4 Cara Menanam Rosella dan Segudang Manfaatnya Bagi Kesehatan & Kecantikan

Cara Menanam Rosella dan Segudang Manfaatnya Bagi Kesehatan & Kecantikan – Di Indonesia banyak sekali tanaman hias bunga yang populer, salah satunya adalah tanaman rosella, atau biasa juga disebut dengan Frambozen. Tanaman yang satu ini dikenal akan buahnya yang memiliki bentuk seperti kelopak bunga yang terlihat cantik dan menarik.

Tanaman rosella termasuk tanaman semusim atau tanaman yang mengalami masa produksi hanya satu kali. Tanaman dengan nama latin Hibiscus sabdariffa Linn ini dapat tumbuh maksimal pada daerah yang memiliki iklim tropis dan subtropis.

Saat ini terdapat kurang lebih 100 varietas Rosella, namun hanya dua jenis saja yang paling banyak dibudidayakan, yaitu jenis Altissima Webster dan Sabdariffa. Rosella juga sering digunakan sebagai salah satu bahan obat herbal yang bisa memberikan khasiat dan manfaat yang baik bagi tubuh.

Cara Menanan Rosella

Sebelum Anda mulai menanam rosella, ada baiknya jika Anda mengenal terlebih dahulu karakteristik dari Rosella tersebut. Tanaman rosella dapat tumbuh subur dan baik di segala kondisi cuaca, suhu, dan kondisi lahan yang berbeda-beda. Akan tetapi perbedaan cuaca, suhu, dan karakter lahan bisa memengaruhi warna dari buah Rosella.

Tanaman rosella bisa tumbuh dengan baik dan subur di ketinggian 10 hingga 600 meter dari atas permukaan laut. Dan bisa tumbuh mencapai ketinggian 1 hingga 3 meter. Berikut cara menanam Rosella:

1. Persiapan Lahan

Persiapan Lahan

Hal pertama yang dilakukan yaitu pembersihan lahan. Bersihkan semua area lahan yang akan dipakai untuk menanam Rosella dari tanaman liar atau gulma.

Tanah yang akan dijadikan sebagai lahan penanaman Rosella haruslah tanah yang telah dibajak, supaya bisa rata dan dibagi menjadi petak-petak dipisahkan selokan perairan. Petak-petak dibagi menjadi bedengan yang sudah dipisahkan oleh parit dengan sama panjang.

Diameter dari bedengan bisa memiliki kedalaman sekitar 25cm dan 30cm dimana parit akan bertemu dengan selokan dari pengairan.

2. Pemilihan Benih atau Bibit Rosella

Pemilihan Benih atau Bibit Rosella

selanjutnya yaitu pemilihan benih atau bibit rosella yang baik agar nantinya bibit tersebut bisa tumbuh dengan baik dan memberikan hasil yang maksimal. Benih dari Rosella didapatkan dari biji bunga rosella yang sudah tua yang dicirikan dari kulit buah berwarna cokelat.

Pisahkan biji dari kelopak bunganya, dan jemur di bawah sinar matahari selama 3 hingga 5 hari. Bila biji buah sudah mengering, buah akan pecah dan biji-biji dalam buah akan keluar.

3. Penanaman

Penanaman

Benih rosella bisa langsung ditanam di lahan atau disemaikan terlebih dahulu. Bila benih langsung ditanam di lahan, dalam satu lubang isi 3 benih. Namun terlebih dahulu benih tersebut direndam selama 12-24 jam untuk perkembangan benih yang merata.

Sedangkan untuk benih yang sudah disemai, cukup tanam satu biji benih dalam satu lubang. Benih yang disemai memerlukan waktu sekitar 5-6 minggu untuk siap dipindahkan ke lahan.

Jarak tanam yang dianjurkan untuk penanaman rosella yaitu 12x12cm, 15x15cm, 12,5x15cm, 12,5x20cm, atau 20x20cm.

4. Pemeliharaan

Pemeliharaan

Apabila Anda melakukan penanaman dengan cara langsung menanam benih ke lahan, biasanya benih tersebut akan tumbuh di waktu 2 – 3 hari setelah penanaman. Lubang yang tidak ditumbuhi bisa dilakukan penyulaman.

Setelah melakukan penyulaman, penyiangan juga perlu dilakukan dan dikerjakan 2-3 kali dalam seminggu supaya tidak terjadi kompetisi tumbuhan antara rosella dengan rumput.

Selain itu, hama yang sering menyerang tanaman ini antara lain belalang, ulat daun, dan juga kutu. Cara penanggulangannya bisa menggunakan pestisida organik yang dibuat dari campuran daun sambiloto serta daun mimba.

5. Pemupukan

Pemupukan

Pemupukan dilakukan apabila tanaman telah mencapai umur 3-8 minggu. Jenis pupuk yang bisa diberikan yaitu Urea. Sedangkan jika tanaman telah mencapai usia 1-2 bulan, pupuk yang diberikan adalah campuran antara Urea dan NPK dengan perbandingan 4:3.

Waktu yang dianjurkan untuk melakukan pemupukan yaitu saat pagi hari, karena keadaan dari tanah yang masih basah.

6. Cara Memanen Bunga Rosella

Cara Memanen Bunga Rosella

Tanaman rosella akan berbunga di usia 4-6 bulan penanaman. Panen dilakukan dengan cara memotong kelopak bunga rosella yang sudah tua dan ditandai dengan ciri:

  • Ukuran kelopak bunga sudah maksimal
  • Warna kelopak bunga merah tua
  • Kulit biji mulai menguning
  • Biji berwarna coklat tua

Kelopak rosella harus dipetik dengan menggunakan gunting, guntinglah pada bagian tangkai bunganya agar lebih mudah dan tidak merusak batang pohonnya. Panen dilakukan secara bertahap setiap 2 minggu sekali, dan diulang 4 hingga 5 kali sampai tidak berbunga lagi.

Setelah itu, ambil biji bunga rosella dengan cara mengiris bagian belakang kelopak dan mendorong bagian bijinya dari arah belakang, sehingga biji akan terpisah dari kelopak bunga. Kemudian, cuci kelopak bunga dan jemur dengan sinar matahari selama 3 hari.

Manfaat Bunga Rosella

Tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai tanaman hias, rosella juga banyak dimanfaatkan untuk masalah kesehatan. Manfaat tanaman rosella bagi kesehatan bisa mencegah dan mengatasi beberapa jenis penyakit.

Bagian utama tanaman rosella yang sering dimanfaatkan adalah kelopak bunganya, karena pada bagian ini terdapat kandungan antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan.

Zat aktif yang paling berperan dalam kelopak bunga rosella meliputi gossypetin, antosianin, dan glucoside hibiscin. Antosianin merupakan pigmen alami yang memberi warna merah pada seduhan kelopak bunga rosella, dan mempunyai khasiat sebagai antioksidan.

Kadar antioksidan yang tinggi pada kelopak bunga rosella dapat menghambat radikal bebas. Radikal bebas inilah yang menjadi penyebab beberapa penyakit kronis yang saat ini ditemui. Semakin pekat warna merah pada kelopak rosella, rasanya akan semakin masam dan kandungan antosianinya semakin banyak. Demikian juga untuk kandungan antioksidannya juga akan semakin banyak.

Kadar senyawa yang terkandung dalam kelopak rosella berada pada tingkat tertinggi apabila dikonsumsi dalam keadaan masih segar. Berikut beberapa manfaat rosella bagi kesehatan:

1. Mengatasi Infeksi dan peradangan

Mengatasi Infeksi dan peradangan

Bunga rosella memiliki kandungan Vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C yang ada di dalam bunga rosella bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C ini juga bersifat antibakteri dan antiinflamasi.

Jadi, manfaat bunga rosella bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri atau peradangan.

2. Mengobati Sariawan

Mengobati Sariawan

Sariawan terjadi disebabkan karena kurangnya asupan vitamin C di dalam tubuh. Sariawan bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi bunga rosella yang kaya akan kandungan vitamin C. Cara mengobati sariawan tersebut bisa dengan mengkonsumsi teh bunga rosella dan juga berkumur menggunakan air teh bunga tersebut. lakukan hal tersebut sampai sariawan sembuh.

3. Mengurangi rasa cemas dan depresi

Mengurangi rasa cemas dan depresi

Bunga rosella juga memiliki manfaat terhadap kesehatan tubuh dari segi psikis. Bunga rosella mengandung flavonoid yang berguna untuk mengurangi rasa cemas dan dan depresi.

Flavonoid yang terkandung dalam bunga rosella memiliki sifat antidepresan. Pengonsumsian bunga rosella bisa dalam bentuk teh maupun dalam bentuk olahan lainnya.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Menjaga kesehatan pencernaan

Kondisi kesehatan saluran pencernaan sangat memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Saluran pencernaan yang sehat akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih sehat. Oleh karena itu, kesehatan saluran pencernaan harus tetap dijaga.

Bunga rosella dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Mengkonsumsi bunga rosella bisa melancarkan buang air besar sehingga bisa mengatasi sembelit atau sulit buang air besar.

5. Mencegah tumor dan kanker

Mencegah tumor dan kanker

Tumor dan kanker merupakan masalah medis yang sangat serius dan menyeramkan. Oleh karena itu, cegahlah sebelum hal tersebut menyerang Anda. Anda bisa melakukan pencegahan dengan cara mengkonsumsi bunga rosella, karena dalam rosella terkandung zat antioksidan dan antikarsinogenik.

6. Menjaga kesehatan organ hati

Menjaga kesehatan organ hati

Manfaat bunga rosella bisa untuk menjaga kesehatan organ hati agar terhindar dari berbagai jenis masalah medis. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan di dalam bunga rosella terbukti mampu mengobati masalah atau gangguan hati.

Kandungan antioksidan pada bunga rosella bisa menangkal radikal bebas dan menetralisir racun yang ada di jaringan dan sel-sel tubuh. Ini akan membuat kinerja hati menjadi lebih ringan karena racun-racun yang ada di dalam tubuh sudah banyak yang terbuang oleh antioksidan.

7. Menurunkan kadar lipid darah

Menurunkan kadar lipid darah

Selain memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan organ hati, manfaat bunga rosella yang lainnya juga bisa untuk menjaga kesehatan organ jantung dan pembuluh dara. Bunga rosella juga bisa menurunkan kadar terigliserida dan kolestrol jahat atau kolestrol LDL di dalam tubuh.

Kadar trigliserida dan kolestrol LDL yang rendah sangat berdampak pada sistem kardiovaskular Anda. Jantung dan pembuluh darah akan tetap sehat jika kadar kolestrol LDL dan trigliserida tetap rendah di dalam darah.

8. Menurunkan tekanan darah

Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah juga termasuk hal yang tak kalah penting untuk dijaga di samping kadar lipid darah. Tubuh yang sehat harus memiliki tekanan darah yang normal. Tekanan darah yang tinggi (hipertensi) merupakan salah satu indicator adanya masalah medis pada tubuh.

Mengkonsumsi bunga rosella bisa membantu tubuh untuk menjaga dan mengembalikan tekanan darah menjadi normal. Dan bisa menurunkan tekanan darah bagi para penderita hipertensi. Oleh karena itu, mengkonsumsi bunga rosella secara rutin sangat dianjurkan bagi penderita hipertensi.

Meskipun mengkonsumsi teh rosella adalah cara yang aman dan alami untuk membantu menurunkan tekanan darah, rosella tidaklah dianjurkan bagi mereka yang menggunakan hydrocholorothiazide, karena dapat berinteraksi dengan obat.

9. Mengobati Diabetes

Mengobati Diabetes

Diabetes termasuk salah satu penyakit kronis yang ditandai dengan meningkatnya kandungan gula darah di dalam tubuh secara drastis. Penyakit ini juga sering disebut dengan penyakit gula darah atau penyakit kencing manis. Penyakit ini bisa disembuhkan secara perlahan-lahan dengan cara mengkonsumsi bunga rosella.

Cara mengonsumsinya bisa dengan merebus beberapa bunga rosella yang telah dicuci bersih terlebih dahulu. Setelah mendidih, saring dan ambil airnya saja. Minumlah air hasil rebusan tersebut dalam keadaan dingin di pagi dan sore hari.

10. Menyembuhkan Penyakit Kulit

Menyembuhkan Penyakit Kulit

Sebuah penelitian pada tahun 2009 yang dilakukan di Universitas Padjadjaran Fakultas Farmasi mengemukakan bahwa ekstrak air kelopak bunga rosella memiliki aktivitas antibakteri. Salah satunya adalah bakteri Staphylococcus aureus, bakteri yang paling sering membuat infeksi pada kulit manusia.

Bakteri tersebut dapat dilawan dengan kandungan senyawa alami yang terdapat pada bunga rosella. Caranya dengan mengkonsumsi bunga rosella yang dibuat menjadi minuman teh. Minumlah teh tersebut secara rutin untuk mendapatkan khasiat secara maksimal.

11. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang memiliki masalah untuk menurunkan berat badan, meminum teh rosella bisa menjadi sebuah solusi. Hal ini dikarenakan bunga rosella dapat menghambat produksi animalse sehingga akan menurunkan penyerapan glukosa dan pati.

Jika penyerapan glukosa dan pati mengalami penurunan maka ini bisa menurunkan asupan kalori pada tubuh dan pada akhirnya akan mengurangi berat badan Anda.

12. Mencegah Osteoporosis

Mencegah Osteoporosis

Bunga rosella memiliki kandungan kalsium yang tinggi, zat besi, kalium, dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Jika teh bunga rosella dikonsumsi secara teratur, maka tulang akan terhindar dari masalah osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, bunga rosella juga memiliki manfaat untuk kecantikan, berikut ulasannya.

Manfaat Bunga Rosella Bagi Kecantikan

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Mencerahkan Kulit Wajah

Bunga rosella memiliki kemampuan untuk mencerahkan kulit wajah, karena pada kelopak bunga rosella terkandung antioksidan serta beberapa mineral dan vitamin yang mampu mengangkat komedo dan flek-flek hitam di wajah.

Cara menggunakannya cukup mudah, ambil beberapa kelopak bunga rosella kemudian haluskan. Setelah itu, tempelkan seperti menggunakan masker selama 15 – 30 menit lalu bilas menggunakan air bersih.

2. Menyuburkan Rambut

Menyuburkan Rambut

Bunga rosella mengandung asam amino yang cukup tinggi. Zat tersebut masuk ke dalam folikel atau pori-pori rambut yang akan menguatkan dan menghitamkan warna rambut. Caranya sangat mudah, Anda bias menghaluskan kelopak bunga rosella dengan tambahan sedikit air, lalu gunakan sebagai masker rambut.

3. Mengencangkan Kulit

Mengencangkan Kulit

Semua wanita pastinya ingin memiliki kulit yang sehat dan kencang. Jika kulit kencang maka akan membuat Anda terlihat semakin lebih muda. Saat ini banyak sekali orang yang kulitnya Nampak lebih tua dari pada usianya. Hal tersebut bias disebabkan karena kurangnya tidur serta adanya efek dari radiasi sinar layar komputer, ponsel, dan televisi.

Untuk mengencangkan kulit wajah, salah satu cara yang bias Anda lakukan yaitu dengan memanfaatkan bunga rosella. Kelopak bunga rosella bias Anda olah menjadi masker. Karena pada kelopak bunga rosella mengandung senyawa arginine dan lisin yang ikut berperan aktif dalam mencegah penuaan dini.

4. Melindungi Kulit Wajah dari radikal bebas

Melindungi Kulit Wajah dari radikal bebas

Radikal bebas merupakan satu hal yang mungkin sudah sering Anda dengar. Radikal bebas akan membuat pertumbuhan sel di tubuh menjadi tidak terkendali dan tidak normal, hal itulah yang dikatakan tumor atau kanker.

Menggunakan masker bunga rosella mampu mencegah radikal bebas di kulit wajah Anda. Banyak sekali efek negative dari radikal bebas, diantaranya yaitu timbulnya keriput, flek hitam, komedo, panuaan dini, dan kulit kusam.

Bunga rosella memiliki kandungan vitamin C dan asam amino yang cukup tinggi, sehingga dapat melindungi kulit wajah Anda dari efek radikal bebas.

Cara Membuat Teh dari Tanaman Rosella

Setelah mengetahui berbagai macam manfaat dari bunga rosella, ada baiknya jika kita juga mengetahui cara mengolah bunga rosella menjadi minuman teh. Teh rosella memiliki rasa asam yang mirip dengan cranberry dan dapat dinikmati baik panas maupun dingin.

1. Membuat Teh Rosella Segar

Membuat Teh Rosella Segar

  • Petik bunga rosella yang telah mekar sempurna
  • Cuci bersih kelopak bunga rosella yang telah dipisahkan dari bijinya
  • Rebus bunga rosella dengan air secukupnya hingga mendidih
  • Setelah air rebusan berubah warna menjadi kemerahan, angkat dan tuangkan ke dalam gelas
  • Teh rosella memiliki rasa yang asam, bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan rasa asam, bisa menambahkan madu atau gula sesuai dengan selera.

2. Membuat Teh Rosella Kering

Membuat Teh Rosella Kering

  • Petik bunga rosella yang telah mekar, kemudian cuci bersih
  • Pisahkan kelopak bunga rosella dari bijinya
  • Jemur kelopak bunga rosella di bawah terik matahari hingga kering sempurna
  • Jika sudah kering, Anda bisa menyimpan rosella kering tersebut dalam wadah toples atau wadah lainnya
  • Jika Anda ingin membuat olahan teh dari bunga rosella kering tersebut, Anda tinggal ambil beberapa helai kelopak teh bunga rosella yang telah kering
  • Masukkan dalam gelas atau cangkir, seduh dengan air panas
  • Tutup gelas atau cangkir tersebut dan diamkan selama 5-15 menit
  • Setelah berubah warna menjadi agak kemerahan, aduk teh secara perlahan
  • Jika Anda menginginkan rasa yang manis, Anda bisa menambahkan madu atau gula secukupnya

 

Sangat menarik bukan informasi seputar tanaman rosella tersebut? Anda bisa mencoba untuk menanam rosella dan mengolahnya untuk menjadi teh rosella, karena banyak sekali manfaat yang didapatkan untuk kesehatan Anda.

4 Cara Menanam Rosella dan Segudang Manfaatnya Bagi Kesehatan & Kecantikan

Add Comment