5 Tanaman Ginseng (Lengkap dengan manfaat, dan cara mengkonsumsi)

Tanaman Ginseng – Dalam kehidupan sehari-hari, tentu Anda pernah mendengar tentang tanaman ginseng, bukan? Ginseng biasanya dikonsumsi untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan dan menjaga tubuh agar tetap berenergi. Sebelum mengkonsumsi dalam kehidupan sehari-hari, alangkah lebih baik jika mengenal lebih detail tentang tanaman ini.

Apa itu Tanaman Ginseng?

Apa itu Tanaman Ginseng?

Dalam kehidupan sehari-hari Anda tentu sering mendengar tentang ginseng, bukan? Ya, tanaman yang identik dengan obat ini sering dijadikan sebagai konsumsi rutin bila ingin memiliki tubuh yang sehat. Ginseng atau yang disebut sebagai Panax merupakan salah satu spesies dari suku Araliaceae. Tanaman ini tumbuh di wilayah Utara seperti Korea, Amerika Serikat, Manchuria, dan Siberia.

Tanaman yang biasanya digunakan dalam pengobatan tradisional ini biasanya dapat ditemui di wilayah yang memiliki suhu yang dingin. Ginseng dapat ditemui di berbagai wilayah, namun tempat yang paling terkenal dangan ginsengnya yaitu ginseng Korea, ginseng Amerika, dan ginseng Jawa.

Seperti yang telah disebutkan di atas, tanaman ginseng juga dapat ditemukan di Indonesia dengan nama Som Jawa. Beberapa jenis dari ginseng yang berada di Jawa ini terdiri dari Kolesom, Talinum Paniculatum Gaertn, dan Talinum Triangulare Wild.

Ginseng memiliki berbagai jenis khasiat yang biasanya digunakan oleh masyarakat sebagai pengobatan. Tanaman ini juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan maupun minuman yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Salah satu bagian dari ginseng yang kerap digunakan oleh manusia adalah pada bagian akarnya.

Akar pada tanaman ginseng dapat berfungsi memulihkan berbagai macam penyakit, khususnya untuk memproduksi sel darah merah dan memperbaiki aliran darah. Khasiat yang lain dari ginseng juga meliputi melawan berbagai penyakit berat seperti kanker yang pada dasarnya tidak memiliki obat yang benar-benar menyembuhkan.

Manfaat Tanaman Ginseng

Tanaman ginseng memiliki berbagai manfaat yang tentunya dapat digunakan oleh manusia. Salah satu bagian tubuh pada ginseng yang kaya akan manfaat adalah akarnya. Tidak hanya dimanfaatkan sebagai obat herbal dalam pengobatan tradisional, akar pada tanaman ini juga dapat diolah menjadi bebagai jenis makanan dan minuman. Ingin tahu lebih lengkap? Simak manfaat ginseng di bawah ini!

1. Efek anti peradangan

Efek anti peradangan

Efek anti peradangan ini muncul akibat adanya senyawa ginsenosida pada bagian ginseng. Senyawa tersebut memiliki efek yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh berdasarkan Journal of Translational Medicine. Hal ini tentu bermanfaat untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat dan jauh dari berbagai penyakit.

2. Mengurangi stress

Mengurangi stress

Tanaman ini mengandung senyawa adaptogen yang berperan dalam mempengaruhi sistem saraf pada tubuh. Ketika stress, tentu banyak hormon yang muncul sehingga dapat membuat fikiran dan perasaan Anda menjadi negatif. Adanya adaptogen ini dapat mengatasi hormon negatif yang muncul pada saat stress. Hal ini akan membantu Anda untuk merasakan suasana yang baik.

Biasanya pada saat tegang, tubuh melawan dengan tingkat kecemasan yang ada dalam tubuh. Senyawa adaptogen ini juga dapat berperan sebagai alat untuk mengurangi perasaan cemas, sehingga dapat membuat perasaan Anda lebih baik dan menjadi tenang.

3. Mengontrol diabetes

Mengontrol diabetes

Tanaman ginseng dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dengan mengatur penyerapan glukosa. Diabetes merupakan salah satu penyakit gula yang terkadang dapat naik secara tiba-tiba. Diabetes memang menjadi salah satu penyakit yang tidak bisa disembuhkan namun bisa dicegah dengan mengkonsumsi ginseng.

Hal ini diperkuat dengan adanya penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Chinese Medicine bahwa tanaman ginseng yang berasal dari Amerika maupun Asia dapat mengobati diabetes. Mulai dari bagian akar, daun, bahkan buah dari ginseng dapat mengobati diabetes. Agar mencapai khasiat yang maksimal, pastikan untuk tetap periksa ke dokter ya!

4. Fungsi kognitif

Fungsi kognitif

Tidak hanya digunakan sebagai obat tradisional, ginseng juga dapat digunakan untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus lho! Hal ini ditemukan oleh penelitian yang dilakukan oleh The Cochrane Library bahwa ginseng memiliki manfaat untuk perilaku, kualitas hidup dan kognitif.

Dalam hal ini, tanaman ginseng aman dikonsumsi oleh anak-anak hingga dewasa yang ingin meningkatkan daya fokus dan konsentrasinya. Banyaknya hal yang menjadi fokus pemikiran menjadikan Anda seseorang yang mampu melakukan multifungsi. Tentunya hal ini juga berpengaruh terhadap kesalahan yang timbul akibat kurangnya tingkat konsentrasi.

Tanaman ini memiliki kandungan antioksidan yang memiliki berbagai macam manfaat bagi tubuh. Radikal bebas ini merupakan senyawa yang dapat merusak sel pada bagian otak. Dalam hal ini, ginseng dapat berperan sebagai pencegah gangguan kognitif pada diri seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

5. Mengatasi penuaan dini

Mengatasi penuaan dini

Tidak hanya untuk pengobatan di dalam tubuh, ginseng juga dapat dijadikan sebagai alat untuk mengatasi penuaan dini. Berbagai produk kecantikan yang mengandung ginseng dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan pada wajah. Hal ini tentu menjadi salah satu keinginan bagi setiap wanita, bukan?

Kandungan yang ada pada tanaman ginseng dapat merangsang aliran darah ke seluruh tubuh, khususnya sel pada kulit. Hal ini membantu kulit menjadi tampak lebih muda dan tentunya lembab. Sehingga tanda penuaan yang pada umumnya muncul menjadi lambat dan mengurangi penuaan dini pada wajah.

6. Mencegah kanker

Mencegah kanker

Radikal bebas identik dengan pencegahan terhadap penyakit kanker. Hal ini dibuktikan dari penelitian yang dilakukan bahwa ginseng dapat menurunkan tingkat penyebaran kanker kolorektal yang tentunya dapat mencegah menjalarnya kanker pada tubuh penderitanya.

Tanaman ginseng memiliki kandungan ginsenosida yang dapat mencegah berkembangnya sel kanker. Biasanya sel kanker menjalar ke seluruh tubuh seiring berjalannya waktu dan jika tidak diiringi dengan pola hidup yang sehat. Salah satu solusi agar mencegah berkembangnya sel kanker tersebut adalah dengan mengkonsumsi ginseng.

Tidak hanya itu, ginseng memiliki kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit jantung. Hal ini karena sifat antioksidan yang dapat mengatasi radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas ini dapat merusak sel sehat yang tentunya berbahaya bagi tubuh.

7. Menambah vitalitas

Menambah vitalitas

Bagi Anda para pasangan suami istri yang ingin mendapatkan pengalaman berhubungan intim yang bergairah, dapat menggunakan tanaman ginseng. Pada dasarnya, hal yang dapat membangun keharmonisan dalam rumah tangga adalah dalam berhubungan intim. Banyak sekali permasalahan yang dihadapi baik dari pihak suami maupun istri.

Permasalahan yang terkadang menjadi hal yang sederhana namun dapat mengganggu keharmonisan rumah tangga adalah ejakulasi dini. Biasanya hal ini dialami oleh para pria yang terkadang membuat para wanita tidak memperoleh kepuasan pada saat berhubungan intim. Salah satu solusi adalah dengan mengkonsumsi ginseng.

Hal ini diperkuat dengan adanya penelitian yang dilakukan oleh Pusat Medis Kampus Maryland yang menyebutkan bahwa kandungan dalam tanaman ginseng dapat meningkatkan libido. Dalam hal ini ginseng berperan untuk meningkatkan saluran darah pada tubuh dan dapat memberikan energi untuk mempertahankan hubungan intim dalam jangka waktu yang lama.

8. Memperbaiki mood

Memperbaiki mood

Menjalani aktivitas sehari-hari identik dengan perasaan atau yang disebut dengan mood. Ginseng dapat memberikan hormone endorphin yang dapat membuat mood menjadi lebih baik dan tentunya bersemangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Tidak hanya itu, ginseng juga dapat membantu Anda untuk memberikan ketenangan hati dan pikiran.

9. Membantu pola diet

Membantu pola diet

Memiliki berat tubuh yang ideal tidak hanya menjadi keinginan saja, namun juga dilakukan agar Anda memiliki tubuh yang sehat. Diet jika tidak diiringi dengan kesehatan tubuh maka akan menjadi penyakit yang nantinya dapat berbahaya bagi Anda. Oleh karena itu pastikan diet yang Anda lakukan aman dan tepat untuk tubuh Anda.

Kandungan antioksidan serta serat pada tanaman ginseng dapat membantu Anda untuk menerapkan pola diet sehat. Nutrisi yang terdapat pada ginseng ini dapat menarik kolesterol dan lemak yang tentunya dapat melancarkan sistem pencernaan. Sehingga dapat membantu Anda untuk mengatasi permasalahan pola diet yang selama ini susah untuk dilakukan.

10. Membantu melancarkan produksi ASI (Air Susu Ibu)

Membantu melancarkan produksi ASI (Air Susu Ibu)

Bagi para ibu yang baru saja melahirkan dan menyusui, pastikan untuk mengkonsumsi ginseng agar produksi ASI semakin lancar. Terdapat kandungan yang baik pada ginseng sehingga dapat melancarkan peredaran darah dan dapat menstimulus ASI lebih tinggi. Hal ini tentu bermanfaat bagi para ibu yang ingin melancarkan produksi ASI-nya.

Struktur Morfologi Tanaman Ginseng

Tanaman ginseng memiliki tinggi antara 0,1 meter hingga 0,5 meter yang biasanya tumbuh di wilayah yang basah atau dingin. Ginseng dapat ditemui di wilayah Korea, Cina, dan Rusia dan dapat hidup dalam jangka waktu yang lama yaitu lebih dari 100 tahun. Adapun morfologi dari ginseng akan dijelaskan lebih detail di bawah ini.

1. Morfologi akar ginseng

Morfologi akar ginseng

Bagi Anda yang belum tahu, akar ginseng berukuran panjang dan menggembung, serta memiliki bentuk yang menyerupai boneka. Akar ginseng berukuran panjang dapat berfungsi sebagai alat untuk menyimpan makanan dan bahan aktif lainnya. Jika dilihat lebih lanjut, akar ginseng terkadang memiliki ukuran yang kurus sehingga menyerupai bentuk manusia.

Akar ginseng ini memiliki rasa manis di awal dan pahit pada bagian akhir. Adapun akar pada tanaman ginseng ni dapat meningkatkan produksi sel darah merah dan dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh sehingga terhindar dari penyakit.

2. Morfologi batang ginseng

Morfologi batang ginseng

Batang ginseng berbentuk bulat dan bercabang pada bagian bawahnya. Bagian pangkalnya mengeras dan berwarna merah keunguna. Tinggi dari tanaman ini dapat mencapai 70 sampai 80 cm, namun pertumbuhannya terjadi sangat lambat. Tanaman ini mulai muncul cabang dan batang dari tanah sekitar usia 5 tahun.

3. Morfologi daun ginseng

Morfologi daun ginseng

Tanaman ginseng ini juga memiliki daun yang berbentuk bulat oval dan memiliki daun yang tunggal. Bagian ujung daun bergerigi atau merata dan memiliki tulang yang menyirip. Warna daun tanaman ini berwarna hijau gelap dan memiliki tangkai berjumlah 5 pada masing-masingnya.

4. Morfologi buah dan bunga ginseng

Morfologi buah dan bunga ginseng

Tanaman ini memiliki buah yang berbentuk bulat dan berwarna kuning atau meraj kecoklatan dengan biji yang berbentuk kecil, pipih, dan berwarna hitam. Selain itu, ginseng juga memiliki bunga majemuk yang berbentuk malai dan berada di bagian ujung pangkal daun.

Adapun mahkota pada tanaman ini memiliki 5 lekukan yang berbentuk oval dengan ukuran panjang 3 sampai 4 mili meter. Benang sari tanaman ini berjumlah 5 sampai 15 yang memiliki tangka berwarna merah keunguan dan bercabang.

Jenis Tanaman Ginseng

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa tanaman ginseng dapat ditemukan di berbagai wilayah yang memiliki suhu dingin. Namun Anda juga dapat mengkategorikan ginseng menjadi 3 jenis yang disesuaikan dengan tempatnya. Adapun macam-macam ginseng akan dijelaskan di bawah ini.

1. Oriental ginseng

Oriental ginseng

Ginseng oriental atau ginseng Asia ini pada awalnya berasal di daerah Cina dan Korea yang ditemukan di alam liar kemudian dibudidayakan. Ginseng ini bersifat panas dan dapat dikonsumsi untuk menghangatkan badan. Tak jarang, jenis ginseng ini biasanya digunakan di wilayah yang dingin untuk menjadi penghangat alami dalam tubuh.

Ginseng Asia terkenal memiliki manfaat yang lebih banyak, tidak hanya menjadi obat tradisional, ginseng ini juga dapat mengatasi permasalahan psikologis. Dari penelitian yang telah dilakukan di Korea, ginseng Asia memiliki manfaat yang lebih banyak mulai dari menghilangkan rasa cemas hingga mengatasi penyakit kanker.

2. American ginseng

American ginseng

Ginseng yang satu ini berasal dari Amerika Utara yang ditemukan di alam liar dan telah dibudidayakan di Kanada dan Amerika. Tanaman ginseng ini dapat memperbaiki psikologis Anda sehingga memberikan efek rileks dan tentunya mengatasi stress. Tidak hanya itu, jenis ginseng yang satu ini juga memiliki sifat dingin yang nikmat dikonsumsi.

Ginseng ini memiliki kansungan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga kerap digunakan untuk mengatasi flu dan pilek. Ginseng Amerika ini juga dapta digunakan untuk memperbaiki sistem pencernaan dan menambah nafsu makan.

Ginseng ini memiliki khasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit mulai dari demam, kanker, nyeri sendi, pusing, HIV/AIDS, hilang ingatan, diabetes, anemia, dan lain sebagainya. Anda juga dapat memperoleh khasiat dari ginseng ini dengan mengkonsumsi sesuai anjuran yang tepat.

3. Siberian ginseng

Siberian ginseng

Ginseng jenis Siberian ini berasal dari Rusia Timur yang memiliki bahan sama dengan ginseng pada umumnya. Namun ginseng yang satu ini bukan berasal dari klasifikasi Araliaceae dan genus Panax. Ginseng yang satu ini tumbuh di bagian Cina dan Rusia.

Cara Mengkonsumsi Tanaman Ginseng

Cara Mengkonsumsi Tanaman Ginseng

Ginseng aman dikonsumsi oleh semua usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa dapat mengkonsumsi ginseng. Bagi Anda yang menemukan ginseng pasti menemukannya dengan keadaan yang berbeda, mulai dari yang dijual dalam keadaan utuh hingga yang sudah dipotong kecil-kecil. Anda juga dapat menemukan jenis ginseng dalam bentuk bubuk atau cair.

Cara mengkonsumsi ginseng dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari dimasak dengan aneka macam bahan hingga diminum secara langsung. Jika mengkonsumsi ginseng secara langsung menjadi sebuah minuman sangat mudah, langkah yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut :

  • Ambil potongan ginseng secukupnya, kemudian letakkan di dalam gelas
  • Tuangkan air panas yang baru mendidih dalam takaran yang sedikit, maksimal 5 sendok makan untuk ukuran 7 sampai 8 iris ginseng yang telah diletakkan di dalam gelas
  • Lalu tutup gelas tersebut hingga 12 jam dan dapat dikonsumsi antara pagi hingga malam hari. Jika Anda membuatnya pagi, dapat dikonsumsi di malam hari. Namun jika Anda membuatnya di malam hari dapat dikonsumsi pada pagi hari dalam keadaan perut kosong

Penjelasan tentang tanaman ginseng di atas tentu menjadi salah satu pengetahuan bagi Anda untuk mengenal tumbuhan ini lebih detail, bukan? Pastikan untuk memanfaatkan tanaman ini dalam kehidupan sehari-hari agar lebih sehat dan berenergi. Selamat mencoba!

5 Tanaman Ginseng (Lengkap dengan manfaat, dan cara mengkonsumsi)

Add Comment