15 Jenis Tanaman Hias Gantung (Ciri-ciri, manfaat dan media tanam)

Tanaman Hias Gantung – Tanaman hias memiliki banyak ragamnya mulai dari daun hias, tanaman gantung hingga tanaman gantung. Pada umumnya, tanaman hias gantung akan diletakkan di depan dan samping rumah guna menambahkan sisi estetika rumah juga untuk membuat rumah lebih asri dan segar. Terdapat beragam jenis tanaman gantung yang bisa Anda pilih. Apa sajakah itu? Simak ulasan berikut!

Apa itu Tanaman Hias Gantung?

Apa itu Tanaman Hias Gantung?

Tanaman hias gantung merupakan jenis tanaman hias yang cara letakknya digantung. Tanaman hias ini diletakkan pada pot kecil kemudian diletakkan menggantung dengan tali. Bagi orang yang rumahnya tidak lerlalu luas dan ingin suasana rumah tetap asri, biasanya tanaman gantung ini menajdi alternatifnya. Selain tidak memakan tempat, perawatan tanaman gantung juga cenderung mudah.

Ada banyak jenis tanaman hias yang bisa menjadi tanaman gantung baik berupa daun hias maupun tanaman gantung. Anda bisa memilih sesuai dengan selera dan kebutuhan. Ada yang hanya memanjakan pemandangan visual, namun juga ada yang memberikan manfaat kesehatan. Harga tanaman gantung juga sangat bervariasi mulai dari yang puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Ciri Tanaman Hias Gantung

Ciri Tanaman Hias Gantung

Setiap tumbuhan memiliki keistimewaan dan ciri yang berbeda-beda. Namun dalam jenis tanaman gantung, terdapat ciri umum yang bisa Anda tandai. Berikut beberapa ciri umum yang harus diketahui dari tanaman gantung, diantaranya yakni:

1. Tumbuh merambat
2. Pertumbuhan tidak terlalu lebat dan cenderung lamban
3. Tanaman yang digantung akan jatuh dan menutupi pot sehingga telrlihat elegan
4. Tidak tahan terhadap paparan sinar matahari yang berlebih
5. Daun tanaman gantung cenderung berukuran kecil

Manfaat Tanaman Hias Gantung Bagi Kesehatan

Tanaman hias gantung tidak hanya memberikan nuansa sejuk dan indah, tetapi juga memberikan banyak manfaat bagi kehidupan khususnya dalam hal kesehatan. Tidak heran jika jenis tanaman gantung tertentu selalu Anda temui di beberapa rumah. Berikut manfaat dari tanaman gantung, diantaranya:

1. Ruangan lebih terasa segar

Ruangan lebih terasa segar

Sudah pasti dijamin saat Anda membuat tanaman gantung di depan rumah akan membuat udara disekitarnya lebih segar dan sehat. Adanya tanaman gantung ini akan menyerap karbondioksida yang ada untuk melakukan proses fotosintesis. Selanjutnya akan menghasilkan oksigen baru sehingga ruang di sekitarnya segar kembali.

2. Penghilang stress

Penghilang stress

Tanaman gantung yang unik dan berwarna-warni juga akan memberikan suasana yang cria sehingga menghindarkan diri dari rasa stress. Selainbentuk visual yang indah, adanya oksigen baru baru tanaman juga membuat suasana lebih rileks.

3. Menjauhkan dari Migrain

Menjauhkan dari Migrain

Sakit kepala uga bisa disebabkan oleh ruangan yang tidak bersih dan mengandung banyak karbondioksida. Maka, jika Anda membuat tanaman gantung, sirkulasi udara yang ada juga semakin baik sehingga akan meminimalisir sakit kepala

4. Obat batuk

Obat batuk

Beberapa jenis tanaman hias gantung juga berkhasiat untuk kesehatan seperti eucalyptus. Salah satu khasiat dari tanaman ini adalah sebagai obat batuk yang ampuh. Selain sebagai obat batuk, juga berkhasiat untuk melegakan tenggorokan dan penapasan Anda.

5. Meredakan hidung tersumbat

Meredakan hidung tersumbat

Sama halnya dengan batuk, eucalyptus juga berfungsi untuk meredakan hidung tersumbat. Tanaman gantung ini bisa didapatkan dengan mudah dan cara perawatnnya pun tergolong sederhana. Jika ingin memnafaatkannya sebagai obat, Anda harus meminum air rebusan eucalyptus.

6. Aroma terapi

Aroma terapi

Manfaat dari beberapa jenis tanaman gantung juga bisa digunakan sebagai aroma terapi. Pilihlah tanaman dengan bau yang harum dan menyegarkan sehingga bisa merelaksasi tubuh dengan baik. Salah satu contoh tanaman gantung aroma terapi adalah lavender.

7. Membasmi Bakteri

Membasmi Bakteri

Beberapa tanaman hias gantung juga bermanfatat untuk membasmi bakteri. Hal ini karena proses penyerapan zat berbahaya di udara oleh daun-daun tanaman gantung. Semakin banyak tanaman gantung yang menghiasi rumah Anda , maka udara juga semakin bersih.

8. Meningkatkan nafsu makan

Meningkatkan nafsu makan

Salah satu tanaman gantung yang bisa digunakan sebagai menumbuhkan nafsu makan adalah kunyit. Jenis tanaman ini tidak hanya ditanam di lahan pekarangan toga, tetapi Anda juga bisa menanamnya menggunakan pot gantung

9. Menyegarkan dan menyehatkan mata

Menyegarkan dan menyehatkan mata

Beberapa tanaman gantung seperti mawar bisa digunakan sebagai penyegar mata. Selain memiliki warna yang cantik, tanaman gantung ini juga bisa untuk kesehatan mata. Caranya sangat mudah yakni rendam bunga mawar dengan air bersih kemudian teteskan air rendaman ke mata. Tutup mata beberapa saat dan ketika mata terbuka sudah pasti akan lebih segar.

Ragam Jenis Tanaman Hias Gantung

Tanaman hias gantung sangat berfungsi untuk mempercantik rumah Anda khususnya rumah berlahan sempit. Tanaman gantung bisa berupa bunga dan daun dengan keindahan dan keunikan masing-masing. Ada berbagai ragam jenis tanaman gantung yang bisa dipilih

Ragam jenis tanaman gantung memang sangat banyak baik di Indonesia sendiri maupun di luar negeri. Setidaknya terdapat 15 jenis tanaman gantung yang bisa Anda tanam dan budidayakan di rumah. Apa sajakah itu? Mari simak ulasannya dibawah ini!

1. Tanaman Hias Gantung Lavender

Tanaman Hias Gantung Lavender

Tidakkah bunga lavender asing di telinga? Bunga ini memiliki tampilan yang cantik dengan warna ungu yang menyala. Bunga lavender juga dikenal ampuh dalam mengusir nyamuk di rumah. Para pedagang bunga lavender akan sangat laku keras saat memasuki musim hujan karena para pembeli hendak menanamnya untuk mengusir nyamuk dirumah.

2. Tanaman Hias Gantung Anggrek

Tanaman Hias Gantung Anggrek

Anggrek merupakan tanaman yang sering kita jumpai di halaman rumah. Tanaman hias gantung ini memiliki ragam jenis yang berbeda dengan pilihan warna yang banyak. Warna bunga anggrek yang paling banyak ditemui adalah putih, merah, ungu, kuning. Ada pula warna biru yang cukup langka dan berpotensi untuk dibudidayakan.

3. Tanaman Hias Gantung Begonia

Tanaman Hias Gantung Begonia

Tanaman gantung jenis bunga ini hampir seperti bunga mawar. Bunga begonia mampu tumbuh di wilayah subtropis dan tropis sehingga sangat mudah dalam perawatannya. Agar tanaman gantung ini tetap tumbuh subur dan menghasilkan bunga yang cantik, pastikan untuk menyiraminya setiap hari sesuai kebutuhan.

4. Tanaman Hias Gantung Black eyed sussan vine

Tanaman Hias Gantung Black eyed sussan vine

Tanaman gantung ini cukup populer di masyarakat karena mudah dalam perawatannya. Bunga cantik ini berwarna dengan dengan semua sisi bunga yang dikelilingi daun hijau kecil. Nama lain dari tanaman gantung ini adalah thunbergia alanta.

5. Tanaman Hias Gantung Bowiea Volubilis

Bowiea Volubilis

Tanaman bowiea merupakan jenis tanaman bawang-bawangan yang sangat cocok digunakan untuk tanaman hias gantung. Bentunya mungil, unik dan perawatannya juga sederhana dan mudah. Hal ini menjadikan tanaman bowiea banyak disukai pecinta tanaman hias.

6. Tanaman Hias Gantung Geranium

Tanaman Hias Gantung Geranium

Geranium adalah salah satu jenis tanaman gantung hias yang populer di masyarakat. Tanaman ini memiliki warna merah mencolok sehingga sangat cocok untuk digantung di depan rumah. Warna yang indah ini akan membantu Anda lebih rileks sehingga terhindar dari sakit kepala dan stress. Ada banyak jenis geranium yang bisa Anda pilih karena spesiesnya mencapai 200 lebih.

7. Tanaman Hias Gantung Lantana

Tanaman Hias Gantung Lantana

Jika Anda ingi jenis tanaman hias gantung dari negara Amerika, Anda bisa memilih lantana. Tanaman ini mampu menghasilkan nectar sehingga akan manarik perhatian kupu-kupu untu datang kerumah Anda.

8. Tanaman Hias Gantung Zygo kaktus

Tanaman Hias Gantung Zygo kaktus

Kaktus memiliki ragam jenis yang sangat banyak, salah satu jenis kaktus yang bisa menjadi tanaman gantung adalah zygo kaktus. Tanaman ini sebaiknya diletakkan di tempat dengan kelempaban tinggi dan sinar matahari yang cukup. Zygo kaktus tergolong tanaman dengan pertumbuhan lambat, tetapi Anda akan puas saat bunga zygo mulai mekar.

9. Tanaman Hias Gantung Portulaca

Tanaman Hias Gantung Portulaca

Portulaca bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk tanaman gantung Anda. portulaca memiliki bentuk visual yang cantik dan unik sehingga akan memanjakan mata yang memandangnya. Sama seperti zygo kaktus, bunga ini tergolong tanaman yang pertumbuhannya lamban.

10. Million bells

Million bells

Tanaman gantung hias asli Amerika bernama Million bells juga bisa menjadi pilihan Anda untuk mempercantik rumah. Tanaman ini memilikiragam warna yang banyak yakni pink, kuning, ungu, biru, dan merah. Selain mempercantik ruang depan, udara di sekitarnya juga akan terasa lebih sejuk.

11. Tanaman Hias Gantung Sedum Morganianum

Tanaman Hias Gantung Sedum Morganianum

Tanaman hias gantung lainnya yang bisa Anda pilih untuk ruang depan adalah sedum morganianum. Tanaman ini hampir seperti kaktus yang tidak banyak membutuhkan air. Untuk membuat pertumbuhannya tetap bagus dan berjalan baik, Anda harus menempatkannya di tempat yang banyak sinar mataharinya.

12. Tanaman Hias Gantung Bunga Lipstik

Tanaman Hias Gantung Bunga Lipstik

Tanaman gantung hias unik yang bisa Anda tanam dirumah adalah bunga lisptik. Terdapat beberapa pilihan warna yang bisa Anda pilih yakni merah, oranye, kuning dan pink. Soal merawatnya, tanaman ini tidak membutuhkan perawatan khusus.

13. Tanaman Hias Gantung Petunia

Tanaman Hias Gantung Petunia

Salah satu tanaman hias gantung favorit masyarakat adalah petunia. Perawatan petunia tergolong mudah dan murah sehingga banyak diburu masyarakart. Anda cukup memberikan menyiraminya setiap hari dan meletakkannya di tempat yang menjangkau sinar matahari masuk.

14. Tanaman Hias Gantung Lobelia

Tanaman Hias Gantung Lobelia

Bunga lobelia banyak dijadikan sebagai tanaman hias gantung depan rumah karena warnanya yang cantik dan bentuknya yang unik. Warna dari bunga lobelia mulai dari biru, putih, ungu, pink hingga merah menyala. Jika bunga sedang mekar, pemandangan depan rumah Anda dijamin sangat cantik dan menarik.

15. Tanaman Hias Gantung Jenggot putih

Tanaman Hias Gantung Jenggot putih

Seperti nama yang tersemat pada tanaman ini, jenggot putih berupa bunga yang menggerombol layaknya jenggot. Warna dari tanaman ini adalah putih bersih. Tanaman ini tunbuh menjuntai ke bawah sehingga terlihat indah dan cantik.

Media Tanam Untuk Tanaman Hias

Tanaman hias gantung bisa tumbuh subur dan baik jika menggunakan media tanam yang tepat. Penggunaan media tanam yang digunakan didasarkan pada jenis tanaman, wilayah dan kondisi alam sekitar. Berikut ini beberapa media tanam tanaman hias yang banyak digunakan, diantaranya yakni:

1. Humus

Humus

Humus merupakan salah satu media tanam organik yang bisa Anda gunakan. Humus terbuat dari pelapukan jasad mikro hewan dan tumbuhan. Humus akan bekerja secara maksimal jika Anda mengkombinasikannya dengan media tanam lain. humus harus dikombinasikan karena cukup rentan dengan jamur.

2. Gabus

Gabus

Gabus atau sterofoam juga bisa digunakan dalam media tanama tanaman gantung khususnya untuk jenis sayuran. Gabus sendiri dibuat dari kopolimer styrene yang mana difungsikan sebagai media adaptasi tanaman sebelum benar-benar ditanam.

3. Pasir

Pasir

Pasir merupakan salah satu media tanam yang tidak bisa ditinggalkan. Metode tanaman gantung pun bisa menggunakan media tanam ini untuk mendapatkan hasil tanaman yang melimpah dan berkualitas. Bobot pasir yang cukup berat mampu menopang pertumbuhan tanaman sehingga tanaman Anda bisa berkembang dengan baik.

4. Kerikil

Kerikil

Media tanam yang juga banyak digunakan para petani tanaman gantung adalah kerikil. Fungsi kerikil ini sebagai penopang tanaman sehingga pertumbuhannya bisa baik dan optimal. Selain itu, kerikil mampu melarutkan unsure hara dan udara untuk si tanaman. Sayangnya, media ini sulit mengikat air sehingga Anda harus rutin untuk melakukan penyiraman.

5. Serbuk kayu

Serbuk kayu

Tanaman sayuran bisa ditanam dengan cara tanaman gantung melalui media tanam sebuk kayu. Hasil dari gergajian kayu ini sangat bermanfaat bagi tanaman karena bisa menyerap air dengan baik. Hal ini akan membuat air cepat meresap ke akar tanaman sehingga tanaman Anda lebih subur dan tumbuh dengan optimal.

6. Spons

Spons

Spons bisa menjadi salah satu pilihan media tanam untuk tanaman gantung. Keunggulan yang akan didapatkan dari media tanam ini berupa kualitas pertumbuhan tanaman yang lebih bagus dan subur. Hal ini dikarenakan spons mampu menyimpan cadangan air untuk si tanaman

7. Tanah Liat

Tanah Liat

Tanah liat juga bisa dijadikan sebagai media tanam tanaman gantung yang baik. Hal ini dikarenakan mampu mengikat air lebih banyak dari banyaknya pori-pori dalam tanah liat. Sayangnya, tanah liat sangat minim unsure hara sehingga harus didukung dengan media tanam lain agar tanaman Anda bisa tumbuh optimal dan subur.

8. Kompos

Kompos

Media tanam yang sudah tidak asing bagi kita adalah kompos. Media tanam ini bisa digunakan untuk tanaman hias gantung Anda. Cara penggunaannya yang mudah, harga yang murah juga manfaatyang melimpah menjadikan media tanam ini sebagi pilihan terbanyak masyarakat Indonesia khususnya yang ada di wilayah pedesaan.

9. Arang sekam

Arang sekam

Arang sekam adalah media tanam untuk tanaman hias yang dianggap paling murah, steril dan efisien. Hal ini disebabkan oleh kandungan yang ada dalam arang sekam yakni lemak, serat kasar, hydrogen, protein kasar, abu, kadar air, karbohidrat, oksigen, silika dan karbon. Semua zat kimia yang ada dalam arang sekam sangat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman.

10. Cocopeat atau serbuk sabut kelapa

Cocopeat atau serbuk sabut kelapa

Jika Anda ingin menggunakan media tanam organic, Anda bisa menggunakan cocopeat atau serbuk sabut kelapa. Media yang berasal dari alam ini mampu menyimpan air 6 hingga 9x lipat lebih banyak daripada jenis media tanam lainnya. Hal ini akan memudahkan Anda karena tidak perlu menyiram tanaman terlalu sering.

11. Batang pakis

Batang pakis

Batang pakis juga bisa digunakan sebagai media tanam tanaman gantung. Ada juga jenis batang pakis yakni coklat dan hitam. Tetapi yang paling sering digunakan sebagai media tanam adalah batang pakis hitam yang kering. Batang pakis kering ini akan lebih mudah untuk dibentuk sehingga mampu mengikat air dengan baik.

12. Pecahan batu bata

Pecahan batu bata

Jika Anda baru saja bangun rumah dan banya memiliki pecahan batu bata, Anda bisa memanfaatkannya sebagai media tanam tanaman gantung. Media tanam ini diklaim baik karena berfungsi sebagai pelekat akar tanaman. Selain itu, pecahan batu bata mampu memaksimalkan drainase dan aerasi air tanaman.

13. Moss

Moss

Moss termasuk dalam media tanam organik yang paling bagus untuk digunakan dalam metode tanaman gantung. Moss terbuat dari akar paku-pakuan dari pepohonan di hutan. Dengan menggunakan media moss, akar tanaman Anda akan lebih bebas untuk tumbuh dikarenakan rongga moss yang masih banyak ruang. Selain itu, moss juga mampu mengikat air dengan maksimal.

Cara Menanam Tanaman Gantung Hias

Berikut ini tahapan dalam menanam tanaman hias gantung agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, mulai dari:

1. Siapkan pot bunga

Siapkan pot bunga

Langkah awal yang harus dilakukan adalah menyiapkan pot bunga deengan ukuran yang disesuaikan. Pada umumnya ukuran pot yang digunakan adalah kecil. Ada beberapa jenis pot yang bisa Anda pakai yakni pot keramik atau pot plastic. Anda juga bisa memilih warna pot sesuai dengan konsep rumah. Pastikan pada bagian samping dan bawah sudah terlubangi.

2. Pot diisi tanah humus

Pot diisi tanah humus

Pot yang sudah Anda pilih kemudian diisi dengan tanah humus sebagai media tanam. Anda juga bisa menggunakan media tanam lain sesuai dengan jenis tanaman yang akan dipakai. Usahakan untuk menggunakan media tanam alami agar tanaman gantung bisa tumbuh dengan baik.

3. Pemberian pupuk

Pemberian pupuk

Tidak hanya menggunakan media tanam yang baik, Anda juga harus memberikanpupuk dasar berupa NPK. Pupuk dasar ini akan membantu pertumbuhan tanaman agntung agar bitumbuh dengan optimal. Pemberian pupuk untuk setiap pot sebanyak 10 hingga 20 sendok makan.

4. Penanaman

Penanaman

Setelah pot siap, masukkan bibit tanaman dengan posisi yang benar. letakkan pada bagian tengah media tanam kemudian kubur kembali dengan media tanam. Kemudian, pasang tali gantung pada sisi kanan dan kiri.

5. Pot digantung

Pot digantung

Setelah semuanya selesai, tanaman hias siap digantung. Jika Anda membuat beberapa tanaman hias gantung, pastikan untuk memberikan jarak yang tepat sehingga akan terlihat lebih rapid an tidak menganggu pertumbuhannya. Anda juga pastikan untuk menentukan ketinggian pot agar mudah saat menyiram tanaman.

6. Menyiram tanaman

Menyiram tanaman

Seusainya tanaman hias tergantung, Anda bisa langsung menyiraminya dengan air sesuai dengan kebutuhan. Hal ini perlu dilakukan untuk melihat posisi tanaman sudah pas atau belum dan lubang pada pot sudah cukup atau kurang.

7. Daun dipangkas

Daun dipangkas

Beberapa hari kemudian, tanaman gantung Anda akan tumbuh dan beberapa bunga dan daunnya mongering. Pastikan untuk melakukan pemangkasan secepat mungkun guna merapikan tanaman dan menstimulus pertumbuhan yang baru.

Cara Merawat Tanaman Hias Gantung

Tanaman gantung hias akan tumbuh dengan baik dan menghasilkan bunga yang cantik saat Anda melakukan perawatan yang benar. Anda tentu tidak ingin tanaman gantung yang ditanam cepat layu bukan? ada 3 hal yang harus Anda perhatikan dalam merawat tanaman gantung. Apa sajakah itu?

1. Kebutuhan air

Kebutuhan air

Anda harus memastikan tanaman gantung yang ditanam tidak kekurangan air. Anda bisa rutin menyiraminya tiap hari. Pastikan Anda mengetahui jenis tanaman gantung yang ditanam agar mengetahui seberapa banyak air yang dibutuhkan oleh bunga tersebut.

2. Insektisida dan pestisida

Insektisida dan pestisida

Jika Anda ingin tanaman gantung terbebas dari serangan penyakit atau hama, Anda bisa menyemprotkan cairan insektisida dan pestisida. Berikan cairan kimia ini sesuai dengan permasalahan tanaman gantung Anda. Gunakan secukupnya tanpa berlebihan.

3. Pupuk untuk kesuburan

Pupuk untuk kesuburan

Pupuk adalah salah satu hal terpenting dalam membuat tanaman gantung. Anda bisa tumbuh subur dan berbunga dengan indah. Anda bisa memilih menggunakan pupuk kimia maupun pupuk organik. Pupuk kimia bisa Anda beli di toko terdekat, sedangkan pupuk organik bisa Anda buat sendiri dirumah, misalnya dari kotoran kambing.

Informasi seputar tanaman hias gantung diatas mulai dari pengertian, jenis hingga cara merawatnya diharapkan mampu memberikan edukasi bagi Anda untuk lebih paham cara membudidayakan tanaman dengan baik dan benar. Dari beberapa jenis tanaman gantung yang dijelaskan, tanaman mana yang akan menghiasi rumah Anda?

15 Jenis Tanaman Hias Gantung (Ciri-ciri, manfaat dan media tanam)

Leave a Reply