5+ Tanaman Hias Bunga (Pengertian, 30 ragam jenis bunga, dan cara tanam)

Tanaman Hias Bunga – Menciptakan suasana nyaman dan indah didalam rumah sudah semestinya menjadi hal yang wajib dilakukan. Tidak hanya memiih konsep rumah yang unik, Anda bisa memberikan sentuhan keindahan dengan menempatkan tanaman hias bunga di sekitar rumah baik untuk diletakkan didalam maupun di taman depan.

Tanaman hias bunga tidak hanya sebagai hiasan cantik hunian Anda tetapi juga bisa menjadi bidang usaha yang menjanjikan guna menambah pundi-pundi rupiah. Jika Anda berminat untuk memiliki tanaman hias berbunga ini, Anda harus mengetahui terlebih dahulu ragam jenis yang ada hingga cara perawatannya secara baik dan benar. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini!

Pengertian Tanaman Hias Bunga

Pengertian Tanaman Hias Bunga

Tanaman hias bunga merupakan jenis tanaman hias yang sisi keindahannya ditampilkan dari bagian bunganya. Unsur keindahan tanaman hias ini bisa meliputi bentuk, warna, hingga ukurannya. Jika dilihat dari segi bentuknya bisa berupa daun yang lancip, bergelombang, bulat, dsb. Dari segi warnanya, sudah tentu bunga hias memiliki banyak warna yang indah mulai dari putih, merah, oink, kuning bahkan biru.

Sedangkan jika Anda melihat dari segi ukuran, bunga hias memiliki ukuran yang beragam dari yang mungil hingga melebar. Bunga hias jenis tertentu biasanya akan dibudidayakan untuk dijual di pasaran mulai dari harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Anda juga sangat bisa melakukan budidaya sendiri sehingga akan lebih meningkatkan daya inovasi Anda dalam menciptakan varietas bunga hias baru.

30 Ragam Jenis Bunga Hias

Tanaman hias bunga memiliki jenis yang sangat banyak sehingga tidak heran jika Anda akan kebingungan saat memilihnya. Namun, informasi ragam jenis bunga hias dibawah ini diharapkan dapat membantu Anda dalam memilih jenis bunga yang tepat sesuai kebutuhan. Apa sajakah ragam jenis bunga hias?

1. Bunga kadupul

Bunga kadupul

Tanaman hias bunga yang pertama adalah bunga kadupul. Bunga ini masuk dalam kategori bunga termahal di dunia. Mengapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan bentuk bunga yang unik, bentuk visual yang indah dan juga aroma wangi yang bisa menenangkan. Bunga kadupul berasal dari Sri Langka dan memiliki cara hidup yang unik yakni hanya hidup dalam hitungan jam.

 

2. Mawar Juliet

Mawar Juliet

Mawar Juliet adalah salah satu jenis bunga langka di dunia karena siklus mekarnya dalam kurun waktu 15tahun sekali. Tidak heran jika bunga cantik dari Eropa ini bisa dijual dengan harga selangit hingga mencapai 5.8 juta dollar Amerika.

3. Adenium Kamboja

Adenium Kamboja

Bunga kamboja sudah sering dilihat oleh masyarakat kita karena salah satu jenisnya selalu ada di pemakaman. Namun bunga adenium kamboja ini tidak hanya sebagai hiasan di pemakaman saja, melainkan juga bisa menjadi penghias salah satu sudut rumah Anda. adenium kamboja berasal dari daratan pesisir afrika dan Asia Barat.

Nama adenium kamboja diambil dari tempat asalnya di kota Aden, Yaman. Orang-orang asli yaman biasanya menyebut bunga ini dengan sebutan dessert rose atau bunga padang pasir karena bisa tumbuhan di daerah gurun yang kering. Warna dari tanaman hias bunga ini sangat beragam mulai dari putih, kuning, merah hingga oranye.

4. Kaktus

Kaktus

Jika dahulunya bunga kaktus dipandang sebelah mata karena berduri lembut, ternyata saat ini bunga kaktus menjadi primadona untuk tanaman hias di sudut rumah. Ukuran kaktus yang dijadikan hiasan rumah biasanya berukuran mini dan bentuk yang unik. Seperti yang sudah kita ketahui, jika Anda memiliki kaktus, Anda tidak perlu sering menyiramnya.

Kaktus merupakan salah satu tanaman yang mampu hidup tanpa air. Meskipun demikian, Anda tetap harus merawatnya dengan baik dan benar. Jenis kaktus ada berbagai macam mulai dari mammiliana fraileana hingga ball cactus.

5. Dendrobium ranti orchid

Dendrobium ranti orchid

Bunga dengan nama yang cukup panjang dan sulit diucapkan ini adlaj jenis bunga anggrek yang asalnya dari pulau Sulawesi. Bunga ini berbentuk layaknya bintang dengan warna dasar putih dan garis ungu pada lidah bunga. Bunga yang termasuk mini ini berukuran 3-4 cm dengan jumlah bunga maksimal 4 tangkai tiap batangnya.

6. Anthurium

Anthurium

Bunga anthurium masuk dalam family Araceae dengan ciri bunga majemuk. Bunga ini bisa dijadikan sebagai penghias di pekarangan rumah Anda. Hal yang membuat bunga ini disukai banyak orang karena memiliki bentuk yang unik da warnanya hijau tua. Terdapat kurang lebih 1000+ jenis bunga Anthurium yang bisa Anda pilih sesuai selera.

7. Tapak Dara

Tapak Dara

Bunga tapak dara memiliki ciri unik yaitu bentuk daunnya menyerupai telur dengan susunan daun menyirip. Jika Anda ingin menanam tanaman hias bunga ini, Anda harus meletetakkannya di area terbuka seperti taman depan dan samping agar pertumbuhan dan perkembangannya bisa maksimal.

8. Melati

Melati

Bunga melati sudah dikenal sebagai bunga mungil cantik namun memiliki aroma yang harum mewangi. Bunga ini bisa tumbuh di daerah kering. Anda bisa menanam dan membudidayakannya di taman samping atau taman belakang rumah. Bagi orang Jawa, bunga ini masuk dalam bunga sakral karena digunakan dalam setiap acara pernikahan.

9. Kemuning

Kemuning

Murraya Paniculata atau yang lebih kita kenal sebagai bunga kemuning merupakan salah satu tanaman hias yang juga menghiasi rumah dan taman. Bunga indah ini memiliki warna putih disertai bau wangi yang menenangkan. Selain cantik, bunga kemuning juga memiliki khasiat kesehatan yaitu digunakan sebagai obat disentri dan diare.

10. Dahlia

Dahlia

Para penyuka bunga pasti tidak ketinggalan dalam mengoleksi bunga dahlia. Ketenaran bunga ini hingga membuatnya dijadikan sebagai judul lagu bahkan nama seseorang. Ragam jenis bunga cantik ini juga sangat banyak. Warna-warna cerah seperti pink, ungu, putih menjadi favorit para kolektor bunga. Jika Anda memiliki bunga ini, pastikan merawatnya dengan baik dan benar.

11. Hydrangea/ Hertensia

Hydrangea/ Hertensia

Hortensia memiliki spesies sebanyak 70 hingga 75 jenis yang menyebar di wilayah Amerika dan Asia. Jika Anda kesulitan mengucapkan nama bunga ini, orang Indonesia biasa menyebutnya dengan bunga bokor. Bunga bokor pada umumnya ditanam pada area taman dengan harga bibit 70 ribu rupiah tiap batangnya.

12. Gloriosa

Gloriosa

Bunga yang dikenal cukup mahal karena harganya mencapai 150 ribu per batang ini tetap banyak dicari oleh kolektor bunga. Tanaman hias Gloriosa merupakan bunga hias terlangka di dunia. Lokasi tumbuhanya berada di Afrika. Jika Anda hendak membelinya, orang Indonesia biasanya menyebut bunga ini dengan nama kembang sungsang.

13. Gelombang Cinta

Gelombang Cinta

Sekitar 10 tahun yang lalu, bunga gelombang cinta menjadi trend bahkan memiliki nilai jual yang snagat tinggi mencapai ratusan juta rupiah. Bunga hias ini biasanya diletakkan di teras depan. Ukuran bunga cenderung besar dan bentuk pinggir daun bergelombang. Budidaya bunga ini terbilang mudah karena Anda bisa menanamnya didalam pot berbagai ukuran.

14. Kantong Semar

Kantong Semar

Dalam buku pelajaran SD pasti sudah dikenalkan dengan bunga kantong semar. Tanaman hias bunga ini memiliki kurang lebih 140 spesies yang berbeda. Meskipun memilik tempilan yang cantik dan mempesona, tanaman ini masuk dalam kategori karnovira dan makanan utamanya adalah serangga.

15. Bunga Lily

Bunga Lily

Anda pasti sudah tidak asing dengan bunga lily. Bunga ini menjadi favoritnya para kolektor karena memiliki tampilan yang super cantik. Anda bisa melihat kuntum bunga yang mekar tiap setahun sekali. Hal inilah yang membuat bunga lily memiliki harga jual yang tinggi yaitu mulai 500 ribu rupah per tangkai.

16. Eustoma / Lisianthus

Eustoma / Lisianthus

Bunga hias eustoma dikenal memiliki harga yang cukup mahal yaitu 15- hingga 400 ribu rupiah tiap tandan. Namun, masih banyak kolektor yang mengincar bunga ini karena keindahannya yang cukup mempesona. Kuntum bunga eustoma memiliki warna yang beragam dan teksturnya sangat halus. Anda bisa menanam bunga estoma di taman depan rumah.

17. Saffron Crocus

Saffron Crocus

Bunga kuma-kuma atau Saffron Crocus memiliki bentuk yang sederhana tetapi harganya cukup mahal. Anda harus merogoh kocek sebesar 10 hingga 15 juta rupiah. Saat ini bunga saffron sangat populer untuk obat penyubur kehamilan dan menambah stamina. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda membudidayakan bunga ini dan dijadikan sebagai lahan usaha.

18. Kinabalu Orchid

Kinabalu Orchid

Kinabalu orchid masuk dalam keluarga bunga anggrek. Bunga cantik ini juga termasuk bunga yang langka sehingga ditempatkan juga di taman nasonal. Jika Anda hendak memiliki bunga ini, Anda harus menyiapkan uang sebesar 70 juta rupiah untuk mendapatkan 1 batang kanabalu orchid.

19. Shenzhen Nongke Orchid

Shenzhen Nongke Orchid

Jenis lain dari bunga anggrek yang bisa menghiasi rumah Anda agar terlihat lebih cantik adalah bunga Shenzhen nongke orchid. Jenis anggrek ini berasal dari negeri China. Namun, bunga ini harganya tergolong mahal yakni mencapai 200 juta rupiah tiap batangnya.

20. Tulip bulp

Tulip bulp

Bunga tulip juga menjadi incaran para penyuka bunga tidak terkecuali Anda bukan? Bunga ini memiiliki bentuk yang indah dengan pilihan warna yang beragam. Jika Anda ingin membididayakannya dirumah, Anda harus memiliki tempat khusus dengan suhu yang dingin. Harga tiap batang bunga tulip bisa mencapai 70juta rupiah.

21. Asoka

Asoka

Bunga asoka tergolong bunga yang mudah dalam cara tanam dan perawatannya. Tidak heran jika Anda memilih bunga ini untuk menghiasi tanam depan rumah. Bunga asoka memiliki warna yang indah dan menarik layaknya warna pelangi. Bunga asoka juga bisa tumbuh dengan baik di tempat panas maupun teduh.

22. Bougenville

Bougenville

Tanaman hias bunga yang banyak ditemui di taman depan rumah adalah bunga bougenville. Bunga ini memiliki ragam warna yang berbeda muali dari putih, ungu, oranye,, pin, dsb. Ukuran tanaman yang sedang sangat pas jika diletakkan di depan rumah. Anda bisa menanam bunga ini di pot atau langsung ke tanah.

23. Bunga Sepatu

Bunga Sepatu

Bunga sepatu sudah dikenal sebagai bunga yang indah karena memiliki mahkota pada bagian tengah. Bunga ini memiliki warna yang beragam yakni merah, ungu, putih, pink dan sebagainya. Pertumbuhan tanaman hias ini cukup cepat dan bisa mencapai ukuran pohon yang besar, sehingga Anda harus memiliki pot berbagai ukuran.

24. Sakura

Sakura

Bunga sakura dikenal sebagai bunga khas asal Jepang. Nama lain dari bunga ini adalah Rosaceace atau cherru blossom. Bunga sakura akan memancarkan keindahannya saat mekar. Ada berbagai warna bunga sakura yang membuatnya terlihat cantik, selain itu, bunga sakura juga memiliki nilai sakral bagi orang Jepang.

25. Amarilis

Amarilis

Bunga amarilis dikenal sebagai bunga yang cantik dengan variasi warna yang banyak. Jika Anda hendak membudidayakannya, Anda harus meletakkan bunga ini di tempat yang teduh tanpa terkena matahari langsung. Untuk media tanamnya bisa menggunakan pot . Bunga canik ini juga bisa mengusir serangga seperti nyamuk.

26. Alamanda

Alamanda

Tanaman hias bunga lain yang mudah dalam perawatannya adalah bunga Alamanda. Pertumbuhan tanaman ini terbilang cukup cepat. Anda cukup menanamnya didalam pot dengan ukuran yang sesuai. Ada berbagai jenis bunga alamanda yang bisa Anda pilih untuk menghiasi rumah, tetapi di Indonesia sendiri jenis yang paling populer adalah allamanda cathartica.

27. Kenanga

Kenanga

Bunga hias kenanga adalah salah satu bunga khas Indonesia yang memiliki bau yang harum. Bunga ini berasal dari tanah Sumatera tepatnya di Aceh dan beberapa wilayah sumatera utara lainnya. Kelopak bunga kenanga berwana kuning dengan daun berukuran kecil. Selain mempercantik taman depan rumah, bunga ini juga memiliki nilai yang sakral khususnya pada upacara adat tertentu.

28. Lavender

Lavender

Siapa yang tidak kenal dengan bunga lavender? Bunga ini memiliki tampulan yang cantik dengan warna ungu yang menyala. Bunga lavender juga dikenal ampuh dalam mengusir nyamuk di rumah. Para pedagang bunga lavender akan sangat laku keras saat memasuki musim hujan karena para pembeli hendak menanamnya untuk mengusir nyamuk dirumah.

29. Bunga Matahari

Bunga Matahari

Seperi namanya bunga matahari, bunga ini memiliki warna kuning terang dan warna coklat muda pada bagian tengah. Bunga ini masuk dalam kategori bunga majemuk karena memiliki ratusan bunga kecil dalam tiap bongkol. Anda bisa menanam bunga matahari di depan rumah agar tampilan rumah semakin cantik.

30. Geranium

Geranium

Geranium adalah satu dari sekian banyak jenis bunga hias yang memiliki warna cantik nan mempesona. Bunga ini juga mengeluarkan bau yang wangi sehingga mampu mengusir nyamuk dan serangga. Anda bisa menanam bunga geranium kedalam pot dan meletakkannya di tersa depan atau digantung.

Media Tanam Untuk Tanaman Hias

Tanaman hias bunga bisa tumbuh subur dan baik jika menggunakan media tanam yang tepat. Penggunaan media tanam yang digunakan didasarkan pada jenis tanaman, wilayah dan kondisi alam sekitar. Berikut ini beberapa media tanam bunga hias yang banyak digunakan, diantaranya yakni:

1. Spons

Spons

Spons bisa menjadi media tanam untuk tanaman hias. Keunggulan yang akan didapatkan dari media tanam ini berupa kualitas pertumbuhan tanaman yang lebih bagus dan subur. Hal ini dikarenakan spons mampu menyimpan cadangan air untuk si tanaman

2. Kompos

Kompos

Media tanam yang sudah tidak asing bagi kita adalah kompos. Media tanam ini bisa digunakan untuk tanaman hias bunga Anda. Cara penggunaannya yang mudah, harga yang murah juga manfaatyang melimpah menjadikan media tanam ini sebagi pilihan terbanyak masyarakat Indonesia khususnya yang ada di wilayah pedesaan.

3. Arang sekam

Arang sekam

Arang sekam adalah media tanam untuk tanaman hias yang dianggap paling murah, steril dan efisien. Hal ini disebabkan oleh kandungan yang ada dalam arang sekam yakni lemak, serat kasar, hydrogen, protein kasar, abu, kadar air, karbohidrat, oksigen, silika dan karbon. Semua zat kimia yang ada dalam arang sekam sangat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman.

4. Cocopeat atau serbuk sabut kelapa

Cocopeat atau serbuk sabut kelapa

Jika Anda ingin menggunakan media tanam organic, Anda bisa menggunakan cocopeat atau serbuk sabut kelapa. Media yang berasal dari alam ini mampu menyimpan air 6 hingga 9x lipat lebih banyak daripada jenis media tanam lainnya. Hal ini akan memudahkan Anda karena tidak perlu menyiram tanaman terlalu sering.

5. Pasir

Pasir

Pasir merupakan salah satu media tanam yang tidak bisa ditinggalkan. Metode bunga hias pun bisa menggunakan media tanam ini untuk mendapatkan hasil tanaman yang melimpah dan berkualitas. Bobot pasir yang cukup berat mampu menopang pertumbuhan tanaman sehingga tanaman Anda bisa berkembang dengan baik.

6. Kerikil

Kerikil

Media tanam yang juga banyak digunakan para petani bunga hias adalah kerikil. Fungsi kerikil ini sebagai penopang tanaman sehingga pertumbuhannya bisa baik dan optimal. Selain itu, kerikil mampu melarutkan unsure hara dan udara untuk si tanaman. Sayangnya, media ini sulit mengikat air sehingga Anda harus rutin untuk melakukan penyiraman.

7. Serbuk kayu

Serbuk kayu

Tanaman sayuran bisa ditanam dengan cara bunga hias melalui media tanam sebuk kayu. Hasil dari gergajian kayu ini sangat bermanfaat bagi tanaman karena bisa menyerap air dengan baik. Hal ini akan membuat air cepat meresap ke akar tanaman sehingga tanaman Anda lebih subur dan tumbuh dengan optimal.

8. Batang pakis

Batang pakis

Batang pakis juga bisa digunakan sebagai media tanam bunga hias. Ada juga jenis batang pakis yakni coklat dan hitam. Tetapi yang paling sering digunakan sebagai media tanam adalah batang pakis hitam yang kering. Batang pakis kering ini akan lebih mudah untuk dibentuk sehingga mampu mengikat air dengan baik.

9. Pecahan batu bata

Pecahan batu bata

Jika Anda baru saja bangun rumah dan banya memiliki pecahan batu bata, Anda bisa memanfaatkannya sebagai media tanam bunga hias. Media tanam ini diklaim baik karena berfungsi sebagai pelekat akar tanaman. Selain itu, pecahan batu bata mampu memaksimalkan drainase dan aerasi air tanaman.

10. Moss

Moss

Moss termasuk dalam media tanam organik yang paling bagus untuk digunakan dalam metode bunga hias. Moss terbuat dari akar paku-pakuan dari pepohonan di hutan. Dengan menggunakan media moss, akar tanaman Anda akan lebih bebas untuk tumbuh dikarenakan rongga moss yang masih banyak ruang. Selain itu, moss juga mampu mengikat air dengan maksimal.

11. Tanah Liat

Tanah Liat

Tanah liat juga bisa dijadikan sebagai media tanam bunga hias yang baik. Hal ini dikarenakan mampu mengikat air lebih banyak dari banyaknya pori-pori dalam tanah liat. Sayangnya, tanah liat sangat minim unsure hara sehingga harus didukung dengan media tanam lain agar tanaman Anda bisa tumbuh optimal dan subur.

12. Humus

Humus

Humus merupakan salah satu media tanam organik yang bisa Anda gunakan. Humus terbuat dari pelapukan jasad mikro hewan dan tumbuhan. Humus akan bekerja secara maksimal jika Anda mengkombinasikannya dengan media tanam lain. humus harus dikombinasikan karena cukup rentan dengan jamur.

13. Gabus

Gabus

Gabus atau sterofoam juga bisa digunakan dalam media tanama bunga hias khususnya untuk jenis sayuran. Gabus sendiri dibuat dari kopolimer styrene yang mana difungsikan sebagai media adaptasi tanaman sebelum benar-benar ditanam.

Cara Budidaya Tanaman Hias

Bagi Anda yang ingin membudidayakan tanaman hias bunga, Anda harus mengetahui terlebih dahulu langkah-langkanya dengan benar. cara budidaya bunga hias berbeda satu sama lain, namun Anda bisa mengikuti langkah umum berikut, diantaranya:

1. Pilih jenis tanaman sesuai kebutuhan

Pilih jenis tanaman sesuai kebutuhan

Terdapat banyak ragam bunga hias yang bisa Anda pilih untuk dibudidayakan. Mulai dari bunga hias indoor dan outdoor hingga bunga yang laku keras di pasaran atau langka dan bernilai jual tinggi. Salah satu jenis bunga yang mudah dibudidayakan adalah enggerak dan krisan. Kedua bunga ini juga membutuhkan perawatan yang simple sehingga tidak akan merepotkan Anda.

2. Siapkan alat dan media tanam

Siapkan alat dan media tanam

Setelah Anda menentukan jenis bunga hias, Anda harus menyiapkan alat dan media tanam yang akan digunakan. Hal umum yang harus disiapkan adalah pot atau polybag, semprotan air, sekop, cangkul dan media tanam. Media tanam ini bisa meliputi tanah, pupuk kandang, humus, cocopeat dan sebagainya.

3. Tahap penanaman

Tahap penanaman

Ada beberapa tahapan penanaman yang harus dilakukan untuk bunga hias pilihan Anda. pada tahapan penanaman harus dilakukan dengan benar dan tidak boleh sembarangan. Hal ini dimaksudkan agar tanaman hias bunga Anda bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Berikut tahapan yang harus Anda lakukan, mulai dari:

• Pot dan media tanam disiapkan. Jika Anda menggunakan media tanah dan kompos, cukup campurkan kedua media tanam tersebut
• Siapkan pot dan isi dengan media tanam lalu bibit tanaman langsung dimasukkan. Bibit tanaman hias sangat beragam yakni mulai dari biji, batang, anakan dan lainnya.
• Lakukan penyemaian dengan benar dan teliti.
• Siram denga air yang cukup sesuai dengan jenis bunga hias yang Anda tanam.

4. Perawatan dengan benar

Perawatan dengan benar

Agar tanaman Anda bisa tumbuh dan berkembang dengan baik dan menghasilkan bunga yang cantik, Anda perlu melakukan perawatan yang benar. perawatan yang dilakukan mulai dari memastikan kecukupan air dan pemberian pupuk yang menyehatkan tanaman hias.

Cara Merawat Tanaman Hias Bunga

Bunga hias akan tumbuh dengan baik dan menghasilkan bunga yang cantik saat Anda melakukan perawatan yang benar. Anda tentu tidak ingin bunga hias yang ditanam cepat layu bukan? ada 3 hal yang harus Anda perhatikan dalam merawat bunga hias. Apa sajakah itu?

1. Kebutuhan air

Kebutuhan air

Anda harus memastikan bunga hias yang ditanam tidak kekurangan air. Anda bisa rutin menyiraminya tiap hari. Pastikan Anda mengetahui jenis bunga hias yang ditanam agar mengetahui seberapa banyak air yang dibutuhkan oleh bunga tersebut.

2. Insektisida dan pestisida

Insektisida dan pestisida

Jika Anda ingin bunga hias terbebas dari serangan penyakit atau hama, Anda bisa menyemprotkan cairan insektisida dan pestisida. Berikan cairan kimia ini sesuai dengan permasalahan bunga hias Anda. Gunakan secukupnya tanpa berlebihan.

3. Pupuk untuk kesuburan

Pupuk untuk kesuburan

Pupuk adalah salah satu hal terpenting dalam membuat tanaman hias bunga Anda bisa tumbuh subur dan berbunga dengan indah. Anda bisa memilih menggunakan pupuk kimia maupun pupuk organik. Pupuk kimia bisa Anda beli di toko terdekat, sedangkan pupuk organik bisa Anda buat sendiri dirumah, misalnya dari kotoran kambing.

Informasi mengenai jenis, media tanam hingga cara perawatan tanaman hias bunga diatas diharapkan mampu memberikan pengetahuan kepada Anda seputar bunga hias. Ada banyak jenis bunga yang bisa dipilih. Bunga hias jenis apa yang menjadi favorit Anda?

5+ Tanaman Hias Bunga (Pengertian, 30 ragam jenis bunga, dan cara tanam)

Add Comment