5 Tanaman Depan Rumah (Lengkap dengan rekomendasi tanaman)

Tanaman Depan Rumah – Siapa sih yang  tidak menghendaki bagian depan rumah yang indah? Bagian depan rumah yang indah dapat dihasilkan dari desain rumah itu sendiri dan juga komponen pelengkapnya. Salah satu hal yang membuat bagian depan rumah semakin indah adalah tanaman depan rumah yang menghiasinya. Dengan keberadaan tanaman di depan rumah, tentunya halaman depan rumah Anda semakin berwarna.

Mengapa Harus Menanam Tanaman di Depan Rumah?

Sejatinya, segala sesuatu dilakukan menimbulkan dampak. Dalam hal ini, meletakkan tanaman di depan rumah juga akan memberikan banyak manfaat. Manfaat atau kelebihan dalam membudidayakan atau merawat tanaman depan rumah adalah sebagai berikut:

1. Menyiasati agar bagian depan rumah Anda tidak kosong

Menyiasati agar bagian depan rumah Anda tidak kosong

Bayangkan jika bagian depan rumah Anda hanya berupa lantai atau lahan yang kosong, tentu hal tersebut akan membuatnya tidak menarik. Penampakan depan rumah Anda akan terlihat gersang dan tandus, sekalipun rumah Anda memiliki desain rumah yang luar biasa bagus. Dengan menanami beberapa tumbuhan, baik langsung pada lahan tanah yang ada, menggunakan pot, ataupun polybag maka halaman depan Anda akan hidup.

2. Membantu peresapan air

Membantu peresapan air

Tidak bisa dipungkiri, sedikit banyaknya tumbuhan yang ada di depan rumah Anda akan membantu peresapan air dengan baik. Misalnya Anda menanamnya di tanah secara langsung, itu akan menguntungkan saat musim hujan karena tumbuhan tersebut akan mengikat air pada akarnya. Jika begini, maka Anda setidaknya turut andil dalam mencegah banjir dan kekeringan.

3. Membuat depan rumah Anda menjadi rindang

Membuat depan rumah Anda menjadi rindang

Bayangkan jika halaman depan Anda kosong dan hanya berupa pelataran. Ketika siang, terik mataharinya akan langsung memantul dan mengakibatkan hawanya sangat panas. Tentu hal ini tidak akan menyenangkan untuk sekedar duduk diteras. Berbeda jika Anda menanami berbagai tumbuhan di depan rumah Anda, maka setidaknya matahari yang turun akan diserap.

4. Sebagai sumber oksigen

Sebagai sumber oksigen

Tanaman, dalam memasak makananannya sendiri alias berfotosintesis menghasilkan zat oksigen atau O2. Adanya pasokan oksigen dari tanaman di depan rumah Anda akan membuat halaman rumah Anda lebih fresh dan nyaman untuk dihirup, apalagi dengan fakta bahwa sekarang ada polusi udara yang membuat udara semakin tidak enak untuk dihirup setiap harinya.

5. Mempercantik tampilan depan rumah Anda

Mempercantik tampilan depan rumah Anda

Fungsi selanjutnya adalah fungsi dekorasi, yang mana menjadikan halaman depan rumah Anda semakin bagus. Ada banyak jenis tanaman baik yang bisa dibentuk menyerupai pagar, atau jika Anda pintar dalam menyusunnya Anda bisa memiliki taman kecil yang indah untuk bermain-main.

6. Sisi manfaat tanaman

Sisi manfaat tanaman

Misalnya Anda menanam tanaman depan rumah yaitu cabai dan tomat. Tentu itu akan memberikan Anda keuntungan tambahan. Anda tidak perlu membeli dua bahan masakan tersebut dan bisa langsung memetiknya didepan rumah. Anda pasti akan merasakan kepuasan tersendiri bisa memetiknya secara langsung ketimbang harus membelinya.

Jenis-jenis Media Tanam untuk Tanaman Depan Rumah Anda

Sebelum mulai ke tanaman apa saja yang bagus ditanam dirumah Anda, Anda harus mengetahui tentang media tanam yang nantinya akan dipakai untuk kegiatan menanam Anda. Memilih media tanam harus disesuaikan dengan tanaman apa yang akan Anda tanam di halaman rumah Anda. Memang, harus diakui langkah ini sedikit susah karena tiap daerah punya tipe dan karakteristik masing-masing.

Berdasarkan jenis bahan yang menyusunnya, media tanam dibagi menjadi dua. Dua hal tersebut adalah media tanam bahan organik dan juga anorganik. Penjelasan keduanya antara lain adalah sebagai berikut:

1. Bahan organik

Bahan organik

Berdasarkan bahan penyusunnya, jenis pertama adalah bahan organik. Media ini memiliki komponen berbagai mahluk hidup atau organisme seperti halnya kayu, batang, bunga, buah, dan lain sebagainya. Dapat dikatakan penggunaan media satu ini lebih baik ketimbang menggunakan bahan kompetitornya. Mengapa demikian? Karena bahan organik telah menyediakan secara otomatis berbagai kebutuhan yang dibutuhkan tanaman.

Selain itu, bahan organik memiliki sifat yang mampu menyerap air dengan baik serta sirkulasi udara yang berkualitas. Ada beberapa bahan yang merupakan kategori organik yang populer digunakan orang-orang. Bahan tersebut antara lain adalah arang, cacahan pakis, sabut kelapa, pupuk kandang, moss, humus, dan lain sebagainya.

2. Bahan anorganik

Bahan anorganik

Secara sederhana, bahan ini adalah bahan yang memiliki unsur mineral tinggi akibat proses pelapukan batuan. Media anorganik ini misalnya adalah pecahan batu-bata, gel, pasir, kerikil, spons, vermikulit, perlit, dan masih banyak lainnya. Media-media ini lebih mudah ditemukan dan didapatkan dibandingkan dengan organik, tetapi agak kurang memiliki zat hara yang dibutuhkan oleh tumbuhan.

Cara Menentukan Media Tanam Untuk Tumbuhan Depan Rumah

Setelah mengetahui berbagai media tanam yang ada, langkah selanjutnya bagi Anda adalah menentukan media tanam yang cocok untuk tanaman depan rumah Anda. Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan, yang antara lain adalah sebagai berikut:

1. Mengenal jenis dan juga sifat media tanam

Mengenal jenis dan juga sifat media tanam

Setelah mengetahui klasifikasi diatas, Anda harus mengetahui sifat media tanam tersebut dengan baik. Misalnya humus bambu, memiliki kemampuan untuk menyimpan air lebih lama. Apabila media tanam Anda berbentuk siindris, maka ia memiliki sifat mudah dalam melepaskan air. Media tanam silindris bisa Anda temukan di coco fiber dan akar pakis.

Ada juga media tanam yang berbentuk bulat. Media tanam berbentuk bulat bisa Anda temukan di tanah dan juga pasir malang. Yang harus Anda ketahui adalah, besar kecilnya butiran yang ada pada media ini menentukan kemampuan media dalam menyimpan air untuk tumbuhan. Semakin besar butirannya, semakin kecil kemampuannya dalam menyimpan air.

2. Menyesuaikan media dengan jenis tanaman

Menyesuaikan media dengan jenis tanaman

Setiap tanaman tentunya memiliki sifat dan karaterstik yang berbeda, yang mana menjadikannya membutuhkan media tanam yang berbeda pula. Untuk tanaman depan rumah yang asalnya dari daerah yang kering maka Anda harus menyiapkan media tanam yang bersifat porus atau mampu membuang air dengan mudah. Contoh tanaman ini antara lain adalah Kaktus, Adenium, Euphorbia, dan lain lain.

Nah, sedangkan jika Anda berniat menanam tanaman depan rumah Anda dengan tanaman yang berasal dari daerah lembab, maka sebaiknya Anda menggunakan media tanam dengan kemampuan dalam menyimpan air yang tinggi. Misalnya adalah Anthurium, Philodendron, Aglaonema, dan lain sebagainya.

3. Memperhatikan kondisi lingkungan tempat tinggal Anda

Memperhatikan kondisi lingkungan tempat tinggal Anda

Dalam memilih media tanam untuk tanaman depan rumah Anda, Anda harus menyesuaikan pula dengan kondisi tempat tinggal Anda. Misalnya, daerah rumah Anda adalah daerah yang panas dan juga kering, maka sebaiknya Anda memilih jenis tanaman yang mampu menyimpan air dengan banyak. Dan hal ini berlaku sebaliknya.

4. Mengenali pertumbuhan tanaman yang Anda tanam

Mengenali pertumbuhan tanaman yang Anda tanam

Setiap tanaman sejatinya memiliki fase tumbuh, yang mana setiap fasenya membutuhkan treatment yang berbeda. Pada awal pertumbuhan tanaman, tanaman tidak membutuhkan terlalu banyak zat hara, sehingga Anda bisa menggunakan media tanam berupa pasir malang. Ketika daun pertama telah muncul, baru Anda bisa menggantinya dengan media tanam dengan campuran pupuk yang penuh hara.

5. Menyesuaikan dengan jenis pot

Menyesuaikan dengan jenis pot

Langkah selanjutnya dalam menanam tanaman di depan rumah adalah menyesuaikan pot yang Anda pilih untuk menanam. Pot yang terbuat dari bahan plastik memiliki pori pori yang sedikit, sedangkan pot gerabah memiliki pori pori yang besar. Tetapi, bahan dari plastik bisa menahan kelembaban lebih baik. Dengan memahami hal tersebut, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

6. Mempertimbangkan potensi penyakit yang mungkin menjangkiti

Mempertimbangkan potensi penyakit yang mungkin menjangkiti

Saat memilih media tanam, Anda harus juga mempertimbangkan resikonya. Misalnya, media tanam dari campuran pupuk kandang lebih rentan terhadap beberapa penyakit, misalnya penyebab akar busuk. Maka dari itu, menggunakan media tanam yang dicampur oleh pupuk sebaiknya adalah jenis tanaman yang menyukai kondisi kering.

Itulah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan ketika akan menentukan media tanam untuk tanaman depan rumah Anda. Hal tersebut harus Anda perhatikan baik-baik supaya kegiatan menanam Anda tidak akan sia-sia.

15+ Rekomendasi Tanaman yang Cocok untuk Depan Rumah

Setelah mengetahui berbagai cara diatas, mungkin Anda masih kebingungan untuk menentukan pilihan tanamannya. Jangan khawatir karena ada banyak sekali jenis tanaman yang cocok untuk ditanam, lho! Rekomendasi tanamannya antara lain adalah sebagai berikut:

1. Bunga Kuping Gajah

Bunga Kuping Gajah

Bunga ini memiliki daun yang lebar, menyerupai hewan yang berukuran besar. Kuping  gajah memiliki nama latin anthurium crystallium, yang mana sangat populer ditelinga para pecinta tanaman hias. Tanaman ini sering dipilih karena perawatannya yang cukup mudah dan juga bentuknya yang unik. Untuk mendapatkan bibitnya pun mudah.

Anda bisa menanam kuping gajah di depan rumah Anda dengan pot plastik yang besar. Konon katanya, menanam kuping gajah dirumah Anda akan mendatangkan rejeki yang berlimpah. Meskipun hanya berupa desas desus, tidak ada salahnya Anda mencoba menanam tumbuhan cantik satu ini.

2. Bunga Mawar

Bunga Mawar

Mawar merupakan tumbuhan yang bisa hidup di berbagai dataran, baik dataran rendah dan tinggi. Anda bisa menanamnya sebagai tanaman di depan rumah Anda. Selain bentuknya yang cantik, baunya juga harum. Anda akan sangat senang melihat suasana depan rumah Anda ketika bunga satu ini sedang mekar.

Bunga mawar yang memiliki banyak fungsi dan manfaat ini dikatakan sebagai bunga yang mampu membawa keberuntungan didalam hidup. Bunga ini juga mampu membuat rumah Anda nampak sebagai rumah yang penuh dengan kasih sayang karena bunga ini merupakan lambang cinta.

3. Suji

Suji

Suji atau yang lebih populer sebagai bambu rejeki ini adalah tanaman yang juga cocok ditanam di halaman depan rumah Anda. Bentuknya lucu layaknya miniatur pohon bambu dengan warna yang sangat segar. Ada kesan cantik dan minimalis yang ditimbulkan jika Anda menanam tumbuhan yang satu ini.

Suji ini bisa Anda tanam di pot, yang mana akan lebih cocok jika diletakkan pada pot dari gerabah. Untuk tanaman hias satu ini, Anda bisa langsung membelinya tanpa harus membudidayakannya karena biasanya jika membelinya, maka Anda tidak perlu memangkas dan membentuknya karena sudah dilakukan oleh penjualnya.

4. Anggrek

Anggrek

Untuk bunga yang satu ini memang tidak perlu lagi ditanyakan keindahannya. Bahkan ada banyak orang-orang yang berhobi membudidayakan tanaman cantik ini. Biasanya, tanaman anggrek bisa ditanam di pot kecil ataupun dengan digantung. Anggrek juga merupakan jenis tumbuhan yang bisa hidup di dataran mana saja, asal Anda tahu bagaimana menyiasatinya.

Ada banyak jenis anggrek yang bisa Anda tanam. Salah satu jenis anggrek yang populer dan menjadi favorit banyak orang adalah Anggrek Bulan. Anggrek Bulan tersebut memiliki bentuk yang khas dan sangat cantik, sehingga bisa dipastikan bagian depan rumah Anda akan semakin tampak sempurna.

5. Kaktus

Kaktus

Tanaman depan rumah yang selanjutnya adalah kaktus. Tanaman yang memiliki daun berbentuk duri dan berasal dari tempat yang panas ini adalah kategori tanaman yang sangat mudah dalam hal perawatannya. Anda bisa menggunakan jenis kaktus mini untuk hiasan didepan rumah Anda, khususnya pada bagian meja.

Bentuk dan warna dari kaktus sangat banyak sekali, yang mana membuat orang tergiur untuk memilikinya dirumah. Jika Anda membeli kaktus untuk hiasan dirumah Anda, Anda sebaiknya tidak perlu terlalu sering menyiramnya karena tanaman ini adalah tanaman yang hidup di daerah kering. Selain itu, kaktus juga menyimpan air di bagian batangnya. Dapat dikatakan, memiliki tanaman hias satu ini sangat tidak merepotkan.

6. Geranium

Geranium

Bagi Anda pecinta bunga, pasti juga tidak asing dengan bunga satu ini. Bunga ini memiliki warna yang sangat cantik, yang mana akan mampu membuat rumah Anda tampak sangat feminine dan ceria. Saat bermekaran, mata Anda akan dimanjakan dengan bunga yang mekar sempurna. Tanaman satu ini akan lebih cocok jika Anda tanam di dataran tinggi.

Ohya, bunga ini akan lebih tepat jika Anda gantung dan mendapatkan penyinaran cahaya antara enam hingga delapan jam seharinya. Untuk suhunya, membutuhkan suhu antara 15 hingga 21 derajat celcius. Suhu tersebut kemungkinan hanya bisa Anda dapatkan jika Anda memang tinggal di dataran tinggi.

7. Buah Kumkuat

Buah Kumkuat

Meskipun Anda tidak memiliki tanah pada bagian depan rumah Anda, Anda bisa menanam tanaman yang bisa berbuah dengan media pot. Buah kumkuat atau tanaman fortunella bisa tumbuh dengan baik meskipun diletakkan dipot. Tentu saja, dalam hal ini bentuknya adalah berupa bonsai ya.

Buah Kumkuat atau Jeruk Kumalasari ini memiliki rasa yang segar dan enak. Dengan perawatan yang baik, tumbuhan ini tidak hanya menghiasi bagian depan rumah Anda saja, tetapi akan membuat Anda puas bisa menyantap buah dari taman kecil Anda sendiri.

8. Lidah Mertua

Lidah Mertua

Eits, lidah mertua yang dimaksut disini bukan  arti yang sesungguhnya, ya! Lidah mertua yang satu ini adalah tanaman hias yang mampu mempercantik bagian depan rumah Anda. Bentuk daunya adalah memanjang dan agak lancip pada bagian ujungnya layaknya sebuah lidah. Bukan hanya itu, daunnya cukup tebal karena menyimpan kandungan air.

Karena air disimpan pula dibagian daunnya, tumbuhan satu ini memang tidak memerlukan terlalu banyak cahaya dan juga air. Dengan begini, Anda tidak perlu terlalu sulit dalam merawatnya.

9. Lili Paris

Lili Paris

Bunga ini memiliki nama lain Spider Plant, sebuah tanaman yang menjulur dari atas hingga ke bawah dan membentuk mirip laba laba. Tanaman cantik ini memiliki corak pada bagian daunnya, yang mana menjadi ciri khas dari Lili Paris. Tanaman ini sangat cocok untuk mengisi bagian depan rumah Anda.

Menanam Lili Paris di depan rumah akan memberikan banyak manfaat pula, salah satunya untuk menyerap racun atau udara kotor yang ada. Dengan begini, menanam Lili Paris juga akan membuat halaman rumah Anda menjadi semakin segar.

10. Pohon Palem

Pohon Palem

Setelah tanaman berupa bunga-bungaan, menanam pohon palem didepan rumah Anda juga bisa menjadi ide  yang tak kalah menarik, lho! Pohon yang menjadi ikon negara tropis ini bisa membuat rumah Anda tampak cantik dan terlihat elegan.

Ada berbagai macam pohon palem yang bisa Anda tanam dirumah Anda. Beberapa macamnya adalah Palem Ekor Tupai, Palem Botol, Palem Kipas, dan juga Palem Kuning. Menanam pohon satu ini juga banyak dipercaya sebagai pembawa keberuntungan, lho!

11. Pohon Mangga

Pohon Mangga

Siapa yang tidak tahu buah manis satu ini. Menanam pohon mangga di depan rumah Anda bisa menjadi pilihan lain dalam menghadirkan tanaman depan rumah Anda. Anda tidak harus menyediakan pekarangan yang luas karena Anda bisa menanamnya hanya dengan petak lahan yang kecil. Selain itu, menanam mangga juga tergolong mudah asal Anda tahu apa yang dibutuhkannya.

Menanam mangga umumnya lebih baik jika dilakukan di dataran rendah. Buah mangga membutuhkan paparan sinar matahari yang cukup lama untuk memasak makanannya. Semakin banyak cahaya matahari yang diterima, semakin manislah buah yang akan Anda dapatkan. Menanam pohon mangga didepan rumah akan membuat depan rumah Anda menjadi rindang dan sejuk.

12. Pohon pinus

Pohon pinus

Menanam pohon pinus di depan rumah Anda? mengapa tidak! Khususnya bagi Anda yang tinggal di daerah yang cukup dingin, menanam pohon pinus didepan rumah bisa menjadi pilihan yang pas. Dengan adanya pohon yang satu ini, dijamin hawa rumah Anda menjadi segar dan juga rindang.

Salah satu jenis pohon pinus yang sering ditanam di halaman rumah adalah Pinus Markus. Pohon pinus adalah jenis tumbuhan yang sangat mudah dalam perawatannya. Tetapi meskipun demikian, Anda perlu merapikan daun dan rantingnya secara berkala untuk membuatnya tetap sedap dipandang mata.

13. Lidah Buaya

Lidah Buaya

Tanaman yang memiliki sejuta manfaat ini bisa juga Anda hadirkan di depan rumah Anda. Tanaman yang memiliki nama lain yakni Aloe Vera ini sangat terkenal di bidang kecantikan, karena khasiatnya yang luar biasa. Menanam tanaman ini di halaman rumah Anda akan memberikan Anda beberapa kelebihan. Selain membuat tampilan depan rumah cantik dengan bentuknya yang unik, Anda bisa memetiknya untuk berbagai kepentingan.

Kabar gembiranya adalah, menanam lidah buaya tergolong cukup mudah. Anda hanya perlu menanam tunas batang yang ada dan meletakkannya pada tempat yang memungkinkannya terpapar sinar matahari. Kemudian jangan lupa memberikan lidah buaya Anda sedikit air dan juga pupuk untuk pertumbuhannya.

14. Pandan

Pandan

Tahukah Anda tentang tanaman pandan? Tanaman ini sangat terkenal dikalangan kaum ibu-ibu karena fungsinya yang seringkali digunakan untuk memasak. Baunya sangat harum dan sedap dan juga bermanfaat untuk menyedapkan berbagai masakan.

Selain digunakan untuk memasak, menanam daun pandan didepan rumah juga mampu membuat serangga pergi. Hal ini dikarenakan ada kandungan pada pandan yang tidak disukai oleh para serangga. Jika sudah begini, Anda tidak perlu khawatir lagi ada serangga di sekitar Anda tanpa repot-repot menyemprotkan bahan kimia.

15. Cabai

Cabai

Bagi Anda penyuka pedas, maka makan tanpa ada cabai akan terasa kurang. Dengan begitu, mengapa tidak mencoba menanam cabai didepan rumah Anda? Ini bisa menjadi pelengkap atas bunga hias yang sudah Anda tanam di depan rumah Anda. Menanam cabai pun cukup mudah, lho! Benihnya bahkan bisa diambil dari biji-biji cabai.

Tetapi jika Anda menanam cabai, sebaiknya menanam dengan suhu antara 25-37 derajat celcius. Pada suhu tersebut, cabai bisa tumbuh dengan optimal dan mampu menghasilkan lebih dari 50 cabai dalam sekali panen. Anda bisa menanam cabai di pot atau polybag Anda.

16. Mint

Mint

Menanam mint di depan rumah Anda? Mengapa tidak! Anda bisa juga, lho, menanam tanaman satu ini. Daun mint yang memiliki cita rasa khas segar ini sering digunakan untuk campuran berbagai makanan dan minuman. Jika Anda berminat untuk menanam tumbuhan ini di depan rumah Anda, Anda bisa meletakkannya dipot kecil.

Anda bisa meletakknya dengan cara digantung atau diletakkan pada meja. Sebaiknya Anda tidak memaparkannnya langsung ke matahari, serta menjaga suhu ruangan antara 20-25 derajat supaya daun mint bisa tumbuh dengan optimal.

17. Tomat Mini

Tomat Mini

Selanjutnya, Anda bisa menanam tumbuhan buah tomat ini didepan rumah Anda. Buahnya yang kecil dan berwarna merah saat matang ini akan sangat cantik dalam menghiasi bagian teras rumah Anda. Bukan hanya itu, tomat juga memiliki berbagai macam fungsi yang akan menguntungkan pemiliknya.

Anda bisa menanam varietas tomat mini untuk ditanam dirumah Anda. Anda bisa menanamnya pada pot Anda atau polybag dengan cara diletakkan dibawah ataupun digantung. Buah ini bisa digunakan untuk membuat minuman atau untuk memasak.

Tempat Membeli Tanaman Hias dan Benih Tanaman

Setelah membaca berbagai rekomendasi tanaman depan rumah, pasti kini Anda tertarik dan penasaran untuk memilikinya dirumah. Jika Anda kebingungan dimana Anda harus membeli atau mendapatkannya, maka informasi dibawah ini akan memudahkan Anda!

1. Di toko tanaman

Di toko tanaman

Anda bisa membeli tanaman hias di toko tanaman terdekat di kota Anda. Biasanya disana sudah banyak sekali tanaman hias yang sudah berkembang sehingga Anda hanya perlu melakukan perawatan saja. Selain itu, biasanya toko tanaman juga menyediakan bibit atau benih jika Anda berniat menanamnya dari awal.

Ada juga toko yang memang fokus terhadap bibit tanaman. Semuanya bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda masing-masing. Sewajarnya, harga bibit tentunya lebih murah dibandingkan jika Anda membeli tanaman yang sudah jadi.

2. Membeli pada kolektor

Membeli pada kolektor

Anda juga bisa mendapatkan tanaman hias atau tumbuhan yang Anda inginkan pada kolektornya. Ya, seperti yang Anda ketahui memang sekarang  ini sangat banyak orang yang menggeluti hobi di bidang budidaya tanaman. Misalnya, Anda ingin membeli anggrek maka Anda bisa mencari kolektornya untuk membeli tanaman hias cantik tersebut.

3. Membeli secara online

Membeli secara online

Kini zaman semakin canggih, Anda tidak perlu khawatir dan tidak perlu susah susah mendatangi tempat untuk membeli bibit tanaman. Anda bisa membelinya secara online melalui berbagai situs yang ada. Dengan sedikit berselancar di internet, Anda akan menemukan tanaman atau bibit yang Anda butuhkan.

Kelebihan ketika Anda membeli benih atau tumbuhan secara online adalah, Anda bisa secara langsung melihat budget yang harus Anda keluarkan. Kelemahannya adalah mungkin Anda bisa saja tidak mendapatkan benih sebagus yang Anda inginkan. Maka dari itu, penting untuk selalu melakukan pengecekan terhadap testimoninya.

Lengkap sudah artikel yang berisi terkait informasi tanaman yang ada di depan rumah untuk Anda. Dengan adanya informasi diatas, kini Anda pasti tahu yang mana yang tepat bagi Anda. Semoga artikel ini bermanfaat!

5 Tanaman Depan Rumah (Lengkap dengan rekomendasi tanaman)

One thought on “5 Tanaman Depan Rumah (Lengkap dengan rekomendasi tanaman)

Add Comment