5 Tanaman Hias Daun Merah (Lengkap dengan manfaat beserta langkah merawat)

Tanaman Hias Daun Merah – Salah satu jenis tanaman yang bisa Anda pilih untuk menghias dan mempercantik rumah adalah tanaman hias rumah. Anda bisa memilih tanaman hias daun merah yang bisa Anda letakkan di ruangan ataupun halaman rumah. Tentu saja tanaman hias ini akan membuat suasana rumah Anda menjadi lebih indah dan menyejukkan. Sebelumnya ketahui apa pengertiannya di bawah ini.

Apa Pengertian Tanaman Hias Daun Merah?

Apa Pengertian Tanaman Hias Daun Merah?

Anda mungkin sudah sangat sering mendengar istilah tanaman hias. Namun apakah Anda sudah mengetahui juga apa pengertian tanaman hias daun merah tersebut? Tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman yang ditanam di dalam ataupun di luar ruangan untuk mendapatkan kesan yang menarik dan indah. Tanaman ini sendiri memiliki ciri khas daun yang berwarna merah.

Itulah pengertian tanaman hias dengan daun merah ini yang bisa Anda ketahui. Pastinya tanaman ini memiliki banyak jenis. Selain itu tanaman hias daun merah juga sudah menjadi favorit tersendiri bagi pecinta tanaman. Pasalnya tanaman ini memiliki warna yang cerah dan identik dengan kesegaran.

Bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat tanaman hias, simak selengkapnya di bawah ini!

Manfaat Memelihara Tanaman Hias Daun Merah

Selain keindahan yang dimiliki tanaman hias, Anda juga bisa mendapatkan berbagai manfaat tanaman hias dalam kehidupan sehari-harinya. Tanaman hias ini memiliki manfaat di berbagai bidang. Diantaranya sebagai berikut:

1. Manfaat tanaman hias di bidang lingkungan

Manfaat tanaman hias di bidang lingkungan

Jika dilihat dari bidang lingkungan, tanaman hias daun merah dapat menjaga sekaligus meningkatkan kebersihan udara. Tak hanya itu, tanaman hias juga mampu menyerap air sehingga dapat meminimalisir terjadinya erosi.

Tanaman hias yang Anda tanam juga dapat menggemburkan tanah. Dengan begitu jika Anda menanam tanaman hias maka lahan yang Anda miliki bisa lebih subur. Terlebih lagi tanaman hias juga dapat membuat lingkungan menjadi lebih segar dan lebih teduh.

2. Manfaat tanaman hias dalam bidang ekonomi

Kemudian jika ditinjau dalam bidang ekonomi, tanaman hias dapat membuka peluang bagi siapa saja yang ingin mendapatkan lapangan pekerjaan dengan cara melakukan jual-beli tanaman hias. Tak hanya itu, jika memelihara tanaman hias juga bermanfaat dalam menghasilkan tanaman hias yang bermutu dan tentunya berkualitas.

Tanaman hias yang Anda tanaman juga bisa jadi sebuah komoditas yang dapat diperjualbelikan dengan harga dan keuntungan yang lumayan.

3. Manfaat tanaman hias di bidang seni

Manfaat tanaman hias di bidang seni

Selain dalam bidang lingkungan dan ekonomi, tanaman hias juga dapat memberikan manfaat dalam bidang seni. Dengan menanam tanaman hias maka Anda bisa meningkatkan keindahan lingkungan di tempat tinggal sekitar Anda.

Tak hanya itu, tanaman hias juga dapat dimanfaatkan untuk mengisi lahan kosong agar lebih menarik dan nyaman dipandang. Kemudian, tanaman hias juga dapat dijadikan sebagai tanaman untuk melakukan penghijauan di lingkungan sekitar Anda.

Dari beberapa manfaat yang bisa didapat ketika Anda memelihara tanaman hias daun merah tentu akan sangat diperlukan. Untuk itu jangan ragu lagi jika ingin menanam tanaman hias. Ada banyak jenis tanaman hias yang bisa Anda jadikan pilihan. Beberapa diantaranya adalah tanaman hias daun yang jenisnya akan dijelaskan pada ulasan di bawah ini.

Jenis-jenis Tanaman Hias Daun Merah yang Paling Diminati

Tanaman hias daun merah ada banyak jenisnya. Untuk itu Anda bisa memilih berdasarkan bentuk dan coraknya yang cukup menarik hati. Beberapa jenis tersebut antara lain:

1. Kastuba

Kastuba

Tanaman hias yang satu ini bisa Anda tanam di sekitaran rumah. Adapun keberadaan tanaman hias ini cukup populer sebagai bunga natal yakni dengan daun muda yang berwarna merah cerah.

2. Keladi Red Star

Keladi Red Star

Merupakan tanaman hias populer yang bisa Anda pilih sebagai tanaman hias yang bisa ditempatkan dimana saja. Baik itu di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Tanaman hias yang satu ini juga memiliki keindahan yang terletak pada urat daunnya serta daunnya sendiri yang menyerupai bentuk bintang.

3. Sri Rezeki (Aglaonema)

Sri Rezeki (Aglaonema)

Tanaman hias yang satu ini memilik banyak jenis. Kebanyakan jenisnya salah satunya banyak dijual di pasaran ataupun toko bunga. Aglaonema sendiri memiliki peminat yang cukup banyak. Jadi Anda bisa menjadikannya sebagai salah satu tanaman hias di rumah.

4. Daun puring

Daun puring

Tanaman hias berdaun merah yang satu ini juga tak kalah populer keberadaanya. Bahkan mungkin Anda sudah sering menjumpai tanaman daun puring di halaman rumah orang lain. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda memilih tanaman hias yang satu ini untuk ditanam di taman ataupun pekarangan halaman rumah Anda.

5. Pucuk merah

Pucuk merah

Siapa yang tidak mengenali tanaman yang satu ini? Tanaman hias yang satu ini memilik peminat yang cukup banyak. Pasalnya keindahan utama dari tanaman yang satu ini cukup menonjol yakni terletak pada daunnya yang memiliki dua warna. Yakni daun tua berwarna hijau dan daun mudanya yang berwarna kemerahan.

Daun dari pucuk merah sendiri memiliki bentuk yang menyerupai kerucut namun sedikit bulat. Tak hanya itu, tanaman pucuk merah sendiri termasuk ke dalam tanaman yang cukup mudah untuk ditanam atau dibudidayakan.

6. Andong Merah / Hanjuang

Andong Merah / Hanjuang

Tanaman yang lebih dikenal sebutan andong merah ini cukup banyak tumbuh di berbagai daerah. Selain cantik, tanaman ini juga memiliki sensasi merah tersendiri. Anda pun bisa menanamnya di dalam tanah ataupun menempatkannya di dalam pot.

7. Neoregelia ‘Fireball’ (Bromeliads)

Tanaman ini memiliki daun berwarna merah. Kebanyakan orang menyebutkan dan mengenali tanaman ini dengan sebutan tanaman bromelia. Anda bisa menjadikannya sebagai tanaman hias jenis daun yang cukup menarik untuk dipelihara.

8. Cryptanthus (Bromeliads)

Cryptanthus (Bromeliads)

Masih tergolong sebagai family bromeliads, Anda bisa menjadikan tanaman hias ini untung menghias pekarangan, taman, maupun halaman rumah. Tak hanya itu, Anda juga bisa menjadikannya sebagai tanaman hias yang dapat di tanam di sebuah pot. Pasalnya tanaman ini memiliki ukuran yang cukup kecil.

9. Loropetalum

Loropetalum

Merupakan tanaman hias yang cukup direkomendasikan untuk Anda pelihara. Pasalnya tanaman ini memiliki warna yang cukup unik. Jika Anda melihatnya lebih dekat dan teliti maka tanaman yang satu ini memiliki warna keunguan. Namun tanaman ini masih memiliki gradasi warna kemerahan yang dapat memberikan unsur cerah pada daunnya.

Tak hanya itu, tanaman ini sendiri sering dijadikan pusat kelompok tanaman hias. Anda pun bisa menanamnya sesuai dengan selera dan kebutuhan baik itu di dalam pot atau menanamnya di dalam tanah secara langsung.

Dari beberapa tanaman hias di atas, sudahkah Anda menemukan tanaman hias yang sesuai? Jangan khawatir, jika Anda belum menemukannya maka Anda juga bisa memilih beberapa tanaman hias yang cukup unik di bawah ini.

Tanaman Hias Daun Merah yang Tergolong Langka Dan Unik

Ada beberapa jenis tanaman hias daun merah yang tak hanya indah namun keberadaannya cukup langka dengan karakteristik yang unik. Tentu saja bentuk tanaman hias ini berbeda satu sama lainnya. Diantara tanaman hias tersebut seperti:

1. Acalypha godseffiana

Acalypha godseffiana

Tanaman ini cukup dikenal dengan nama copper leaf, akalipa, ataupun daun renda. Tanaman hias daun yang satu ini masih tergolong dalam jenis Euphorbiacheae. Seperti yang kita ketahui tanaman ini memiliki corak daun yang berwarna merah muda di bagian tepinya kemudian di bagian tengahnya berwarna merah tua.

Adapun bentuk daun dari tanaman ini cukup runcing. Jika ingin mengembangbiakkannya maka Anda bisa menyetek ataupun menyangkoknya. Selain tanaman hias, Anda juga bisa menjadikannya sebagai tanaman pagar. Jika Anda memilih tanaman ini maka agar bisa tumbuh dengan baik jangan lupa untuk senantiasa menempatkannya di tempat yang memiliki sinar matahari yang cukup.

2. Acalypha wilkesiana “Marginata”

Acalypha wilkesiana “Marginata”

Merupakan tanaman hias yang memiliki banyak kemiripan dengan acalypha jenis godseffiana. Yang membedakannya adalah bentuknya yang cenderung lebih besar. Jika memilih tanaman yang satu ini maka Anda bisa menanamnya di taman pasalnya tanaman ini memerlukan sinar matahari yang cukup secara langsung.

3. Aechmea “Burgundy”

Aechmea “Burgundy”

Tanaman hias yang satu ini sering dikenal dengan sebutan purple pineapple lily. Yakni memiliki bentuk daun yang didominasi dengan warna merah keunguan yang cukup cantik dan menarik. Dengan daun yang juga bercorak hijau pada helaiannya Anda bisa menempatkan tanaman hias ini di dalam ruangan. Pasalnya tanaman ini tahan AC.

4. Alternanthera dentata “Red marble”

Alternanthera dentata “Red marble”

Tanaman hias yang satu ini sering dijuluki dengan sebutan tanaman kriminal. Tanaman hias ini sendiri masih termasuk dalam family Amaranthaceae dengan bentuk perdu. Adapun daunnya memiliki warna merah terang tentu akan sangat indah jika dipandang mata.

Untuk mengembangbiakkannya Anda bisa menyetek batang. Kemudian agar tanaman ini bisa tumbuh dengan maksimal maka Anda bisa menanamnya di dalam ruangan. Jangan lupa juga memenuhi kebutuhan airnya dengan menyiramnya setiap hari secara rutin.

5. Alternanthera dentata “Ruby”

Alternanthera dentata “Ruby”

Mirip dengan alternanthera dentata jenis “Red marble”hanya saja tanaman ini memiliki warna yang lebih gelap. Tanaman hias ini mempunyai tepi daun merah muda. Tentu saja Anda bisa memilihnya karena warnanya lebih menggoda dan menyegarkan.

6. Alternanthera ficoidea

Alternanthera ficoidea

Merupakan salah satu jenis tanaman hias daun yang termasuk dalam family arternanthera hanya saja tanaman ini berjenis pendek. Adapun warna daun pada tanaman jenis ini adalah merah yang menarik.

Anda juga bisa memilihnya dan menempatkannya di mana saja. Pasalnya tanaman ini cukup mudah beradaptasi dengan berbagai jenis lingkungan disekitarnya.

7. Alternanthera “Purple Knight”

Alternanthera “Purple Knight”

Tanaman ini memiliki ciri khas daun yang berwarna ungu kehitaman. Untuk merawatnya sendiri tanaman hias ini cukup memerlukan sinar matahari yang cukup. Jika kekurangan sinar matahari maka tanaman ini akan menjadi hijau dengan tulang daun yang memiliki warna ungu kemerahan.

8. Begonia listada

Begonia listada

Tanaman hias daun yang satu ini memiliki bentuk permukaan daun yang mirip dengan kain beludru. Warna daun tersebut adalah hijau tua dengan tulang daunnya yang berwarna putih. Kemudian disekeliling tulang daun memiliki warna hijau muda yang sangat cantik. Adapun bawah permukaan dan garis tepi daunnya berwarna kemerahan.

9. Begonia polkadot

Begonia polkadot

 

Tanaman hias yang satu ini memiliki bintik-bintik mirip polkadot yang berwarna merah di setiap permukaan daunnya. Adapun karakteristik dari daun ini cukup lebar dengan batang daun yang sukulen. Tanaman ini sendiri tumbuh dengan cara bergerombol dan pendek yang tentu saja sangat unik jika dilihat.

10. Begonia scharffiana

Begonia scharffiana

Merupakan salah satu tanaman hias jenis daun yang memiliki bentuk bulat hati. Adapun tepi daun dari tanaman ini tidak bergelombang dengan bagian atas daun memiliki warna hijau tua. Adapun cabang tulang daunnya yang berwarna kuning yang cukup menggoda.

Beragam tanaman hias di atas tentu sangat cocok jika Anda pelihara di rumah. Anda bisa menjadikannya sebagai tanaman hias yang dapat ditempatkan di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Namun sebelumnya ketahui juga langkah-langkah merawatnya di bawah ini.

Langkah Merawat Tanaman Hias Daun Merah

Jika Anda berani memilih tanaman hias maka Anda juga harus berani komitmen untuk melakukan perawatan terhadap tanaman hias tersebut. Lantas bagaimanakah langkah merawat tanaman hias tersebut? Simak di bawah ini.

1. Pastikan tanaman dapat terkena sinar matahari

Pastikan tanaman dapat terkena sinar matahari

Tanaman hias sangat memerlukan sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhan mereka dengan baik. Tak perlu waktu yang lama, Anda bisa cukup meletakkannya saja di sisi atau tempat yang terkena sinar matahari.

Kemudian jika Anda ingin menempatkannya di dalam ruangan maka pastikan tanaman ini dikeluarkan dari dalam rumah paling tidak tiga hingga empat kali dalam sepekan.

2. Perhatikan media penanaman

Perhatikan media penanaman

Pastikan tanah pada tanaman hias ini tidak terlalu basah dan becek. Pasalnya tanaman hias akan lebih sedikit menyerap air. Namun Anda bisa mengakalinya dengan memakai media tanaman seperti sekam. Selanjutnya Anda bisa memberikan beberapa pupuk sesuai kebutuhan tanaman tersebut.

3. Hindari hama tanaman

Hindari hama tanaman

Saat memelihara tanaman hias maka Anda bisa menempatkannya pada tempat yang memang terhindar dari hama tanaman. Seperti ulat, jamur, serangga, ataupun binatang pengganggu lainnya. Selain itu, Anda juga bisa membersihkan debu-debu pada tanaman secara berkala.

4. Pilihlah pot yang menarik

Pilihlah pot yang menarik

Agar tanaman hias Anda semakin cantik dan menarik pastikan Anda menempatkannya pada wadah atau pot yang tepat. Salah satu yang bisa Anda pilih adalah pot yang berbahan dasar kaca transparan, kayu, ataupun tanah liat. Jika ingin pot dengan berat yang ringan maka Anda bisa memilih pot yang berbahan dasar plastik.

Agar pot-pot tersebut bisa tetap terjaga kelembabannya maka Anda bisa mengisinya dengan menggunakan hidrogel.

5. Penyiraman dan pemupukan yang tepat

Penyiraman dan pemupukan yang tepat

Jangan lupa untuk senantiasa melakukan penyiraman dan pemupukan pada tanaman dengan tepat secara berkala. Sesuaikan kebutuhan air dan pupuk sesuai dengan jenis tanaman yang di tanam. Pasalnya setiap jenis tanaman memiliki kebutuhan akan air dan pupuk yang berbeda satu sama lain.

6. Lakukan pemangkasan

Lakukan pemangkasan

Jika tanaman hias memiliki daun dan ranting yang tumbuh secara berlebih dan memenuhi ruangan sekitarnya maka jangan segan untuk segera melakukan pemangkasan. Anda bisa melakukan pemangkasan pada daun dan ranting yang mulai layu dan mengering.

7. Lakukan pembersihan

Lakukan pembersihan

Ada banyak kotoran dan debu yang seringkali menempel pada wadah maupun daun. Maka dari itu, agar tanaman dapat tumbuh dengan baik maka Anda bisa melakukan pembersihan secara berkala. Adapun pembersihan wadah bagian dalam juga bisa Anda lakukan. Anda bisa melakukannya sesaat setelah menyiram tanaman tersebut.

Untuk pembersihannya sendiri Anda bisa menggunakan kertas tisu, kuas, kain ataupun spons.

Cukup mudah bukan, langkah-langkah merawat tanaman hias daun di atas? Anda bisa memelihara tanaman hias di rumah dengan mudah untuk mempercantik ruangan dan memberikan kesan menarik tersendiri di rumah tersebut.

5 Tanaman Hias Daun Merah (Lengkap dengan manfaat beserta langkah merawat)

Add Comment