5 Tanaman Merambat (Lengkap dengan manfaat, cara menanam, dan merawat)

Tanaman Merambat – Tanaman merambat saat ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Tanaman ini bisa digunakan sebagai desain interior maupun desain eksterior. Tanaman yang memiliki tingkat keestetikan tinggi ini bisa Anda tanam sendiri di rumah atau bahkan desain cafe Anda. Selain memberikan keindahan, tanaman ini membuat orang yang melihatnya menjadi bahagia.

Jika Anda menanam tumbuhan yang merambat pasti akan membuat suasana menjadi sejuk dan terasa lebih alami sehingga Anda tidak perlu menggunakan AC atau kipas angin. Tanaman ini bisa dengan mudah Anda padukan dengan warna apa saja karena memang warnanya yang netral.

Jenis-Jenis Tanaman Menjalar/Merambat

Jenis-Jenis Tanaman Menjalar/Merambat

Ternyata tanaman menjalar ini memiliki beberapa jenis yang bisa Anda ketahui karena setiap tanaman berbeda dan memiliki keunikan tersendiri. Berikut adalah jenis tumbuhan merambat yang biasa Anda temui.

  • Berbentuk melingkar pada batangnya biasanya terdapat tumbuhan tegak atau kayu sebagai media rambatnya. Jenis ini seperti dari spesies Genur Ipomoesa
  • Akar yang berbentuk seperti ruas batang biasanya seperti spesies dari Genus Hedera.
  • Petiol dengan mengikat tumbuhan yang berdiri tegak layalknya spesies Genus Clematis
  • Tendril yang digunakan bisa berupa ujung batang (Vitaceae), daun (Bignoniceae), dan juga bunganya (Passiflora) yang telah dimodifikasi secara khusus
  • Tedril yang digunakan juga bisa menghasilkan organ yang lengket
  • Biasanya menggunakan duri sebagai struktur yang berbentuk seperti pengait
  • Batang bentuknya disesuaikan dengan tanaman rambat yang celah bebatuannya digunakan untuk merambat naik dan mengisi kekosongan celah.

Dari jenis yang telah disebabkan Anda akan membayangkan bagaimana kira-kira tanaman rambat dengan jenis tertentu. Sehingga dengan beberapa alternatif jenis Anda bisa mengatur tata letak tumbuhan rambat Anda dengan rapi dan teratur.

Contoh Tanaman Merambat Yang Cocok untuk Dekorasi

Sangat banyak contoh tumbuhan rambat yang bisa digunakan untuk dekorasi baik indoor maupun outdoor. Tingkat kreatifitas Anda sangat diuji di sini karena Anda harus menentukan manakah yang sesuai dengan desain rumah Anda.

1. Tanaman Dollar

Tanaman Dollar

Tanaman yang biasa mendapat julukan dollar ini memiliki daun seperti uang yang lebar. Tumbuhan ini memiliki daun, batang, dan akar yang selaras. Warna daunnya hijau tua dengan tumbuh yang saling berdekatan bisa membentuk seperti dinding.

Tumbuhan ini dapat tumbuh dengan cara merambat dengan cepat di dinding Anda. Jika Anda gunakan sebagai desainĀ  eksterior akan memberikan kesejukan di luar ruangan. Hanya saja yang perlu Anda perhatikan adalah akar dari tumbuhan ini harus Anda kondisikan karena sangat kuat dan dapat merusak lingkungan/tanah disekitarnya.

2. Tanaman Air Mata Pengantin

Jika dilihat dari namanya tanaman hias ini sangat unik dengan kita bisa membayangkan bulir-bulir air mata dari pengantin yang cantik. Meskipun terasa menyedihkan namun bentuk dari bunga ini sangat cantik dengan banyaknya bunga serta daun yang dapat tumbuh dengan cepat.

Tempat yang digunakan untuk meletakkan bunga ini adalah di atas kanopi atau teras rumah dengan menggantungkan bunganya. Jika dibiarkan menjuntai maka bunga ini akan terlihat seperti tirai yang dapat melindungi rumah Anda dari sinar matahari yang menyengat.

Tanaman hias yang merambat ini sebenernya tergolong dalam kategori tanaman liar yang bisa digunakan sebagai hiasan. Meskipun tidak dirawat secara rutin namun bunga ini dapat tumbuh dengan subur sehingga Anda harus rutin memotongnya agar tetap rapi dan indah.

3. Tanaman Mandevilla

Tanaman merambat yang dapat menghias pagar Anda adalah tanaman mandevilla sebagai tumbuhan yang merambat indah. Tanaman hias yang bernama mandevilla ini memiliki bunga yang berwarna pink, merah, dan putih. Batang tanaman ini lemas sehingga untuk mengaturnya harus Anda ikat agar tertata rapi.

Selain memiliki bunga dan batang, tanaman ini memiliki daun yang rimbun sehingga terasa sangat indah dan sejuk. Tanaman Mandevilla memiliki daun yang banyak sehingga dapat menangkap banyak karbondioksida dan mengeluarkan oksigen dari hasil fotosintesis, dengan hal tersebut dapat diartikan bahwa bunga ini mampu meredam polusi yang terdapat pada udara.

4. Tanaman Morning Glory

Tumbuhan merambat yang memiliki keindahan pada bunganya berjenis morning glory. Bunganya memiliki warna ungu dan biru yang sangat indah layaknya bunga anggrek dan bunga lavender. Sesuai dengan namanya, bunga tumbuhan ini mekar pada saat pagi hari sehingga akan membuat pagi Anda menyenangkan, indah, dan sejuk.

Warna bunga ini bisa berubah tergantung dengan dimana tempat bunga ditanam. Jika di daerah yang memiliki iklim panas maka bunganya akan berwarna ungu, sedangkan jika terdapat di daerah dengan iklim dingin bunganya akan berwarna biru, sangat menarik bukan?

Tanaman ini tidak susah perawatannya, meskipun Anda menyiramnya hanya seminggu sekali maka tanaman ini akan tetap tumbuh subur. Letakkan tanaman ini di depan rumah Anda, pasti akan membuat rumah Anda sangat cantik khususnya di pagi hari.

5. Tanaman Bougenville

Tanaman yang satu ini tidak asing lagi bagi Anda karena memang sudah sangat banyak terdapat di lingkungan sekitar rumah Anda. Banyak orang yang menggunakan tumbuhan ini untuk menghias bagian depan rumahnya.

Meskipun banyak yang tidak mengetahuinya, ternyata bunga bougenville adalah salah satu tanaman merambat. Tanaman yang memiliki daun yang cukup lebat ini juga memiliki bunga dengan warna yang indah dan tidak membosankan.

Letakkan bungan bougenville di pot besar atau bisa langsung di halaman depan rumah Anda, pasti rumah Anda akan terasa sejuk dan rindang. Tanaman ini bisa hidup di daerah yang panas sekalipun meski tidak rutin Anda siram. Selain di depan rumah atau cafe, tanaman ini biasanya ditanam di taman kota atau bahkan pinggir jalan raya.

6. Tanaman Api Irian

Tanaman yang satu ini sering disebut dengan anggret cantik dari Negeri Irian. Tanaman hias yang merambat ini memiliki bunga dengan warna merah seperti api yang membara. Warna merahnya yang dipadukan dengan warna daun akan terlihat kontras dan menarik.

Bunga ini cocok diletakkan di atas atap bangunan rumah Anda yang memiliki warna netral seperti putih atau abu-abu. Tanaman ini sangat mudah perawatannya namun bisa berbunga sebanyak tiga hingga lima kali dalam satu bulan.

7. Tanaman Lee Kuan Yew

Tanaman menjalar yang sangat indah ini biasa dikenal dengan tanaman Lee Kuan Yew yang berarti Bapak Pendiri Singapura. Tanaman ini mampu menghias eksterior dengan letak vertikal yang memiliki batang sepanjang 3 meter.

Tanaman ini memberikan kesan teduh karena batangnya yang panjang. Dengan adanya tanaman tersebut tempat Anda akan terasa sejuk dan segar dengan warna hijau dari daun dan batangnya. Rawatlah bunga ini secara teratur agar dapat mendapatkan bentuk yang rapi dan indah.

8. Tanaman Alamanda

Tanaman Alamanda ini sangat menonjolkan bunga yang dimilikinya. Kelopak bunga yang memiliki warna kuning cerah bisa memikat hati Anda dan membuat suasa taman semakin hidup. Beberapa varietas bunga Alamanda memiliki warna bunga merah mudah yang membuatnya terlihat feminim.

Tanaman ini bisa Anda letakkan di pagar rumah Anda atau bahkan bisa Anda letakkan sebagai tanaman hias di kanopi rumah Anda. Rumah akan terlihat lebih tertata dan terorganisir serta tetap terlihat sangat sejuk.

9. Tanaman Clematis

Tanaman Clematis

Tanaman clematis adalah nama tanaman hias yang merambat dengan banyak bunga yang menjadi daya tariknya. Bunga tanaman ini memiliki banyak warna mulai dari putih, merah, kuning, merah muda, biru, ungu, dan masih banyak yang lainnya.

Tanaman ini cukup rumit pada proses merawatnya karena bunga ini membutuhka matahari penuh agar bisa berbunga dan juga sebagai peneduh selain itu untuk berfotosintesis dengan cara yang baik juga.

Selain itu, tanaman ini membutuhkan perawatan pemotongan yang sengat sering karena bunga clematis ini bisa tumbuh sangat cepat dengan ketinggian 12 meter. Siapkanlah lahan dan waktu yang sesuai untuk tanaman Clematis.

10. Tanaman Ivy

Tanaman Ivy sering kali disebut sebagai evergreen yaitu bunga yang lumayan agresif dengan hidup yang cukup panjang. Tanaman hias ini cocok untuk Anda leakkan di taman perkotaan karena bunga ini selain memberikan kesan estetik namun juga bisa menyerap polusi kendaraan dengan baik.

Jika Anda menanam tumbuhan Ivy maka tempat yang paling cocok adalah di sisi tembok karena ketinggiannya hingga 200 kali. Tanaman Ivy termasuk tanaman yang susah ntuk dikendalikan karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit, sensari terbakar, dan harus Anda jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Cara Menanam Tanaman Merambat

Tanaman hias yang bagus harus melalui proses penanaman yang benar, berikut adalah cara menanam tanaman hias yang merambat.

1. Menentukan Lokasi Tanam yang Tepat

Untuk lokasi penanaman tentukan lokasi yang pas dengan estetika yang harus diperhatikan. Tanaman ini sebagai penghias ruangan atau eksterior sehingga jika Anda salah meletakkan akan terasa tidak nyaman dan kurang estetik.

2. Gunakan Media Tanam yang Sesuai

Media tanam sangat penting khususnya tanaman hias karena akan mempengaruhi tingkat keindahan dari pot dan bunganya yang serasi. Selain itu, bahkan jika Anda menanamnya di depan atau belakang rumah Anda maka media tanah yang harus Anda siapkan juga yang serasi dan memiliki bentuk yang estetik sehingga tidak terlalu sederhana.

Tanaman yang merambat ini biasanya diletakkan di dekat dinding, pagar, pot gantung, atau bahkan di atas teras/kanopi depan rumah. Sesuaikan media dengan tempat yang sesuai agar menambah kesan yang indah.

3. Letakkanlah Media Tanam di Area yang Strategis

Area yang strategis merupakan langkah yang bagus untuk menata keindahan desain interior atau eksterior Anda. Media tanam yang telah Anda siapkan sebelumnya harus Anda letakkan pada tempat yang sangat strategis.

Beberapa tempat strategis yang bisa Anda gunakan adalah halaman rumah, samping kolam renang, dekat taman bermain seperti ayunan, pagar, atau dekat pintu masuk rumah Anda. Pilihlah tepat yang tidak terlalu berdekatan antara satu media dan yang lainnya karena akan bertabrakan dan kurang terjaga keindahan letaknya.

4. Tanaman yang Merambat Harus Mendapat Sinar Matahari

Sinar matahari sangat diperlukan tanaman untuk proses fotosintesis bahkan untuk kebutuhan nutrisi tanaman. Oleh sebab itum, jika Anda memiliki tanaman hias yang merambat pastikan tanaman tersebut telah mendapat cahaya dari sinar matahari secara cukup.

Harus Anda ketahui bahwa tumbuhan merambat ini tidak terlalu banyak mengambil sinar matahari sehingga letakkan tanaman ini di tempat yang rindang sehingga sinar matahari yang didapatkannya tidak terlalu kuat dan lama.

5. Pasanglah Media untuk Rambatan Tanaman

Tanaman ini nantinya akan menjalar kemana-mana, oleh sebab itu untuk mengantisipasi pertumbuhan yang lebat dan panjang Anda perlu menyiapkan media rambatan untuk tanaman. Banyak media yang bisa Anda gunakan contohnya pagar, tiang, kayu yang disusun berjajar, atau bahkan langsung di dinding rumah Anda.

Untuk memastikan tingkat keindahannya biasanya tanaman ini diberikan media sendiri seperti tembok kecil dan tidak terlalu tinggi sebagai tempat tumbuhnya. Sehingga dengan media yang tepat, rumah Anda akan terasa sangat sejuk dan nyaman serta membuatnya terlihat sangat teduh.

Cara Merawat Tumbuhan yang Merambat/Menjalar

1. Lakukan Penyiraman Secara Rutin

Tanaman rambat ini masih membutuhkan nutrisi dari zat hara air. Oleh sebab itu, lakukan penyiraman kepada tanaman ini secara rutin agar tetap segar. Cara untuk menyiramnya adalah dengan cara menyiram di sekitar area tanah. Dan jika memungkinkan Anda bisa menyiram daunnya agar terlihat sangat segar dan sejuk.

2. Pemangkasan Beberapa Kali

Tanaman rambat biasanya tumbuh dengan sangat cepat sehingga membuat daunnya lebat dan sangat banyak. Hal tersebut harus Anda selesaikan dengan cara memangkas daun, batang, bahkan bunga yang sedang tumbuh namun mengganggu keindahannya.

Lokasi yang lembab dan basah akan mempercepat pertumbuhan tanaman rambat karena unsur zat hara dapat didapatkan dari tanah secara langsung. Oleh sebab itu, saat sudah tinggi dan lebat potonglah membentuk bentuk yang sesuai dengan media yang telah disiapkan.

3. Jauhkan Tanaman Rambat dari Gangguan

Yang dimaksud gangguan disini sangat beragam yaitu mulai dari serangan hewan, anak-anak, dan gangguan yang lainnya. Khususnya pada saat tanaman tersebut baru ditanam karena akarnya masih belum kuat sehingga harus diawasi dari beberapa serangan yang mungkin dapat mengganggu pertumbuhan tanaman merambat ini.

Manfaat Tanaman Merambat yang Ditanam

Tanaman yang Anda tanam sebagai tanaman hias ini ternyata memberikan banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Untuk lebih jelasnya simak banyak manfaat beragam yang ditawarkan.

1. Pengganti Tanaman Hias

Tanaman yang merambat ini bisa Anda gunakan sebagai pengganti tanaman hias yang mungkin sangat mahal dipasaran. Tanaman hias dengan tipe tanaman yang merambat sangat bagus untuk desain interior dan eksterior.

Tanaman ini memberikan kesan yang lebih asri, sejuk, dan sedikit eksotis untuk rumah Anda. Apalagi jika Anda sedang menyukai konsep green house maka tumbuhan rambat adalah salah satu yang cocok untuk Anda budidayakan di rumah Anda.

2. Sebagai Obat Herbal

Obat herbal pastinya adalah obat-obatan yang berasal dari bahan alam seperti tumbuhan. Tidak hanya untuk menghias, tanaman rambat bisa Anda jadikan sebagai obat-obatan.

Beberapa jenis tanaman rambat yang bisa Anda gunakan sebagai obat adalah sirih hijau maupun sirih merah. Daun tersebut memiliki banyak manfaat untuk mengobati penyakit yaitu tukak lambung, luka bakar ringan, gusi berdarah, bronkitis, mengatasi gatal, sakit tenggorokan, mencegah bau badan, dan masih banyak manfaat yang lainnya.

3. Tanaman Rambat untuk Penyejuk Lingkungan

Semua tanaman memang bisa menyejukkan lingkungan karena hasil dari fotosintesis yang dikeluarkan adalah oksigen atau udara bersih. Biarkanlah tumbuhan rambat menghiasi rumah Anda, nanti akan ada waktunya tumbuhan tersebut semakin besar dan dapat memberikan kesan sejuk dan menenangkan untuk rumah Anda.

Setelah Anda mengetahui bagaimana jenis, conoth, cara menanam, cara merawat dan manfaat tanaman merambat, pasti Anda ingin menanamnya di rumah kan? Buatlah rumah Anda sejuk dan hidup dengan tanaman indah yang menghiasinya.

5 Tanaman Merambat (Lengkap dengan manfaat, cara menanam, dan merawat)

Add Comment