7 Tanaman Dolar (Yang Menguntungkan Mencapai Ratusan juta)

Tanaman Dolar – Ada banyak sekali tanaman hias yang biasa Kita temui disekitar Kita. Salah satu tanaman yang populer dikalangan pecinta tanaman adalah tanaman dolar. Tahukah Anda bahwa tanaman dolar ini memiliki segudang manfaat? Tentunya kini Anda semakin penasaran tentang tumbuhan dari kingdom Plantae satu ini. Jangan khawatir karena Anda akan menemukan jawabannya secara lengkap berikut ini!

Mengenal Tentang Tanaman Dolar

Mengenal Tentang Tanaman Dolar

Tanaman dolar adalah tumbuhan rambat yang biasanya ditemukan disekitar rumah Anda. Tanaman satu ini memiliki nama latin yaitu Zamioculcas zamifolia. Mahluk hidup yang masuk dalam kategori kingdom Plantae ini adalah tumbuhan yang dalam perkembangbiakannya tidak terlalu membutuhkan air. Hal inilah yang menjadikannya mudah tumbuh dan dikembangbiakkan.

Zamioculacas Zamifolia yang merupakan nama latin dari daun dolar ini berasal dari Benua Afrika. Ia memiliki habitat asli di daerah padang rumput yang kering serta lahan yang berbatu, sehingga dapat dikatakan Ia merupakan tumbuhan yang mudah dalam beradaptasi. Nah, ada salah satu tumbuhan dolar yang terkenal di Indonesia, yakni jenis Zamiocurcas yang kategorinya adalah import.

Meskipun demikian, sejatinya Indonesia telah memiliki jenis tumbuhan dolar lokal yakni memiliki nama latin Zamia Zamiifolia. Sebenarnya, secara bentuk tidak jauh berbeda tentunya. Yang menjadi pembeda antara jenis daun dolar lokal dan juga import adalah, daun dolar lokal lebih mudah untuk ditanam dan lebih gampang dalam perawatannya.

Daun dolar ini banyak dimanfaatkan bagi mereka yang ingin melibatkan unsur tanaman untuk mempercantik rumahnya. Tumbuhan dolar hidup dengan cara merambat, yang mana bisa digunakan sebagai cover untuk menutupi bagian dinding rumah atau dinding halaman sehingga terlihat semakin indah dan sedap untuk dipandang.

Klasifikasi dan Juga Ciri-ciri Dari Tanaman Dolar

Setelah mengetahui secara singkat tentang daun dolar, selanjutnya adalah mengerti lebih jauh melalui klasifikasinya dan juga ciri serta karakteristik dari tanaman rambat satu ini. Karakteristiknya sendiri dapat dilihat dari morfologi atau bentuk tumbuhannya. Sedangkan klasifikasinya adalah klasifikasi yang telah dibuat untuk membedakan tanaman ini dengan yang lainnya.

Daun dolar merupakan mahluk hidup pada kingdom Plantae. Ia merupakan bagian sub-kingdom Viridiplantae. Tanaman ini berasal dari ordo Rosales, Famili Moraceae dan juga species Ficus Pumila L. Banyak yang mengatakan bahwa tanaman satu ini adalah kategori tanaman yang tahan banting.

Sedangkan ciri-ciri dan karakteristik dari tumbuhan dolar yang memiliki nama species Ficus Pumila L ini antara lain adalah sebagai berikut:

1. Dari segi batangnya

Dari segi batangnya

Dilihat dari segi batangnya, daun dolar ini memiliki batang yang cukup tinggi yakni antara 2 hingga 5 meter. Cara tumbuhnya adalah epifit alias menumpang pada tumbuhan yang lainnya supaya dapat melangsungkan hidupnya. Batang tersebut kemudian merambat atau merayap, dengan bentuk batang bulat serta bercabang-cabang. Untuk warna dari batangnya sendiri adalah berwarna cokelat.

Yang menjadikan tanaman satu ini memiliki banyak peminat adalah bentuk morfologi batangnya yang unik. Batang dari daun dolar bisa membesar membentuk suatu bonggol. Bentuknya sangat cantik dan antik, maka dari itu banyak yang menyukainya. Tetapi selain itu, batangnya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

2. Dari segi daunnya

Dari segi daunnya

Dari segi daunnya, daun dari tanaman dolar berbentuk lonjong. Tanaman yang memiliki daun tunggal ini juga memiliki ciri daun yang bagian tepi daunnya merata dan pada bagian ujungnya runging alias lancip.

Untuk panjang daunnya sendiri cukup lebar untuk jenis tanaman rambat, yakni sekitar 2 hingga 7 cm dengan panjang 5 hingga 15 cm. Daun dolar ini memiliki bentuk daun yang tebal dan juga simetris. Daun yang tebal tersebut dikarenakan daun dolar menyimpan cadangan air disitu. Untung pertulangan daunnya sendiri, memiliki bentuk menyirip serta memiliki tekstur daun yang kasar.

3. Dari segi bunganya

Dari segi bunganya

Jika ditinjau dari segi morfologi bunganya, daun dolar memiliki bunga tunggal. Selain itu, kategori bunganya adalah berumah satu. Untuk bunga jantan, warnanya adalah putih. Letak dari bunga jantan itu sendiri adalah pada bagian atas bunga betina yang akan menjadi bakal buah.

4. Dari segi buahnya

Dari segi buahnya

Daun dolar juga memiliki buah dalam tubuhnya. Buah daun dolar memiliki bentuk seperti gasing. Diameter dari buah mirip gasing tersebut adalah diantara 2,5 hingga 6 cm. Buah ini memiliki warna hijau yang didalamnya terdapat biji berwarna cokelat.

Dari morfologinya tersebut, maka Anda bisa membedakan dengan mudah bagaimana karakteristik serta bentuk dari daun dolar ini. Ia memiliki bentuk batang, daun, dan bunga yang sangat berbeda dengan spesies tumbuhan lainnya sehingga mudah untuk dibedakan.

Pemanfaatan Tanaman Dolar untuk Hiasan

Pemanfaatan Tanaman Dolar untuk Hiasan

Tanaman cantik yang tumbuh merambat ini umumnya digunakan sebagai hiasan pada dinding ataupun pagar. Dengan adanya tanaman yang merambat, bagian dinding ataupun pagar menjadi tidak kosong. Batangnya meliliti pagar sehingga nampak cantik.

Umumnya, orang memilih menggunakan tanaman ini sebagai hiasan ketimbang menggambari tembok ataupun pagar. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan tanaman merambat satu ini, efek yang ditimbulkan adalah pagar rumah atau tembok menjadi cantik alami dan natural.

Bukan hanya itu, menggunakan daun dolar sebagai hiasan pada pagar dan dinding akan membantu agar lingkungan semakin ramah terhadap alam. Ia dapat membantu memproduksi oksigen pada siang hari sehingga bagian rumah Anda akan semakin segar dan juga teduh.

Dan yang terakhir, satu hal lagi yang akan Anda rasakan ketika membiarkan tanaman satu ini merambati dinding Anda. Dinding Anda akan tidak mudah terlihat kusam. Selain itu, bagian rumah Anda tidak akan terlalu panas karena adanya tumbuhan yang merambat tadi akan menjadi penghalang dari sinar matahari yang terlalu menyengat.

Manfaat Tanaman Dolar bagi Kesehatan

Tahukah Anda bahwa ternyata tanaman rambat ini memiliki segudang manfaat yang jarang diketahui. Manfaat disini yang dimaksutkan bukan hanya untuk hiasan saja, tetapi manfaat khususnya didalam bidang kesehatan. Manfaat dibidang kesehatan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Membuat pencernaan Anda sehat

Membuat pencernaan Anda sehat

Manfaat pertama dari tanaman genus Ficus L ini adalah membantu pencernaan Anda menjadi sehat. Kita semua pasti tahu bahwa jika terjadi gangguan pencernaan, rasanya akan menjadi sangat menyiksa. Perut akan terasa begah dan rasanya tidak akan nyaman dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Tetapi untungnya, tanaman yang mudah ditanam ini bisa membantu pencernaan Anda menjadi sehat.

Ada senyawa yang terkandung dalam tumbuhan kelas Magnoliopsida ini yang membantu sistem pencernaan Anda. Dengan begitu, pencernaan Anda akan menjadi semakin lancar sehingga tidak ada ceritanya perut Anda mengalami sembelit.

2. Sebagai obat diare

Sebagai obat diare

Jika tadi manfaat pertama dari daun dolar mampu membuat sistem pencernaan Anda menjadi lancar, daun dolar ini juga bermanfaat untuk mengatasi diare yang Anda alami. Jika Anda mengkonsumsi daun ini, maka masalah diare akan hilang dan juga akan dicegah dari datangnya kembali penyakit pencernaan yang membuat perut Anda menjadi sakit itu.

3. Obat wasir

Obat wasir

Wasir adalah penyakit yang sangat mengganggu. Tetapi jangan khawatir, dengan mengkonsumsi tanaman dolar, maka wasir Anda akan hilang. Hal ini dikarenakan kandungan alami yang ada pada dolar mampu mengatasi hal tersebut.

4. Mencegah Kanker

Mencegah Kanker

Kanker adalah penyakit yang mematikan. Ketika sudah terjangkit kanker, maka akan sulit sembuh dan membutuhkan banyak biaya. Dengan mengkonsumsi daun dolar, maka Anda akan jauh dari kanker. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang ada pada tanaman dolar dapat mencegah hidupnya sel-sel kanker yang ada.

5. Sebagai anti bakteri

Sebagai anti bakteri

Memang tubuh kita ini sebenarnya mengandung bakteri. Tetapi, bakteri jahat akan merugikan tubuh Anda. Untungnya, ada senyawa yang terdapat ditanaman dolar yang mampu melawan dan membunuh bakteri jahat yang ada di tubuh Anda. Dengan begini, Anda pun akan semakin sehat.

6. Menangkal radikal bebas

Menangkal radikal bebas

Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai permasalahan dalam tubuh, utamanya membuat diri Anda terlihat tua. Tetapi dengan kandungan antioksidan yang ada pada dolar ini, maka permasalahan tersebut dapat teratasi.

7. Menjaga daya tahan tubuh

Menjaga daya tahan tubuh

Jika Anda ingin tubuh Anda sehat bugar dan jauh dari berbagai macam penyakit, maka mengkonsumsi daun dolar bisa menjadi jawaban yang tepat. Dengan berbagai kandungan dan juga senyawa antioksidan yang ada, tubuh Anda akan semakin kuat dan tidak rentan akan penyakit. Dengan begini Anda tidak perlu mengkonsumsi obat macam-macam sebagai vitamin Anda.

8. Baik untuk berbagai organ pencernaan Anda

Baik untuk berbagai organ pencernaan Anda

Lambung dan usus adalah dua organ pencernaan yang sangat vital bagi tubuh. Organ tersebut juga rentan terkena penyakit yang berbahaya, maag dan usus buntu misalnya. Dengan mengkonsumsi daun dolar, maka Anda bisa dijauhkan dari penyakit berbahaya tersebut. Mengkonsumsi secara rutin juga membuat organ Anda semakin sehat.

9. Melancarkan BAB

Melancarkan BAB

Anda memiliki kesulitan dalam BAB? Hmm tentunya hal tersebut akan sangat menjengkelkan. Jika biasanya Anda harus mencari suplemen tinggi serat, maka dengan khasiat daun dolar Anda tidak perlu melakukannya. Minum air rebusan daun dolar secara rutin akan membuat BAB Anda menjadi lancar.

10. Mengatasi masalah badan capek dan pegal-pegal

Mengatasi masalah badan capek dan pegal-pegal

Setelah beraktivitas sepanjang hari, terkadang Anda dihadapkan dengan kondisi badan yang terlalu capek dan pegal-pegal. Tidak perlu bingung mencari tukang pijatĀ  atau minum jamu terlebih dahulu, karena ternyata daun dolar yang ada di tembok Anda bisa mengatasi hal tersebut. Selain murah, tentunya ini lebih sehat dibandingkan Anda minum jamu buatan orang.

Cara Mengolah Daun Dolar untuk Obat

Cara Mengolah Daun Dolar untuk Obat

Memang ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan dari daun dolar ini. Lalu bagaimana cara memanfaatkannya sebagai obat seperti yang telah diterangkan diatas? Cara untuk mengolahnya menjadi obat sangatlah mudah, yaitu:

  1. Petiklah beberapa daunnya (kurang lebih 15 gram) dan juga bagian batangnya. Usahakan mencari daun yang terlihat segar dan tidak loyo.
  2. Rebuslah daun serta batangnya tadi didalam dua gelas air, biarkan sampai mendidih. Proses yang satu ini menghabiskan waktu kurang lebih selama 15 menit.
  3. Dinginkan air rebusan daun dan batangnya hingga air tidak terasa panas. Anda bisa mengangin-anginkan air rebusan daun tersebut supaya lebih cepat dingin.
  4. Setelah itu, lakukan penyaringan sehingga antara air dan daunnya dapat terpisah. Ini bertujuan memudahkan Anda untuk meminumnya. Memisahkan ampas dan airnya bisa membuat Anda lebih mudah untuk menegak obat herbal satu ini.
  5. Minumlah sampai penyakit Anda sembuh. Meskipun demikian, dianjurkan untuk mengkonsumsinya secara rutin setidaknya satu kali sehari dan maksimal dua kali sehari. Ini akan membuat tubuh Anda menjadi semakin sehat.

Minuman tersebut bisa mengobati penyakit seperti diare dan mencret, seperti yang telah dituliskan diatas. Jika Anda rajin mengkonsumsinya, Anda juga akan mendapatkan manfaat lainnya untuk kebugaran tubuh Anda.

Cara Menanam Tanaman Dolar

Setelah mengetahui segudang manfaat dan juga kelebihan yang dimiliki oleh daun dolar, maka bukanlah hal yang aneh bahwa Anda ingin memiliki tanamannya dirumah. Mengembangbiakkan tanaman satu ini tidaklah sulit, kok. Berikut akan dituliskan step by step cara menanam tumbuhan dolar dirumah Anda secara otodidak.

1. Mempersiapkan bibit dolar

Mempersiapkan bibit dolar

Langkah pertama yang harus dilakukan yakni menyiapkan bibit yang menjadi cikal bakal tanaman dolar nantinya. Bibit dolar dapat dikategorikan menjadi dua jenis. Jenis pertama adalah bibit yang diambil langsung dari induk dolar yang telah berkembang, jenis kedua adalah dengan membelinya ditoko bibit.

Jika Anda memutuskan untuk membelinya pada toko bibit, maka ada terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Hal ini untuk menghindari Anda mendapatkan bibit yang jelek atau kurang bagus bagi tanaman hias Anda yang satu ini. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih benih atau bibit antara lain yakni:

  1. Bibit yang ada memiliki warna hijau yang segar. Jangan memilih daun yang warnanya terlihat menguning, atau mungkin kurang hijau.
  2. Daun yang ada tidak layu alias masih sangat segar. Ini bisa Anda lihat dari penampakannya yang terlihat fresh dan sehat.
  3. Tidak terdapat kecacatan pada bagian tumbuhan mulai dari batang, daun, bunga, buah, dan lain sebagainya. Kecacatan yang ada adalah indikasi bahwa tanaman tersebut tidak dalam kondisi yang prima.

Lalu bagaimanakah jika Anda memutuskan untuk mengambil bibit secara langsung dari tanaman dolar yang ada? Ada step yang harus Anda lakukan yaitu:

  1. Saat menentukan tanaman dolar yang akan Anda jadikan induk, pilihlah tanaman yang kelihatannya sangat segar dan berkualitas tinggi. Jangan memilih tumbuhan yang terlihat layu, tidak segar, dan terlihat tidak sehat.
  2. Langkah selanjutnya adalah potonglah bagian batang tanaman tersebut dengan panjang kira-kira sepanjang 10 hingga 15 cm. Jangan lupa untuk memastikan bahwa batang yang Anda potong memiliki akar rambat yang sempurna atau tidak cacat.
  3. Setelah selesai memotongnya, kemudian sediakan wadah yang telah diisi air. Wadah tersebut digunakan untuk merendam potongan batang daun dolar yang telah diambil. Lama waktu perendaman ini kira kira satu hingga dua hari.
  4. Siapkan media semai untuk meletakkan bibit yang telah direndam.
  5. Sediakan wadah untuk media menanam yakni polibag, yang mana telah diisi oleh tanah, kompos, dan juga pasir. Perbandingan diantara ketiganya adalah 3 : 2 : 1.
  6. Setelah itu, Anda bisa mulai menanam bibit Anda dengan melubangi bagian dalam polybag yang telah Anda persiapkan.
  7. Lakukan penyiraman dan letakkanlah ditempat yang memungkinkan mendapat sinar matahari dengan cukup. Lakukan hal ini kurang lebih selama dua bulan.

Meskipun tahap satu ini tergolong cukup lama, tetapi hasilnya akan sesuai dengan usaha yang Anda lakukan. Anda bisa melakukan pemeriksaan secara berkala tentang pertumbuhan benih daun dolar ini. Ohya, daun dolar sebaiknya tidak terpapar sinar matahari terlalu lama. Mendapatkan sinar matahari dipagi hari sudah cukup untuk daun dolar bisa bertumbuh.

2. Lahan Tanam

Lahan Tanam

Tentu langkah dalam menanam daun rambat tidak berhenti dari situ saja. Hal ini dikarenakan fungsi utama tanaman ini adalah untuk hiasan yang dibuat merambat. Oleh karena itu diperlukan lahan tanam untuk mewujudkan hal yang Anda mau. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih lahan untuk merambatnya daun dolar ini, yaitu:

  1. Anda harus menentukan dimana titik yang Anda inginkan untuk daun dolar merambat. Yang harus Anda perhatikan adalah jarak antara tiap titik yang telah Anda buat adalah sekitar satu meter jauhnya.
  2. Kemudian, buatlah lubang galian untuk menanam. Disarankan dalamnya adalah sekitar ukuran 30 hingga 60 cm. Ini adalah kedalaman yang ideal.
  3. Anda perlu menyiapkan media tanam yakni berupa tanah yang dicampur pasir, pupuk kompos ataupun kandang, dan juga tanah liat. Perbandingan antara ketiganya adalah 2 : 1 : 1.
  4. Usahakan tanah Anda tetap subur dengan cara menggemburkannya. Anda juga sebaiknya selalu memeriksa PH tanah supaya tempat tumbuh daun dolar ini tetap terjaga kualitasnya.

Bagian ini harus Anda perhitungkan dengan seksama. Jangan sampai mengorbankan lahan yang tidak seharusnya ditanamai tanaman satu ini. Pada bagian ini akan membutuhkan dan menghabiskan beberapa rupiah dana, khususnya untuk membeli berbagai perlengkapan mulai dari paku, polybag, pupuk, kayu, dan lain sebagainya.

3. Melakukan penanaman dolar rambat

Melakukan penanaman dolar rambat

Langkah penyemaian bibit dan juga menyediakan media lahan tumbuh juga telah selesai. Langkah selanjutnya adalah melakukan penanaman dolar tersebut. Proses ini adalah proses pemindahan bibit ke lahan yang telah Anda siapkan. Step-step menanam dolarnya antara lain adalah:

  1. Dasar lubang tanam yang telah dibuat sebaiknya dilapisi lagi dengan tanah yang telah dicampur. Anda bisa menambahkan setebal kira kira 2 hingga 3 cm untuk melapisinya. Ini berguna supaya tanaman rambat Anda bisa menyesuaikan dengan tempat tumbuh yang baru.
  2. Lakukan penyayatan pada polybag yang berisi semaian bibit kedalam lubang tanam. Lakukan secara hati-hati. Disayat supaya nantinya akar bisa keluar dan menyatu dengan lahan yang baru. Anda tidak perlu benar-benar mengeluarkan bibit ke lahan yang baru Anda sediakan.
  3. Setiap lubang tanam yang telah Anda buat dapat diisi tiga bibit yang sudah ada.
  4. Setelah bibit telah masuk kedalam lubang, lakukan penutupan lubang dengan cara menimbunnya dengan tanah campuran hingga penuh. Anda bisa menambahkan hingga tanahnya sedikit naik Hal ini tentunya akan membuat tanaman lebih aman ketika air siraman mengenai tanah lahan.
  5. Sebagai tambahan, periksalah media dinding atau pagar yang akan dirambati dolar. Apabila teksturnya halus, Anda perlu menambahkan paku khusus supaya dolar bisa merambat dengan sempurna.
  6. Jika dolar telah tumbuh tinggi (sekitar 50 hingga 80cm) sebaiknya Anda mengikatnya supaya rapi dan tidak awut-awutan.

Jika sudah melalui tahap ini, semuanya akan menjadi lebih cepat dibandingkan dengan proses-proses yang sebelumnya. Sekitar beberapa bulan saja, daun dolar Anda akan bertumbuh dan berkembang pesat.

4. Maintan daun dolar

Maintan daun dolar

Tahapan dalam menanam daun dolar tidak berhenti pada step ketiga. Langkah selanjutnya adalah melakukan maintan atau perawatan sehingga daun dolar tetap tumbuh dengan baik. Misalnya, Anda harus menyiramnya dengan rutin, memberikan pupuk, memberantas hama yang mengganggu, dan memasang paku jika dibutuhkan. Beberapa tips untuk menjalani hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Tumbuhan satu ini memiliki tubuh yang merambat, sehingga dalam cara penyiramannya akan agak sedikit berbeda dengan tanaman biasa. Jika biasanya Anda hanya menyiram pada potnya saja, maka pada tanaman ini disarankan Anda menyiramnya hingga pada bagian daunnya. Hal ini bertujuan untuk membuat daun dolar tetap bersih.
  2. Anda sebaiknya memeriksa tanaman dolar ini dengan teliti setiap bulannya. Jika pertumbuhannya pesat dan membutuhkan tambahan paku, maka sebaiknya Anda memasang paku tambahan. Hal ini untuk menghindari tanaman rambat untuk tumbuh acak-acakan.
  3. Meskipun pada awal penanamannya telah diberi pupuk, Anda perlu memberikannya lagi secara teratur. Perlu juga dilakukan penyiangan supaya tumbuh kembangnya semakin baik. Kedua hal ini dapat Anda lakukan setidaknya dua atau tiga bulan sekali.
  4. Penggunaan pestisida diperbolehkan, asal tidak berlebihan. Pestisida yang ada untuk membunuh hama penganggu tumbuhan cantik satu ini.

Dengan merawat daun dolar secara berkala, maka hiasan di dinding dan pagar Anda tidak akan terlihat terbengkalai. Tentu hal ini sangat tidak diharapkan bagi Anda yang awalnya ingin menanam tumbuhan satu ini untuk hiasan cantik di dinding Anda. Meskipun sedikit memakan waktu dan tenaga, tetapi hal tersebut layak untuk dilakukan.

Mitos dan Fakta tentang Tanaman Dolar yang Beredar di Masyarakat

Mitos dan Fakta tentang Tanaman Dolar yang Beredar di Masyarakat

Beberapa waktu silam, jagad sosial media dihebohkan dengan berita tentang daun dolar ini. Ada banyak postingan yang mana mengatakan bahwa daun dolar menyebabkan penyakit leukimia. Apa itu leukimia? ini merupakan penyakit dimana orang tersebut mengalami disfungsi dalam memperoduksi sel darah putih.

Pada berita yang beredar disosial media dikatakan bahwa orang terdapat seorang perempuan yang meninggal dunia. Meninggalnya perempuan tersebut diakibatkan oleh daun dolar, saat perempuan tersebut melakukan penelitian. Tentu berita ini sontak membuat kaget banyak orang, mengingat tanaman tersebut ada banyak disekitar Kita.

Disinyalir berita tersebut didapatkan dari sebuah postingan press dari sebuah universitas terkenal. Tentu dengan adanya postingan berserta sumber yang terlihat nyata tersebut, membuat banyak orang begitu mempercayai berita yang beredar.

Lalu apakah hal tersebut adalah fakta? Ternyata jawabannya adalah tidak. Berita yang tersebar di internet bahkan akan muncul ketika Anda melakukan pencarian tersebut 100% hoax. Daun dolar tidak mengakibatkan leukimia seperti apa yang sempat heboh disana. Pihak universitas juga menantang keras tentang postingan tersebut dan mengatakan bahwa postingan itu bukan dari pihak sana.

Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan berita yang sempat membuat gempar tersebut. Faktanya, malah daun dolar memiliki segudang manfaat untuk kesehatan seperti apa yang telah disebutkan diatas. Daun dolar 100% aman dan tidak akan membuat Anda sakit kanker darah, ya!

Nah, kini Anda telah mengetahui secara detail tentang daun dolar ini. Bagaimana? Kini Anda tidak perlu kebingungan lagi tentang tanaman yang sering dimanfaatkan untuk hiasan ini. Meskipun demikian, jangan lupa memperhatikan teknik penanaman dan juga perawatan tumbuhan yang satu ini supaya Ia dapat berkembang dengan baik sesuai keinginan Anda.

7 Tanaman Dolar (Yang Menguntungkan Mencapai Ratusan juta)

Add Comment