cara menana jagung manis

11 Cara Menanam Jagung Manis (Raup untung Ratusan juta)

Cara Menanam Jagung Manis –¬†Ada 1 varian jagung yang sangat dibutuhkan dalam industri makanan atau minuman yaitu jagung manis. Petani jagung manis bisa meraup untung lebih dulu karena masa panen yang cepat datang. Jagung manis juga punya harga jual yang relatif lebih tinggi dibandingkan jagung biasa. Apa Anda tertarik untuk budidaya jagung ini? Jika iya, mari simak cara menanam jagung manis di bawah ini.

Panduan Lengkap Cara Menanam Jagung Manis

Budidaya jagung manis bisa memberikan Anda keuntungan yang berlimpah. Syaratnya, Anda harus cermat, rajin, dan ulet dalam proses budidayanya. Anda harus menyiapkan bibit dan lahan dengan baik. Jagung manis juga harus ditanam pada lahan yang kondisinya sesuai. Apa saja yang harus Anda lakukan untuk bercocok tanam jagung manis?

1. Kondisi Lahan Ideal untuk Jagung Manis

cara menana jagung manis

Jagung bisa tumbuh pada daerah tropis seperti Indonesia. Tapi jagung manis juga bisa tumbuh pada daerah beriklim subtropis. Jagung bisa tumbuh pada jenis tanah yang subur dan gembur. Curah hujan yang bagus untuk pertumbuhan jagung manis antara 85-200 mm/bulan. Jagung manis sangat baik ditanam pada awal musim penghujan ataupun kemarau.

Suhu ideal untuk pertumbuhan jagung manis antara 21-34 derajat Celcius. Pertumbuhan jagung manis sangat bergantung pada sinar matahari. Jagung bisa tumbuh dengan baik pada lahan terbuka dengan sinar matahari yang merata sepanjang masa pertumbuhannya. Bahkan, hasil panen jagung manis akan lebih berkualitas saat musim kemarau.

2. Pemilihan Bibit Jagung Manis

Bibit jagung manis sebenarnya bisa dengan mudah Anda dapatkan di toko pertanian terdekat. Bibit jagung manis dijual dalam kemasan kiloan yang siap tanam. Bibit ini sudah melalui proses sortir, pengeringan, sterilisasi, dan juga dilapisi dengan fungisida. Tapi umumnya bibit jagung manis asal pabrik dijual dengan harga yang lumayan mahal.

Solusi lainnya, Anda bisa membuat bibit jagung manis sendiri. Caranya, carilah bibit pada petani jagung manis yang lebih dulu menanam. Belilah jagung manis tua dari petani yang memang sengaja menanam untuk keperluan bibit. Pastikan benih berasal dari varietas jagung manis kualitas unggulan. Pastikan pula benih berasal dari tanaman yang bebas penyakit dan hama.

Saat ini sudah ada beberapa kelompok tani yang khusus memproduksi benih jagung manis berkualitas. Anda bisa membeli pada kelompok tani ini. Jangan sampai Anda membeli bibit yang tidak jelas kualitasnya. Karena Anda hanya akan mengalami kerugian jika menanam jagung manis dari bibit berkualitas rendah dengan hasil panen yang mengecewakan.

3. Persiapan Lahan Tanam Jagung Manis

cara menana jagung manis

Jagung manis bisa ditanam pada area sawah di sela-sela musim tanam padi. Jagung manis juga bisa ditanam pada area tanah tegalan yang tanahnya subur. Sebelum benih ditanam, Anda harus mengolah tanah lebih dulu untuk membuatnya jadi lebih subur dan gembur. Bagaimana caranya?

  • Persiapkan lahan dengan disiangi. Bersihkan lahan dari berbagai gulma seperti rumput liar atau semak belukar. Gulma ini harus dibersihkan agar tidak memakan nutrisi yang sangat diperlukan dalam pertumbuhan jagung manis.
  • Kemudian cangkul lahan agar tanahnya berubah jadi gembur. Setelah semua lahan selesai dicangkul, kemudian diamkan lahan selama 1 minggu untuk diangin-anginkan.
  • Jika lahan yang Anda gunakan untuk menanam tergolong punya pH yang terlalu asam, Anda harus memberikan tambahan kapur dolomit sebanyak 1 ton perhektar. Kapur ini bisa diberikan setelah selesai mencangkul.
  • Taburkan pupuk kompos atau pupuk kandang untuk menambah unsur hara tanah.
  • Setelah tanah didiamkan seminggu, Anda harus membuat parit-parit kecil sebagai jalan aliran air agar tidak menggenang. Buatlah parit setiap jarak 4 meter.
  • Persiapkan lubang tanam dengan ukuran kedalaman 4-5 cm. Berikan jarak antar lubang tanam sekitar 30×60 cm.

4. Proses Cara Menanam Jagung Manis

Jika benih dan lahan sudah siap, Anda bisa menanam jagung manis. Proses tanam ini sebaiknya dilakukan saat awal musim penghujan. Hindari menanam jagung manis saat puncak musim hujan. Karena jagung manis sebenarnya adalah tanaman yang tidak terlalu banyak membutuhkan air. Kondisi tanah yang menggenang bisa membuat benih jagung membusuk.

Anda bisa memasukkan 3 biji benih jagung manis pada masing-masing lubang. Biasanya tidak semua benih bisa tumbuh. Jadi Anda bisa berjaga-jaga seandainya 1 diantara 2 biji tidak tumbuh, maka masih ada yang lainnya. Tutup biji yang sudah dimasukkan dalam lubang dengan tanah atau pupuk kandang.

5. Proses Penyulaman Jagung Manis

Setelah 1 minggu pasca tanam, Anda harus memeriksa kondisi benih jagung manis yang ditanam. Gantilah benih jagung yang tidak tumbuh. Anda bisa membuat lubang tanam baru dan mengisinya dengan sisa benih jagung yang digunakan sebelumnya. Proses penyulaman jagung manis ini harus segera dilakukan agar proses pertumbuhannya bisa serempak.

6. Proses Penyiangan

cara menana jagung manis

Setelah 2 minggu sejak masa tanam, Anda harus kembali membersihkan lahan. Bersihkan lahan dari rumput liar yang mengganggu ketersediaan nutrisi bagi jagung manis. Pada periode ini, Anda harus menyiangi lahan dengan hati-hati. Karena biasa tinggi rumput dan tanaman jagung manis masih sama.

Sebaiknya Anda membersihkan rumput dengan cara manual. Anda bisa mencangkulnya atau mencabut dengan tangan. Cara manual seperti ini bisa membuat jagung manis lebih sehat dan hasilnya maksimal. Sebisa mungkin, hindari penggunaan pestisida atau obat rumput dari bahan kimia karena bisa mengganggu proses pertumbuhan jagung manis.

7. Proses Pembubunan

cara menana jagung manis

Setelah tanah disiangi dan bersih dari gulma, Anda masih harus melakukan pembubunan. Tujuannya adalah memperkuat akar dan batang jagung manis agar tidak mudah roboh. Caranya kumpulkan tanah di sekitar batang jagung manis. Lakukan sampai terbentuk gundukan tanah. Proses ini bisa Anda lakukan saat jagung manis berumur 1 bulan.

8. Proses Penyiraman Jagung Manis

Jika Anda menanam jagung saat musim kemarau, maka proses penyiraman sangat diperlukan. Anda juga harus menyiram jagung manis saat masuk musim kemarau dengan intensitas hujan yang mulai berkurang. Penyiraman bisa dilakukan sesekali sesuai dengan kondisi tanah.lihatlah apakah tanah sudah mulai kering. Lakukan penyiraman dengan bantuan pompa air/diesel.

9. Proses Pemupukan Ulang

cara menana jagung manis

Saat jagung manis masuk usia tanam 2 bulan, Anda harus melakukan pemupukan ulang. Tujuannya agar jagung manis tetap mendapatkan nutrisi yang diperlukan. Anda bisa menggunakan pupuk kandang atau pupuk kimia seperti Urea dan NPK dengan takaran yang sesuai.

Zat yang paling dibutuhkan untuk pertumbuhan jagung manis adalah nitrogen, kalium, dan juga phospor. Zat ini bisa Anda temukan dalam pupuk NPK. Nitrogen diperlukan saat awal masa pertumbuhan hingga proses pematangan biji. Zat kalium sangat dibutuhkan oleh jagung sampai biji menua. Zat phospor juga sangat penting pada saat jagung mulai tumbuh setinggi lutut.

10. Proses Pemangkasan Daun Jagung

Selain menyiangi, penyiraman, dan pemupukan, jagung manis juga harus dipangkas daunnya pada usia tertentu. Daun jagung harus dipangkas dengan cara diambil beberapa helai dari bagian terbawah. Tujuannya agar jagung bisa berbunga dengan maksimal dan biji bisa berukuran besar.

Proses pemangkasan daun jagung ini juga bertujuan agar dalam 1 pohon jagung bisa muncul 2 tongkol. Jadi proses ini bisa membuat hasil panen jagung manis Anda lebih optimal. Daun jagung hasil pemangkasan bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak seperti kambing atau sapi.

11. Proses Panen Jagung Manis

Jagung manis bisa dipanen setelah usia 60-150 hari sejak ditanam. Berbeda dengan jagung biasa, jagung manis memang sangat dibutuhkan dalam kondisi segar dan masih muda. Jagung manis bahkan dipanen saat daunnya masih hijau segar. Cara memanen jagung manis ini cukup mudah. Anda tinggal mematahkan bagian pangkal tongkol jagung manis.

Jagung manis harus dijual dalam kondisi segar. Jika Anda akan menjualnya pada pagi hari, maka Anda harus memanen sehari sebelumnya pada sore hari. Begitu juga jika Anda ingin menjualnya saat sore hari. Anda harus memanen pada saat pagi hari yang sama. Jagung manis yang sudah layu biasanya akan berubah rasa dan kualitasnya.

Jagung manis sangat dibutuhkan dalam bisnis kuliner saat ini. Apalagi dengan tren makanan dan minuman kekinian yang semakin merebak di tengah masyarakat. Jagung manis menjadi incaran bahan baku. Karena itulah harga jualnya lumayan stabil dibandingkan varietas jagung biasa. Cara menanam jagung manis juga lumayan mudah dan cepat.

11 Cara Menanam Jagung Manis (Raup untung Ratusan juta)

Leave a Reply