Usaha Mie Ayam: Peluang beserta analisa Bisnis (Terlengkap)

Peluang Usaha Mie Ayam – Mie ayam merupakan salah satu makanan populer yang ada di Indonesia, dimana makanan ini adalah perpaduan antara mie kuah dengan tumis ayam manis. Hampir semua kalangan menyukai makanan yang satu ini, sehingga peluang usaha mie ayam kini sangatlah menjanjikan.

Usaha mie ayam menjadi salah satu usaha yang cocok untuk dilakukan oleh siapa saja, selain mudah usaha tersebut juga mempunyai pasar yang sangat luas. Tak heran mengingat mie ayam menjadi makanan favorit di Indonesia selain bakso dan nasi goreng.

Besarnya Peluang Usaha Mie Ayam

Besarnya Peluang Usaha Mie Ayam

Berwirausaha di bidang makanan memang menjadi tren di masa kini, namun dibalik tren tersebut terdapat makanan yang sejak dahulu tetap memiliki eksistensi. Makanan tersebut ialah mie ayam atau biasa disebut juga dengan mie pangsit.

Makanan yang satu ini memang mempunyai cita rasa yang nikmat, apalagi bila mie ayam ditambahi dengan pangsit, bakso, jamur, ataupun tambahan makanan lainnya. Hal inilah yang membuat mie ayam sangat digemari oleh semua kalangan.

Walaupun termasuk ke dalam makanan berkuah, namun mie ayam biasa dinikmati saat siang maupun malam hari. Pasar yang luas dengan waktu yang lebih fleksibel, membuat mie ayam bisa menjadi usaha untuk ibu rumah tangga yang sangat cocok untuk dilakukan.

Jenis-jenis Mie Ayam yang Sesuai Untuk Dijadikan Usaha

Jenis-jenis Mie Ayam yang Sesuai Untuk Dijadikan Usaha

1. Mie Ayam Pangsit

Sebelum Anda memulai usaha di bidang mie ayam ini, terlebih dahulu Anda harus mengetahui jenis yang laris di pasaran. Salah satunya biasa disebut dengan mie pangsit, seperti namanya mie ayam ini ditambahkan pangsit di atasnya.

Pangsit sendiri merupakan sebuah gorengan dari tepung dan telur, di dalamnya terdapat isian berupa sayur atau daging. Tentunya pangsit ini memiliki peran penting untuk menambah cita rasa dari mie ayam tersebut.

2. Mie Ayam Bakso

Selanjutnya ada mie yang namanya mie ayam bakso, jenis ini biasa disajikan dengan ukuran sedang dan ditambahkan bakso di dalamnya. Walau hanya ditambah bakso saja, namun rasanya sangatlah terasa nikmat.

Apalagi banyak sekali masyarakat yang menyukai jenis mie ayam bakso ini, sehingga patut untuk Anda masukkan ke dalam menu usaha yang akan dilakukan.

3. Mie Ayam Ceker

Mie ayam memang sangat identik dengan olahan daging ayam, disinilah yang membuat varian mie ayam ceker muncul. Kaki ayam atau dalam bahasa Jawa disebut dengan ceker, memang mempunyai penggemar tersendiri.

Tidak sedikit masyarakat yang mencari makanan mie ayam ceker ini, dimana makanan tersebut dinilai lebih nikmat dari pada mie ayam biasa. Pasalnya ceker dapat menghasilkan kaldu yang bisa membuat kuah menjadi lebih kental dan terasa nikmat.

4. Mie Ayam Warna

Terakhir terdapat mie ayam unik yang memiliki warna-warni, mulai dari hijau, merah, oranye, dan masih banyak lainnya. Selain tampilan yang lebih cantik dan fresh, mie ayam ini pastinya memiliki rasa yang lebih berbeda.

Hal ini dikarenakan mie ayam tersebut biasa ditambahkan bahan lain, tetapi bahan yang digunakan ialah bahan alami. Misalnya saja sayur bayam, kunyit, cabai, dan bahan-bahan lainnya. Hal ini juga menjadi salah satu cara yang efektif untuk menarik para konsumen.

Hal Penting Sebelum Memulai Usaha Mie Ayam

Hal Penting Sebelum Memulai Usaha Mie Ayam

1. Belajar Membuat Mie Ayam yang Baik dan Benar

Memulai usaha di bidang pembuatan mie ayam memang tidaklah mudah, dimana diperlukan pengetahuan dan pengalaman untuk menghasilkan makanan yang nikmat. Usahakan sebelum memulai, Anda harus belajar membuat mie ayam yang baik dan juga benar.

Anda harus menguasai teknik membuat mie ayam yang nikmat, mulai dari merebus mie, membuat bumbu, hingga menyajikannya. Setiap warung-warung mie ayam memang memiliki cita rasa yang berbeda, hal ini sangat dipengaruhi oleh teknik pembuatan yang berbeda-beda pula.

2. Cari Resep Mie Ayam Milik Sendiri

Mempunyai resep mie ayam sendiri menjadi kewajiban yang harus Anda lakukan, carilah berbagai referensi resep di berbagai media. Kemudian ciptakan resep milik Anda sendiri, diperlukan percobaan berulang kali untuk dapat berhasil.

Namun tetaplah berusaha agar bisa mempunyai resep sendiri, hal ini sangat bagus untuk usaha mie ayam Anda ke depannya. Bahkan dengan resep ciptaan sendiri ini, Anda bisa membuat bisnis mie ayam yang besar dan memiliki banyak cabang.

3. Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Jangan lupa juga untuk menyiapkan peralatan yang dibutuhkan, seperti peralatan memasak, mangkuk, sendok, dan lain sebagainya. Umumnya usaha mie ayam dilakukan dengan menggunakan gerobak ataupun stand, tentunya Anda juga patut mempersiapkan alat-alat tersebut.

4. Buatlah Varian Menu

Sebelum memulai usaha mie ayam, Anda wajib membuat daftar menu yang ada. Disini Anda tidak boleh hanya memiliki menu mie ayam saja, namun sediakan juga makanan ataupun minuman lainnya. Mulai dari bakso, es kelapa muda, es campur, dan masih banyak lainnya.

Membuat varian mie ayam juga bisa menjadi hal yang bagus untuk dilakukan, misalnya saja mie ayam dengan rasa pedas, rasa sayur, rasa ayam, rasa sapi, ataupun varian rasa lainnya. Hal ini bisa membuat para pelanggan tertarik dengan menu yang Anda tawarkan tersebut.

Tips Sukses

Tips Sukses Usaha Mie Ayam

1. Perhatikan Kebersihan Usaha Mie Ayam

Apabila Anda memulai usaha di bidang makanan atau minuman, pastinya kebersihan menjadi hal paling utama yang harus diperhatikan. Usahakan setiap makanan disajikan dalam kondisi baru dan belum disentuh sama sekali.

Bukan hanya mie ayam saja namun usaha lainnya juga harus diperhatikan kehigenisannya, seperti usaha jus buah, usaha kue, usaha es krim, dan lain sebagainya. Menjaga kebersihan dalam usaha akan menjadi nilai lebih tersendiri yang nantinya Anda dapatkan.

2. Buatlah Ciri Khas Tersendiri

Setiap usaha yang berdiri sangat membutuhkan yang namanya ciri khas, dimana selain untuk menarik perhatian hal ini juga digunakan untuk mempertahankan bisnis. Jangan terlalu bingung dalam membuat ciri khas ini, karena Anda cukup membuat beberapa hal yang berbeda dengan lainnya.

Misalnya saja membuat nama usaha yang unik, bentuk makanan menarik, bentuk yang berbeda, dan masih banyak lainnya. Hanya dengan memanfaatkan hal tersebut, maka usaha mie ayam yang didirikan akan lebih cepat dikenal oleh masyarakat.

3. Membuat Brand atau Label Nama

Untuk membuat usaha lebih laris di pasaran, maka dibutuhkan yang namanya brand atau label nama. Nama ini sendiri bisa berupa nama orang, singkatan, nama menu unik, ataupun hal lainnya. Fungsi dari brand tersebut adalah untuk mempermudah pelanggan mengenali usaha mie ayam tersebut.

Sehingga apabila di masa yang akan datang, Anda bisa membuka sebuah cabang baru di wilayah lain. Maka pelanggan sudah dapat mengenalinya dengan baik, hal inilah yang bisa membuat bisnis bisa semakin cepat untuk berkembang.

4. Buka Cabang di Berbagai Tempat

Cabang pastinya menjadi tahapan yang sangat ditunggu-tunggu, dimana berdirinya cabang menandakan bisnis Anda sudah dapat berjalan dengan baik. Mulai dari produksi, pemasaran, ataupun penjualan sudah terstruktur secara baik.

Dalam membuka cabang baru untuk usaha mie ayam, alangkah baiknya menggunakan tempar yang lebih baik pula. Baik dalam segi ukuran, kebersihan, ataupun kentamanan dari tempat tersebut. Cara ini sangat efektif dalam membuat para konsumen lebih percaya dengan usaha yang Anda miliki.

Biaya dan Keuntungan Usaha Mie Ayam

Biaya dan Keuntungan

1. Biaya Modal Usaha Mie Ayam

Usaha mie ayam bisa dimulai dengan modal yang cukup kecil, dimana untuk mendirikan sebuah usaha mie ayam kecil-kecilan. Maka berikut ini adalah perkiraan biaya modal yang Anda butuhkan dalam mendirikan usaha tersebut:

  • Bahan makanan : Rp.5.000.000
  • Stand atau gerobak : Rp.1.000.000
  • Peralatan makan (mangkuk, sendok, garpu) : Rp.500.000
  • 2 karyawan tetap : Rp.4.000.000
  • Biaya Dapur : Rp.1.500.000
  • Lain-lain : 500.000

Bisa disimpulkan bahwa biaya total awal yang dibutuhkan untuk mendirikan usaha mie ayam adalah sebesar Rp.12.500.000. Modal tersebut sudah termasuk pembuatan atau penyewaan stand yang dibutuhkan untuk berjualan.

2. Keuntungan Usaha Mie Ayam

Bilamana satu mangkuk Anda jual dengan harga Rp.10.000, kemudian dalam satu hari mampu menjual sekitar 50 mangkuk. Maka penghasilan setiap hari yang Anda dapatkan adalah Rp.500.000, sehingga dalam satu bulan penuh penghasilan sekitar Rp.15.000.000.

Pendapatan sebesar Rp.15.000.000 dikurangi dengan modal sebesar Rp.12.500.000, maka keuntungan bersih di bulan pertama sebesar Rp.2.500.000. Keuntungan tersebut bisa berkali-kali lipat di bulan kedua, karena Anda hanya akan mengeluarkan biasa operasional saja.

Biaya operasional tersebut hanya terdiri dari bahan makanan, gaji karyawan, bumbu dapur, dan gas atau transportasi saja. Sehingga biaya yang dikeluarkan sangatlah sedikit dibandingkan saat modal awal di bulan pertama.

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Mie Ayam

Kelebihan dan Kekurangan

1. Kelebihan Usaha Mie Ayam

Kelebihan utama usaha yang satu ini ialah tidak habis termakan oleh waktu, dimana mie ayam tetap memiliki eksistensi tersendiri. Di masa kini memang banyak sekali makanan baru mulai bermunculan, namun mie ayam masih tetap disukai oleh banyak orang orang.

Makanan ini memang cocok dinikmati sebagai makanan utama saat sedang merasa lapar, baik siang, sore, hingga malam sekalipun tetap tersedia di berbagai tempat. Walaupun banyak pesaing namun ia tetap menjadi usaha yang sangat menjanjikan.

Terlebih lagi bila Anda benar-benar serius dalam menekuni bisnis ini, maka mulailah untuk membuat rencana dalam pengembangan usaha. Hal yang bisa dilakukan agar nantinya usaha mie ayam bisa lebih cepat berkembang.

2. Kekurangan Usaha Mie Ayam

Usaha mie ayam cenderung mempunyai risiko usaha yang sangat minim, bahkan kekurangan usaha tersebut hampir tidak ada sama sekali. Bisa dibilang bahwa banyaknya pesain adalah satu-satunya kekurangan dari usaha mie ayam tersebut.

Mie ayam memang menjadi usaha yang sudah banyak dilakukan oleh orang, bahkan dapat dikatakan bahwa usaha ini sudah menjamur dimana-mana. Namun jangan khawatir karena hal ini dapat diatasi dengan strategi pemasaran yang baik dan benar.

Caranya adalah dengan membuat produk yang berbeda dengan lainnya, sehingga konsume akan lebih tertarik untuk mencoba olahan mie ayam terbaru Anda tersebut. Cara ini juga sangat efektif untuk diterapkan pada jenis usaha lainnya, mulai dari usaha keripik singkong, es krim, kue, ataupun lainnya.

Usaha mie ayam bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin memulai bisnis, terutama bisnis di bidang kuliner yang ada di Indonesia. Walaupun terlihat sederhana namun usaha yang satu ini mempunyai peluang yang cukup menjanjikan.

Peluang Usaha Mie Ayam beserta analisa Bisnis (Terlengkap)

Leave a Reply