4 Cara Menanam Cabe Hidroponik (Lengkap beserta gambar dengan deskripsi)

Cara Menanam Cabe Hidroponik – Ingin menanam cabe tapi tidak memiliki lahan yang luas? Anda dapat menanam cabe pada lahan yang sempit sekalipun dengan cara menanam cabe hidroponik. Tidak usah bingung lagi karena di sini akan kita ulas tuntas tentang proses penanam cabe hidroponik. Ikutilah langkah-langkah yang telah tersedia berikut ini dengan baik dan benar agar hasilnya maksimal.

Langkah-langkah Menanam Cabe Hidroponik di Rumah

1. Bibit Cabe

Bibit Cabe

Bibit merupakan hal utama yang harus diperhatikan dalam menanam cabe hidroponik. Anda harus memastikan bibit yang Anda gunakan memiliki keseragaman pertumbuhan, mulai dari tinggi tanaman, bentuk daun, bentuk batang, warna bung dan bentuk buahnya. Hal ini akan berpengaruh pada kualitas buah yang akan dihasilkan nantinya pada masa panen.

Bagi Anda yang belum mengetahui cara membuat bibit cabe sendiri di rumah, simak penjelasan berikut ini dengan seksama. Pertama, Anda harus memilih cabe yang sehat dan tidak terkontaminasi oleh hama penyakit. Pilihlah cabe yang benar-benar sudah matang dengan warna dan bentuk yang seragam.

Belah buah cabe menjadi dua bagian dengan hati-hati agar tidak merusak biji cabe yang akan dijadikan bibit. Cuci biji-biji cabe yang telah terlepas dari buahnya dengan air bersih hingga kotoran daging buah yang masih menempel terpisah. Setelah itu rendamlah biji cabe dengan air, kemudian ambil biji cabe yang tenggelam karena memiliki pertumbuhan yang lebih baik.

Jemur biji cabe hingga mengering, akan tetapi hindarilah menjemur di bawah sinar matahari secara langsung. Setelah biji cabe mengering dengan sempurna maka biji tersebut dapat digunakan untuk proses selanjutnya.

2. Penyemaian

Penyemaian

Penyemaian dapat dilakukan dengan dua metode, Anda dapat memilih satu metode yang akan di ulas di bawah ini sesuai dengan keinginan.

a. Metode Pertama

Gunakan tisu kertas yang telah dibasahi dengan air bersih untuk media penyemaian. Tata dengan baik dalam box plastik. Kemudian taburkan beberapa biji cabe yang telah mengering dengan sempurna di atas tisu kertas yang telah dibasahi dengan air. Setelah itu tutup box plastik rapat-rapat dan tunggulah hingga biji cabe tumbuh berkecambah.

b. Metode kedua

Metode penyemaian yang kedua adalah metode yang menggunakan media semai kapas basah. Masukkan kapas yang telah dibasahi dengan air bersih ke dalam wadah berupa gelas plastik minuman. Taburkan beberapa biji cabe pilihan di atas kapas tersebut kemudian tutup gelas dengan plastik yang dilubangi.

Setelah itu masukkan ke dalam kulkas (bukan bagian freezer) dan tunggulah biji cabe berkecambah sehingga dapat dipindahkan ke media tanam yang lebih luas.

3. Menyiapkan media tanam cabe hidroponik

Menyiapkan media tanam cabe hidroponik

Cara menanam cabe hidroponik tidak akan berhasil jika tidak di tanam pada media tanam yang baik. Maka dari itu sembari menunggu biji cabe berkecambah dan siap tanam, Anda dapat menyiapkan media tanam cabe hidroponik terlebih dahulu. Anda perlu menyiapkan media tanam berupa tanah yang telah dicampur dengan pupuk dengan perbandingan 1 : 1.

Kemudian masukkan media tanam ke dalam wadah. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan wadah bekas air mineral, kaleng bekas, ember bekas, atau pot bunga. Siapkan juga serabut kelapa kering yang telah dihancurkan, serbuk gergaji dan kerikil. Hal tersebut digunakan untuk menyimpan unsur hara, air, dan sebagai perekat akar bagi tanaman cabe hidroponik.

4. Cara menanam cabe hidroponik

Cara menanam cabe hidroponik

Pertama, siapkan wadah dan isi dengan sabut kelapa yang telah di haluskan sebagai dasar. Setelah itu isi wadah dengan memasukkan campuran serbuk gergaji, sabut kelapa halus dan kerikil secara merata. Lalu masukkan lagi sabut kelapa. Sebagai lapisan terakhir yang berada paling atas masukkan kerikil saja, hal ini dilakukan bertujuan untuk mengurangi penguapan.

Setelah semua komponen media tanam Anda masukkan ke dalam wadah, biarkan media tanam selama sehari semalam dan simpanlah di tempat yang teduh. Setelah mendiamkan media tanam selama satu hari satu malam, siramlah media tanam hidroponik dengan air yang telah dicampur dengan pupuk cair.

Siramlah media tanam hidroponik hingga tingkat kebasahan mencapai 60%. Untuk mengetahui tingkat kebasahan sudah pas, Anda hanya perlu mengeceknya dengan memasukkan jari ke dalam media tanam hidroponik. Jika media tanam hidroponik terasa basah tetapi tidak sampai meneteskan air, maka proses penyiraman dapat dihentikan.

Jangan langsung memindahkan bibit ke media tanam hidroponik terlebih dahulu. Untuk hasil yang maksimal diamkan media tanam hidroponik terlebih dahulu selama 3 jam sebelum proses penanaman. Setelah melewati waktu 3 jam Anda sudah bisa memindahkan tanaman cabe ke media tanam hidroponik.

Setelah proses penanaman selesai Anda juga harus merawat tanaman cabe hidroponik dengan menyiramnya rutin setiap hari agar tanaman tidak kekurangan air atau dehidrasi. Lakukan pemupukan dengan pupuk kompos atau pupuk kandang kurang lebih 2-3 kali hingga masa panen.

4 Cara Menanam Cabe Hidroponik (Lengkap beserta gambar dengan deskripsi)

Add Comment