapat Anda perhatikan penjelasan di bawah ini.

1. Mengencangkan Kulit Wajah

Mengencangkan Kulit Wajah

Salah satu manfaat binahong dalam perawatan kulit yaitu dapat mengencangkan area kulit pada wajah. Proses ini dapat Anda lakukan secara alternatif dan juga murah. Dengan pemakaian yang rutin Anda dapat memperoleh hasil yang maksimal. binahong juga berfungsi dalam regenerasi sel kulit yang rusak maupun sudah mati.

2. Membersihkan Kotoran pada Wajah

Membersihkan Kotoran pada Wajah

 

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan binahong ini untuk membersihkan wajah. Dapat kita sadari bahwa semakin berkembangnya zaman, maka akan banyak kotoran seperti debu dan asap yang beredar. Hal ini akan menimbulkan masalah pada kulit wajah jika tidak dibersihkan dengan benar. Kandungan yang terdapat pada binahong ini mampu  untuk membersihkan wajah dengan alami.

3. Mengatasi Jerawat dan Komedo

Mengatasi Jerawat dan Komedo

Jika Anda memiliki permasalahan dengan jerawat dan komedo, maka solusi alternatif yang paling tepat yaitu dengan tanaman binahong. Hal ini dapat Anda lakukan dengan mencuci muka Anda dengan air rebusan binahong yang sudah dingin. Pemakaian binahong dapat digunakan selama tiga kali sehari secara rutin agar hasilnya maksimal menghilangkan jerawat dan komedo.

4. Menghaluskan Kulit

Menghaluskan Kulit

Binahong  juga dapat digunakan untuk menghaluskan kulit. Hal ini dapat Anda lakukan dengan mudah. Anda hanya memerlukan beberapa lembar daun binahong untuk ditumbuk sampai halus. Setelah itu, Anda dapat langsung mengaplikasikan tumbukan daun tersebut ke kulit wajah atau kulit bagian lainnya pada tubuh Anda.

Setelah membaca dan memahami tentang tanaman binahong ini pasti akan semakin menambah wawasan Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi merasa bingung mengenai binahong yang penuh dengan manfaat. Tanaman yang gampang untuk di dapatkan dan mudah juga dalam pemakaiannya akan menjadi alternatif dalam kehidupan Anda sehari-harinya.

17 Tanaman Binahong (Pemberadaan, pembagian jenis, dan perincian bentuk fisik)

Add Comment