5 Tanaman Hias Murah (Lengkap dengan gambar dan deskripsi)

Tanaman Hias Murah – Tanaman hias memberikan kesan menarik dan menyejukkan apabila di rawat dan di tanam halaman rumah. Sekarang Anda tidak perlu cemas jika ingin menghadirkan kesejukan dengan beragam tanaman hias yang dibanderol dengan harga relatif murah.

Memperoleh Tanaman hias Murah yang Diinginkan

Memperoleh Tanaman hias Murah yang Diinginkan

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin mendapatkan tanaman hias murah yang diinginkan. Cara memperoleh tanaman hias dapat Anda lakukan dengan berkunjung ke beberapa toko tanaman baik secara online maupun offline. Melakukan peninjauan harga dan jenis tanaman yang ingin didapat.

Sebenarnya, Anda dapat mendapatkan tanaman hias murah meriah dengan cara mengambilnya di sekitar rumah tanpa perlu membeli. Menentukan beberapa tanaman yang ada di sekitar. Baik tanaman tersebut berupa semak, perdu, liar maupun tanaman yang sering dijumpai. Apabila Anda melakukan perawatan dengan baik maka tanaman tersebut tetap terlihat cantik dan menawan.

Berikut beberapa tanaman hias murah yang bisa Anda jadikan pilihan

1. Krisan

Krisan

Terdapat beragam jenis bunga krisan di pasaran. Bunga ini memiliki beragam warna yang sangat menawan mulai dari jenis Krisan Aster Remix, Krisan Pink, Krisan White Angelina, Yellow Angelina dan lain sebagainya.

Bunga krisan seringkali dijadikan sebagai tanaman buket maupun karangan bunga untuk acara-acara tertentu seperti, wisuda, ucapan selamat dan karangan bunga untuk seseorang. Biasanya, bunga ini memiliki masa panen dengan kisaran waktu 4-7 bulan.

Hanya saja, bunga krisan memiliki ketahanan rendah terhadap air hujan sehingga Anda perlu menempatkan tanaman ini dari pengaruh air hujan ketika musimnya telah tiba. Setiap pasar maupun toko memiliki harga jual tersendiri. Biasanya bunga ini dijual senilai 26 ribu tiap batang untuk dijadikan sebagai bibit.

2. Lollipop

Lollipop

Bunga ini dikenal juga sebagai bunga lilin yang memiliki daerah tumbuh pada iklim sedang dan rendah. Nama latin tanaman ini ialah Pachystachs lutea berasal dari negara Peru. Namun, bunga ini tetap bisa tumbuh cantik di Indonesia yang memiliki iklim tropis.

Daerah-daerah yang cocok sebagai tempat tumbuhnya di Indonesia ialah dataran rendah. Apabila Anda berkeinginan untuk menanam Lollipop bisa mendapatkannya dengan harga 22 ribu. Perawatan tanaman ini harus mendapatkan pencahayaan dan pengairan secara berkala. Tinggi tanaman yang biasa dikirimkan dengan kisaran tinggi 20-40 sentimeter.

3. Ruellia Ungu

Ruellia Ungu

Tanaman asal Meksiko ini, tidak hanya dijadikan sebagai penghias taman Anda. namun, juga dijadikan sebagai obat herbal alternatif. Karakteristik bunganya dapat bermekaran tiap tahunnya dengan kondisi lembab dan tidak terlalu kering maupun dingin.

Ruellia ungu dapat beradapatasi pada iklim tropis seperti di Indonesia. Pada umunya, dijadikan sebagai tanaman pembatas yang memiliki ketinggian hingga mencapai 1 meter. Tanaman ini tumbuh berumpun dan bisa Anda dapatkan dengan dibanderol harga 22 ribu setiap 3-5 batang.

Anda dapat menentukan varian warna yang ditawarkan mulai dari warna merah muda, putih dan ungu. Perawatan terhadap tanaman ini terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu menempatkan tanaman ini dengan paparan sinar matahari secara langsung dan pengairan berkala.

4. Mawar

Mawar

Bunga ini masih tetap eksis bagi kalangan kawula muda sebagai perlambang cinta. Sepak terjangnya masih tetap menjadi primadona, apalagi sekarang beragam tanaman mawar dengan corak yang sangat cantik. Anda bisa mendapatkan bibit tanaman hias murah ini di berbagai toko tanaman.

Ragam warna mawar meliputi, mawar batik kuning, mawar jingga, mawar putih dan lain sebagainya. Biasanya, tanaman ini dijadikan satu dengan tanaman lain dalam bentuk buket. Anda bisa memperoleh bibitnya dengan harga 20-50 ribu tergantung varian yang dipilih.

Bibit tanaman mawar biasanya dijual dan dikirm melalui ekspedisi dengan tinggi berkisar 20-40 sentimeter. Perkembang biakan tanaman dapat tumbuh di segala cuaca. Perlu memeperhatikan intensitas pencahayaan dan sistem pengairan berkala.

Harga Tanaman Hias Murah Jenis Kecil

1. Tanaman Kaktus

Tanaman Kaktus

Tanaman kaktus bisa menjadi tanaman hias pelengkap meja kantor maupun ruangan Anda. Tentunya, Anda tidak perlu melakukan penyiraman secara terus-menerus. Hal ini dapat menyebabkan busuk akar. Hal ini dilakukan agar perkembang biakan tanaman tumbuh dengan sehat dan tidak mengalami kerusakan. Kaktus menyukai tanah yang keras dan paparan sinar matahari secara langsung.

Tanaman kaktus biasa di tanaman dalam bentuk stek. Namun, Anda bisa memperoleh tanaman ini dengan harga berkisar 15 ribu. Cara perbanyakan tanaman ini bisa dilakukan stek, bonsai maupun di tanam ke dalam pot.

2. Kaktus Sukulen

Kaktus Sukulen

trend kaktus berukuran mini kini menjadi penghias rumah minimalis maupun sekedar penghias meja. Salah satu jenis sukulen yaitu sukulen zebra. Karakteristiknya sangatlah unik akrena terdapat garis-garis menyerupai zebra.

Biasanya sukulen memiliki tinggi tidak lebih dari 15 sentimeter dan ditanam pada pot berukuran mini. Anda bisa mendapatkan tanaman ini dibanderol dengan harga senilai 10 ribu. Tentunya, harga tersebut dapat berubah didasarkan permintaan dan jenis sukulen. Tanaman sukulen lain yang tak kalah eksotis ialah kaktus jade.

3. Rembosa

Rembosa

Salah satu jenis tanaman perdu yang masih dijual di pasaran sebagai tanaman hias murah ialah pohon rembosa dalam ukuran mini. Karakteristik tanaman ini memiliki bunga putih berukuran kecil. Tidak hanya diminati sebagai penghias taman saja, tanaman ini dikenal sebagai tanaman yang sangat cocok untuk rumah minimalis.

Bentuk tanaman yang unik, rapi dan terkesan tertata dengan beragam macam mulai dari hijau, kuning dan silver. Menjadikan tanaman ini cocok untuk pelengkap taman outdoor. Anda bisa mendapatkan tanaman ini dengan uang 15 ribu saja.

Tanaman Hias Murah Ukuran Besar

1. Tanaman Lavender

Tanaman Lavender

Selain dianggap sebagai tanaman penghalau serangan nyamuk, tanaman Lavender dapat dijadikan sebagai tanaman hias baik outdoor maupun indoor. Karateristik bunganya yang menawan dengan warna ungu dan aromanya yang harum. Menjadikan rumah Anda menjadi nyaman dan asri.

Tanaman dari keluarga Lamiaceae ini, dapat Anda peroleh dengan kisaran harga 50 ribu. Tentunya, perawatan dan penanaman perlu Anda perhatikan agar tanaman ini dapat tumbuh dan hidup.

2. Tanaman Peace Lily

Tanaman Peace Lily

Tanaman peace lily dapat dijadikan sebagai tanaman hias murah indoor yang bisa Anda peroleh dengan kisaran harga 60 ribu. Banyak yang beranggapan tanaman ini dianggap sebagai perlambang kedamaian. Karakteristik tanaman ini memiliki bunga berwarna putih dengan daun mengkilap.

Anda bisa melakukan perawatan tanaman dengan memperhatikan kelembapan, terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung dan pengairan yang cukup. Anda bisa melakukan pemangkasan agar pertumbuhan tanaman tetap sehat.

3. Tanaman Suplir

Tanaman Suplir

Tanaman unik ini memiliki nama lain Adiantum. Penampilannya yang menarik dapat dibedakan dari tanaman berjenis paku-pakuan. Suplir masuk dalam kategori suku Pteridaceae yang dapat Anda jadikan sebagai tanaman penghias taman maupun ruangan yang sangat menawan. Selain itu, Anda dapat memperoleh tanaman ini dengan harga berkisar 30 ribu.

4. Tanaman Lotus

Tanaman Lotus

Tanaman lotus memiliki kemiripan dengan bunga teratai. Namun, terdapat beberapa perbedaan, salah satunya ialah tangkai tanaman teratai menjuntai lebih pendek dan lunak dibandingkan lotus. Selain memiliki perbedaan karakteristik pada ketamapakan tangkai bunga, daun pada daun lotus lebih rentan terhadap air dibandingkan teratai.

Lotus memiliki nama latin Nelumbo nucifera dan sering disebut sebagai bunga seroja. Keindahan bunga dan karakteristik daunnya memang memikat bagi papa pecinta tanaman hias. Selain indah, tanaman ini dianggap sakral karena dijadikan tanda bagi kepercayaan budha maupun hindu.

Tanaman lotus memang dijadikan sebagai perlambang negara India karena asal-muasal tanaman ini dari negara tersebut. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena jenis tumbuhan ini banyak ditemukan di beberapa toko tanaman. Anda bisa mendapatkannya dengan kisaran harga 125 ribu.

5. Tanaman Bambu Air Dan Teratai

 

Tanaman bambu air memang memiliki kemiripan bentuk dengan bambu hidup di daratan. Namun, memiliki perbedaan media tanamnya. Bambu air hidup di daerah berlumpur dan tergenang air. Anda bisa menentukan pilihan dari beberapa jenis tanaman ini yaitu bambu air hijau dan warna hijua putih berbelang-belang atu dikenal sebagai bambu kuning.

Bagi para pecinta tanaman hias, bambu jenis ini memang sudah banyak dijumpai. Jadi, Anda tidak perlu bingung dalam melakukan penaman dan perawatan tanaman bambu air. Kisaran harga yang bisa Anda siapkan untuk mendapatkan tanaman ini seharga 225 ribu. Namun, tanaman ini dipaket dengan bunga teratai.

Tanaman bambu memiliki ketinggian hingga mencapai 3 meter dengan ukuran batang lebih kecil dibandingkan bambu daratan. Tanaman ini sangat cantik apabila Anda menanamnya di kolam taman dengan kapasitas ruang tanam memadai.

6. Tanaman Rosemary

Tanaman Rosemary

tanaman ini memiliki karakteristik daun meruncing mirip dengan daun cemara berbentuk oval berukuran kecil. Namun, tanaman ini hanya bisa tumbuh dengan ketinggian pohon berkisar 1-2 meter. Nama latin rosemary ialah Rosmarinus officinalis. Selain daunnya yang unik, bunganya yang imut berwarna biru hingga ungu pucat.

Anda dapat memperoleh tanaman ini dengan dibanderol harga berkisar 60 ribu. Tanaman Mediterania ini sangat cocok untuk melengkapi taman hias Anda agar menjadi lebih cantik sekaligus menyegarkan.

7. Tanaman Calathea Silver

Tanaman Calathea Silver

tanaman ini dikenal juga sebagai maranta silver merupakan tanaman berupa semak pendek. Karakeristik daunnya sangat indah dengan warnanya berupa bau-abu kehijauan dengan kilap di permukaanya. Anda bisa menaman tanaman ini dengan media berupa pouros.

Selain itu, Anda tidak perlu bingung untuk mendapatkan tanaman ini karena tersedia di toko-toko yang menjual tanaman hias dengan dihargai 45 ribu. Tanaman calathea silver bisa menjadi alternatif penghias taman Anda agar tampak lebih berkesan dan asri.

8. Aglaonema

Aglaonema

Tanaman ini telah dikenal oleh masyarakat baik orang awam maupun pecinta tanaman hias dengan nama sri rejeki. Aglaonema tumbuh baik di daera-daerh beriklim tropis salah satunya, Indonesia. Tanaman dari suku Araceae ini dapat Anda rawat dengan tingkat kelembapan tinggi dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

Anda bisa mendapatkan tanaman ini dengan harga 90 ribu. Beragam warna yang cantik dari berbagai varietasnya bisa Anda pilih. Aglaonema bisa Anda jadikan sebagai tanaman pelengakp yang sangat menawan sekaligus menyejukkan.

9. Tanaman Calathea Bulu Ayam

Tanaman Calathea Bulu Ayam

Pembuatan taman secara vertikal kini juga memanfaatkan tanaman Calathea Bulu Ayam sebagai salah satu tanaman hiasnya. Anda dapat memperlakukan tanaman ini di pot. tanaman ini dapat Anda tempatkan pada taman secara horizontal. Perawatan tanaman ini terbilang cukup mudah karena dapat bertahan hidup dengan unsur hara tidak banyak.

Karakteristik tanaman ini terbilang cukup unik karena ukuran daunnya kecil dan membesar dengan bercak-bercak putih membuatnya tampak menawan. Calathea bulu ayam dapat tumbuh di daerah beriklim tropis, salah satunya Indonesia. Selain di Indonesia, Anda dapat menemukannya di benua eropa dan dikenal sebagai tanaman doa.

Meskipun dapat tumbuh dengan unusr hara sedikit, Calathea memiliki pertumbuhan yang sangat baik dengan komponen unsur hara yang cukup dan penyiraman yang cukup dan berjangka. Namun, Anda tidak perlu khawatir untuk mengkoleksinya sebagai tanaman hias taman. Harga Calathea Bulu Ayam bisa dibanderol dengan harga 40 ribu di toko tanaman.

10. Tanaman Calathea Merak

Tanaman Calathea Merak

Anda dapat menanam tanaman ini sebagai tanaman hias pelengkap koleksi di rumah. Calathea merak merupakan salah satu jenis dari Calathea sp. Keunikan karakteristik daunnya yang mirip dengan sisik bulu burung merak menjadikannya dikenal sebagai calathea peacock atau calathea kencur.

Karakteristik daunnya memiliki daun lebar dan berbentuk meruncing dengan hiasan bercak-bercak mirip bulu merak. Selain unik dan cantik sebagai tanaman indoor, calathea memiliki kemampuan dalam membersihkan udara sekaligus menyerap zat kimia di udara. Anda dapat memiliki tanaman ini dengan harga dibanderol seharga 125 ribu.

Perawatan dan penanaman pada tanaman ini dapat dilakukan di daerah dataran rendah maupun tinggi. Selain mampu juga menghasilkan udara yang bersih. Calathea dapat menghalau rasa stres dan relaksasi.

11. Tanaman Lidah Mertua

tanaman yang dapat tumbuh baik di daerah beriklim tropis ini memiliki beberapa varietas yang bisa Anda pilih yaitu, varietas hijau polos dan varietas bergurat kuning di bagian tepi daunnya yang lancip. Anda dapat menempatkan tanaman lidah mertua baik indoor maupun outdoor.

Nama latin tanaman ini Sansevieria merupakan salah satu tanaman yang tumbuh di tanah asalnya Afrika Barat. Selain dijadikan sebagai tanaman hias, lidah mertua mampu menghalau polusi udara melalui penyerapan dan radiasi. Tidak hanya itu, tanaman Sansevieria ini dapat menjadikan rambut lebih berkilau. Anda bisa memperolehnya dengan harga 60 ribu.

12. Tanaman Hias Karet Kebo

Tanaman Hias Karet Kebo

Tanaman dengan tinggi mencapau 4-7 meter ini dibanderol dengan harga 125 ribu. Tanaman karet kebo memiliki karakateristik tanaman berupa batang bergetah, daun sedikit tebal, kuat dan lebar. Meskipun, bunganya tidak terlalu menawan. Namun, tanaman ini memiliki wana cokelat kemerahan pada bagian kuncup dan daun yang sangat cantik.

Anda bisa menempatkannya sebagai tanaman infoot maupun outdoor di rumah. Selain itu, Anda bisa mendapatkannya dengan harga 125 ribu. Tentunya, banyak manfaat yang bisa diambil selain tanaman ini nampak menawan apabila ditanam yaitu, mampu membuat udara menjadi lebih segar, pengobatan beberapa penyakit seperti stroke dan sakit perut.

Persiapan kondisi untuk tempat pertumbuhan tanaman hias

Setiap tanaman hias murah maupun mahal perlu dilakukan perawatan agar dapat tumbuh dengan baik dan membuat suasana rumah menjadi tampak asri. Lingkungan tumbuhnya menjadi perlu perhatian agar dapat berkembang dan tumbuh dengan baik. Berikut diantaranya.

1. Suhu udara

Suhu udara

Suhu udara sangatlah penting dalam proses pertumbuhan tanaman hias. Hal ini dikarenakan setiap tanaman memiliki respon tertentu jika menghadapi suhu yang berubah maupun tetap konstan. Pemilihan karakteristik tanaman untuk daerah dataran rendah tentunya berbeda apabila Anda menempatkan tanaman di dataran tinggi.

2. Pengairan cukup

Pengairan cukup

Penyiraman terhadap tiap tanaman tentu perlu diperhatikan. Setiap tanaman memiliki karakteristik tersendiri apabila memiliki kondisi tanah lembap maupun kering. Seperti halnya, kaktus. Tanaman jenis ini tentunya tidak perlu disiram terlalu sering. Hal ini dapat menyebabkan akar tanaman dapat mengalami busuk akar.

3. Pencahayaan cukup

Pencahayaan cukup

Pencahayaan baik dengan paparan sinar matahari secara langsung maupun tidak langsung dipengaruhi oleh sifat tanaman yang beragam. Terdapat beberapa jenis tanaman yang memiliki pertumbuhan baik di tempat teduh. Adapula tanaman yang tumbuh sangat baik dan berbunga cantik di bawah paparan sinar matahari secara langsung.

Beberapa tanaman hias murah dapat diperoleh dari lingkungan sekitar Anda. Namun, jika Anda berkeinginan untuk mendapatkan tanaman sesuai keinginan di toko tanaman hias. Beberapa informasi seputar harga tanaman, cara memilih sekaligus perawatannya. Mampu menambah pengetahuan dan informasi penting terkait tanaman hias rumah idaman Anda.

5 Tanaman Hias Murah (Lengkap dengan gambar dan deskripsi)

Add Comment