4+ Tanaman Hias Indoor (Lengkap dengan pemilhan dan perawatan)

Tanaman Hias Indoor – Tanaman hias indoor tidak hanya digunakan sebagai penghias ruangan saja. Namun, dimanfaatkan untuk menangkal udara yang mengandung racun. Anda bisa memilih beragam tanaman hias sesuai dengan desain dan selera untuk ruangan baik ruang tamu maupun ruang pribadi.

Tanaman Hias Indoor

1. Anthurium

Anthurium

Warna merah pada daunnya memberikan kesan menarik dan menawan sebagai dekorasi indoor rumah Anda. terdapat beragam jenis bunga anthurium yang bisa Anda pilih berupa koin maupun daun yang memiliki lebar sepiring.

2. Pakis Asparagus

Pakis Asparagus

Struktur daunnya yang sangat unik mirip dengan renda-renda lembut nan halus. Apalagi daunnya pipih tersebar sangat tepat untuk tanaman dalam ruangan. Keuntungan lainnya, Anda bisa memanfaatkan tanaman ini sebagai penangkal gas-gas beracun. Selain itu, pakis asparagus memiliki tingkat pertumbuhan yang sangat bagus.

3. Pachira

Pachira

Sebagian orang memiliki anggapan bahwa tanaman ini membawa keberuntungan. Sehingga, banyak yang menamainya sebagai money plant. Namun, Anda tidak perlu takut untuk memeliharanya. Hal ini perawatannya yang terbilang mudah dan tidak memakan tempat. Tentunya, mampu membuat ruangan Anda terlihat mengesankan.

4. Jade

Jade

Tanaman yang dianggap memiliki nilai keberuntungan yaitu, Jade. Tanaman cantik ini dapat Anda rawat dengan mengelap daunnya sekaligus melakukan penyiangan secara rutin. Anda dapat menempatkannya ke dalam media pot berukuran kecil sehingga tidak memakan banyak tempat.

5. Bambu Rejeki

Bambu Rejeki

Tanaman indoor yang dianggap membawa hoki yaitu, Lucky Bamboo atau lebih dikenal sebagai Bambu rejeki. Anda bisa menempatkannya sebagai hiasan yang tidak memerlukan banyak tempat. Tanaman ini memiliki warna, bentuk dan karakteristik fisik yang sangat indah dan menyegarkan pikiran yang penat.

Bambu rejeki seringkali didesain dengan sangat cantik mnggunakan pita berwarna merah. Tidak jarang, sebagian orang merangkainya dalam wujud anyaman yang sangat menawan. Sekumpulan bambu mungil yang mampu menarik perhatian tamu yang berkunjung ke rumah Anda.

6. Lidah Mertua

Lidah Mertua

Tanaman ini memiliki nama lain yaitu, snake plant. Tidak hanya sebagai tanaman dekorasi di dalam ruangan saja. Tanaman menjulur vertikal ini, dapat dijadikan sebagai tanaman penyerap racun, sekaligus memurnikan udara. Anda tidak perlu menyediakan pot besar untuk bisa menempatkannya di dalam ruangan.

Snake plant memiliki dua jenis tanaman berupa daun yang strip kuning memanjang di bagian pinggir dan daun berwarna hijau polos. Selain mampu menghalau racun, tanaman ini dapat membuat udara menjadi lebih segar.

7. Rosemary

Rosemary

Tanaman multifungsi ini dapat menjadikan ruangan Anda menjadi tampak menawan. Sekaligus, mampu menghalau nyamuk yang datang dan mengganggu Anda. tidak hanya itu, Anda dapat memanfaatkannya sebagai tambahan bumbu dapur.

Hal ini bukanlah suatu kebetulan. Aroma dan bau wangi yang dimilikinya dapat membuat ruangan dan masakan Anda semakin harum. Karakteristik tanaman ini sangat indah dan menyegarkan dengan warna daunnya biru keunguan.

8. Lavender

Lavender

Tanaman dengan bunga ungunya ini memiliki aroma yang tidak disukai oleh nyamuk. Selain itu, tidur Anda menjadi lebih nyaman sekaligus mengurangi kecemasan yang sering Anda alami.

Tanaman indoor ini memiliki karakteristik yang sangat mengesankan. Anda bisa merawatnya dalam media pot mungil nan cantik yang bisa diperuntukkan di ruang tamu maupun kamar pribadi. Tentunya, Anda perlu memperhatikan pencahayaan dan penyiangan agar membuatnya tetap tumbuh dengan baik.

9. Tillandsia

Tillandsia

Tanaman ini dapat Anda rawat tanpa menggunakan tanah. Media yang bisa Anda andalkan berupa terarium. Sirkulasi udara yang lancar dapat membuat tanaman tumbuh dengan baik. Selain itu, perawatannya mudah dan tidak memakan tempat. Namun, Anda juga harus perhatian dengan menyianginya dengan teratur.

10. Baby Thoes

Baby Thoes

Tanaman mungil dengan bentuknya yang menyerupai jari-jari kaki si bayi. Membuat tanaman ini dikenal sebagai baby toes. Anda bisa merawatnya di dalam ruangan karena kebutuhan sinar matahari pada tumbuhan ini sangatlah terbatas. Biasanya, baby toes dimanfaatkan sebagai hiasan meja maupun kamar pribadi.

11. Tanaman Besi cor

Tanaman Besi cor

Tanaman ini dikenal juga sebagai aspidistra atau cast iron plant (tanaman besi cor). Anda bisa menjadikan cast iront plant untuk mendekorasi ruangan karena sifatnya yang tahan terhadap segala keadaan baik cahaya maupun tanpa tanah. Sehingga, Anda tidak kesulitan untuk melakukan perawatan.

12. Tanaman Kupu-Kupu

Tanaman Kupu-Kupu

Tanaman hias indoor ini masuk kategori varietas oxalis. Bentuknya yang unik mirip sayap kupu-kupu dengan warna ungu yang cantik. Membuat tanaman ini sangat tepat menghiasi ruangan Anda. kesan kepakan sayap kupu-kupu akan terlihat sebagai bentuk respon cahaya. Hal ini dinamakan dengan sifat fotofilik yang mengakibatkan daun terbuka dan mengatup.

13. Peace Lilly

Peace Lilly

Tanaman unik dan sangat mudah dirawat ini mempunyai penampilan yang menarik untuk ruangan Anda. Selain itu, peace lily mampu menyegarkan udara. Anda bisa mendapatkan tanaman ini baik di pasar maupun toko bunga dengan ragam ukuran.

Perawatan peace lily agar tumbuh dengan subur dapat Anda lakukan dengan mudah. Anda hanya perlu lampu neon. Tidak hanya itu saja, Anda bisa menempatkannya pada ruangan yang tidak terkena paparan sinar matahari baik di ruang tamu maupun kamar pribadi.

14. Peperomia

Peperomia

Anda memiliki ruangan sempit namun berkeinginan mempunyai tanaman indoor yang menawan? Peperomia bisa menjadi solusi karena mampu tumbuh di tempat terbatas seperti rak maupun meja mungil. Karakteristik daun tanaman ini tebal sehingga Anda tidak perlu memberikan air terlalu banyak.

Keuntungan lainnya, peperomia mampu bertahan cukup lama tanpa mengalami hirasi sekalipun. Tanaman ini mampu hidup di bawah naungan sinar neon. Namun, akan lebih subur jika tidak terkena sinar matahari secara langsung.

15. Polkadot Hipoestes

Polkadot Hipoestes

Ruangan Anda minimalis dan terkesan polos? Tanaman polkadot siap mewarnai kamar tamu Anda agar menjadi lebih ceria. Biasanya, polkadot berwarna pink dengan totolnya yang menarik.

Anda perlu menempatkan tanaman hipoestes pada tempat yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung alias teduh. Hal ini dilakukan agar tanaman dapat tumbuh subur sekaligus tidak mengalami gugur.

16. Karet

Karet

Karet bisa menjadi salah satu tanaman indoor yang sangat tepat untuk Anda pilih. Hal ini karena daunnya yang melebar dan berwarna cerah. Meskipun, lama-kelamaan tanaman ini tumbuh membesar. Namun, terdapat trik khusus agar tetap berukuran mini dengan cara pemangkasan bagian daun dan cabang secara berkala.

17. Spider Plant

Spider Plant

Tanaman ini memiliki karakteristik unik berupa daun kurus yang memanjang keluar dari pot. Daun-daun pada tanaman ini menjuntai dan sangat menawan untuk dijadikan tanaman gantung. Namun, tanaman ini sangat tidak tahan terhadap paparan sinar matahari langsung.

18. Euphorbia

Euphorbia

Tanaman ini bisa menjadi tanaman indoor yang berdekatan dengan jendela. Hal ini dikarenakan Euphorbia harus terpapar sinar matahari selang waktu 3-4 jam. Anda perlu merawatnya dengan menggunakan air agar tetap subur. Tanaman asal Madagaskar ini mudah beradaptasi dengan ragam kondisi lingkungan.

19. Dracaena

Dracaena

Anda bisa memilih salah satu dari 40 spesies tanaman ini yang mampu membersihkan udara secara optimal. Dracaena sangat tepat sebagai solusi hijau baik di kantor maupun tanaman indoor Anda. Tanaman hijau ini sangat menarik dan menawan sekaligus menyegarkan, akan sangat tepat untuk meredakan stres maupun kecemasan Anda.

20. Bunga Krisan

Bunga Krisan

Tanaman yang sangat tepat untuk menghalau beragam gas beracun di dalam ruangan Anda. beberapa gas yang sering ada di ruangan meliputi, benzena, xylene, amonia dan lain sebagainya. Tanaman ini seharusnya di tanam luar ruangan. Lalu, meletakannya ke dalam ruangan ketika bunganya bermekaran.

21. Boston Ferns

Boston Ferns

Tanaman ini merupakan salah tumbuhan berjenis pakis yang dikenal sebagai Ferns. Anda bisa memanfaatkannya sebagai tanaman indoor yang mampu menghalau pengaruh formalin yang ada di dalam udara. Selain kemampuan tersebut, tanaman ini memiliki daun yang snagat halus.

Tanaman prasejarah ini sangat tepat untuk menghiasi ruangan Anda karena dapat menangkal racun yang disebabkan oleh Xylene dan Toluena. Anda perlu melakukan perawatan dengan membuat tanahnya tetap basah dan lembab. Namun,penyesuaian tanaman terhadap kondisi ruang juga diperhatikan. Jenis tanaman yang bisa Anda rawat yaitu, Kimberley Queen.

22. Tanaman Payung

Tanaman Payung

Tanaman unik yang satu ini memiliki karakteristik berupa daunnya yang oval, berkilau dan sangat tangguh. Tanaman ini dikenal dengan nama Schefflera yang seringkali dianggap sebagai tanaman palsu. Selain memiliki penampilan yang menarik, tumbuhan ini memiliki ketahanan berumur panjang.

Kemampuan Schefflera dapat menyerap racun yang ada di udara. Perawatan tanaman ini relatif mudah. Anda hanya perlu melakukan penyiraman sekali seminggu. Selain itu, Anda dapat menempatkannya pada tempat yang tidak terpapar sinar secara langsung. Bagaimana Anda tertarik untuk mengkoleksinya?

23. Reed Palm

Reed Palm

Mitosnya, Tanaman ini merupakan salah satu tanaman pembawa hoki bagi pemiliknya. Reed plam seringkali dijadikan sebagai tanaman indoor untuk meredakan tekanan stress. Karakteristiknya memiliki buah dan bunga yang mungil. Tidak hanya itu saja, Anda bisa memanfaatkannya sebagai tanaman penyerap udara.

24. Basil

Basil

Tentunya, Anda tidak asing dengan basil, bukan? Tanaman ini selain dijadikan sebagai bahan dapur di Indonesia, juga dijadikan sebagai tanaman indoor. Basil sangat populer di dunia barat dan seringkali dijadikan sebagai campuran bahan pada spagetti maupun piza khas italian food.

Tanaman ini juga tidak terlepas dari mitos yang menyatakan bahwa basil mampu meningkatkan kemakmuran, hoki dan cinta apabila Anda menanamnya di ruangan. Tidak hanya dikenal sebagai tanaman indoor, basil dapat dijadikan sebagai obat antibakteri maupun antidepresan.

25. Anggrek

Anggrek

Tanaman ini dikenal sulit dipelihara. Padahal, kebanyakan orang yang gagal merawatnya dikarenakan terlalu sering disiram dan terpapar sinar secara langsung terus-menerus. Anggrek memang disiram jika tanahnya sudah mengering. Selain memiliki penampilan bunga yang menawan, anggrek memiliki kemampuan dalam menyerap udara.

Anggrek memiliki kemampuan yang sangat unik yaitu, mampu memberikan oksigen di malam hari. Hal ini akan sangat cocok jika ditempatkan di dalam ruangan baik di ruang tamu maupun kamar pribadi. Tidak hanya itu, tanaman ini sangat tepat untuk diberikan pada kerabat yang baru saja renovasi.

26. Gerber Daisy

Gerber Daisy

Tanaman hias indoor yang sangat tepat sebagai koleksi Anda yaitu, Gerber Daisy. Karakteristik tanaman ini sangat indah mulai dari bunganya yang berwarna cerah. Tidak hanya menawan, tetapi memiliki kemampuan dalam memurnikan udara dari trichloroethylene yang dihasilkan dari sabun cuci.

Anda bisa melakukan perawatan dengan menyiangi dan pemberian air dengan tepat. Tanaman ini sangat pas apabila ditempatkan di dalam ruang kerja maupun meja belajar. Gerber Daisy membuat ruangan Anda menjadi cantik dan membuat suasan menjadi lebih ceria.

Tanaman Indoor Yang Perlu Pencahayaan Sinar Matahari Secara Langsung

Terdapat tanaman indoor yang perawatannya cukup sulit dan perlu paparan sinar matahari secara langsung. Apabila ingin menempatkannya ke dalam ruangan. Tentunya, Anda harus menentukan ruangan yang memiliki jendela tidak terlalu tinggi. Sehingga, tanaman dapat menjangkau cahaya matahari sekaligus membuat ruangan tampak menawan dan nyaman. Diantaranya ialah Azalea.

1. Azalea

Azalea

Selain bunganya yang cantik dan berwarna beragam, Azalea memiliki kemampuan untuk menyerap sekligus memurnikan udara dari formalin dari perabotan berbahan kayu. Perawatan tanaman ini memang lebih sulit dibandingkan tanaman lainnya.

Apabila Anda memiliki keinginan untuk melakukan perawatan azalea, Anda perlu memiliki bentuk bonsainya. Azalea akan sangat menawan dan rajin berbunga jika Anda menempatkannya berdekatan jendela. Tanaman ini lebih menyukai paparan sinar matahari secara langsung.

Nah, itulah beberapa macam tanaman hias indoor yang bisa Anda pilih untuk menempati ruangan. Namun sebelum membelinya, alangkah baiknya Anda mengetahui bagaimana cara memilih tanaman hias yang baik. Berikut pemaparannya.

Tanaman Sukulen untuk Dekorasi Ruangan Anda

Terdapat beragam tanaman sukulen unik dan menggemaskan yang bisa Anda gunakan untuk menghias ruangan Anda. Selain itu, tanaman-tanaman berikut memiliki ketahanan hidrasi yang baik. Sehingga, tidak perlu sering-sering menyiraminya dengan air.

1. Lidah Buaya

Lidah Buaya

Nama latin tanaman ini dikenal sebagai Aloe Vera. Tentunya Anda tidak asing dengan manfaatnya sebagai pereda luka bakar. Ukurannya yang mini tidak jarang disebut sebagai sukulen yang sangat cantik dalam media pot mungil. Tanaman ini memiliki daya tahan yang bagus dan Anda tidak perlu terlalu sering untuk menyiramnya.

2. Sukulen Echveria

Sukulen Echveria

Anda ingin merawat bunga bermekaran di dalam ruangan? Echveria dapat menjadi solusi untuk mendekorasi ruangan Anda semakin menawan. Warnanya yang cantik dan mirip dengan bunga mawar sangat cocok untuk tanaman hias indoor.

Namun, Anda tidak bisa menempatkannya ke dalam ruangan yang memiliki suhu dingin. Hal ini dapat menimbulkan penyakit jamur. Sekaligus, membuat pertumbuhan tanaman ini menjadi terganggu.

3. Lithops

Lithops

Tampilannya yang unik mirip dengan otak berukuran mini maupun batu-batu kerikil dengan warnanya beragam. Tentunya, tanaman ini mampu membuat siapa saja tertipu. Sukulen ini tahan terhadap kondisi suhu maupun air yang memiliki jumlah sedikit. Banyak orang menganggapnya sebagai batuan hidup.

Pemilihan dan Perawatan Tanaman Hias Indoor

1. Kondisi ruangan

Kondisi ruangan

Setiap tanaman hias memiliki daya adaptasi yang sangat beragam. Tentunya, Anda ingin merawat tanaman yang sesuai dengan kondisi ruangan maupun cara merawatnya agar tidak mudah mati.

Terdapat beberapa tanaman yang lebih menyukai cahaya matahari seperti Azalea dan adapula yang lebih menyukai tempat teduh. Selain itu, kondisi ruangan baik berukuran minimalis maupun luas menentukan karakter tanaman yang Anda pilih.

2. Karakteristik Tanaman

Karakteristik Tanaman

Tanaman hias indoor memiliki karakter yang berbeda antara yang satu dengan lain. Hal ini membuat Anda harus jeli untuk menempatkan jenis tanaman penyuka paparan sinar secara langsung atau tempat teduh. Selain itu, bentuk daun maupun warna bunga juga sangat menarik jika memiliki keserasian dengan desain ruangan Anda.

3. Kelembapan

Kelembapan

kelembapan bagi tanaman merupakan hal yang sangat penting. Hal ini menyangkut tahan tidaknya tanaman terhadap ketersediaan air. Jangan terlalu sering untuk menyiram tanaman. Hal yang dikhawatirkan berupa busuk akar dan perkembangan jamur maupun penyakit lain yang dapat mempengaruhi penampilan tanaman.

4. Wadah Yang Tepat

Wadah Yang Tepat

Pemilihan wadah bisa Anda sesuaikan dengan desain ruangan maupun ketersediaan bahan yang ada. Anda bisa memanfaatkan barang bekas sebagai media penanaman. Tentunya, daya kreativitas Anda bakal terasah sekaligus puas tanpa harus mengeluarkan uang terlalu banyak. Wadah yang baik menyesuiakan kondisi ruangan Anda baik minimalis maupun luas.

5. Penempatan Tanaman

Penempatan Tanaman

posisi saat menempatkan tanaman hias perlu diperhatikan. Hal ini berkaitan dengan karakteristik tumbuhan dan pengaruh kondisi ruangan maupun desain yang ingin dirubah suasananya menjadi lebih menyegarkan. Sekaligus, membuat Anda menjadi lebih ceria. Itulah seputar informasi pemilihan dan beragam tanaman hias indoor yang bisa Anda pilih.

4+ Tanaman Hias Indoor (Lengkap dengan pemilhan dan perawatan)

Add Comment