27 Tanaman Bonsai (Lengkap dengan karateristik dan jenis-jenis)

Tanaman Bonsai – Mendengar kata bonsai pasti dalam pikiran anda sudah tergambar sebuah tanaman hias yang berbentuk seperti pohon berukuran kecil yang berada  pot. Bonsai bukanlah nama dari salah satu jenis tumbuhan melainkan sebuah teknik pembuatan tanaman hias. Teknik ini dilakukan dengan cara mengerdilkan tanaman dan menanamnya dalam pot.

Tedapat banyak jenis tanaman yang berpotensi dijadikan bonsai. Mulai dari pohon besar seperti beringin sampai tanaman yang berbunga indah seperti adenium. Bonsai ini biasanya digunakan sebagai tanaman hias untuk memperindah rumah. Berikut ini serba serbi mengenai bonsai yang wajib anda ketahui.

Asal-Usul Tanaman Bonsai

Asal-Usul Tanaman Bonsai

Seni pembuatan tanaman menjadi bonsai berasal dari negeri tirai bambu yaitu Cina. Kemunculan seni ini terjadi dimasa pemerintahan Dinasti Tsin sekitar tahun 265 sampai 420-an yang kemudian menjadi sangat populer dimasa Dinasti Tang sekitar 618-an. Selajutnya dimasa Dinasti Yuan sekitar tahun 1280 samapai 1368-an.

Orang-Orang Jepang yang pergi ke Cina kemudian membawa tanaman bonsai sebagai buah tangan pulang. Di Jepang sendiri seni pembuatan tanaman hias bonsai ini mulai diminati masyarakatnya pada tahun 1309. Bonsai berasal dari kata-kata bahasa jepang yang berarti tanaman  pot.

Karakteristik atau Ciri-Ciri Tanaman yang Bisa Dijadikan Bonsai

1. Bentuknya terlihat indah secara alami

Bentuknya terlihat indah secara alami

Salah satu syarat tanaman bisa dijadikan bonsai adalah harus memiliki ciri khas keindahan tersendiri dari segi batang, akar, daun, bunga bahkan buahnya. Melalui teknik pembonsaian yang tepat keindahan alami dari tanaman tersebut dapat semakin menonjol.

2. Tanaman biji berkeping satu atau dikotil

Tanaman biji berkeping satu atau dikotil

Jenis tanaman yang indah untuk dibuat bonsai adalah tanaman biji berkeping satu atau dikotil karena tanaman ini memilki memiliki batang berkayu yang keres yang disebabkan oleh kambium. Alasan lainya mengapa tanaman dikotil sangat cocok untuk dijadikan bonsai kaena jenis tanaman ini lebih mudah untuk beradaptasi pada ruang tumbuh yang sempit seperti pot.

Tumbuhan dengan biji berkeping satu atau monokotil seperti kelapa, bamabu dan lain-lain juga memilki potensi untuk dijadikan tanaman bonsai namun tanaman bonsai yang berasal dari tanaman monokotil ini tidak termasuk kedalam bonsai sejati.

3. Daya adaptasinya tinggi

Daya adaptasinya tinggi

Lumrahnya penggunaan tanaman hias berupa bonsai ditempatkan pada ruangan yang menyebabkan tanaman bonsai tidak mendapkan cahaya matahari dengan baik, memilki ruang tumbuh yang sempit dan kadang tidak mendapatkan air yang cukup. Maka dari itu tanaman yang hendak dibonsai harus memilki daya adaptasi yang tinggi.

4. Memilki umur yang panjang

Memilki umur yang panjang

Dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk membuat tanaman bonsai menjadi indah. Proses pembuatan bonsai biasanya memerlukan waktu yang lama karena untuk membentuk batang bonsai pertumbuhanya sangat lambat. Jika tanaman yang dipilih berumur pendek maka tanaman tersebut tidak dapat melewati proses pembonsaian yang lama.

Tanaman yang biasanya dipilih untuk dibonsai adalah tanaman liar yang memilki umur yang panajang. Keindahan tanaman bonsai akan terus bertambah seiring semakin tuanya umur tanaman tersebut. Bonsai akan dihargai semakin tinggi apa bila umurnya semakin tua.

5. Tahan akan berbagai perlakuan

Tahan akan berbagai perlakuan

Agar postur bonsai terlihat cantik dan menawan tanaman yang dibonsai harus tahan jika mendapat pelakuan-perlakuan seperti pengikatan, pemahatan dan lain-lain. Jika tanaman yang dipilih tidak tahan akan perlakukan tersebut maka tanaman itu tidak bisa di jadikan tanaman bonsai.

Jenis-Jenis Tanaman Bonsai

1. Bonsai Tanaman Azalea

Bonsai Tanaman Azalea

Bunga dengan nama latin Rhododendrom indicum ini berasal dari negeri Jepang. Warna bunga ini merah muda, sedap dipandang mata apa lagi saat bunganya bermekaran. Bonsai dari tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan hiasan interior pada ruangan anda. Agar bonsai ini tahan lama dan berumur panjang, kadar kelembaban tanahnya harus dijaga dengan baik.

2. Bonsai Tanaman Adeneum

Bonsai Tanaman Adeneum

Bonsai adeneum ini berasal dari negara-negara di dataran Afrika dan Arab. Namaun di negara-negara Asia seperti Indonesia adeneum juga dikembang biakan dengan baik. Bunganya bercoak putih dengan warna dasar ungu yang sangat indah jika dipanadang. Tanaman ini harus mendaatkan cahaya dan air yang cukup setiap harinya.

3. Bonsai Tanaman Bougenville

Bonsai Tanaman Bougenville

Tanaman yang lebih akrab dengan nama bunga kertas ini memiliki nama latin Bougenvillea glabra. Bunga yang dihasilkan tanaman ini cukup bervariasi yaitu putih, ungu dan merah muda. Bougenville sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias  ruangan maupun diluar ruangan.

4. Bonsai Tanaman Beringin

Bonsai Tanaman Beringin

Bagi masyarakat Indonesia pohon beringin memilih makna tersendiri yaitu sebagai lambang ideologi bangsa. Batang tanaman beringin yang dijadikan bonsai diberikan perlakuan sedemikian rupa sehingga menghasilkan bentuk yang sangat artistik. Daun-daunya yang berukuran kecil menambah nilai keindahan bonsai ini. Cocok dijadikan hiasan interior.

5. Bonsai Tanaman Pinus

Bonsai Tanaman Pinus

Pohon pinus yang biasa kita lihat tumbuh menjulang tinggi ini bisa juga dijadikan tanamn bonsai yang ditanaman didalam pot berukuran sedang sampai kecil. Dengan perlakukan sedemikian rupa dengan teknik-teknik bonsai jadilah pohon pinus kecil dengan bentuk yang unik dan indah. Daun jarumnya terlihat sangat indah berpadu dengan batang dan akarnya.

6. Bonsai Tanaman Cemara

Bonsai Tanaman Cemara

Pohon cemara juga merupakan pohon yang di alam tumbuh tinggi menjulang bisa dijadikan tanaman bonsai yang tumbuh di pot yang sempit. Selain bentuknya yang indah pemilihan tanaman pinus juga mempertimbangkan umurnya yang panjang. Tanaman ini sangat indah jika dijadikan hiasan interior rumah maupun hiasan untuk eksterior rumah.

7. Bonsai Tanaman Fuschia

Bonsai Tanaman Fuschia

Bonsai tanaman fuschia merupkan salah satu jenis bonsai yang sangat digemari para pencinta bonsai. Bentuk dan warna bunganya yang indah membuat bonsai fuschia ini digandrungi oleh banyak orang. Bunga yang dihasilkan setiap jenisnya berbeda-beda. Bonsai jenis ini juga sangat cocok untuk dijadikan hiasan untuk memperindah ruangan anda.

8. Bonsai Tanaman Wisteria

Bonsai Tanaman Wisteria

Warna bunga ungu cerah dengan bentuk seperti tetesan air hujan yang dihasilkan oleh bonsai wisteria ini membuatnya menjadi salah satu bonsai yang sangat direkomendasikan para pencinta bonsai untuk anda miliki. Jika anda berencana memilki tanaman bonsai jenis ini pastikan anda mengganti tanahnya secara berkala agar bonsai terhindar dari bibit penyakit.

9. Bonsai Tanaman Boxus

Bonsai Tanaman Boxus

Tanaman dengan nama latin Boxus arlandi ini memilki pertumbuhan yang sangat lambat memiliki batang yang kecil dan akar yang kuat. Akar tanaman ini selain kuat juga memilki bentuk yang indah dan artistik melalui sentuhan teknik pembuatan bonsai. Bonsai jenis ini akan lebih indah jika susunannya di pot dibuat berjejer.

10. Bonsai Tanaman Cemara Udang

Bonsai Tanaman Cemara Udang

Bonsai jenis ini sering kali menjuarai berbagai perlombaan bonsai. Bonsai ini sangat terkenal dan banyak orang yang mencarinya untuk dikoleksi karena bentuk bonggol atau batangnya yang sangat unik. Melalui pelakuan tertentu bentuk bonggol dari tanaman ini bisa berlekuk dengan indah. Selain lekukan bonggol bonsai ini juga memilki alur dan kayu yang keras.

11. Bonsai Tanaman Cemara Boabab

Bonsai Tanaman Cemara Boabab

Bonsai cemara boabab asal Australia dan Afrika ini memilki nama lain yaitu Andansonia. Bentuknya sangat indah jika dijadikan tanaman bonsai. Bonggol batangnya berukuran besar dengan daun-daun kecil yang menghiasi ranting-rating pohon menambahakan kesan artistik pada pohon yang satu ini.

12. Bonsai Tanaman Anggur

Bonsai Tanaman Anggur

Berbeda dari jenis bonsai lainnya yang mulanya adalah pohon besar yang dikerdilkan bonsai satu ini merupakan jenis tanaman yang hidup merambat yang dikerdilkan. Walaupun tanaman anggur hidup merambat namaun anggur juga termasuk kedalam jenis tumbuhan dikotil dengan batang berkayu jadi cocok-cocok saja untuk dijadikan sebagai bonsai.

Bonsai tanaman anggur terlihat sangat unik karena meski sudah dijadikan bonsai namun tetap dapat menghasilkan buah. Bonsai ini cocok sekali jika dijadikan hiasan untuk bagian didalam ruangan maupun diluar ruangan.

13. Bonsai Tanaman Maple

Bonsai Tanaman Maple

Salah satu keunikan tanaman maple adalah memilki daun dengan warna yang bervariasi seperti merah, kuning dan hiajau. Kehadiran bonsai maple dengan daun yang berwarna-warni pada ruangan anda dapat menghadirkan kesan ceria. Tanaman ini juga cocok untuk diletkan di luar ruangan.

14. Bonsai Tanaman Delima

Bonsai Tanaman Delima

Tanaman delima yang biasa dimanfaatkan buanya untuk minuman, makan bahakan produk kecantikan ini juga sangat cantik bila dijadikan sebagai bonsai. Dengan perlakuan sedemikian rupa tanaman delima yang semulanya tumbuh besar dan tinggi bisa dikerdilkan dengan bentuk yang tak kalah indah.

15. Bonsai Tanaman Sakura

Bonsai Tanaman Sakura

Siapa yang tidak tau dengan bunga sakura, tanaman yang berasal dari negeri jepang ini terlihat sangat cantik ketika bunga-bunganya yang berwarna merah muda bermekaran dimusim semi. Bunga Sakuran sebearnya juga bisa dijadikan sebagai bonsai. Memalui proses pembonsaian yang tidak sebentar sakura dengan pohon yang besar bisa dikerdilkan.

16. Bonsai Tanaman Anting Putri

Bonsai Tanaman Anting Putri

Tanaman yang memiiliki bunga berwarna putih iini memilki bentuk batang yang unik. Batang bonsai anting putih berbentuk lurus dan tegan dengan beberapa cabang yang terdapat dalam satu potnya. Bonsai yang satu ini cocok diletakan di mana saja baik dalam ruangan maupun luar ruangan. Jika anda memilki tanaman ini anda harus rajin membersihkan rumputnya.

17. Bonsai Tanaman Santigi

Bonsai Tanaman Santigi

Bonsai yang satu ini akan menhasilkan bayangan yang unik jika terkena cahaya matari. Bentuknya juga tak kalah unik, benar-benar seperti miniatur pohon yang dikerdilkan. Tanaman ini memiliki banyak cabang-cabang kecil yang dihiasi daun-daun kecil. Bonsai yang satu ini cocok jika diletakkan di dekat jendela, memberikan kesan klasik ruangan.

18. Bonsai Tanaman Asam Jawa

Bonsai Tanaman Asam Jawa

Tanaman asam jawa memilki struktur kayu batang yang kokoh dan sehingga tidak gampang patah saat mendapatkan perlakuan seperti diikat dan lain-lain. Maka dari itu tanaman ini dianggap sangat cocok untuk dijadikan bonsai. Untuk membentuk bonsai ini juga tidak terlalu sulit jadi cocok bagi anda yang baru ingin mencoba membuat bonsai.

19. Bonsai Tanaman Jeruk Kingkit

Bonsai Tanaman Jeruk Kingkit

Jeruk kingkit juga memilki karakteristik kayu yang baik untuk dijadikan bonsai. Bonsai tanaman jeruk kinkit menjadi pilihan para pencinta bonsai dan kelektor tanaman bonsai karena bentuknya yang unik dan cocok untuk dijadikan bonsai dengan kualitas tinggi. Kelebihan lainnya adalah jeruk ini gampang tumbuh dan tahan terhadap berbagai perlakuan.

Daun jeruk kirik berukuran lumayan kecil dengan buah yang juga kecil dan memilki warna merah. Perpaduan antara akar, batang dan daun tanaman ini sangat indah dipandang mata, cocok sekali untuk dijadikan hiasan untuk  ruangan maupun di luar ruangan.

20. Bonsai Tanaman Kelapa

Bonsai Tanaman Kelapa

Salah satu jenis bonsai yang termasuk kedalam golongan bukan bonsai sejati ini sangat indah jika dibonsai. Jenis-jenis kelapa yang cocok untuk dijadikan bonsai dianataranya adalah kelapa gading merah, kelapa gading susu dan kelapa gading albino. Kelapa gading merah sangat cantik jika dijadikan bonsai karena warna merah kekuningan yang dihalsilkanya.

21. Bonsai Tanaman Rukem

Bonsai Tanaman Rukem

Tanaman rukem termasuk tanaman yang sangat jarang ditemui dan jarang ada orang yang menanamnya. Namun tanaman ini memilki karakteristik yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai bonsai. Tanaman satu ini merupakan tanaman endemik indonesia yang tumbuh di kepulauan nusantara. Bonsai tanaman rukam memilki bentuk batang dan daun yang unik.

22. Bonsai Tanaman Murbei

Bonsai Tanaman Murbei

Tanaman yang satu ini cukup banyak ditemuai pada beberapa daerh di Indonesia. Tanaman ini juga dapat menghasilkan buah yang menyerupai bentuk buah anggur namun lebih kecil. Tanaman yang satu ini juga sanagat berpotensi untuk dijadikan tanaman bonsai karena nilai seni yang dihasilkannya cukup tinggi sehingga harga jualnya pun ikut tinggi.

23. Bonsai Tanaman Jambu Biji

Bonsai Tanaman Jambu Biji

Jambu biji memilki karakteristik yang sangat cocok untuk dijadikan bonsai karena memilki struktur batang berkayu yang kuat dan juga halus dengan bentuk akar yang indah. Salah satu jenis jambu yang paling diminati para pencinta bonsai adalah jambu batu.

24. Bonsai Tanaman Lohansung

Bonsai Tanaman Lohansung

Tanaman ini tubuh liar dialam membentuk semak-semak. Bentuknya menyerupai pohon cemara denga tinggi yang dapat mencapai 25 meter. Daun tanaman ini memeliki bentuk yang bervariasi membentuk pohon yang memilki bentuk menyerupai kerucut. Bonsai yang satu ini dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia.

25. Bonsai Tanaman Sawo

Bonsai Tanaman Sawo

Sawo merupakan tanaman yang menghasilkan buah dengan rasa manis legit yang khas. Tanaman ini juga merupakan tanaman endemik Indonesai. Sawo memiliki karakteristik yang cocok untuk dijadikan tanaman bonsai. Jika dilihat tanaman ini memilki bentuk batang yang biasa seperti tanaman lainya namun setelah dijadikan bonsai tanaman sawo terlihat indah.

26. Bonsai Tanaman Sianto

Bonsai Tanaman Sianto

Sianto dikenal juga dengan sebutan ceri Brazil, namaun walaupun namanya ceri Brazil namun tanaman ini berasal dari Amerika Selatan. Tanaman ini tumbuh didekat semak-semak, memiliki bentuk pohon yang menyerupai kerucut dan bisa mencapai ketinggian hingga 8 meter. Sianto ini memiliki bentuk batang, daun dan akar yang unik cocok dijadikan bonsai.

27. Bonsai Tanaman Kupah Landak

Bonsai Tanaman Kupah Landak

Kupah landak disebut juga dengan nama anggur brazil. Kalau tadi kita membicarakan ceri Brazil sekarang kita mebicarakan anggur Brazil yang juga cocok untuk dijadikan sebagai tanaman bonsai. Karakteristi pohon ceri Brazil ini memilki ciri khas yang terlihat eksotis jika dipandang. Daunya memilki pupus kemerhan dengan ukuran daun yang terbilang kecil.

Anggur Brazil ini bagian batangnya jika mendapatkan perlakuan sedemikian rupa akan membentuk kelok-kelok yang terlihat eksotis. Tanaman ini juga tergolong kedalam tanaman yang memiliki masa berbuah yang terbilang cepat dan buah yang dihasilkannya terasa manis.

Bagi anda yang tertarik dengan tanaman bonsai dan ingin memilikinya, anda bisa memilih bonsai mana saja yang cocok untuk dijadikan hiasan eksterior atau pun interior rumah anda. Tidak terlalu sulit untuk merawat tanaman bonsai asalkan anda telaten saja.

27 Tanaman Bonsai (Lengkap dengan karateristik dan jenis-jenis)

Add Comment