Peluang Usaha Konveksi beserta Analisa Bisnis (Terlengkap)

Peluang Usaha Konveksi  – Saat ini usaha konveksi mulai banyak dirintis oleh masyarakat. Mulai dari konveksi jilbab, baju, hingga celana jeans. Hal ini karena jumlah permintaan pakaian dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Sehingga dapat dikatakan bila bisnis ini memiliki peluang besar.

Oleh sebab itu tidak heran bila bisnis konveksi mulai banyak dilirik oleh masyarkat. Pastinya akan menghasilkan keuntungan besar. Bagi Anda yang ingin mengetahui penjelasannya lebih detail, dapat simak artikel berikut ini.

Peluang Usaha Konveksi

Peluang Usaha Konveksi

Bisnis konveksi memiliki peluang besar untuk dirintis dari dasar. Peluang tersebut terbuka karena masih minimnya jumlah pengusaha konveksi yang ada di perkotaan dan juga di pedesaan. Dengan adanya peluang tersebut, Anda dapat mencoba terjun ke dalam bisnis konveksi ini.

Pastinya bisnis konveksi yang Anda jalani nanti, tidak akan pernah padam sampai kapanpun. Bahkan bisnis Anda dapat berkembang dengan sangat pesat. Dengan begitu Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari.

Kebanyakan para pengusaha konveksi yang telah lama menggeluti usaha ini dapat dinyatakan berhasil. Hal ini karena pangsa pasar yang luas membuat bisnis tersebut meraup keuntungan besar. Sehingga produk konveksi yang hasilkan nanti, dapat dipasarkan dengan sangat mudah.

Bagi Anda yang masih pemula, dapat memulai bisnis konveksi di rumah terlebih dahulu. Apabila produk konveksi Anda mulai banyak permintaan, Anda dapat beralih untuk sewa ruko sebagai tempat produksi. Dengan begitu Anda dapat menghasilkan produk dalam jumlah besar.

Cara Memulai Usaha Konveksi dari Dasar

Cara Memulai Usaha Konveksi dari Dasar

Bisnis konveksi dapat Anda geluti sebagai penghasilan tetap maupun sampingan Anda. Untuk merintis bisnis tersebut, dibutuhkan kerja keras, kreatifitas, dan juga ulet. Anda dapat memulai dari cara pertama yaitu perencanaan awal.

Pada perencanaan awal, Anda harus memikirkan semua yang berhubungan dengan bisnis konveksi. Mulai dari produk yang akan dibuat, modal yang dibutuhkan, hingga desain produk yang akan digunakan. Usahakan susun rencana awal tersebut dengan sebaik mungkin.

Perlu Anda ingat bahwa dalam membuat desain, usahakan buat yang berbeda dari bisnis konveksi lainnya. Hal ini bertujuan agar produk Anda dapat diterima di pasaran. Dengan begitu produk Anda akan mendapatkan banyak permintaan dari masyarakat luas.

Bila telah menyusun perencanaan awal, langkah selanjutnya adalah mencari modal usaha. Untuk bisa mendapatkan modal, Anda dapat melakukan berbagai cara. Mulai dari meminjam di bank, menggunakan tabungan pribadi, atau membuat kesepakatan untuk membayar pesanan di muka.

Setelah Anda telah mendapatkan modal untuk menjalankan bisnis konveksi, selanjutnya Anda dapat belanja kebutuhan usaha. Mulai dari alat jahit, benang, jarum, hingga bahan pakaian. Untuk alat jahit, usahakan pilih yang memiliki kualitas terbaik agar tidak mudah rusak saat digunakan.

Langkah selanjutnya adalah merekrut karyawan. Pilih karyawan yang memiliki keahlian dalam bidang konveksi. Hal ini bertujuan agar Anda tidak perlu repot untuk mengajarinya dari awal lagi. Selain itu, dia akan memberikan ide kreatif yang lebih menarik untuk bisnis konveksi Anda.

Bila produk konveksi telah dibuat, Anda harus melakukan pengemasan dengan baik dan rapi. Jangan lupa memasang ukuran baju dan juga labelnya. Usahakan jangan sampai kusut agar para pelanggan tertarik dengan produk Anda.

Langkah terakhir adalah pemasaran. Anda dapat menjual produk konveksi Anda kepada toko daerah sekitar Anda. Anda juga dapat memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran Anda. Dengan begitu akan semakin memperluas pangsa pasar.

Perhitungan Modal Usaha Konveksi

Perhitungan Modal Usaha Konveksi

 

Bagi Anda yang akan membangun bisnis konveksi dari dasar, harus cermat dalam menghitung modal usaha. Pastikan tidak ada perlengkapan dan peralatan yang terlewatkan. Berikut adalah perhitungan modal usaha untuk usaha konveksi.

– Peralatan Konveksi

  1. Mesin jahit = Rp. 3.000.000
  2. Mesin obras = Rp. 7.000.000
  3. Mesin overdeck = Rp. 16.000.000
  4. Mesin rantai = Rp. 3.000.000
  5. Mesin pemotong = Rp. 600.000
  6. Mesin steam = Rp. 2.000.000
  7. Meja potong = Rp. 600.000
  8. Peralatan listrik = Rp. 600.000

Total = Rp. 32.800.000

– Biaya Operasional

1. Gaji Pegawai

Pada awal memulai bisnis konveksi, Anda dapat merekrut 3 pegawai terlebih dahulu. Hal ini karena jumlah permintaan produk konveksi masih tergolong kecil. Seiring dengan banyaknya permintaan produk, Anda dapat merekrut banyak pegawai.

Anda dapat memberikan gaji masing – masing karyawan sebesar Rp. 2.000.000. Bila pegawainya ada 3, maka Anda harus menyiapkan Rp. 6.000.000.

2. Bahan Pakaian

Anda dapat membeli bahan pakaian untuk bisnis konveksi yang tergolong bagus. Bahan pakaian yang biasa dipakai adalah katun. Anda dapat membeli beberapa bahan untuk variasi. Untuk membeli bahan tersebut, Anda dapat menyiapkan dana Rp. 4.000.000.

3. Biaya Listrik dan Telepon

Bisnis konveksi tidak dapat dipisahkan dengan listrik dan telepon. Pastinya Anda akan membutuhkan dua elemen ini untuk menunjang bisnis Anda. Anda dapat menyiapkan dana untuk biaya listrik dan telepon sebesar Rp. 400.000.

4. Biaya Transportasi

Bila produk pesanan pelanggan telah selesai dibuat, Anda dapat mengirimnya ke tempat tujuan. Dengan begitu Anda harus mempersiapkan biaya untuk pengiriman tersebut. Anda dapat menyiapkan dana sebesar Rp. 200.000 untuk biaya transportasi.

– Keuntungan

Bila sehari usaha Anda mendapatkan omset penjualan sebesar Rp. 2.000.000, maka per bulannya sebesar Rp. 60.000.000. Lalu Anda mengambil keuntungan usaha 30%. Maka Rp. 60.000 x 30% = Rp. 18.000.000.

Keuntungan yang Anda dapatkan Rp. 18.000.000 – Rp. 10.600.000 = Rp. 7.400.000. Biaya operasional sebesar Rp. 10.600.000.

Strategi Penjualan untuk Usaha Konveksi

Strategi Penjualan untuk Usaha Konveksi

Semua jenis usaha harus dijalankan dengan menggunakan berbagai strategi penjualan yang tergolong ampuh dan tepat sasaran. Salah satunya usaha konveksi. Anda bisa mendapatkan keuntungan dua kali lipat, bila menerapkan strategi penjualan yang tergolong tepat.

Strategi pertama yang dapat Anda lakukan adalah menjadikan rumah untuk memproduksi barang konveksi. Bila Anda memutuskan untuk memulai bisnis konveksi di rumah, maka Anda harus menyiapkan lahan kosong untuk membangun pabrik konveksi.

Memanfaatkan lahan kosong di rumah, dapat menekan biaya operasional yang harus Anda keluarga. Dengan begitu Anda akan mendapatkan keuntungan besar dari bisnis konveksi ini. Bahkan keuntungan yang Anda dapatkan lebih besar dari usaha properti.

Selain itu dengan membuka pabrik konveksi di rumah, Anda dapat merekrut karyawan dari sekitar rumah Anda. Dengan adanya usaha ini, Anda dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada di sekitar rumah Anda. Bahkan Anda juga dapat mengentas kemiskinan di sekitar rumah Anda.

Strategi kedua yang dapat Anda lakukan adalah membangun kerjasama dengan konveksi besar atau terkenal. Hal ini bertujuan agar Anda mendapatkan bagian dari pesanan yang mereka dapatkan. Dengan begitu Anda juga akan mendapatkan keuntungan besar dari kerjasama ini.

Strategi ketiga yang dapat Anda lakukan adalah melakukan pemasaran dengan cara unik dan tepat sasaran. Anda dapat memanfaat media sosial sebagai media pemasaran Anda. Dengan begitu Anda dapat menjangkau masyarakat luas di dalam maupun di luar kota.

Selain pemasaran secara online, Anda juga dapat memasarkan produk konveksi Anda ke toko baju yang ada di sekitar Anda. Dengan begitu Anda akan menambah pangsa pasar untuk menjual produk konveksi Anda. Pastinya keuntungan besar akan selalu mengikuti Anda.

Keuntungan Membangun Usaha Konveksi

Keuntungan Membangun Usaha Konveksi

Bisnis konveksi tergolong dalam usaha yang menjanjikan. Hal ini karena bisnis tersebut memiliki banyak keuntungan yang dapat Anda raih. Keuntungan tersebut dapat dirasakan oleh Anda sendiri dan juga masyarakat sekitar.

Keuntungan pertama bisnis konveksi adalah modal kecil. Dalam membangun bisnis ini, Anda dapat memulainya hanya dengan modal kecil. Sehingga Anda tidak perlu repot untuk meminjamnya di bank. Peminjaman tersebut hanya akan membuat Anda repot dikemudian hari.

Anda dapat membuat kesepatakan dengan pelanggan untuk melakukan pembayaran uang muka diawal pemesanan. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi melakukan peminjam uang sebagai modal usaha Anda.

Pembayaran diawal memiliki tujuan khusus bagi bisnis Anda. Tujuannya adalah untuk jaminan agar pelanggan yang telah melakukan pemesanan produk, tidak membatalkan pesanannya. Selain itu, pembayaran diawal juga bertujuan agar pelanggan tidak kabur setelah memesannya.

Keuntungan kedua bisnis konveksi adalah dapat menyerap tenaga kerja. Semakin besar bisnis konveksi Anda, maka semakin banyak tenaga kerja yang dibutuhkan. Oleh sebab itu dengan adanya bisnis ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar yang sedang mencari pekerjaan.

Bila jumlah pengangguran semakin berkurang, sama halnya dengan mengurangi kemiskinan. Hal ini karena pengganguran tersebut sudah memiliki penghasilan tetap untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari. Sehingga dapat dikatakan bahwa bisnis ini menjadi pijakan hidup para pegawainya.

Keuntungan ketiga bisnis konveksi adalah pasar luas. Pakaian merupakan bagian dari kebutuhan manusia. Oleh sebab itu, permintaan pakaian selalu meningkat setiap tahunnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa bisnis konveksi ini memiliki jaringan pasar yang sangat luas.

Keuntungan keempat bisnis konveksi adalah omset besar. Hal ini karena masyarakat tidak bisa lepas dari pakaian yang membalut tubuhnya. Bahkan menurut survey yang dilakukan, bisnis ini dapat menghasilkan laba bersih mulai dari Rp. 7.000.000 hingga Rp. 12.000.000 per bulannya.

Kelemahan Usaha konveksi

Kelemahan Usaha konveksi

Perlu Anda ketahui bahwa dalam menjalankan bisnis konveksi tidak selalu memiliki keuntungan di dalamnya. Namun ada kalanya bisnis tersebut akan berubah menjadi lemah karena beberapa faktor. Kelemahan bisnis tersebut adalah sebagai berikut.

  • Seiring berjalannya waktu, jumlah pebisnis konveksi akan bertambah.
  • Harga bahan baku yang akan berubah mahal pada saat menjelang hari – hari besar.
  • Pabrik konveksi masih memerlukan bahan baku impor.
  • Selalu membutuhkan ide kreatif untuk membuat desain terbaru produk konveksi Anda.
  • Harus menggunakan mesin konveksi berkualitas tinggi untuk menghasilkan produk terbaik.
  • Minimnya tenaga ahli dalam bidang konveksi.
  • Birokrasi yang akan mempersulit izin usaha, pembayaran pajak, dan lain sebagainya.
  • Persaingan produk konveksi dengan pabrik lainnya, mulai dari lokal maupun luar negeri.
  • Terbatasnya modal usaha untuk menjalankan bisnis konveksi.
  • Harus tepat dalam melakukan pemasaran produk konveksi agar mendapatkan banyak permintaan.

Usaha konveksi merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan dari pada usaha fotocopy. Hal ini karena usaha tersebut selalu mendapatkan pesanan. Terutama bila akan memasuki lebaran dan masuk sekolah. Pastinya permintaan akan mengalami peningkatan tajam.

Peluang Usaha Konveksi beserta Analisa Bisnis (Terlengkap)

One thought on “Peluang Usaha Konveksi beserta Analisa Bisnis (Terlengkap)

  1. Di jaman yang serba fashionable seperti sekarang ini memang menjadi peluang besar untuk usaha konveksi. Namun demikian, sebelum memulainya diperlukan analisa yang tepat sebagai dasar perencanaan yang matang. Dan dari beberapa metode analisis usaha yang ada, umumnya yang sering digunakan adalah metode analisis SWOT. Dan untuk membantu memberikan informasi selengkapnya tentang analisis SWOT bisa disimak pada bebera link di bawah ini:
    usaha konveksi
    usaha konveksi
    buat info

Add Comment