21 Tanaman Pengusir Nyamuk

Tanaman Pengusir Nyamuk – Siapa yang tidak pernah digigit nyamuk, serangga kecil penghisap darah yang sangat berbahaya apa lagi kalau nyamuk tersebut terinfeksi bibit penyakit seperti demam berdarah, amalaria dan cikungunyah. Tentu kita tidak ingin terkena gigitan nyamuk ini. Untuk menghindari gigitan nyamuk tersebut biasanya orang memilih untuk menggunakan obat nyamuk.

Menggunakan obat nyamuk adalah cara yang instan dan cepat untuk mencegah nyamuk masuk kedalam rumah, namun bahan-bahan kimia yang terkandung didalam obat nyamuk tersebut juga memiliki risiko yang berbahaya bagi tubuh jika terus menerus terpapar. Risiko yang harus ditanggung tersebut diantaranya, sesak napas, batuk hingga kanker paru-paru.

Tanaman Pengusir Nyamuk

Dari pada menggunakan cara instan yang memiliki bahaya jangka panjang, ada anda bisa anda gunakan cara alami untuk mengusir nyamuk yaitu dengan tanaman pengusir nyamuk. Selain berfungsi sebagai tanaman pengusir nyamuk tanaman ini juga cocok untuk dijadikan hiasan dirumah anda. Berikut ini tanaman yang dapat digunakan untuk mengusir nyamuk.

1. Lavender

Lavender

Lavender adalah salah satu tanaman pengusir nyamuk yang sangat terkenal. Tanaman ini berukuran tidak terlalu tinggi dan memiliki bentuk seperti semak. Warna bunganya ungu dan dapat ditanaman pada ketinggian antara 500  sampai 1300 meter di atas permukaan laut. Semakin tinggi tempat lavender ditanam maka semakin bagus minyak yang dihasilkan.

Selain dapat mengusir nyamuk tanaman ini juga mengandung bahan anti septik dan anti jamur yang baik. Kandungan zat lynalyl asetat dan linalool asetat pada tanaman lavender merupakan zat yang tidak disukai nyamuk sehingga nyamuk merasa terganggu dan tidak mau datang lagi.

Karena kedua zat yang terkandung pada lavender tersebut, tanaman ini mejadi bahan utama dalam pembuatan lotion anti nyamuk. Selain dijadikan lotion anda juga bisa menggosokan langsung tanaman ini ke kulit. Untuk melindungi rumah dari serangan nyamuk anda bisa menanam tanaman ini di sekitar rumah anda atau meletakannya di vas bunga.

2. Geranium atau tapak dara

Geranium atau tapak dara

Selain lavender, geranium juga merupakan salah satu naman pengusir nyamuk yang sangat terkenal. Tanaman ini memiliki umur panjang yaitu 3 samapi 5 tahun dan tingginya sekitar 20 sampai 60 cm. Bunga tanaman ini ada yang berwarna ungu muda dan ada juga yang ber warna putih. Geranium dapat dikemabng biakan dengan cara stek batang.

Kandungan zat utaman yang berguna untuk mengusir nyamuk pada tanaman ini adalah sitroneol dan geraneolnya yang tidak disukai nyamuk. Aroma sitroneol dan geraneol tanaman ini jika tertiup anginn jika terkena nyamuk, maka nyamuk akan segera pergi. Tanaman ini sangat cocok untuk ditanam di sekitar rumah selain cantik juga bisa mengusir nyamuk.

3. Sereh Wangi

Sereh Wangi

Selain kegunaannya yang paling dikenal sebagai bumbu dapur dan salah satu bahan campuran minuman, tanaman sereh wangi juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman pengusir nyamuk yang cocok ditanaman di sekitar rumah. Tanaman ini dapat tumbuh disegala iklim dan semua jenis tanah karena kemampuan  beradaptasinya  sangat tinggi.

Tanaman serai wangi berbentuk seperti ilalang yang bergerombol karena masih termasuk kedalam keluarga rumput-rumputan seperti ilalang. Kandungan zat geraniol dan sitroniol di dalamnya dapat mengusir hingga membunuh nyamuk. Sereh wangi ini sering dijadikan sebagai bahan dasar minyak gosok, minyak telon dan lotion anti nyamuk.

4. Rosemery

Rosemery

Seperti hal nya daun serai wangi, rosemery juga dipakai sebagai rempah untuk bahan masakan. Rosmery adalah salah satu tanaman rempah yang  dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk yang baik. Tanaman yang satu ini juga daya adaptasinya sangat tinggi karena tahan terhadap anas matahari, hama dan penykit. Aroma rosmery ini mirip minyak kayu putih dan minyak telon.

Aroma yang ditimbulkan oleh tanaman ini dapat membuat nyamuk sempoyongan dan kehilangan kendali alat indranya. Cara menggunakannya cukup mudah, anda hanya perlu menggosokannya pada kulit sehingga nyamuk tidak berani mengigit. Tanaman ini dianjurkan untuk ditanam disekitaran rumah agar nyamuk tidak berani mendekat.

5. Zodia

Zodia

Tanaman pengusir nyamuk yang satu ini sangat terkenal di kalangan orang Papua. Biasanya mereka menggunakan zodia sebelum menjelajahi hutan untuk menghindari tubuh dari gigitan nyamuk. Orang Papua biasanya menggosokan tanaman ini ke kulit mereka, kemudian barulah mereka berani memasuki hutan. Tanaman ini juga sudah bisa ditemukan di Pulau Jawa.

Tanaman pengusir nyamuk ini cocok sekali jika ditanam di tempat dengan ketinggian 400 sampai 1000 meter di atas permukaan laut. Tinggi zodia sekitar 0,3 sampai 2 meter dengan daun yang menjari yang panjangnya mencapai 30 cm. Kandungan evodiamine didalam tanaman ini sangat tidak disukai nyamuk. Zodia juga bermanfaat untuk mengobati malaria.

6. Catnip

Catnip

Catnip biasanya digunakan orang untuk membuat kucing mereka menjadi lebih aktif dan bertingkah lucu serta menggemaskan. Namun tanaman ini juga dapat digunkan sebagai pengusir nyamuk karena kandungan nepetalactone yang dibenci nyamuk dan membuat nyamuk semoyogan.

Untuk mencegah nyamuk masuk kedalam rumah anda dapat menanam catnip ini disekitaran rumah anda. Tanaman ini harus rajin dipangkas karena pertumbuhannya tergolong cepat. Dengan memangkasnya maka tanaman catnip anda akan terlihat rapi dan sedap dipandang mata.

7. Bawang Putih

Bawang Putih

Bukan hanya vampir yang takut dengan bawang putih nyamuk juga takut dengan bawang putih. Dibalik fungsinya sebagai bumbu dapur  tanaman ini juga baik digunakan sebagai pengusir nyamuk. Aroma bawang putih yang kuat dan khas sangat tidak disukai oleh nyamuk dan membuat nyamuk tidak mau mendekat.

Anda bisa memanfaatkan bawang putih sebagai tanaman pengusir nyamuk dengan cara mengirisnya lalu sebarkan di sudut-sudut rumah yang menjadi sarang nyamuk seperti di bawah kolong tempat tidur dan depan pintu. Anda juga bisa meletakan bawang putih di wadah kecil seperti mangkuk jika tidak mau menabutnya berserakan.

8. Dun Selasih

Dun Selasih

Tumbuhan ini selain bijinya dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran minuman yang berkhasiat untuk meredakan panas dalam, daunya juga dapat dimanfaatkan sebagai alat pengusir nyamuk alami. Kandungan senyawa graniol, linaliol dan euganol pada tanaman ini sangat tidak disukai nyamuk karena baunya yang menyengat untuk nyamuk.

Tanaman ini bisa menjadi penghias ruangan yang juga bermanfaat untuk mengusir nyamuk di dalam rumah. Anda bisa meletakannya di beberapa tempat seperti di ruang tamu, dekat jendela dan di dekat pintu rumah agar nyamuk enggan datang lagi kerumah anda.

9. Lemon Balm

Lemon Balm

Tanaman yang tidak memiliki bunga ini merupakan kerabat dekat dari tanaman mint. Orang biasa memanfaatkan tanaman ini sebagai salah satu bahan minuman dan juga obat-obatan. Tetapi tanaman ini juga cocok digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk. Hal tersebut karena lemon balm mengandung senyawa sitronelol yang aromanya tidak disukai nyamuk.

10. Marigold

Marigold

Tanaman hias yang satu ini selain cantik dijadikan sebagai bunga potong untuk menghiasi ruangan namun juga berfungsi sebagai tanaman pegusir nyamuk yang ampuh. Hal tersebut karena marigold mengandung suatu zat yang bernaman pyrethum yang merupakan senyawa aktif yang dapat membuat serangga-serangga enggan mendekat termasuk nyamuk.

Anda bisa menaruh bunga ini di setiap ruangan rumah agar nyamuk enggan datang dan juga untuk memperindah ruangan tersebut seperti di ruang tamu, kamar dan dapur. Tanaman hias ini juga dapat anda tanam di sekitar rumah untuk mencegah nyamuk masuk ke rumah anda.

11. Pennyroyal

Pennyroyal

Pennyroyal juga merupakan tanaman hias yang memiliki fungsi ganda salah satunya yaitu untuk mengusir nyamuk. Tanaman ini masih berkerabat dekat dengan tanaman mint. Bunganya bebentuk bulat dengan warna ungu yang indah. Selain tidak disukai nyamuk tanaman ini juga sangat tidak disukai serangga dan hama seperti tikus.

Tanaman ini cocok untuk ditanaman di sekitar rumah atau dijadikan tanaman hias karena karena memiliki banyak sekali manfaat tidak hanya sebagai pengusir nyamuk namun juga dapat digunakan sebagai tanaman obat untuk meredakan flu.

12. Citrosa Mosquito

Citrosa Mosquito

Dari namanya saja yang mengandung unsur kata nyamuk berikut sudah bisa ditebak kalau tanaman ini memiliki hubungan erat dengan nyamuk. Citrosa Mosquito dapat berfungsi sebagai pengusir nyamuk. Kandungan zat citronella pada tanaman ini sangat tidak disukai nyamuk. Jika zat ini terbawa angin dan mengenai nyamuk akan membuatnya kelimpungan.

Anda juga dapat menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias dan menamnya didekat jendela rumah anda agar nyamuk enggan utuk mendekat. Hembusan angin yang menerpa tanaman ini akan membawa zat citronella dan jika masuk kedalam ruangan juga dapat mngusir nyamuk dalam ruangan tersebut.

14. Kecombrang

Kecombrang

Tanaman yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan ini ada juga yang menyebutnya honje atau kantan. Semua bagian dari kecombrang dapat dimanfaatkat mulai dari bunga, buah dan bijinya. Kecombrang memiliki aroma sedikit asam yang tidak di senangi nyamuk sehingga serangga terutama nyamuk tidak berani mendekat.

Pengusur nyamuk yang satu ini merupakan tanaman berimpang yang masuk dalam keluarga jahe-jahean namun kecombrang lebih tinggi ukurannya. Bunga yang dihasilkan oleh tanaman ini juga indah dipandang mata. Anda dapat menanam tanaman ini pada pekarang belakang rumah tatapi kalau mau anda juga bisa menanamnya di pekarangan depan rumah.

15. Mint

Mint

Mint dan kerabar-kerabatnya yang lain merupakan tanaman yang cocok untuk dijadikan pengusir nyamuk. Selain fugsinya untuk mendetoksifikasi tubuh, bahan minuman dan bumbu masakan, tanaman ini juga mencegah agar kita terhindar dari penyakit malaria yang bersumber dari nyamuk nepentheles.

Aroma mentol yang dikeluarkan tanaman ini terkandung zat nepetalactone sangat tidak disukai  nyamuk sehingga dapat dijadikan tanaman pengusir nyamuk di rumah anda. Mint merupakan tanaman herba yang dapat ditempatkan di dalam pot-pot kecil. Oleh karena itu mint dapat anda tempatkan di beberapa sudut ruangan anda untuk mengusir nyamuk.

16. Suren

Suren

Tanaman yang satu ini tidak banyak dikenal orang, namun tanaman ini sangat bermanfaat untuk mengcegah datangnya nyamuk. Aroma yang dikeluarkan oleh suren memiliki cukup menyengat sehingga banyak tidak disukai oleh serangga terutama nyamuk. Serangga-serangga ini enggan untuk hingap pada tanaman ini.

Suren cocok untuk ditanam di pekarangan atau di sekitar rumah untuk mencegah masuknya nyamuk ke rumah anda. Namun sayangnya tanaman ini tidak cocok di tempatkan didalam pot sehingga tidak memungkinkan untuk dipajang di rumah. Adda dapat menggunakannya untuk menghindari gigitan nyamuk dengan mengosokan daunnya ke kulit.

17. Bunga kemboja

Bunga kemboja

Bunga kemboja oleh banyak orang lebih dikenal sebagai tanaman hias yang ditanam di pekarangan rumah dan memiliki pengaruh mistis. Aroma bunga ini lumayan harum namun untuk serangga seperti nyamuk sangat tidak menyuakai aroma bunga ini.

Ada bisa menanam bunga ini dalam pot dan menempatkannya di rumah anda untuk menghalau datangnya nyamuk-nyamuk peneyebab penyakit. Bentuk bunganya yang cantik dan warnanya juga sedap dipandang. Oleh karena itu bunga ini bagus jika dijadikan bunga hias untuk ditaruh di rumah atau pun perkarangan rumah.

18. Bunga Seruni

Bunga Seruni

Bunga potong yang satu ini selain indah dijadikan penghias ruangan karena warna bunganya yang meriah namun juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman pengusir nyamuk. Seperti halnya tanaman pengusir nyamuk lain, bunga seruni juga memiliki aroma yang tidak disukai serangga terutama nyamuk.

Bunga ini juga dapat ditanaman dipekarangan atau sekitar rumah anda. Selain untuk memperindan pekarangan, tanaman ini juga dapat menghalau nyamuk agar tidak masuk kedalam rumah. Tanaman ini juga memiliki manfaat lain, orang Cina biasa menjadikannya teh untuk meredakan panas dalam.

19. Akar Wangi

Akar Wangi

Aroma kuat yang dikeluarkan akar wangi ini harum menurut kita namun tidak bagi serangga seperti nyamuk. Aroma yang kuat ini sangat tidak disukai nyamuk. Salah satu nyamuk pembawa penyakit seperti demam berdarah juga sangat tidak menyukai aroma tanaman ini. Tanaman yang satu ini masih merupakan kerabat dekat serai wangi.

Akar wangi bukanlah tanaman yang cocok untuk dijadikan tanaman dalam pot, namun anda dapat menanamnya di pekarangan rumah anda atau sekitaran rumah lainya seperti tanaman serai wangi. Akar tanaman ini biasanya diolah dengan cara dikeringkan dan bisa juga diletakan dalam ruangan untuk mengusir nyamuk yang masuk ke dalam rumah.

20. Kemangi

Kemangi

Salah satu tanaman herba yang bisa digunakan sebagai lalapan dan bumbu masakan ini juga dapat digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk. Kemangi memiliki aroma khas yang sangat tidak disukai nyamuk bahkan bersifat racun untuk nyamuk menurut beberapa penelitian. Kemangi cukup ampuh untuk mencegah nyamuk masuk kedalam rumah.

Tanaman ini tidak cukup estetik untuk dijadikan sebagai tanaman penghias rumah. Namun anda dapat menanam kemangi di area belakang rumah anda atau sekitar rumah lainnya jika anda mau, untuk menghalau masuknya nyamuk ke dalam rumah. Anda juga dapat menghaluskan dan menggosokan daunya kekulit untuk menghindari dari gigitan nyamuk.

21. Kenikir

Kenikir

Tanaman ini biasanya dimanfaatkan sebagai bahan masakan seperti urap dan lalapan. Kenikir mengeluarkan aroma khas yang tidak disenagi nyamuk. Daun tanaman ini mengandung zat aktif berupa pyrethum yang membaut nyamuk pergi menjauh. Tanaman ini masih satu keluarga dengan merigold dan seruni.

Kenikir memiliki bunga yang berwarna warni mulai dari kuning, oranye samapai merah muda. Sanagat cantik jika ditanam disekitar rumah dan berguna untuk menhalau nyamuk agar tidak masuk ke dalam rumah anda. Selain itu tanaman ini juga bisa di tempatkan pada pot dan diletakan diruangan agar ruangan tersebut terhindar dari nyamuk.

Dari beberapa tanaman pengusir nyamuk di atas, tanaman apa yang menurut anda paling cocok di jadikan tanaman pengusir nyamuk di rumah anda?. Tinggal pilih mana yang paling anda sukai. Semoga artikel ini membantu.

21 Tanaman Pengusir Nyamuk

Add Comment