5 Tanaman Buah dalam Pot (teknik perawatan dan tips menanam)

Tanaman Buah dalam Pot – Tanaman buah dalam pot merupakan sebuah alternatif yang hampir setiap orang menggunakannya. Hal yang menjadi sebuah alternatif mulai berkembang menjadi hobi bagi masyarakat. Keadaan ini sangat dirasakan oleh orang-orang perkotaan. Mereka merasa bahwa tidak adanya lagi lahan untuk menanam tanaman buah yang mereka inginkan.

Tanaman yang ditanam dalam pot tidak perlu lahan luas untuk mengaplikasikannya ke dalam lingkungan rumah Anda. Namun, hal yang terlihat mudah seperti ini akan berbalik menyulitkan Anda jika tidak diiringi dengan pemahaman tentang tanaman buah bermedia pot. Penjelasan tersebut dapat Anda pahami dalam tulisan di bawah ini.

Jenis-jenis Tanaman Buah dalam Pot sebagai Hiasan

Berbicara tentang tanaman buah, pasti Anda langsung terpikirkan buah yang enak untuk dimakan saja. Namun, dalam kenyataannya tanaman buah yang ditanam di dalam pot memiliki fungsi tambahan bagi pemiliknya. Fungsi yang dapat Anda ambil dengan mempunyai tanaman tersebut yaitu menghiasi lingkungan rumah Anda.

1. Buah Strawberry

Buah Strawberry

Strawberry merupakan salah satu jenis buah yang dapat ditanam di dalam pot. Strawberry mempunyai rasa yang asam manis dan digemari oleh banyak orang. Buah dengan tampilan warna merah ini mampu mengundang banyak perhatian oleh orang-orang yang melihatnya. Hal ini cocok sekali jika dijadikan hiasan halaman rumah Anda.

Penanaman strawberry tidaklah membutuhkan cara yang rumit. Anda dapat menanam tanaman straberry hanya dengan menyebar biji ataupun membeli bibitnya pada toko pertanian. Selain itu, Anda dapat menanam dengan cara stolon. Setelah itu, tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada suhu dingin termasuk dataran tinggi.

2. Buah Nanas

Buah Nanas

Jenis tanaman lainnya ialah tanaman buah nanas. Banyak orang mengira bahwa tanaman nanas memerlukan media lahan yang lebar untuk menanamnya. Padahal tanaman ini mampu tumbuh di dalam pot. Jika tanaman nanas sudah mulai menampakkan buahnya, maka aura cantik dari tanaman ini mampu menghiasi rumah Anda dengan sangat elegan.

Nanas dapat Anda perbanyak jumlah tanamannya dengan cara vegetatif yang dapat Anda lakukan sendiri. Cara vegetatif tersebut yaitu menggunakan tunas dan juga stek pada batangnya. Selain itu, Anda perlu memerhatikan perawatan tanaman ini agar dapat berkembang dengan cantik.

3. Buah Tomat Cherry

Buah Tomat Cherry

Tomat cherry merupakan jenis tomat yang bentuknya kecil seperti buah cherry. Tomat dengana warnanya yang lebih merah ari tomat biasanya ini sangat menarik untuk Anda jadikan hiasan di area luar rumah. Anda juga dapat menanamnya dalam pot yang tidak terlalu memakan tempat halaman Anda.

Dengan memilikinya, Anda dapat memandanginya untuk penyegaran mata yang sekaligus dapat memakannya secara langsung. Kandungan yang ada di dalam tomat cherry ini sangat mendukung pada kesehatan tubuh Anda. Sedagkan, waktu yang paling tepat untuk mengonsumsi tomat ini ialah setelah sarapan.

Tanaman Buah dalam Pot yang Mudah Berkembang

Perlu Anda ketahui, bahwa tidak semua jenis tanaman buah dapat ditanam di dalam pot. Hal ini bergantung pada kriteria setiap tanaman untuk dapat tumbuh dan berkembang. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir untuk memilih tanaman yang dapat di tanam di pot. Hal ini akan dijelaskan beberapa tanaman buah di dalam pot yang mudah berkembang menghasilkan banyak buah.

1. Buah Tin

Buah Tin

Tanaman buah tin dapat dikenal dengan nama lain sebagai tanaman buah ara. Buah ini memiliki tempat asal yaitu Asia Barat. Namun, buah tin juga dapat tumbuh dan berkembang di Indonesia dengan kesuburannya. Selain itu, Anda dapat menanam tanaman buah tin di dalam pot dengan sangat mudah.

Anda dapat membeli bibitnya di toko pertanian maupun mencangkoknya sendiri dari pohon orang lain. Hal ini nantinya sangat mudah berkembang di tanah Indonesia. Perkembangan yang baik dapat terjadi melalui perawatan yang bagus dan cermat. Perawatan tersebut dapat Anda lakukan dengan cara menyiramnya dengan teratur.

Selain itu, buah tin kaya akan kandungan nutrisi yang melimpah. Nutrisi tersebut antara lain protein, lemak, karbohidrat, vitamin, kalsium, zat besi, dan juga kalium. Dengan banyaknya kandungan nutrisi di dalamnya, maka buah ini akan banyak menyumbangkan manfaatnya untuk kesehatan tubuh pada setiap orang yang memakannya.

2. Tanaman Tomat

Tanaman Tomat

Tomat merupakan salah satu tanaman yang paling sering ditanam oleh masyarakat. Anda dapat dengan gampang menanam tanaman tomat ini ke dalam pot yang ada di rumah Anda. Dalam memulai penanaman, Anda dapat memperoleh bibit tomat tersebut dari biji tomat yang disebar di tanah dalam pot atau dapat membelinya di toko pertanian.

Selain mudah dalam menanamnya di pot, tanaman ini sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Anda dapat memanfaatkan tomat untuk memasak ataupun meminum jus dari tomat tersebut. Selain itu, tomat dapat digunakan sebagai masker wajah untuk menyegarkan kulit wajah Anda.

3. Buah Srikaya

Buah Srikaya

Srikaya merupakan salah satu tanaman buah yang dapat berbuah disepanjang tahunnya. Selain itu, Anda tidak perlu merasa repot menyiapkan lahan yang luas untuk dapat menanamnya. Solusi untuk menanam tanaman ini yaitu dengan menanam tanam srikaya ke dalam pot.

Sebelum Anda memulai untuk menanam tanaman ini di dalam pot, maka Anda perlu memerhatikan bibitnya terlebih dahulu. Bibit yang Anda tanam harus berkualitas. Selain itu, pilihlah bibit yang sudah memunculkan bunga. Hal ini disebabkan, bibit yang telah muncul bunga akan lebih cepat dalam memproduksi buah srikaya tersebut.

Saat Anda sudah memiliki tanaman srikaya dalam pot di rumah Anda, maka hal tersebut sangat menguntungkan Anda. Tanaman buah dalam pot ini mengandung banyak nutrisi di dalamnya. Beberapa nutrisi tersebut yaitu karbohidrat, protein, serat, vitamin C, vitamin B, dan beberapa mineral baik untuk kesehatan Anda.

4. Buah Anggur

Buah Anggur

Anggur adalah buah favorit yang dimakan oleh kebanyakan orang. Jika Anda ingin memiliki tanaman anggur sendiri yang mudah berkembang, maka media pot ini sangat direkomendasikan. Anda dapat menanamnya dengan sangat mudah melalui cara stek dari batangnya. Kemudian, menancapkan hasil stek ini pada tanah dalam pot.

Dalam memilih pot yang akan digunakan, Anda perlu memilih pot yang kuat untuk menyangganya. Selain itu, berilah cagak kayu yang dapat digunakan untuk menopang tanaman ini.

Tanaman buah dalam pot ini dapat berbuah kurang lebih dua kali dalam setahun. Kemudian, saat tanaman ini sudah berkembang menjadi dewasa perlu adanya pemangkasan pada cabang-cabangnya. Hal ini bertujuan untuk memperkokoh batang utama dan juga memunculkan tunas-tunas baru dari cabang tersebut.

Dalam keadaan untuk menghasilkan buah anggur yang siap dimakan, Anda perlu memerhatikan cara pemeliharaannya. Pada tanaman anggur yang mulai tumbuh bunga atau sudah terdapat buah berukuran kecil, jauhkan dari paparan hujan secara langsung. Hal ini dikarenakan siraman hujan tersebut dapat merusak bunga dan buah anggurnya.

5. Buah Semangka

Buah Semangka

Kebanyakan orang mengira bahwa tanaman semangka merupakan tanaman besar yang memerlukan media yang luas dalam menanamnya. Namun, pada kenyataannya tanaman merambat ini dapat Anda tanam dalam pot. Anda cukup menambahkan penyangga yang kuat untuk menopang berat tanaman buah semangka tersebut.

Tanaman buah dalam pot ini sangat menyegarkan halaman rumah Anda sekaligus menyegarkan kerongkongan Anda saat memakan hasil kebun sendiri. Anda hanya perlu memastikan tanaman berapa pada posisi yang banyak terkena sinar matahari. Hal ini akan membantu tanaman dalam mengembangkan buahnya dengan sebaik mungkin.

6. Buah Jambu Biji

Buah Jambu Biji

Tanaman jambu biji pasti sering Anda lihat berukuran besar dan tingginya bisa sampai 10 meter. Namun, seiring perkembangan zaman, tanaman ini dapat Anda tanam dalam pot saja tanpa memikirkan lahan yang luas. Selain cara menanamnya yang sangat mudah, tanaman buah ini dapat menghasilkan buah dengan cepat.

Hal ini tidak akan membuat Anda menunggu sampai lama untuk dapat merasakan buah jambu biji hasil tanam sendiri. Keadaan ini dapat Anda peroleh dengan cara perawatannya yang baik dan benar. Namun, Anda juga perlu memerhatikan jenis bibit yang akan Anda tanam agar hasilnya juga memuaskan.

7. Buah Sawo

Buah Sawo

Tanaman buah sawo merupakan jenis tanaman yang dapat berbuah dengan sering. Tanaman ini dapat berbuah dengan tidak mengenal musim yang ada. Hal tersebut menjadi sebuah keuntungan bagi Anda jika memiliki tanaman buah sawo tersebut.

Tanaman ini dapat Anda tanam dengan mudah di dalam pot. Sehingga, hal tersebut menjadi kemudahan bagi Anda yang sudah tidak memiliki lahan tanah lagi. Dalam mengembangkannya, Anda hanya perlu melakukan perawatan yang cermat. Perawatan tersebut dapat berupa penyiraman dan pemberian pupuk secara teratur.

Selain itu, kandung nutrisi dalam buah sawo ini sangat beranekaragam. Beberapa nutrisi tersebut yaitu protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalsium, zat besi, dan juga fosfor. Dengan Anda memiliki tanaman buah sawo dalam pot sendiri, maka Anda dapat memperoleh berbagai nutrisi tersebut secara mudah dan juga murah.

8. Buah Kiwi

Buah Kiwi

Buah kiwi merupakan salah satu buah yang mengandung banyak serat dan juga kandungan oksidan yang tinggi. Dengan begitu, tidak heran jika buah ini memiliki harga yang tinggi di pasaran. Namun, Anda tidak perlu merasa khawatir akan hal tersebut. Hal ini dikarenakan Anda dapat menanamnya sendiri menggunakan pot.

Anda cukup menyiapkan bibit awalnya terlebih dahulu. Bibit tersebut dapat Anda dapatkan dari membelinya di toko pertanian maupun menyemai biji buah kiwi yang kering. Kemudian, bibit tersebut dapat Anda masukkan ke dalam pot yang sudah berisikan campuran tanah humus dan pupuk. Perawatan selanjutnya yaitu dengan penyiraman dua kali sehari.

Tanaman buah dalam pot ini dapat Anda panen kurang lebih tiga sampai empat bulan setelah penanaman. Namun, hal ini juga dipengaruhi oleh cuaca dan perkembangan dari tanaman tersebut. Dengan begitu, Anda dengan mudah memakan hasil buah kiwi yang sudah dipanen dengan cara yang lebih murah.

Media Tanam Tanaman Buah dalam Pot

Media Tanam Tanaman Buah dalam Pot

Tanah merupakan salah satu media tanam yang paling sering digunakan oleh kebanyakan orang. Begitupun dengan tanaman buah yang ditanam di dalam pot juga membutuhkan tanah sebagai media tanamnya. Namun, kriteria tanah di dalam pot tersebut haruslah banyak memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh tumbuhan.

Kandungan yang harus tersedia di dalam tanah yaitu unsur hara. Unsur hara merupakan sumber makanan bagi tumbuhan untuk melangsungkan hidupnya. Ketersediaan ari unsur hara ini pada tanah akan menentukan hasil buah yang berkembang. Akan tetapi, tanaman buah yang ditanam di dalam pot ini perlu mendapatkan asupan unsur hara yang lebih banyak.

Hal ini berbeda dengan tanaman yang langsung ditanam di tanah terbuka. Tanaman akan lebih mudah dan bebas untuk mencari nutrisi melalui akar-akar yang menembus tanah. Dengan pemahaman ini, Anda dapat mengontrol ketersediaan unsur hara pada tanah dengan memberinya pupuk organik tambahan.

Selain itu, media tanam ini haruslah miliki sifat porus. Porus merupakan keadaan yang dapat mengalirkan air agar tidak terjadi genangan air pada tanaman. Hal tersebut dapat dijaga dengan memelihara kandungan bahan organik tanah di dalamnya.

Teknik Perawatan Tanaman Buah dalam Pot

Dalam menumbuh kembangkan tanaman, Anda sangat perlu memerhatikan mekanisme perawatan dalam tanaman tersebut. Perawatan ini sangat memengaruhi tanaman untuk menghasilkan buah yang optimal untuk didapatkan. Oleh sebab itu, Anda perlu memahami dan menambah pengetahuan tentang perawatan tanaman buah dalam pot dengan benar.

1. Lakukan Penyiraman Sesuai Porsi Tanaman

Lakukan Penyiraman Sesuai Porsi Tanaman

Salah satu teknik perawatan yang dapat Anda lakukan yaitu tentang penyiraman tanaman. Seperti halnya tanaman yang ditanam di lahan bebas, tanaman yang ditanam di dalam pot ini memerlukan penyiraman secara rutin. Anda dapat melakukan penyiraman ini dengan menggunakan selang. Namun, Anda juga harus memerhatikan porsi air yang disiramkan untuk beberapa jenis tanaman.

2. Lakukan Pemangkasan secara Teratur

Lakukan Pemangkasan secara Teratur

Setelah teknik penyiraman, maka hal selanjutnya yaitu pada kegiatan pemangkasan. Pemangkasan tumbuhan dilakukan dengan tujuan untuk merapikan dahan pada tanaman tersebut. Selain itu, pemangkasan berfungsi untuk meratakan pendapatan sinar matahari pada setiap bagian tanaman tersebut. Hal ini agar semua tanaman dapat terkena cahaya matahari secara langsung.

3. Pemberian Pupuk secara Rutin

Pemberian Pupuk secara Rutin

Selanjutnya yaitu tentang pemupukan yang dapat dilakukan secara teratur. Pemberian pupuk secara teratur ini sangat penting untuk kelangsungan hidup dari tanaman ini. hal ini dilakukan untuk menjaga kandungan unsur hara di dalam tanah dapat terus terpenuhi. Anda dapat memeberikn pupuk ini sejak satu bulan setelah tanaman buah di tanam di dalam pot.

Selain itu, perawatan yang penting untuk Anda lakukan adalah tentang penggantian media tanam. Penggantian media tanam berupa pot ini dapat Anda lakukan saat tumbuhan sudah mulai berkembang besar. Hal ini berfungsi untuk menciptakan ruang tambahan bagi tanaman untuk tumbuh lagi dan juga mengganti asupan nutrisi dengan tanah yang baru.

Tips Menanam Tanaman Buah dalam Pot agar Berhasil

Menanam buah di dalam pot merupakan sesuatu yang sangat mudah untuk dilakukan setiap orang. Namun, tidak semua tanaman yang Anda tenam tersebut dapat berhasil tanpa melakukan tips menanam yang benar. Hal ini dapat Anda pahami dengan membaca penjelasan di bawah ini.

1. Pemilihan Bibit Berkualitas

Pemilihan Bibit Berkualitas

Hal utama sebelum menanam tanaman buah dalam pot adalah memastikan bibit yang Anda pilih. Anda perlu memilih bibit tanaman ini sesuai dengan iklim yang cocok untuk tanaman tersebut. Selain itu, tanaman dengan kecocokan untuk berada di wilayah dataran tinggi jangan sampai Anda tanam di dataran rendah yang panas. Hal ini sangat berpengaruh terhadap keberhasilan tanaman.

Sementara itu, bibit yang Anda ingin tanam juga harus berasal dari tempat terpercaya. Anda dapat membeli bibit tersebut pada toko pertanian yang memiliki kualitas sangat baik serta terdapat jaminan terhadap keaslian dari bibit tersebut. Dengan begitu, keberhasilan dari tanaman buah yang akan ditanam di dalam pot akan semakin besar.

2. Penyiapan Media Tanam yang Cocok

Penyiapan Media Tanam yang Cocok

Setelah itu, tentang media tanam juga perlu Anda perhatikan. Hal ini karena berhubungan juga dengan nutrisi yang ada di dalam media tanam tersebut. Media tanam yang bagus untuk diaplikasikan pada tanaman dalam pot yaitu hasil campuran dari tanah, pupuk, dan berbagai bahan lain yang bisa ditambahkan.

3. Menata Posisi untuk Pemberian Sinar Matahari yang Cukup

Menata Posisi untuk Pemberian Sinar Matahari yang Cukup

Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan tentang penyinaran yang baik untuk semua tanaman buah dalam pot yang Anda miliki. Hal tersebut disebabkan karena sinar matahari merupakan sumber utama dalam pembuatan makan di dalam tumbuhan. Anda dapat memposisikan letak tanaman sebaik mungkin sehingga nantinya mendapat sinar yang cukup.

Setelah Anda memahami isi dari artikel ini, Anda dapat menambah wawasan tentang tanaman buah dalam pot. Ada banyak jenis tanaman yang dapat Anda pilih untuk ditanam dalam pot. Selain itu, Anda akan lebih paham mengenai cara perawatan tanaman tersebut tanpa harus khawatir gagal dalam mengembangkannya.

5 Tanaman Buah dalam Pot (teknik perawatan dan tips menanam)

Add Comment