Tanaman Hidroponik Lombok

Tanaman Hidroponik Lombok : Pengertian, Cara Menanam dan Metodenya

Tanaman Hidroponik LombokĀ  – Bercocok tanam sekarang ini sudah bukan lagi sebuah pekerjaan, namun menjadi sebuah hobi bagi beberapa orang. Salah satu teknik bercocok tanam yang baru adalah hidroponik. Tidak semua sayuran dapat ditanam dengan teknik bercocok tanam hidroponik. Lombok adalah salah satu tanaman yang dapat ditanam dengan teknik hidroponik. Tanaman hidroponik lombok saat ini tengah viral.

Menanam lombok dengan teknik hidroponik dapat membuat hasil lombok yang di panen lebih sehat dan lebih banyak. Hal ini karena teknik menanam hidroponik tidak memerlukan pestisida ataupun herbisida. Teknik hidroponik juga lebih menguntungkan bagi anda yang tidak memiliki lahan untuk bercocok tanam. Hal ini karena teknik hidroponik tidak menggunakan media tanah.

Pengertian Tanaman Hidroponik

Tanaman Hidroponik Lombok

Kata hidroponik berasal dari bahasa Yunani yaitu hydroponos. Dimana hydro berarti air dan ponos berarti kerja. Teknik menanam hidroponik juga dikenal sebagai budidaya tanaman tanpa menggunakan tanah atau soilles culture. Jadi pengertian hidroponik adalah budidaya tanaman yang menggunakan media air dan tanpa menggunakan media tanah.

Media yang digunakan dalam teknik hidroponik adalah menggunakan media air. Air yang digunakan dalam teknik hidroponik jauh lebih sedikit dibandingkan dengan bercocok tanam dengan media tanah. Teknik menanam hidroponik ini dapat dilakukan pada daerah yang sulit mendapatkan air. Namun tidak semua tanaman dapat ditanam dengan teknik hidroponik.

Teknik menanam hidroponik juga dapat diartikan sebagai bercocok tanam yang menekankan pada pemenuhan nutrisi untuk tanaman. Hal ini karena tanaman yang biasanya mendapatkan sumber nutrisi dari tanah, namun pada teknik ini tidak menggunakan tanah. Oleh karena itu pemenuhan nutrisi tanaman menjadi faktor yang sangat penting pada teknik hidroponik.

Teknik hidroponik muncul atas dasar pemikiran manusia yang menganggap bahwa pupuk menjadi komponen yang penting dalam pertumbuhan tanaman. Di media apapun tanaman tumbuh, tanaman dapat tumbuh subur apabila nutrisinya yang dibutuhkan terpenuhi. Namun teknik hidroponik tidak sepenuhnya tanaman di tanam tanpa menggunakan tanah.

Tanah tetap digunakan dalam teknik hidroponik untuk menyangga tanaman. Air di tempatkan dibawah tanah yang berfungsi sebagai pelarut nutrisi tanaman yang akan diserap oleh akar. Teknik menanam dengan hidroponik yaitu teknik menanam yang lebih menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi dari tanaman. Teknik hidroponik dapat anda lakukan apabila anda tidak memiliki cukup lahan untuk bercocok tanam.

Teknik hidroponik juga dapat digunakan bagi anda yang memiliki lahan kurang subur. Budidaya tanaman dengan metode hidroponik saat ini sedang digemari oleh beberapa petani sayuran. Selain karena caranya yang mudah menanam dengan cara hidroponik menghasilkan panen yang lebih banyak.

Kelebihan lain adalah metode ini tidak memerlukan pestisida atau herbisida yang beracun. Sayuran yang ditanam dengan teknik ini lebih sehat dan lebih aman dikonsumsi. Teknik menanam dengan hidroponik tidak dapat digunakan pada semua jenis sayuran. Hanya beberapa tanaman saja yang dapat ditanam dengan teknik hidroponik.

Jenis Metode Teknik Hidroponik

1. Hidroponik kultur substrat

Hidroponik kultur substrat memiliki nama lain yaitu hidroponik kultur agregat. Teknik hidroponik ini tidak menggunakan tanah sebagai media penyangganya. Media pegangan yang digunakan adalah pasir, kerikil, batu alam, arang sekam dan batu apung.

Syarat media pegangan teknik ini adalah bentuknya harus seragam dengan ukuran yang sedang atau tidak terlalu besar. media yang digunakan juga harus bersih bebas dari kotoran dan harus steril. Teknik kultur substrat merupakan teknik yang paling murah dibandingkan yang lain.

2. Hidroponik Kultur Air

Metode penanaman hidroponik yang satu ini murni hanya menggunakan air. Penanaman tanaman dilakukan pada media air yang mengandung nutrisi. Akar di celupkan dalam medis mengandung nutrisi, agar dapat terserap ke tanaman.

3. Hidroponik Lapisan Nutrisi

Media teknik hidropnik yang satu ini berupa lapisan tipis yang mengandung nutrisi. Lapisan tipis dapat terbuat dari logam yang tipis dan bersih serta anti karat.

4. Bioponik

Tanaman Hidroponik Lombok

Bioponik adalah teknik menanam tanaman yang menggabungkan teknik hidroponik dengan sitem pertanian organik. Metode ini menggabungkan kelebihan hidroponik dan sistem tanam organik. Teknik bioponik efektif untuk menghasilkan tanaman dengan rasa yang enak dan organik.

Bioponik juga diartikan sebagai teknik menanam hidroponik dengan menggunakan pupuk atau nutrisi dari bahan-bahan alami. Nutrisi organik ini juga mengandung mikroba-mikroba baik yang dapat mendukung pertumbuhan tanaman.

5. Aeroponik

Aeroponik adalah suatu teknik menanam hidroponik yang tidak menggunakan tanah maupun air sebagai media tanam. Melainkan akar tanaman dibiarkan terbuka pada suatu tempat yang memiliki kelembapan dan dijaga kelembapannya. Akar tanaman juga disemprot dengan nutrisi atau pupuk untuk mempercepat pertumbuhan tanaman.

6. Bubbleponics

Tanaman Hidroponik Lombok

Teknik tanam bubbleponics adalah teknik tanam dengan media gelembung air. Air diberikan pompa yang menhasilkan gelembung udara berupa oksigen yang akan memeberikan nutrisi pada akar tanaman. Dalam teknik ini juga dilakukan pemberian nutrisi dengan cara yang sama dengan air yang dibuat menjadi gelembung.

Tanaman yang di Tanam dengan Teknik Hidroponik

Terdapat beberapa tanaman yang dapat tumbuh dengan baik dengan menggunakan teknik hidroponik. Tanaman tersebut antara lain:

  1. Tomat
  2. Bayam
  3. Kangkung
  4. Lombok
  5. Melon
  6. Lobak
  7. Daun bawang
  8. Terong
  9. Paprika

Jika anda ingin bercocok tanam dengan teknik hidroponik sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu tentang tanaman tersebut. hal ini dikarenakan ada beberapa tanaman yang tidak dapat di tanam dengan dengan teknik hidroponik.

Cara Menanam Lombok dengan Teknik Hidroponik

Tanaman Hidroponik Lombok

Lombok merupakan salah satu tanaman yang dapat ditanam dengan teknik hidroponik. Budidaya lombok dengan tenik hidroponik merupakan salah satu teknik yang digemari oleh beberapa petani. Hal ini dikarenakan perawatannya yang tidak terlalu sulit dan tidak ribet. lombok merupakan salah satu bahan makanan yang wajib ada bagi masyarakat Indonesia.

Lombok memiliki rasa yang pedas yang sesuai dengan lidah orang Indonesia. oleh karena itu lombok selalu dicari dan digunakan sebagai bahan bumbu pada setiap masakan orang Indonesia. permintaan pasar akan lombok semakin meningkat. Maka dari itu banyak petani yang membudidayakan tanaman lombok.

Dalam prakteknya petani ingin menghasilkan hasil panen yang melimpah dan biaya produksi yang murah dalam budidaya lombok. Oleh karena itu petani lombok kini beralih untuk menggunakan teknik hidroponik untuk menanam lombok. Karena selain mudah dilakukan dan biaya produksinya murah, lombok hasil hidroponik lebih sehat dibandingkan dengan lombok yang lain.

Bercocok tanam sekarang ini tidak hanya dilakukan oleh petani. Banyak orang yang menjadikan bercocok tanam sebagai hobi. Karena selain menyehatkan badan bercocok tanam juga dapat memberikan kesenangan dan ketenangan tersendiri. Selain itu dengan menanam sendiri sayuran yang akan dimakan maka kualitas sayuran dapat terjamin.

Sayuran yang ditanam sendiri akan lebih sehat dan terjamin kualitasnya. Oleh karena itu jika anda ingin menanam lombok di pekarangan rumah namun tidak punya cukup lahan. Anda dapat menanam lombok menggunakan teknik hidroponik. Menanam sendiri lombok yang akan digunakan untuk memasak dapat menekan pengeluaran. Apalagi yang kita tahu harga lombok selalu melonjak tinggi tidak stabil.

Teknik hidroponik sangat mudah dilakukan dan hanya membutuhkan sedikit biaya. Anda dapat melakukan sendiri di rumah sekedar mengisi waktu luang. Anda juga dapat membudidayakan tanaman hidroponik lombok sebagai peluang usaha. Berikut akan dijelaskan tentang cara menanam lombok dengan teknik hidroponik.

1. Memilih Bibit

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah memilih bibit lombok yang akan ditanam dengan teknik hidroponik. Anda dapat memilih dari dua jenis lombok yang dapat ditanam yaitu lombok lokal dan lombok hibrida atau impor. Lombok lokal adalah tanaman lombok yang sangat mudah ditanam di Indonesia karena dapat beradaptasi dengan perubahan iklim di Indonesia.

Anda juga dapat memperoleh bibit lombok dari dapur anda. Apabila ada lombok yang telah membusuk anda dapat mengeringkan biji-biji lombok tersebut yang kemudian digunakan bibit untuk ditanam. Jangan letakkan benih di tempat yang lembab karena akan membuatnya berjamur. Anda juga dapat membeli bibit lombok lokal di toko pertanian.

Apabila anda membuat sendiri bibit lombok dari lombok yang tersedia di dapur ada tips untuk anda. Pilihlah lombok yang sudah matang dan tidak berpenyakit. Kemudian keringkan biji lombok tersebut dengan cara diangin-anginkan. Setelah kering masukkan ke dalam air hangat. Pilihlah biji lombok yang tenggelam, karena biji lombok itulah yang bagus.

2. Pembenihan dan Penyemaian

Pembenihan bibit lombok untuk hidroponik sama seperti pembenihan lombok pada umumnya.

  1. Diawali dengan merendam bibit dalam air hangat selama 3 jam. Dapat juga ditambahkan vitamin pada saat perendaman atau ditambahkan dengan pengatur pertumbuhan seperti ZPT. ZPT berfungsi sebagai pemercepat pertumbuhan benih lombok.
  2. Setelah direndam kemudian biji lombok dibungkus dengan kain basah selama semalaman. Hal ini bertujuan untuk mempercepat pembenihan atau munculnya kecambah.
  3. Pindahkan biji lombok yang telah berkecambah ke media penyemaian. Media penyemaian berupa campuran tanah, pupuk komps, dan sekam bakar dengan perbandingan 1:1:1. Media penyemaian diletakkan dalam polybag kecil.
  4. Buat lubang kedalaman 0,5 cm di tengah media penyemaian lalu masukkan kecambah lombok dalam lubang

3. Perawatan Bibit

Tanaman Hidroponik Lombok

Perawatan bibit lombok cukup mudah dan tidak ribet yaitu dengan cara menyiram bibit dengan air di pagi dan sore hari. Gunakan semprotan yang halus agar air tidak menggenangi polybag. Siram dengan air secukupnya hingga tanah dalam polybag lembab.

Hal ini dilakukan hingga kecambah muncul, dapat juga ditambahkan vitamin seperti hidroponik abmix. Selama perawatan hindarkan bibit dari paparan sinar matahari secara langsung.

4. Penyiapan Media Tanam

Tanaman Hidroponik Lombok

Media tanam hidroponik lombok terbuat dari cocopeat dan campuran arang sekam. Tempat budidaya tanaman hidroponik lombok terbuat dari pipa peralon atau botol-botol bekas.

5. Penanaman Bibit Lombok

Tanaman Hidroponik Lombok

Setelah pembibitan selesai, selanjutnya dilakukan penanaman bibit pada media hidroponik. sebelum ditanam pastikan bibit berusia 25-30 hari atau saat bibit lombok memiliki 4-5 helai daun. Pindahkan bibit dengan mencabut secara perlahan anda dapat meniram media penyemaian agar lebih mudah dicabut.

Lakukan perlahan agar akar bibit lombok tidak rusak. Kemudian tanam pada media tanam yang sudah disiapkan dan sebelumnya telah disiram. Letakkan media tanam ditempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Tujuannya adalah agar bibit lombok dapat beradaptasi dengan lingkungan yang terkena sinar matahari. Proses ini dapat dilakukan selama 7 hari baru tanaman hidroponik lombok dapat dipindah ke tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Cara Merawat Tanaman Hidroponik Lombok

Perawatan tanaman hidroponik cukup mudah untuk dilakukan. Lakukan penyiraman sesekali dan jangan lupa untuk menambahkan nutrisi pada tanaman. Tanaman lombok yang ditanam dengan teknik hidroponik memerlukan nutrisi yang lebih agar dapat tumbuh dengan subur.

Pemberian nutrisi sangat diperlukan karena seperti yang kita ketahui teknik hidroponik tidak menggunakan tanah yang menyimpan unsur hara. Pemberian nutrisi tambahan sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhan lombok yang maksimal.

Usahakan memberikan nutrisi pada tanaman yang sudah berusia 7 hari lebih. Hal ini karena jika nutrisi diberikan saat tanaman baru saja ditanam akan beresiko tanaman lombok terkejut dengan pemeberian nutrisi secara mendadak.Nutrisi yang diberikan harus mencukupi kebutuhan tanaman.

Nutrisi tersebut mencakup nutrisi makro yaitu kalsium, nitrogen, phospor, kalium dan magnesium. Anda juga dapat menggunakan nutrisi kimia yaitu Abmix untuk lombok ataupun pupuk kimia lain khusus hidroponik. pemberian nutrisi dilakukan sebanyak enam kali dalam satu hari dan lakukan pada malam hari. Jangan lupa untuk memberikan air tanpa mengandung nutrisi setiap seminggu satu kali.

Pemberian nutrisi pada tanaman hidroponik lombok sangat penting. Oleh karena itu anda harus melakukan kontrol nutrisi sehingga tanaman memperoleh nutrisi yang cukup. Selain pemberian nutrisi anda juga wajib untuk mengontrol kelembapan tanah pada penyangga tanaman. Kelembapan juga sangat penting dalam budidaya tanaman lombok dengan teknik hidroponik.

Tanaman yang ditanam dengan teknik hidroponik juga dapat terjangkit penyakit dan ditumbuhi gulma.ada beberapa penyakit yang sering mengganggu pertumbuhan lombok dengan teknik tanam hidroponik. penyakit yang sering muncul seperti tungau, ulat, kutu daun, busuk buah, busuk daun dan lain-lain. Untuk mengatasinya anda dapat menyemprotkan pestisida organik ke tanaman.

Lakukan penyemprotan sesekali karena apabila terlalu sering dapat merusak pertumbuhan dari tanaman lombok. Jangan lupa untuk selalu melakukan penyemprotan pupuk cairan ke tanaman. Usahakan menggunakan pupuk kompos dari hewan ternak. Anda juga dapat menggunakan pupuk kimia agar pembuahan dan pertumbuhan tanaman lebih maksimal.

Perawatan tanaman hidroponik termasuk juga dilakukan pemasangan ajir, pemangkasan tunas. Pemasangan ajir atau penyangga dilakukan dengan menancapkan ke dalam tanah bukan di media tanam. Karena jika ditancapkan di media tanam dapat merusak akar tanaman.

Masa Panen Lombok Hidroponik

Lombok yang ditanam dengan teknik hidroponik dapat di panen saat usia tanaman 80-90 hari. Panen lombok juga dapat dilakukan saat buah lombok sudah berwarna merah. Tips untuk melakukan panen pada pagi atau sore hari. Jika anda memanen lombok pada siang hari, hal ini dapat merusak tanaman. Selain itu memetik lombok pada siang hari akan membuat bobotnya turun.

Oleh karena itu petik lombok saat pagi hari atau sore hari agar didapatkan bobot yang maksimal. Lakukan pemanenan setiap seminggu satu kali. Pemanenan juga dapat dilakukan sesuai jenis lombok yang ditanam.

Kelebihan dan Kekurangan Teknik Hidroponik

1. Kelebihan

  • Tanaman tumbuh lebih cepat
  • Biaya produksi rendah atau murah
  • Lahan yang dibutuhkan tidak terlalu luas
  • Hasil produksi lebih banyak
  • Pemakaian air yang lebih sedikit
  • Penggunaan pupuk yang terkontrol dan lebih hemat
  • Tenaga yang dibutuhkan sedikit

2. Kekurangan

  • Pembuatan media tanam yang agak sulit
  • Memerlukan keterampilan khusus untuk mengukur dosis nutrisi

Beberapa orang menjadikan bercocok tanam sebagai hobi. Bukan hanya sebagai hobi tapi juga ada yang dilakukan juga untuk mengembangkan usaha. Bila anda ingin menanam lombok namun tidak memiliki lahan. Teknik hidroponik menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan. Hasil panen dari tanaman hidroponik lombok juga digemari karena lebih sehat karena nutrisinya terkontrol.

Tanaman Hidroponik Lombok : Pengertian, Cara Menanam dan Metodenya

Leave a Reply