5 Tanaman Jeruk (Kandungan, macam-macam, khasiat, dan cara budidaya)

Tanaman Jeruk – Jeruk merupakan salah satu tanaman buah-buahan yang masih satu marga dari suku Rutaceae atau suku berbagai macam jeruk. Ya, di Indonesia sendiri memang terdapat berbagai jenis atau macam jeruk yang dibudidaya oleh para petani buah-buahan. Sebab, harga jual dari buah jeruk ini juga cukup tinggi, serta cara budidaya tanaman jeruk pun juga tidak terlalu sulit.

Buah jeruk ini memang dikenal sebagai salah satu jenis buah yang kaya akan vitamin C. Sehingga, untuk Anda yang mengalami gangguan kesehatan dikarenakan kurang mengkonsumsi vitamin C, maka Anda dapat mengkonsumsi buah jeruk secara rutin tiap harinya.

Ini Dia Kandungan Zat Yang Ada Pada Buah Jeruk

Ini Dia Kandungan Zat Yang Ada Pada Buah Jeruk

Beberapa orang memang telah mengerti bahwa buah jeruk ini mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Ya, vitamin C yang terkandug dalam buah jeruk ini memiliki kadar sekitar 50% dari berat buahnya. Namun, tahukah Anda bahwa buah jeruk ini tidak hanya kaya akan vitamin C saja ?

Memang selain kaya akan vitamin C, buah jeruk ini juga kaya akan karbohidrat dan serat untuk memenuhi energi dalam tubuh. Lalu, buah jeruk juga kaya akan vitamin B1 (asam thiamin), vitamin B9 (asam folat), zat potassium yang berfungsi untuk menurunkan tekanan gula darah dalam tubuh, dan juga mengandung mineral yang berguna untuk memelihara kesehatan jantung.

Jadi, dengan mengkonsumsi buah jeruk setiap harinya ini dapat membantu Anda untuk mencukupi kebutuhan vitamin dalam tubuh dan juga berguna untuk memeliharan organ tubuh Anda, terutama jantung dan peredaran darah.

Macam-Macam Tanaman Jeruk Yang Ada Di Indonesia

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa macam buah jeruk yang dapat Anda temukan di berbagai daerah di Indonesia. Rata-rata, buah jeruk yang ada di Indonesia ini memiliki karakteristik rasa yang cukup manis dan sedikit asam. Maka dari itu, ini dia beberapa jenis tanaman jeruk yang hidup dan juga dibudidaya di Indonesia. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis

Biasanya, buah jeruk ini kulitnya berwarna kuning ataupun oranye. Namun, jeruk nipis ini justru memiliki warna kulit yang berbeda. Ya, jeruk nipis ini kulitnya berwarna hijau kekuningan dan juga berbentuk lonjong ataupun oval dengan bagian atasnya tampak meruncing.

Jeruk nipis ini menjadi jenis jeruk yang sangat kaya akan kandungan vitamin C. Sekitar 50% dari dari berat total jeruk nipis ini mengandung vitamin C. Akan tetapi, buah jeruk ini tidak bisa Anda konsumsi. Anda hanya dapat menggunakan jeruk nipis ini untuk diambil sari-sari airnya saja.

Air sari-sari jeruk nipis tersebut dapat Anda gunakan sebagai campuran masker wajah, sebagai obat untuk mengatasi sariawan ataupun panas dalam, hingga dapat dijadikan sebagai bahan baku pembuatan obat herbal alami.

2. Jeruk Bali

Jeruk Bali

Tahukah Anda bahwa jeruk Bali ini bukanlah jenis jeruk endemik dari pulau tersebeut ? Ya, di Negara lain, jeruk Bali ini dikenal dengan dama Pomelo. Jeruk Bali ini memang memiliki ukurang yang lebih besar dibandingkan dengan varian jeruk yang ada di Indonesia. Rasa dari jeruk Bali ini memang juga cukup enak untuk Anda konsumsi.

Umumnya, rasa jeruk Bali ini didominasi dengan rasa manis. Namun, Anda juga akan merasakan rasa asam ketika mengkonsumsi jeruk Bali. Sebab, kandungan vitamin C ini menimbulkan rasa asam dan rasa manis tersebut diperoleh dari kandungan glukosa.

Mengkonsumsi jeruk Bali ini juga sangat baik untuk tubuh Anda. Ya, selain terdapat kandungan vitamin C dan juga glukosa, jeruk Bali ini juga mengandung zat likopen yang berguna sebagai zat antioksida guna mencegah masuknya radikal bebas dalam tubuh.

3. Jeruk Purut

Jeruk Purut

Jeruk purut ini sekilas hampir mirip dengan karakteristik dari jeruk nipis. Ya, kedua jenis tanaman jeruk tersebut tidak bisa Anda konsumsi dengan cara dimakan. Lalu, rasa buah jeruk tersebut di dominasi rasa asam, serta kaya akan kandungan vitamin C.

Akan tetapi, jeruk purut ini lebih kecil dan memiliki kulit jeruk yang lebih keriput dibandingkan denn jeruk nipis. Rata-rata, beberapa orang menggunakan jeruk purut ini sebagai bumbu masakan dan juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan obat herbal alami.

4. Jeruk Siam

Jeruk Siam

Jeruk siam adalah jenis buah jeruk yang dapat Anda temui dengan mudah di pasar tradisional maupun pasar swalayan. Rata-rata, petani jeruk di Indonesia ini membudidayakan jeruk siam, karena jenis jeruk ini banyak dibutuhkan. Ya, beberapa produsen minuman rasa jeruk ini selalu menggunakan jeruk siam sebagai bahan baku utama.

Warna kulit jeruk siam ini didominasi oleh warna kuning kehijauan. Selain itu, Anda dapat memakan daging buah dari jeruk siam yang di dominasi oleh air. Untuk rasa dari jeruk siam ini terkadang berbeda-beda pada tiap buah.

Terkadang, Anda akan mendapati rasa manis dalam satu buah. Namun, ketika Anda makan buah jeruk siam lain, maka Anda akan mendapati rasa yang asam. Hal tersebut menunjukkan kandungan dalam buah jeruk siam itu sendiri.

Bila di dominasi  rasa manis, maka jeruk siam tersebut mengandung glukosa yang cukup tinggi. Sedangkan, apabila rasa asam yang mendominasi, maka buah jeruk tersebut kaya akan vitamin C

5. Jeruk Lemon

Jeruk Lemon

Jeruk lemon merupakan salah satu dari jenis jeruk yang hidup dan diibudidaya di Indonesia. Jeruk lemon ini memiliki kulit berwarna kuning cerah. Selain itu, kandungan dari vitamin C dari jeruk lemon ini juga cukup besar, yakni sekitar 30% dari berat total buah lemon tersebut.

Itulah beberapa jenis jeruk yang hidup dan dibudidayakan oleh para petani buah di Indonesia. Rata-rata, para petani di Indonesia ini memilih untuk membudidayakan jeruk siam. Sebab, jeruk siam ini sangat tinggi peminatnya.

Sebab, beberapa instansi perusahaan ini membutuhkan suplai jeruk siam yang cukup banyak. Karena, jeruk siam tersebut digunakan sebagai bahan baku pembuatan produk tertentu yang menggunakan perisai rasa buah jeruk.

Khasiat Utama Dari Tanaman Jeruk

Siapa yang tidak tahu akan khasiat dari buah jeruk ini. Bagi beberapa orang, buah jeruk ini dapat digunakan untuk berbagai macam hal, mulai dari mengobati penyakit hingga digunakan untuk memelihara kesehatan tubuh. Maka dari itu, iniah beberapa khasiat utama dari buah jeruk yang perlu untuk Anda ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Mengatasi Masalah Sembelit

Mengatasi Masalah Sembelit

Biasanya, orang yang mengalami masalah sembelit atau susah buang air besar (BAB), ini memilih untuk mengkonsumsi buah jambu. Sebab, kandungan serat dalam buah jambu memang cukup besar, sehingga dapat mengatasi masalah sembelit.

Namun ternyata, dengan mengkonsumsi buah jeruk pun juga dapat mengatasi masalah sembelit yang tengan Anda alami. Kandungan serat dalam buah jeruk pun juga setara dengan kandungan serat dalam buah jambu. Sehingga, buah jeruk juga disarankan untuk dikonsumsi bagi Anda yang tengah mengalami sembelit akut.

2. Menstabilkan Tekanan Darah

Menstabilkan Tekanan Darah

Salah satu gangguan dalam tubuh manusia yang sangat berbaya apabila tidak dicegah adalah gangguan tekanan darah. Ya, tekanan darah ini dapat menyebabkan Anda mengalami hipertensi (darah tinggi) ataupun hipotensi (darah rendah). Sehingga, bagi Anda yang ingin tekanan darahnya stabil, maka Anda dapat mengkonsumsi buah jeruk secara teratur.

Mengapa harus mengkonsumsi buah jeruk ? Sebab, di dalam kandungan buah jeruk ini kaya akan  zat magnesium dan zat flavonoid. Kedua zat tersebut dipercaya mampu menstabilkan tekanan darah Anda. Sehingga, Anda terhindar dari masalah tekanan darah yang dapat berujung pada komplikasi.

3. Menstimulus Kekebalan Tulang dan Gigi

Menstimulus Kekebalan Tulang dan Gigi

Dalam kandungan buah jeruk ini, terdapat salah satu zat yang sangat dibutuhkan untuk tulang dan juga gigi Anda. Ya, buah jeruk ini memang kaya akan zat kalsium dan juga vitamin D.. Kedua zat tersebut berguna untuk menstimulus kekebalan tulang. Khususnya bagi tulang anak-anak.

Selain itu, tanaman jeruk ini juga dapat merawat gusi dan gigi Anda dari berbagai masalah seperti gigi keropos, korosi, dan juga bagu mulut. Sebab, buah jeruk memang dikenal sebagai “sumber” dari vitamin C.

Nah, vitamin C tersebut berguna untuk melindungi gigi dari plak yang menempel pada gigi, memperkuat jaringan pembulu darah pada gigi, hingga berguna untuk mematikan bakteri jahat yang menyebabkan mulut Anda bau.

4. Mengatasi Penyakit Asma

Mengatasi Penyakit Asma

Ternyata, buah jeruk pun juga dapat mengatasi penyakit asma. Sebab, dalam kandungan buah jeruk tersebut memang terkandung zat anti inflamasi, yang mana zat tersebut dapat membantu melonggarkan saluran napas.

Dan juga, buah jeruk ini mengandung zat flavonoid yang juga berguna untuk mengurangi sensitivas bronkial, yang mana sensitivas bronkial ini adalah salah satu hal yang dapat memicu seseorang terkena penyakit asma.

5. Mencegah Penyakit Ginjal

Mencegah Penyakit Ginjal

Khasiat lainnya dari buah jeruk adalah mampu mencegah penyakit ginjal. Ya, penyakit ginjal adalah salah satu penyakit berbahaya. Sehingga, Anda wajib menjaga kesehatan tubuh agar tidak terkena berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit ginjal.

Nah, dalam kandungan buah jeruk ini, terdapat kandungan serat dan juga zat flavonoid

yang cukup tinggi. Sehingga, kedua zat tersebut mampu meluruhkan asam sitrat yang ada di dalam urine. Ya, asam sitrat adalah penyebab penyakit ginjal. Jadi, dengan luruhnya asam sitrat di dalam urine ini, tentu saja dapat menghindarkan Anda dari penyakit ginjal.

6. Mencegah Kanker Dan Penyakit Jantung

Mencegah Kanker Dan Penyakit Jantung

Buah jeruk ini juga mampu mencegah masuknya sel kanker dalam tubuh dan juga mampu melindungi jantung Anda. Ya, salah satu penyakit terganas di dunia adalah penyakit kanker serta serangan jantung secara tiba-tiba.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang telah berusia lanjut, maka Anda disarankan untuk mengkonsumsi buah jeruk secara teratur setiap harinya. Sebab, dalam kandungan buah jeruk tersebut terdapat zat antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas penyebab tumbuhnya sel kanker.

Selain itu, dengan banyaknya kandungan vitamin C dalam buah jeruk, ini juga bergunauntuk melindungi dan menyehatkan jantung Anda. Sehingga, Anda pun terbebas dari tumbuhnya sel kanker dalam tubuh serta terhindar dari serangan jantung secara tiba-tiba.

7. Merawat Kulit Wajah

Merawat Kulit Wajah

Bagi para wanita yang ingin memiliki kulit wajah yang halus, bersinar, dan tidak keriput. Maka, Anda dapat menggunakan tanaman jeruk sebagai masker wajah.Ya, bukan rahasia lagi bila buah jeruk ini memang kaya akan zat yang berfungsi untuk merawat kulit wajah, menutup pori-pori wajah, hingga mengencangkan kulit wajah.

Jadi, bagi para wanita yang ingin tampil cantik dengan wajah yang halus dan bersinar, maka Anda dapat menggunakan buah jeruk ini sebagai masker wajah. Caranya adalah dengan mengoleskan air perasan buah jeruk ke muka Anda.

Dan kemudian tunggu hingga air perasan buah jeruk meresap ke kulit wajah. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Silahkan menggunakan masker buah jeruk secara rutin agar mendapatkna hasil yang maksimal.

Itulah beberapa khasiat utama dari buah jeruk yang perlu untuk Anda pahami. Jadi, untuk Anda yang tengah mengalami masalah pada tubuh atau ingin memelihara kesehatan tubuh dan wajah Anda, maka Anda dapat memanfaatkan buah jeruk yang kaya akan zat, vitamin, dan antioksidan.

Cara Budidaya Tanaman Jeruk

Setelah membahas tentang khasiat utama dari buah jeruk, maka kali ini kami juga akan membahas tata cara budidaya buah jeruk. Budidaya tanaman jeruk ini boleh dibilang sedikit sulit. Sebab, buah jeruk ini hanya dapat dipanen pada bulan-bulan tertentu, yakni di awal musim penghujan (bulan Oktober sampai Bulan Desember) saja.

Oleh sebab itu, pastikan bahwa Anda hanya menanan buah jeruk di awal musim penghujan saja. Sebab, apabila Anda menanam buah jeruk di musim kemarau, kemungkinan besar tanaman jeruk yang Anda tanam tidak akan dapat dipanen.

Maka dari itu, inilah beberapa tahapan dalam membudidayakan buah jeruk. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Tentukan Lokasi Pembibitan

Tentukan Lokasi Pembibitan

Langkah pertama sebelum Anda menanan buah jeruk adalah menentukan lokasi pembibitan. Ya, dalam tahap penentuan lokasi ini juga wajib untuk Anda perhatikan. Sebab, apabila lokasi pembibitan buah jeruk ini kerap dilalui angin dengan kecepatan tinggi, maka buah jeruk tidak akan dapat tumbuh dan dipanen.

Sebab, lahan pembibitan yang kerap dilalui angin kencang ini dapat membuat buah jeruk cepat rontok sebelum memasuki tahap panen. Oleh sebab itu, tentukan lokasi pembibitan yang tidak terlalu kencang anginnya.

2. Memilih Bibit Jeruk

Memilih Bibit Jeruk

Langkah keddua adalah memilih bibit jeruk. Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih bibit jeruk ini adalah, silahkan memilih bibir jeruk yang dapat dijual dengan harga tinggi di pasaran. Selain itu, untuk menghindari gagal panen tanaman jeruk, maka Anda harus selektif dalam memilih bibit jeruk unggulan.

Pastikan bahwa bibit jeruk yang Anda pilih terbebas dari hama, memiliki akar serabut yang cukup banyak, hingga bibit jeruk tersebut harus mirip dengan indukannya. Apabila Anda selektif dalam memilih bibit jeruk yang akan Anda tanam, maka hasil panen buah jeruk ini diprediksi akan berhasil dan sukses.

3. Cara Menanam Bibit Jeruk

Cara Menanam Bibit Jeruk

Setelah Anda menentukan bibit jeruk yang akan ditanam, maka langkah terakhir adalah cara menanam bibit jeruk. Cara menanam bibit jeruk ini juga tidak terlalu susah. Langkah pertama adalah, silahkan gali lubang untuk menanam bibit jeruk sedalam 30×30 cm. Setelah itu, beri jarak sekitar 5×5 meter untuk menanam bibit jeruk selanjutnya.

Sebelum bibit dimasukkan dalam lubang yang Anda gali, silahkan Anda masukkan pupuk kandang yang dicampur dengan pupuk NPK dan tanah secukupnya. Masukkan campuran pupuk tersebut ke dalam lubang yang Anda gali.

Setelah itu, silahkan Anda masukkan bibit jeruk dan kemudian urug dengan tanah hingga bibit jeruk tidak bergoyang. Yang perlu Anda perhatikan adalah, jangan langsung menyiram bibit jeruk terlebih dahulu. Silahkan tunggu hingga kondisi tanah telah mengering baru Anda dapat menyiram bibit jeruk dengan  air.

Cukup mudah memang menanam tanaman jeruk ini. Yang perlu Anda perhatikan adalah, perhatikan buah jeruk ini dapat dibudidaya pada bulan apa saja dan juga selalu selektif dalam memilih bibit jeruk unggulan, agar hasil panen dapat maksimal.

Benarkah Ada dampak Buruk Mengkonsumsi Buah Jeruk Secara Berlebih ?

Benarkah Ada dampak Buruk Mengkonsumsi Buah Jeruk Secara Berlebih ?

Memang, mengonsumsi makanan secara berlebih ini tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan. Meskipun makanan tersebut mengandung beberapa vitamin dan juga zat-zat yang baik untuk tubuh, namun bila dikonsumsi secara berlebihan pun juga memiliki efek samping.

Nah, mengkonsumsi buah jeruk secara berlebih pun juga tidak disarankan oleh beberapa ahli gizi. Sebab, Anda dapat mengalami masalah kesehatan bila terlalu banyak makan jeruk.

Salah satunya adalah mulas dan mual. Mengapa demikian ? Sebab, kandungan serat dalam buah jeruk ini sangat tinggi, sehingga dapat menyebabkan perut Anda mual dan mulas. Karena dalam tubuh Anda terlalu banyak serat.

Tanaman jeruk memang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Sebab, kandungan zat dan juga vitamin dalam jeruk tersebut banyak dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, buah jeruk di Indonesia pun juga sangat bermacam-macam jenisnya.

Meskipun kaya akan zat dan vitamin, namun tetap saja Anda dilarang untuk mengkonsumsi buah jeruk secara berlebih. Sebab, apabila Anda mengkonsumsi tanaman jeruk secara berlebih, maka Anda dapat mengalami gangguan kesehatan seperti mual dan perut mulas.

5 Tanaman Jeruk (Kandungan, macam-macam, khasiat, dan cara budidaya)

Add Comment